Keraton Kartasura, Riwayatmu Kini

Solo – Rabu Pahing 17 Muharam 1670 (1745 M) menjadi hari yang bersejarah bagi Kerajaan Mataram Islam. Itulah hari berpindahnya kerajaan tersebut dari Kartasura ke Keraton Surakarta.

Saat itu, rombongan besar mengular, dua ratus prajurit berkuda dan prajurit lima batalion menjadi saksi atas perpindahan itu. Dipimpin raja mereka, Sri Susuhunan Paku Buwana II, beserta keluarga raja dan pejabat Kerajaan Mataram Kartasura.

Seluruh harta kerajaan diboyong. Sepasang pohon beringin yang masih muda, singgasana, bangsal pengrawit, gajah dan burung kesayangan Sri Baginda, arca-arca emas untuk upacara, pusaka Kyai Ppangarab-arab dan pusaka Kyai Butamancak, kitab-kitab pusaka, dan tak ketinggalan pula pusaka Nyai Setomi.

Bedol negara. Tidak hanya keluarga raja dan petinggi kerajaan, tetapi juga tukang patri emas, tukang besi, penjahit, tukang kayu, tukang batu, abdi dalam keraton, peniup terompet, abdi dalem dapur dengan segala perkakasnya, semuanya ikut boyong.

“Ini jalan yang dilalui mereka dua ratus lima puluh tahun yang lalu,” kata Sarosa Suyowiyoto, menunjuk Jalan Slamet Riyadi, Kartasura.

Jalan kabupaten itu membujur Barat ke Timur di sisi utara situs Keraton Kartasura, tidak jauh dari jalan Deandles (Jalan Raya Solo-Semarang). Jika ditarik lurus ke timur, jalan beraspal itu akan tembus sampai di Keraton Surakarta.

Enam puluh enam tahun sebelum peristiwa perpindahan tersebut, Keraton Kartasura secara resmi pertama kali didiami oleh Sunan Amangkurat II (1677-1702) meski pembangunannya belum selesai benar. Pada 11 September 1680, Raja Mataram yang semula bernama Pangeran Adipati Anom menempati Kartasura. Kartasura adalah keraton sekaligus ibu kota baru Kerajaan Mataram pengganti keraton yang lama di Plered, Yogyakarta.

Pemilihan lokasi keraton dan ibukota Kerajaan Mataram yang baru diserahkan kepada tokoh-tokoh kerajaan. Setelah melakukan survei, mereka berembuk dan akhirnya menetapkan tiga lokasi yang dianggap tepat untuk membangun keraton.

Lokasi yang diusulkan adalah Wanakerta, Logender, dan Tingkir. Ketiga lokasi ini semuanya layak dijadikan lokasi baru kerajaan. Logender, misalnya, daerahnya terbuka dan cukup air. Sedangkan Tingkir, selain cukup air wilayahnya juga sejuk. Kondisi yang sama juga ada di Wanakerta. Daerah itu bahkan dekat dengan bekas wilayah Pajang dan Mataram.

Tujuh bulan lamanya keraton dibangun dan mendekati selesai. Bentengnya yang luas dan tebal baru dibuat dari gundukan tanah berkeliling dan disangga dengan papan di luar dan di dalamnya, agar tidak runtuh. Semak berduri mengelilingi bagian depan benteng, dan parit berair mengelilingi seluruh kedhaton. Di luar tembok benteng baluwarti bagian selatan terdapat alun-alun.

Loji Kumpeni terletak agak jauh di bagian utara dari alun-alun utara. Semua bangunan hampir belum ada yang berdinding bata, masih berbilik bambu dan beratapkan rumbia. Keraton Kartasura baru kelihatan megah dan sempurna pada tahun 1682.

Saat Sunan Amangkurat II untuk pertama kali memasuki istananya yang baru, nama Wanekerta diganti menjadi Kartasura Hadiningrat. Dua puluh tiga tahun pemerintahannya penuh dengan pemberontakan demi pemberontakan.

“Semua barang peninggalan keraton Kartasura sekarang berada di Keraton Surakarta. Sebagian disimpan di Museum Radyapustaka (Solo),” ujar Sarosa.

Tebeng atau hiasan pintu Keraton Kartasura, misalnya, sekarang dipasang di bagian atas pintu depan Museum Radyapustaka. Di museum itu juga tersimpan lonceng perunggu besar, kursi meja, perlengkapan kuda, dan wayang kulit. Rongsokan mesin jam yang besar teronggok di salah satu ruang museum. Benda itu pernah diletakkan di alun-alun Keraton Kartasura.

Baca berita menarik lainnya di titiktemu.id.

2 dari 3 halaman

Riwayatmu Kini

Kini, menyaksikan bekas Keraton Kartasura (1680-1745) sungguh menyedihkan. Tembok batu-bata di luar keraton atau baluwarti telah hancur dan rata dengan tanah, hanya menyisakan beberapa bagian di beberapa tempat. Padahal, dulu ukuran tembok luar mencapai lebih 1 km x 1 km. Tinggi benteng itu lebih dari lima meter dengan ketebalan 2,5 meter.  Di atas tembok itulah pada zamannya prajurit keraton melakukan patroli dengan kuda.

Di dalam tembok baluwarti kini dipenuhi dengan perumahan permanen, ladang, dan makam. Selain alun-alun, tempat tinggal puteri keraton (keputren) dan petamanan keraton berubah menjadi permukiman padat. Sitihinggil, tempat yang ditinggikan di depan alun-alun, sebagian telah pula menjadi permukiman. Puing-puing bangunan kuno yang tersisa adalah gedung obat (mesiu), bangunan pos jaga tentara Belanda.

Tak ada kolam penuh air di Balekambang di sisi tenggara keraton. Sebagai gantinya adalah rumah-rumah dan lapangan sepakbola, dan gundukan tanah setinggi lebih dari 20 meter.

Masyarakat sekitar menyebutnya Gunungkunci. Di puncak “gunung” itu terdapat makam keramat. Pada masa kejayaan Keraton Kartasura, Gunung Kunci adalah Segoroyoso atau tempat rekreasi keluarga keraton yang dibangun pada masa Paku Buwana I (1704-1709).

Buku Babad Tanah Jawi menggambarkan kompleks ini sangat kokoh. Bentengnya saja dibuat dua lapis, yakni Baluwarti di bagian terluar dan Sri Manganti pada bagian dalam. Di sekeliling Benteng Baluwarti terdapat parit lebar berair dan tanaman semak berduri sebagai alat pertahanan.

Namun, kini benteng Baluwarti sudah hancur, hanya sekitar 100 meter yang masih berdiri, selebihnya telah menjelma jadi permukiman warga. Di dalam benteng Sri Manganti terdapat bangunan utama keraton, masjid agung, gedong obat tempat menyimpan mesiu, dan sejumlah bangunan pendukung lain.

Keraton Kartasura memang tinggal puing. Tidak ada lagi yang tersisa kecuali nama-nama toponim. Di dalam tembok Baluwarti misalnya, terdapat tempat-tempat dengan nama Keputren, Sitinggil, alun-alun, Kandangmacan, Sayuran, Bale Kambang, Sanggrahan, Gedung Obat, Pasar, Pelembatok, Sri Penganti, Manggisan, Krapyak, dan Bakalan.

Sementara, bangunan utama keraton atau tempat kediaman raja seluruhnya menjadi area makam kerabat Keraton Surakarta dan penduduk setempat. Salah satunya adalah Kanjeng Raden Ayu Adipati Sedahmirah, pujangga cantik kesayangan Paku Buwana X.

3 dari 3 halaman

Sumbangan Sukarela

Menurut juru kunci, makam-makam penduduk setempat juga banyak yang berasal dari kalangan keraton. Dulu mereka ditugaskan oleh pihak keraton untuk mengurusi keraton Kartasura yang telah ditinggalkan.

Menurut kepercayaan Jawa, bila keraton pusat kejayaan dan kebesaran sebuah kerajaan telah dirusak oleh tangan- tangan kotor, tempat itu sudah tidak boleh didirikan pusat pemerintahan lagi. Dan bekas keraton Kartasura pun kini dijadikan makam.

“Sejak Paku Buwono X wafat, tidak ada lagi yang memperhatikan tempat ini,” kata Haris, abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta yang dipercaya menjadi juru kunci benteng. Haris mengaku telah berupaya sekuat mungkin untuk merawatnya. Namun, karena keterbatasan dana, ia tidak bisa berbuat banyak.

“Selama ini biaya perawatan hanya mengandalkan sumbangan dari pengunjung dan peziarah. Ada juga bantuan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, Rp 200 ribu setiap bulan,” kata Haris.

Pemasukan tersebut, menurut Haris, hanya cukup untuk membiayai perawatan ringan. Terlebih sejak 2005 pihak Keraton Surakarta tidak lagi mengizinkan ada aktivitas ziarah malam Jumat ke tempat ini. Praktis, pemasukan yang didapatkan menurun tajam.

“Pendopo yang dibangun Paku Buwono X itu, kondisinya sudah sangat parah. Namun, apa boleh buat, tidak ada dana untuk memperbaikinya,” kata Haris sembari menunjuk sebuah bangunan pendopo kecil di tengah benteng.

Kondisi bangunan yang berjarak sekitar 15 meter dari rumah tinggal Haris itu memang sudah parah. Lantainya yang terbuat dari semen dan batu bata sudah pecah di sana-sini. Kerangka kayu penyangga atapnya sudah mulai miring, sebagian Sudah dimakan rayap.

Untuk membiayai semua pekerjaan perawatan mereka hanya mengandalkan dari sumbangan sukarela para pengunjung. Kalau pun tidak cukup, terpaksa Haris harus merogoh kocek sendiri. Untuk jerih payah yang dilakukannya itu, pihak Keraton Solo memang memberikan gaji kepada Haris, meski sangat minim.

“Gaji saya dari keraton hanya Rp 100 ribu per bulan, kemudian bantuan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah Rp 200 ribu setiapbulan,” ujar Haris.

Kondisi di bekas keraton itu kini sepi, kalau pun ada pengunjung biasanya tidak lama. Ada juga beberapa wisatawan asing yang datang, sementara untuk domestik biasanya berasal dari pelajar.

“Para pelajar biasanya datang bulan April dan Mei, untuk mengetahui sejarah petilasan ini,” ujarnya.


Simak video pilihan berikut ini:

The Greatest Bike Suryanation Motorland Custom Contest Bakal ke Indonesia

Liputan6.com, Verona – Kontes modifikasi motor kustom Surnation Motorland melebarkan sayap hingga ke Eropa. Event perdana Suryanation Motorland di Benua Biru mendapat respon positif dari pengunjung maupun builder-builder internasional.

Bertajuk ‘Suryanation Motorland Custom Contest’, kompetisi ini di gelar di hari terakhir Motor Bike Expo di Veronafiere, Verona, Italia. Ajang tersebut diikuti oleh motor-motor terbaik di acara Motor Bike Expo 2019 dan melibatkan 10 dewan juri yang sudah memiliki nama besar di dunia kustom tingkat dunia.

“Beberapa tokoh dunia custom dunia bersedia untuk menjadi bagian dari kontes yang kami selenggarakan, tentunya ini merupakan kehormatan yang luar biasa bagi kami,” ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee dalam keterangan resminya.

Adapun yang menjadi dewan juri antara lain, Cory Ness (Arlen Ness Motorcycles), Shinya Kimura (Chabott Engineering), Kirk Taylor (Custom Design Studio), Bimo Hendrawan (Bimo Custombikes), Maria Eliot (Eliot Iron Magazine), Moreno Persello (Bikers Life), Kia Niedrich (Easy Riders Magazine), Onno Wieringa (Photomadness), Minoru Uemura (Vibes Magazine) dan Missy Murphy (Kuryakyn).

Kontes ini terbagi dalam empat kelas, yakni Cafe Racer, Vintage/Old School Class, Modified Harley Class dan Championship Class.

Sementara untuk Special Award terbagi menjadi dua kategori yaitu Best Paint dan Best Engine. Dan trofi paling bergengsi dari kontes ini sudah pasti adalah The Greatest Bike Suryanation Motorland Custom Contest.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hasilnya, motor kustom bernama “Deeva” yang menggunakan basis motor Harley-Davidson JD lansiran 1920 garapan Mirko Perugini dari Gallery Motorcyles dinobatkan sebagai The Greatest Bike Suryanation Motorland Custom Contest.

Pemilik dan motor kustom ini nantinya akan diboyong ke Indonesia untuk tampil sekaligus memberikan inspirasi di acara Suryanation Motorland 2019.

“Motor milik Mirko layak dinobatkan sebagai The Greatest Bike karena dari segi detail dan pengerjaannya benar-benar disiapkan dengan baik hampir pada seluruh bagiannya. Motor ini juga mengandalkan mesin H-D Vintage yang sudah tentu menjadi tantangan untuk proses restorasi,” tutup Rizky.

Van Dijk Dinilai Akan Jadi Bek Terbaik Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta Palang pintu andalan Liverpool, Virgil van Dijk dijagokan akan mampu menjadi bek terbaik sepanjang masa di Liga Inggris,Eks pemain The Reds, Gary Gillespie menilai Van Dijk punya segalanya untuk menjadi bek terbaik.

Van Dijk digaet Liverpool dari Southampton pada awal 2018 lalu. Bek internasional Belanda itu pun langsung menjadi pilihan utama di lini belakang tim asuhan Jurgen Klopp. 

Setelah musim lalu berandil membawa Liverpool melaju hingga partai final Liga Champions, musim ini Van Dijk menjadi salah satu alasan klub Merseyside tersebut kokoh di puncak klasemen Premier League.

Gillespie menganggap Van Dijk layak disejajarkan dengan para bek terbaik dalam sejarah Liga Inggris seperti Rio Ferdinand dan John Terry.

“Saya mendapat banyak pertanyaan dalam beberapa pekan terakhir: Di mana posisi Van Dijk, jika dihubungkan dengan pemain seperti John Terry, Rio Ferdinand, bahkan Jaap Stam yang merupakan para bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Inggris,” ujar Gillespie kepada The Mirror.

“Jujur, jika dilihat dari sisi kemampuan dan teknik, saya akan menempatkan dia [Van Dijk] di posisi teratas. Dia benar-benar memiliki segalanya,” sambungnya.

2 dari 2 halaman

Punya Segalanya

Meski demikian, ada satu syarat yang harus dipenuhi Van Dijk agar bisa dianggap pantas menjadi bek legendaris dalam sejarah Premier League.

“Untuk menjadi legenda hidup Anda harus sukses dan memenangi trofi serta medali secara terus-menerus, bukan hanya sekali saja,” tutur Gillespie.

“Terry dan Ferdinand, mereka memiliki kualitas yang luar biasa, tapi mereka juga punya usia panjang. Virgil, mungkin dia lebih unggul secara teknik, tapi dia harus menunjukkannya dengan trofi,” tukasnya.

Sumber Bola.net

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Liputan6.com, Jakarta Surat keterangan kerja merupakan surat yang sengaja dibuat oleh suatu perusahaan, instansi atau lembaga tertentu yang menunjukkan status seorang karyawan, bahwa benar-benar bekerja di tempat tersebut. 

Berbeda dengan surat lamaran kerja, loh, yang fungsinya untuk melamar pekerjaan. Surat keterangan kerja ini berfungsi sebagai salah satu persyaratan seseorang yang ingin melakukan kredit dalam jumlah cukup besar.

Pihak yang memberikan kredit ini ingin memiliki customer yang benar-benar bekerja, karena kalau tidak sungguh-sungguh ingin bekerja, mau membayar tagihan dengan apa?

Membuat surat keterangan kerja ini ternyata memiliki beberapa susunan yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Kop surat2. Judul surat3. Nomor surat4. Hal5. Isi (mencantumkan Nama, Jabatan, dan Lama Bekerja)6. Penutup7. Tanggal dan tempat pembuatan surat8. Tanda tangan pembuat surat9. Stempel perusahaan, instansi atau lembagaNah, setelah memahami apa itu surat keterangan kerja beserta bagaimana susunannya, selanjutnya akan dijelaskan tentang apa itu surat keterangan untuk KPR.

2 dari 4 halaman

Definisi dan susunan Surat Keterangan Kerja

Untuk surat keterangan kerja KPR sendiri adalah surat yang dibuat oleh perusahaan atau instansi terkait yang mana isinya untuk menerangkan sesorang bahwa orang tersebut benar-benar bekerja di perusahaan atau instansi tersebut yang digunakan untuk KPR.

KPR sendiri adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Biasanya, orang yang belum memiliki rumah atau baru berumah tangga akan membeli sebuah rumah yang akan ditinggalinya. Pembelian ini dapat dilakukan secara kredit maupun cash.

Kalau untuk kredit ini, bisa dilakukan dengan KPR, yang mana sudah banyak sekali bank atau pihak-pihak yang memfasilitasi KPR ini. Karena proses pembayarannya dilakukan secara kredit, maka pihak penyedia akan meminta jaminan untuk pembeli rumah.

Jaminan yang diberikan berupa surat keterangan kerja. Hal ini perlu dibuat agar pihak penyedia percaya bahwa pembeli mampu untuk mencicil uang kredit pembelian rumah tersebut. Melalui surat keterangan kerja ini, maka setidaknya pembeli diprioritaskan untuk mendapatkan fasilitas KPR ini.

Kalau dilihat secara fisik, surat keterangan kerja ini berbeda dengan kartu identitas yang sering dikalungkan dileher atau ditaruh dibaju saat bekerja, ya. Bukan hanya beda fisiknya, tapi juga kegunaannya. Kalau kartu identitas hanya berguna untuk melakukan tugas saja.

Sedangkan surat keterangan kerja berguna untuk diluar pekerjaan. Selain itu, surat keterangan kerja ini juga menjadi salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan.

Di dalam surat keterangan kerja akan menjelaskan tentang status dari seseorang di suatu perusahaan atau instansi tersebut. Menjadi karyawan tetap, karyawan kontrak, ataupun Cuma magang. Dilengkapi juga dengan posisi yang ditempati saat itu.

Setelah mengetahui susunan surat keterangan kerja yang benar serta penjelasan tentang pengertian surat keterangan kerja untuk KPR, berikut Liputan6.com, Senin (21/1/2019) akan berikan contoh surat keterangan kerja untuk KPR.

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk BPR

(kop surat) 

PT. SINAR JAYA TOP

Jalan. Kusuma Ayu No 234 Karangrejo, Surakarta

Telp 0271 44545xx Fax. 0271 5343xx

Site: www.sinarjayatop.com | Email: info@sinarjayatop.com

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 12/SKK/PT.SJT/03/2018

Saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama : Ferdinan Adi Saputra S.Kom

Jabatan : Branch Manager PT.Sinar Jaya Top Solo

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Syaiful Hidataullah

Alamat : Jln. Kedondong No234 Kota Surakarta

NIP : 98SJT082016

Jabatan : Staf Administrasi PT.Sinar Jaya Top

 

Dengan ini menerangkan bahwa saudara Syaiful Hidayatullah adalah benar-benar merupakan karyawan tetap kami yang bekerja di PT. Siantar Jaya Top hingga saat ini.

Surat keterangan kerja ini diterbitkan demi kubutuhan sebagai persyaratan KPR.

Demikain surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Hormat Kami

 

Branch Manager

PT.Sinar Jaya TopCabang Solo

 

Ferdinan Adi Saputra S.Kom

 




Itu tadi beberapa penjelasan singkat tentang surat keterangan kerja, yang disertai dengan contoh surat keterangan kerja untuk KPR.

4 dari 4 halaman

Manfaat serta keunggulan bagi masyarakat atau calon pembeli KPR:

1. Meningkatkan daya beli masyarakatdengan adanya sistem cicilan rumah dari KPR, membuat masyarakat yang memiliki pendapatan hanya 5 – 7 juta per bulannya mampu untuk memiliki rumah dengan harga 300 hingga 500 jutaan tanpa harus menunggu bertahun-tahun menabung.

2. Bunga rendah dan cicilan yang bisa dibayarkan selama lebih dari 10 tahunProgram KPR mampu memberikan manfaat cicilan yang rendah per bulannya, karena bisa dibayarkan selama lebih dari 10 tahun. 

3. Membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layakDengan adanya program KPR ini, maka akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memilki hunian yang lebih layak. Hanya dengan mencicil beberapa juta saja per bulannya, masyarakat sudah bisa memiliki rumah yang layak untuk dihuni, terhindar dari sistem kontrak rumah atau tinggal pada lingkungan hunian yang tidak layak. 

4. Tidak perlu menanbung terlalu lama untuk memiliki rumahDengan adanya KPR ini, maka anda akan terbantu untuk memiliki rumah tanpa harus menabung hingga 500 juta. Anda cukup menabung 30% dari harga rumah tersebut sebagai DP atau uang muka.  

5. Membantu pemilik rumah agar bisa mengatur keuangannya lebih baik lagiDengan mengikuti program KPR ini, maka anda akan terlatih untuk dapat mengatur keuangan anda dengan baik, sehingga sudah bisa menerapkan skala prioritas. 

6. Tidak perlu khawatir dengan harga beli property yang semakin naik tiap tahunnyaHarga property yang mengalami kenaikan setiap tahunnya, membuat KPR ini sangat bermanfaat sekali. Anda hanya tinggal memilih program KPR bank mana saja yang memiliki bunga flat alias tidak naik setiap tahunnya. Dengan demikian, kekhawatiran anda mengenai fluktuasi harga properti pun tidak akan mengganggu anda. 

7. Menghilangkan daerah pemukiman kumuhDengan adanya KPR, dimana banyak orang sudah bisa memiliki rumah tanpa harus menabung dengan biaya yang sangat besar, maka hal ini juga dapat berpotensi untuk menghilangkan dan juga mengurangi adanya lingkungan pemukiman kumuh. 

8. Mengurangi tuna wismaMemilih membeli rumah dengan KPR, maka akan membantu untuk menurunnkan jumlah tunawisma. Hal ini akan berdampak pada menurunnya kejahatan sosial, dimana beberapa tindakan kejahatan terjadi karena faktor ekonomi, salah satunya adalah tunawisma.



Reporter: Nisa Mutia sari

Usai Kalahkan Broner, Rumah Pacquiao Dibobol Maling

Liputan6.com, Jakarta – Manny Pacquiao berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas welter versi WBA dengan mengalahkan Adrien Broner, di Las Vegas, Minggu (20/1/2019) WIB. Kemenangan ini terasa spesial karena diraih saat petinju asal Filipina tersebut sudah memasuki usia 40 tahun. 

Dalam pertandingan ini, Pacquiao menang angka multak atas Broner. Ketiga hakim memberikan masing-masing 117-111, 116-112, dan 116-112 untuk Pacman. Kemenangan ini sekaligus mengubah rekor bertanding Pacquiao menjadi 61 (39KO)-7 (3kO)-2. 

Namun belum genap sehari usai mengalahkan Broner, kabar buruk justru menghampiri Pacquiao. Seperti dilansir GMA News Online, rumahnya di Los Angeles dibobol maling. 

Insiden ini pertama kali diketahui oleh polisi yang tengah berpatroli. Saat melintas pukul 16.00 Minggu waktu setempat, mereka curiga melihat salah satu pintu terbuka. Dari tetangga polisi mengetahui kalau seharusnya tidak ada orang yang di rumah tersebut. 

Polisi kemudian menelepon bibi Pacquiao untuk meminta izin masuk ke rumah. Setelah mendapat izin, polisi menemukan salah satu kamar di lantai dua telah diacak-acak maling. Salah satu laci berisi perhiasan dan barang-barang desainer juga telah dibobol. Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih berusaha mendata barang-barang yang hilang. 



2 dari 2 halaman

Bukan Kali Pertama

Pacquiao, istrinyam Jinkee, dan beberapa kerabat, bersama anggota tim Pacquiao sudah tiba di LA. Meski demikian, mereka belum diperkenankan masuk karena polsisi masih melakukan penyelidikan. Untuk sementara mereka pun terpaksa harus tinggal di rumah kerabatnya. 

Ini bukan kali pertama rumah Pacquiao dibobol maling. Kejadian yang sama juga pernah menimpa Senator Filipina itu pada tahun 2011 lalu. Saat itu, maling menyatroni salah satu rumah mewahnya di Hancock Park. Empat orang telah ditahan dalam kasus ini. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Doyan Jalan-Jalan? Begini Cara Atur Uangnya

Liputan6.com, Jakarta – Travelling menjadi aktivitas yang paling banyak diminati belakangan ini. Mudahnya akses ke berbagai destinasi wisata menjadi salah satu penyebabnya.

Hingga saat ini, puluhan destinasi yang indah di Indonesia bisa dijadikan pilihan, belum lagi ratusan destinasi lainnya yang berada di luar negeri dan cukup menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda seorang traveller, Anda tentu memiliki agenda khusus untuk menikmati hobi yang satu ini, bukan?

Ke manapun tujuan travelling Anda, aktivitas ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya. Sangat penting untuk selalu mencermati kondisi keuangan dengan baik, mengingat travelling juga merupakan aktivitas yang membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Jangan sampai tujuan Anda bersenang-senang justru berakhir dengan masalah keuangan, hanya karena tidak jeli mengatur biaya perjalanan sejak awal. Siapkan dan alokasikan dana dengan tepat, agar keuangan tetap aman sehingga bisa sejalan dengan hobi travelling Anda.

Lalu, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, begini cara atur uang bagi Anda yang hobi travelling.

1. Pilih Destinasi yang Tepat

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan, namun memilih destinasi yang tepat merupakan hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Tidak perlu memaksakan diri untuk travelling ke berbagai tempat yang sedang ngehits, apalagi jika ternyata lokasi tersebut tidak sesuai dengan bujet.

Pastikan Anda selalu memilih destinasi travelling yang tepat dan bisa memberikan kesan maksimal untuk perjalanan dan bisa dijangkau dengan mudah meski bujet terbatas. Sehingga Anda bisa menikmati travelling tersebut.

2 dari 4 halaman

2. Tabung Uang Sesuai dengan Destinasi yang akan Dituju

Dengan menentukan destinasi travelling yang akan dituju, maka Anda bisa mengetahui jumlah biaya yang akan dibutuhkan. Setelah itu, tabung atau kumpulkan uang yang sesuai untuk kebutuhan destinasi travelling tersebut.

3. Susun Bujet yang Tepat dan Sesuai Kondisi Keuangan

Bagi Anda yang doyan travelling, tentu sudah punya daftar destinasi mana saja yang bakal dikunjungi. Agar semua daftar destinasi bisa Anda kunjungi dan kehidupan sehari-hari tetap berjalan dengan baik, susunlah bujet travelling dengan menyesuaikan kondisi keuangan.

Cari informasi yang akurat terlebih dahulu terkait dengan destinasi wisata yang akan Anda kunjungi nanti, sehingga Anda bisa menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan. Bahkan berbagai informasi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online.

3 dari 4 halaman

4. Cari Tiket yang Murah

Ada banyak moda transportasi yang bisa dijadikan pilihan, terutama jika Anda memilih berbagai destinasi wisata yang letaknya berada di kawasan ramai, seperti Jogja, Bandung, atau bahkan Surabaya.

Pilihlah moda transportasi yang paling tepat dan murah, sehingga Anda bisa menekan biaya perjalanan dengan baik sejak awal. Jangan lupa untuk melakukan perbandingan harga tiket dengan agen perjalanan yang lain, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik dan paling hemat.

5. Pilih Penginapan yang Murah dan Nyaman

Tak selalu harus mahal dan mewah, Anda juga bisa menikmati liburan dengan menginap di tempat yang murah. Ada banyak jenis penginapan yang bisa Anda temukan dengan mudah, terutama jika akan travelling ke berbagai destinasi wisata favorit.

Namun meski murah, pastikan penginapan yang dipilih itu layak dan sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya, perhatikan soal jarak penginapan dengan layanan transportasi umum, kebersihan, fasilitas yang disediakan (kamar mandi, AC/Fan) dan yang lainnya.

4 dari 4 halaman

6. Berhemat untuk Menambah Tabungan

Untuk travelling, Anda mungkin akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tergantung destinasi yang akan dituju. Pastikan Anda mempersiapkan dana ini dengan baik sejak awal.

Mulailah berhemat dan menekan pengeluaran dengan baik, sehingga Anda bisa mengalokasikan sejumlah dana yang lebih besar ke dalam pos tabungan. Lebih bagus lagi bila uang jajan dimasukkan saja untuk menambah tabungan.

Nikmati Travelling yang Nyaman dan Bebas Masalah Keuangan

Travelling memang menjadi aktivitas seru yang selalu membuat semangat untuk dilakukan. Namun aktivitas ini akan membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Pastikan Anda mempersiapkan travelling Anda dengan baik sejak awal, termasuk bujet yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan. Siapkan dananya dan pilih destinasi yang tepat, agar aktivitas ini tetap menyenangkan dan aman untuk keuangan Anda.

Top 3 News: VietJet Air, Maskapai ‘Bikini’ yang Siap Buka Rute ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 news, VietJetAir adalah maskapai penerbangan asal Vietnam. Rencananya maskapai ini akan membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Ho Chi Minh.

Seperti diketahui, VietJetAir dikenal dengan gaya pramugari berbikini pertama di dunia. Menurut pihak maskapai, hal itu dilakukan sebagai bentuk strategi marketing untuk merebut hati pelanggan.

Jika telah beroperasi di Indonesia, apakah VietJet akan lakukan program yang sama?

Sementara itu, salah satu dari situs keajaiban dunia yang diakui UNESCO, yakni Candi Borobudur, sempat digegerkan oleh peristiwa bom. Tercatat ada sembilan kali ledakan di pagi itu hingga menyebabkan sembilan stupa.

Spekulasi pelaku peledakan pun bermunculan. Pemerintah mengarahkan kecurigaan pada kelompok Islam radikal. Ketegangan antara pemerintah dan kelompok Islam memang meningkat sejak peristiwa Tanjung Priok pada September 1984 dan penolakan asas tunggal Pancasila.

Kabar lainnya yang kini paling banyak dibicarakan, soal kebebasan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari Rutan Mako Brimob, Kamis, 24 Januari 2019. 

Sebelumnya, Ahok telah divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakrta Utara terkait pidatonya di Kepulauan Seribu, 27 September 2016. 

Relokasi warga Kampung Pulo di bantaran Sungai Ciliwung ke hunian yang layak adalah salah satu warisan Ahok yang hingga kini terus dikenang.  

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 21Januari 2019:

2 dari 5 halaman

1. 8 Fakta VietJet Air, Maskapai ‘Bikini’ yang Siap Buka Rute ke Indonesia

Sejak tahun 2011 sebagai salah satu strategi marketing, VietJet Air meluncurkan program pramugari berbikini pertama di dunia. VietJet Air secara resmi menghadirkan pramugari berbikini di rute tertentu penerbangan resmi dunia.

Rencananya maskapai ini akan mulai membuka rute penerbangan ke Indonesia. 

penerbangan akan dimulai dengan rute Ho Chi Minh-Denpasar, Bali dengan durasi 3,5 jam. Selanjutnya dilanjutkan dengan rute Ho Chi Minh-Jakarta yang dimulai pada akhir 2019. 


Selengkapnya…

3 dari 5 halaman

2. Teror Candi Borobudur, Misteri Ledakan 9 Bom di Pagi Buta

Senin 21 Januari 1985, Candi Borobudur digegerkan dengan bunyi ledakan dari bom yang sengaja ditujukan untuk menghancurkan situs tersebut. Ada sembilan kali ledakan di pagi itu.

Namun, muncul kabar kalau belum semua bom yang dipasang meledak. Masih ada yang bom terpasang yang menunggu waktu untuk meledak.

Sekitar pukul 05.00 WIB, seorang personel Sat Brimob Polda Jawa Tengah diperintahkan Dansat Brimob Kolonel Pranoto (Kasat Brimob waktu itu) untuk mendatangi Candi Borobudur dan menjinakkan bom yang belum meledak.

Ternyata, pelaku teror berencana meledakkan 11 bom di Candi Borobudur. Pukul 08.00 WIB adalah tenggat waktu bom terakhir meledak.


Selengkapnya…

4 dari 5 halaman

3. 3 Orang Ini Akan Ditemui Ahok Usai Bebas dari Penjara

Usai bebas dari Rutan Mako Brimob, rencananya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menemui Ma’ruf Amin. Keinginan itu disampaikan oleh mantan rekan duetnya memimpin Ibu Kota, Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Djarot, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, Ahok ingin bertemu Ma’ruf Amin dan membantunya.

Sosok lainnya yang akan ditemui Ahok adalah istri eks Kapolri Jenderal (Purn) Hoegeng Imam Santoso, Meriyati Roeslani.


Selengkapnya…

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Perjuangan Gadis Pekanbaru demi Ketiga Adiknya

Liputan6.com, Pekanbaru – Tiga tahun lalu, Nadia Safitri harus mengubur impian melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Gadis Pekanbaru itu harus menghidupi tiga adik kecilnya dengan berbagai cara. Dia pernah menjadi kuli pembuatan batu dan kini membantu menjual gorengan dengan imbalan yang jauh dari kata cukup.

Sabtu siang, 19 Januari 2018 itu, seperti biasa Nadia menjalankan aktivitas hariannya di persimpangan Jalan Singgalang, Kecamatan Tenayanraya, Kota Pekanbaru. Sebagai koki gorengan, remaja 16 tahun ini mulai memasukkan adonan pisang ke dalam kuali berminyak panas.

Dalam rentan beberapa menit, Nadia cekatan membalikkan pisang agar tak gosong. Lalu dia mengangkatnya ke sebuah wadah untuk ditiriskan, kemudian disusun rapi agar pembeli tertarik membeli dagangan milik Dedi, bosnya.

“Upahnya terkadang Rp 20 ribu, bisa juga Rp 30 ribu, tergantung berapa banyak gorengan terjual,” tutur Nadia memulai pembicaraan.

Nadia menjelaskan, aktivitas ini sudah dijalaninya dua pekan terakhir, mulai dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Puluhan kilometer harus ditempuhnya berjalan kaki dari rumahnya di Jalan Badak Ujung.

Pergi saat terik, tak jarang Nadia pulang di bawah guyuran hujan deras. Perasaan takut sudah pasti membayangi karena harus melintasi jalanan sepi. Beruntung terkadang ada pengendara sepeda motor yang memberinya tumpangan.

“Kadang ada bus ya naik kalau ada uang dikit, kalau enggak ya jalan kaki,” ucap Nadia yang sudah enam tahun ditinggal pergi ibunya merantau meninggalkan Pekanbaru.

Upahnya membantu Dedi menjual pisang, tahu, tempe, dan ubi, membuat Nadia tetap bersyukur. Mengeluh baginya hanya menjadi batu sandungan untuk menghidupi tiga adiknya, Diana, Kevin dan Marcel.

Menjelang malam, pembeli gorengan datang silih berganti. Nadia selalu mengumbar senyum kepada pelanggan setianya. Dagangannya pun ludes hingga membuat kepulangannya ke rumah lebih cepat.

“Upah ini bisa membantu dua adik tetap sekolah, karena Diana (adik pertama Nadia) juga bekerja,” kata Nadia.

Nadia menceritakan, ayahnya bernama Munriadi pergi dari rumah saat dirinya masih dalam kandungan. Kehidupan tetap berlanjut karena ibunya menikah lagi hingga lahirlah Diana.

2 dari 2 halaman

Hanya Ingin Ibunya Kembali

Hidup Nadia berubah drastis sejak usianya menginjak 10 tahun. Ibu dan ayah tirinya pergi dari rumah dengan alasan merantau tak pernah pulang lagi tanpa berkabar.

Dia pun mulai memperjuangkan kehidupan tiga adiknya sekuat tenaga. Nadia masih sempat menamatkan pendidikan SD hingga duduk di kelas 1 SMP. Hanya saja keadaan tidak memungkinkan lagi hingga Nadia memutuskan berhenti sekolah.

“Saat berhenti SMP, saya bekerja sebagai kuli di tempat pembuatan batu bata. Upahnya Rp 50 ribu per pekan, lalu ada tawaran membantu jualan gorengan ini,” jelas Nadia.

Kini, pekerjaan Nadia membuat batu bata diestafetkan ke Diana. Adiknya ini juga terpaksa berhenti sekolah untuk membantu menyambung hidup serta membantu kakak serta dua adiknya.

“Alhamdulillah penghasilan cukup untuk makan, buat jajan dan biaya sekolah Kevin (6) serta Marcel (10),” sebut Nadia.

Nadia menyebutkan, Kevin saat ini kelas 1 SD dan Marcel kelas 4 SD. Biaya sekolah dua adiknya cukup ringan karena berstatus sekolah negeri.

Selama ini, Nadia tinggal di rumah papan kecil peninggalan ayahnya. Kondisi jalannya berbukit naik turun. Belum lagi sepanjang jalan jelek itu, sangat minim penerangan, serta jauh dari pusat kota.

Kondisi rumahnya masih sangat jauh dari kata layak dan sehat. Tidak ada listrik, tidak ada tempat untuk mandi, mencuci, atau buang air.

Untuk keperluan mandi dan mencuci, Nadia hanya mengandalkan air yang menggenangi kubangan, atau sumur dangkal persis di samping rumahnya. Sedangkan untuk buang air, ada sebuah lubang yang ke ditutup karung.

Tak jarang jika turun hujan, rumahnya dipenuhi lumpur, lantaran air tanah yang berada di dataran lebih tinggi, mengalir dan masuk ke rumah Nadia.

Untuk saat ini, Nadia berharap ibunya pulang. Dia mendapat kabar ibunya menikah lagi di Madura, Jawa Timur, sementara ayah kandungnya di Padang, Sumatera Barat.

“Mamak (ibu) pulang, itu saja. Kami rindu karena tak pernah dihubungi,” ucap Nadia.


Simak video pilihan berikut ini:

Usai Cerai dari Jeff Bezos, MacKenzie Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Usai bercerai dengan Jeff Bezos, pria terkaya no 1 di dunia, tidak membuat MacKenzie jatuh miskin.

Seperti melansir laman Times, usai perceraiannya MacKenzie justru dinobatkan menjadi wanita terkaya di dunia. Ini karena di Washington, tempat dia dan Jeff Bezos bercerai memiliki peraturan hukum untuk membagi dua harta kekayaan yang dimiliki selama pernikahan.

Pembagian harta kekayaan inilah yang membuat MacKenzie menyerobot posisi pertama sebagai wanita terkaya di dunia. Dia mengungguli anak dari pendiri Sam Walton dengan jumlah kekayaan USD 46 miliar atau setara Rp 652.16 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.177).

Selain MacKenzie, berikut adalah daftar peringkat wanita terkaya di dunia dikutip pada laman Times of India:

1. MacKenzie Bezos – USD 69 miliar atau Rp 978,24 triliun

2. Alice Walton (Anak dari Walmart, pendiri Sam Walton) – USD 46 miliar atau Rp 652,16 triliun

3. Francoise Bettencourt Meyers (Pewaris L’Oreal) – USD 42,2 miliar atau Rp 598,29 triliun

4. Susanne Klatten (Pewaris BMW) – USD 25 miliar atau Rp 598,29 triliun

5. Jacqueline Mars (Pewaris dari Mars) – USD 23,6 miliar atau Rp 334,58 triliun

6. Yang Huiyan ( Pengusaha Real Estate) – USD 21,9 miliar atau Rp 310,48 triliun

7. Laurene Powell Jobs ( Mantan istri dari mendiang Steve Jobs, penemu Apple) – USD 18,8 miliar atau Rp 266,53 triliun

8. Gina Rinehart (Pewaris pertambangan Australia) – USD 17,4 miliar atau Rp 246,68 triliun

9. Iris Fontbona ( Mantan istri dari Andronico Luksic, Konglomerat Cili) – USD 16,3 miliar atau Rp 231.09 triliun

2 dari 3 halaman

MacKenzie Layak Dapat Rp 967 Triliun

Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, baru-baru ini mengumumkan perceraiannya dengan sang istri, MacKenzie Bezos. Wanita yang telah mendampinginya selama 25 tahun terakhir.

Melansir laman Business Insider, Kamis (17/1/2019) mengingat pasangan tersebut tidak memiliki kesepakatan pranikah, dan karena keduanya tinggal di Washington, maka seluruh aset milik Bezos harus dibagi secara rata 50-50. Harta Bezos saat ini bernilai USD 137 miliar atau setara Rp 1.935 triliun (USD 1 = Rp 14.124)

Namun bukan itu alasan utama mengapa harta Bezos harus dibagi dua. Itu lantaran, tidak akan ada Amazon tanpa MacKenzie.

MacKenzie Tuttle dan Jeff Bezos bertemu pada 1992 saat keduanya bekerja bersama. MacKenzie lulus dari Princeton dan menjadi bagian dari peneliti di perusahaan di amana Bezos menjabat sebagai wakil presiden.

Kala itu, kantornya bersebelahan dengan Bezos. Tiga bulan kemudian, keduanya mulai berkencan. Satu tahun kemudian, keduanya mantap memutuskan menikah.

3 dari 3 halaman

Selanjutya

Saat masih bekerja di D.E.Shaw, Bezos memiliki gagasan untuk mendirikan Amazon. Sejak awal, MacKenzie sangat mendukung, meski dengan risiko tinggi usahanya gagal total tanpa meninggalkan uang sepeserpun.

“Saya bukan pebisnis. Jadi saat dia (Bezos) membahas gagasannya, yang saya tangkap adalah kesenangan yang luar biasa. Dan bagi saya, melihat orang yang Anda cintai berpetualang, apalagi selain melakukannya bersama,” kisah MacKenzie beberapa waktu lalu.

Pada 1994, keduanya lantas mencari rumah baru dan markas baru untuk Amazon. Bisnisnya terus menerus meraih kesuksean baru.

Nama Amazon juga sebenarnya merupakan hasil keputusan bersama, meski sebelumnya nyaris memilih relentless.com. MacKenzie menjadi akuntan Amazon yang pertama. Di saat yang sama ia juga merupakan penulis novel.

MacKenzie juga berjasa dalam mendanai Amazon saat pertama berdiri. Ia juga menemui invesor awal Amazon John Doerr dan tergabung dalam tim di Meksiko saat IPO Amazon.

Singkatnya, apa yang dimiliki Jeff Bezos saat ini tak akan terjadi tanpa MacKenzie.

Guardiola: City Tak Layak Menang Lebih dari Tiga Gol

JakartaPep Guardiola tak cukup puas dengan penampilan Manchester City kala menang 3-0 atas Huddersfield Town. City dinilainya kurang garang.

City menang telak 3-0 saat melawat ke The John Smith’s Stadium, Minggu (20/1/2019) malam WIB. Danilo membawa The Citizens unggul di babak kedua, lalu ditegaskan oleh Raheem Sterling dan Leroy Sane di babak kedua.

Anak-anak asuh Guardiola ini dominan dengan penguasaan bola hingga 68%. Meski demikian, City cukup kesulitan mengancam gawang tuan rumah.

Dari 12 percobaan yang dilepaskan, hanya sepertiga yang mengarah ke gawang. Sementara tuan rumah punya lima tembakan di mana dua di antara tepat target.

Guardiola menilai para pemainnya kurang lapar. Kemenangan 3-0 disebutnya sudah hasil paling maksimal yang layak didapatkan hari ini.

“Cara kami bermain hari ini, kami tak layak lebih dari tiga gol. Kami akan berkembang ke depannya,” ungkap Guardiola dikutip BBC.

“Kami harus menuntut lebih dari diri kami sendiri dan melakukan yang terbaik, tapi kadang itu sulit. Mereka bertahan dalam dengan penjagaan man to man.”

“Yang sudah kami lakukan sejauh ini sudah luar biasa, di liga dan Piala Liga Inggris. Kami punya jumlah poin yang luar biasa. Tapi laga ini bisa mengajarkan dan menunjukkan apa yang mesti kami lakukan untuk berkembang,” imbuhnya.

(raw/raw)