Terungkap, Ini Nama Smartphone Layar Lipat Besutan Xiaomi?

Mi 9 SE edisi terbatas Brown Bear (Foto: GSM Arena)

Lebih lanjut, Xiaomi baru saja mengumumkan kemitraannya dengan Line Messenger. Keduanya menghadirkan smartphone Mi 9 edisi terbatas, yakni Mi 9 SE Brown Bear.

Perangkat ini dikustomisasi sedemikian rupa dengan menampilkan karakter Brown di bodi belakang smartphone. Tidak hanya itu, smartphone edisi terbatas inipun diatur dengan tampilan tema Line Friends.

Mengutip GSM Arena, Selasa (2/4/2019), smartphone Mi 9 SE edisi Brown Bear ini dijual dalam paket spesial yang di dalamnya ada casing, power bank 10.000mAh, sertifikat, dan stiker karakter Line Friends.

Bicara spesifikasi, tidak ada yang berbeda antara Mi 9 SE dengan Mi 9 SE edisi Brown Bear. Dari segi dapur pacu, Mi 9 SE Brown menggunakan Snapdragon 712.

Fisiknya pun sama, yakni layar Super Amoled seluas 5,97 inci dengan sebuah notch mirip tetesan air sebagai tempat untuk kamera selfie 20MP-nya.

Pada layar itu pula, terdapat sensor pemindai sidik jari, seperti milik Mi 9.

Pada bodi belakangnya, terdapat tiga kamera utama yang masing-masing punya lensa 48MP, 13MP (wide), dan 8MP (telephoto) lengkap dengan LED flash. 

(Ysl/Jek)

Mengenang Game.com, Konsol Game Portabel Layar Sentuh Pertama

Jakarta – Nama Game.com boleh jadi bakal terdengar asing, buat gamer sekalipun. Padahal di buku Rekor Dunia Guinness, perangkat ini tercatat sebagai konsol video game portabel pertama yang punya antarmuka layar sentuh.

Game.com adalah sebuah perangkat game handheld buatan Tiger Electronics. Sedari belum lahir, Game.com sudah diproyeksikan sebagai pesaing langsung dari Nintendo Game Boy yang sedang jaya-jayanya.

Dalam sebuah kliping artikel surat kabar The Morning Call tertanggal 06 Maret 1997, Tiger Electronics menyebut Game.com akan, “mengubah dunia game yang kita ketahui saat ini.” Inilah salah satu hal yang mengindikasikan ambisi besar yang diemban handheld tersebut.

Pada Agustus 1997, Game.com resmi diperkenalkan. Negeri Paman Sam Amerika Serikat menjadi tempat pertamanya menyapa dunia game. Sebelumnya, Game.com juga sudah dipamerkan di Electronic Entertainment Expo (E3) pada bulan Mei 1997 dan disambut cukup antusias karena inovasinya.

Di masanya saat itu, Game.com memang terbilang canggih. Selain punya layar sentuh, perangkat ini juga sudah menorehkan rekor dunia sebagai konsol game handheld pertama yang mendukung konektivitas internet. Aspek terakhir ini terbilang jauh melampaui masanya karena Game.com jadi butuh sebuah kabel telepon dan modem yang berukuran ekstra besar untuk terhubung dengan internet. Malah jadi seperti meniadakan jati diri Game.com sebagai konsol game portabel.

Dari segi spesifikasi, Game.com punya dimensi 190 x 108 x 19 mm. Layarnya masih monokrom, tapi sudah mendukung sentuhan via stylus. Di AS, perangkat ini dilepas tak sampai USD 70.

[Gambas:Youtube]

Pada prosesnya, penjualan Game.com jauh dari harapan. Ini mendorong Tiger Electronics meluncurkan versi pembaharuan dalam ukuran lebih mungil, dan lebih murah, yang mengusung nama Game.com Pocket Pro. Diperkenalkan tahun 1999, harganya dibanderol USD 30 dan menjadi salah satu konsol handheld pertama yang sudah memiliki layar backlit.

Akan tetapi, itu tak banyak menolong lini Game.com. Pada tahun 2000, lini Game.com sudah tutup usia, alias discontinue, karena gagal secara komersial. Tak sampai 300 ribu unit yang terjual semasa riwayat hidupnya.

Ada pula satu catatan ironis dari kisah Game.com. Mengusung layar sentuh, sekaligus tercatat di buku rekor dunia sebagai konsol game handheld yang pertama melakukannya, perangkat ini awalnya berusaha menandingi Game Boy-nya Nintendo. Namun, Game.com lantas malah seperti jadi “menginspirasi” rivalnya itu: Nintendo DS, yang mengusung layar sentuh, dirilis pada tahun 2004 dan menuai sukses besar.

(krs/krs)

Keseruan di Balik Layar Karnaval SCTV Bareng Keluarga Raffi Ahmad

Liputan6.com, Jakarta – Karnaval SCTV yang berlangsung di Bojonegoro pada 30-31 Maret 2019, menghadirkan sederet artis top Tanah Air.

Nama-nama beken semisal Yovie & Nuno, Arsy Widianto, dan Rizky Febian merupakan segelintir musisi kenamaan Indonesia yang ikut hadir memeriahkan acara Karnaval SCTV serta dipandu dengan host papan atas Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Rafatar, dan Yuki Kato.

Selain keseruan di atas panggung Karnaval SCTV, ternyata cerita di balik layar juga tak kalah seru. Kali ini keluarga Raffi Ahmad atau yang akrab dipanggil keluarga RANS akan berbagi keseruan di balik layar Karnaval SCTV.

Ingin tahu bagaimana keseruan keluarga Raffi Ahmad dan artis-artis lainnya di balik panggung Karnaval SCTV? Saksikan liputan eksklusif di channel Rans Entertainment di Vidio.com.

Keseruan di balik layar Karnaval SCTV bersama Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Rafatar ekslusif di Vidio.com

Galaxy A70 Mulai Debut, Punya Layar 6,7 Inci dan 3 Kamera

Samsung mengumumkan telah menghentikan produksi lini smartphone entry level-nya, seri Galaxy J. Selanjutnya, Samsung bakal lebih fokus pada seri Galaxy A sebagai pengganti seri Samsung Galaxy J.

Keputusan ini dilakukan untuk menaikkan kelas konsumen di entry level ke tingkat yang lebih tinggi, yakni smartphone kelas menengah.

Galaxy A memang selama ini fokus sebagai perangkat yang menyasar kaum milenial, yang ingin eksis dengan aktivitasnya di media sosial atau pembuat konten.

Sementara, Galaxy J merupakan seri perangkat kelas entry level yang baru berpindah dari feature phone ke smartphone dengan banderol harga yang tak terlalu tinggi ketimbang seri Samsung lainnya.

“Galaxy J series sudah dihentikan produksinya karena konsumen Galaxy seri J ini ingin dinaikkan kelasnya ke Galaxy seri A yang entry level (seperti Galaxy A10 dan Galaxy A20),” tutur Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar saat merilis Galaxy A30 dan Galaxy A50 di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Dengan berhentinya produksi Galaxy seri J, kini seri smartphone yang dimiliki Samsung adalah Galaxy M, Galaxy A, Galaxy S, dan Galaxy Note.

Ia pun menjelaskan, target market antara seri Galaxy A dan Galaxy M berbeda.

“Galaxy M itu lebih menyasar konsumen yang senang terhubung, makanya dibekali dengan baterai yang besar kapasitasnya. Sementara seri Galaxy A menyasar generasi live, yakni anak-anak milenial yang senang membuat konten dan dibagikan ke media sosial,” ujar Selvia.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk membongkar boks Samsung Galaxy S10 Plus

Bocoran Xiaomi Mi A3: Sidik Jari di Layar, Kamera Selfie 32 MP

Jakarta – Setelah Mi A1 yang meluncur pada September 2017, dan Mi A2 setahun setelahnya, kini Xiaomi tengah menyiapkan ponsel Android One terbaru di lini tersebut.

Xiaomi menyiapkan dua ponsel baru di lini tersebut, yaitu dengan kode Bamboo Sprout dan Cosmos Sprout, sama seperti ponsel Android One mereka sebelumnya yang kode namanya juga mengandung kata Sprout.

Kedua ponsel itu diperkirakan bernama Mi A3 dan MI A3 Lite, dan kemungkinan akan meluncur pada 2019 ini. Baik Mi A3 maupun Mi A3 Lite kabarnya saat ini tengah diuji dengan membenamkan sensor sidik jari di layar, atau disebut oleh Xiaomi sebagai ‘fod’.


Meskipun dari segi kecepatan lebih rendah ketimbang sensor sidik jari biasa, keberadaan sensor sidik jari di layar ini seharusnya akan menarik lebih banyak konsumen yang tak terlalu mementingkan kecepatan. Jadi besar kemungkinan kalau kedua Android One Xiaomi ini akan mempunyai fitur sensor sidik jari di layar.

Selain informasi mengenai sensor sidik jari, tak ada informasi lain mengenai spesifikasi ponsel ini. Namun laporan XDA Developers menyebut Mi A3 akan dilengkapi dengan kamera selfie 32 megapixel.

Kamera selfie itu akan tersimpan dalam notch kecil berbentuk tetesan air yang ada di bagian depan ponsel ini,” demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (23/3/2019). (asj/fyk)

Samsung Bakal Suplai Layar OLED untuk Huawei P30 Pro

Liputan6.com, Jakarta – Terlepas dari persaingan antar vendor smartphone, mereka juga saling bekerja sama. Menurut sebuah laporan baru, Samsung dilaporkan menjadi penyuplai tunggal panel OLED untuk smartphone terbaru kompetitornya, Huawei.

Dilansir GSM Arena, Senin (18/3/2019), berdasarkan laporan yang beredar di jejaring sosial Tiongkok, Weibo, Huawei telah mencapai kesepakatan dengan Samsung terkait suplai layar. Samsung akan menyuplai panel OLED untuk varian flagship P30 Pro.

Selain itu, Samsung juga akan menyuplai panel AMOLED untuk varian P30 biasa.

Sejumlah alasan menjadi pertimbangan Huawei milih Samsung. Alasan pertama, Samsung merupakan penyuplai OLED smartphone terbesar di industri, dan memiliki tenaga untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

Kedua, dengan Samsung menjadi penyuplai tunggal, maka akan meminimalisir kebocoran. Kontrol kualitas Samsung yang baik pun menjadi pertimbangan.

Sebelum Huawei, Xiaomi dan Apple merupakan dua konsumen panel OLED Samsung. Bahkan, Samsung kerap disebut sebagai penyuplai tunggal OLED untuk iPhone X.

Ponsel Layar Lipat Xiaomi ‘Cuma’ Rp 14-15 Jutaan?

JakartaMuncul rumor Xiaomi akan merilis ponsel layar lipat dengan banderol lebih terjangkau dibandingkan kompetitor. Harganya Rp 14-15 jutaan.

Begitu setidaknya laporan iGyaan yang dikutip oleh GSMArena, terkait dengan ponsel layar lipat Xiaomi yang sejauh ini disebut-sebut akan memiliki nama Mi Fold dan Mi Flex.

Menurut laporan itu ponsel layar lipat Xiaomi nantinya akan dibanderol USD 999 di AS, 900 euro di Eropa, dan INR 74,999 di India. Artinya, jika dikonversi ke Rupiah maka harganya “cuma” di kisaran Rp 14-15 jutaan.

Harganya jelas tak murah. Tapi masih lebih rendah jika dibandingkan dengan perangkat foldable lain yakni Samsung Galaxy Fold (USD 1.980) dan Huawei Mate X (USD 2.600) — atau sudah menembus kisaran harga Rp 20-30 jutaan.

Harga Mi Fold/Flex bisa lebih murah hampir separuh dari Galaxy Fold karena Xiaomi kabarnya akan memakai display OLED yang dibuat oleh Visionox Technology. “Masih harus dinantikan apakah layarnya akan sebagus panel OLED di Galaxy Fold atau Mate X.”

Mengenai spesifikasi Mi Fold/Flex dalam hal jeroan lain, salah satu aspek utama lain yang sudah diketahui sejauh ini adalah penggunaan SoC Snapdragon 855 seperti halnya Galaxy Fold and Mate X, dengan RAM bisa mencapai 10GB.

(krs/fyk)

Akting di Cinta Buta SCTV, Ratu Rizky Nabila Jadi Selingkuhan Anjasmara

Liputan6.com, Jakarta – Penyanyi Ratu Rizky Nabila menjejak panggung hiburan ke ranah akting. Di depan kamera, meski tak sedang mengolah vokal, ia tetap mampu memberikan hiburan melalui aktingnya di layar kaca.

Ratu Rizky Nabila terlibat dalam sinetron Cinta Buta yang tayang di SCTV. Dalam sineton itu, ia berperan sebagai selingkuhan Anjasmara.

Tentunya, berhadapan langsung dengan aktor yang sudah malang melintang di layar sinetron dianggap sebagai tantangan khusus. Ratu Rizky Nabila menyadari, akting yang diperlihatkannya tak boleh biasa-biasa saja.

“Siapa yang enggak tahu akting Mas Anjas (Anjasmara-red). Buat aku kebanggaan banget bisa adu akting dengan beliau,” kata Ratu Rizky Nabila saat dihubungi di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

2 dari 3 halaman

Pendalaman Karakter

Karena tahu lawan mainnya di sinetron yang dibintangi Nikita Willy dan Rezky Aditya tak sembarangan, Ratu Rizky Nabila melakukan sejumlah persiapan sebelum proses syuting dimulai.

Salah satunya dengan mendalami karakter yang dimainkan. “Script itu enggak cuma aku hafal. Tapi aku masukin banget karakter cewek yang diselingkuhi dan terbiasa selingkuh seperti apa,” dia menjabarkan.

3 dari 3 halaman

Totalitas

Bagi Ratu Rizky Nabila, dipercaya untuk membintangi sinetron garapan SinemArt merupakan prestasi besar dalam kariernya di panggung hiburan.

“Jadi harus 100 persen totalitas. Aku orangnya berusaha menjawab profesionalitas kerja dengan kualitas. Enggak cuma ramai diomongin di media sosial, tapi sebagai entertainer kita harus tanggung jawab dengan pekerjaan dan karya yang sedang kita buat,” dia menukas.

Harga Lenovo A7000 Plus dan Spesifikasinya, Smartphone dengan Audio Gahar

Liputan6.com, Jakarta Lenovo memang lebih terkenal dengan produk laptop serta PC yang jadi andalannya. Pada 2013, Lenovo dinobatkan sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Bermarkas di Beijing, Lenovo awalnya merupakan perusahaan kecil bernama Legend atau dalam bahasa China ‘Lianxiang’ dan didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi.

Namun jangan salah, perusahaan ini juga mumpuni dalam membuat smartphone. Sejak Lenovo mengakusisi Motorola, mereka pun mulai memproduksi smartphone yang sampai sekarang diterima dengan baik di pasaran, termasuk di Indonesia.

Selain spesifikasinya yang menarik, harga smartphone Lenovo juga tergolong ramah di kantong. Salah satu yang menjadi daya tarik dari perusahaan ini adalah harganya yang cenderung di bawah pasar sehingga peminatnya cukup banyak. Dari sekian banyak produk yang dikeluarkan oleh Lenovo, A Series merupakan seri yang paling laris di Indonesia.

Salah satu A Series yang laku di pasaran ialah A7000 Plus. Smartphone yang memiliki konektivitas yang cepat ini mampu menarik para konsumen. Apakah kamu tertarik untuk memiliki Lenovo A7000 Plus? Sebelum membeli, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga Lenovo A7000 Plus dan spesifikasinya.

Tenang, pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus. Penasaran berapa harga harga Lenovo A7000 Plus di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut Liputan6.com rangkum harga harga Lenovo A7000 Plus dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Body Lenovo A7000 Plus

Desain Lenovo A7000 Plus terlihat ramping dengan dimensi 152.6 x 76.2 x 8 mm dan berat 140 g, membuat ringan untuk dibawa. Berkat lapisan warna doff pada bodynya membuat perangkat ini tidak licin saat dipegang.

Sementara untuk warnanya Lenovo A7000 Plus hadir dengan pilihan warna yang menarik yaitu hitam, putih dan kuning.

· Layar Resolusi Tinggi

Dengan layar 5.5 inchi dan Full HD, kamu bisa mendapatkan tampilan terbaik dari film, gambar, dan game dalam A7000-Plus.

Selain resolusi tinggi dan tingkat kecerahan tinggi layar selebar 5.5 inchi ini memiliki sudut pandang lebar mendekati 180 derajat. Hasilnya? Kamu pun bisa menikmati teks yang jernih, gambar yang tajam, dan warna yang lebih nyata, baik di dalam maupun di luar rumah kapan saja.

· Konektivitas

Lenovo A7000 Plus dibekali Prosesor Octa-Core 64-Bit MediaTek MT6753 dengan RAM 2GB akan menjamin performa kencang. Selain itu smartphone ini sudah 4G LTE dan dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, WiFi, dan GPS.

Ditambah dengan memori internal 16 GB, namun jika kamu merasa masih terlalu kecil bagi semua foto, video, dan musik koleksimu. Kamu bisa sematkan microSD hingga 32 GB pada A7000-Plus.

Perangkat ini juga telah didukung dengan USB-on-the-go untuk kemudahan berbagi data dan mengisi daya perangkat lain.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Kamera Berkualitas

Kamera A7000 Plus ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Kamera smartphone ini juga dilengkapi dengan Dual-LED Flash untuk membantu pemotretan di tempat yang minim cahaya.

Tak hanya itu saja, kamera belakang C7 juga sudah diimbangi dengan seperti Aperture F/2.0, CMOS Sensor, Geo-tagging, Face detection, Digital zoom, HDR, ISO Setting, Autofocus, Touch Focus, Panorama, dan Digital Image Stabilization. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080p. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan A7000 Plus tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, kamera depan A7000 Plus 5 MP dibekali deteksi gerakan saat berfoto, seperti melambaikan tangan dan mengatakan ‘Cheese’. Untuk keperluan video call dan selfie, kamu bisa mengandalkan kamera depan ponsel pintar ini.

· Audio yang berkualitas

saat pakai headset untuk mendengarkan musik, kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dari smartphone ini. Pasalnya, A7000 Puls ini dibekali Audio Dynamic Dolby Atmos yang membuat suara serasa terdengar di sekeliling kamu.

Baik secara horizontal namun vertikal. Semua itu adalah bagian dari desain audio 360 derajat, lengkap dengan 5 pengaturan mode equalizer yang dapat disesuaikan dengan selera ruang dengarmu.

· Baterai Besar

Kapasitas baterai besar dengan kapasitas baterai 3000 mAh, A7000 Plus sempurna untuk kamu tidak bisa lepas dari smartphone. Baik untuk media sosial, bermain game, hingga chatting, smartphone ini tidak akan mengecewakan kamu.

4 dari 4 halaman

Harga Lenovo A7000 Plus

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga Lenovo A7000 Plus dibanderol pada kisaran Rp 1.299.000. Harga Lenovo A7000 Plus biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus yang mungkin bisa menjadi referensimu.

Harga Samsung Galaxy J3 2016, Smartphone Garang yang Patut untuk Dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Di balik kisah sukses perusahaan elektronik tersebut, ternyata awalnya Samsung merupakan usaha ekspor buah, sayur, dan ikan kering yang dirintis oleh Lee Byung-Chul di Daegu, Korea Selatan.

Namun saat ini, Samsung sudah bertransformasi dan diakui secara global sebagai pemimpin dalam teknologi bahkan sekarang termasuk dalam 10 merek teratas. Samsung terus menghadirkan bermacam-macam jenis gadget dengan beragam variasi dan keunggulannya.

Dari sekian banyak produk smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung, J series merupakan seri yang paling banyak digemari. Bagaimana tidak, Samsung J series masuk ke dalam kategori mid-end atau kelas menengah.

Salah satu produk Samsung J series yang disukai adalah Samsung Galaxy J3 2016. Alasan smartphone ini masih banyak diminati karena harga Samsung Galaxy J3 2016 cukup terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni tentunya. Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini menambah jagoan baru ke dalam segmen entry-level.

Sesuai dengan nama produknya, Samsung Galaxy J3 2016 ini merupakan keluaran tahun 2016. Walaupun kehadirannya sudah cukup lama, namun Samsung Galaxy J3 2016 masih bisa bersaing dengan produk sejenisnya dan masih layak dimiliki di tahun 2019 ini. Apalagi di awal bulan Maret ini, harga Samsung Galaxy J3 2016 mengalami penurunan.

Penasaran dengan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru bulan ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016, Jumat (1/2/2019).

2 dari 6 halaman

Desain dan Fitur Menarik

Dimensi dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah 142.3 x 71x 7.9 mm. Dengan bobot 138 gram, menjadikan smartphone ini cukup nyaman digenggam karena tidak terlalu tebal dan berat.

Mengusung desain yang elegan pada produknya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki tiga pilihan warna yaitu putih, hitam, dan gold. Namun, untuk warna gold memiliki daya jual yang lebih tinggi dibandingkan dua warna yang lainnya.

Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Samsung juga menambahkan beberapa fitur untuk Samsung Galaxy J3 2016 seperti Motion Lock. Yakni fitur yang memungkinkan kamu untuk menjawab panggilan telepon ketika melakukan sebuah gerakan, seperti berhenti bersepeda.

Ada juga Ultra Data Saving Mode yang didukung dengan Opera Max untuk mengompresi data seluler, baik itu saat streaming video, membuka gambar, dan segala aplikasi atau situs web. Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan radio, RDS, dan perekam suara.

3 dari 6 halaman

Layar dan Prosesor

Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini membekali layarnya dengan Super AMOLED berukuran 5 inci. Resolusi layarnya sedniri adalah 720 x 1280 pixel dengan kerapatan layar 294 ppi. Hal ini memberikan nuansa tampilan yang tajam, terang, dan sudut pandang yang baik.

Smartphone satu ini dilandasi dengan dapur pacu yang digawangi oleh prosesor Spreadtrum SC8830 serta diimbangi dengan CPU Quad Core 1.2 GHz. Adanya prosesor seperti ini, membuat smartphone ini cukup stabil untuk dimainkan.

4 dari 6 halaman

Konektivitas dan Kamera

Samsung Galaxy J3 2016 sudah memiliki koneksi yang sedang ramai digunakan oleh para pecinta gadget, yaitu jaringan 4G LTE. Memiliki dual-SIM, dan kedua SIM mendukung untuk jaringan 4G. Hanya saja bisa mengaktifkan satu SIM untuk jaringan 4G-nya. Hal ini berarti, kamu tidak bisa menggunakan jaringan 4G secara bersamaan di kedua SIM tersebut.

Samsung Galaxy J3 2016 ini juga memiliki konektivitas Wi-Fi, Bluetooh, dan NFC. Ya, NFC ini sangat jarang ditemui di smartphone dengan kategori kelas mid-end ini.

Kalau kamu menyukai fotografi dan selfie, Samsung Galaxy J3 2016 ini bisa menjadi pilihan untuk dimiliki. Ya, untuk kamera depannya saja sudah memiliki kamera berukuran 5 MP dan dilengkapi dengan keberadaan LED Flash.

Untuk kamera belakang Samsung Galaxy J3 2016 ini dibekali dengan kamera berukuran 8 MP. Ya, kamera ini tentunya dilengkapi dengan autofocus dengan f/2.2 aparture yang lumayan. Kamera belakang smartphone ini juga dilengkapi dengan LED Flash.

5 dari 6 halaman

Baterai dan Memori

Keunggulan dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah baterai removeable alias baterai yang bisa dilepas. Hal ini sangat menguntungkan, karena biaya pergantian baterai removeable lebih murah dibandingkan dengan baterai non-removeable.

Mengusung baterai Li-ion sebesar 2.600 mAh. Kalau kamu mengaktifkan jaringan 3G dengan aktif, maka daya tahannya bisa mencapai 10 jam. Samsung Galaxy J3 2016 ini menyematkan fitur fast charging, sehingga kamu perlu mengisi baterai yang habis selama 2,5 jam.

Samsung Galaxy J3 2016 ini membawa RAM sebesar 1,5 GB. Ukuran RAM yang lumayan besar ini mampu mengimbangi prosesor yang dibawa oleh smartphone ini. Nah, untuk ukuran memori internalnya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki dua pilihan yaitu, berukuran 8 GB dan 16 GB. Selain itu, ada juga memori eksternalnya yang bisa di upgrade hingga 128 GB.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung Galaxy J3 2016 Terbaru

Berdasarkan hasil pantauan Liputan6.com dari beberapa kanal online, harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru saat ini berkisar Rp 1,5 jutaan. Kamu bisa membelinya di e-commerce langganan ataupun di media online lainnya.