4 Wajah Baru Rasa Lama di Lini Belakang Timnas Indonesia

Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, membawa 22 pemain ke Yangon untuk menjalani laga persahabatan internasional kontra Myanmar yang akan digelar Senin (25/3/2019). Dalam tim kali ini, ia memanggil empat pemain bertahan yang sudah lama tidak memperkuat Timnas Indonesia, setidaknya dalam dua tahun terakhir.

Setelah membawa pemain-pemain yang dipanggilnya mengikuti pemusatan latihan di Australia dan Bali, Simon McMenemy akhirnya memilih 22 pemain yang dibawanya ke Yangon.

Dari kesemuanya, pelatih kelahiran Skotlandia itu membawa enam pemain untuk mengisi lini pertahanan Timnas Indonesia.

Laga persahabatan kontra Myanmar menjadi laga internasional pertama Tim Garuda pada 2019. Seperti yang sudah terjadi sebelumnya, laga pertama seorang pelatih Timnas Indonesia akan menjadi tolok ukur ke depannya.

Apalagi konsentrasi tim ini adalah untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA dan sebagai persiapan untuk kualifikasi Piala Dunia dan Asia.

Hal tersebut membuat Simon harus sangat berhati-hati dalam memilih pemain terbaik yang dibawanya untuk memperkuat Tim Merah-Putih. Nama-nama beken yang pernah membela Timnas Indonesia beberapa tahun lalu pun kembali mendapatkan kesempatan untuk berseragam Tim Garuda.

Sejumlah pemain senior tersebut sejak awal dibawa oleh Simon sebagai pengimbang pemain muda yang juga memang disukainya.

Pengalaman dan jam terbang para pemain senior tentu menjadi faktor penting untuk mengangkat mentalitas tim yang juga diisi oleh para pemain muda yang juga memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk berseragam Timnas Indonesia.

Setiap lini pun terlihat bagaimana perpaduan antara pemain berpengalaman dan pemain baru, seperti Andritany Ardhiyasa dan Teja Paku Alam di bawah mistar gawang.

Kemudian ada juga di lini depan, di mana nama lama Greg Nwokolo kembali hadir mendampingi Dedik Setiawan yang baru berpengalaman untuk membela Tim Garuda dan Ilija Spasojevic yang dalam dua tahun terakhir sempat menjadi pilihan di lini depan Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Bola.com membahas kehadiran 4 pemain dari total enam pemain bertahan, yang kembali hadir di Timnas Indonesia setelah beberapa tahun terakhir absen membela Tim Garuda.

Prediksi Piala Presiden 2019 Semen Padang vs Bali United: Ketat di Lini Tengah

Liputan6.com, Bekasi – Semen Padang akan menantang Bali United pada laga kedua Grup B Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, yang disiarkan langsung Indosiar, Senin (11/3/2019) malam. Kuatnya lini serang Bali United membuat Semen Padang siap mengadang sejak lini tengah.

Semen Padang memasuki pertandingan dengan motivasi kuat setelah kalah 2-4 dari Bhayangkara FC di pertandingan pertama Grup B Piala Presiden 2019. Namun, Semen Padang tak akan lagi diperkuat oleh pencetak gol kedua dalam laga kontra Bhayangkara FC, Florent Zitte, yang dilepas setelah tak mau mengikuti proses seleksi.

Namun, tim promosi Liga 1 yang menjadikan setiap pertandingan di Piala Presiden sebagai bahan evaluasi tim itu tetap berpikir positif dan sudah mempersiapkan taktik untuk mengadang Bali United di lini tengah. Tak hadirnya tiga pemain penting Bali United yang memenuhi panggilan Timnas Indonesia, menjadi keuntungan tersendiri bagi Semen Padang.

Mengandalkan Dedi Hartono, Mario Barcia, Nildo Juffo, dan Fridolin Kristof di lini tengah, diharapkan Semen Padang bisa lebih kuat sejak di tengah dan mampu mengalirkan lebih banyak bola ke depan, di mana Rudi dan Riski Novriansyah akan menjadi striker.

Sementara itu, Bali United yang kehilangan pemain karena panggilan pemusatan latihan Timnas Indonesia tak merasa ada masalah. Tim berjulukan Serdadu Tridatu itu memiliki stok pemain untuk mengisi kekosongan, di mana di lini tengah akan ada Brwa Nouri, Fadil Sausu, dan Taufiq, sementara di depan akan ada Yabes Roni, Melvin Platje, dan Paulo Sergio.

Namun, pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco menekankan kepada para pemainnya agar jangan terlena. Kemenangan di laga pertama Piala Presiden 2019 harus segera dilupakan. Teco ingin timnya fokus untuk pertandingan berikut melawan Semen Padang.

Bojan Malisic Yakin Lini Belakang Persib Bisa Lebih Baik

Liputan6.com, Bandung – Ketangguhan pertahanan Persib Bandung disorot setelah dua laga di Piala Presiden 2019. Total lima gol bersarang ke gawang Maung Bandung dari laga melawan Tira-Persikabo dan Persebaya Surabaya.

Menanggapi banyaknya kemasukan bola ke gawang Persib, bek tengah Bojan Malisic buka suara. Komandan lini belakang Maung Bandung itu mengungkapkan hal tersebut disebabkan lemahnya komunikasi.

“Mungkin kurang komunikasi di lini pertahanan, saya tahu ini sepak bola. Kalau di lapangan kita selalu mencoba untuk menang dan kita selalu coba sebaik mungkin dan meningkatkan kualitas,” kata Malisic usai latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (9/3/2019).

Malisic menegaskan, Persib selalu mencoba untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas permainan di lini belakang.

“Kadang kita bermain bagus tapi kalian tahu, selalu ada kesempatan dari tim lawan yang bisa bikin gol,” ucapnya.

Berita video highlights grup A Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (7/3/2019).

Dikaitkan dengan Inter, Rakitic: Barcelona Sudah Sempurna untuk Saya

JakartaIvan Rakitic dikaitkan dengan sejumlah klub menuju musim panas tahun ini, salah satunya Inter Milan. Tapi sang gelandang menegaskan betah di Barcelona.

Rakitic dihubungkan dengan sejumlah klub mendekati akhir musim 2018/2019 ini. Selain Inter, dia juga disebut-sebut dipantau oleh Manchester United.

Inter sejak musim lalu memang memburu seorang gelandang tengah. Nama Luka Modric sempat juga disebut-sebut, namun pemain Real Madrid itu pada akhirnya tak ke mana-mana.

Rakitic memastikan dirinya baik-baik saja di Barcelona dan keluarganya menikmati hidup di sana. Bahkan kalau bisa meminta kewarganegaraan, dia akan mengajukannya.

“Saya suka tinggal di Spanyol. Sayangnya saya tak bisa meminta paspor lainnya karena saya sudah punya dua, kalau tidak ya saya juga akan meminta paspor Spanyol karena saya nyaman di sini dan bahagia,” ujar Rakitic kepada DAZN.

“Keluarga saya bahagia d sini dan anak-anak saya baik-baik saja di Barcelona karena dekat dengan Sevilla. Oleh karena itu, tinggal di sini sempurna untuk saya,” imbuhnya seperti dilansir Football Italia.

Rakitic musim ini masih jadi andalan di lini tengah Blaugrana. Dia sudah tampil 38 kali di semua ajang, dengan empat gol dan tujuh assist.

(raw/rin)

Bobol Gawang Real Madrid, Luis Suarez Dapat Pujian Pelatih Barcelona

Liputan6.com, Barcelona – Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengaku kagum dengan performa penyerang Luis Suarez. Valverde pun tak sungkan memuji penyerang asal Uruguay itu.

Valverde menyebut Luis Suarez telah melakukan suatu pekerjaan yang luar biasa seusia membobol gawang Real Madrid saat El Barca mengalahkan seteru mereka itu 3-0, Rabu (27/2) atau Kamis dini hari WIB.

Suarez menjadi salah satu pemain yang diandalkan Valverde pada partai leg kedua semi final Copa Del Rey dini hari tadi. Ia dipercaya untuk memimpin lini serang El Blaugrana saat mereka menyambangi markas Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Pada laga itu, Suarez berhasil menjadi aktor antagonis bagi tuan rumah. Ia membuat dua gol ke gawang Keylor Navas, di mana ia nyaris membuat hattrick sebelum gol ketiganya dianggap sebagai gol bunuh diri bek Real Madrid, Raphael Varane.

2 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Keberhasilan Suarez mencetak dua gol di ke gawang Real Madrid ini bukan kali pertama ia lakukan.

Di pertemuan pertama kedua tim musim ini di Camp Nou pada bulan Oktober kemarin, Suarez juga melakukan performa yang serupa. Ia mencetak hattrick di markas El Real saat mereka menang 5-1 atas sang tamu.

Kekalahan itu berdampak besar bagi Real Madrid, di mana beberapa hari berselang mereka memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih mereka.

3 dari 3 halaman

Performa Spesial

Di mata Valverde, apa yang dilakukan Suarez itu merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

Ia menilai tidak banyak pemain yang bisa mencetak lebih dari dua gol di dua pertandingan melawan Real Madrid dalam satu musim.

“Saya rasa tidak banyak pemain yang bisa dua kali mencetak tiga gol melawan Real Madrid dalam satu musim.” ujar Valverde kepada AS.

Harga Oppo F1 Selfie Expert Terbaru, Kamera Ciamik dengan Desain Mewah

Liputan6.com, Jakarta Oppo Electronics Corporation adalah perusahaan elektronik berbasis di Guangdong, China. Perusahaan satu ini didirikan pada tahun 2004 silam.

Awalnya, Oppo terkenal dengan produk elektroniknya seperti LCD TV, eBooks, DVD/Blu-ray disc players, dan ponsel. Namun saat ini, Oppo lebih dikenal sebagai salah satu vendor smartphone dengan beragam jenis yang banyak digandrungi oleh pecinta teknologi.

Sejak awal kehadirannya, Oppo membangun sudah kekuatannya pada teknologi Selfie Expert dan Camera Phone. Berkat keunggulannya ini, Oppo bisa menjadi salah satu penguasa pasar ponsel pintar di Tanah Air. Terbukti sejak tahun 2017 lalu, market share Oppo terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Di Indonesia, Oppo terkenal dengan jargon Selfie Expert yang digunakan untuk meraih pasar penyuka swafoto atau selfie di Indonesia. Jargon ini mulai digunakan Oppo saat diperkenalkan pertama kalinya lini seri F ke Indonesia pada awal tahun 2016 lalu. Smartphone ini memiliki keunggulan pada kamera baik sisi depan maupun belakang.

Salah satu smartphone Oppo yang yang pertama keluar adalah Oppo F1 Selfie Expert. Berikut Liputan6.com rangkum harga Oppo F1 Selfie Expert lengkap dengan spesifikasinya di tahun 2019, Kamis (28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Desain Mewah

Dengan mengusung slogan ‘Selfie Expert’, Oppo menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie. Teknologi ini disuguhkan pada Oppo seri F sekaligus menjadi taglinenya. Smartphone ini pertama kali meluncur di Indonesia tahun 2016 lalu.

Jika dilihat dari desain, sesuai dengan harga Oppo F1 Selfie Expert dalam kelas premium dan spesifikasi tinggi. Oppo sepertinya sangat paham dengan hal ini yang terlihat pada Oppo F1 Selfie Expert yang desainnya dibuat seseksi mungkin, ditambah balutan metal yang membuatnya kelihatan tampak mahal.

Vendor Oppo mengatakan, perlu 68 langkah pemolesan sehingga menghasilkan desain premium berdimensi 143.5 x 71 x 7.3 mm sehingga smartphone sangat nyaman berada di dalam genggaman tangan. Oppo F1 Selfie Expert memiliki bobot 134 gram namun tetap terasa ringan dan nyaman dibawa ke mana saja.

Oppo menawarkan 3 varian warna yang sedang trend yaitu silver, gold, dan rose gold. Pada bagian depan, Oppo F1 Selfie Expert terdapat tombol power yang ditaruh di sebelah kiri. Adapun slot kartu SIM dan micro SD diposisikan di atas tombol power. Sisanya port audio 3,5 mm ada di sisi atas bezel, berlawanan dengan port micro USB yang diletakkan di sisi bawah bezel.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi yang Mumpuni

Smartphone Oppo F1 Selfie Expert ditenagai prosesor Snapdragon 616 Octa-core 1.5GHz dipadu RAM 3GB. Untuk urusan penyimpanan data, Oppo F1 Selfie Expert dilengkapi memori internal berkapasitas 16 GB yang bisa diperluas memakai slot microSD hingga 128 GB. Sumber tenaganya dipercayakan pada baterai berkapasitas 2.400 mAh.

Dengan harga Oppo F1 Selfie Expert yang terjangkau, smartphone ini menggunakan OS Android Lollipop berbalut ColorOS 2.1. Smartphone yang mendukung dual-SIM memakai kartu Sim model Micro SIM dan Nano SIM dengan konektivitas LTE di band 1 (2100 Mhz), band 3 (1800 Mhz) dan band 8 (900 Mhz) serta USB OTG. Alhasil, Oppo F1 Selfie Expert sudah bisa digunakan dengan kartu 4G LTE dari semua operator di Tanah Air.

4 dari 5 halaman

Kamera Ciamik

Selfie Expert yang jadi tagline baru Oppo benar-benar serius dibuktikan produsen China ini. Pembuktian pertamanya dilakukan di Oppo F1 Selfie Expert sebagai ponsel pertama Oppo setelah menyebut dirinya Selfie Expert.

Oppo F1 Selfie Expert memakai kamera utama beresolusi 13 MP dengan lensa f/2.2 dan flash LED. Sedangkan kamera depannya pakai kamera beresolusi 8 MP dengan lensa f/2.0 yang akan memberikan hasil terbaik dengan screen flash mode yang hasil pencahayaannya lebih merata. Kombinasi ini terbukti mampu menyuguhkan hasil yang terbilang sangat baik.

Hasil dari kamera Oppo F1 Selfie Expert menciptakan komposisi warna pas serta detailnya warna yang solid. Tidak hanya itu, kamera makro Oppo F1 Selfie Expert mampu menunjukkan porsi detail dan bokeh yang seimbang. Ketika di zoom pun tingkat makronya kelihatan solid. Noise-nya yang sangat rendah dan bikin hasil foto makro secara keseluruhan terjaga kualitasnya.

5 dari 5 halaman

Harga Oppo F1 Selfie Expert

Dengan banyak hadirnya Oppo Seri terbaru serta series terbaru dari merek lain, smartphone yang dirilis pada Maret 2016 ini mengalami penurunan harga. Harga Oppo F1 Selfie Expert baru saat ini di pasaran mengalami penurunan di angka Rp 2,8 jutaan. Sementara harga Oppo F1 Selfie Expert second berkisar Rp 1,8 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

Striker MU Buka Peluang Gabung Juventus

Manchester – Rencana Juventus untuk merekrut Romelu Lukaku mendapat titik terang. Kabarnya, striker MU itu ingin pindah ke sana agar satu tim dengan Cristiano Ronaldo.

Sejak Ole Gunnar Solskjaer duduk di kursi manajer MU pada 19 Desember 2019, pemain timnas Belgia itu mulai terpinggir dari lini serang. Solskjaer lebih sering memainkan Marcus Rashford sebagai juru gedor.

Romelu Lukaku tampil dalam 34 pertandingan dengan waktu bermain selama 2.210 menit. Sementara itu, Rashford mencatatkan 2.223 menit dari 33 laga yang dijalani bersama The Red Devils.

Situasi tersebut membuat pemain 25 tahun itu dikabarkan ingin angkat kaki dari Manchester United. Jika pada akhirnya harus pergi dari Old Trafford, Lukaku ingin bergabung dengan Juventus.

Dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sport pada Oktober tahun lalu, Romelu Lukaku tak menutup kemungkinan untuk membela Juventus. Menurutnya, Juve memiliki ambisi untuk selalu meraih trofi juara.

Bukan hanya itu, kehadiran Cristiano Ronaldo membuat Lukaku kepincut dengan Juventus. Dia ingin bisa berada satu tim dengan kapten timnas Portugal tersebut.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Arsenal dan Chelsea Kepincut Gelandang Napoli

Liputan6.com, Jakarta – Usaha Chelsea untuk merekrut gelandang andalan Napoli Piotr Zielinski bakal semakin sulit. The Blues mendapat saingan baru.

Zielinski sendiri bisa dikatakan menjadi salah satu pemain kunci Napoli dalam beberapa musim terakhir. Ia menjadi salah satu pemain yang diandalkan Maurizio Sarri di lini tengah I Partenopei. 

Chelsea sendiri dirumorkan mengejar Zielinski di dua bursa transfer terakhir. Sarri dikabarkan ingin bereuni dengan gelandang Timnas Polandia itu di London Barat.

Namun dilansir Mirror, Chelsea tidak akan sendirian untuk mengejar Zielinski. Pasalnya Arsenal juga tertarik memboyong sang gelandang.

Menurut laporan tersebut, alasan Arsenal mengejar Zielinski karena mereka membutuhkan tambahan tenaga di lini tengah mereka.

Sejauh ini performa lini tengah Arsenal cenderung apik. Pasalnya mereka memiliki dua gelandang petarung pada diri Lucas Torreira dan Matteo Guendouzi.

Namun Arsenal saat ini tidak memiliki gelandang yang piawai mendistribusikan bola, sehingga Zielinski dinilai akan menjadi opsi yang menarik untuk tim mereka.

2 dari 2 halaman

Bersaing

Namun laporan yang sama mengklaim bahwa Arsenal dan Chelsea bakal kesulitan untuk mendapatkan sang pemain. Pasalnya Napoli tidak berniat untuk menjual sang gelandang.

Zielinski sendiri menjadi andalan Carlo Ancelotti di lini tengah Napoli saat ini. Sang gelandang menuntaskan tugasnya dengan baik sehingga Ancelotti tidak ingin berpisah dengannya.

Untuk itu Ancelotti sudah meminta manajemen Napoli untuk memperpanjang kontrak sang gelandang dalam waktu dekat ini.

Sumber Bola.net

Banyak Talenta Muda, AC Milan Incar 3 Pemain Klub Eropa Timur

Liputan6.com, Jakarta Kesibukan dirasakan pemandu bakat AC Milan akhir-akhir ini. Mereka sibuk memamtau pemain-pemain muda berbakat.

Ini sejalan dengan program AC Milan yang ingin melakukan peremajaan skuad, Dan, kedatangan Krzysztof Piatek dan Lucas Paqueta, Milan berharap bisa melanjutkan bentuk transfer terbaik mereka di jendela transfer musim panas mendatang.

Kehadiran Piatek dan Paqueta sejauh ini dianggap pembelian terbaik AC Milan. Tak butuh waktu lama, keduanya bisa langsung beradaptasi dengan klub rakasasa Serie A tersebut.

Dilansir CalcioMercato.com, jaringan pemandu bakat AC Milan saat ini tengah fokus pada klub Kroasia, Dinamo Zagreb. Milan tampaknya melihat Zagreb sebagai klub yang memiliki banyak talenta.

Setidaknya tiga nama dri klub tersebut, yang masuk dalam daftar belanja Rossoneri.

2 dari 4 halaman

Dani Olmo

Pemain asal Spanyol ini, telah dikaitkan dengan AC Milan selama beberapa bulan terakhir. Olmo dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Dinamo Zagreb dan klub menghargainya sebesar 25 juta euro.

Namun, untuk mendapatkan tanda tangan Olmo, Milan akan menghadapi persaingan ketat dari klub lainnya. Barcelona dan Borussia Dortmund; juga sama-sama tertarik untuk mengontraknya.

Dani Olmo mencuri perhatian musim ini setelah memberikan penampilan apik di Dinamo Zagreb. Dani Olmo mencetak satu gol ketika membantu timnya mengikuti babak play off ke Liga Champions 2018-2019.

3 dari 4 halaman

Nikola Moro

Sebelumnya, manajemen AC Milan juga dilaporkan tengah mengincar pemain yang dijuluki “Modric baru”, Nikola Moro. Pemain muda Dinamo Zagreb tersebut dipandang sebagai salah satu pemain terbaik U-20.

Moro biasa bermain di lini tengah, tapi dia juga kerap bermain sedikit lebih dalam. Sejak pertandingan pertamanya melawan Juventus, performa Moro terus berkembang.

4 dari 4 halaman

Antonio Marin

Statistik Antonio Marin bersama Dinamo Zagreb juga terus menanjak. Pemain dengan tinggi 182 cm ini, punya kelebihan di kaki kanan.

Upaya AC Milan untuk mendapatkan Marin memang cukup berat. Ia masih mempunyai kontrak dengan Zagreb hingga 2021.

AC Milan Imbang Lawan Lazio, Gattuso Sebut Langkah Mundur

Liputan6.com, Jakarta – AC Milan bermain imbang tanpa gol saat lawan Lazio di laga pertama semifinal Coppa Italia, Selasa (26/2) atau Rabu dini hari WIB, di Stadion Olimpico.

Situasi ini sama seperti dua pertandingan semifinal musim lalu, ketika itu AC Milan dan Lazio bermain imbang 0-0. Dan, musim lalu hasil akhir harus diputuskan melalui adu penalti.Untuk pertama kalinya di starting XI, Krzysztof Piatek gagal menemukan gawangnya untuk Rossoneri.

Usai pertandingan, pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, mengakui kecewa dengan hasil itu. Ia menyebut langkah mundur dalam hal kualitas.

“Itu adalah langkah mundur dalam hal kualitas permainan, tapi kami tahu itu akan diputuskan lebih dari 180 menit,” kata sang pelatih AC Milan kepada Rai Sport.

2 dari 3 halaman

Lakukan Kesalahan

Gattuso juiga mengakui AC Milan menghadapi tim yang selalu mendorong empat atau lima pemain ke depan. Untungnya, AC Milan melakukan dengan sangat baik di lini pertahanan.

“Sayangnya, kami membuat banyak kesalahan di sepertiga akhir dan tidak memberikan pelayanan kepada Piatek,” kata Gattuso.

3 dari 3 halaman

Belum Terkalahkan

Dengan hasil ini, AC Milan tetap tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan. Dan, pada Sabtu nanti mereka akan menghadapi pertandingan lawan Sassuolo di San Siro..

“Penghargaannya untuk tim. Saya beruntung menemukan sekelompok pemain muda yang percaya pada pekerjaan dan mempercayai kami. Saya hanya fokus untuk bekerja dan mendapatkan yang terbaik dari mereka.”