WNI di London Inggris Gelar Acara Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf

Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah relawan pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin yang tergabung dalam Gerakan Wadyabala Jokowi atau disingkat (GWJ) Inggris Raya, Bara JP dan PR Bravo 5 UK serta wakil dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengelar doa bersama dan tausiyah di Kota London.

Acara doa bersama dipimpin Ustazah Kartini serta doa dari Musa Ansori (85), kawan dekat Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, diadakan di kediamanan keluarga diaspora Indonesia pasangan Roswati dan suami Christian Cano asal Jerman Perancis di daerah Springdale dalam acara #01BukaRumah open house pertemuan rutin berkala pada Maret ini.

Ketua GWJ Zulinda Berry Natalegawa kepada Antara London, Senin (25/3/2019) mengatakan pertemuan pendukung Paslon 01 juga diikuti berbagai organisasi Relawan Jokowi-Ma’ruf yang ada di Inggris seperti Bara JP yang dipimpin Jenny Collier dan PR Bravo 5 UK pimpinan Lenny Stoddart dari Windsor dan Shandy Adiguna, wakil dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Acara #01BukaRumah itu diawali dengan tauziah yang disampaikan Ustazah Kartini bertema “Amar ma’ruf nahi munkar, mengajak orang untuk melakukan kebaikan dan melarang orang berbuat yang tidal baik kapan saja dan dimana saja.

“Apabila ada teman yang membicarakan tentang temannya sebaiknya diingatkan untuk tidak membicarakan orang lain. Semoga kita bisa saling mengingatkan karena amar ma’ruf nahi munkar, hanya diberikan kepada umat Muslim,” demikian Kartini.

Dalam acara #01BukaRumah open house dan doa bersama juga diadakan video conferense dengan para tokoh Indonesia, seperti Ketua Muslimat NU Yenny Wahid, caleg PSI Dapil Luar Negeri Tsmara Amany, anggota DPR Adian Napitupulu dan Dewan Pengarah Jokowi-Amin Dr Marsetio.

Dalam sesi dialog online itu, Yenny Wahid mengungkap alasan  bergabung dalam tim pememnangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Jokowi mengingatkan saya dengan Gus Dur karena Jokowi dan Gus Dur berdua sama-sama menghadirkan keadilan sosial melalui pemberian hak-hak kepada seluruh warga Indonesia agar kedudukan dan setara dimata hukum,” ujar dia.

 

PSI: Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi ‘London Underground’ di Jakarta

Jakarta – Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni alias Toni mengapresiasi peresmian Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil mewujudkan mimpi serupa yang dimiliki warga london satu setengah abad silam, bukan cuma beretorika.

“Rasanya, retorika tidak akan pernah bisa membenahi kota dan infrastuktur di Indonesia. Meski diberikan kesempatan 155 tahun lamanya,” kata Toni lewat keterangan pers dari PSI, Senin (25/3/2019).

Kereta api bawah tanah atau London Underground disebut orang Inggris sebagai Tube. Peluncuran Tube pertama kali adalah tahun 1863. Antusiasmenya sama dengan antusiasme warga Jakarta saat pertama mencicipi MRT, padahal cuaca London kala itu sangat dingin.


“Tidak kurang dari 38.000 orang pada hari itu dengan riang gembira mencoba transportasi baru yang mengangkut mereka dari Paddington ke Farringdon,” ujar Toni.

DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia berhasil mewujudkan mimpi yang pada 155 tahun lalu peristiwa serupa pernah terjadi di London. Menurutnya, mimpi MRT di Jakarta bermula dari semangat Jokowi saat memimpin DKI Jakarta.

“Pada titik ini rakyat Jakarta tahu bahwa bebas macet bukan mimpi di siang bolong. Mereka sadar sekarang ada kehadiran pemerintah yang serius mengelola transportasi di Indonesia.” kata Toni.
(dnu/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Habiskan Rp 21 Miliar, Ed Sheeran Ubah Restoran Terkenal di London

Di Spanyol sendiri, Restoran Galicia sudah sangat dikenal. Para penduduk juga menyukai semua menu yang ada di sana. Restoran itu sendiri didirikan oleh José Nieto Alborés dan Eduardo Lage Porto pada1999. Tapi kini, Galicia akan diubah menjadi sebuah ‘music live bar’ oleh pelantun “Perfect”.

Hingga kini, belum dipastikan apa nama restoran sekaligus bar milik Ed Sheeran. Baik pihak Ed ataupun Stuart juga belum ada yang mengonfirmasi hal ini. (Syifa Fauziah/Brilio.net)

Belasungkawa Wali Kota Muslim London untuk Korban Penembakan di Selandia Baru

Liputan6.com, Christchurch – Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, dalam konferensi pers mengatakan bahwa penembakan di dua masjid di Christchurch, tampaknya merupakan “serangan teroris yang direncanakan dengan baik”, demikian sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Jumat 15 Maret 2019.

Kabar terbaru tentang penembakan di Selandia Baru menyebut bahwa korban tewas bertambah menjadi 49 orang, dan sekitar 48 orang lainnya terluka dalam serangan terburuk sepanjang sejarah Negeri Kiwi.

Dunia internasional pun berduka, seraya mengecam insiden keji penembakan di masjid Selandia Baru. Sejumlah pemimpin dunia angkat suara soal peristiwa tersebut.

Wali Kota London, Inggris, Sadiq Khan yang merupakan seorang muslim juga turut berduka atas insiden penembakan tragis yang melanda Negeri Kiwi.

“Seperti banyak warga London lainnya dan masyarakat dunia, saya turut berduka atas insiden di Christchurch, Selandia Baru. Banyak orang tak berdosa, laki-laki, perempuan dan anak-anak menjadi korban serangan teroris di masjid…,” kata Sadiq Khan dalam penggalan videonya terkait penembakan di Selandia Baru yang Liputan6.com kutip Kamis (15/3/2019).

Berikut ini tayangan lengkap ungkapan belasungkawa Sadiq Khan atas insiden penembakan di masjid Selandia Baru:

Wali Kota London, Inggris, Sadiq Khan yang merupakan seorang muslim juga turut berduka atas insiden penembakan tragis yang melanda Negeri Kiwi. Berikut ini ungkapan bela sungkawa beliau.

Paket Bom Ditemukan di 3 Lokasi di London, Polisi Antiteror Dikerahkan

London – Polisi antiterorisme Inggris sedang melakukan investigasi terhadap alat peledak yang ditemukan di tiga pusat transportasi utama di London. Alat peledak itu dikirim dalam paket kecil ke gedung-gedung dekat Bandara Heathrow, Bandara London City, dan stasiun kereta Waterloo.

Salah satu paket terbakar saat salah satu staf mencoba membuka. Namun dalam kejadian itu tak ada yang terluka.

Kepolisian metropolitan mengatakan unit komando antiterorisme sedang menyelidiki alat peledak tersebut yang diduga ketiganya saling terkait. Paket pertama ditemukan di gedung dekat dengan bandara tersibuk di Inggris–Bandara Heathrow–pada pukul 09.55 Selasa pagi waktu setempat.


Kemudian sekitar pukul 11.40 pagi polisi dipanggil ke ruang pos di stasiun kereta Waterloo. Polisi mengatakan paket tersebut tidak dibuka oleh petugas sehingga paket tersebut dalam kondisi aman.

Selanjutnya paket ketiga muncul 30 menit kemudian di City Aviation House, sebuah bangunan dekat dengan Bandara London City. Polisi mengatakan paket tersebut juga tidak dibuka oleh petugas sehingga aman.

Dilansir dari Reuters, layanan kepolisian Irlandia mengatakan pihaknya membantu polisi antiterorisme Inggris untuk menyelidiki pelaku pengirim 3 paket bom ke dua bandara dan stasiun kereta api utama di London.

Sementara itu transportasi berjalan normal. Polisi lalu memberitahukan pada pusat transportasi London untuk mewaspadai terhadap paket mencurigakan lainnya.
(yld/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Inggris: Derby London Imbang, MU Menang Dramatis

Liputan6.com, Manchester – Sejumlah pertandingan Liga Inggris, Sabtu (2/3/2019) malam, berlangsung seru. Yang paling mencuri perhatian adalalah kemenangan dramatis Manchester United (MU).

MU menang 3-2 atas Southampton di Old Trafford. Sempat tertinggal di babak pertama, Setan Merah kemudian bangkit dan membalikkan keadaan di babak kedua.

Romelu Lukaku jadi pahlawan MU dengan dua golnya. Satu gol Setan Merah lainnya dilesakkan Andreas Pereira.

Di laga lainnya, Arsenal harus puas bermain imbang 1-1 dengan Tottenham Hotspur. Dalam laga ini, The Gunners punya kesempatan emas untuk memenangkan laga. Namun, penalti Pierre- Emerick Aubameyang di menit 90 bisa diredam kiper Hugo Lloris.

Pada laga lainnya, Manchester City berhasil naik ke puncak klasemen usai menang tipis 1-0 atas tuan rumah AFC Bournemouth. Riyad Mahrez jadi pahlawan The Citizens di laga ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Liga Inggris

Tottenham Hotspur 1 – 1 Arsenal

AFC Bournemouth 0 – 1 Manchester City

Brighton & Hove Albion 1 – 0 Huddersfield Town

Burnley 1 – 3 Crystal Palace

Manchester United 3 – 2 Southampton

Wolverhampton Wanderers 2 – 0 Cardiff City

West Ham United 2 – 0 Newcastle United

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Striker Chelsea Klaim Sarri Tetap Didukung Pemain

London – Posisi Maurizio Sarri di mata pemain Chelsea diyakini aman. Hal ini disampaikan oleh striker The Blues, Pedro.

Para pemain Chelsea dalam beberapa tahun terakhir disebut memiliki pengaruh besar pada masa depan manajer di Stamford Bridge. Terbukti beberapa manajer tak bisa bertahan lama karena disebut berseteru dengan beberapa pemain The Blues.

Sebut saja Jose Mourinho, kemudian ada juga suksesornya yakni Antonio Conte.

Sarri disebut menghadapi masalah serupa. Indikasi akan adanya masalah makin menguat setelah Kepa Arrizabalaga dengan berani membangkang perintah Sarri di laga final Piala Liga Inggris lawan Manchester City.

 Namun Pedro dengan tegas membantah kabar itu. Ia mengatakan semua pemain kompak berada di belakang manajer asal Italia itu.

“Kami selalu bersamanya. Kami selalu berbicara tentang semua masalah yang kami miliki,” kata Pedro, seperti dilansir ESPN, Kamis (28/2/2019). 

“(Sarri) harus membuat keputusan (dengan Kepa). Ia telah melakukan itu dan kami hanya menghormatinya karena kami selalu menghormati semua manajer,” tegas pemain Chelsea itu.

2 dari 2 halaman

Harus Bersatu

Sebelumnya bintang Chelsea yakni Eden Hazard juga telah menyuarakan dukungan kepada Sarri.

“Kami semua bersama dengan pelatih. Saya tahu bulan ini sedikit berat, tapi kami harus bersatu, tetap bersama, jika kami inign melakukan sesuatu pada akhir musim,” ujar Hazard dalam situs resmi klub.

“Pada saat ini, kami sedikit mengalami tekanan karena para fans ingin kami berada di empat besar, tapi kami adalah Chelsea dan mampu mengatasi tekanan itu. Kami akan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Theresa May: Inggris akan Keluar dari Uni Eropa Sesuai Jadwal

Liputan6.com, London – PM Inggris Theresa May menyatakan bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa dengan perjanjian yang menguntungkan, sesuai jadwal bulan depan.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (1/3/2019) Perdana Menteri Theresa May mengatakan hari Rabu (27/2) bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa sesuai jadwal bulan depan, walaupun ada isyarat ia akan memungkinkan diadakannya pemungutan suara untuk menunda langkah Brexit itu.

May agaknya setuju dengan tekanan dari partai konservatif, dan akan mengizinkan pemungutan suara untuk menunda keluarnya Inggris tanggal 29 Maret dari Uni Eropa, kalau DPR tidak setuju.

Tapi May secara pribadi menentang ditundanya batas waktu itu dan mengatakan Inggris akan tetap keluar dari Uni Eropa kalau DPR berani dan tegas.

Kata May dalam tulisan yang dimuat harian Daily Mail, perundingan dengan Eropa untuk mengubah syarat-syarat Brexit supaya bisa diterima oleh DPR “telah mulai mendapat hasil.”

Parlemen Inggris dengan perbandingan suara yang sangat besar bulan lalu menolak perjanjian yang dicapai May dengan Uni Eropa, tentang jaminan untuk tetap membuka perbatasan

Inggris di Irlandia Utara dengan Irlandia, yang merupakan anggota Uni Eropa.

Tapi Uni Eropa mengatakan perjanjian yang dicapai dengan Inggris itu tidak bisa diubah lagi, walaupun perunding Eropa terus mengadakan pertemuan dengan jaksa agung Inggris tentang perbatasan dengan Irlandia itu hanyalah suatu langkah sementara.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Upaya Theresa May

Kemarin, Theresa May setuju bahwa DPR harus diberi kekuasaan lebih luas untuk mencegah anggota yang pro-Uni Eropa keluar dari pemerintahannya.

Ia mengatakan bahwa DPR akan mengadakan pemungutan suara sebelum tanggal 12 Maret. Kalau DPR menolak, akan diadakan pemungutan suara lagi untuk menentukan apakah Inggris akan keluar dari Uni Eropa atau menundanya selama tiga bulan lagi.

Langkah May itu membuat marah para anggota DPR yang pro-Brexit, yang khawatir tiap penundaan akan menjurus pada tidak jadinya Inggris keluar dari kelompok itu.

Kelompok yang setuju dengan Brexit mengatakan, perjanjian tentang perbatasan dengan Irlandia itu akan terus mengikat Inggris dengan perjanjian perdagangan Eropa, dan karenanya tidak akan bisa membuat perjanjian baru dengan negara lain.

Penguatan Dolar AS Turunkan Harga Emas

Liputan6.com, London – Harga emas turun mendekati level terendah dalam dua minggu dipicu penguatan Dolar Amerika Serikat (AS) dan data ekonomi AS yang lebih kuat dari prediksi. Ini membuat harga emas di jalur penurunan bulanan pertama dalam lima bulan terakhir.

Melansir laman Reuters, Jumat (1/3/2019), harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi USD 1.314 per ons, setelah mencapai titik terendah USD 1.312,43, terlemah sejak 15 Februari. Adapun emas berjangka AS turun 0,4 persen menjadi USD 1.316,1 per ounce.

“Emas lebih banyak didorong oleh data saat ini. Kami memiliki data produk domestik bruto (PDB) yang lebih baik dan itu adalah pendorong terbesar untuk mundurnya emas. Emas terluka oleh kenaikan dolar setelah rilis data,” kata Phil Streible, Ahli Strategi Komoditas Senior RJO Futures di Chicago.

Dolar menguat versus enam mata uang utama lainnya, setelah laporan Departemen Perdagangan AS menunjukkan kenaikan tahunan sebesar 2,6 persen dalam produk domestik bruto untuk kuartal keempat.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PDB akan tumbuh 2,3 persen di kuartal keempat.

Data PDB yang kuat datang setelah Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan bank sentral tidak terburu-buru untuk memutuskan kenaikan suku bunga di masa depan.

“Dari sudut pandang teknis, penurunan di bawah USD 1.320 dapat membuka ruang untuk penurunan lebih lanjut ke posisi USD 1.300, area yang kemungkinan akan menghentikan skenario bearish jangka pendek,” kata kepala analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa dalam sebuah catatan.

Investor juga tetap memantau ketegangan antara India dan Pakistan yang terlibat dalam serangan balasan, dan perkembangan pembicaraan perdagangan AS-China.

Emas dianggap sebagai aset yang aman selama masa ketidakpastian ekonomi atau politik.

Di antara logam mulia lainnya, harga paladium naik 0,9 persen menjadi USD 1.542 per ons, setelah mundur dari puncaknya sepanjang masa di USD 1.565,09 yang diskalakan pada awal pekan ini. Logam ini mencatat kenaikan persentase bulanan terbesar sejak November 2016.

“Palladium adalah bitcoin logam. Setiap kemunduran akan menjadi peluang pembelian daripada peluang penjualan, ”kata Eli Tesfaye, ahli strategi pasar senior untuk broker RJO Futures di Chicago.

Sementara harga perak turun 1 persen menjadi USD 15,58 per ounce dan turun sekitar 3 persen untuk bulan ini, terlemah sejak Agustus.

Harga platinum naik 0,3 persen menjadi USD 867, setelah mencapai level tertinggi sejak 7 November di USD 876 pada awal sesi. Harga juga menandai kenaikan bulanan terbesar sejak Januari 2018, setelah naik lebih dari 5 persen.

Usai Hajar Bournemouth, Arsenal Bidik Tottenham

Liputan6.com, London – Usai menghajar Bournemouth 5-1, Arsenal kini membidik Tottenham Hotspur di laga Liga Inggris selanjutnya. Hal itu diungkap pelatih The Gunners, Unai Emery.

Pada dini hari tadi, Tottenham Hotspur harus menelan kekalahan. Mereka dikalahkan oleh Chelsea dengan skor 2-0 di Stamford Bridge.

Berkat kekalahan itu, posisi The Lillywhites kini semakin didekati oleh Arsenal di klasemen sementara EPL. Mereka kini hanya unggul empat poin saja dari The Gunners yang menempati peringkat 4.

Emery sendiri menegaskan bahwa Arsenal akan melakukan segala cara untuk mengalahkan Tottenham di akhir pekan nanti. “Itu [memangkas jarak dengan Tottenham] adalah sebuah motivasi yang besar bagi kami,” buka Emery kepada situs resmi Arsenal.

2 dari 3 halaman

Jaga Performa 

Emery menegaskan bahwa timnya tidak boleh berleha-leha jelang menghadapi pertandingan sarat gengsi tersebut pada akhir pekan nanti.

Sang pelatih menyebut bahwa timnya wajib bekerja keras di sesi latihan Arsenal agar mereka bisa meraih kemenangan pada laga itu.

“Kami tidak boleh hanya mewacanakan hal itu melalui omongan saja, melainkan kami harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin, seperti yang kami lakukan hari ini. Setelah itu baru kami harus membuktikannya pada pertandingan hari Sabtu nanti.”

3 dari 3 halaman

Laga Sulit 

Emery juga mengakui bahwa Tottenham bukanlah lawan yang bisa dipandang dengan sebelah mata. Untuk itu timnya harus membuktikan kualitas mereka di atas lapangan.

“Untuk saat ini mereka [Tottenham] adalah lawan yang sulit bagi kami, karena mereka berada di posisi yang lebih baik daripada kami di klasemen sementara ini.”

“Saya rasa bermain di markas mereka akan sangat sulit, namun ini akan menjadi ujian yang sangat baik. Ujian ini akan menjadi ujian yang bagus dan juga positif.” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini