Jaksa KPK Sertakan Peran Korporasi dalam Tuntutan Billy Sindoro

Liputan6.com, Bandung – Terdakwa kasus suap perizinan proyek Meikarta Billy Sindoro dituntut jaksa pada KPK dengan pidana penjara 5 tahun dan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan.

Mantan Direktur Operasional Lippo Group, Billy yang diyakini jaksa telah memberi suap sebesar Rp16,1 miliar dan SGD 270 ribu ke Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin dan jajarannya di Pemkab Bekasi untuk perizinan proyek Meikarta.

Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, jaksa KPK I Wayan Riana menyebut ada peran korporasi dalam kasus suap perizinan proyek Meikarta.

Jaksa mengungkap proyek tersebut digarap pengembang PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) yang merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang.

Dalam tuntutan, jaksa menyebutkan tentang kesaksian Ju Kian Salim selama di persidangan. Ia merupakan Town Management PT Lippo Cikarang sejak tahun 2016 dan direktur di PT MSU.

“(Ju Kian Salim) menerangkan pada pokoknya bahwa yang bertanggung jawab terhadap pengeluaran uang terkait dengan Meikarta adalah semua direksi PT Lippo Cikarang dan PT MSU,” kata jaksa saat memaparkan surat tuntutan, Kamis (21/2/2019) malam.

Dalam surat dakwaan keempatnya, PT Lippo Cikarang melalui PT MSU juga disebutkan jaksa berperan secara bersama-sama dengan para terdakwa suap tersebut.

Keterangan Ju Kian Salim tersebut menurut jaksa sesuai dengan bukti berupa dokumen pengeluaran PT MSU. Bukti pengeluaran uang itu yang diyakini sebagai sumber duit suap.

“Persesuaian keterangan saksi Ju Kian Salim dengan dokumen pengeluaran PT MSU tanggal 14 Juni 2017 tersebut semakin menguatkan bahwa PT Lippo Cikarang melalui PT MSU adalah sumber uang yang diberikan kepada Neneng Hassanah Yasin dan beberapa dinas terkait perizinan Meikarta,” kata jaksa.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Jaksa

Jaksa menyebut seluruh pemberian itu berjumlah Rp16,1 miliar dan SGD 270 ribu. Uang itu diberikan ke Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin dan jajarannya di Pemkab Bekasi untuk pengurusan perizinan proyek Meikarta.

Billy diyakini telah melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sementara Henry dituntut 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan. Sedangkan Fitra Djaja dan Taryudi dituntut 2 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Setelah persidangan, I Wayan menjelaskan pihaknya akan menganalisis keterlibatan korporasi dalam kasus Meikarta sekaligus menunggu putusan majelis hakim.

“Kalau misalnya majelis memutuskan permintaan kami kan tadi bersama-sama dengan korporasinya juga. Nanti kalau misalnya diputuskan, kami laporkan ke pimpinan dan nanti ditindak lanjut internal,” ujarnya.

Menurut dia, korporasi tetap diuraikan dalam unsur Pasal 55. “Tadi ada keterangan Ju Kian Salim yang kita kaitkan dengan barang bukti Rp3,5 miliar. Kemungkinan itu kita analisa koorporasi bersama-sama dengan para pelaku. Kita tunggu putusan hakim,” ujarnya.

Sebagian besar pemberian itu, lanjut I Wayan, diberikan setelah izin Meikarta keluar. Pada saat IPPT keluar, proses perizinan diambil alih oleh tim pusat. Pimpinannya adalah terdakwa Billy Sindoro yang disebutnya merekrut Henry, Fitra dan Taryudi.

“Terdakwa (Billy) ini di belakang layar mengatur pemberian-pemberian ini,” kata jaksa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ramah Kantong dan Kualitas Premium, Kapan Honor 8A Masuk Indonesia?

Jakarta

Pada 30 Januari 2019 lalu, Honor resmi meluncurkan smartphone terbaru Honor 8A secara global. Smartphone ini pun dipastikan bakal meluncur di Indonesia dan memiliki harga yang terjangkau dengan mengemas fitur-fitur canggih dalam desain dan kinerja.

HONOR mendesain 8A dengan tampilan layar Dewdrop FullView 6,09 inci. Layar besar HONOR 8A dilengkapi dengan gestur jari yang dirancang untuk mengoprasikan smartphone dengan satu tangan.

Notch Dewdrop yang terletak di bagian atas layar berukuran hanya 3,2 mm yang menjadi rumah dari kamera depan, sensor cahaya, dan sensor proximity. Notch Dewdrop di Honor 8A 71,1% lebih kecil dari notch pada umumnya. Hal ini memungkinkan layar untuk mencapai rasio layar ke bodi 87%, sehingga memberi pengguna tampilan Full-view yang sebenarnya.


Sementara di bagian belakang, Honor 8A memiliki bodi klasik dengan dual-tekstur yang menampilkan hasil akhir seperti kaca. Tampilannya seperti sebuah karya seni yang indah dan tersedia dalam tiga warna trendi yaitu biru, hitam, dan merah.

“Di Honor, kebutuhan pelanggan adalah fokus utama kami yang mendorong inovasi pada produk kami. Honor 8A adalah upaya kami untuk memasarkan smartphone yang kaya akan fitur dan terjangkau. Performa audionya yang kuat dan elemen estetika adalah bukti bahwa kami dapat menghadirkan smartphone ramah kantong dengan kualitas premium. Kami tidak sabar menunggu Honor fans untuk mencoba Honor 8A secara langsung,” kata Presiden Honor, George Zhao.

Beberapa keunggulan Honor yang akan disuguhkan kepada pencinta gadget Tanah Air mulai dari segi performa, audio, hingga teknologinya.

An Ultimate Visual Experience

Honor memahami kebutuhan konsumen yang berfokus pada teknologi. Meskipun demikian Honor tidak menyampingkan efek buruk dari penggunaan smartphone dalam jangka panjang. Layar tampilan Honor 8A bersertifikat TON V Rheinland yang teruji mengurangi ketegangan mata dengan memastikan emisi cahaya biru yang berbahaya berkurang secara signifikan. Hal ini untuk membawa lebih banyak kenyamanan kepada pengguna.

Tuned for Audiophiles

Honor 8A dilengkapi dengan struktur dual-suspensi yakni rongga suara besar yang memberikan akustik seragam. Dibandingkan dengan pendahulunya, Honor 8A dapat menghadirkan volume 30% lebih besar. Hal ini merupakan peningkatan signifikan karena penguat SmartPA berdaya tinggi di dalamnya. Teknologi ini meningkatkan kemampuan smartphone untuk memberikan kualitas suara yang superior secara eksternal, terlepas dari lingkungan sekitarnya.

Re-imagine Clarity in Photography

Honor 8A dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP yang memiliki apperture lebar f/1.8. Dengan apperture yang lebar (angka kecil) memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk ke dalam sensor saat mengambil gambar. Selain itu, kamera ini juga diaktifkan dengan mode HDR otomatis untuk memungkinkan rentang yang lebih dinamis dan detail gambar yang lebih besar, bahkan di malam hari.

Selain itu, kamera depan 8 MP Honor 8A dilengkapi dengan cahaya Ring Screen dan juga memiliki potret canggih dengan algoritma kecantikan AI yang meningkatkan kualitas selfie.

Built-in Technological Prowess

Honor 8A dioptimalkan dengan sistem operasi EMUI 9.0 dan didasarkan pada Android 9 Pie terbaru. Algoritme manajemen aplikasi latar belakang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan untuk menjamin pengalaman pengguna yang lancar bahkan setelah periode penggunaan yang lama.

Untuk daya tahan penggunaannya, ditopang oleh baterai berkapasitas 3.020 mAh yang bekerja dengan prosesor hemat daya 8-Core 12 nm. Ada juga kemampuan hemat daya cerdas EMUI untuk dengan mudah menyediakan penggunaan seharian penuh.

Ponsel cerdas yang ramping ini juga dilengkapi dengan slot kartu triple (slot SIM ganda dan Micro-SD) yang dapat bekerja bersama-sama untuk memberikan pengguna dengan memori eksternal hingga 512 GB.

Adapun spesifikasi lengkapnya adalah:

-Tampilan HD + Dewdrop FullView 6.09-inci

-Speaker SmartPA dikombinasikan dengan struktur suspensi ganda

-Baterai 3.020 mAh yang tahan lama

-Slot kartu triple (slot SIM ganda dan slot Micro-SD)

-Kamera utama 13 MP, f/1.8

-Kamera depan 8 MP

-Prosesor 8-core frekuensi tinggi MT6765

-Radio FM nirkabel terintegrasi

-Buka kunci telepon menggunakan face unlock

-EMUI 9.0.

Dengan segala keunggulannya, smartphone penerus dari Honor 7A ini dipastikan akan melenggang ke Indonesia. Meski demikian belum ada informasi pasti mengenai tanggal kelahirannya di Tanah Air. Kita tunggu saja!

(adv/adv)

Kapan Samsung Galaxy Fold Hadir di Indonesia?

Liputan6.com, San Francisco – Smartphone layar lipat pertama Samsung, Galaxy Fold, mencuri banyak perhatian saat diumumkan di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada Rabu (20/2/2019) waktu setempat.

Dengan pengumuman tersebut, Samsung menjadi vendor smartphone pertama yang mengumumkan perangkat layar lipat pada tahun ini.

Samsung akan mulai menjual Galaxy Fold pada 26 April 2019 dengan harga jual US$ 1.980 atau berkisar Rp 27,7 juta. Sayangnya, sampai saat ini belum bisa dipastikan tentang kehadiran smartphone tersebut di Indonesia.

“Untuk Galaxy Fold, terus terang kami di Samsung Indonesia belum mendapatkan konfirmasi kapan itu akan hadir di Indonesia. Namun kami berharap setelah kita melihat input dan respons positif terhadap pengumuman Galaxy Fold, berharap bisa segera menghadirkannya di Indonesia,” ungkap Head of Product Marketing Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, saat ditemui usai acara pengumuman Galaxy S10 di San Francisco, Amerika Serikat (AS), 20 Februari 2019.

“Tapi waktunya kapan (peluncuran Galaxy Fold di Indonesia), terus terang kami belum tahu sih, karena sedang diupayakan dan tidak bisa janji juga bisa datang tahun ini. Namun, mudah-mudahan bisa segera kami hadirkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Galaxy Fold saat ini kompatibel dengan dua jaringan seluler yakni 4G dan 5G. Namun, jika merujuk pada jaringan 5G, Indonesia sampai saat ini belum juga memiliki layanan tersebut secara komersial. Pemerintah Indonesia memperkirakan jaringan 5G baru bisa hadir di Indonesia pada 2022.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Galaxy Foldable

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

Adapun mengenai spesfikasinya, Galaxy Fold dibekali dengan prosesor 7nm dan RAM 12GB. Spesifikasi ini membuat Samsung mengklaim performanya menyerupai PC. Perangkat ini juga dilengkapi memori internal 512GB dan kapasitas baterai 4.380mAh.

Galaxy Fold memiliki layar 4,6 inci saat dilipat. Namun ketika layar dibuka, bentuknya menjadi serupa tablet dengan luas 7,3 inci.

Galaxy Fold hadir dengan enam kamera, yakni tiga kamera utama dan dua di depan, serta satu kamera di bagian kover.

Spesifikasi lainnya termasuk kamera utama ultra wide 16MP dengan aperture F2.2, lensa wide 12MP dual aperture F1.5 dan F2.4, serta dilengkapi OIS. Kemudian terdapat kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS.

Sementara dua kamera depan memiliki lensa telephoto 10MP dengan F2.2, dan RGB Depth 8MP dengan F1.9. Satu kamera di bagian kover memiliki lensa 10MP dengan aperture F2.2.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Cara bermain CoC di PC, Buat Kamu Pecinta Game

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang hobi main game tentu sudah tak asing lagi dengan game CoC (Clash of Clans) ini kan? Bagaimana tidak, game yang berlatar belakang kolosal ini sudah dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap bulannya. Permainan ini juga dimainkan dari berbagai kalangan dari anak kecil hingga dewasa.

CoC atau kepanjangan dari Clash of Clans adalah adalah sebuah game strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy, elixir dan dark elixir.

Mulai dari membangun prajurit yang andal, upgrade wall (tembok) agar kuat, membangkitkan Barbarian King dan Archer Queen, bahkan hingga membangunkan sang Golem.

Dalam permainan CoC sangat membutuhkan Gold dan Exilir untuk mencapai kemenangan. Seperti yang kita ketahui sendiri, untuk mendapatkan keduanya sangatlah sulit. Apalagi bila kita dihadapkan kepada yang reproduksi Dark Exilir, tingkat kesulitannya sudah mencapai batas maksimal.

Bermain CoC memang menyenangkan kamu pun bisa melepas penat setelah lelah bekerja, ataupun bermain ketika bosan. Sayangnya, jika bermian CoC melalui smartphone maka akan membuat baterai smartphonemu cepat habis.

Pasalnya bermain CoC di smartphone jika dipaksa akan membuat handphone terasa panas, hal ini akan membuat handphonemu berumur pendek. Enggak mau kan kalau smartphone kamu jadi rusak karena terlalu sering bermain CoC?

Maka tidak sedikit orang yang memilih bermain CoC lewat PC. Selain tampilan layar yang lebih besar kamu pun lebih nyaman bermain di PC. Apakah bisa bermain CoC lewat PC?

Tentu bisa, beberapa orang tidak mengetahui jika bermain CoC bisa dilakukan melalui PC ataupun laptop kesayanganmu. Nah, bagaimana cara bermain CoC di PC? Jangan khawatir pada artikel ini, kamu akan mengetahui cara bermain CoC di PC.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika handphone kamu rusak karena terlalu sering bermain CoC. Kamu pun bisa langsung mempraktkikan cara bermain CoC di PC ini di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan cara bermain CoC di PC. Dalam bermain CoC di PC melibatkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat laptop bisa mengemulasi Android di PC atau laptop. Namun pada artikel ini akan menggunakan BlueStack untuk bermain CoC di PC.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara bermain CoC di PC bisa kamu coba!

2 dari 3 halaman

Cara Bermain Coc di PC dengan BlueStacks

1. Langkah pertama, unduh BlueStacks di http://www.bluestacks.com/ di PCmu

Setelah mengunduh, kemudian lakukan penginstallan. Kemudian kamu akan diminta masuk dengan akun Google. Jadi pastikan untuk memiliki akun Google ya.

2. Setelah itu, Klik tombol ‘search’ oranye dan temukan ‘Clash of Clans’

Google Play akan menanyakan ID dan kata sandi Google Anda, maka Anda dapat pergi ke menu utama Google Play, kemudian tulis di kolom pencarian ‘Clash of Clans’ kemudian klik Instal.

3. Setelah menginstal, cukup klik ‘Run’ untuk membuka game.

Nah, sekarang kamu pun bisa bermain CoC lewat PC kesayanganmu. Untuk memperbesar dan memperkecil, cukup gunakan tombol + dan – pada keyboard.

Jangan lupa untuk memulihkan desa di ponselmu sebelumnya kamu perlu bermain CoC di PC atau laptop. Pastikan juga bahwa laptop atau PCmu memiliki speseifikasi RAM yang cukup mumpuni untuk bermain game CoC ini.

3 dari 3 halaman

Tips Bermain CoC

Setelah mengetahui cara bermain CoC di PC, sebaiknya kamu mengetahui tips bermain CoC agar permainanmu mencapai kemenangan. Walau banyak dimainkan dan terlihat mudah, CoC ternyata memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk clasher pemula. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

1. Pantau lawan

Mempelajari lawan sebelum berperang adalah hal yang wajib kamu lakukan di dalam CoC., dengan memantau lawan kamu bisa mengetahui tata letak bangunan penting yang patut diserang lebih awal.

2. Pilih lawan yang tepat saat Clan Wars

Saat akan melakukan Clan Wars, ada baiknya kamu menyerang desa yang tidak memiliki bintang untuk awalnya. Selain lebih mudah, desa yang belum memiliki bintang ini menawarkan lebih banyak loot yang bisa diambil.

3. Gabung dengan Clan

Gabung Clan lain bilamana level kamu sudah memungkinkan. Lewat clan ini, kamu kamu pun akan lebih mudah membantu saat kamu diserang atau menyerang clasher lainnya.

4. Level Town Hall

Satu hal penting yang perlu kamu ingat saat akan menyerang town hall (TH) clasher lain, yaitu level Town Hall. Hanya karena Town Hall clasher lain lebih rendah, bukan berarti TH tersebut layak untuk di raih.

5. Jangan boros Gems

Seperti yang sudah kamu ketahui, gems merupakan ‘mata uang’ penting di dalam permainan CoC. Daripada kamu menghamburkan gems untuk mempercepat proses di dalam permainan, ada baiknya kalau kamu menyimpan gems yang dimiliki untuk keadaan yang super mendesak.

Uraian di atas adalah cara bermain CoC di PC yang bisa kamu praktikan. Amat sangat mudah bukan?


Harga Second Samsung J5, Smartphone Ekonomis dengan Kamera yang Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal brand Samsung? Brand Samsung asal Korea Selatan ini telah memiliki pengguna setia di Indonesia. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu perusahaan milik konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Salah satu dari lini papan tengah dari ponsel Samsung adalah Samsung seri J5. Seri ini memiliki banyak keunggulan di antaranya pada prosesor, kamera, RAM, serta baterai. Namun dari semua aspek, harga Samsung J5 lah yang paling membuat konsumen tergiur. Pasalnya dengan performa yang mumpuni, harga Samsung J5 tergolong ramah di kantong.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memiliki Samsung J5? Sebelum membelinya, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga second Samsung J5 dan spesifikasinya.

Pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga second Samsung J5. Tidak hanya mengulas tentang harganya saja, namun juga spesifikasi yang menambah referensi kamu.

Penasaran berapa harga second Samsung J5 di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut ini Liputan6.com ulas harga second Samsung J5 dan spesifikasi, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Android 5.1 (Lollipop)

Galaxy J5 berjalan pada Sistem Operasi Android 5.1 (Lollipop) dan dapat ditingkatkan menjadi 6.0.1 (Marshmallow) dengan Samsung TouchWiz UI. UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy S6. Seperti yang sering terjadi dengan Samsung low-end, tidak ada pemutar musik sehingga kita hanya mendapatkan aplikasi dari Google Play Music sebagai gantinya.

· Body Samsung J5

Terlihat dari desain Samsung J5 2015 yang dikelilingi cukup banyak bezel dan terdapat lubang suara di atas layar serta kamera yang menghadap ke depan dengan sensor jarak. Sementara untuk warnanya, Samsung J5 2015 ini hadir dengan pilihan hitam, gold dan putih. Samsung Galaxy J5 2015 memiliki dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 146 gram.

· Layar Super Amoled

Layarnya memiliki luas 5 inci dengan teknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m. Dengan layar Super AMOLED, gambar yang dihasilkan Galaxy J5 lebih jernih, detail dan kaya akan warna. Sehingga menambah kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas seperti melihat foto, menonton video dan bermain game HD sekalipun.

· Hardware

Samsung Galaxy J5 dibekali Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU yang dikombinasikan dengan RAM 1,5 GB.

Selain itu, Samsung J5 ini juga dibekali memori internal 8 GB dan kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD hingga 128 GB. Yang membuat kamu nyaman menyimpan banyak file di smartphonemu.

Untuk kamu yang memiliki dua nomor, tidak perlu khawatir karena smartphone Samsung J5 ini mendukung untuk memiliki dua kartu dalam satu smartphone.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Kamera Berkualitas

Kamera Samsung J5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash.

Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080 P. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan Samsung J5 tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, Samsung J5 juga memiliki kamera depan yang mumpuni, khususnya untuk kamu penggemar selfie. Pasalnya, kamera depan ini dilengkap dengan LED Flash pada layar depan. Sehingga membuat fotomu nampak cerah meskipun dalam keadaan gelap dengan bantuan LED Flash pada layar depan.

Tidak hanya itu saja, fitur kamera ini juga dilengkapi dengan Palm Selfie sehingga kamu tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto. Palm Selfie dapat melakukan jepret otomatis, setelah kamu menunjukkan telapak tanganmu, mengagumkan bukan?

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

· Smart Manager

Menariknya, Samsung J5 ini memiliki fitur Smart Manager yang sangat berguna untuk penggunanya. Smart manager ini mampu memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan .

· Ultra Power Saving mode

Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati. Samsung J5 memiliki Ultra Power Saving mode yang mampu mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Dan juga memastikan smartphone tetap aktif saat kamu benar-benar membutuhkannya. Ponsel ini memiliki daya baterai 2400 mAh.

4 dari 4 halaman

Harga Second Samsung J5

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga second Samsung J5 bekas pemakaian biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 900.000. Harga second Samsung J5 biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga second Samsung J5 yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Harga Xiaomi Note 3 Pro dan Spesifikasi, Smartphone Murah dengan RAM 3 GB

Liputan6.com, Jakarta Salah satu vendor asal Tiongkok yakni Xiaomi kini memang sedang menjadi vendor yang diburu oleh banyak peminatnya di berbagai negara. Hal tersebut karena Xiaomi selalu menawarkan produk-produk dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Dan hal tersebut tentu menjadi daya tarik yang tidak dimiliki oleh vendor lain.

Pabrikan smartphone ini memang tergolong vendor baru yang mulai ikut serta meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Vendor asal China ini didirikan pada tahun 2010 oleh Lei Jun, orang terkaya ke 23 di China menurut Forbes. Menariknya, meski terbilang baru di kancah industri smartphone, menurut IDC Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di dunia.

Salah satu ponsel besutan Xiaomi yang masih diincar banyak orang adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Walaupun telah rilis 2016 lalu seri ini masih ramai diburu karena fitur dan juga karena harga Xiaomi Note 3 sangat terjangkau. Berikut harga Xiaomi Note 3 Pro dan spesifikasi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 8 halaman

Desain dan layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali bentang layar yang cukup lebar yakni 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density) sehingga mampu menampilkan warna yang jernih. Dengan bentang layar yang lebar menjadikan ponsel ini cocok untuk digunakan main game dan nonton video.

Untuk kejernihan layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali panel layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors menjadikan warna yang dihasilkan layar semakin cerah dan padat. Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali juga fitur tambahan Multitouch, MIUI 7.0, Scratch resistant yang akan menjadikan ponsel ini tampak elegan.

Ponsel ini hadir dengan tipe Candy Bar memiliki dimensi 150 x 76 x 8.7 mm sehingga memiliki berat 164 gram dan cukup ringan karena bentang layar yang ditawarkan pun tergolong lebar. Dengan berat yang ringan menjadikan pengguna nyaman untuk menggenggam Smartphone dan nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku.

Dari segi model yang diusungnya, Xiaomi Redmi Note 3 Pro hadir dengan desain yang lebih mewah dan juga berkualitas. Jika pada seri sebelumnya bahan yang digunakan terbuat dari plastik. Namun, pada Xiaomi Redmi Note 3 ini sebagian besar bodinya terbuat dari aluminium sehingga memberikan kesan premium dan menganut desain unibody.

Material plastik terdapat pada sisi atas dan bawah bagian belakang, dan panel kaca pada bagian depan. Seperti smartphone Android pada umumnya, kontrol navigasi dapat ditemukan di bawah layar.

Kontrol tersebut dilengkapi fitur backlit yang memudahkan penggunaan dalam kondisi gelap. Tombol power terletak pada sisi kiri perangkat, bersebelahan dengan tombol volume yang berfungsi ganda sebagai shutter kamera.

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dirilis dengan beberapa warna yaitu Silver, Gray, Gold. Dengan harga Xiaomi Note 3 yang terjangkau, ponsel ini cocok buat bergaya namun budget terbatas.

3 dari 8 halaman

Dapur pacu

Selain tampilan yang menarik dan lebar, Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga memiliki performa yang tangguh dengan dukungan system operasional Android OS, v5.0.2 (Lollipop) dan bisa upgrade ke OS v6.0.1 Marshmallow.

Dari segi prosesornya, ponsel ini dibekali chipset dari Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650. Di dalamnya terdapat prosesor dengan kecepatan tinggi bertipe Quad-Core 1,4 GHz Cortex-A53 & Dual-Core 1,8 GHz Cortex-A72. Saat baru dirilis pada 2016, Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini diklaim sebagai smartphone pertama di dunia dengan prosesor Snapdragon 650.

Sementara itu, sistem pengolah grafis yang dipergunakan oleh Xiaomi Redmi Note 3 adalah menggunakan GPU dengan tipe PowerVR G6200. GPU ini juga dapat menjalankan game dengan kualitas grafis yang cukup memukau. Teknologi pada dapur pacu ini tentu sesuai dengan harga Xiaomi Note 3 yang terjangkau.

Untuk kegiatan multitasking, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali RAM berkapasitas 3 GB sehingga ponsel pintar ini mampu untuk menjalankan beberapa aplikasi berkapasitas besar secara bersamaan. Sementara untuk ruang penyimpanan terdapat memory internal berkapasitas 16 GB.

4 dari 8 halaman

Kamera

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang ditujukan untuk kelas menengah sangat pantas apabila smartphone ini dibekali kamera utama beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 serta dilengkpai berbagai fitur pendukung seperti phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama, Video 1080p@30fps.

Sedangkan kamera depannya beresolusi 5MP dengan aperture f/2.0, 1080p menjadikan pengguna mampu menjalankan kegiatan sehari-hari seperti video call dan selfie dengan resolusi yang cukup tinggi.

5 dari 8 halaman

Baterai

Melengkapi performanya yang gahar, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali baterai berdaya yang sangat besar yakni 400 mAh. Baterai di ponsel ini bertipe Non-removable. Baterai sebesar ini menjadikan harga xiaomi note 3 akan terlihat lebih murah.

Kapasitas baterai sebesar itu diklaim dapat bertahan 264 jam dalam posisi standby serta 60 jam saat digunakan untuk memainkan musik. Selain baterai berkapasitas jumbo, Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga dilengkapi fitur Fast battery charging yang dapat mengisi baterai dengan lebih cepat.

6 dari 8 halaman

Konektivitas

Meski harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dikenal murah, namun teknologi yang disematkan didalamnya tak murahan. Pada sektor konektivitas, ponsel ini dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE berkecepatan LTE Cat7 (102/301.5 Mbps), LTE 1800 / 1900 / 2100 / 2300 / 2500 / 2600.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga dibekali teknologi jaringan tambahan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100. Untuk memudahkan pengguna, terdapat fitur Dual SIM SIM 1 & SIM 2. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot.

Sedangkan untuk pengiriman dan penerimaan file serta aplikasi dibekali fitur Bluetooth v4.1, A2DP, LE, Infra Red USB microUSB v2.0, USB On-The-Go.

7 dari 8 halaman

Fitur pendukung

Pada sektor keamanan, ponsel ini dilengkapi sensor sidik jari. Menurut Xiaomi, sensor tersebut mampu merespons dengan kecepatan 0,3 detik.

Selain itu Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga memiliki fitur Mi Remote, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol TV, AC dan beberapa alat elektronik lainnya via sensor infra merah. Dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang nggak menguras kantong kehadiran fitur ini tentu sangat memanjakan pengguna.

8 dari 8 halaman

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro bekas: Rp 800.000

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro baru: Rp 1.150.000

Harga Xiaomi Redmi 4 Prime dan Spesifikasi, Smartphone Murah Kualitas Mumpuni

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat ditepis lagi saat ini bahwa smartphone merupakan sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Bagaimana tidak, hanya dengan satu genggaman anda dapat melakukan berbagai hal, seperti mencari tugas sekolah, membayar tagihan, membeli barang, atau berinteraksi dengan orang-orang yang jauh dari anda.

Munculnya berbagai vendor smartphone dengan harga terjangkau membuat smartphone bukan lagi barang mahal. Salah satu vendor yang menawarakan smartphone murah namun tetap berkualitas adalah vendor asal Tiongkok yaitu Xiaomi.

Produsen smartphone yang dipimpin Lei Jun ini telah dicap masyarakat sebagai smartphone berharga terjangkau namun memiliki spesifikasi yang mumpuni.

2 dari 8 halaman

Strategi Smartphone Murah Xiaomi

Salah satu strategi Xiaomi untuk membuat harga smartphone besutannya terjangkau adalah tidak adanya store resmi dan keputusan untuk berjualan online dengan menggandeng e-commerce.Tak cuma itu, biaya beriklan di media konvensional seperti billboard, televisi, dan portal berita, juga tak banyak dikucurkan mengingat mereka lebih banyak memaksimalkan media sosial.

Terlebih lagi, laman antarmuka yang diusung Xiaomi, yakni MIUI, juga menerima dan memasang iklan. Fitur iklan ini berbasis subsidi silang bagi Xiaomi, sehingga mereka bisa mempertahankan harga murah di setiap smartphone yang diproduksi. Ada berbagai macam produk Xiaomi salah satunya seri Redmi yang menawarkan spesifikasi berkualitas namun tetap terjangkau di kantong anda.

3 dari 8 halaman

Xiaomi Redmi 4 Prime

Pada November 2016 Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan seri Redmi 4. Ada tiga versi Redmi 4 yang diperkenalkan perusahaan asal negeri tirai bambut tersebut, yaitu Redmi 4, Redmi 4 Prime, dan Redmi 4A. Harga ketiga smartphone tersebut terbilang cukup murah dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Xiaomi Redmi 4 Prime sendiri merupakan seri tertinggi dari ketiganya. Meski tak banyak perbedaan dari segi tampilan maupun spesifikasi dari Redmi 4X, perbedaannya antara keduanya cukup mendasar yakni prosesor Snapdragon 625 yang lebih bertenaga alih-alih Snapragon 430 seperti di Redmi 4X. Harga xiaomi redmi 4 prime pun cukup terjangkau.

Anda mungkin tertarik pada smartphone ini. Sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya anda mengetahui harga xiaomi redmi 4 prime dan spesifikasi yang ada.Berikut harga xiaomi redmi 4 prime dan spesifikasi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

4 dari 8 halaman

Kualitas Layar

Xiaomi Redmi 4 Prime memiliki 3 varian warna yaitu gold,silver,dan dark gray. Smartphone ini memiliki ukuran layar 5 inci dengan dimensi 141.3 x 69.6 x 8.9 mm dan berat 156 g.Untuk kualitas layar Xiaomi Redmi 4 Prime dibekali resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan layar hingga 443 ppi pixel.

Xiaomi Redmi 4 Prime mempunyai panel layar berjenis IPS LCD capacitive touchscreen 16m colors. Dengan kualitas layar Xiaomi Redmi 4 Prime ini ini anda dapat dengan leluasa untuk menonton video, mengambil gambar atau bermain game.

Xiaomi Redmi 4 Prime dalam 3 varian warna yaitu gold,silver,dan dark gray.Performa Tangguh dengan RAM 3 GBXiaomi Redmi 4 Prime dibekali dengan RAM 3 GB dengan dukungan prosessor Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, CPU Octa-Core 2.0 GHz Corte-A53 dan GPU Adreno 506.

Perpaduan ini membuat Xiaomi Redmi 4 Prime tak dapat diragukan lagi performanya. Anda dapat dengan nyaman melakukan kegiatan multitasking pada smartphone ini. Selain itu Xiaomi Redmi 4 Prime juga telah didukung denga sistem operasi Android Marshmallow (6.0) yang membuat tampilan smartphone ini semakin ciamik.

5 dari 8 halaman

Penyimpanan Besar

Xiaomi Redmi 4 Prime didukung oleh memori penyimpanan internal yang cukup besar yaitu 32Gb. Selain itu slot penyimpanan eksternal Xiaomi Redmi 4 Prime dapat mendukung kapasitas penyimpanan hingga 256 GB. Anda tak perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan lagi.

6 dari 8 halaman

Kamera

Bicara smartphone tak lengkap jika tak membahas kamera. Kamera menjadi salah satu pertimbangan saat memilih smartphone. Xiaomi Redmi 4 Prime dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13MP dan kamera depan 5MP.

Kamera ini juga didukung dengan fitur seperti Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom dan masih banyak lagi.

Dengan kualitas kamera tersebut anda sudah mendapatkan kualitas foto dan video HD yang akan mendukung segala kebutuhan dan aktivitas anda.

7 dari 8 halaman

Konektivitas dan Baterai

Untuk konektivitas Xiaomi Redmi 4 Prime telah dilengkapi dengan Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, dan USB. Selain itu Xiaomi Redmi 4 Prime telah didukung oleh jaringan 4G,3G, dan 2G yang memungkinkan anda terhubung internet dengan cepat dan mudah.

Smartphone ini menggunakan baterai jenis Non-removable Li-Ion dengan kapasitas 4100 mAh. Kapasitas baterai tersebut dapat mendukung semua performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 4 Prime.

8 dari 8 halaman

Harga Xiaomi Redmi 4 Prime

Anda pasti penasaran dengan harga xiaomi redmi 4 prime melihat spesifikasi cukup mumpuni yang ditawarkan diatas. Saat ini Harga Xiaomi Redmi 4 Prime dibanderol sekitar 1,8 Jutaan.

Cukup murah bukan? Smartphone dengan harga dibawah 2 juta namun memiliki kualitas yang tak diragukan lagi. Setelah mengetahui harga xiaomi redmi 4 prime apakah anda tertarik untuk memiliki smartphone ini?

MotoGP Indonesia di 2021, Rossi Masih Balapan?

JakartaMotoGP Indonesia rencananya akan dimulai 2021. Pertanyaannya kini, apakah publik Indonesia masih bisa melihat aksi Valentino Rossi dua tahun lagi?

Indonesia sudah meneken kesepakatan dengan Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021. Kontrak berdurasi tiga tahun, yang artinya Indonesia menjadi tuan rumah balapan untuk Marc Marquez dkk sampai 2023.

Untuk pertama kalinya sejak 1997, Indonesia akan jadi tuan rumah balapan kelas primer tersebut. Saat masih berformat GP 500cc, Indonesia dua kali menggelar balapan setelah pertama tahun 1996.

Tentunya fans Indonesia akan sangat menantikan realisasi sebenarnya dari balapan MotoGP 2021 yang rencananya akan digelar di sirkuit jalan raya Mandalika, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, para penggila MotoGP tentunya ingin menyaksikan aksi Rossi di lintasan secara langsung, setelah selama ini lebih banyak melihat lewat layar kaca. Ya, Rossi masih jadi magnet utama untuk balapan MotoGP meski sudah berumur 40 tahun.

Tapi, pertanyaan besar adalah apakan Rossi nantinya masih membalap di MotoGP? Memang Rossi tetap membalap di musim 2019 ini bersama Yamaha yang juga jadi musim ke-19-nya di ajang ini.

Meski begitu, melihat performa Rossi belakangan ini yang mulai menurun, fans mulai khawatir bahwa Rossi sudah menyerah mengejar gelar juara dunia dan ingin pensiun menikmati masa tuanya. Memang Rossi belum berikrar kapan akan gantung helm, tapi dengan usianya saat ini, maka hal itu tinggal menunggu waktu saja.

Bapak Rossi, Graziano, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan harapan bahwa sang anak akan tetap membalap sampai usia 46 tahun, sama seperti nomor favoritnya di motor.

Sebagai catatan, pebalap tertua yang pernah memenangi balapan MotoGP adalah Fergus Anderson pada usia 44 tahun 237 hari di MotoGP Spanyol 1953. Apakah Rossi bisa membalap sampai setua itu? Kita tunggu saja.

(mrp/din)