Kreatif, Warga Cirebon Manfaatkan Koran Bekas Jadi Patung Karakter

Liputan6.com, Cirebon – Kelihaian tangan Denny Roza mengolah limbah koran menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Limbah kertas koran yang tak terpakai biasanya dijual ke pedagang rongsok atau menjadi alas makanan seperti gorengan dan makanan di warung makan. Namun, di tangan Denny, limbah koran diubah menjadi patung karakter.

“Bahannya mudah ditemukan dan dicari tinggal kemauan kita saja,” kata pria yang akrab disapa Yos Suhari itu, Kamis (21/2/2019).

Tumpukan koran bekas tersebut tidak direndam diair menjadi bubur kertas. Menurut dia, pembuatan patung koran tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Dia menyebutkan, bahan utama kerajinan tersebut yakni kertas koran bekas, kawat bonsai, cat acrylic, lakban kertas. Berbagai model patung dibuat Yos dengan suka cita.

“Selama ini saya promosi baru lewat sosial media saja Alhamdulillah banyak pesanan,” kata dia.

Denny menjelaskan, patung karakter yang dibuat dengan bahan kertas koran memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya yakni tidak mudah pecah apabila patung tersebut jatuh.

Denny yang baru tiga bulan merintis kerajinan tangan patung karakter dari limbah koran tersebut mengaku tidak menemukan kendala signifikan dari setiap proses pembuatan.

“Paling umumnya saja tingkat kesulitan setiap karakter patung yang saya buat tapi rata-rata bisa diselesaikan,” aku Denny.

2 dari 2 halaman

Komunitas

Tiga bulan menggeluti kerajinan patung karakter dari limbah koran, Denny mengaku sudah banyak pesanan. Rata-rata pemesan karya Denny dari komunitas.

Patung tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu per buah. Untuk pesanan khusus Denny membanderol harga Rp 200 ribu saja.

“Kalau pemesan dari luar kota ongkos kirim kami tanggung,” kata dia.

Bahkan, Denny pernah melayani pesanan patung karakter untuk dikirim ke Malaysia dan India. Denny mengatakan, tekstur patung karakter sengaja dibuat kasar agar terlihat bahan dasar terbuat dari kertas koran. Denny

Denny mengaku, pembuatan patung karakter dari kertas koran bekas lebih efektif dibandingkan menggunakan tanah liat. Dalam satu hari, Denny mampu menghasilkan dua patung karakter.

“Tergantung tingkat kesulitan juga ya karena kalau dibuat halus nanti kesannya menjiplak,” kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

3 Hal yang Jarang Diketahui soal Kemasan Makanan dari Karton

Liputan6.com, Yogyakarta Tetra Pak Indonesia, sebagai perusahaan pemrosesan dan pengemasan makanan serta minuman mengungkapkan sejumlah hal yang jarang diketahui orang awam tentang seluk beluk kemasan makanan dari karton. Melalui kunjungan ke salah satu hutan di Kulonprogo, mereka membongkar hal itu.

Pertama, kemasan karton yang diproduksi Tetra Pak menggunakan sumber daya alam terbarukan.

“Kami memanfaatkan material kertas dan tebu supaya kemasan karton kami dapat kembali tumbuh di alam,” ujar Reza Andreanto, Environment Manager Tetra Pak Indonesia, Kamis (21/2/2019).

Ia menyebutkan, 75 persen dari kemasan karton Tetra Pak menggunakan sumber daya terbarukan, sisanya menggunakan aluminium dan polyester. Namun, ada satu kemasan karton untuk produk minuman pasteurisasi, sudah menggunakan 100 persen bahan sumber daya alam terbarukan.

Menurut Reza, penggunaan sumber daya alam terbarukan juga mengimplementasikan circular economy, yakni lingkaran daur ulang yang tetap menghasilkan.

“Tujuan kami 100 persen menuju sumber material terburuk, mengurangi aluminium dan plastiknya,” tuturnya.

Saat didaur ulang, aluminium dan plastik dipisahkan dari sampah kemasan karton. Daur ulang kombinasi aluminium dan plastik menghasilkan balok-balok yang ringan tetapi keras dan bisa dimanfaatkan sebagai atap rumah.

2 dari 2 halaman

Gerakan 3L

Kedua, kemasan karton bisa bernilai ekonomis lewat kampanye gerakan 3L. Kampanye ini ditujukan juga kepada masyarakat supaya bersama-sama mengelola sampah kemasan karton makanan minuman.

Gerakan ini terdiri dari lipatan dibuka atas dan bawah, letakkan sedotan ke dalam kemasan dan ratakan, serta lepaskan kemasan bekas di tempat yang disediakan.

“Melalui kemasan kartonnya dengan teknologi aseptic, produk makanan dan minuman dalam kemasan Tetra Pak dapat bertahan lama tanpa bahan pengawet dan proses pendinginan selama distribusi dan pemajangan di toko,” kata Reza.

Ketiga, kemasan karton Tetra Pak berasal dari sumber daya alam terbarukan yang telah tersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC).

Kolaborasi dengan Tetra Pak Indonesia telah dijalankan sejak 2007 melalui beragam acara, seperti FSC Friday, FSC Indonesia Leadership Forum, FSC Corner, dan FSC Goes To School.

“Tujuannya mendorong para pelaku bisnis makanan minuman dan menjangkau para konsumen untuk memilih produk berlabel FSC yang menggunakan bahan baku dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab,” ujar Indra Setia Dewi, Marketing and Communication Manager FSC. 

Orang Desa Juga Bisa Kena Hipertensi, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mengira tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya dialami oleh masyarakat perkotaan saja, ini salah besar. Faktanya, orang-orang yang hidup di pedesaan bisa terkena hipertensi.

Beberapa waktu lalu, ketika berbincang dengan seorang kepala dinas kesehatan dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2019 di Tangerang Selatan, Banten Presiden Joko Widodo sempat terkejut mendengar bahwa di wilayah Natuna, Kepulauan Riau banyak orang terkena hipertensi. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan kondisi itu kemungkinan besar adalah konsumsi garam.

“Kemungkinan sekali hal itu karena konsumsi garamnya tinggi sekali,” kata Prof. Dr. dr. Suhardjono SpPD-KGH, K.Ger kepada Health Liputan6.com di Jakarta ditulis Sabtu (23/2/2019).

Di kesempatan yang sama, Presiden Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Tunggul Situmorang mengatakan, dahulu di publikasi awal mengenai hipertensi, daerah dengan angka tertinggi di Silungkang, Sumatera Barat. Penyebabnya karena daerah tersebut memang memiliki konsumsi garam yang tinggi.


Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Konsumsi garam meningkat dengan modernisasi

Tunggul mengatakan, konsumsi garam di daerah-daerah luar kota memang meningkat seiring dengan  modernisasi. Namun, penelitian dari Jepang di Amerika Serikat telah membuktikan hal semacam itu.

“Dengan kondisi diet garam yang bertambah, maka prevalensi hipertensinya juga bertambah,” ungkap Tunggul menjelaskan.

Dia menambahkan, dalam sebuah studi di Jawa Barat, orang-orang di desa memang banyak mengonsumsi garam.

“Mereka memang ‘lauk’nya garam. Makan pakai garam. Jadi ini bukan soal di kota atau di desa, walaupun stres dan lainnya (berpengaruh), tapi yang utamanya juga konsumsi garam.”

Sehingga, pemerintah diminta untuk membuat regulasi khusus terkait konsumsi garam. Tunggul mencontohkan di Inggris yang tidak memperbolehkan konsumen restoran menambahkan garam secara mandiri.

3 dari 3 halaman

Hipertensi, pintu gerbang stroke dan penyakit jantung

Tunggul mengatakan bahwa hipertensi bisa menjadi awal mula dari berbagai penyakit tidak menular yang mematikan. Misalnya masalah jantung dan stroke.

“Hipertensi adalah biang keladi dari kelainan pada ginjal, jantung, bahkan pada saraf dan semua organ yang mempunyai pembuluh darah,” kata Tunggul. Maka dari itu, penyakit semacam ini harus diwaspadai.

Salah satu untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan juga makanan-makanan kemasan yang mengandung monosodium glutamat (MSG). Tentu saja, juga diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga.

Bertemu Budayawan Jabar, Sekjen PDIP Cerita Upaya Pemerintah Bersihkan Citarum

Liputan6.com, Bandung – Rombongan Safari Kebangsaan VIII yang dipimpin Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bertemu budayawan Jawa Barat di kediaman aktor Indonesia, Budi Dalton di Kota Bandung. Turut hadir juga sejumlah budayawan dan seniman seperti Edi Brokoli.

Budi mengatakan, banyak sekali program yang disinergikan dengan para budayawan di Jawa Barat, khususnya yang ada di pinggiran yang jarang tersentuh.

“Saya tidak mewakili, tetapi saya sebagian kecil pelaku budaya, berterima kasih pada PDI Perjuangan, yang telah meluangkan waktunya mendengarkan keluhan budayawan Jabar,” ungkap Budi di lokasi, Jum’at (22/2/2019).

Menurut Budi, target dari berbagai macam programnya adalah kaum milenial dan wilayah yang belum tersentuh.

“Sebetulnya di kalangan milenial sekarang melakukan sesuatu dengan cara masing-masing. Jadi perlu dirangkul dan diarahkan,” tutur dia.

Di saat bersamaan, Hasto turut menyatakan Jabar kaya dengan tradisi kebudayaan. Namun, jika modernitas berdiri tanpa keseluruhan jati diri, maka kebudayaan akan kehilangan akarnya.

“Untuk itu, berbagai strategi kebudayaan harus dijalankan bersama-sama karena sangat sesuai dengan kepribadian kita apalagi di Jawa Barat,” ujar Hasto.

Hasto berharap, dari pertemuan ini para tokoh kebudayaan dapat memperindah politik pada kesejatiannya. Yaitu, dengan kebudayaan tariannya, kuliner dan seluruh nilai luhur bangsa.

“Sekali lagi, kami bertemu dengan para tokoh kebudayaan ini untuk mendorong hijrah politik menjadi wajah yang membangun keadaan politik yang santun, yang toleran, yang mencintai seluruh isi alam raya,” tukas Hasto.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Citarum

Hasto juga mengajak para seniman dan budayawan menjadi bagian penting dalam upaya pelestarian lingkungan di Jabar.

Menurutnya, salah satu langkah konkret pelestarian lingkungan adalah menjaga sumber mata air di Sungai Citarum.

Hasto mengatakan, pemerintahan Jokowi telah berupaya keras agar bisa membersihkan Sungai Citarum dari sampah plastik. Selain itu, pelestarian terhadap kesenian, adat istiadat hingga makanan juga perlu dilakukan.

“Inilah yang membuat politik benar-benar membumi. JokowiKiai Ma’ruf, turun ke rakyat dan menyentuh hal-hal yang fundamental. Tidak lagi bicara fitnah, tebar hoaks sana-sini tetapi benar-benar yang dibutuhkan rakyat,” tandas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Sulit ‘Kumpulin Nyawa’ di Pagi Hari? 10 Aktivitas Ini Bisa Membantu

Jakarta – Siapa yang masih sulit bangun di pagi hari atau malah memakan banyak waktu untuk ‘kumpulin nyawa’? Berlama-lama di tempat tidur setelah bangun bisa membuatmu kelelahan dan ngantuk seharian, lho.

Sebenarnya tak sulit untuk merasa segar di pagi hari dan terhindar dari rasa ngantuk. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 10 cara untuk membuatmu nggak berlama-lama ‘kumpulin nyawa’ di kasur:

1. Jangan tekan tombol snooze!

Kita terbiasa untuk menekan tombol ‘snooze’ saat alarm kita berbunyi di pagi hari dan melanjutkan tidur sejenak. Para ahli meyakini hal ini bisa mengganggu kemampuanmu untuk beraktivitas seharian.

Dikutip dari Health Line, kamu bisa mencoba trik 90-menit tidur dengan menyetel dua alarm. Satu alarm untuk 90 menit sebelum kamu ingin bangun, dan alarm satu lagi untuk waktu di saat kamu benar-benar ingin ‘melek’.

Teorinya adalah pada tidur selama 90 menit yang kamu lakukan sebelum alarm yang kedua akan menjadi satu siklus tidur penuh, sehingga membuatmu dapat terbantun setelah keadaan REM dan bukannya saat keadaan itu.

2. Minum segelas air putih

Hal paling simpel untuk dilakukan namun sering diabaikan. Minum segelas atau dua gelas air putih di pagi hari dapat membantu untuk mendorong metabolisme, membuang racun dan menghidrasi tubuh.

Selain itu, minum air putih juga bisa mencegahmu mengalami kelelahan karena dehidrasi. Kelelahan bisa memicu rasa kantuk, perubahan pada kemampuan kognitif, dan mengganggu mood-mu seharian.

3. Regangkan badan

Meregangkan tubuh bisa membangunkan otot-otot tubuh kita, melancarkan peredaran darah dan mengirimkan sinyak untuk tubuh segera bangun dan bersiap untuk menghadapi hari.

Kamu bisa melakukan latihan peregangan atau yoga, atau bahkan sekedar ‘ngulet’. Akan lebih baik jika merutinkannya setiap pagi.

4. Berjemur

Di masa kini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan di bawah sinar lampu. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan di luar saat pagi hari dan biarkan sinar matahari terserap ke dalam kulit, menghangatkan tubuh dan untuk memicu produksi vitamin D di tubuh.

5. Basuh atau cuci muka

Masih mengantuk di pagi hari? Segera mandi bisa menjadi jawaban yang tepat. Namun kadang suasana dingin di pagi hari membuat kita enggan untuk mandi, bisa kamu ganti dengan mencuci atau sekadar membasuh muka dengan air dingin, agar menghantarkan sinyal perubahan temperatur pada tubuh.

Jika kamu bahkan tak mampu bangun dari tempat tidur, kamu bisa menaruh botol semprotan di dekat kasur yang bisa kamu jangkau dan semprotkan ke wajah saat kamu bangun tidur.

6. Sarapan

Sarapan sangat penting dan seharusnya tidak boleh dilewatkan. Dengan memakan makanan yang sehat, rasa kantuk dan mager alias malas gerak di pagi hari bisa berganti menjadi rasa segar dan lebih enerjik seharian.

Namun perlu diperhatikan, apa yang kamu makan di pagi hari dapat berdampak pada apa yang kamu rasakan selama berjam-jam. Cobalah memakan protein tanpa lemak, gandum, kacang dan buah dengan kandungan sedikit gula.

7. Hindari gula hingga makan siang

Sarapan dengan makanan bergula seperti minuman kopi dengan pemanis, kue dan sereal bisa menyebabkan kenaikan gula darah yang justru membuatmu merasa lelah nantinya.

Jika kamu ingin memakan sesuatu di pagi hari, perhatikan bagian label nutrisinya. Kamu bisa menggantinya dengan menyimpan apel, wortel dan buah jeruk sebagai alternatif sarapan.

8. Kurangi kopi

Kopi mungkin sudah menjadi ‘sarapan’ bagi sebagian besar orang. Walau memang kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, meminumnya terlalu banyak di pagi hari bisa saja membuatmu lelah di siang hari.

Tak masalah jika kamu ingin meminumnya di pagi hari, namun sangat disarankan untuk meminumnya dengan jumlah kecil, misal menggunakan cangkir yang lebih kecil.

9. Mulailah percakapan yang positif

Hindarilah gosip, pertengkaran dan percakapan yang negatif saat kamu memulai harimu. Dengan memulai percakapan yang positif bisa mengubah harimu, lho!

10. Praktikkan sleep hygiene

Sudah jelas, pagi hari yang berkualitas juga dipengaruhi oleh tidur malam yang berkualitas pula. Sleep hygiene atau kebiasaan ‘bersih’ saat tidur bisa kamu praktikkan, yakni sebagai berikut:

– jauh-jauh dari laptop, telepon genggam, dan televisi satu jam sebelum tidur
– tidur di jam yang sama setiap malam dan bangun di jam yang sama setiap pagi, untuk menjaga ritme sirkadian, yakni jam biologis tubuh
– buat tempat tidurmu senyaman mungkin

(frp/up)

Tak Ada Gajah yang Mau Dijajah

Liputan6.com, Bandar Lampung – Kepala Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Agus Wahyudiono mengimbau masyarakat untuk tidak mengganggu habitat gajah atau mengusirnya secara sembarangan ketika kawanan itu memasuki permukiman.

“Masyarakat yang ada jangan sampai mengganggu kawanan gajah, bila tidak mau kawanan gajah ini merusak rumah, perkebunan dan pertanian warga,” kata Agus saat dihubungi dari Bandarlampung, Jumat (22/2/2019), dilansir Antara.

Menurut dia, sering keluar dan masuknya kawanan gajah ke permukiman warga karena mereka merasa terganggu dengan keberadaan manusia di habitatnya, terutama memberikan dampak keterbatasan makanan.

Selain itu, masyarakat juga jangan gegabah saat mengusir kawanan gajah yang masuk ke permukiman warga. Kalau perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas yang ada agar tidak memakan korban.

“Masyarakat jangan suka gegabah untuk mengusir kawanan gajah yang ada, karena bisa membahayakan warga,” katanya.

Sebelumnya, kawanan gajah liar kembali masuk ke perkebunan serta merusak puluhan hektare tanaman di sawah yang berada di Pekon (Desa) Roworejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat.

“Iya tadi sore kawanan gajah kembali masuk dan merusak lahan perkebunan dan pertanian milik warga termasuk sawah,” ujar Eko, salah seorang warga saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu, pekan lalu.

Menurut dia, kawanan gajah sudah hampir dua pekan menginap di lahan perkebunan dan pertanian milik warga di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat.

Dia menerangkan, para pemilik lahan perkebunan dan pertanian hanya dapat melihat dari jarak terdekat sekitar 50 meter.

“Kami hanya bisa melihat dari jarak 50 meter saja. Dan belum berani mendekat, karena tidak mau mengambil risiko,” katanya.

Eko menjelaskan, puluhan gajah ini sudah hampir satu bulan menginap di dekat permukiman warga dan sampai saat ini kawanan gajah tersebut berpindah dari pekon satu ke pekon lainnya.

“Bila diusir dari pekon Roworejo maka akan berpindah ke pekon lainnya. Karena hutan ini dikelilingi oleh rumah penduduk,” ungkapnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Awas, Obesitas Bikin Libido Pria Terjun Bebas

Liputan6.com, Jakarta Performa seksual dapat terhambat karena obesitas. Hal ini kemungkinan terkait dengan kadar testosteron yang rendah pada pria dengan kelebihan berat badan. 

Direktur Medis dan Spesialis IVF dari Mother’s Lap IVF Center, Shobha Gupta, menjelaskan, kelebihan berat badan akan menghambat stamina untuk mempertahankan kinerja seksual. Ini juga mengganggu keseimbangan hormon, yang pada gilirannya memengaruhi kadar testosteron.

“Hal ini akan menyebabkan hilangnya libido (dorongan seksual) atau libido rendah. Obesitas juga memengaruhi aliran darah ke alat kelamin dan kurangnya sirkulasi darah yang menyebabkan disfungsi ereksi,” jelas Gupta, dilansir dari NDTV, Jumat, 22 Februari 2019.

Tingkat testosteron mulai meningkat pada masa pubertas dan memuncak pada awal masa dewasa. Kelebihan lemak di paha bagian dalam dan daerah kemaluan menghasilkan suhu testis yang tinggi lebih dari 35 derajat Celsius.




Simak video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Diet kelola berat badan

Diet mengelola berat badan dapat dilakukan. Ada beberapa saran dari Gupta agar tubuh tidak menjadi obesitas.

  1. Konsumsi lebih banyak protein dalam diet Anda. Vegetarian dapat makan banyak lentil dan kacang-kacangan.
  2. Pilihlah daging tanpa lemak, seperti ayam dan salmon. Walaupun daging merah kaya akan protein, daging ini juga mengandung lemak. Protein membantu mendorong perasaan kenyang dan mencegah keinginan untuk makan berlebihan.
  3. Pastikan Anda konsumsi banyak buah dan sayuran. Tubuh akan punya sebagian besar serat untuk penurunan berat badan. Serat membutuhkan waktu lama untuk dipecah dan dicerna sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
  4. Hindari trans-lemak dan makanan olahan. Misal, kentang goreng, sosis, burger, dan roti.

6 Barang Termahal di Dunia, Apa Saja?

Liputan6.com, New York – Kebanyakan orang pastinya akan mencari sesuatu yang murah untuk dibeli atau dikonsumsi, namun tahukah Anda ternyata ada beberapa orang yang rela untuk mengeluarkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Mau tahu barang apa sajakah yang termahal di dunia? Dilansir dari laman MSN, berikut merupakan 6 barang termahal di dunia:

1. Mobil Termahal – USD 52 Juta

Berdasarkan bloomberg, ada seorang yang tidak diketahui identitasnya telah membeli sebuah mobil balap Ferrari 250 GTO seharga USD 52 juta atau setara Rp 731 miliar dan membuat mobil ini menjadi mobil termahal di dunia. Sebelumnya, pemilik mobil ini adalah Paul Pappalardo, seorang Kolektor di Connecticut, Amerika.

2 dari 6 halaman

2. Pizza Termahal – USD 150

Pizza termahal di dunia yang pernah dijual seharga USD 150 setara Rp 2,1 juta di kedai pizza Gordon Ramzey’s Maze. Pizza tipis ini bertopingkan bawang bombay, keju fontina, baby mozzarella, pancetta, jamur, serta jamur italia yang sangat langka.

3 dari 6 halaman

3. Sup Termahal – USD 190

Restoran The Kai Mayfair telah menjual sup termahalnya “Budha Jumps Over the Wall” seharga USD 190 setara Rp 2,6 juta. Sup ini berisikan sirip ikan hiu, abalone, jamur jepang, rumput laut, scallop kering, daging ayam, daging babi, huan ham, dan gingseng.

4 dari 6 halaman

4. Sarung Tangan Termahal – USD 420 ribu

Sarung tangan milik pendiang Michael Jackson menjadi sarung tangan termahal yang pernah dijual di dunia. Sarung tangan ini dihargai USD 420 ribu pada lelang yang ada di Manhattan, Amerika pada 21 November 2009. Sarung tangan ini dibeli oleh Ponte 16 Resort, New York Amerika.

5 dari 6 halaman

5. Sushi Termahal – USD 1.978

Chef Angelito Araneta Jr Filipina pernah menyajikan sushi termahal seharga USD 1.978 atau setara Rp 27 juta. Nigiri sushi ini menajadi sangat mahal karena dilapisi dengan berlian dan lembaran emas 24 karat.

6 dari 6 halaman

6. Ikan Tuna Termahal – USD 1,7 Juta

Ikan tuna bluefin dengan berat 222 kilogram (kg) yang tertangkap di perairan Aomori, Jepang dan dilelang dengan harga USD 1,7 juta di Tsukiji fish market, Jepang pada 5 Januari 2013.

6 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami, Simpel dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Tubuh ramping dan langsing merupakan dambaan banyak orang. Banyak cara yang dilakukan agar mendapatkan postur tubuh langsing yang menarik.

Tubuh yang langsing berkaitan dengan berat badan yang ideal. Dengan berat badan ideal, seseorang akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pula. Banyak cara melangsingkan badan yang dapat ditempuh.

Di media sosial saat ini juga kerap ditemukan promosi obat atau suplemen pelangsing tubuh. Namun obat-obatan tersebut tak baik jika dikonsumsi terus menerus. Kandungan kimia pada obat-obatan pelangsing dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Sebenarnya ada cara melangsingkan badan yang aman dilakukan. Cara melangsingkan badan secara alami terbukti aman karena tak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. cara melangsingkan badan secara alami ini dapat berupa kegiatan-kegiatan sederhana yang mudah untuk dijalankan. Anda dapat menerapkan cara melangsingkan badan secara alami ini di rumah.

Berikut 6 cara melangsingkan badan secara alami dilansir Liputan6.com dari Healthline, Jumat(22/2/2019).

2 dari 7 halaman

Minum Air Putih

Mulailah hari Anda dengan satu atau dua gelas air putih tiap bangun tidur. Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih di pagi hari membantu memulai metabolisme Anda dan membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Minum air putih juga membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah Anda makan kalori yang tidak perlu. Beralihlah ke air putih atau teh hijau dan rasakan perbedaannya dalam sehari.

Minum 0,5 liter (17 ons) air dapat meningkatkan kalori yang Anda bakar 24–30% selama satu jam sesudahnya.

Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan orang tua. Air sangat baik untuk menurunkan berat badan ketika menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gula.

3 dari 7 halaman

Berjalan Setelah Makan

Jika Anda tidak suka jogging atau berolahraga maka ada sesuatu yang lebih sederhana untuk Anda. Cobalah berjalan sepuluh menit setelah makan. Ini dapat membantu Anda membakar beberapa kalori dengan cepat dan membantu proses pencernaan.

Tahukah Anda jika jalan kaki 5 menit yang dilakukan tak lama setelah makan dapat meningkatkan kadar gula darah harian lebih besar daripada berjalan kaki 45 menit di pagi hari.

Para peneliti mengatakan bahwa jalan kaki setelah makan membantu membersihkan glukosa dari aliran darah karena gula darah akan lebih banyak diambil oleh otot saat berjalan. Dengan begitu berat badan dapat terkontrol dan tubuh akan langsing secara alami.

4 dari 7 halaman

Makan Lebih Banyak Serat

Cara melangsingkan badan secara alami selanjutnya adalah mengonsumsi banyak serat alami. Makanan tinggi serat baik untuk kesehatan dan penurunan berat badan sehingga Anda akan terlihat langsing. Makanan kaya serat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa lebih kenyang setelah makan.

Tetapi kebanyakan dari kita hanya mengonsumsi sekitar setengah dari serat yang seharusnya. Makanan berserat tinggi umumnya membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses mengunyah. Dan mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori.

Cara terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak serat adalah memulai hari Anda dengan sarapan penuh serat seperti gandum. Anda juga bisa memasukkan buah di menu makanan Anda atau membuat semangkuk salad segar.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ampuh meangsingkan badan.

Selain air, nutrisi dan serat, mereka biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah. Ini memungkinkan Anda untuk memakannya dalam porsi besar tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung lebih memilik berat badan ideal.

5 dari 7 halaman

Makan di Rumah

Meskipun restoran menawarkan banyak pilihan makanan bergizi, pilihannya seringkali terbatas. Sebagian besar makanan yang disajikan di restoran mengandung lemak dan kalori dalam jumlah tinggi, dan dapat merusak kesehatan Anda jika dikonsumsi secara berkala.

Pilihlah untuk memasak dan makan di rumah ketimbang makan di restoran. Selain menghemat pengeluaran, makan dan memasak di rumah juga akan membawa anda pada pola hidup sehat.

Anda tidak pernah tahu kandungan apa saja yang ada pada makanan yang anda makan di restoran.

Saat memasak di rumah, Anda tahu persis apa yang masuk ke dalam makanan Anda, dan anda juga mengetahui langsung bagaimana makanan itu dimasak.

Dengan masak sendiri dirumah, anda dapat mengontrol jumlah kalori dan nutrisi pada makanan anda. Makan di rumah adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan menurunkan berat badan yang dapat melangsingkana tubuh.

6 dari 7 halaman

Kurangi Garam

Menikmati makanan ringan yang gurih dan asin memang sungguh nikmat. Makanan olahan seperti keripik kentang sangat tinggi sodium. Garam ditambahkan sebagai pengawet dalam makanan tersebut.

Garam mengandung natrium dan makanan tinggi natrium menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang bisa membuat Anda terlihat kembung. Selain itu, garam sangat membuat ketagihan sehingga Anda tidak bisa puas dengan satu bungkus makanan ringan saja.

Menyedihkannya, sebungkus keripik kentang kecil dapat mengandung hampir 500 kalori. Banyak kalori ini akan memakan waktu setidaknya 45 menit untuk membakarnya lagi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang Anda simpan di rumah sangat memengaruhi berat badan dan perilaku makan.

Dengan selalu menyediakan makanan sehat, Anda mengurangi kemungkinan makan tidak sehat. Ada juga banyak camilan sehat dan alami yang mudah disiapkan dan dibawa saat Anda bepergian. Camilan ini dapat berupa yogurt, buah utuh, kacang-kacangan, wortel, dan telur rebus.

7 dari 7 halaman

Olahraga Pembakar Kalori

Berlari membantu Anda membakar kalori, mengurangi stres, dan menekan hormon nafsu makan. Jika Anda terbiasa berjalan maka tambahkan sedikit jogging pada olahraga secara berkala. Berlari atau joging membantu Anda membakar lebih banyak kalori lebih cepat daripada .

Tapi itu tidak berakhir di sini. Penelitian mengonfirmasi bahwa olahraga seperti berlari menghasilkan “after burn” yang berarti seseorang terus membakar lebih banyak kalori selama dua jam setelah Anda berhenti berlari.

Selain itu jika Anda tidak punya cukup waktu, kesabaran, atau peralatan, cukup lakukan push-up dan squat sederhana. Push-up dan squat hanya membutuhkan 15 menit dari dan hasilnya akan tampak seperti Anda telah menghabiskan waktu serius saat berkeringat di gym. Keduanya adalah latihan yang fantastis untuk membakar lemak, meregangkan pinggang,lengan dan kaki dalam waktu singkat.

Nah, itu tadi cara melangsingkan badan secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Agar Bisa Tampil Ideal dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang. Baik wanita maupun pria. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal banyak cara yang dapat dilakukan. Namun tentu saja untuk mencapai keinginan tersebut hendaknya tidak melupakan aspek kesehatannya.

Mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara yang sehat tentu saja memberikan efek yang baik untuk kedepannya. Jika mengambil cara yang tidak sehat seperti diet ekstrem atau mengonsumsi obat-obatan yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Bukannya mendapatkan tubuh yang ideal, kemungkinan justru mendapatkan hal sebaliknya. Tubuhmu akan kekurangan nutrisi dan mendatangkan berbagai penyakit.

Di balik gegap gempita banyak orang yang ingin menguruskan badan, banyak orang yang ingin menambah berat badan. Beberapa orang kurus yang ingin menambahkan berat badannya biasanya memiliki alasan berat badannya yang dibawah rata-rata.

Berat badan dibawah rata-rata terkadang membuat orang merasa khawatir. Selain itu, mendapatkan omongan dari orang sehingga menimbulkan rasa malu. Dari keadaan tersebut tak jarang banyak orang yang mencari cara menambah berat badan secara cepat. Alasan terakhir, karena memang susah menambah berat badan. Mereka susah untuk menaikkan berat badan padahal sudah makan banyak setiap hari.

Jika kamu memiliki berat badan dibawah rata-rata dan ingin memiliki tubuh yang ideal, ada cara menambah berat badan secara alami yang tentunya sehat sehingga bisa kamu tiru dan lakukan. Tanpa menggunakan obat-obatan untuk menambahkan berat badanmu secara cepat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) ada cara menambah berat badan secara alami yang tentu saja tak akan menyiksa tubuhmu dengan bahan-bahan kimia. Dengan cara-cara yang alami, maka tubuhmu akan terisi nutrisi dan gizi yang baik untuk menambah berat badanmu. Berikut beberapa cara menambah berat badan secara alami yang bisa membantumu mendampatkan tubuh yang ideal secara sehat.

2 dari 4 halaman

Ubah Konsumsi Makanmu

1. Pilih Makanan Nutrisi Tinggi

Makanan dengan nutrisi tinggi bisa kamu dapatkan dari sering mengonsumsi banyak buah, sayur dan juga kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, kamu akan menyuplai makanan berlemak dan kalori tinggi ke dalam tubuhmu.

2. Makan Lebih Sering

Jika biasanya kamu makan dalam sehari tiga kali, kamu bisa meningkatkan intensitasnya. Tips dan triknya adalah kamu bisa makan lima sampai enam kali dengan porsi yang kecil. Lebih sering makan akan lebih baik karena orang yang kurus biasanya lebih cepat merasa kenyang.

3. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Cara menambah berat badan secara alami yang cukup banyak dilakukan orang adalah banyak konsumsi makanan berkarbohidrat. Cara ini dianggap cukup jitu tanpa harus konsumsi obat-obat. Karbohidrat bisa kamu dapatkan dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum sampai tepung. Namun tetap jangan berlebihan ya.

3 dari 4 halaman

Minuman yang Sehat Untuk Menambah Berat Badan

4. Konsumsi Jus dan Smoothies

Cara menambah berat badan secara alami selanjutnya adalah kamu disarankan untuk konsumsi jus atau smoothies. Jus dan smoothies akan mudah diserap oleh tubuh karena teksturnya yang lebih halus dari makanan.

5. Konsumsi Susu dan Madu

Susu adalah salah satu cara menambah berat badan secara alami yang paling terkenal setelah karbohidrat. Selain susu kamu bisa selingi dengan yogurt, puding atau es krim. Selain susu, madu juga disarankan.

6. Jangan Minum Sebelum Makan

Walaupun terdengar sederhana, tetapi trik ini bisa kamu jadikan cara menambah berat badan secara alami, lho. Hal ini dilakukan agar kamu tidak merasa kenyang lebih dulu sebelum makan. Kamu disarankan untuk minum saat makan atau 30 menit setelahnya.

7. Banyak Minum Air Putih

Banyak orang yang sudah tahu jika air putih memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Kamu bisa membagi jam minum air outih dimulai dari bangun tidur dipagi hari, siang, sore hingga malam agar kebutuhan air putih dalam tubuh terpenuhi.

4 dari 4 halaman

Rutin Berolahraga

8. Olahraga Namun Hindari Olahraga Jenis Kardio

Olahraga secara rutin menjadi salah satu cara menambah berat badan secara alami. Olahraga tak hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga menambah berat badan. Namun kamu disarankan untuk tidak oleharga jenis kardio secara sering. Kamu bisa lakukan olahraga jenis kardio dengan waktu 30 menit saja sebanyak 5 kali dalam seminggu saja. Selain itu hindari olahraga aerobik. Kamu bisa lakukan olahraga anaerobik.

9. Konsumsi Cemilan Sehat

Disela kegiatanmu, kamu bisa diselingi dengan cemilan yang sehat. Seperti makan buah atau kacang kedelai. Buah yang bagus untuk menambah berat badanmu adalah buah pisang. Kurangi untuk cemilan yang mengandung banyak minyak. Yang digoreng atau direndam dengan minyak untuk mengurangi kadar kolesterol.

10. Hindari Begadang dan Merokok

Begadang adalah musuh besar buat kamu jika kamu ingin menambah berat badan. Selain itu begadang juga beresiko mendatangkan penyakit lainnya. Tak hanya begadang, kamu juga sangat disarankan untuk tidak merokok. Karena rokok dapat memicu tubuh untuk tidak merasa laparsehingga nafsu makan menjadi turun.