Luncurkan Program GISA, Anies Minta Warga Lengkapi Data Kependudukan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA). Anies meminta seluruh warga DKI untuk melengkapi data adminstrasi kependudukan.

“Jika Ibu bapak melengkapi kebutuhan administrasi dengan tertib, pemerintah akan mudah menunaikan kewajiban bagi warga,” kata Anies di Rumah Susun (Rusun) Jati, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018).

Peluncuran GISA turut dihadiri oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh hingga Kadis Dukcapil DKI Dani Sukma. Peluncuran ditandai dengan pemencetan tombol sirine.

Menurut Anies, sering kali kurang lengkapnya data administrasi kependudukan itu menjadi kendala Pemprov DKI dalam melayani kebutuhan warga. Untuk itu, dia menegaskan kelengkapan data administrasi kependudukan itu sangat penting.

“Manfaat dari administrasi bukan hanya pada pemerintah jika warga milik catatan yang baik pemerintah bisa melayani baik. Kita tidak bisa layani kalau warga tak punya administrasi kependudukan. Itu penting bagi masyarakat,” ujar dia.

Selain mengajak warga tertib administrasi kependudukan, Warga juga diminta tertib membayar pajak. Menurut Anies, pajak tersebut merupakan iuran warga ditinggal di Jakarta.

“Kalau kita tertib administrasi itu konsekuesinya bayar pajak yang tertib. Kenapa harus tertib bayar pajak? Itu iurannya tinggal di Jakarta setiap hari pakai jalan yang rapi, dapat air bersih, bisa berkegiatan iuarannya dengan bayar pajak itu. Ketertiban itu yang ingin kita canangkan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Anies juga meminta para SKPD terkait untuk menjalankan program tersebut dengan sungguh-sungguh. Sehingga Jakarta bisa memiliki program one map, one data, one policy.

“Kita inginkan agar rakyat jika mendatangi instansi pemerintahan tidak lagi ngisi fomulir yang sama berulang-ulang. Jadi tinggal menyebut nomor induk. Kita ingin cukup satu nomor semua urusan bisa diakses,” tambah Anies.
(ibh/nvl)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *