Makanan Cepat Saji dan 7 Efeknya Bagi Kesehatan

Gula dan lemak

Banyak makanan cepat saji mengandung cukup banyak gula. Bukan hanya berkalori ekstra, tetapi adanya kandungan ini juga berati sedikitnya nutrisi dalam jenis makanan ini. The American Heart Association (AHA) menyarankan hanya mengonsumsi 100 hingga 150 kalori gula tambahan per hari. Itu sekitar enam hingga sembilan sendok teh.

Banyak minuman cepat sajimenampung lebih dari 12 ons kalori gula. Satu kaleng soda 12 ons mengandung 8 sendok teh gula. Itu sama dengan 140 kalori, 39 gram gula, dan tidak ada nutrisi lain di dalamnya.

Lemak trans adalah lemak buatan yang dibuat selama pemrosesan makanan. Lemak ini juga biasa ditemukan di pai goreng, pastries, adonan pizza, cracker,atau biskuit. Tidak ada jumlah lemak trans yang baik atau sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandungnya dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat), menurunkan HDL (kolesterol baik), dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Restoran juga dapat menambah masalah penghitungan kalori. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan di restoran yang mereka asosiasikan sebagai “sehat” masih meremehkan jumlah kalori dalam makanan mereka sebesar 20 persen.

Sodium

Kombinasi lemak, gula, dan banyak sodium (garam) dapat membuat makanan cepat saji terasa lebih enak bagi sebagian orang. Tetapi makanan tinggi natrium dapat menyebabkan retensi air, itulah sebabnya Anda mungkin merasa engah, kembung, atau kekenyangan setelah makan makanan cepat saji.

Makanan tinggi sodium juga berbahaya bagi orang dengan kondisi tekanan darah. Sodium dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan pada jantung dan sistem kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian, sekitar 90 persen orang dewasa meremehkan berapa banyak natrium dalam makanan cepat saji mereka.

Studi ini mensurvei 993 orang dewasa dan menemukan bahwa tebakan mereka enam kali lebih rendah dari jumlah sebenarnya (1.292 miligram). Ini berarti perkiraan natrium dimatikan lebih dari 1.000 mg.

Perlu diingat bahwa AHA merekomendasikan orang dewasa untuk makan tidak lebih dari 2.300 miligram sodium per hari. Satu makanan cepat saji bisa memiliki julmah sodium dari setengah hari makan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *