Sering Dikonsumsi, Ternyata 6 Makanan Ini Bisa Buat Kamu Cepat Tua

Gula

Hidangan makanan yang biasa dikonsumsi tidak terlepas dari campuran gula. Nah, siapa sangka kalau ternyata gula menjadi salah satu penyebab nomor satu dalam membuat kondisi kulit menjadi cepat keriput.

Gula dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara tak langsung dapat memunculkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengurangi hingga menjauhi gula.

Kafein

Memang tidak ada yang salah dalam mengonsumsi beberapa sajian dengan olahan kafein seperti kopi. Namun jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak, maka bersiaplah untuk mendapatkan kondisi kulit yang cepat keriput.

Kafein dapat mendehidrasi kulit kamu, apalagi jika menambahkan susu dan gula. Kamu bisa cukup aman dalam mengonsumsi kafein atau kopi, namun dengan cara yang tepat. Kamu bisa minum segelas air setelah minum secangkir kopi. Hal ini untuk menangkal efek kafein atau kopi pada kulit kamu.

Makanan Cepat Saji dan 7 Efeknya Bagi Kesehatan

Gula dan lemak

Banyak makanan cepat saji mengandung cukup banyak gula. Bukan hanya berkalori ekstra, tetapi adanya kandungan ini juga berati sedikitnya nutrisi dalam jenis makanan ini. The American Heart Association (AHA) menyarankan hanya mengonsumsi 100 hingga 150 kalori gula tambahan per hari. Itu sekitar enam hingga sembilan sendok teh.

Banyak minuman cepat sajimenampung lebih dari 12 ons kalori gula. Satu kaleng soda 12 ons mengandung 8 sendok teh gula. Itu sama dengan 140 kalori, 39 gram gula, dan tidak ada nutrisi lain di dalamnya.

Lemak trans adalah lemak buatan yang dibuat selama pemrosesan makanan. Lemak ini juga biasa ditemukan di pai goreng, pastries, adonan pizza, cracker,atau biskuit. Tidak ada jumlah lemak trans yang baik atau sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandungnya dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat), menurunkan HDL (kolesterol baik), dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Restoran juga dapat menambah masalah penghitungan kalori. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan di restoran yang mereka asosiasikan sebagai “sehat” masih meremehkan jumlah kalori dalam makanan mereka sebesar 20 persen.

Sodium

Kombinasi lemak, gula, dan banyak sodium (garam) dapat membuat makanan cepat saji terasa lebih enak bagi sebagian orang. Tetapi makanan tinggi natrium dapat menyebabkan retensi air, itulah sebabnya Anda mungkin merasa engah, kembung, atau kekenyangan setelah makan makanan cepat saji.

Makanan tinggi sodium juga berbahaya bagi orang dengan kondisi tekanan darah. Sodium dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan pada jantung dan sistem kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian, sekitar 90 persen orang dewasa meremehkan berapa banyak natrium dalam makanan cepat saji mereka.

Studi ini mensurvei 993 orang dewasa dan menemukan bahwa tebakan mereka enam kali lebih rendah dari jumlah sebenarnya (1.292 miligram). Ini berarti perkiraan natrium dimatikan lebih dari 1.000 mg.

Perlu diingat bahwa AHA merekomendasikan orang dewasa untuk makan tidak lebih dari 2.300 miligram sodium per hari. Satu makanan cepat saji bisa memiliki julmah sodium dari setengah hari makan Anda.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet Gagal

Jakarta – Sudah rajin berolahraga dan menjaga menu makan, tapi berat badan susah turun? Bisa jadi Anda salah pilih makanan ‘sehat’.

Ternyata, makanan yang bisa naikkan berat badan bukan hanya makanan cepat saji. Justru makanan yang Anda kira sehat, juga bisa bikin berat badan tak turun-turun. Seperti yang telah dikutip dilaman eHow (22/02/2019), berikut makanan sehat yang ternyata bisa bikin berat badan naik.

Baca Juga: Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih Cepat

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: Istock

1. Yogurt dengan rasa
Dikenal sebagai minuman menyehatkan, tapi ternyata yogurt yang dicampur dengan rasa manis mengandung banyak gula, kalori dan zat tambahan. Dari rasa manis inilah yang dapat membuat berat badan naik. Tetapi, yogurt memiliki beberapa nutrisi termasuk protein, vitamin A dan vitamin. Supaya tetap sehat, sajikan yogurt tawar dengan beri madu organik atau potongan buah segar.

2. Kacang dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian memang sehat karena tinggi serat, lemak sehat, dan memiliki mineral yang penting seperti magnesium. Namun, kacang dan biji-bijian bis abikin tubuh melar. Dengan rata-rata 160 kalori per 28 gram, Anda dapat dengan mudah menurunkan ratusan kalori saat ngemil. Pilihlah kacang organik mentah sebagai pilihan paling sehat.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: thinkstock

3. Jus dalam kemasan
Jus memang mengandung vitamin dan mineral, tetapi jus kemasan termasuk salah satu makanan terburuk untuk menurunkan berat badan. Banyak jus kemasan yang dibuat dengan gula lalu diproses. Baik melalui suhu tinggi atau tekanan tinggi, yang membuat jus tersebut memiliki nilai gizi yang kurang. Supaya tetap sehat tanpa menambah bobot tubuh. Buatlah jus sendiri 100 persen buah tanpa menambahkan gula ke dalamnya.

4. Produk rendah lemak
Lemak secara alami memberikan rasa yang gurih, biasanya dalam makanan lemak dibuat dengan menambahkan gula dan bahan tambahan kimia. Tambahan ini ternyata dapat menaikkan gula darah Anda yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Seringlah membaca komposisi sebelum memakannya.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: iStock

5. Sereal manis
Sarapan memang menjadi waktu makan yang sangat penting. Tetapi jika Anda memilih sereal manis, itu sama saja akan menaikkan berat badan Anda. Sereal yang sering diproses secara berlebihan, tinggi gula dan rendah serat, sehingga saat dimakan, tidak terlalu mengenyangkan.

Periksalah komposisi dan hindari sereal dengan sirup jagung fruktosa tinggi atau hydroxytoluene butylated, atau disebut BHT, bahan kimia yang terkait dengan penambahan berat badan.

6. Makanan bebas gluten
Makanan bebas gluten dalam kemasan tampaknya lebih sehat daripada makanan yang mengandung gluten, tetapi ternyata tidak demikian. Bahan-bahan yang mengandung gluten sering diganti dengan bahan-bahan pati tinggi seperti nasi atau kentang. Mereka lebih tinggi karbohidrat serta lemak dan lebih rendah protein dibandingkan dengan gandum.

Makanan bebas gluten dapat membuat Anda makan secara berlebihan dan akan berujung pada kenaikan berat badan.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: Istock

7. Bubuk Protein
Suplemen protein memang terlihat seperti obat untuk kesehatan, tetapi dengan kelebihan protein justru akan menaikkan berat badan. Kebanyakan orang bahkan atlet mendapatkan cukup protein dengan diet seimbang, dan kalori ekstra dari protein dikonversi menjadi lemak. Sebagai gantinya, buatlah bar oat sehat sendiri terlebih dahulu sehingga Anda bisa makan saat bepergian.

8. Gandum
Karbohidrat memang membuat Anda merasa berenergi, tetapi Anda harus memilih karbohidrat yang sehat. Contohnya adalah tepung olahan, ternyata tepung ini kaya serat, vitamin dan mineral yang akan membuat berat badan Anda naik.

Maka pilihlah biji-bijian utuh. Makanan yang diberi label gandum utuh mungkin masih mengandung beberapa tepung olahan, jadi cari yang 100 persen gandum utuh pada komposisinya.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: Getty Images

9. Kopi instan
Latte yang diberi pemanis gula dan kopi ternyata dapat menaikkan berat badan Anda. Sirup, krim, dan karamel yang ditemukan dalam minuman ini setara dengan ratusan kalori per sajian. Kalori cair tidak mengenyangkan seperti makanan, bahkan saat kopi habis, Anda tetap tidak merasa kenyang. Maka gunakanlah kopi bubuk yang disajikan dengan sedikit susu tanpa lemak atau susu almond organik tanpa pemanis.

10. Kentang
Semua orang tahu pasti makanan goreng dapat menaikkan berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine melihat kebiasaan diet lebih dari 120.000 pria dan wanita di atas 20 tahun yang konsumsi kentang terutama keripik kentang.

Maka, makanlah kentang dalam jumlah sedang untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Ubi jalar juga bisa sebagai pengganti kentang panggang atau lobak kukus yang juga bekerja sebagai pengganti karbohidrat rendah.

Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya! (lus/odi)

5 Makanan Khas Manado yang Hits, Bubur Manado hingga Klappertaart

Klappertaart seakan akan terdengar bukan seperti makanan khas Manado, bahkan makanan khas Indonesia pun bukan. Tetapi ternyata kue ini merupakan warisan Belanda yang telah menjadi makanan khas Manado yang enak.

Dalam Bahasa Belanda, Klappertaart mempunyai arti Tart Kelapa. Hal ini karena bahan dasar dari kue tart ini memanglah kelapa muda yang dicampur dengan susu, keju, kismis dan kacang kenari.

Ada dua jenis klappertaart, yaitu klappertaart yang dibakar dan klappertaart yang tidak dibakar. Walaupun begitu, kedua jenis klappertaart tersebut sama sama memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sama sama enak.

Bila disimpan terlebih dahulu di kulkas, klappertaart akan terasa lebih enak lagi. Jadi setelah diolah, usahakan simpan kalppertaart terlebih dahulu di kulkas untuk mendapatkan kenikmatan yang lebih sempurna.

Sekarang ini, Klappertaart memiliki beragam varian rasa, seperti keju, cokelat dan durian. Salah satu makanan khas Manado ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh kuliner utama dari Manado. Jadi kamu tidak boleh melewatkan klappertaart bila berkunjung ke Manado.

9 Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan di Microwave, Ada yang Bisa Meledak

Telur rebus

Dikupas atau tidak, ketika telur rebus dimasak dalam microwave, kelembaban di dalamnya menciptakan penumpukan uap yang ekstrem. Seperti miniatur pressure cooker, ke titik di mana telur bisa meledak!

Bahkan lebih menakutkan, telur tidak akan meledak di dalam microwave saat sedang dipanaskan. Tetapi setelah itu, yang berarti telur panas dapat meledak di tangan, piring, atau bahkan di mulut Anda.

Untuk menghindari mengubah telur menjadi bom uap, potong kecil-kecil telur rebus sebelum dipanaskan. Atau lebih baik lagi, hindari memasukkannya ke dalam microwave sama sekali.

Daging olahan

Daging olahan sering mengandung bahan kimia dan pengawet yang memperpanjang umur simpannya. Sayangnya, menggunakan microwave dapat memperburuk zat-zat itu untuk kesehatan. Dalam daging olahan dengan microwave, kita mungkin secara tidak sengaja terpapar dengan perubahan kimia seperti kolesterol yang teroksidasi.

menurut penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa memanaskan kembali daging olahan dengan gelombang radiasi mikro berkontribusi pada pembentukan produk oksidasi kolesterol (COP), yang telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit jantung koroner.

Dibandingkan dengan metode penyajian makanan lainnya untuk makanan yang dipanaskan kembali, daging olahan dengan microwave jauh lebih mungkin mengandung COP ke dalam makanan.

7 Drama Tentang Budaya Nitip Makanan Ini Kocak Banget

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang jika masa-masa sekolah merupakan masa yang paling indah dan penuh kenangan. Kenangan indah bersama teman-teman yang diciptakan saat sekolah memang tidak dapat diulang kembali. Tidak heran jika banyak yang ingin kembali merasakan indahnya masa-masa itu.

Tidak hanya momen-momen kebersamaan saja yang dapat menjadi kenangan indah, berbagai kejadian unik dan kocak pun bisa menjadi kenangan indah yang akan selalu dikenang. Salah satunya adalah makan di kelas.

Biasanya kegiatan makan di kelas dilakukan oleh mereka-mereka yang malas makan di luar atau malas ke mana-kamana. Apalagi ada guru yang nggak berangkat atau jam pelajaran kosong, pasti langsung deh disambut raut bahagia oleh siswa seisi kelas. Salah satu hal wajib yang biasa dilakukan adalah minggat ke kantin atau beli makanan.

Nah, pada saat inilah sering terjadi momen nitip makanan yang hampir dirasakan oleh mereka yang suka makan namun malas beranjak dari tepat tidurnya. Jika melihat ada teman yang keluar kelas, biasanya mereka yang mager namun lapar ini dengan entengnya akan bilang, “ke kantin ya, nitip dong”.

Anehnya, jika ada satu orang yang ingin nitip makanan entah kenapa biasanya pesan tersebut langsung tertular kepada teman lainnya. Tak jarang dari satu orang yang awalnya ingin nitip, tiba-tiba bisa saja sebagiannya lagi terhasut untuk menitip juga. Berikut Liputan6.com rangkum drama tentang nitip makanan yang kocak banget, Selasa (16/4/2019).

Obat Keracunan Makanan Disesuaikan dengan Gejalanya, Tidak Boleh Asal

Pada kebanyakan kasus, keracunan makanan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Untuk meredakan gejala yang terjadi, obat keracunan makanan yang kamu perlukan hanyalah istirahat secukupnya dan minum banyak cairan karena jika kamu mengalami dehidrasi, maka gejala yang terjadi akan bertambah parah dan masa pemulihan akan menjadi makin lama.

Obat keracunan makanan bagi orang yang rentan mengalami dehidrasi sebaiknya diberikan cairan rehidrasi oral atau oralit. Oralit berfungsin untuk menggantikan glukosa, garam, dan mineral penting lain yang hilang akibat muntah dan diare.

Untuk sementara itu, obat keracunan makanan lainnya yang perlu kamu lakukan adalah menghindari makanan biasa hingga merasa lebih baik. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti bubur.

Cara mengatasi keracunan makanan akan disesuaikan dengan penyebabnya, karena beda kuman, beda juga cara pengobatannya. Namun sebagian besar kasus keracunan makanan dapat sembuh sendiri dan tidak memerlukan obat keracunan makanan khusus.

Berikut beberapa prinsip umum bagaimana cara mengatasi keracunan makanan yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah sebelum mendapatkan pertolongan medis:

– Istirahat yang cukup,

– Banyaklah minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Bisa juga ditambah dengan minum oralit (larutan garam dan gula), – Konsumsi obat antidiare untuk memadatkan feses sekaligus untuk menyerap racun yang ada di dalam usus, seperti alumunium hidroksida atau kaopectate,

– Jangan berikan obat antimuntah. Cukup berikan obat tersebut jika kamu atau penderita mengalami dehidrasi parah,

– Makan makanan yang padat, seperti biskuit, serela kering secara perlahan sampai kamu bisa kembali mengonsumsi makanan seperti biasa. Hal ini berlaku juga untuk anak-anak,

– Terapkan pola hidup yang sehat dan selalu jaga keberishan diri sendiri.

Gejalanya yang Mengharuskan untuk Segera Mendapat Pengobatan

1. Mengalami deman yang tinggi,

2. Gejala yang dialami sangat parah dan tidak membaik hingga beberapa hari,

3. Sakit perut hebat,

4. Mengalami gejala dehidrasi parah, misalnya urine beraroma tidak enak, berwarna gelap, dan sangat sedikit,

5. Bayi kamu juga mengalami keracunan makanan,

6. Terjadi wabah keracunan makanan dan terkait dengan sumber kontaminasi tertentu,

7. Mengalami muntah-muntah lebih dari dua hari,

8. Diare yang berlangsung lebih dari tiga hari atau tinja bercampur darah, dan

9. Mengalami gejala seperti pendangan buram, otot lemas, atau sensasi geli di tangan.

Top 3 Berita Hari Ini: Mengenal Sup Harira, Makanan Jamuan Raja Salman untuk Jokowi

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini membahas tentang sup harira yang merupakan makanan jamuan Raja Salman untuk Jokowi. Selain itu, 6 kebiasaan baik untuk meningkatkan kekuatan otak dan 6 jajanan pasar khas Banyumas.

Sup harira merupakan makanan yang berasal dari Maroko yang banyak digemari di Timur Tengah. Meski populer dimasak saat Ramadan untuk berbuka, makanan aasal Maroko yang disediakan untuk Jokowi ini juga banyak dikonsumsi di hari biasa.

Di luar sup harira, ada 6 kebiasaan yang baik untuk meningkatkan kekuatan otak. Dari 6 kebiasaan tersebut, salah satunya adalah minum air yang cukup.

Otak Anda terdiri dari sekitar 70 persen air, jadi tanpa air yang cukup, otak Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Ketika Anda tidak minum cukup air, Anda akan sulit untuk berkonsentrasi. Rasa kantuk akan terus menghampiri karena kekurangan energinya.

Banyumas di Jawa Tengah mempunyai banyak banyak jajanan pasar yang menarik untuk dicicipi, tak hanya soal obyek wisata, cimplung, salah satunya.

Cimplung adalah jajanan berbahan dasar singkong dan gula merah. Singkong dikupas lalu dipotong sesuai selera. Singkong yang direbus bersama derasan pohon aren atau pohon kelapa yang menjadi cikal bakal gula merah. Rasa legit dari jajanan yang satu ini dijamin bikin ketagihan.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, kita simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Mengenal Sup Harira, Makanan Jamuan Raja Salman untuk Jokowi 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi pada Minggu 14 April 2019.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Presiden dan Ibu Negara Iriana sempat berbincang sebentar dengan Raja Salman di ruang tunggu utama.

Selanjutnya…

6 Kebiasaan Baik Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Semua orang ingin memiliki kekuatan otak yang maksimal, di mana otak adalah sebagai pusat untuk mengatur kerja dalam tubuh. Banyak trik dan cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mulai dari makan ikan yang bergizi hingga latihan khusus yang dilakukan.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak Anda. Melansir dari lifehack.org, Minggu, 14 April 2019, berikut latihan yang harus Anda lakukan.

Selanjutnya…

6 Jajanan Pasar Manis Khas Banyumas yang Bikin Ketagihan

Datang ke suatu daerah seperti ke Banyumas, rasanya tak lengkap kalau tidak mencoba atau mencicipi makanan khas setempat. Apalagi jajanan pasar tidak boleh dilupakan.

Selain murah meriah, Anda juga bisa berinteraksi dengan orang lokal. Bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut.

Selanjutnya…

2 dari 2 halaman


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Mengenal Sup Harira, Makanan Jamuan Raja Salman untuk Jokowi

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi pada Minggu 14 April 2019.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Presiden dan Ibu Negara Iriana sempat berbincang sebentar dengan Raja Salman di ruang tunggu utama.

Setelah berbincang sebentar di ruang utama, Presiden dan Ibu Iriana kemudian dijamu santap bersama oleh Raja Salman.

Menu yang disuguhkan untuk Jokowi dan rombongannya adalah makanan khas Timur Tengah, antara lain sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup dan manisan khas Arab Saudi.

Yang menarik, salah satu menu yaitu sup harira bukan kuliner khas Arab Saudi, tapi berasal dari Maroko yang memang banyak digemari di Timur Tengah.

Harira adalah sup tradisional dari Maroko yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa. Meski populer dimasak saat Ramadan untuk berbuka, makanan yang disediakan untuk Jokowi ini juga banyak dikonsumsi di hari biasa.

Bertemu Raja Salman, Jokowi Dijamu Makanan Khas Timur Tengah

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi. Jokowi dan Iriana disambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan Istana.

Tiba pada pukul 13.50 waktu setempat, Jokowi dan Iriana disambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan Istana. Jokowi menyampaikan rasa bahagianya bisa diundang ke istana.

“Saya merasa berbahagia sekali karena hari ini diundang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” kata Jokowi, dalam keterangan tertulis yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Minggu (14/4/2019).

“Saya juga senang Presiden Jokowi bisa memenuhi undangan saya,” ucap Raja Salman.

Setelah berbincang sebentar di ruang utama, Jokowi dan Iriana dijamu santap siang bersama oleh Raja Salman.

Adapun menu yang disuguhkan Raja Salman kepada Jokowi adalah makanan khas Timur Tengah, antara lain sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup, serta manisan khas Arab Saudi.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.
(idn/yld)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>