Tak Ada Gajah yang Mau Dijajah

Liputan6.com, Bandar Lampung – Kepala Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Agus Wahyudiono mengimbau masyarakat untuk tidak mengganggu habitat gajah atau mengusirnya secara sembarangan ketika kawanan itu memasuki permukiman.

“Masyarakat yang ada jangan sampai mengganggu kawanan gajah, bila tidak mau kawanan gajah ini merusak rumah, perkebunan dan pertanian warga,” kata Agus saat dihubungi dari Bandarlampung, Jumat (22/2/2019), dilansir Antara.

Menurut dia, sering keluar dan masuknya kawanan gajah ke permukiman warga karena mereka merasa terganggu dengan keberadaan manusia di habitatnya, terutama memberikan dampak keterbatasan makanan.

Selain itu, masyarakat juga jangan gegabah saat mengusir kawanan gajah yang masuk ke permukiman warga. Kalau perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas yang ada agar tidak memakan korban.

“Masyarakat jangan suka gegabah untuk mengusir kawanan gajah yang ada, karena bisa membahayakan warga,” katanya.

Sebelumnya, kawanan gajah liar kembali masuk ke perkebunan serta merusak puluhan hektare tanaman di sawah yang berada di Pekon (Desa) Roworejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat.

“Iya tadi sore kawanan gajah kembali masuk dan merusak lahan perkebunan dan pertanian milik warga termasuk sawah,” ujar Eko, salah seorang warga saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu, pekan lalu.

Menurut dia, kawanan gajah sudah hampir dua pekan menginap di lahan perkebunan dan pertanian milik warga di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat.

Dia menerangkan, para pemilik lahan perkebunan dan pertanian hanya dapat melihat dari jarak terdekat sekitar 50 meter.

“Kami hanya bisa melihat dari jarak 50 meter saja. Dan belum berani mendekat, karena tidak mau mengambil risiko,” katanya.

Eko menjelaskan, puluhan gajah ini sudah hampir satu bulan menginap di dekat permukiman warga dan sampai saat ini kawanan gajah tersebut berpindah dari pekon satu ke pekon lainnya.

“Bila diusir dari pekon Roworejo maka akan berpindah ke pekon lainnya. Karena hutan ini dikelilingi oleh rumah penduduk,” ungkapnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Dikira Punah, Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan Kembali di Maluku

Jakarta

Lebah terbesar di dunia telah ditemukan kembali setelah puluhan tahun para ilmuwan menduga serangga tersebut sudah punah.

Lebah raksasa sepanjang ibu jari dewasa tersebut ditemukan di salah-satu pulau di Indonesia yang tidak terlalu banyak dijelajahi.

Setelah beberapa hari mencari, tim ahli menemukan seekor lebah betina yang masih hidup, Mereka kemudian memotret dan memfilmkannya.

Dikenal sebagai lebah raksasa Wallace, serangga ini diberi nama oleh naturalis dan penjelajah Inggris, Alfred Russel Wallace, yang mengungkapkan keberadaannya pada tahun 1858.

Sejumlah ilmuwan menemukan beberapa spesimen lebah tersebut pada tahun 1981, tetapi kemudian tidak pernah menemukannya lagi.

Pada bulan Januari, tim yang mengikuti jejak Wallace – saat melakukan perjalanan di Indonesia – berusaha menemukan dan memotret lebah itu.

“Sangat mengejutkan melihat serangga ‘bulldog terbang’, yang kami tidak yakin masih hidup, ternyata ada di depan kami di alam liar,” kata fotografer sejarah alam, Clay Bolt, yang pertama kali mengambil foto dan video spesies tersebut dalam keadaan hidup.

“Benar-benar melihat betapa indah dan besarnya spesies ini dalam keadaan hidup, dan mendengar suara sayap raksasanya terbang di atas kepala saya, sangat menakjubkan,” katanya

Temuan di kepulauan di provinsi Maluku Utara tersebut meningkatkan harapan bahwa hutan di kawasan tersebut masih menyimpan salah satu serangga yang paling langka dan banyak dicari di dunia.

Saat ini tidak terdapat perlindungan hukum terkait dengan perdagangannya.

Anggota tim dan ahli lebah, Eli Wyman, dari Princeton University, berharap penemuan kembali ini akan memicu penelitian selanjutnya untuk lebih memahami sejarah kehidupan lebah dan memberikan informasi usaha lanjutan untuk melindunginya dari kepunahan.

Kelompok lingkungan, Global Wildlife Conservation (GWC), telah meluncurkan pencarian sedunia bagi “spesies hilang” yang mendukung penelitian ini.

“Dengan menjadikan lebah sebagai simbol konservasi dunia, kami yakin bahwa spesies ini mempunyai masa depan yang lebih cerah dari pada jika kita hanya membiarkannya terlupakan,” kata Robin Moore.

Pada bulan Januari, kelompok tersebut mengumumkan mereka telah menemukan satu ekor jantan katak langka Bolivia.


(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Arema FC: Tuduhan Pengaturan Skor Menyakitkan

Liputan6.com, Jakarta – Arema FC merasa prihatin dengan kondisi sepak bola nasional yang kini sedang diterpa kasus pengaturan skor. Mencuatnya kasus pengaturan skor kini juga mulai mengarah ke kubu Singo Edan.

Media Officer Arema FC, Sudarmadji menilai seharusnya mencuatnya kasus pengaturan skor membuat seluruh stakeholder sepak bola nasional bersatu. Ini menjadi momentum untuk memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia dan tidak membiarkan dugaan pengaturan skor jadi bola liar.

“Situasi sekarang memungkinkan siapapun melakukan dugaan dugaan di laga masa lalu. Problem sepakbola Indonesia adalah sportivitas,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima media.

“Kami ingin para pengelola klub diajak berdiskusi bagaimana susah payah kami menghidupi klub. Karena itu,  tuduhan-tuduhan (skandal pengaturan skor) itu menyakitkan, seperti menampik perjuangan dan jerih payah Arema secara keseluruhan,” katanya, menambahkan.

Skandal pengaturan skor membuat kondisi sepakbola kini menjadi tidak menentu. Beragam dinamika di level elite PSSI membuat Arema meminta para stakeholder sepakbola Indonesia bersatu. 

“Kami semua sepakat, Arema FC itu  kebanggaan. Yang berjuang bersama serta menjaga eksistensi bukan juga manajemen, tetapi juga suporter,” kata Media Officer Arema, Sudarmadji kepada wartawan, Kamis,(21/2/2019).

2 dari 2 halaman

Tukar Pikiran

Saat ini dia mengatakan, banyak diskusi yang bertema pengaturan skor.Acara seperti ini diharapkan menjadi sarana untuk saling bertukar pikiran bukan menjadi arena untuk mencari-cari kesalahan serta saling menjatuhkan

Manajemen Singo Edan sendiri mengaku cemas dengan kondisi sekarang di mana banyak pihak saling tuding telah melakukan pengaturan skor. Tuduhan ini justru semakin mengikis sportivitas dan semakin menimbulkan kecurigaan.

“PR buat bersama. Kami optimis tuduhan untuk kami datang dari suara ketidakpuasan terhadap hasil pertandingan. Semoga semua berpikiran dewasa,” ucapnya.

Dia meminta kepada seluruh pihak agar menjadikan sepakbola sebagai alat pemersatu bangsa, bukan untuk memecah belah. “Seperti tujuan pertama PSSI, untuk menyatukan bangsa dengan sepakbola,” katanya.

Baidu Bikin Penampungan Kucing Liar dengan Teknologi Pengenalan Wajah

Liputan6.com, Jakarta – Teknologi bukan hanya milik segelintir orang, tetapi juga memberikan manfaatnya untuk banyak pihak, termasuk kucing liar. 

Baru-baru ini, Baidu mengumumkan sebuah penampungan kucing yang dibangun untuk merawat kucing liar.

Uniknya, ini bukan sekadar penampungan biasa, melainkan hadir dengan dua teknologi inovatif, yakni kecerdasan buatan (AI) dan pengenalan wajah.

Raksasa internet Tiongkok Baidu menyebut, proyek ini diinisiasi oleh salah satu karyawannya bernama Wan Xi, yang menemukan kucing kecil yang berlindung di bawah mobilnya musim dingin lalu.

Karyawan tersebut kemudian memutuskan untuk menggunakan teknologinya guna membantu memperbaiki situasi bagi kucing liar lainnya.

Adapun penampungan kucing liar ini hadir dibekali dengan sejumlah fasilitas seperti makanan dan air serta selimut hangat untuk membuat kucing lebih nyaman.

Penampungan kucing Baidu (Foto: Gizmochina)

Namun, fitur yang paling menonjol dari penampungan ini adalah teknologi yang diusungnya, sehingga memastikan bahwa hanya kucing yang bisa memasuki tempat tersebut.

Mengutip Gizmochina, Kamis (21/2/2019), salah satu fitur yang dimaksud adalah teknologi pengenalan wajah.

Teknologi inilah yang memastikan, cuma kucing yang bisa masuk. Begitu pengenal wajah mengenali kucing, pintu kacanya akan membuka.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Kalau Kucing Sakit?

Kemudian, pengenalan wajah ini juga akan mengecek apakah kucing berpenyakit dan menilai apakah hewan tersebut sudah dikebiri atau belum.

Jika pengenalan wajah mendapati kucing sakit, secara otomatis akan mengirim pesan ke organisasi pecinta binatang terdekat. Kemudian, relawan akan memeriksa kucing yang dimaksud.

Sayangnya, tidak diungkap, berapa banyak kucing liar yang bisa menempati penampungan itu.

Kemungkinan, Baidu tengah mengadakan pilot project untuk penampungan kucing yang dibekali teknologi kekinian.

Pasalnya di Tiongkok, kucing merupakan salah satu hewan peliharaan paling populer dan disayang manusia.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Pura-Pura Hamil, Perempuan Hong Kong Ini Ternyata Selundupkan Anak Kucing

Liputan6.com, Taipei – Seorang tersangka pencuri kucing dari Hong Kong dilaporkan berusaha menyelundupkan dua anak kucing jenis Persia melalui bandara terbesar Taiwan. Tersangka menyembunyikan kedua binatang itu dalam bajunya agar tampak seperti sedang hamil, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (21/2/2019).

Upaya nekat itu membuat otoritas Bandara Taoyuan di Taiwan melakukan penyelidikan untuk mengetahui bagaimana caranya tersangka bisa lolos dari pemeriksaan keamanan tanpa diketahui sedang membawa dua kucing selundupan.

Menurut laporan tabloid Taiwan, polisi mendapat rekaman dari bandara yang memperlihatkan perempuan tersebut membawa tas putih.

Saat meninggalkan toilet umum sebelum melewati pemeriksaan keamanan, perempuan tersebut terlihat lebih berisi.

Chang Chin-yi, seorang peternak kucing, pemilik kedua anak kucing itu mengatakan, dua anak kucing yang bernama Anggi dan Da Lili, telah dicuri pada 5 Februari.

“Kejadiannya saat waktu makan. Saya masuk dengan semangkuk daging dan saat itu lah saya menyadari kucing-kucing itu sudah hilang,” katanya di apartemen miliknya di pinggiran New Taipei City. Chang memiliki 40 kucing persia yang dijual seharga US$ 3.300 atau Rp 46,34 juta per kucing.

Chang langsung teringat seorang perempuan Hong Kong yang berencana membeli Anggi dan pernah tinggal di rumahnya selama sebulan.

Chang urung menjual kucing itu karena khawatir perempuan tersebut sudah punya terlalu banyak kucing.

“(Dia) tiba-tiba histeris. Dia menangis dan berteriak-teriak melalui telepon ketika dia mendengar hal itu,” kata Chang.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Rekaman Kamera Pengawas

Rekaman kamera pengawas di luar apartemen Chang menunjukkan, perempuan itu meninggalkan gedung melalui pintu samping dengan menentang satu kucing di masing-masing lengan. Anak-anak kucing itu kemudian dimasukkan ke tas putih.

AFP menghubungi suami dari perempuan Hong Kong itu melalui telepon pada Selasa 19 Februari. Seorang pria, yang mengaku suami dari tersangka tersebut, menjawab telepon dan mengatakan tidak mengetahui rencana istrinya. Menurutnya, kedua anak kucing itu dipelihara oleh teman Chang yang tinggal di Hong Kong.

“Kami minta maaf atas kejadian itu,” kata suami tersangka kepada AFP.

Kepolisian New Taipei City membenarkan kasus itu ditangani sebagai kasus pencurian. Tapi polisi tak bisa banyak membantu karena tidak ada perjanjian ekstradisi antara Hong Kong dan Taiwan.

Bandara Taoyuan tidak membalas permintaan untuk komentar. Chang mengatakan dia akan terbang ke Hong Kong dalam beberapa hari mendatang untuk mencari solusi hukum.

Sementara masih belum jelas bagaimana nasib Anggi dan Da Lili.

Kucing-kucing yang tiba di Hong Kong tanpa surat-surat resmi harus dikarantina selama empat bulan atau berisiko dimatikan. Taiwan hanya menerima kucing-kucing dari Hong Kong yang dilengkapi sertifikat bebas rabies.

Hasil Liga Champions: Atletico Benamkan Juventus

MadridAtletico Madrid berhasil mengalahkan Juventus 2-0 di leg pertama 16 besar Liga Champions. Seluruh gol tercipta di babak kedua.

Bermain di Wanda Metropolitano, Kamis (21/2/2019) dinihari WIB, Atletico berhasil menyusahkan pertahanan Juventus di babak pertama. Namun, tak ada gol yang bisa dilesakkan hingga turun minum.

Atletico sempat membuka keunggulan lewat Alvaro Morata, namun dianulir wasit lantaran lebih dulu terjadi pelanggaran.

Kebuntuan Atletico baru pecah di menit ke-78 lewat gol Jose Gimenez. Diego Godin mengunci kemenangan untuk tim tuan rumah lewat gol di menit ke-83.

Dengan hasil ini, Juve butuh kemenangan 3-0 di leg kedua jika ingin lolos ke perempatfinal dalam waktu 90 menit. Di sisi lain, tim besutan Diego Simeone cukup memetik hasil imbang atau kalah minimal 0-1.
Jalannya Pertandingan

Atletico lebih dulu mengancam lewat Antoine Griezmann di menit kedua. Pemain asal Prancis itu melepaskan tembakan yang masih melambung di atas gawang.

Juventus mendapat tendangan bebas setelah Cristiano Ronaldo dilanggar. Pemain Juventus itu mengambil eksekusi dari jarak 30 meter dan melepaskan tembakan langsung yang masih bisa ditepis Jan Oblak di menit ketujuh.

Peluang kembali didapat Juve pada menit ke-11. Umpan dari sepak pojok disambar dengan sundulan Leonardo Bonucci, namun bola masih sedikit melayang di atas gawang.

Tekanan diberikan Atletico pada menit ke-14. Thomas mendapat bola liar untuk langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur deras itu dengan tepat bisa ditangkap Wojciech Szczesny.

Atletico mengurung pertahanan Juventus dalam periode waktu 15-20 menit. Bahkan, beberapa kemelut kerap terjadi di kotak penalti Bianconeri, namun tak ada yang menghasilkan tembakan.

Lini tengah Juve kalah dalam permainan dengan Atletico. Si Nyonya Tua beberapa kali terpaksa mengalirkan serangan lewat sisi lapangan.

Atletico mendapat tendangan bebas di ujung kotak penalti pada menit ke-27 setelah Diego Costa disenggol oleh Mattia De Sciglio. Griezmann mengambil eksekusi tembakan langsung yang masih bisa ditepis Szczesny.

Juve masih kesulitan masuk ke dalam kotak penalti Atletico. Tembakan dari luar kotak penalti pun terpaksa dilepaskan Paulo Dybala, namun bola masih tepat di pelukan Oblak.

Bianconeri mengambil kendali permainan di lima menit akhir babak pertama. Tapi, tak ada ancaman berarti yang dibuat hingga turun minum.

Juventus langsung menekan Atletico di awal babak kedua. Satu tembakan yang masih melenceng dari gawang dilepaskan Ronaldo dari luar kotak penalti.

Serangan balik dilancarkan Atletico pada menit ke-49. Costa lepas dari posisi offside dalam menerima bola dari Griezmann. Pria berpaspor Spanyol itu berhadapan satu lawan satu dengan Szczesny, namun bola tembakannya melenceng jauh dari gawang.

Dua menit berselang giliran Griezmann yang mengancam gawang Juve. Bola lob yang dilepaskan membentur mistar dan Giorgio Chiellini dengan cepat menyapu bola sebelum disambar oleh Costa.

Atletico sempat berhasil membobol gawang Juve di menit ke-69 lewat sundulan Alvaro Morata. Wasit menganulir gol tersebut setelah melihat ulang lewat video assistant referee (VAR) bahwa Morata lebih dulu melanggar Chiellini.

Upaya Atletico untuk mencuri gol baru terwujud di menit ke-78. Kemelut dari sepak pojok berhasil dituntaskan dengan tembakan Jose Gimenez. 1-0 Atletico memimpin.

Diego Godin membawa Atletico memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-83. Bek asal Uruguay itu berhasil melesakkan gol setelah memanfaatkan kemelut dari tendangan bebas.

Juventus berusaha keras untuk memperkecil ketertinggalan. Federico Bernardeschi melepaskan tembakan jelang menit akhir, namun bola masih bisa ditepis Oblak. Pun dengan Ronaldo yang tembakannya digagalkan Oblak.

Tak ada gol balasan dari Juve hingga laga tuntas. Ateltico menutup leg pertama dengan kemenangan 2-0.

Susunan Pemain:

Atletico Madrid: Oblak; Juanfran, Gimenez, Godin, Filipe Luis; Saul Niguez, Thomas (Lemar 61′), Rodri, Koke (Correa 67′); Diego Costa (Morata 58′), Griezmann.

Juventus: Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic (Can 72′), Matuidi (Cancelo 84′); Dybala (Bernardeschi 80′), Mandzukic, Ronaldo.

(ran/cas)


Atletico vs Juventus Sama Kuat di Babak I

MadridAtletico Madrid menjamu Juventus di leg pertama 16 besar Liga Champions. Kedua tim masih bermain imbang 0-0 di babak pertama.

Bermain di Wanda Metropolitano, Kamis (21/2/2019) dinihari WIB, Atletico lebih dulu mengancam lewat Antoine Griezmann di menit kedua. Pemain asal Prancis itu melepaskan tembakan yang masih melambung di atas gawang.

Juventus mendapat tendangan bebas setelah Cristiano Ronaldo dilanggar. Pemain Juventus itu mengambil eksekusi dari jarak 30 meter dan melepaskan tembakan langsung yang masih bisa ditepis Jan Oblak di menit ketujuh.

Peluang kembali didapat Juve pada menit ke-11. Umpan dari sepak pojok disambar dengan sundulan Leonardo Bonucci, namun bola masih sedikit melayang di atas gawang.
Tekanan diberikan Atletico pada menit ke-14. Thomas mendapat bola liar untuk langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur deras itu dengan tepat bisa ditangkap Wojciech Szczesny.

Atletico mengurung pertahanan Juventus dalam periode waktu 15-20 menit. Bahkan, beberapa kemelut kerap terjadi di kotak penalti Bianconeri, namun tak ada yang menghasilkan tembakan.

Lini tengah Juve kalah dalam permainan dengan Atletico. Si Nyonya Tua beberapa kali terpaksa mengalirkan serangan lewat sisi lapangan.

Atletico mendapat tendangan bebas di ujung kotak penalti pada menit ke-27 setelah Diego Costa disenggol oleh Mattia De Sciglio. Griezmann mengambil eksekusi tembakan langsung yang masih bisa ditepis Szczesny.

Juve masih kesulitan masuk ke dalam kotak penalti Atletico. Tembakan dari luar kotak penalti pun terpaksa dilepaskan Paulo Dybala, namun bola masih tepat di pelukan Oblak.

Bianconeri mengambil kendali permainan di lima menit akhir babak pertama. Tapi, tak ada ancaman berarti yang dibuat hingga turun minum.

Susunan Pemain:

Atletico Madrid: Oblak; Juanfran, Gimenez, Godin, Filipe Luis; Saul Niguez, Thomas, Rodri, Koke; Diego Costa, Griezmann.

Juventus: Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic, Matuidi; Dybala, Mandzukic, Ronaldo.

(ran/cas)


7 Zona Sensitif Pria yang Sering Dilewatkan Wanita Saat Bercinta

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika wanita memiliki beberapa zona sensitif di tubuhnya. Nah, sama dengan wanita, pria juga memiliki titik-titik panas yang bila diberikan stimulus bisa membuat pria makin bergairah saat bercinta.

“Memberikan stimulus di zona-zona sensitif seperti menggigit lembut ditambah memberikan sensasi suhu panas atau dingin akan membuatnya liar,” kata penulis Moregasm: Babeland’s Guide to Mind-Blowing Sex and Sex Toys 101, Claire Cavanah. 

Berikut tujuh zona sensitif tersebut yang kerap dilewatkan istri saat bercinta seperti dilansir laman Health, Rabu (20/2/2019).

1. Titik F

Frenulum, adalah membran elastik yang berada di bawah kepala penis yang menyambungkan kepala dengan batang penis. Menyentuh titik ini akan membuat pria menjadi liar, karena mereka mendapatkan sensasi yang begitu luar biasa.

Memberikan sentuhan dengan tangan atau lidah bisa membuatnya begitu panas. 

2. Telapak kaki

“Ada banyak ujung-ujung saraf di telapak kaki pria dibandingkan wanita,” kata Mark Michaels, salah satu penulis Partners in Passion: A Guide to Great Sex, Emotional Intimacy, and Long-Term Love.os

Memberikan tekanan pada area kaki yang sedikit melengkung dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, membuatnya panas dan bergairah seperti disampaikan Mark. 

Istri bisa memulai foreplay dengan memberi pijatan kaki. Lalu, siapkan handuk hangat lalu letakkan kakinya di atas bantal di pangkuan Anda. Kemudian dengan menggunakan jempol, gosoklah bagian tersebut. 



Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 3 halaman

3. Jempol

Memberikan rangsangan ke pasangan tak selalu di sekitar organ intim. Misalnya jempol. Bagi pria bagian tubuh satu ini sangat seksi. 

“Mengisap jempol pria, membangkitkannya dengan sesuatu yang lain. Jadi, bisa dengan mengawali mengisap jempol agar dia mulai ‘bangun’,” kata Michaels. 

4. Gluteal fold

Ketika paha bertemu dengan pantat, itu dinamakan gluteal fold. Jangan salah, ini adalah titik gairah yang sudah pasti membuat pria menggelinjang.

“Ini adalah area sensitif sehingga tak jarang sering jadi banyak zona sensitif kesukaan pria,” kata Michaels.

3 dari 3 halaman

5. Sakrum

Sakrum adalah tulang segitiga yang terletak di pangkal tulang belakangnya. Ada saraf di sakrum yang terkait dengan alat kelamin, sehingga dengan merangsang bagian ini dapat mengirim sensasi ke bagian vitalnya. 

“Memberikan rangsangan di titik ini tidak hanya merangsang syaraf, tetapi juga memicu sistem saraf parasimpatis yang merupakan kunci untuk bersantai, melepaskan orgasme,” kata Michaels.

6. Puting

Memulai dengan membelai areola lalu memberikan sentuhan di puting bisa membuat suami terbang melayang. 

Dengan memberikan rangsangan di puting, aliran darah di daerah tersebut meningkat yang juga meningkatkan sensitivitasnya terhadap rangsangan seperti disampaikan Michaels.

Dua Kali Unggul, Timnas Indonesia U-22 Ditahan Malaysia 2-2

Liputan6.com, Pnom Penh – Timnas Indonesia U-22 kembali memetik hasil imbang di fase grup Piala AFF U-22. Bermain melawan Malaysia, Witan Sulaiman dan kawan-kawan harus puas dengan skor akhir 2-2.

Timnas Indonesia U-22 berambisi menang di laga melawan Malaysia Rabu (20/2/2019) setelah imbang 1-1 melawan Myanmar di pertandingan pertama. Pasalnya, kemenangan akan mempermudah langkah pasukan Indra Sjafri untuk lolos ke fase berikutnya.

Bertanding di National Stadium, Kamboja, Indra menurunkan formasi 4-3-3 dengan trio Billy keraf, Marinus Manewar, dan Osvaldo Haay di lini depan. Sementara itu, Andy Setyo turun sebagai kapten tim di pertandingan ini.

Pada 15 menit awal, timnas Indonesia U-22 dan Malaysia sama-sama belum bisa membuat peluang berarti. Kondisi lapangan sintetis menyulitkan kedua tim untuk mengolah bola.

Peluang emas pertama diraih timnas Indonesia U-22 pada menit 19. Sundulan Marinus menyambut umpan tendangan bebas menyamping tipis dari gawang Malaysia.

Skor bisa saja berubah pada menit ke-39 andai Osvaldo Haay bisa memaksimalkan peluang yang didapat. Gelandang Persebaya Surabaya ini gagal mengarahkan bola ke dalam gawang yang sudah kosong melompong.

Hingga babak pertama selesai, kedua tim ternyata tidak bisa menciptakan gol.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Mengincar kemenangan, timnas Indonesia U-22 tampil lebih agresif di babak kedua. Kerja keras Andy Setyo dan kawan-kawan membuahkan hasil di menit 52.

Akselerasi Marinus gagal dikejar bek Malaysia. Tendangannya sempat ditepis kiper, namun bola liar tetap bergulir ke arah gawang Malaysia.

Marinus lalu menendang kembali bola yang telah kosong. Timnas Indonesia U-22 pun unggul satu gol.

Sayangnya keunggulan ini gagal dipertahankan. Malaysia menciptakan gol lewat tendangan bebas Nik Akif pada menit ke-62.

Witan Sulaiman membawa  timnas Indonesia U-22 kembali unggul di menit-77. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti gagal ditahan kiper Malaysia.

Tertinggal, Malaysia ternyata belum menyerah. Tendangan pojok Nik Akif diteruskan Hadi Fayyadh dan berbuah gol di menit 86.

Timnas Indonesia U-22 mencoba mencari gol ketiga yang tak kunjung tiba hingga pertandingan selesai. Pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Satria Tama, Asnawi, Rachmat Irianto, Andy Setyo, Firza Andika, M. Luthfi, Gian Zola, Rafi Syarahil, Billy Keraf, Marinus, Osvaldo Haay.

Timnas Malaysia: Haziq, Ariff Ar-Rasyid, Dominic, Dinesh, Nazirul Afif, Thivan, Izzan Shaymi, Nabil Hakim, Hadi Fayyadh, Nik Akif, Jafri.

Ditangkap di Tanzania, Ratu Gading China Dipenjara 15 Tahun

Liputan6.com, Dar es Salaam – Otoritas Tanzania menangkap dan memenjarakan Yang Fenglan, seorang pengusaha asal China yang dijuluki “Ratu Gading”, atas penyelundupan ratusan gading gajah.

Fenglan dijatuhi hukuman penjara 15 tahun karena dituduh mengoperasikan salah satu lingkaran penyelundupan gading terbesar di Afrika, yang bertanggung jawab atas transaksi gelap senilai US$ 2,5 juta (setara Rp 35,1 miliar) dari sekitar 400 ekor gajah.

Dikutip dari BBC pada Rabu (20/2/2019), Fenglan dihukum karena tuduhan menyelundupkan sekitar 800 potong gading pada tahun 2000 dan 2014, dari Tanzania ke Asia Timur.

Selain itu, dua orang pria Tanzania juga turut dinyatakan bersalah terlibat dalam lingkaran penyeludupan terkait.

Pengadilan di Dar es Salaam, kota utama di pesisir Tanzania, turut memerintahkan penyitaan terhadap beberaoa properti yang berkaitan dengan praktik terlarang itu.

Perburuan gading dikatakan telah menyebabkan penurunan 20 persen populasi gajah Afrika dalam satu dekade terakhir.

Perkumpulan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), sebuah badan pemerhati lingkungan global, mengatakan populasi gajah Afrika telah turun menjadi 415 ribu ekor, atau turun sebanyak 110 ribu ekor selama 10 tahun terakhir, sebagai akibat perburuan liar.

Perdagangan gelap itu dipicu oleh permintaan dari China dan Asia Timur, tempat gading digunakan sebagai perhiasan dan ornamen.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Tersangka Berpengalaman di Tanzania

Yang Fenglan telah diselidiki lebih dari setahun ketika dia ditangkap pada 2015, menyusul aksi pengejara dengan mobil berkecepatan tinggi.

Pada saat penangkapannya, Fenglan adalah seorang pengusaha wanita terkemuka, yang mengoperasikan sebuah restoran China serta perusahaan investasi di Dar es Salaam.

Lancar berbahasa Swahili, Fenglan telah tinggal dan bekerja di Tanzania sejak 1970-an, dan pernah menjabat sebagai wakil presiden Dewan Bisnis China-Afrika di Tanzania.

Para pemerhati lingkungan menyambut antusias penangkapan tersebut karena dianggap memainkan peran penting dalam perdagangan gading ilegal.

Sebelumnya, sebagian besar penangkapan terkait cenderung melibatkan pemain kecil.