Pemberantasan Korupsi ala Jokowi Vs Prabowo Jelang Debat Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta – Isu korupsi adalah tema ketiga dalam debat Pilpres 2019 edisi perdana. Tema sebelumnya adalah isu hukum dan hak asasi manusia (HAM). Adapun tema selanjutnya adalah terorisme.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar secara perdana debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) mulai pukul 20.00 WIB.

Debat Pilpres 2019 yang perdana ini melibatkan dua pasangan calon (paslon) presiden dan calon wakil presiden (capres cawapres). Mereka adalah paslon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, serta paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Acara debat dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi, kedua dan ketiga menjawab pertanyaan para panelis. Segmen keempat dan kelima debat antarkandidat dan yang keenam adalah pernyataan dari masing-masing pasangan capres dan cawapres.

Moderator dalam debat perdana Pilpres 2019 adalah Ira Koesno dan Imam Priyono. Adapun enam panelis adalah Agus Rahardjo, Hikmahanto Juwana, Bagir Manan, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanti, dan Margarito Kamis.

Tentunya, tema debat Pilpres 2019 yang perdana ini akan menjadi pertaruhan bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga dalam menjawab isu-isu yang menjadi pertanyaan publik.

2 dari 4 halaman

Jokowi-Ma’ruf Tawarkan 5 Program

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menawarkan lima program penegakan hukum kepada masyarakat apabila kembali dipercaya memimpin Indonesia pada periode 2019-2024.

“Dalam misi kami tawarkan adalah penegakan sistem hukum bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya,” kata Direktur Hukum TKN Jokowi-Ma’ruf, Ade Irvan Pulungan seperti dilansir Antara, Minggu, 13 Januari 2019.

Program pertama, kata dia, adalah melanjutkan penataan regulasi. Menurut Irvan regulasi soal penegakan hukum masih tumpang tindih antara pemerintah pusat dan daerah.

Irvan kemudian melanjutkan program yang kedua adalah melanjutkan reformasi sistem penegakan hukum.

“Itu perlu proses waktu dan kebersamaan serta itikad baik agar penegakan hukum efektif,” ujarnya.

Program ketiga, sambung dia, adalah meningkatkan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Ade mengatakan, Jokowi selama memimpin pemerintahan tidak pernah melindungi apabila ada menterinya yang terjerat kasus korupsi. Sehingga mempersilahkan diproses secara hukum.

“Program keempat penghormatan dan pemenuhan HAM karena ini menjadi sorotan nasional dan internasional. Namun ini tidak bisa dilihat kasus per kasus atau di saat pemerintahan saat ini saja karena ada kaitannya dengan yang lalu,” katanya.

Budaya Sadar Hukum

Program kelima menurut Ade, akan digalakkan budaya sadar hukum. Salah satu contohnya adalah telah melakukan tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan perbaikan regulasi.

“Kami tawarkan lima program itu kepada pemilih agar fokus menciptakan penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya,” ujarnya.

Dia mengakui selama empat tahun pemerintahan Jokowi, masih banyak masalah hukum yang belum terselesaikan. Sehingga menjadi salah satu prioritas untuk diselesaikan ketika Jokowi terpilih kembali.

“Komitmen itu dituangkan dalam Nawacita Jilid II sehingga diharapkan penegakan hukum bisa berjalan lebih efektif,” ucap Irvan.

3 dari 4 halaman

Komitmen Prabowo-Sandiaga Berantas Korupsi Pejabat

Melihat maraknya praktik korupsi yang telah masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan di RI, bukan hal yang luar biasa apabila rakyat menuntut capres dan cawapres di Pilpres 2019 memiliki komitmen dalam pemberantasan korupsi.

Dilihat dari visi misi Prabowo-Sandiaga, pasangan yang diusung oleh Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN ini memiliki janji untuk mencegah korupsi terjadi di birokrasi Indonesia. Dengan cara penerapan manajemen terbuka dan akuntabel.

“Termasuk kerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman,” tulis visi misi Prabowo-Sandiaga dikutip merdeka.com, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Dalam janjinya, Prabowo-Sandiaga juga akan menindak tegas para koruptor, pengedar narkoba dan pelaku perdagangan manusia. Dengan cara, penegakan hukum yang adil dan transparan.

Mereka juga komitmen untuk melakukan pencegahan korupsi di semua lini dengan cara manajemen terbuka dan akuntabel.

“Mengembangkan sistem smart government untuk meningkatkan kualitas pelayanan, guna mencegah manipulasi dan korupsi,” jelas Prabowo-Sandiaga.

Salah satu pelaku korupsi yang kerap ditangkap KPK adalah politikus. Baik di eksekutif dan legilsatif, pusat maupun daerah. Cara pencegahan korupsi dalam lini ini juga dilihat Prabowo-Sandiaga dengan cara melakukan kedaulatan tata kelola partai politik yang baik.

Sayang, di situ, Prabowo-Sandiaga tak menjabarkan detail bagaimana tata kelola yang baik tersebut. Tapi di sisi lain, Prabowo-Sandiaga juga dalam janjinya, ingin memperkuat lembaga perwakilan yang menyuarakan aspirasi rakyat.

Korupsi Pejabat Negara

Adapun Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan masalah korupsi yang melibatkan pejabat negara bakal diangkat dalam debat perdana Pilpres 2019 pada 17 Januari 2019.

Apalagi, imbuh dia, kasus korupsi di Indonesia semakin banyak pada era reformasi ini.

“Dulu yang korupsi cuma di level pimpinan pusat di atas. Sekarang sampai ke pemerintah daerah. Bahkan sampai ke kepala desa,” ucap Riza kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.

Riza mengacu pada tindak operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah yang marak di pemerintahan Jokowi.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rebut Piala Super Italia, Pelatih Juventus Puji Tandukan Maut Ronaldo

Liputan6.com, Jeddah – Juventus menyabet gelar Piala Super Italia. Si Nyonya Tua, julukan Juventus, menang 1-0 atas AC Milan di King Abdullah Sports City, Jedah, Rabu (16/1/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan Juventus dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-61. Tandukan Ronaldo usai memanfaatkan umpan lambung Miralem Pjanic berhasil mengoyak gawang AC Milan yang dikawal Gianluigi Donnarumma.

Di laga itu juga, Ronaldo menjadi pemain yang paling banyak melepaskan sepakan, enam, tiga di antaranya on target. Pemain berusia 33 tahun itu juga melakukan dua dribel di lini pertahanan AC Milan.

“Kami memang merekrut Cristiano Ronaldo karena dia pemain yang menentukan. Dia mencetak gol-gol hebat, tapi seluruh tim menunjukkan kinerja yang bagus,” kata pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, dikutip dari Football Italia.

Bersama Juventus musim ini, Ronaldo telah mencatatkan 22 gol dari 35 pertandingan di semua kompetisi. Pemain asal Portugal itu juga mencatatkan tujuh assist.

2 dari 3 halaman

Puji AC Milan

Allegri juga memuji penampilan AC Milan. Tim asuhan Gennaro Gattuso itu punya delapan peluang mencetak gol ke gawang Juventus berkat mengandalkan serangan balik.

“Mereka (AC Milan) bermain bagus. Ada banyak serangan balik dari mereka karena kami melalukan banyak kesalahan dalam passing,” ucap pria asal Italia tersebut.

“Kami punya banyak peluang, bahkan bisa menang 2-0. Sayangnya, kami sedikit buru-buru dalam penyelesaian akhir,” ujarnya menegaskan.

3 dari 3 halaman

Kondisi Douglas Costa

Di penghujung laga, winger Juventus, Douglas Costa sempat meringis. Bahkan, dia harus digantikan oleh Sami Khedira pada menit ke-89.

“Itu hanya kram. Kondisinya tidak terlalu mengkhawatirkan,” ucap mantan pelatih AC Milan tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Debat Capres, Ini Program Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandiaga Berantas Korupsi

Jakarta – Capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beradu gagasan dan program di debat Pilpres 2019 perdana. Kedua pasangan calon akan bicara dan saling bertanya soal hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Ada 6 segmen debat capres 2019 yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Dua segmen di antaranya, masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan moderator. Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga juga saling bertanya pada dua segmen debat Pilpres 2019.

Dikutip dari visi-misi Jokowi-Ma’ruf “Meneruskan Jalan Perubahan untuk Indonesia Maju: Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, paslon nomor urut 01 ini memiliki program penegakan sistem hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat dan tepercaya.

Khusus untuk program pencegahan dan pemberantasan korupsi, Jokowi-Ma’ruf menyebut korupsi adalah kejahatan luar biasa yang bisa meruntuhkan sendi-sendi perekonomian bangsa serta membawa dampak pada pemiskinan struktural. Untuk melawan korupsi, aspek pencegahan sama pentingnya dengan aspek penegakan hukum yang tegas.

Pencegahan dan pemberantasan korupsi ini dikonsepkan Jokowi-Ma’ruf dengan program:

– Melaksanakan secara konsisten strategi nasional pencegahan korupsi yang fokus pada perizinan dan tata niaga, keuangan negara serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi di setiap kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya
– Meningkatkan kapasitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP)
– Memperkuat KPK
– Meningkatkan sinergi dan kerja sama antar institusi penegak hukum dam pemberantasan kejahatan korupsi
– Menggiatkan transaksi non tunai sebagai tindakan pencegahan penggunaan uang tunai dalam tindak korupsi dan pencucian uang
– Mempertegas penindakan kejahatan perbankan dan pencucian uang

Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga dalam visi misi dengan tagline Indonesia Menang memiliki lima fokus program kerja nasional.

Khusus pada program aksi menguatkan gerakan pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga mengatakan, peran masyarakat semakin penting dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Demi memperkuat peran tersebut, pemerintah menurut Prabowo-Sandiaga harus menunjukkan komitmen terhadap gerakan pemberantasn korupsi.

Dalam program pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga menyatakan berkomitmen terhadap sejumlah hal yakni:

– Memperkuat gerakan pemberantasan korupsi secara lebih sistematis dengan memperkuat KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman
– Menjamin untuk tidak mengintervensi KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman dalam penegakan kasus-kasus korupsi
– Merevisi Inpres Nomor 1 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional di mana Jaksa Agung dan Kapolri diinstruksikan untuk mendahulukan proses administrasi pemerintahan sebelum melakukan penyidikan atas laporan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dan detil lainnya yang justru berpotensi melindungi koruptor
– Memperkuat program edukasi antikorupsi bagi generasi muda, serta bekerja sama dengan swasta untuk menguatkan sinergi gerakan antikorupsi di sektor swasta dan publik
– Mengatur sistem pendanaan dan pembiayaan politik yang menjamin independensi transparansi, mencegah korupsi dan menjaga keberlangsungan demokrasi
– Mendorong peran serta elemen masyarakat untuk menjadikan pemberantasan korupsi sebagai gerakan kolektif dimulai dengan keteladanan para pemimpin di semua lini.
(fdn/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leganes vs Real Madrid, Solari Beri Komentar Super Singkat

Liputan6.com, Leganes – Real Madrid lolos ke perempat final Copa del Rey usai kalahkan Leganes dengan agregat 3-1. Kepastian itu didapatkan setelah Madrid kalah 0-1 dari Leganes pada leg kedua Copa del Rey, Kamis (17/1/2019).

Meski kalah, Real Madrid sudah terlebih dahulu mengamankan langkah usai menang 3-0 di leg pertama. Kekalahan ini rupanya tidak membuat senang pelatih Madrid, Santiago Solari.

Dia seperti enggan untuk berbicara kepada media. Usai pertandingan, pelatih Real Madrid itu hanya memberikan komentar singkat selama 3 menit 10 detik.

Pengganti Julen Lopetegui ini sepertinya tidak suka melihat Real Madrid tampil kurang konsisten. Meski lolos, kekalahan ini membuat Madrid dipastikan masih naik turun penampilannya.

Di La Liga misalnya, setelah kalah 0-3 dari Real Sociedad, Real Madrid mampu memperbaiki hasil dengan kemenangan 2-1 atas Real Betis dan 3-0 atas Leganes. Namun kini kekalahan kembali hantui Madrid.


2 dari 3 halaman

Komentar Solari

Dalam konfrensi pers, Solari seperti sudah menduga pertanyaan dari media. Dia pun langsung memberikan jawaban yang merupakan inti dari pertanyaan.

“Semua pemain butuh tampil dan mereka mendapatkannya. Pertandingan tadi sangat buruk tapi kami bisa lolos,” kata Solari seperti dikutip Marca.

“Saat strategi tak berjalan, Anda harus mencari jalan keluar dan kami lakukan itu setelah memainkan Dani Ceballos tapi itu tidak cukup.Apakah saya merasa duel tadi bisa membahayakan kami? Tidak,” ujarnya, menambahkan.

3 dari 3 halaman

Kurang Tajam

Kekalahan ini juga karena rotasi yang dilakukan Solari. Di lini depan, dia sama sekali tak memasukkan nama Karim Benzema dan Gareth Bale yang dibebat cedera.

Ini membuat permainan mereka menjadi tumpul. Kurangnya pemain tajam seperti Karim Benzema, dinilai Solari cukup berpengaruh.

Dia berharap Benzema bisa pulih dari cedera patah jari saat menghadapi Sevilla di akhir pekan ini.

“Kami harus membayar laga ini karena tak punya pemain yang bisa diandalkan di lini depan. Kami kehilangan itu. Kami butuh Benzema lawan Sevilla karena dia bisa diandalkan,” ujarnya.

Barcelona Turunkan Harga Philippe Coutinho

Jakarta Barcelona dikabarkan menurunkan harga Philippe Coutinho. Los Azulgranas siap melepas Coutinho jika ada tawaran dari klub lain sebesar 88 juta poundsterling.

Nasib Coutinho di Barcelona semakin tidak menentu. Ernesto Valverde terlihat kesulitan untuk mencari posisi yang tepat untuk pemain asal Brasil itu.

Coutinho didatangkan dari Liverpool pada Januari 2018 seharga 142 juta pound. Pada awalnya, ia diproyeksikan untuk menggantikan posisi Andres Iniesta.

Namun seiring berjalannya waktu, Coutinho tak bisa membuktikan kemampuannya untuk mengawal lini tengah Barcelona. Hal itu membuat Barcelona mulai meninggalkan ide awal untuk menjadi Coutinho sebagai suksesor Iniesta.

Menurut pengamat sepak bola dunia, Tim Vickery, Coutinho telah membuat kesalahan dengan meninggalkan Liverpool.

Menurutnya, Coutinho sangat menikmati permainannya bersama Liverpool. Klub tersebut memberikan ruang kepada Coutinho untuk bisa berkembang dan membuktikan kualitasnya.

Namun, Barcelona telah memupuskan keinginan Coutinho untuk bisa sukses bersama satu di antara klub terbaik di dunia.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 3 halaman

Coutinho dan Barcelona Tak Padu

“Performa Coutinho tak banyak membantu Barcelona, ia telah membuat kesalahan dan mungkin banyak pemikiran sudah ada dalam benaknya,” ujar Vickery.

“Saya tak pernah mengerti kenapa Barcelona ingin menggantikan Iniesta dengan Coutinho. Mereka adalah pemain yang berbeda karena Coutinho bukanlah seorang gelandang sejati.”

“Sekarang, Barcelona sudah mulai melupakan ide untuk memainkan Coutinho di lini tengah.”

“Liverpool memberikan panggung kepada Coutinho setelah menyelamatkan kariernya dari Inter Milan. Sebelum membela Liverpool, Coutinho hanya pemain asal Brasil dengan bakat hebat namun tidak efektif.”

“Coutinho seharusnya tidak pernah meninggalkan Liverpool,” ungkap Vickery.

3 dari 3 halaman

Kabar Positif untuk Manchester United

Keinginan Barcelona untuk melepas Philippe Coutinho menjadi angin segar untuk Manchester United. The Red Devils disebut tertarik untuk membawa Coutinho kembali ke Inggris.

Perwakilan Manchester United disebut sudah menjalin komunikasi dengan agen dari Coutinho. Sang pemain berpeluang direkrut Manchester United pada bursa transfer musim panas mendatang.

Harga sebesar 88 juta pound untuk mendatangkan Coutinho dari Barcelona, dinilai sebagai valuasi yang masih masuk logika karena Coutinho sudah berpengalaman di Premier League.

Sumber: Metro

3 Calon Pengganti Ramsey di Arsenal

Liputan6.com, Jakarta Arsenal akan ditinggal gelandang Aaron Ramsey akhir musim nanti. Kontrak pria Wales itu bersama Meriam London habis akhir musim nanti dan tidak akan memperpanjang kontraknya.

Ramsey akan pergi dengan gratis di musim panas 2019. Konon Ramsey bakal bergabung dengan Juventus. Pemain 28 tahun itu sudah mencapai kesepakatan dengan I Bianconeri. 

Juventus juga kabarnya berencana mempercepat kepindahan Ramsey menjadi Januari 2019. I Bianconeri bersedia membayar kepada Arsenal untuk mendapatkan Ramsey bulan ini.

Arsenal pun sedang sibuk mencari sosok yang tepat untuk bisa menjadi pengganti Ramsey di lini tengah. Sudah ada beberapa nama yang bidik Meriam London.

Berikut tiga kandidat pengganti Ramsey di Arsenal, simak di halaman berikutnya:



2 dari 4 halaman

3. Miguel Almiron

Almiron bermain di Liga Amerika Serikat (MLS). Dia sangat gemilang di Atlanta United. Meski seorang gelandang, Almiron sering membuat gol-gol penting.

Pemuda 24 tahun itu sudah melesakkan 21 gol dari 62 penampilan. Pria Paraguay itu dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik MLS pada tahun 2017.

Harga Almiron tidak terlalu mahal. Atlanta konon bersedia melepas Almiron bila mendapat tawaran sekitar 11 juta pound.

3 dari 4 halaman

2. James Maddison

Gaya main Maddison paling mirip dengan Ramsey. Dia kerap muncul dari lini kedua dan membuat gol. Maddison merupakan motor serangan Leicester saat ini.

Musim lalu Maddison masih bermain di klub divisi dua Norwich City. Pindah ke Arsenal tentu menjadi tawaran menggiurkan untuk Maddison. Dia bisa mengembangkan kariernya di Emirates Stadium.

Namun butuh dana besar untuk mendapatkan Maddison. Leicester tentu tidak mau kehilangannya selang enam bulan setelah membelinya dari Norwich.

4 dari 4 halaman

1. Denis Suarez

Suarez paling mungkin akan menjadi pengganti Ramsey. Suarez bisa bermain di beberapa posisi. Selain gelandang, pria Spanyol itu juga bisa beroperasi di sayap.

Manajer Unai Emery sangat menyukai Denis Suarez. Kebetulan keduanya pernah bekerja bareng saat sukses di Sevilla.

Arsenal berencana untuk meminjam Suarez terlebih dahulu di Januari 2019. Peluang tersebut terbuka karena di Barcelona, Suarez juga sangat jarang bermain dan lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Timnas Indonesia U-22 Bakal Coret 6 Bek

Jakarta Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22 Nova Arianto mengindikasikan bakal ada enam bek yang tersingkir dari proses seleksi. Meski begitu, siapa yang tersisih dari Timnas Indonesia U-22 belum bisa diungkap.

Timnas Indonesia U-22 akan memangkas skuatnya menjadi 30 pemain setelah dua pekan menjalani seleksi. Nama-nama yang dicoret itu akan diumumkan setelah sesi latihan, Sabtu (19/1/2019).

“Saya sudah melihat mengenai siapa yang cocok mengisi lini belakang Timnas Indonesia U-22. Namun, sekali lagi kami harus komunikasikan dengan jajaran pelatih lain,” kata Nova selepas sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dari total 38 pemain yang masuk seleksi, ada 12 nama yang berposisi di sektor belakang. Delapan di antaranya merupakan bek tengah, yaitu Rachmat Irianto, Indra Mustafa, Dandi Maulana, Fredyan Wahyu, Nurhidayat Haji Haris, Andi Setyo, Dallen Ramadhan, dan Bagas Adi.

Adapun sisanya berperan sebagai bek sayap, yaitu Samuel Christianson, Anan Lestaluhu, Asnawi Mangkualam, dan Firza Andika.

“Mungkin enam (dicoret dari seleksi Timnas Indonesia U-22). Ada dua pemain yang akan mengisi setiap posisi di lini belakang,” ujar mantan bek Timnas Indonesia tersebut.

Tanpa Mandzukic, Pelatih Juventus Siapkan 4 Pemain Ini Lawan AC Milan

Liputan6.com, Jeddah – Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri sudah menyiapkan formasi terbaik saat menghadapi AC Milan pada Piala Super Italia tau Supercoppa Italia. Ada beberapa pemain yang harus absen di laga ini.

Allegri menyiapkan beberapa nama yang akan tampil pada laga melawan AC Milan. Allegri menyebut Juventus tidak akan tampil dengan seorang penyerang murni.

Juventus akan menjadi lawan Milan pada laga final Supercoppa Italiana 2018. Laga seru tersebut akan digelar di Stadion King Abdullah, Arab Saudi pada Kamis (17/1) dini hari WIB.

Juve dipastikan bakal tampil dengan formasi menyerang di laga melawan Milan. Sebab, Allegri sudah membocorkan jika dia akan memainkan empat pemain dengan naluri menyerang tinggi sejak menit awal. Dia siap dengan komposisi terbaik di lini depan.

Siapa saja empat pemain yang akan dimainkan Allegri saat Juventus menghadapi AC Milan?


2 dari 3 halaman

Tanpa Mario Mandzukic

Allegri membocorkan susunan pemain yang akan dia turunkan di laga melawan Milan, khususnya komposisi pemain di lini depan. Pelatih berusia 51 tahun tersebut akan mengandalkan seorang Cristiano Ronaldo sebagai penyerang utama untuk menggempur Milan.

“Baik Douglas Costa atau Federico Bernardeschi akan ambil bagian [bermain], bersama dengan Paulo Dybala dan Cristiano Ronaldo,” ucap Allegri dikutip dari Football Italia.

Sementara, satu pemain andalan Allegri di lini depan dipastikan tidak akan bermain lawan Milan. Pemain itu adalah Mario Mandzukic. Penyerang asal Kroasia masih dalam kondisi cedera dan belum siap untuk dimainkan.

“Tentu saja, tanpa Mandzukic berarti kami tidak punya seorang penyerang tengah murni yang menjadi referensi untuk serangan. Namun, kami masih akan tetap mengisi area kotak penalti dengan pemain lain,” katanya.

3 dari 3 halaman

Misteri Supercoppa Italia

Allegri terhitung sukses bersama dengan Juventus jika menilik gelar scudetto dan Coppa Italia yang sudah dia raih. Tapi, masih ada sebuah gelar misterius yang harus dia raih yang Supercoppa Italiana. Dua laga final terakhir, Juventus selalu kalah.

“Sulit untuk mencari tahu alasan mengapa itu terjadi karena kami kalah adu penalti dari Milan dan Napoli. Saya harap ada cerita berbeda,” ucap Allegri.

“Sebanyak 22 poin yang memisahkan kedua tim di Serie A, tapi itu tidak penting di sini dan ini akan menjadi ujian penting bagi kami. Kita harus belajar bahwa bermain dalam situasi satu laga berbeda dengan di Serie A,” tandas Allegri.

Sumber: Bola.net

Prakiraan Susunan Pemain Juventus vs AC Milan

Liputan6.com, Jakarta Piala Super Italia akan digelar nanti malam, (16/1/2019) di Jeddah, Arab Saudi. Juventus bakal bersua rival abadinya AC Milan. Sayangnya kedua tim tak bisa menurunkan kekuatan terbaik.

Juventus sudah dipastikan tidak akan diperkuat empat pemainnya yakni Mario Mandzukic, Andrea Barzagli, Medhi Benatia dan Juan Cuadrado akibat cedera. Sedangkan AC Milan ditinggal cedera Lucas Biglia, Giacomo Bonaventura, Andrea Bertolacci dan Mattia Caldara serta Suso yang terkena akumulasi. 

Tanpa Mandzukic, pelatih Juventus Massimiliano Allegri akan memaksimalkan Douglas Costa untuk mendampingi Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala di lini depan.

Untuk lini tengah, trio Miralem Pjanic, Blaise Matuidi dan Rodrigo Bentancur akan diandalkan. Demikian diberitakan Football Italia.

Joao Cancelo akan kembali dimainkan di pos bek kanan setelah pulih dari cedera. Cancelo akan mendepak Mattia De Sciglio.

Adapun di kubu AC Milan, pelatih Gennaro Gattuso diperkirakan akan mempercayakan Cristian Zapata untuk berdua dengan Alessio Romagnoli di lini belakang.

Gattuso juga akan memainkan kembali pemain anyar Lucas Paqueta setelah melakoni debut melawan Sampdoria di Coppa Italia. Samu Castillejo dan Hakan Calhanoglu mendampingi Gonzalo Higuain di lini depan.

2 dari 2 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Juventus (probable): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic, Matuidi; D. Costa, Dybala, Ronaldo

Milan (probable): Donnarumma; Calabria, Zapata, Romagnoli, Rodriguez; Kessié, Bakayoko, Paquetà; Castillejo, Higuain, Calhanoglu

Arsenal Berniat Lepas Mesut Ozil ke Inter Milan

Liputan6.com, London – Rumor niatan Arsenal untuk menjual Mesut Ozil di musim dingin ini nampaknya bukan sekedar isapan jempol belaka. Tim asal London Utara itu dikabarkan sudah menawarkan sang playmaker ke salah satu klub Serie A, Inter Milan.

Sejak pindah dari Real Madrid pada tahun 2014 silam, Ozil bisa dikatakan menjadi pemain yang penting bagi Arsenal. Playmaker asal Jerman itu menjadi roh permainan The Gunners berkat kreativitasnya di lini serang Arsenal.

Namun belakangan ini, Ozil dirumorkan mengalami pertikaian dengan pelatih baru Arsenal, Unai Emery. Emery menilai sang playmaker tidak bekerja keras di Arsenal sehingga ia ditepikan dari tim utama The Gunners sejak akhir tahun kemarin.

Emery sendiri dirumorkan akan menjual Ozil di bursa transfer musim dingin kali ini. Dilansir TMW, rumor itu benar adanya karena sang pelatih sudah menawarkan Ozil ke klub Serie A Inter Milan.

Arsenal kabarnya membuka pintu negosiasi dengan Inter Milan untuk transfer Mesut Ozil. Inter sendiri sudah sejak musim panas kemarin mendambakan kedatangan Ozil.

Mereka percaya eks Real Madrid itu memiliki kemampuan yang di atas rata-rata sehingga bisa meningkatkan performa lini serang mereka. Pada musim panas kemarin, Arsenal menolak tawaran Inter Milan. 

2 dari 3 halaman

Menaruh Hati

Mereka tahu bahwa tim yang bermarkas di Giuseppe Meazza itu masih menaruh hati kepada Ozil sehingga mereka memberikan kesempatan bagi Inter untuk menggaet sang playmaker. Arsenal sendiri berharap Inter bisa segera menawar Ozil. Pasalnya jika itu terjadi, Arsenal akan mendapatkan dua manfaat yang besar.

Manfaat pertama adalah meringankan keuangan mereka. Seperti yang sudah diketahui Ozil memiliki gaji sebesar 350 ribu pounds per pekan, sehingga dengan kepergiannya keuangan Arsenal semakin stabil.

3 dari 3 halaman

Penjualan Ozil

Tidak hanya itu, dengan penjualan Ozil nanti, uang hasil penjualannya bisa mendanai manuver transfer Arsenal, di mana baru-baru ini Emery mengaku bahwa timnya tidak punya dana untuk membeli pemain di bursa transfer kali ini.

Menurut laporan yang beredar, Arsenal akan mematok sekitar 50 juta pounds untuk mahar transfer Ozil.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini