Sinopsis Sinetron SCTV Cinta Suci Episode Jumat 1 Maret 2019: Sandra Panik, Monica Mau Bunuh Diri

Liputan6.com, Jakarta Sinetron Cinta Suci episode Jumat malam ini. Suci keluar dari kamar itu sebentar tapi tiba-tiba Cleo menyenggol Suci. Jelas, Suci kaget dan marah. Cleo bilang nggak sengaja. Suci nggak percaya dia yakin Cleo sengaja karena mau balas dendam sama Suci.

Sementara itu Cinta Suci juga bercerita tentang Sandra mendengar suara cermin pecah itu dari kamar Monica dia kaget banget. Jangan-jangan Monica mau bunuh diri. Sandra buru-buru cari anak kunci kamar itu tapi hilang nggak tahu kemana. Sandra panik.

Sandra langsung mencegah dan berusaha ambil pecahan kaca itu dari tangan Monica. Lalu, Monica teriak dan minta mamanya biarkan dia bunuh diri, karena dia sama sekali sudah nggak punya alasan lagi buat hidup.

Sementara itu di rumah Aditya. Bu Saras sedang menyiapkan sarapan sama Lestari. Aditya muncul dengan wajah yang murung, Lestari mencoba mencarikan suasana.

Drama Cinta Suci selanjutnya…..

2 dari 2 halaman

Cleo Menghasut Sisca

Aditya mencoba mengetuk kamar Bunga dan mengajaknya sarapan. Tak lama Bunga keluar dengan pakian rapi. Aditya tanya Bunga mau ke mana. Bunga bilang Aditya nggak usah sok perhatian ke dia.

Cleo masuk ke kamar Sisca dan membawakan Sisca banyak pakaian branded yang bagus. Sisca kaget dan tanya apa maksud Cleo. Lalu, Cleo bilang dia cuma mau kasih Sisca semacam hadiah.

Cleo keluar dari kamar SIsca dengan lega, dia yakin sebentar lagi Sisca akan masuk dalam perangkapnya. Tiba-tiba Suci muncul dan menghadang Cleo. Suci rupanya melihat semua usaha Cleo untuk menghasut Sisca.

Sinopsis Sinetron SCTV Cinta Buta Episode Jumat 1 Maret 2019: Aulia Makin Dekat dengan Reyhan

Liputan6.com, Jakarta Cinta Buta makin bikin baper. Dokter kasih tahu Rama cuma menderita luka luar. mungkin pingsan karena benturan saja. Fathin terharu banget dan peluk. Fathin berterima kasih pada rama.. rama lega karena fathin nggak papa. Fathin makin baper.

Saat itu Angga yang baru selesai parkir mobil. Angga mikir jangan-jangan fathin mau bilang ke rama untuk cek apakah dia anak rama? Ini bisa gawat.., rama bisa benar benar curiga fathin anaknya… 

Sementara di episode Cinta Buta yang sama. Reyhan berterima kasih sekali pada Aulia yang mau datang dan mengakrabkan diri dengan orangtuanya.. Aulia senyum dan genggam tangan Reyhan dan bilang, kan dia mau buktiin ke Reyhan dia serius mau menjalin hubungan dengannya.

Aslan pulang dengan galau. Diia kaget lihat Melly ada di rumahnya. Didi ternyata yang mengundang. Didi perlakukan Melly kayak calon mantu. Aslan bawa banyak barang kebutuhan buat rumah.

Dan, apa yang terjadi di Cinta Buta selanjutnya…



2 dari 2 halaman

Jangan Ganggu

Melly bicara sama didi.  minta didi jangan larang aslan… ini kan impiannya aslan.. aslan selama ini susah dapet project. Sampe harus jadi taksi online… sekarang kesempatan itu datang… masa dilarang??

Di jalan angga berusaha ajak fathin bicara. Tapi fathin sibuk dengan pikirannya soal rama dan gimana harapannya sebagai anak rama makin besar… angga terus ajak bicara. Fathin malah jadi kurang ajar dan suruh angga jangan ganggu dia lagi mikir.

Kepa Arrizabalaga Tetap Dipercaya Jadi Kiper Utama Chelsea

Jakarta – Kepa Arrizabalaga tetap akan menjadi kiper utama Chelsea. Hal itu dipastikan dengan pernyataan sang manajer, Maurizio Sarri.

Meski demikian, Sarri mengklaim keputusan membangkucadangkan Kepa Arrizabalaga saat mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0, Kamis (28/2/2019), merupakan langkah tepat. 

Kepa tak diturunkan sebagai starter sebagai imbas insiden pada final Piala Liga Inggris kontra Manchester City akhir pekan lalu. Saat itu, Kepa menolak diganti oleh Sarri. Chelsea akhirnya kalah lewat adu penalti dengan skor 3-4. 

Kepa mendapat hukuman denda dari Chelsea senilai satu pekan gajinya. Dia kemudian dibangkucadangkan oleh Sarri pada derby London.   

“Kepa melakukan kesalahan besar. Dia sudah membayar ke klub dan kemudian juga harus membayar kesalahannya ke tim,” kata Sarri setelah pertandingan, seperti dilansir Four Four Two.

“Saya rasa sekarang kami harus berhenti. Kepa mulai besok akan bersama kami,” ujar Sarri.  

Sarri juga mengatakan Kepa, yang dibeli dari Atletico Bilbao pada musim panas lalu, masih menjadi pilihan pertamanya di Chelsea. Namun, dia akan berbagi tugas dengan Willy Cabalero pada dua laga berikutnya, yaitu melawan Dynamo Kiev dan lawatan ke Fulham. 

“Saya tak tahu apakah dia Kepa Arrizabalaga akan berada di lapangan pada pertandingan berikutnya. Tapi satu dalam dua pertandingan berikutnya itu pasti,” imbuh Sarri mengenai rencananya soal Kepa.  


2 dari 2 halaman

Pertarungan Posisi Keempat

Di luar polemik Kepa, Sarri mengaku sangat lega dengan poin penuh yang diraih atas Tottenham Hotspur. Kans Chelsea finis di zona Liga Champions masih terjaga meskipun kini bercokol di peringkat keenam.    

“Hasil malam ini sangat penting karena kami bertarung memperebutkan posisi empat besar,” ujar Sarri. 

“Saya tak tahu, tapi dengan hasil ini mungkin kami bisa menyertakan Tottenham dalam persaingan (posisi empat besar). Gap sangat besar, tujuh poin, tapi kami masih punya satu pertandingan (di tangan),” imbuh Sarri. 

Tata Cara Sholat Istiqarah dan Doanya, Meminta Petunjuk Saat Bimbang

Liputan6.com, Jakarta Manusia setiap hari dihadapkan dengan cobaan hidup. Meski berat, namun Allah SWT tidak akan memberi cobaan hidup melebihi batas kemampuan umat-Nya. Untuk itu, seluruh umat Islam diharapkan agar selalu berlindung kepada Allah SWT agar senantiasa dilapangkan dadanya dalam mencari ridho-Nya.

Cobaan hidup seringkali berupa kebimbangan saat menentukan pilihan yang tepat. Tak jarang, seseorang akan mencari jalan keluar untuk menemukan jawaban. Biasanya, mereka yang kurang dekat dengan Allah SWT akan memilih jalan hidup seadanya.

Namun, alangkah baiknya jika setiap umat Islam yang dihadapkan dengan pilihan berat untuk meminta petunjuk Allah SWT agar keputusannya tidak membuat menyesal nantinya. Meskipun segala keputusan yang diambil telah ditakdirkan Allah SWT, namun sebaiknya selalu ingat dengan Sang Pencipta alam semesta agar hidup berjalan dengan hikmat.

2 dari 5 halaman

Anjuran Melaksanakan Sholat Istiqarah

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat Istiqarah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran.”

Untuk itu, sudah jelas bahwa agama Islam menganjurkan seluruh umat agar menjalankan sholat Istiqarah ketika dihadapkan dengan pilihan yang sulit. Sholat Istiqarah adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang sedang bimbang tentang keputusan yang akan diambil.

Sholat ini memiliki tujuan untuk memohon petunjuk terbaik atas pilihan yang harus diambil. Sholat Istiqarah dilakukan saat berurusan dengan berbagai macam keputusan, baik itu tentang jodoh, pekerjaan, maupun pendidikan.

3 dari 5 halaman

Jawaban Tidak Berupa Mimpi

Dengan sholat Istiqarah, seseorang akan mampu membuat pilihan yang benar dan terbaik menurut petunjuk Allah SWT. Kebanyakan orang mengatakan bahwa petunjuk atau jawaban yang diberikan berupa mimpi. Namun, sebenarnya tidak ada dalil yang membuktikan tanda-tanda jawaban sholat Istiqarah.

Sholat Istiqarah kemudian diibaratkan berkonsultasi kepada Allah SWT mengenai keputusan yang hendak diambil. Dengan menjalankan sholat ini, seseorang akan merasa lega karena sudah berkonsultasi kepada Yang Maha Esa.

Umumnya, sholat Istiqarah dilaksanakan pada sepertiga malam. Namun, apabila sudah mendesak, sholat Istiqarah dapat dilaksanakan kapanpun. Terlepas dari pelaksanaannya yang tidak terpaku pada waktu, setiap umat Islam tetap harus memahami tata cara sholat Istiqarah yang baik dan benar.

Pada dasarnya, tata cara sholat Istiqarah sama seperti sholat wajib dan sholat sunnah pada umumnya. Namun, khusus sholat Istiqarah terdiri dari dua rokaat.

Untuk itu, Liputan6.com sajikan dengan lengkap mengenai tata cara sholat Istiqarah beserta doanya agar ibadah Anda senantiasa diterima oleh Allah SWT, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Istiqarah dan Doanya

1. Niat Sholat Istiqarah

Sebelum melakukan sholat Istiqarah, berikut ini adalah niat sholat yang harus dibaca saat mempraktikkan tata cara sholat Istiqarah:

“Ushalli sunnatan istikhorooti rok’ataini lillahi ta’aala.”

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram dilakukan setelah membaca niat yaitu dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga untuk laki-laki, dan sejajar dengan dada untuk perempuan, sambil membaca “Allaahu akbar”.

Kemudian, kedua tangan disedekapkan pada dada dan membaca do’a iftitah seperti sholat wajib dan sholat sunnah lainnya. Setelah selesai membaca do’a iftitah, dilanjutkan dengan membaca Al-Fatihah.

3. Bacaan Surat Pendek

Setelah Alfatihah, pada rokaat pertama bacaan surat pendeknya diutamakan membaca Surat Al Kafirun. Pada rokaat kedua, setelah Al Fatihah diutamakan membaca Surat Al Ikhlas.

4. Ruku’

Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, tata cara sholat Istiqarah selanjutnya adalah ruku’. Kedua tangan diangkat setinggi telinga dan membaca Allaahu akbar. Kemudian, badan dibungkukkan dengan kedua tangan memegang lutut dan ditekankan. Usahakan antara punggung dan kepala supaya rata.

Setelah sempurna, kemudian membaca do’a berikut sebanyak tiga kali:

“Subhaana rabbiyal ‘adziimi wa bihamdih”. (3x)

5. I’tidal

Setelah ruku’, kemudian bangkit tegak dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca:

“Sami’allaahu liman hamidah. Rabbanaa lakal hamdu mil’us samaawati wa mil ‘ulardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du.”

6. Sujud

Selesai I’tidal lalu sujud dengan meletakkan dahi di alas shalat. Ketika turun, yaitu dari berdiri i’tidal ke sujud sambil membaca “Allahuu akbar”. Saat sujud membaca tasbih sebanyak tiga kali:

“Subhaana rabbiyal a‘laa wa bihamdih.” (3x)

7. Setelah sujud, lakukan duduk di antara dua Sujud dan membaca

“Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.”

8. Sujud kedua dikerjakan seperti sujud pertama baik cara maupun bacaannya.

Setelah sujud pertama, berdiri dan melakukan raka’at kedua dengan tata cara sama seperti raka’at pertama namun tanpa membaca do’a Iftitah.

9. Tahiyatul Akhir

Setelah sujud pada rokaat kedua, lakukan tahiyatul akhir dengan duduk kaki bersilang (tawarruk) serta membaca:

“attahiyaatul mubaarakaatush shalawaa-tuth thayy1baatu lillaah. assalaamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh. assalaamualainaa wa’alaa `ibaadillaahish shaalihhn. asy-hadu al laa ilaaha illallaah, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullaah. allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad. wa alaa aali sayyidinaa muhammad. kama shallaita ‘alaa sayyidinaaibraahiim. wa’alaa aali sayyidinaa ibraahiim wabaarik-‘alaa sayyidinaa muhammad wa-‘alaa aali sayyidinaa muhammad. kamaa baarakta alaa sayyidinaa ibraahiim. wa ‘alaa aali sayyidinaa ibraahiim fil’aala miina innaka hamiidum majiid.”

10. Salam

Selanjutnya, lakukan salam dengan menengok ke kanan dan ke kiri bergantian sambil membaca:

“Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.”

5 dari 5 halaman

Doa sholat Istiqarah

Dalam mengerjakan tata cara sholat Istiqarah berupa dua rokaat sholat, sangat dianjurkan untuk membaca doa Istiqarah sebagai berikut:

“Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”

Tekel Berbuah Kartu Merah, Bek Timnas Indonesia U-22 Terlalu Bersemangat

Liputan6.com, Phnom Penh – Bek Timnas Indonesia U-22, Bagas Adi Nugroho, meminta maaf seusai diusir wasit dalam laga final Piala AFF U-22 2019 melawan Thailand, di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019).

Bagas Adi menerima kartu merah pada menit ke-89, di mana Garuda Muda sudah unggul 2-1. Bagas Adi dinilai melakukan tekel berbahaya kepada pemain Thailand.

Meski demikian, Timnas Indonesia U-22 mampu menang 2-1 atas Thailand. Pasukan Indra Sjafri pun dinobatkan sebagai juara Piala AFF U-22 2019.

“Saya sangat meminta maaf atas kejadian tadi, soalnya semangat saya terlalu berlebihan,” kata Bagas, seperti dilansir Antara.

Pemain Arema FC ini berharap ke depannya bisa memperbaiki diri lagi dalam setiap kesempatan bersama Timnas Indonesia U-22. Bagas Adi mengaku ingin terus membela simbol Garuda di dada selama karier sepakbolanya.

2 dari 3 halaman

Sangat Bersyukur

“Tapi bisa menjuarai AFF U-22 ini saya sangat bersyukur kepada Allah SWT. Saya juga berterima kasih banyak kepada masyarakat Indonesia yang selalu mendoakan dan mendukung kami,” tutur Bagas Adi.

Bagas mengaku bahwa ia sempat khawatir kondisi ketimpangan jumlah pemain akan merugikan timnya. Namun, Timnas Indonesia U-22 mampu mempertahankan keunggulan hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

3 dari 3 halaman

Berdiam di Lorong

Dia tidak segera memasuki ruang ganti ketika meninggalkan lapangan saat diusir wasit. Bagas berdiam di lorong di mana ia masih bisa menyaksikan perjuangan rekan-rekannya mempertahankan kemenangan.

Ketika akhirnya peluit tanda laga usai berbunyi Bagas mengaku lega karena kemenangan tidak tergelincir akibat perbuatannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Abaikan Perintah Pelatih Chelsea, Kepa Lolos dari Sanksi?

Liputan6.com, Jakarta Penjaga gawang, Kepa Arrizabalaga membangkang perintah pelatih Chelsea, Maurizio Sarri pada pertandingan melawan Manchester City di Stadion Wembley, Minggu (24/2/2019). Dia menolak digantikan Willy Caballero saat masa perpanjangan waktu segera berakhir.

Sikap Kepa seakan menampar wajah Sarri sebagai pelatih. Reputasinya dan nama baiknya sebagai pelatih tercoreng sikap mbalelo penjaga gawang berusia 24 tahun tersebut. Apalagi dalam duel ini, Chelsea akhirnya kalah 3-4 lewat drama adu penalti melawan ManCity. 

Meski akhirnya menganggap sikap Kepa sebagai kesalahpahaman, Maurizio Sarri tidak bisa menyembunyikan kemarahannya saat kejadian. Mantan pelatih Napoli tersbebut bahkan sempat membanting botol sebagai luapan emosinya atas pembangkangan Kepa.

“Kepa benar, tapi dia salah dalam caranya bersikap. Saya benar-benar marah dan akan berbicara padanya (Kepa) karena dia harus mengerti kalau kami bisa dapat masalah, terutama dengan Anda (para media),” beber Sarri seperti dilansir Metro.co.uk. 

Kepa sudah menyampaikan pembelaannya. Dia mengaku tidak bermaksud meremehkan Sarri. Hanya saja, keputusan itu terlihat salah karena tim dokter terlambat tiba di bench pemain. Dia mengaku masih bisa melanjutkan permainan meski sempat mendapat perawatan dari tim medis Chelsea. (Baca pembelaan Kepa selengkapnya di sini).



2 dari 2 halaman

Lolos Sanksi?

Tidak hanya Sarri yang berang melihat sikap Kepa. Fans Chelsea juga marah dan meminta pemain Spanyol itu dikeluarkan dari tim. Namun Kepa boleh bernapas lega. Sebab, manajamen The Blues kabarnya sama sekali tidak memberikan hukuman terhadap dirinya.

Salah seorang sumber seperti dilansir Metro.co.uk, menyebutkan bahwa baik Sarri maupun Kepa sama-sama ingin melupakan kejadian memalukan tersebut.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Dikira Anjing, Serigala Buas Diselamatkan dari Sungai Beku Estonia

Jakarta

Sejumlah pekerja baik hati di Estonia bergegas menyelamatkan seekor anjing yang terjebak di sebuah sungai beku. Namun para penyelamat itu tak sadar bahwa mereka sebenarnya tengah memasukkan serigala liar ke mobil mereka.

Pekerja proyek Bendungan Sindi di Sungai Parnu itu tengah bekerja, Rabu (20/02), tatkala mereka melihat binatang terjebak di perairan yang beku.

Setelah membersihkan jalur menuju es, mereka mengangkat dan melarikan anjing bertaring itu ke klinik untuk perawatan medis darurat.

Belakangan, mereka diberitahu bahwa binatang yang mereka gendong adalah seekor serigala.

Perkumpulan untuk Penyelamatan Binatang Estonia (EUPA) menyebut tekanan darah serigala itu sangat rendah ketika tiba di kantor dokter hewan. Fakta itu menjelaskan mengapa serigala tersebut jinak saat diangkut ke mobil.

Salah satu kelompok penyelamat, Rando Kartsepp, berkata ia dan rekan-rekannya harus menggendong serigala itu menuruni lereng.

“Binatang itu sangat berat. Dia tenang dan tidur di kaki saya. Ketika saya hendak merenggangkan tubuhnya, dia sempat mendongakkan kepalanya,” kata Kartsepp.

Sejumlah dokter hewan curiga pada tabiat alamiah ‘anjing’ itu. Tapi binatang itu adalah hewan pemburu, akrab dengan gerombolan serigala di kawasan tersebut.

Dan akhirnya informasi itu terkonfirmasi: binatang yang diselamatkan itu adalah serigala jantan berusia sekitar satu tahun.

Sejak saat itu, staf klinik memutuskan untuk menempatkan serigala tersebut di kandang usai penanganan medis. Mereka mengantisipasi jika serigala itu mendadak buas setelah pulih.

EUPA mengklaim membayar seluruh tindakan medis yang diberikan pada serigala itu. Mereka lega karena proses penyelamatan berlangsung lancar.

Beberapa hari setelah penyelamatan, serigala itu selamat setelah bergelut melawan kematian. Tim ilmuwan dari Badan Lingkungan Nasional Estonia menempelkan sistem pemosisi global (GPS) ke tubuh binatang itu, lalu membebasliarkannya.

“Kami bahagia dengan akhir cerita ini dan berterima kasih pada setiap pihak, terutama orang-orang yang menyelamatkannya dari sungai dan para dokter di klinik yang tak takut menghadapi sifat buas alamiahnya,” kata EUPA dalam keterangan mereka.

Estonia adalah rumah bagi ribuan serigala dan hanya sedikit dari mereka yang dijaring dalam beberapa tahun terakhir. Mereka kerap menghindari perjumpaan dengan manusia.

Kelompok pegiat lingkungan tahun 2018 menetapkan serigala sebagai binatang sekaligus simbol Estonia.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Setelah Toyota Supra, Lexus Akan Mengadopsi Mesin BMW

Liputan6.com, Jakarta Kerja sama Toyota dengan BMW nampaknya tak berakhir di Toyota Supra. Bahkan brand premium Lexus akan menggunakan mesin BMW untuk Lexus IS.

Dilansir Autoevolution, hal ini sepertinya menjadi langkah Lexus untuk menjaga pasar di Amerika. Sebab, pasar Amerika seperti kurang puas dengan adanya ES. Maka Lexus menghadirkan lagi sedan kompak sport.

Mesin BMW 3L turbo akan menjadi satu dari empat pilihan mesin IS. Mesin lainnya adalah 2.0L turbo, 2.4L turbo, dan 2.5L hybrid.

Lexus memang terkenal untuk urusan mengganti mesin dengan kapasitas yang lebih kecil, seperti 2.0L 6-inline. Dengan mesin kecil begitu, Lexus juga dikabarkan akan menghadirkan IS dengan bobot yang lebih ringan.

Tapi kabar lainnya menyebut bahwa jarak sumbu IS akan lebih panjang 40 milimeter. Hal ini seperti menjadi angin segar, sebab kabin bisa saja lebih lega.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Toyota Supra Terbaru Pakai Mesin BMW, Ini Sebabnya

 Toyota Supra terbaru akan menggunakan mesin 3.0 liter 6 silinder segaris. Jantung mekanis itu bukan buatan Toyota saja, melainkan hasil kolaborasi dengan pabrikan mobil mewah lain, BMW.

Ya, tujuh tahun lalu, Toyota dan BMW menandatangani kesepakatan untuk pengembangan mobil sport bersama. Hasilnya, sebuah mesin inline enam silinder, yang sama digunakan pada BMW Z4 M40i dan M340i terbaru. Mungkin hal ini bakal mengecewakan sebagian penggemar Supra, yang sangat sensitif terhadap penggunaan komponen non-orisinal.



Namun, penggunaan mesin BMW bukan tanpa alasan. Menurut Tetsuya Tada selaku chief engineer Toyota Supra seperti dilansir dari motor1.com (20/13), hal ini justru dipicu permintaan konsumen. Mereka menginginkan mesin inline 6 silinder.

Soalnya keempat generasi sebelumnya juga mengusung tipe mesin ini, seolah menjadi ciri khas Supra yang tak boleh dihilangkan. Toyota pun ingin mewujudkannya, tetapi langkah memproduksi sendiri mesinnya, ternyata kurang menguntungkan dari segi bisnis. Mengingat Supra bukanlah produk yang ditujukan sebagai volume maker. Makanya, pemakaian mesin hasil kerja sama dengan BMW menjadi keputusan yang paling masuk akal.

Tak hanya mesin, sistem transmisi otomatis 8-percepatan juga berasal dari BMW. Walau begitu, jantung pacu ini tetap di-tuning tim Toyota, guna menyesuaikan dengan desain mobil. Lantas berapa keluaran tenaganya? Toyota sendiri pernah mengonfirmasi, Supra terbaru punya daya lebih dari 300 Tk. Tetapi angka pastinya masih enggan dibeberkan. Bila melihat mesin 3.0 liter pada Z4 M40i yang meluncur duluan tahun ini, keluaran tenaganya sudah 382 Tk dan memiliki torsi 500 Nm. Bisa jadi tenaga Supra nanti melebihi angka itu.


Yang menarik, di samping mesin 6-silinder, diduga Toyota juga menghadirkan Supra dalam versi lebih murah. Spesifikasi mesinnya lebih kecil, 2.0 liter 4 silinder segaris dengan keluaran tenaga sebesar 262 Tk. Meski berbagai mesin dan beberapa komponen dengan Z4 M40i, kedua pabrikan meyakinkan masing-masing mobil memiliki karakter berbeda, khususnya dari segi penampilan.

Penampilan perdana Toyota Supra generasi kelima, memang tak lama lagi. Mobil sport Toyota itu, dipastikan memanfaatkan pameran Detroit Auto Show awal Januari. Memasuki detik-detik peluncuran, Toyota seolah ingin menggoda para penggemarnya. Belum lama ini, pabrikan mobil asal Jepang itu, merilis video lewat akun youtube resminya. Melalui video itu, Toyota memperdengarkan suara mesin terbaru Supra. Terlihat dalam video, Supra dipacu kencang sambil bermanuver. Namun, wujud dikaburkan sehingga tak terlihat bagaimana detail eksteriornya. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Brasil Tolak Dubes RI Usai Warganya Dihukum Mati 3 Tahun Lalu

Liputan6.com, Jakarta – Undangan nota diplomatik dilayangkan Departemen Luar Negeri Brasil kepada Toto Riyanto, 19 Februari 2015 lalu. Dalam surat itu, Toto diminta mengikuti acara penyerahan surat kepercayaan (credential letter) yang dibawa dari Jakarta bersama 15 dubes dari negara lain.

Dalam Sejarah Hari Ini (Sahrini) Liputan6.com, mencatat, acara penyerahan surat kepercayaan berlangsung pada Jumat 20 Februari 2015 di istana Presiden Brasil, pukul 09.00 waktu setempat. Ajang ini menjadi momen istimewa bagi Toto lantaran secara resmi diangkat sebagai dubes RI untuk Brasil.

Tepat hari H-nya, semua perencanaan sudah dilakukan. Toto didatangi protokal Istana untuk menjelaskan apa yang harus dilakukan saat acara.

“Pukul 08.15 pagi (waktu setempat), protokol Kepresidenan Brasil datang menjemput dengan membawa kendaraan dari pemerintah Brasil. Yaitu mobil yang dilengkapi bendera Indonesia dan bendera Brasil untuk mengantar ke istana Presiden Brasil,” ucap Toto seperti dikutip setkab.go.id.

Sesuai petunjuk dari protokol, Toto masuk ke Istana melewati jajar kehormatan. Kemudian, di sana ia dibriefing tentang pelaksanaan (penyerahan surat kepercayaan) nanti.

Menurut rencana semula, yang akan diberikan credential letter adalah Toto Riyanto selaku Dubes RI untuk Brasil. Tetapi saat momen itu berlangsung, Toto tiba-tiba dipanggil Menlu Brasil dan dibawa ke dalam suatu ruangan.

“Menlu Brasil mengatakan bahwa penyerahan surat kepercayaan itu ditunda,” ungkap Toto.

Dubes RI untuk Brasil itu langsung menanyakan alasan di balik penolakan sementara surat kepercayaan yang akan diberikannya itu. Namun tidak ada keterangan yang jelas dari Pemerintah Brasil melalui menlunya.

“Dia hanya menyampaikan bahwa penyerahan credential saya ditunda, dan saya tidak tahu sampai kapan penundaan itu berlangsung,” papar Toto.

Namun, Toto menyakini penolakan itu berkaitan dengan dengan rencana hukuman mati warga Brasil yang kedua. Walaupun demikian, Toto mengingatkan, yang menjadi persoalan adalah pada saat itu, ia datang bukan atas nama pribadi, melainkan membawa surat kepercayaan atas nama Presiden RI dan seluruh rakyat Indonesia.

“Itulah sebabnya saya merasa bahwa (tindakan pemerintah Brasil) itu sebagai sesuatu yang tidak wajar dilakukan suatu negara,” terang Toto.

Atas perlakuan tidak wajar yag diterimanya itu, Toto Riyanto langsung melaporkannya ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu), lalu diputuskan dengan cepat oleh Kemlu bahwa ia harus kembali ke Jakarta untuk melakukan konsultasi.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Tata Krama

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia sangat menyesalkan tindakan Pemerintah Brasil yang menunda secara mendadak penyerahan surat kepercayaan kepada Toto. Cara itu dinilai suatu tindakan yang tidak dapat diterima Indonesia.

Bahkan Presiden Jokowi menilai, tindakan Presiden Brasil Dilma Rousseff sebagai sikap tak lazim dilakukan kepala negara. Tindakan itu dianggap sebagai sifat yang jauh dari tata krama.

“Ya kalau hal-hal seperti itu menurut saya sebuah tata krama yang tidak lazim,” kata Presiden Jokowi di Banten, Senin 23 Februari 2015.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku Presiden Joko Widodo langsung meneleponnya selama satu jam setelah Presiden Rousseff menolak surat kepercayaan dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Brasil Toto Riyanto. Saat itu juga, menurut Kalla, Presiden Jokowi langsung minta Dubes Toto ditarik kembali.

“Saya langsung berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri (Retno Lestari P. Marsudi) untuk langsung menarik Dubes. Kejadian itu Jumat, 20 Februari 2015, jam 09.00 waktu Brasil atau jam 21.00 WIB. Pada jam 22.00 WIB, kami sudah putuskan tarik,” kata JK di kantornya, Senin, 23 Februari 2015.

Menurut JK, hubungan RI dengan Brasil menjadi dingin. Indonesia juga mempertimbangkan penundaan pembelian alat utama sistem pertahanan dari Brasil.

Kejadian ini muncul di tengah rencana Indonesia mengeksekusi terpidana mati kasus narkoba. Marco Archer Cardoso Moreira, warga Brasil, dihukum mati pada 17 Januari 2015 setelah permohonan grasinya ditolak Presiden Jokowi.

3 dari 3 halaman

Protes Hukuman Mati

Presiden Brasil Dilma Rousseff mengaitkan sikapnya itu dengan keputusan Pemerintah RI yang mengeksekusi terpidana mati narkoba, termasuk seorang warga Brasil di Indonesia, Marco Archer.

Dia mengaku kaget dan menilai hukuman itu kejam. Rousseff bahkan menarik dubesnya pulang untuk konsultasi.

“Hubungan antara kedua negara akan terpengaruh,” kata presiden Rousseff seperti diberitakan BBC.

Rousseff mengatakan dia telah mengajukan permohonan pengampunan (grasi) pada Jumat, tetapi ditolak Presiden Joko Widodo.

Kepada Jokowi, dia mengungkapkan, pihaknya menghormati kedaulatan dan sistem hukum di Indonesia. Namun sebagai seorang ibu dan kepala negara dia mengajukan permohonan itu dengan alasan kemanusiaan.

Brasil mengatakan Jokowi memahami kepedulian presiden Brasil tetapi dia tidak dapat mengubah hukuman karena seluruh proses hukum telah dijalani.

Sesuai hukum di Indonesia, proses pelaksanaan hukuman mati adalah sah. Sikap tegas Jokowi dan langkah cepat Kejaksaan melakukan eksekusi dianggap sudah tepat.

Namun begitu, Rousseff berharap pemerintah Indonesia dapat mengubah peraturan tersebut. Ini agar hubungannya dengan Indonesia tetap baik.

Rousseff menjelaskan, yang dilakukannya adalah sedikit memperlambat penerimaan surat kepercayaan. “Tidak lebih dari itu,” tegasnya.

Pada Minggu 18 Januari 2015, Indonesia telah menghukuman mati terhadap 6 terpidana kasus narkoba. Mereka adalah Namaona Denis (48) WN Malawi, Marco Archer Cardoso Moreira (52), WN Brasil.

Selain itu, Daniel Enemuo (38) WN Nigeria, Ang Kiem Soei alias Kim Ho alias Ance Tahir alias Tommi Wijaya (62), WNI, Tran Thi Bich Hanh (WN Vietnam), dan Rani Andriani alias Melisa Aprilia (WNI), WNI.

Selanjutnya eksekusi hukuman mati selanjutnya dilangsungkan pada Selasa 28 April 2015 atau Rabu 29 April 2015 dini hari. Ada sembilan terpidana mati kasus narkoba, termasuk warga negara Brasil, Rodrigo Gularte, yang berhadapan dengan juru tembak.

Setelah sempat panas dingin, hubungan Indonesia dan Brasil akhirnya hangat kembali. Dalam seremoni pada 5 November 2015 Rabu siang waktu setempat di Ibu Kota Brasilia, Dubes Toto lancar menyerahkan surat tugas itu bersama 21 dubes negara lain.

Kementerian Luar Negeri lega karena Brasil akhirnya bersedia menormalisasi hubungan dengan RI.

“Ini merupakan langkah positif untuk membangun hubungan bilateral yang baik,” kata Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Dikunjungi Sandi, Dhani: Saya Nggak Boleh Bicara Sama Polisi

Surabaya – Dua hari lalu Ahmad Dhani mendapat kunjungan dari Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno di Rutan Klas 1 Medeang, Sabtu (16/2).

Terkait perbincangan dengan Sandi di Rutan Klas 1 Medaeng selama 15 menit, Caleg Partai Gerindra itu mengaku tidak diizinkan berbicara.

“Saya nggak boleh bicara sama pak polisi. Nggak tahu kenapa mungkin saya berbahaya,” ujar Dhani sembari dikawal petugas jaksa dan kepolisian di Pengadilan Negeri Surabaya, Jalan Arjuna, Selasa (19/2/2019).


Sebelumnya, Ahmad Dhani mendapat kunjungan spesial dari dari Sandiaga yang tengah berkampanye di Jawa Timur. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu bercengkrama dengan Dhani selama 15 menit.

Dikunjungi Sandi, Dhani: Saya Nggak Boleh Bicara Sama PolisiFoto: Deny Prastyo Utomo

Kala itu Sandi merasa lega melihat kesabaran Dhani menjalani hari demi hari di tahanan. Menurutnya, Dhani benar-benar mengilhami salah satu lagu Dewa 19 yang berjudul ‘Hadapi Dengan Senyuman’.

“Selama 15 menit ketemu Mas Ahmad Dhani, ada sekitar 14,5 menit banyak senyumnya,” kata Sandi usai menjenguk Dhani, Sabtu (16/2).

Kini Dhani akan menjalani sidang putusan sela di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Dalam sidang terkait kasus ‘idiot’ pencemaran nama baik, pentolan band Dewa 19 itu akan mendengarkan putusan sela.
(fat/iwd) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>