Yuk Ke Festival Crossborder Nunukan, Jangan Lupa Mampir Ke Krayan

Liputan6.com, Nunukan Pelaksanaan Festival Crossborder Nunukan sudah dekat. Event yang akan dilangsungkan di GOR Dwikora, Nunukan, akan dihelat 27-28 April. Kalian yang ingin berkunjung, ada baiknya mampir ke Desa Adat Krayan. Dan dapatkan pengalaman baru dari Bumi Kalimantan.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung mengatakan, Nunukan menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi semuanya berbalut dengan kuatnya budaya masyarakatnya. Salah satunya Krayan yang merupakan daerah yang masih memegang kuat adat istiadat.

“Di Krayan itu yang tinggal masyarakat adat, jadi kulturnya kelihatan sekali dan sangat menarik. Ini potensi yang bisa menarik wisatawan. Apalagi sebentar lagi akan dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Krayan,” kata Adella, Jumat (19/4).

Kecamatan yang dihuni oleh sekitar 12 ribu jiwa tersebut didominasi masyarakat adat Dayak Lundayeh. Mereka masih memegang teguh dan menjalankan aturan adat. Berbagai upacara adat pun terus dilestarikan masyarakatnya, seperti upacara Irau Rayeh Lundayeh. Sebuah upacara atau pesta besar sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Dayak Lundayeh.

Bukan itu saja wilayah ini pun masih dikelilingi hutan dan perbukitan yang masih perawan. Masyarakat adatnya masih sangat menjaga hubungan mereka dengan alam. Wisatawan yang datang bisa menikmati alam dengan menjelajah hutan atau mendaki gunung.

Uniknya di Krayan garam tidak dihasilkan dari laut, melainkan dari atas gunung. Garam ini diperoleh dari beberapa sumur yang airnya mengandung garam di Krayan. Krayan pun merupakan penghasil beras organik ternama. Beras dari Krayan sering disebut beras Adan Krayan.

Sistem bercocok tanam padi jenis beras adan Krayan sama sekali tidak menggunakan bahan kimia ataupun pestisida semuanya menggunakan bahan alam lokal seperti penggunaan pupuk berasal dari kotoran hewan kerbau.

Jenis beras Adan Krayan ini sudah sangat terkenal ke negara tetangga Malaysia dan Brunai. Hal ini disebabkan beras Adan memiliki cita rasa berbeda dengan beras biasa. Berasnya pun pulen juga sangat wangi. Bahkan beras Adan merupakan beras favorit Sultan Brunai, Sultan Hassanal Bolkiah.

“Potensinya sangat luar biasa. Makanya kami terus menggelar berbagai event di Nunukan. Sehingga potensi ini semakin terpancar ke luar. Sehingga nantinya pergerakan perekonomiannya semakin kencang ditopang sektor pariwisata,” ucap Adella.

Sementara itu Kabid Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono menuturkan, upaya peningkatan sektor pariwisata juga disokong dengan berbagai program lainnya. Dan semuanya melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Seperti halnya upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat. Misalnya dengan pemberian pelatihan pengelolaan homestay dan kursus bahasa asing. Selain itu juga mendorong daerah membuat sejumlah desa menjadi desa wisata.

Hal ini akan mendorong masing-masing desa untuk mengembangkan wisatanya, misalnya dengan penyediaan pakaian adat atau keikutsertaan dalam event-event budaya.

“Kita ada KUR pariwisata atau dana desa yang bisa digunakan untuk membangun desa wisata. Ini yang terus kita sosialisasikan ke daerah sehingga pariwisatanya makin berkembang,” ujarnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun terus mendukung penguatan sektor pariwisata di perbatasan. Karena terbukti jika potensi wisata di perbatasan Indonesia sangat luar biasa.

“Silahkan buktikan sendiri. Makanya selesai menyaksikan Festival Crossborder Nunukan sempatkan diri mengunjungi berbagai destinasi yang ada. Sudah pasti akan terpukau,” kata Menpar.

Ayahnya Lupa, Bocah 4 Tahun Tewas Setelah Tertinggal di Mobil 9 Jam

Beijing – Menyedihkan! Seorang bocah perempuan berumur empat tahun di China meninggal dunia setelah ditinggalkan oleh ayahnya di dalam sebuah mobil di tengah cuaca panas selama 9 jam! Ayah korban lupa bahwa putrinya masih berada di dalam mobil yang terkunci.

Surat kabar lokal Changsha Evening News melaporkan seperti dilansir South China Morning Post, Jumat (12/4/2019), di hari tragis itu, bocah yang diidentifikasi dengan nama panggilan Qiqi tersebut, sedang diantarkan ayahnya menuju sekolahnya di Taman Kanak-kanak (TK) di Yiyang, provinsi Hunan, China tengah pada Senin (8/4) waktu setempat. Namun sang ayah melupakan tujuannya mengantarkan anaknya saat menerima panggilan telepon setibanya di sekolah sang anak.

Setelah menerima panggilan telepon dan membaca pesan di telepon genggamnya, pria yang tak disebutkan namanya itu, mengemudikan mobilnya dengan sang anak masih duduk di kursi belakang. Dia kemudian pergi ke sebuah toko dan memarkir kendaraannya, menguncinya dan pergi meninggalkan putrinya di dalam mobil.
Barulah ketika ibu sang anak pergi ke sekolah untuk menjemput putrinya pada sekitar pukul 17.00 waktu setempat, diketahui bahwa dia tak ada di sekolah.

Dilaporkan Changsha Evening News, ketika akhirnya sang anak ditemukan di dalam mobil, wajahnya sudah membiru. Suhu udara di hari itu mencapai 30 derajat Celsius.

Kepada surat kabar tersebut, sang ayah menyatakan bahwa pihak sekolah ikut bersalah atas tragedi itu, karena tidak menelepon dirinya mengenai ketidakhadiran Qiqi di kelas.

“Tiga guru mengurus kurang dari 20 anak (dalam setiap kelas), dan mereka tidak tahu salah satu anak tidak datang ke sekolah,” cetus pria tersebut. “TK ini relatif mahal di Yiyang, dengan bayaran hampir 10.000 yuan per semester,” imbuhnya.

Dilaporkan bahwa pihak TK setuju untuk membayar 32 ribu yuan kepada keluarga tersebut guna menyelesaikan masalah ini agar tidak dibawa ke jalur hukum.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Capek Olahraga di CFD, Jangan Lupa Mampir Jajan Makanan Enak Ini

Jakarta – Area Car Free Day (CFD) Jakarta memang tak pernah sepi setiap Minggu pagi. Selain olahraga, di sini juga bisa jajan aneka makanan enak. Apa saja?

Kalau pagi ini sedang ada di area CFD terutama di kawasan Senayan dan Sudirman, jangan sampai pulang tanpa sarapan ya. Di dekat Mal FX Sudirman ada banyak makanan enak yang bisa dijajal. Berikut rekomendasinya.

1. Pecel

Capek Olahraga di CFD, Jangan Lupa Mampir Jajan Makanan Enak IniFoto: dok. detikFood/Erliana Riady

Ada beberapa penjual pecel yang rutin mangkal di kawasan CFD. Penjualnya duduk lesehan menjajakan lontong pecel sayuran yang lengkap dengan gorengannya.
Puas olahraga memang paling enak sarapan pecel. Selain sehat, pecel di sini juga terbilang murah meriah. Bahkan Menteri Tenaga Kerja, Muhammad Hanif Dhakiri pernah membukikan kelezatan pecel di CFD ini.

Baca juga : Lewat Senayan? Jangan Lupa Mampir untuk Cicip 11 Makanan Ini!

2. Nasi Gudeg

Capek Olahraga di CFD, Jangan Lupa Mampir Jajan Makanan Enak IniFoto: istimewa

Mau makanan yang lebih berat? Coba mampir ke kedai gudeg yang menawarkan sajian nasi gudeg dengan aneka lauk menggoda.

Seporsi nasi gudeg bisa disantap dengan berbagai lauk pilihan mulai dari ayam opor hingga tempe dan tahu bacem. Energi dijamin kembali pulih usai menyantap nasi gudeg.

3. Empal Gentong

Capek Olahraga di CFD, Jangan Lupa Mampir Jajan Makanan Enak IniFoto: istimewa

Gerobak empal gentong Mang Asep ini tak pernah sepi disambangi pembeli yang datang ke kawasan CFD. Setiap minggu pagi, empal gentong ini mangkal di sekitaran GBK.

Semangkuk empal gentong dengan kuah gurih yang hangat ini makin enak disantap dengan ketupat. Kalau tergoda empal gentong ini harus sabar antre ya.

4. Lontong Sayur

Capek Olahraga di CFD, Jangan Lupa Mampir Jajan Makanan Enak IniFoto: istimewa

Menu yang satu ini pasti jadi incaran banyak orang Jakarta. Lontong sayur dengan kerupuk siap memanjakan lidah. Tambah lagi makin mantap dengan telur balado.

Seporsi lontong sayur dengan telur balado dibanderol Rp15 ribu saja. Di sini juga bisa makan dengan nyaman karena penjualnya menyediakan kursi dan meja.

Baca juga : Seru! Begini Suasana Area Kuliner Asian Games di GBK, Senayan

5. Dimsum

Capek Olahraga di CFD, Jangan Lupa Mampir Jajan Makanan Enak IniFoto: istimewa

Kalau tak mau menyantap makanan berat, coba jajal dimsum. Seporsi isi 4 dimsum harganya Rp15 ribu saja. Hangatnya dimsum makin enak dinikmati dengan saus pedasnya.

Selain dimsum, ada juga pempek, serabi, bubur ayam hingga lauk matang yang bisa dibawa pulang. Nah kalau mau kulineran di area CFD, pastikan datang lebih pagi ya. (dvs/odi)

Bertemu di Medaeng, Rizal Ramli Sebut Dhani Lupa Cerita Asam Uratnya

Sidoarjo – Selama kurang lebih 30 menit menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng, Rizal Ramli mengaku melihat pentolan Dewa 19 itu lebih ganteng dan kurus.

Bahkan Rizal yang datang bersama rombongan itu melihat Dhani lebih bersemangat dan lebih ganteng.

“Saya lihat kondisinya fit. Malah kurusan. Jadi saya bilang ke Ahmad Dhani. Ini dipenjara kok kurusan, malah lebih ganteng. Iya kan,” kata Rizal Ramli usai menjeguk Dhani di Rutan Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Sabtu (30/3/2019).


Saat ditanya kondisi Dhani yang sempat mengeluhkan mengalami asam urat dan sakit gigi, Rizal Ramli mengatakan Dhani lupa menceritakan itu.

“Tadi sih saking gembiranya ketemu saya, dia lupa cerita sama saya,” tambahnya sambil tertawa.

Melihat Dhani bersemangat bertemu dirinya, Rizal Ramli juga memberikan suport lagi. Semangat itu juga diberikan saat bertemu Mulan Jameela di dalam rutan.

“Dhani lebih bersemangat. Terus saya bilang Dhani seng sabar (yang sabar). Di dalam juga ada istrinya, Mulan,” jelasnya.
(fat/fat) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ada 17,5 Juta DPT Tidak Wajar, KPU: Banyak Warga Lupa Tanggal Lahirnya

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklarifikasi dugaan 17,55 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dinilai tidak wajar. Kejanggalan itu terkait banyaknya pemilih yang terdapat bertanggal lahir tertentu.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi pada Senin, 11 Maret 2019 siang, mempertanyakan kejanggalan itu. Aroma dugaan permainan DPT demi suara di pemilu pun mulai merebak.

Namun, Komisioner KPU Viryan Aziz menjelaskan, tidak ada yang salah dengan apa yang telah dilaporkan oleh BPN Prabowo-Sandi. Menurut mereka, data tersebut telah sesuai dan dikonfirmasi dengan data yang dimiliki oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Kemendagri, kata Viryan, tak ada data ganda tanggal lahir dalam DPT. Persoalan itu muncul karena masih banyak warga yang dinilai lupa tanggal lahirnya. Sehingga mereka terpaksa dimasukan pada tanggal-tanggal yang sama.

“Misalnya, ada pemilih pada saat kegiatan administrasi kependudukan, tidak ingat lahirnya tanggal berapa, bulan berapa. Hal-hal seperti itu kemudian disamakan tanggal lahirnya. Jadi banyak warga yang lupa tanggal lahirnya” ucap Viryan di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019).

Lebih jauh, Viryan memastikan pendataan sistem tanggal lahir seperti ini bukan hanya terjadi pada masa Pemilu 2019, namun telah diberlakukan sejak 2014 lalu. “Dengan demikian ini bukan data tidak wajar, tetapi data yang secara administrasi kependudukan,” sambungnya.

Namun, Viryan tidak bisa menjawab lebih jauh soal temuan BPN ihwal 300 ribu pemilih yang berusia di atas 90 tahun dan 20 ribu pemilih di bawah 17 tahun yang ikut masuk DPT. Dia mengatakan, perlu menyelidiki laporan tersebut terlebih dahulu.

“Perlu waktu untuk konfirmasi. Tidak mungkin datang, langsung disampaikan, serta-merta kita langsung jawab. Karena data yang disampailkan detail, disampaikan by name, by addres, akan kami kami tindaklanjuti, menjadi bagian dari kegiatan proses perbaikan DPT,” pungkasnya.

Simak berita Jawapos lainnya di sini.

Sering Lupa Banyak Hal? Ini Tipsnya Biar Gampang Ingat

Salah satu cara mudah lainnya agar punya ingatan kuat adalah dengan mencari suatu hal yang berhubungan erat dengan informasi yang hendak kamu ingat. Sederhananya, suatu hal itu adalah momen pendukung dari informasi tersebut. Misalnya kamu dihadapkan dengan suatu tugas kantor. Kemudian suatu kali atasan ikut bantu memecahkannya.

Dalam pemecahan masalah terkait tugas, atasan menjabarkan teknik-teknik agar tugas bisa lekas selesai dengan predikat mengagumkan.

Nah, jadi, saat kamu hendak mengingat sesuatu, ingat-ingat pula kejadian pendukung yang pernah terjadi. Misalnya saat mengerjakan tugas, pernah ada kejadian lucu yang bisa bikin kamu geli setiap kali mengingatnya.

5. Pakai Teknik Jembatan Keledai

Penerapan teknik ini sangat mudah diterapkan. Caranya cukup dengan merangkai kalimat menarik dari kumpulan kata-kata. Misalnya, saat akan mengingat huruf hijaiyah yang mengandung hukum qalqalah. Maka cukup dengan menyingkat huruf ‘ba’, ‘jim’, ‘dal’, ‘tha’, dan ‘qof’ dengan ‘baju di toko’. Lebih ringan dan mudah diingat.

Ada cara alternatif lain yang tidak kalah penting, yakni dengan sering membaca buku fiksi seperti cerpen dan novel. Sebab, buku fiksi selalu berhasil menawarkan imajinasi pada pembaca. Sementara itu, ingatan hanya bisa dibangkitkan dengan imajinasi. Dengan memiliki ingatan yang kuat, kamu juga bisa meningkatkan kreativitas sehari-hari.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI dengan Aman, Jangan Sampai Lupa Pin

Dirangkum dari berbagai sumber, begini cara mengambil uang di ATM BRI:

1. Pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kamu ambil. Terdapat beberapa pilihan pada mesin ATM BRI yaitu RP 50.000 atau Rp 100.000. Biasanya nominal pecahan uang tertera pada mesin ATM.

2. Masukkan kartu ATM BRI kamu ke dalam mesin ATM BRI.

3. Pastikan logo BRI berada di posisi atas.

4. Kemudian pilih bahasa yang kamu ingin gunakan selama proses mengambil uang.

5. Pada layar akan muncul pesan berupa tips aman bertransaksi di ATM, lalu kamu cukup pilih Lanjutkan.

6. Selanjutnya adalah memasukkan pin ATM kamu yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali. Kalau salah hingga 3 kali, maka kartu ATM kamu akan diblokir.

7. Lalu akan muncul tampilan nominal angka rupiah yang akan kamu tarik. Jika jumlah nominal yang kamu inginkan ada di layar mesin ATM, maka kamu cukup menekan nominal yang kamu inginkan.

8. Jika tidak ada pilihan transaksi yang sesuai dengan pilihan kamu, kamu bisa pilih Penarikan Tunai, kemudian masukkan jumlah nominal yang diinginkan.

9. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar beserta dengan resinya.

10. Namun ada beberapa mesin ATM yang tidak mengeluarkan resi. Hal ini dikarenakan kertas resi habis atau memang disetting agar sisa saldo hanya diberitahukan melalui layar mesin ATM saja.

11. Terakhir akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin Melanjutkan Transaksi Lain? Jika kamu memilih Tidak, maka kartu ATM akan keluar.

12. Pastikan semua hal penting sudah berada di tempat yang aman sebelum kamu keluat dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam tas atau dompet kamu.

Prabowo: Ada yang Suka Janji Saat Pemilu, Tapi Lupa Saat Berkuasa

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden Prabowo Subianto menyindir pemimpin yang kerap ingkar janji kepada rakyat. Menurutnya, pemimpin model seperti itu biasanya datang lima tahun sekali menemui rakyat. Saat bertemu, dia segera tebar janji, namun tidak ditepati.

“Saya melihat ada pihak-pihak yang tidak memikirkan rakyat. Tiap lima tahun pemilu janji-janji melulu, dan kalau berkuasa lupa dengan janji-janji itu,” kata Prabowo di GOR Gotong Royong, Subang, Jawa Barat, Rabu (6/3/2019).\

Prabowo mengimbau pihak-pihak yang kini mendapatkan amanat rakyat untuk segera menjalankan amanat tersebut secara sungguh-sungguh.

“Saya anjurkan kepada semua pihak yang saat ini ini memegang kepercayaan dari rakyat, jalankan sebaik-baiknya dengan tidak mengecewakan atau menyimpang dari UUD 1945,” tegas Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu pun bercerita tentang gelombang dukungan masyarakat terhadap paslon nomor urut 02 yang semakin membesar. Di sisa hari kampanye ini, Prabowo mengajak masyarakat Indonesia optimistis menyongsong perubahan pada 17 April 2019 mendatang.

“Tekad kita mulia. Setiap saya keliling ke daerah, arus dukungan rakyat sangat kuat, terus membesar. Saya tadi ke Subang lewat darat dan mampir ke beberapa daerah, masyarakat selalu menyambut dengan isyarat. Saya yakin Jabar adalah benteng dukungan untuk keadilan dan kemakmuran,” kata Prabowo.

Mantan Pangkostrad itu berjanji akan menurunkan harga listrik hingga harga bahan-bahan pokok ketika terpilih menjadi presiden dalam Pilpres 2019.

2 dari 2 halaman

Lindungi Petani

Mantan Danjen Kopassus itu juga berkomitmen untuk melindungi petani. Menurutnya, selama ini petani selaku penyedia pangan masyarakat kerap dirugikan oleh kebijakan impor pemerintah. Capres yang berpasangan dengan Sandiaga Uno ini berjanji akan mengurangi impor dan memberdayakan petani agar Indonesia bisa berdaulat pangan.

“Kita akan lindungi petani-petani kita. Tidak akan ada impor-impor lagi. Kalau perlu impor hanya untuk cadangan kalau keadaan darurat. tapi kami yakin, petani-petani kita mampu untuk memberi makan rakyat,” tukas Prabowo Subianto.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ada di Bandung? Jangan Lupa Sarapan Bakmi Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini

Jakarta – Selain mie kocok, Bandung juga terkenal dengan bakmi ayamnya yang enak. Beberapa tempat makan bakmi ini punya rasa enak dan bisa jadi rekomendasi.

Mie dengan tekstur yang kenyal dan diolah dengan bumbu plus kecap sangat enak. Apalagi ditambah dengan potongan daging ayam yang manis gurih. Makin enak dipadu bersama dengan bakso, pangsit rebus hingga potongan babat yang empuk.

Kalau ke Bandung, langsung saja mampir ke warung bakmi enak ini.

1. Mie Bakso Akung

Mampir Ke Bandung Wajib Coba Bakmi Ayam Legendaris di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Mampir ke Bandung, cobalah cicip mie baso legendaris ini. Jika Anda menonton film Dilan 1990, pasti Anda mengingat adegan ketika Dilan makan bersama Milea di salah satu warung makan. Masih bernuansa tahun 90-an, warung ini memang jadi salah satu yang melegenda di Bandung tepatnya di Buah Batu.

Ada mie kuah atau mie yamin dengan paduan topping yang menarik. Salah satunya adalah mie bakso pangsit tahu siomay ceker (BPTSC) atau bakso ceker dan bakso siomay bisa Anda cicip di sini. Porsi semangkuk mie baso Akung sangat royal dan berkuah.

Setengah porsi BPTSC ini berisi lima buah bakso halus ukuran kecil, ceker ayam tiga buah, dua buah siomay, tahu putih hingga pangsit rebus. Kalau suka dengan racikan mie yang manis gurih, bisa pilih mie yamien dengan tambahan bakso.

Puas menyantap mie ayam enak, Anda juga bisa memesan es teler, es yoghurt strawberry dan markisa panas. Mau coba bakso dan mie yamien yang disantap Dilan dan Milea? Langsung saja datang ke sini.

Mie Bakso Akung
Jalan Lodaya No. 123
Buah Batu, Bandung
Jum’at: tutup
Telp: (022) 7312746

Baca juga: Bakmie Ayam Eddy: Kelezatan Bakmi Ayam Jamur Legendaris yang Selalu Bikin Nagih

2. Bakmi Linggarjati

Mampir Ke Bandung Wajib Coba Bakmi Ayam Legendaris di 5 Tempat IniFoto: dok. detikFood

Di Rumah Makan Linggarjati ini Anda bisa menikmati beragam mie, bihun dan bakso enak. Salah satu yang bisa dicoba ada mie baso babat yang dibuat dengan mie yang lembut kenyal dengan topping daging ayam. Paling enak ditambah dengan irisan daun bawang yang gurih.

Untuk pelengkapnya, Anda juga bisa memesan bakso dan pangsit rebus yang dimasak dengan kuah kaldu yang gurih. Enak ditambah dengan sambal dan kecap.

RM. Linggarjati
Jalan Balonggede No. 1
Bandung

3. Toko You

Mampir Ke Bandung Wajib Coba Bakmi Ayam Legendaris di 5 Tempat IniFoto: Detikfood

Toko You jadi salah satu restoran legendaris yang bisa Anda kunjungi di kota Bandung. Sudah ada sejak tahun 1947, restoran ini terkenal dengan menu yamiennya. Mie yamien yang gurih dengan tambahan daging ayam makin enak disantap dengan bakso berkuah hangat.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati rawon panggang dan aneka jamu-jamuan yang menyehatkan. Penasaran untuk mencoba?

Toko You
Jalan Hasanudin No. 12
Lebakgede, Coblong, Bandung
Telp: (022) 2503332

4. Mie Cipaganti

Mampir Ke Bandung Wajib Coba Bakmi Ayam Legendaris di 5 Tempat IniFoto: Instagram

Di kawasan Cipaganti, Anda bisa menemukan mie ayam enak yang ramai pengunjung. Mie ayamnya memiliki rasa enak dengan tampilan seperti mie ayam kampung. Seporsi mie ayam terdiri dari bakso, potongan daging ayam, mie dan kerupuk pangsit. Disiram dengan kuah cokelat membuat rasanya makin nikmat.

Tambahkan sambal atau saus, makan mie Cipaganti sudah sangat enak!

Mie Cipaganti
Jalan Cipaganti No. 85
Bandung

Baca juga: Salapan: Puas Makan Mie Papah Lapar di Resto Sandra Djohan dan Sarah Sechan

5. Bakmi 123

Mampir Ke Bandung Wajib Coba Bakmi Ayam Legendaris di 5 Tempat IniFoto: Andi Annisa/detikFood

Tampilannya seperti mie yamien. Mie yang bertekstur lembut dengan bentuk yang tak terlalu tipis ini sangat nikmat. Dipadu dengan bumbu kecap yang gurih ditambah dengan potongan daging ayam di atasnya membuat sajian ini cocok untuk makan siang.

Taburan daun bawang membuat rasa mie ini makin nikmat. Santap dengan bakso, bakso goreng dan pangsit rebus serta babat empuk yang nikmat.

Bakmi 123
Jalan Emong No. 4
Burangrang, Lengkong, Bandung
Telp: (022) 7300921 (lus/odi)