Jokowi Ungkap Prabowo Miliki Lahan Ribuan Hektare di Kalimantan dan Aceh

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) mengungkap fakta jika Prabowo ternyata memiliki lahan seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur (Kaltim). Tak hanya itu, Prabowo juga memiliki lahan di Aceh Tengah seluas 120 ribu hektare.

Pernyataan ini dia ungkapkan karena Prabowo menyatakan jika lahan di Indonesia tidak bertambah sedangkan jumlah penduduk terus bertambah.

“Saya tahu Prabowo punya lahan luas di Kaltim sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah. Saya ingin sampaikan bahwa pembagian-pembagian ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya,” jelasnya di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jokowi menambahkan jika selama 2 tahun terakhir, pemerintah telah mengkonsesi lahan sebesar 2,6 juta hektare.

“Dalam 2 tahun ini kita bangkitkan konsesi-konsesi lewat Perhutani asosiasi baik itu UKM, petani, masyarakat, nelayan sebesar 2,6 juta hektar. Dalam 2 tahun ini sudah kita bagikan 500 sertifikat,” jelas dia.

2 dari 2 halaman

Prabowo Sebut Membayar Utang Itu Jadi Beban Ekonomi

Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto mengaku memiliki strategi dalam pembangunan infrastruktur, jika terpilih menjadi presiden.

Ditegaskan, pendekatan yang akan dilakukan dan diklaim lebih baik dan efisien, adalah dengan melibatkan masyarakat terkait perencanaan pembangunannya.

“Sangat penting kita harus ikut sertakan masyarakat yang akan terkena dampak pembangunan infrastruktur itu. Bagaimanapun kita harus cadangkan ganti rugi untuk masyarakat yang terkena dampak ini,” jelas dia pada Debat Capres Kedua yang berlangsung di Hotal Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Dengan melibatkan masyarakat yang terdampak pembangunan, harapannya mampu menyejahterakan mereka sendiri.

Prabowo juga mengkritisi cara pemerintah sekarang yang banyak membangun infrastruktur dengan cara menambah utang. Baginya, utang ini beresiko terhadap efisiensi infrastruktur yang sudah dibangun.

“Saya lihat banyak kita utang untuk bangun infrastruktur nanti akan berdampak ke efisiensi infrastruktur itu sendiri,” tegas dia.

“Bagiamanapun membayar utang itu beban ekonomi kita,” pungkasnya.

Yunarto: Secara Teknis Jokowi Unggul, Prabowo Seperti Orasi

Jakarta – Setelah mengamati segmen pertama debat Pilpres 2019, pakar politik Yunarto Wijaya menilai Jokowi unggul secara teknis. Seperti apa analisanya?

“Babak satu secara teknis jelas Jokowi lebih unggul dari data pencapaian, sisi emosi juga. Cuma ada slip of tongue dan ada jeda 3 detik waktu bicara soal lingkungan hidup,” kata pakar politik Universitas Paramadina Yunarto Wijaya, kepada wartawan, Minggu (18/2/2018).

Segmen pertama debat berisi penyampaian visi-misi. Dibandingkan debat pertama, keduanya dinilai lebih rileks.

Prabowo menggunakan pendekatan searah seperti sedang menggunakan orasi. Pilihan kalimatnya tidak seperti penyampaian visi-misi,tapi bicara langsung kemandirian, kekayaan yang dikuasai asing dan lain sebagainya,” kata Yunarto.

“Apakah pilihan tepat? secara debat tidak tepat tapi untuk membakar emosi pendukung cukup efektif. Jadi yang masih dipilih bahasa yang bombastis, dikotomis asing dengan Indonesia , jadi mirip gaya Prabowo selama ini,” kata direktur eksekutif Charta Politika ini.

Sementara Jokowi menurut Yunarto langsung bicara visi Indonesia maju. “Jokowi kita lihat masuk ke dalam pembicaraan visi indonesia maju langsung satu persatu yang jadi bahan pembicaraan. Jokowi menyadari incumbent dan strategi menyerang adalah pertahanan terbaik, sehingga di awal membuat benteng, sulit prabowo melakukan serangan-serangan,” ujarnya menganalisis.
(van/fjp) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN Jokowi: Prabowo Akan Serang Impor Pangan dan Lifting Minyak

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin sudah memprediksi serangan dari capres Prabowo Subianto. Jokowi pun sudah siapkan beberapa jawaban atas pertanyaan tersebut.

“Insyallah sudah disiapkan semua jawabannya, dan penjelasannya oleh Pak Jokowi, termasuk hal-hal yang kita prediksi, menjadi serangan, atau attack dari Pak Prabowo itu, sudah disiapkan jawabannya,” ucap Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani di Hotel The Sultan, Jalan Gatot Subroto, Minggu (17/2/2019).

Jokowi bersama dengan TKN dan tim ahli sudah menjalankan beberapa simulasi debat. Dalam simulasi itu, serangan yang akan dilancarkan oleh Prabowo seperti isu pangan dan energi.


“Kalau kita ikuti apa yang berkembang di media arus utama, media sosial. Kan soal pangan, impor pangan. Kemudian kalau energi, itu soal lifting minyak yang tidak tercapai. Tapi kita lihat apakah itu atau lain,” ucap Arsul.

Arsul menyebut Jokowi sudah mempersiapkan Debat Kedua dengan baik. Dia mempersiapkan soal materi dan gaya panggung.

“Dalam rangka debat capres yang ke dua. Pak Jokowi siapkan diri dengan sebaik-baiknya. Ada dua hal, pertama refresh hal terkait materi yang akan jadi materi debat, energi, pangan infrastruktur, lingkungan hidup. Kedua, terkait teknik debat, gaya apa yang akan diadakan,” kata Arsul.

Soal gaya, Arsul tidak mau membocorkan laku Jokowi saat dipanggung. “Kita sama-sama lihat. Nggak seru kalau dibocorkan. Yang jelas, Pak Jokowi persiapkan sebaik -baiknya. Bahwa debat ini sersan, serius tapi santai,” ucapnya.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(aik/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BPN Ingin Prabowo Menyerang, Hasil Survei Bicara Sebaliknya

Jakarta – Jelang debat Pilpres kedua, Badan Pemenangan Nasional (BPN) berharap Prabowo Subianto lebih menyerang. Namun rupanya hasil survei internal berkata lain. Seperti apa?

“Ya tentu saja dari tim internal penginnya lebih menyerang gitu. Tapi kita lihat saja kan Pak Prabowo persiapan sendiri dan bisa saja ada kejutan,” kata Direktur Logistik BPN, Aryo Djojohadikusumo, kepada wartawan, Minggu (18/2/2019).

Namun ternyata secara strategi lebih menguntungkan kalau Prabowo tidak menyerang Jokowi. Kenapa?

“Dari hasil survei kita, masyarakat terutama voters yang undecided itu lebih senang dengan Pak Prabowo yang kalem, jadi kelihatannya akan cenderung kalem-kalem saja dulu,” kata Aryo.

Namun situasi saat debat bisa berkata lain. Menurut Aryo, Prabowo sosok yang banyak kejutan.
“Tapi kita lihat dulu, kita tidak tahu karena Pak Prabowo banyak kejutan,” pungkasnya.
(van/tor) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pesan Anak Kanker di Padang ke Ibu Ani: Kita Bisa Melewatinya Bersama

Padang – Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit NUH (National University Hospital) Singapura dengan diagnosa menderita kanker darah (blood cancer). Seorang anak penderita penyakit yang sama di Padang, Sumatera Barat memberikan semangat untuk Ibu Ani.

“Semoga ibu Ani Yuhdoyono bisa tabah, sabar menjalani pengobatan. Saya dan anak-anak penderita kanker darah di sini ikut mendoakan semoga ibu baik-baik saja,” kata anak penderita kanker darah, Abdul HamidA Muhaqqiq kepada detikcom.

Bocah berusia 14 tahun itu merupakan satu dari 51 anak penderita kanker yang berkumpul dalam peringatan Hari Kanker Anak Sedunia, di Rumah Sakit DR Muhammad Djamil Padang, Minggu (17/2/2019).

Bersama orang tua dan keluarga masing-masing, mereka berbagi kisah bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari dalam kondisi mengidap kanker.
“Semoga ibu selalu semangat dan diberikan kesembuhan oleh Allah. Yang semangat bu. Allah akan memberikan kesehatan kepada ibu Ani dan kami semua,” Abdul Hamid melanjutkan.

Abdul Hamid sendiri diketahui menderita kanker darah sejak empat tahun lalu. Ia kini menjalani proses kemoterapi di rumah sakit. Meski sakit, ia tetap menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

“Kalau sedang pengobatan, biasanya izin libur dulu,” jelas Hamid.

Nurhaida, orang tua Hamid, mengaku sempat shock.

“Hamid dulu menderita hepatitis. Dalam pemeriksaan baru diketahui kalau ia juga (menderita) kanker darah. Tentu saja kami shock. Awalnya saja. Tapi ingat kata Tuhan bahwa itu adalah takdir. Kami akhirnya bisa belajar menerima dan lihat ke orang lain bahwa `justru ada yang lebih parah (kondisinya) dari kami,” kata Nurhaida.

Wanita asal Malalak, Kabupaten Agam itu berharap seluruh ibu yang anaknya menderita kanker tetap optimis.

“Selalu ada jalan untuk sembuh. Kita tak boleh sedih dalam perjuangan untuk meraih kesembuhan. Semua akan ringan dengan dukungan yang kuat dari kita,” katanya.

Kerjasama Dengan Rumah Sakit

Peringatan Hari Kanker Anak se-dunia yang berlangsung di Padang, diwarnai dengan penandatangan kerjasama antara Yayasan Komunitas Cahaya dan Rumah Sakit Dokter Muhammad Djamil Padang.

Yayasan Komunitas Cahaya berkosentrasi untuk membantu para penderita kanker selama proses pengobatan.

“Kita mendukung anak dan orang tuanya. Kenapa orang tua? Kalau untuk anak, urusannya sudah selesai oleh BPJS. Orang tua ini yang membutuhkan biaya sehari-hari selama pengobatan. Pemasukan terhenti saat mengantar anak berobat. Itu yang kita dampingi,” kata Dedi Kurnia Putra, Ketua Yayasan Komunitas Cahaya.

“Yang terbanyak Leukimia atau kanker darah. Ada juga tumor di otak, leher dan tumor hati. Tapi yang terbanyak memang Leukimia,” tambah Dedi.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayiotno berharap dukungan semua pihak untuk memberikan perhatian dan kepedulian kepada anak-anak penderita kanker.

“Bukan hanya dokter, orang tua dan pemerintah, tapi semua pihak. Bentuk prakteknya bisa bermacam-macam cara sesuai kewenangan dan kemampuan. Kita ingatkan bahwa ada kanker yang bisa menimpa anak-anak kita,” kata Irwan.
(asp/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Vinicius Bikin Pelatih Real Madrid Terkesan

Liputan6.com, Madrid – Pelatih Real Madrid Santiago Solari memuji Vinicius Junior. Ia menilai winger asal Brasil itu berkembang dengan sangat pesat dan kini sudah layak menjadi salah satu pemain kunci Real Madrid.

Vinicius merupakan pembelian Real Madrid di musim panas tahun lalu. Ia didatangkan dari Flamengo dengan mahar transfer sebesar 45 juta euro, di mana angka ini tergolong sangat mahal untuk pemain muda.

Sempat ditaruh di tim Castilla oleh Julen Lopetegui, Solari berani berjudi dengan banyak memainkan Vinicius bersama skuat senior Real Madrid. Ia tercatat sudah memmbuat 3 gol dan 12 assist dari 21 penampilannya di tim utama Madrid musim ini.

Solari mengakui sangat terkesan dengan performa sang winger muda itu. “Dia [Vinicius] masih sangat muda,” buka Solari seperti yang dikutip Goal International.

2 dari 3 halaman

Berkembang Pesat

Solari mengaku bahwa ia tidak menyangka bahwa Vinicius bisa menjadi bagian yang integral dari skuat Real Madrid musim ini.

Solari menyebut bahwa Vinicius sudah melampaui ekspektasinya, di mana sang winger sudah membuktikan ia layak bermain di tim senior Madrid meski usianya masih sangat muda.

“Anda bisa lihat di beberapa bulan terakhir bahwa ada perkembangan yang sangat pesat pada dirinya. Kami sangat senang dengan perkembangannya itu.”

3 dari 3 halaman

Beri Kredit

Solari juga menegaskan bahwa performa apik Vinicius ini bukan hanya karena perannya sebagai pelatih. Ia menilai rekan-rekan setim Vinicius juga banyak membantu sang winger sehingga ia mampu tampil dengan maksimal.

“Dia mendapatkan banyak bantuan tidak hanya saat pertandingan tetapi juga pada saat sesi latihan kami. Dia memang pantas mendapatkan banyak kredit akan perkembangannya, namun kredit itu juga harus diberikan kepada para rekan-rekannya, karena mereka memberikan saran-saran dan juga umpan-umpan yang membuatnya berkembang.” tandasnya.

Vinicius bermain selama 81 menit saat Real Madrid mengalahkan Ajax Amsterdam di babak 16 besar Liga Champions di tengah pekan kemarin.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pemilih Luar Negeri Bertambah, KPU dan Kemenlu Siap Salurkan Surat Suara

Liputan6.com, Tangerang – Kementerian Luar Negeri bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus bekerjasama dalam mempersiapkan proses Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir mengatakan, saat ini ada 2.058.191 pemilih luar negeri yang terdaftar di seluruh negara. 

“Pemilih terdaftar ada 2.058.191 pemilih, yang paling banyak di Kuala Lumpur yaitu 558.873 pemilih,” ujarnya, saat menghadiri kegiatan Distribusi Logistik Pemilu 2019 Luar Negeri di Benda, Kota Tangerang, Minggu (17/2/2019). 

Selain itu, terdapat 783 tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri yang terdaftar. Sementara ada 429 pos yang ada untuk menyebarkan logistik pemilu. 

“TPS-nya ada 783, kotak suara keliling 2.344, posnya 429, PPLN (Panitia Pemungutan Luar Negeri) nya 130, semua gelondongan PPLN,” ujarnya. 

2 dari 3 halaman

Terbesar di Kuala Lumpur

Abdurahman juga mengatakan, jumlah PPLN pun tergantung dengan jumlah pemilih yang ada di Kota tersebut. Hal tersebut disesuaikan dengan dinamika di lapangan. 

“Terbesar itu di Kuala Lumpur, berturut-turut Taipei, Hongkong, Kinabalu, Kuching, Johor Baru, Singapura, jumlahnya dari 500-71.000, ada juga PPLN yang hanya 28. Dinamikanya seperti itu, apakah hanya satu metode saja atau tiga metode,” ujarnya. 

Dia juga mengatakan, saat ini persiapan dan logistik yang didistribusikan mengalami peningkatan. Pasalnya, jumlah pemilih luar negeri pun bertambah. 

“Karena kebetulan setidaknya saya dua kali ikut diluar, dubes Kairo dan dubes Riad itu berbeda sekali jauh lebih banyak dibanding dulu, kita lihat dari DPT (daftar pemilih tetap) saja,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Chelsea vs MU di Piala FA, Zola Sanjung Solskjaer

Liputan6.com, London – Rivalitas tidak menjadi penghalang bagi asisten pelatih Chelsea, Gianfranco Zola, untuk menyanjung pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Sebab, kesuksesannya mengangkat The Red Devils memang patut untuk diacungi jempol.

Chelsea akan dipertemukan dengan Manchester United dalam laga babak kelima FA Cup yang berlangsung pada hari Selasa (19/2) nanti. Pertandingan itu sendiri akan berlangsung di markas kebanggaan The Blues, yakni Stamford Bridge.

Ini adalah partai hidup mati, sebab siapapun yang kalah akan tersingkir dari kompetisi. Chelsea pun sedang dalam kondisi tertekan menyusul hasil buruk kala melawan Manchester City di Premier League pada akhir pekan kemarin.

Di sisi lain, Manchester United sedang dalam situasi yang apik. Mereka sukses melewati 11 pertandingan tanpa kekalahan, sebelum akhirnya tumbang di tangan PSG dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions hari Rabu (13/2) lalu.

Torehan apik tersebut lalu menjadi dasar bagi Zola untuk melayangkan pujian kepada Solskjaer jelang pertemuan kedua tim. Menurutnya, apa yang dilakukan pelatih asal Norwegia tersebut patut mendapatkan pujian.

2 dari 3 halaman

Cerdas

“Apa yang Ole lakukan dalam waktu singkat ini cukup luar biasa. Dia cerdas, selalu memiliki ketertarikan akan sesuatu, dan anda bisa lihat bahwa dia selalu berfokus pada apa yang ia lakukan,” tutur Zola seperti yang dikutip dari FourFourTwo.

Lebih lanjut, Zola mengaku punya kenangan saat bertemu dengannya waktu masih aktif sebagai pemain. Salah satunya adalah kala Solskjaer sering memberinya pengawalan ketat bersama bek legendaris United, Gary Neville.

3 dari 3 halaman

Tidak Suka

“Dia biasanya suka mengawal saya dengan Neville sepanjang waktu. Itu tidak menyenangkan untuk saya. Saya tidak menyukai itu,” tambahnya.

“Itu akan selalu menjadi laga yang fantastis, sangat kompetitif. Itu adalah laga yang membuat suporter merasakan banyak hal,” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Barcelona Ingin Rakitic Bertahan

Liputan6.com, Jakarta Masa depan Ivan Rakitic di Barcelona menyisakan tanda tanya besar Pelatih Barca Ernesto Valverde ingin Rakitic tetap di Nou Camp.

Rakitic sudah menjadi salah satu pemain penting Barcelona sejak direkrut dari Sevilla pada musim panas 2014. Gelandang asal Kroasia itu sejauh ini sudah mencatatkan 248 penampilan di semua kompetisi bersama Blaugrana. 

Kontrak Rakitic bersama Barcelona saat ini masih berlangsung sampai 2021. Namun Barcelona dikabarkan masih belum punya keinginan untuk menambah masa bakti Rakitic.

Situasi tersebut membuat masa depan Rakitic di Barcelona menjadi tidak jelas. Apalagi sang pemain belakangan ini dihubungkan dengan dua tim asal Inggris, Manchester United dan Chelsea.

Valverde sendiri menegaskan bahwa Rakitic menjadi pemain yang sangat penting di Barcelona. Ia berharap pihak klub bisa tidak melepas sang pemain di bursa transfer.

“Klub akan melakukan apa yang dirasa nyaman untuk memiliki salah satu skuat terbaik di dunia,” kata Valverde kepada Barca Blaugranes.

“Rakitic adalah bagian yang sangat penting dari tim, tetapi begitu juga para pemain lain, terutama yang bermain secara teratur.

“Jadi kita lihat saja, tapi saya yakin klub akan melakukan apa yang harus dilakukan.”

2 dari 2 halaman

De Jong

Barcelona sudah mencapai kesepakatan untuk menggaet Frenkie De Jong dari Ajax. Gelandang 21 tahun itu baru akan bergabung dengan Barca mulai musim depan.

Kedatangan De Jong jelas akan membuat lini tengah Barca semakin padat. Apalagi, mereka juga sudah merekrut Arturo Vidal dan Arthur Melo pada musim panas lalu.

Dengan kedatangan De Jong, Rakitic disebut-sebut sebagai salah satu pemain yang akan dilepas Barcelona. Barca kabarnya bersedia menjual Rakitic untuk memberikan ruang kepada De Jong.

Sumber Bola.net

Madrid Memburu, Valverde Tegaskan Barcelona Tidak Takut

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona kini mendapat ancaman dari Real Madrid di puncak klasemen La Liga. Meskipun begitu, Pelatih Azulgrana Ernesto Valverde menegaskan timnya tidak takut.

Madrid saat ini berhasil menyodok ke peringkat kedua di klasemen sementara La Liga. Mereka tertinggal enam poin dari Barcelona setelah mengalahkan Atletico Madrid dalam derby Madrid pada akhir pekan lalu.

Hasil imbang berturut-turut yang diraih Barca di liga sudah membuka pintu bagi Madrid untuk mendekati puncak. Los Blancos kini memberikan tekanan kepada Barcelona dalam perebutan gelar juara.

Madrid dan Barcelona masih akan menjalani duet El Clasico dalam dua kali kesempatan di Santiago Bernabeu. Mereka akan bertemu dalam leg kedua babak semifinal Copa del Rey pada 27 Februari dan pertandingan La Liga pada tanggal 2 Maret mendatang.

Kapten Los Blancos Sergio Ramos mengatakan Madrid masih bisa mengejar Barca. Sementara Thibaut Courtois mengklaim Barca akan ketakutan berhadapan dengan skuat Santiago Solari yang sekarang sedang berada dalam performa bagus.

2 dari 2 halaman

Tidak Takut

Meskipun begitu, Valverde mengaku tidak takut dengan ancaman Real Madrid tersebut. Menurut Valverde, Barcelona sedang berada dalam posisi yang kuat untuk meraih dua gelar lagi.

“Takut apa? Kami selalu bersaing dengan tim yang sama di liga,” kata Valverde kepada Goal International.

“Atletico Madrid, Real Madrid, Valencia dan Sevilla. Takut ketika kami berada di puncak klasemen? Tentu tidak.”

Valverde baru saja mendapat perpanjangan kontrak dari Barcelona. Namun, ia tidak menutup kemungkinan kalau posisinya akan terancam apabila Barcelona gagal meraih gelar pada akhir musim.

“Jika itu terjadi maka tanyakan saya lagi. Tapi mari kita tunggu dan lihat apa yang terjadi terlebih dahulu,” tandasnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini