Anthony Ginting Maju ke Semifinal Singapura Terbuka 2019

Jakarta Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, lolos ke semifinal Singapura Terbuka 2019, Jumat (12/4/2019). Anthony Ginting lolos setelah berhasil mengalahkan wakil China, Chen Long, pada perempat final.

Bertanding di Singapore Indoor Stadium, Anthony Ginting tampil agresif sejak gim pertama. Anthony berhasil unggul jauh dengan skor 11-4 pada interval. Setelah itu, permainannya semakin sulit dibendung Chen Long dan akhirnya menang 21-8.

Memasuki gim kedua, Chen Long berusaha bangkit dan menekan Anthony. Namun, Anthony masih bisa mempertahankan keunggulan hingga interval dengan skor 11-9.

Setelah itu, Chen Long sempat menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Meski begitu, Anthony menolak menyerah dan memenangi pertandingan dengan skor 21-19 dalam tempo 42 menit.

Anthony mengaku sebenarnya dalam posisi kalah angin pada gim pertama. Namun, justru Chen Long yang terlihat banyak melakukan kesalahan sehingga hal itu dimanfaatkannya untuk memenangi laga.

“Sebenarnya tidak ada kunci atas rahasia khusus. Cuma tadi gim pertama posisi kalah angin, saya bebas aja mainnya mau gimana. Sekalian lihat juga apakah lawan ada perubahan dan melakukan kesalahan sendiri atau tidak. Kelihatan dia waktu menang angin di game pertama, kelihatan tidak percaya diri, serba ragu lah kelihatan dan banyak mati sendiri,” kata Anthony dalam rilis yang diterima Bola.com.

“Gim kedua saya hampir kebalik sama lawan. Akan tetapi, saya belajar dari kendala selama ini kan sama, gimana cara main saat menang angin. Tadi saya banyak mengingat-ingat lagi pas lawan Wang Tzu Wei dan (Kenta) Nishimoto di babak pertama dan kedua. Tadi saya terapkan dan Puji Tuhan bisa berhasil,” ucap Anthony.

Kemenangan ini menambah dominasi Anthony Ginting atas Chen Long yakni enam kemenangan dan tiga kali kalah. Pada semifinal Singapura Terbuka 2019, Anthony akan menjajal kekuatan tunggal Chinese Taipei, Chou Tien-chen, Sabtu (13/4/2019)

Anthony Sinisuka Ginting berhasil merebut juara China Open 2018. Ternyata kemenangan Ginting mengukir sejarah baru Bulu tangkis Indonesia.

bank bjb Raih Penghargaan Korporasi Merah Putih Anugerah Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) meraih penghargaan Korporasi Merah Putih, Anugerah Indonesia Maju 2018-2019 yang digelar oleh Rakyat Merdeka dan Warta Ekonomi. Penghargaan ini diraih bank bjb berkat inovasi dan akselerasinya dalam bidang bisnis.

Pemberian penghargaan diberikan dalam acara Anugerah Indonesia Maju 2018-2019 di Ballroom Pullman Hotel, Jakarta, Senin (8/4/2019). Penghargaan diterima secara langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas Direktur Utama bank bjb, Agus Mulyana.

Penghargaan Anugerah Indonesia Maju 2018-2019 diberikan kepada lembaga yang dinilai telah menjadi akselerator, motor, dan inovator dalam bidang politik, ekonomi, serta bisnis. Lembaga yang dianggap bekerja tulus demi Indonesia melalui berbagai terobosan program dan kerja nyata. Apresiasi diberikan berdasarkan kondisi sepanjang 2018-2019.

Saat kondisi ekonomi dunia terpuruk, Indonesia tetap mampu menjaga pertumbuhan dengan baik dan fluktuasi rupiah dalam rentang terkendali. Berbagai pembangunan infrastruktur terus dilakukan untuk menjaga keseimbangan antar daerah.

Di sisi lain, banyak korporasi yang berhasil menjaga kinerja keuangan di tengah kondisi ekonomi yang belum stabil. Mereka terus berinovasi dan membuat kinerja positif, sehingga mendorong tumbuhnya ekonomi. Anugerah Indonesia Maju 2018-2019 mengapresiasi kerja keras korporasi, perorangan, atau lembaga agar menjadi inspirasi dan motivasi untuk generasi penerus.

Pemilihan peraih penghargaan dilakukan melalui serangkaian kegiatan riset dan seleksi. Mulai dari riset kualitatif Desk Research, penjurian awal, media monitoring, dan penjurian akhir. Riset kualitatif menggunakan desk research adalah kegiatan pencarian data terhadap tokoh politik, ekonomi, dan bisnis terbaik di Indonesia. Penjaringan dilakukan melalui studi kualitatif dari publikasi data sekunder, yaitu publikasi media, lembaga resmi pemerintah, perusahaan, asosiasi dan lembaga-lembaga resmi lainnya.

Hasil tahap itu digunakan untuk menjaring penerima anugerah. Proses selanjutnya seleksi menggunakan parameter akselerator, motor, dan inovator. Proses ini dilakukan melalui sidang juri Rakyat Merdeka dan Warta Ekonomi. Seleksi tahap awal ini menghasilkan kandidat untuk di-tracking lewat publikasi media selama periode 2018-2019. Dari proses ini, didapat pengelompokan lima kategori, yaitu Tokoh Anugerah Khusus, Tokoh Politik, Ekonomi dan Bisnis Akselerator, Tokoh Politik, Ekonomi dan Bisnis Motor Tokoh Politik, Ekonomi dan Bisnis Inovator, serta Korporasi Merah Putih. Pada seleksi akhir, penilaian melibatkan tiga dewan juri yaitu  Suryopratomo (mewakili Pers), Rhenald Kasali (Akademisi /Ekonom), dan Tjipta Lesmana (Akademisi /Pakar Politik).

bank bjb meyakini, penghargaan yang diraih kali ini merupakan buah manis atas komitmen dan keikhlasan perseroan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat secara luas. Berbagai keberhasilan dan inovasi ini merupakan aset masa depan untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Penerapan konsep Good Corporate Governance (GCG) secara total, membuat bank bjb mampu menjalankan perseroan secara baik dan sehat. Selain itu, penempatan sumber daya manusia (SDM) yang tepat dapat menghasilkan kerja maksimal di masing-masing bidang. 

(*)

Didukung Mathlaull Anwar, Ma’ruf Janjikan Indonesia Maju Bukan Bubar

Tangerang – Jaringan Muda Mathlaul Anwar (Maju) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Ma’ruf mengapresiasi dukungan tersebut dan berjanji akan membuat Indonesia lebih maju apabila menang nanti.

“Kenapa (Jokowi-Ma’ruf) harus menang? Supaya Indonesia menjadi Indonesia maju, bukan Indonesia bubar. Supaya Indonesia sejahtera, bukan Indonesia punah,” ujar Ma’ruf saat memberikan sambutan acara deklarasi dukungan Maju di Ballroom hotel Alium, Tangerang, Banten, Sabtu (6/4/2019).

Ma’ruf sempat juga menjelaskan alasannya menerima pinangan untuk menjadi cawapres Jokowi. Salah satu alasannya karena Ma’ruf menilai Jokowi telah berbuat banyak untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia.

“Karena itu saya mau mendampingi Pak Jokowi karena beliau telah berbuat banyak, tinggal nanti memaksimalkan saja,” terang Ma’ruf.

Ma’ruf juga berpesan kepada anggota Maju untuk menjaga persatuan bangsa. Cawapres nomor urut 01 itu meminta anggota Maju mengimplementasikan Pancasila di kehidupan sehari-hari.

“Kenapa Indonesia yang majemuk ini bisa kita jaga, karena kita punya kesepakatan. Yaitu Pancasila, titik temu antara semua warga bangsa. Dengan Pancasila semua orang bisa terima, baik golongan agamais, nasionalis,” tutupnya.

Sebelumnya, Ma’ruf juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Maju. Dia juga menyerukan untuk memilih putra daerah dalam Pilpres 17 April nanti.

“Makanya orang Banten kudu milih orang Banten, kalau tidak kabina-bina siak (keterlaluan),” ujarnya.
(zak/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Drama 9 Gol di Allianz Arena, Bayern Munich Maju ke Semifinal DFB-Pokal

MunichBayern Munich bekerja ekstra keras untuk melewati tim divisi dua Heidenheim di perempatfinal DFB-Pokal. Bertanding di kandang sendiri, Bayern menang 5-4.

Dua gol disumbangkan Robert Lewandowski yang baru masuk di babak kedua. Gol-gol Bayern lainnya dicetak oleh Leon Goretzka, Thomas Mueller, dan Serge Gnabry.

Pada pertandingan di Allianz Arena, Kamis (4/4/2019) dinihari WIB, Bayern tertinggal 1-2 di babak pertama. Heidenheim memanfaatkan keunggulan jumlah pemain usai Die Roten bermain dengan 10 orang usai Niklas Suele dikartu merah kala pertandingan baru berjalan 13 menit.

Bayern akhirnya bangkit setelah restart dengan mencetak tiga gol tambahan untuk berbalik unggul. Namun, Heidenheim menolak menyerah sehingga mampu menyamakan skor 4-4, sebelum gol penalti Lewandowski mengakhiri perlawanan tim tamu.

Bayern, yang menyimpan beberapa pemain utamanya, memulai dengan menjanjikan. Die Roten sudah unggul di menit ke-12 setelah Goretzka membuka skor pertandingan.

Namun, arah pertandingan berbalik usai kartu merah Suele. Di menit ke-26, Robert Glatzel membawa timnya menyamakan skor menjadi 1-1 setelah memaksimalkan umpan Marc Schnatterer.

Heidenheim membungkam publik Bayern. Kini giliran Schnatterer yang menaklukkan penjagaan kiper Sven Ulreich sehingga Heidenheim unggul 2-1 di menit ke-39 untuk dipertahankan saat half-time.

Strategi memasukkan Lewandowski dan Kingsley Coman terbukti tepat. Hanya delapan menit setelah kickoff babak kedua, Lewandowski memberikan dampak instan.

Dari situasi tendangan sudut, Lewandowski menyundul bola yang diteruskan Thomas Mueller dengan sepakan voli dari tengah kotak penalti yang menembus gawang Heidenheim. Skor kini 2-2.

Hanya butuh tiga menit bagi Bayern untuk kembali di depan. Lewandowski mencetak gol ketiga tim tuan rumah sehingga berbalik unggul dalam kedudukan 3-2 di menit ke-56.

Serge Gnabry dengan leluasa menggiring bola menuju kotak penalti, sebelum mengirim operan kepada Mueller. Lewandowski menyelesaikan umpan akurat Mueller dengan sontekan dari jarak dekat yang menggetarkan gawang Heidenheim.

Gempuran serangan Bayern menghasilkan gol keempat kurang dari 10 menit kemudian. Mats Hummels menanduk bola sepak pojok, yang dituntaskan Gnabry dengan sontekan mudah dari dekat tiang. VAR dibutuhkan sebelum gol itu disahkan.

Heidenheim belum tamat. Di menit ke-74, Glatzel mencetak gol keduanya atau yang ketiga untuk Heidenheim usai memanfaatkan lengahnya lini belakang Bayern yang bertahan terlalu tinggi.

Hanya tiga menit kemudian, kedudukan seimbang lagi! Wasit menunjuk titik putih setelah pelanggaran Hummels. Glatzel maju sebagai eksekutor dan mengecoh Ulreich dengan tembakan ke arah tengah gawang Bayern. Kedudukan 4-4.

Sepuluh menit sebelum waktu normal habis, Ulreich membuat dua penyelamatan gemilang yang menghindarkan Bayern dari kebobolan lagi. Heidenheim mulai bertahan lebih rapat.

Penalti kedua diberikan wasit di pertandingan ini, kali ini kepada Bayern. Setelah Marnon Busch melakukan handball saat mengawal Lewandowski.

Striker Polandia itu maju mengambil penalti tersebut untuk disarangkan ke gawang Heidenheim setelah mengirim Kevin Mueller ke arah yang salah. Bayern 5, Heindeheim 4.

Bayern hampir saja membunuh pertandingan. Akan tetapi, sepakan keras kaki kanan Gnabry hanya menghantam mistar gawang Heidenheim di menit ke-89.

Laga kian keras di masa injury time, di mana para pemain kedua kubu saling melakukan pelanggaran. Di detk-detik terakhir, Bayern memperoleh tendangan penjuru. Meski tak melahirkan gol tambahan, Bayern sukses mempertahankan keunggulan sampai laga bubar.

Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Ulreich, Kimmich, Rafinha (Lewandowski 46′), Hummels, Sule, Gnabry, James Rodriguez (Coman 46′), Thiago Alcantara, Goretzka, Ribery (Boateng 24′), Mueller

HEIDENHEIM: Kevin Mueller, Busch, Theuerkauf (Thomalla 73′), Mainka, Beermann, Dorsch (Feick 52′), Schnatterer (Multhaup 67′), Griesbeck, Andrich, Glatzel, Dovedan (rin/cas)


Menristekdikti: Negara Maju Bukan Banyak Penduduk, tapi Berinovasi Teknologi

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir membuka Sidang Komisi C Majelis Senat Akademik Perguruan Negeri Badan Hukum (MSA PTN-BH) di Hotel Candi Semarang, Jawa Tengah. Universitas Diponogoro selaku tuan rumah acara ini mengangkat tema Pengembangan Sumber Daya PTN-BH untuk Prioritas Pembangunan.

Dalam sambutannya, Menristekdikti M Nasir menegaskan kepada delegasi dari 11 PTN BH di Indonesia bahwa negara yang maju bukanlah negara yang memiliki jumlah penduduk besar ataupun luas wilayahnya, melainkan mereka yang berinovasi.

“Di dunia negara yang maju bukan karena jumlah penduduk yang besar, buka luas negaranya yang besar, negara yang maju (adalah) negara yang berinovasi dalam teknologi, oleh karena itu negara yang tidak berinovasi akan leave,” kata Nasir.

Sementara itu, Rektor Universitas Diponogoro, Yos Johan Utama meminta kepada Menristekdikti agar pengurusan terkait guru besar bisa otonom di masing-masing perguruan tinggi. Hal ini agar kementerian tidak terlalu sibuk.

“Berikan kami mandat kemandirian dalam mengatur guru besar, paling tidak rektor kepala. Ini akan mengurangi beban di pusat,” kata Yos.

PTN BH merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Dahulu dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP).

Sampai saat ini, ada 11 PTN BH di Indonesia, yakni Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Diponogoro.

Tiba di GOR Satria Purwokerto, Prabowo Disambut Nyanyian Maju Tak Gentar

Purwokerto – Capres Prabowo Subianto yang tiba di GOR Satria Purwokerto sekitar pukul 10.45 WIB langsung disambut lagu Maju Tak Gentar. Massa pendukung pun menyambutnya sambil mengangkat dua jari.

Usai menyanyikan lagu Maju Tak Gentar, kemudian masa pendukung melanjutkan dengan yel yel Prabowo presiden.

“Prabowo Presiden, Prabowo Presiden, Prabowo Presiden,” teriak pendukung, Senin (1/4/2019).


Bukan hanya membawa bendera koalisi partai, massa pendukung juga membawa atribut bertuliskan ‘Ojo Wedi gajah lewa, Ora tolah toleh Prabowo-Sandi sing dipilih’ , ‘ Prabowo-Sandi The Next Presiden’, ‘Wes wayahe Trah Banyumas 02, Rika Ora Dewekan’.

Tak lama kemudian, Prabowo langsung memberi orasi politiknya di depan ribuan massa pendukungnya.

Sebelumnya kampanye terbuka ini dibuka dengan orasi politik mantan Wagub Jateng, Rustriningsih.

“Sampaikan ke keluarga, bahwa Bu Rustri dukung Prabowo Sandi,” kata Rustriningsih.

Rustriningsih mengatakan, banyak bisik-bisik terkait keberpihakan dirinya ke pasangan Prabowo-Sandi. Dirinya pun menegaskan dirinya mendukung pasangan 02 tersebut.

“Semua menyampaikan bisik-bisik, nggak salah ni Bu Rustri 02, bukan hoaks ini? Insya Allah Bu Rustri cinta tanah air, Ibu Rustri dari keluarga nasionalis, yakin, dan yang terakhir, Ibu Rustri akan terus menjaga tanah air dan Republik Indonesia, Bu Rustri akan mempertahankan akal sehat,” ujarnya.

Kampanye terbuka Prabowo-Sandi di GOR Satria Purwokerto tampak diikuti massa pendukung dari Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen. Tampak pula bendera partai-partai koalisi di lokasi kampanye.

Ada tiga panggung di lokasi kampanye, terdiri dari dua panggung kecil dan satu panggung utama. Satu panggung acara musik yang diisi oleh Nissa Sabyan dan panggung lain diisi para ulama. Sedangkan panggung utama diisi oleh caleg dan politikus.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(arb/sip)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hary Tanoe: Buat Indonesia Maju dengan Mempercepat Kesejahteraan Rakyat Kecil

Liputan6.com, Jakarta – Hujan tak sedikit pun menyurutkan semangat warga yang menyesaki Bazar Murah Perindo di Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Kamis 28 Maret 2019.

Mereka justru semakin antusias, karena Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Kartini Perindo Liliana Tanaja Tanoesoedibjo yang melayani langsung bazar murah tersebut.

“Hidup Bapak Hary Tanoesoedibjo nomor 9. Saya doakan biar berkah nomor 9,” teriak seorang bapak yang disambut riuhnya tepuk tangan warga.

Tak kalah bahagianya dengan warga, Hary pun senang bazar yang rutin diselenggarakan Perindo di berbagai daerah itu bisa berjalan lancar dan membantu masyarakat.

“Ini bagian dari program sosial Partai Perindo yang sudah kami lakukan selama ini untuk membantu warga yang kurang mampu. Sudah banyak, berton-ton, karena sudah kami lakukan di seluruh Indonesia,” tutur Hary.

Hary menjelaskan Partai Perindo memiliki dua program, yaitu membantu dan membangun masyarakat.

Dia mengatakan bazar murah adalah satu dari sederet program dan kegiatan Perindo untuk membantu masyarakat. Ada fogging yang digencarkan untuk membasmi nyamuk DBD, ambulance gratis yang siaga 24 jam dan masih banyak lagi.

Guna membangun ekonomi masyarakat ada Gerobak Perindo, koperasi nelayan, pemberian alat perontok padi, pelatihan ketrampilan bernilai produktif dan program lainnya. Partai berlambang rajawali ini bertujuan menjadikan masyarakat produktif.

“Inilah program yang kami sebut membangun agar masyarakat bisa sejahtera, daya belinya naik, bisa menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi,” kata Hary Tanoe.

Maju Jadi Caleg, Pengusaha Ini Janji Perjuangkan Hukuman Mati Bagi Koruptor

Liputan6.com, Jakarta – Politikus Partai Berkarya, Hence Carlos Kaparang mengaku punya cara  berbeda mengkampanyekan diri pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pileg).

Dia mengaku dalam setiap kesempatan berkampanye menjanjikan akan memperjuangkan hukuman mati bagi koruptor.

“Hukuman mali bagi para koruptor. Bikin saja program sederhana, tapi dijalankan,” ucap Oscar di Jakarta, (27/3/2019).

Tak hanya itu, pria kelahiran Aceh ini juga menawarkan bantuan bantuan bergulir untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan, seperti modal usaha kecil, biaya rumah sakit, bayar uang sekolah, biaya nikah, dan khitanan.

“Saya akan jalankan program ini jika saya terpilih. Dananya berasal dari 50 persen gaji saya setiap bulan,” ucap dia.

Dia mengaku, sejak bergabung dengan Partai Berkarya dan menjadi caleg untuk Dapil DKI Jakarta I, telah mendirikan Rumah Aspirasi di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur. Oscar selalu hadir di tempat itu untuk berbincang dan menyerap aspirasi masyarakat.

“Jika saya terpilih dan pemerintahan mendatang tidak berpihak ke masyarakat, saya siap menjadi oposisi,” kata anak tentara yang memilih menjadi pengusaha bengkel mobil ini.

Maju Jadi Caleg, Pengusaha Bengkel Ini Janji Perjuangkan Hukuman Mati Bagi Koruptor

Liputan6.com, Jakarta – Politikus Partai Berkarya, Hence Carlos Kaparang mengaku punya cara  berbeda mengkampanyekan diri pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pileg).

Dia mengaku dalam setiap kesempatan berkampanye menjanjikan akan memperjuangkan hukuman mati bagi koruptor.

“Hukuman mali bagi para koruptor. Bikin saja program sederhana, tapi dijalankan,” ucap Oscar di Jakarta, (27/3/2019).

Tak hanya itu, pria kelahiran Aceh ini juga menawarkan bantuan bantuan bergulir untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan, seperti modal usaha kecil, biaya rumah sakit, bayar uang sekolah, biaya nikah, dan khitanan.

“Saya akan jalankan program ini jika saya terpilih. Dananya berasal dari 50 persen gaji saya setiap bulan,” ucap dia.

Dia mengaku, sejak bergabung dengan Partai Berkarya dan menjadi caleg untuk Dapil DKI Jakarta I, telah mendirikan Rumah Aspirasi di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur. Oscar selalu hadir di tempat itu untuk berbincang dan menyerap aspirasi masyarakat.

“Jika saya terpilih dan pemerintahan mendatang tidak berpihak ke masyarakat, saya siap menjadi oposisi,” kata anak tentara yang memilih menjadi pengusaha bengkel mobil ini.

Kemendagri Perkenalkan Desa Indonesia Maju di Lampung

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri, melalui Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa melakukan terobosan pelaksanaan pelatihan dan pengenalan on-line Balai Desa untuk aparatur 74.754 desa se-Indonesia untuk Mewujudkan Desa Indonesia Maju (DESIMA).

Pengenalan itu digelar dalam acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dalam Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa” di Gedung Bagas Raya, Bandar Lampung, Kamis, (21/03/2019).

Kepala Balai PemDes Lampung sekaligus penyelenggara acara, Efendi mengatakan, acara ini digelar untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa untuk mengelola keuangan desa secara hati-hati.

“Acara ini merupakan pengarahan atas pentingnya kehati-hatian dalam mengelola keuangan desa oleh pemerintah, diantaranya oleh Kemenko Polhukam, Kemenko PMK, Kemendagri, Kemendes, serta Kemenpan dan RB,” kata Efendi.

DESIMA (Desa Indonesia Maju) adalah sejumlah kumpulan program yang ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa serta memajukan desanya.

DESIMA dibuat sebagai hasil kerja bersama dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri bersama Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sebagaimana tertuang pada Memorandum of Understanding (MoU) No. 119/651/BPD, tertanggal 22 Januari 2019.

DESIMA selanjutnya akan ditampilkan dalam sebuah kartu yang pada tahapan dua tahun ini, diantaranya berisikan progam sebagai berikut:

Pertama, pelatihan Online. Pelatihan telah disiapkan bagi aparatur desa menggunakan teknologi internet dimana materi pelatihan yang telah tersedia, akan dapat diajarkan dan didiskusikan secara online dengan menggunakan handphone.

Kedua, klinik Konsultasi Online. Peserta dapat menanyakan dan mendapatkan pembimbingan secara online atas persoalan-persoalan yang dimiiki oleh aparat desa di lapangan yang sesuai dengan topik pelatihan.

Ketiga, studi Banding. Peserta dapat melakukan studi banding ke desa lain yang sudah maju di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Keempat, lanjut Kuliah Sarjana Strata 1. Peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat menggunakan hasil pelatihan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang telah bermitra. Hasil pelatihan disetarakan dengan 6 SKS.

Kelima, sertifikasi Kompetensi. Peserta yang telah mengikuti pelatihan mendapatkan sertifikat dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri.

“Ke depannya, kartu ini memiliki keunggulan untuk mendapatkan pelatihan tanpa batas dan akan menjadi identitas kebanggaan aparatur desa yang memiliki fungsi dan tugas memajukan Indonesia melalui pengembangan desa dan masyarakat desanya,” ujar Efendi.