Daftar Kota Layak Huni di Dunia, Jakarta Nomor Berapa?

Liputan6.com, Jakarta – Mercer mengeluarkan daftar tahunan kota dengan kelayakan hidup terbaik di dunia. Tahun ini kota Wina di Austria kembali menempati nomor wahid dan Baghdad, Irak berada di peringkat bawah.

Mercer menilai kualitas sebuah kota dari beragam aspek, mulai dari ekonomi, layanan publik dan transportasi, lingkungan, sosial-budaya, pendidikan hingga keamanan.

Pada daftar tahun ini, Mercer juga menilai keselamatan dan kemerdekaan personal, hubungan dengan negara lain, serta kemerdekaan pers ikut dinilai. “Keselamatan personal adalah fondasi stabilitas di kota, tanpa itu bisnis dan talenta tak bisa berkembang,” tulis Mercer.

Bagaimana dengan Jakarta?

Jakarta ada di peringkat 142 dari 231 kota di dunia. Peringkat Jakarta juga lebih rendah dari negara berkembang lain di ASEAN seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Peringkat Jakarta tercatat stagnan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data Mercer selama 5 tahun terakhir, peringkat tertinggi Jakarta berada di posisi 140 pada tahun 2015.

Setahun kemudian Jakarta turun peringkat ke nomor 142, kemudian turun lagi ke 143, dan kembali ke 142 pada tahun lalu hingga sekarang.

Kota ASEAN dengan kualitas hidup terbaik versi Mercer ialah Singapura di nomor 25, kota itu pun juga kota terbaik seantero Asia. Kota ASEAN yang peringkatnya di bawah Indonesia adalah kota dari Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Selengkapnya peringkat kota ASEAN di daftar Mercer, beserta 10 kota terbaik dan terburuk dunia.

3 Alasan Ronaldo Layak Dijuluki Pemain Terhebat Sepanjang Zaman

Cristiano Ronaldo sangat konsisten mencetak gol sejak memperkuat Manchester United. Dia sangat konsisten menghancurkan pertahanan lawan sendirian dengan kemampuannya mencetak gol.

Pemain Portugal itu tidak terlalu konsisten saat bermain sebagai winger di Manchester United. Sama seperti pemain muda lainnya, ia keluar masuk tim. Tetapi ketika Sir Alex Ferguson menantangnya mencetak lebih banyak gol, ia melakukan dan setelah musim 2006/07 itu, pemain Portugal itu semakin tajam.

12 tahun berlalu sejak musim itu, Ronaldo belum pernah gagal mencetak kurang dari 30 gol setiap musim. Ronaldo saat ini berusia 34 tahun, tetapi dia masih terlihat bugar dan lapar seperti biasanya. Mantan pemenang Ballon D’or itu masih menjadi salah satu pemain tercepat di dunia sepakbola dan mungkin pencetak gol paling konsisten yang pernah ada di dunia.

Silva Kesal Guardiola Sebut City Tak Layak Juara Liga Champions

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester City, Pep Guardiola memang beberapa kali memilih bersikap rendah hati di Liga Champions. Dia mengatakan bahwa Man City yang sekarang masih belum siap juara untuk kompetisi kasta tertinggi di Eropa tersebut.

Bulan lalu, Guardiola menyebut City tidak siap untuk berjuang di Liga Champions, sementara pekan ini dia menyebut Man City sebagai “bocah” di antara tim-tim elite. Intinya, Guardiola merasa ada begitu banyak tim hebat di Liga Champions, dan City masih belum siap menghadapi mereka.

Bicara sebagai salah satu pemain Man City, Bernardo Silva menjamin bahwa setiap pemain sangat fokus di Liga Champions dan ingin melaju sebaik mungkin.

“Tentu saja kami ingin membuktikan bahwa dia [Guardiola] salah [meremehkan peluang Man City],” ujar Bernardo dilansir Fourfourtwo.

“Kami tahu kompetisi ini sangat sulit, kompetisi spesial melawan tim-tim terbaik di Eropa, tapi kami para pemain ingin membuktikan bahwa dia keliru.”

3 Bintang Real Madrid Ini Layak Coba Peruntungan di Liga Inggris

Luka Modric mungkin sudah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2018, tetapi Isco adalah playmaker sejati untuk Real Madrid selama era Cristiano Ronaldo bersama klub. Namun, dia saat ini mengalami musim terburuk dalam karirnya.

Pemain 26 tahun itu sudah membuat 26 penampilan untuk klub di semua kompetisi dan mencetak empat gol, tetapi ia hanya membuat 16 penampilan di La Liga musim ini. Selain cedera, Isco jarang bermain karena dicoret Santiago Solari.

Isco sudah meraih kesuksesan di Madrid dan ia baru saja memasuki masa jayanya. Setiap penantang gelar di Premier League akan mendapat manfaat dari kedatangannya. Ia bukan tipe pemain yang akan mencetak banyak gol, tetapi ia bisa memengaruhi permainan dari lini tengah.

Isco dikabarkan ingin pergi ke Manchester City dan juara bertahan Premier League pasti juga ingin memakai jasanya.

Depak PSG, MU Dianggap Layak Menjuarai Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Mantan striker Manchester United (MU), Dimitar Berbatov, ikut mengomentari keberhasilan mantan klubnya itu melaju ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Setan Merah comeback setelah pada leg pertama sempat kalah 0-2 dari Paris Saint Germain (PSG).

Kondisi MU sendiri compang-camping saat bertandang ke markas PSG, Parc de Princes, Paris, pada leg kedua yang berlangsung Kamis dini hari WIB. Sepuluh pemainnya mengalami cedera dan memaksa pelatih Ole Gunnar Solskjaer melakukan rotasi di sejumlah posisi. 

Defisit dua gol, MU menemui jalan terjal menuju perempat final. Namun secara mengejutkan, Setan Merah justru berhasil mengalahkan PSG dengan skor 3-1. Hasil ini membuat agregat menjadi imbang 3-3, tapi MU lolos setelah unggul dalam gol tandang. 

Menurut Berbatov, keberhasilan ini sekaligus mengembalikan reputasi MU sebagai tim besar. “Saat ini tidak ada lagi yang berani meremehkan MU, bukan? Seperti kata pepatah, hormati raksasa jika Anda tidak mau menderita,” ujar Berbatov kepada Betfair seperti dilansir Metro. 

“Rabu lalu, para pemain suda dikasih tahu bahwa mereka akan membawa siapapun. Dan mereka membuktikan kalau para pemain cocok dengan siapapun,” beber Berbatov. 

Ketua DPR: Pemilu Bukan Hidup Mati, Tak Layak Dianggap Perang

Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta masyarakat menyongsong Pemilu 2019 dengan riang gembira. Bamsoet mengatakan pemilu bukan perkara hidup dan mati.

“Ketua DPR mengimbau serta mengingatkan semua elemen masyarakat agar tidak menghiraukan pernyataan maupun manuver kelompok-kelompok tertentu yang ingin membangun persepsi kegentingan atau ketegangan menjelang pilpres-pileg 2019. Pilpres dan pileg 2019 bukan persoalan hidup mati, sehingga tidak selayaknya dipersepsikan sebagai perang,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Selasa (5/3/2019).

Dia mengaku prihatin dengan adanya berbagai upaya kegaduhan yang diciptakan kelompok tertentu. Bamsoet mencontohkan soal isu delegitimasi KPU di Pemilu 2019.
“Ketua DPR prihatin karena upaya menciptakan ketegangan jelang Pemilu terus dilakukan pihak-pihak tertentu. Termasuk gerakan pembusukan terhadap KPU,” tuturnya.

Menurut Bamsoet, upaya delegitimasi KPU itu mudah terbaca arahnya. Ia menyebut pihak yang melakukan delegitimasi berusaha menimbulkan kecurigaan masyarakat kepada KPU.

“Motif dari manuver-manuver seperti ini sudah bisa dibaca arahnya. Pemilunya sendiri belum dimulai, tetapi ada upaya membangun kecurigaan terhadap independensi KPU. Kecurigaan itulah yang akan dijadikan alasan untuk membuat gaduh,” ujar Bamsoet.

Politikus Golkar itu kemudian kembali menyinggung soal penggunaan istilah ‘perang’ di Pemilu 2019. Bamsoet berharap istilah tersebut bisa hilang. Sebab, dia khawatir menimbulkan rasa takut di masyarakat.

“Bagi kelompok masyarakat yang awam politik, penggunaan kata perang (perang total ataupun perang badar) yang dikaitkan dengan pilpres tentu saja bisa menimbulkan rasa takut,” ucapnya.

“Takut akan terjadinya bentrok antar-kelompok masyarakat, atau takut akan terjadinya chaos. Itu sebabnya, komunitas pengusaha sering bertanya tentang prospek stabilitas keamanan sebelum dan sesudah pemungutan serta penghitungan suara pemilu,” imbuh Bamsoet.

Bamsoet pun meminta masyarakat tetap tenang jika berhadapan dengan situasi gaduh. Dia menegaskan stabilitas politik dan keamanan jelang Pemilu 2019 senantiasa terjaga.

“Namun, bersama TNI dan Polri, pemerintah serta DPR memastikan bahwa stabilitas politik dan keamanan akan selalu terjaga, baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan pemungutan serta perhitungan suara Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019. Indonesia sangat kondusif, sehingga masyarakat tidak perlu menanggapi pernyataan atau asumsi tentang ketegangan situasi menuju pelaksanaan Pemilu 2019,” tegas Bamsoet.
(tsa/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Habiburokhman Sakit Hati Puisi Neno Disebut Biadab

Jakarta – Juru Bicara Direktorat Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman, mengatakan pernyataan mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif yang menyebut puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Pernyataan itu dinilainya berlebihan.

“Pernyataan Buya Syafii Maarif yang menyatakan puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Sejauh ini kami menempatkan Buya Syafii sebagai ulama dan cendekiawan berhati mulia, namun pernyataan beliau kali ini menurut saya sangat berlebihan dan cenderung tidak adil,” kata Habiburokhman dalam keterangannya, Jumat (1/3/2019).

“Kalau puisi Mbak Neno dianggap biadab karena mengarah ke politisasi agama, bagaimana dengan mereka yang juga diduga mempolitisasi agama di kubu politik sebaliknya? Apakah biadab juga? Atau hanya yang bertentangan dengan 01 yang biadab?” imbuhnya.

Menurut Habiburokhman, kata biadab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkonotasi ekstrem dan dicontohkan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Habiburokhman sakit hati jika puisi Neno disamakan dengan pemerkosaan anak.

“Kata biadab mungkin berasal dari bahasa Persia yang berarti sekadar tidak bertata krama. Tetapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tersebut sangat ekstrem karena bisa berarti tidak beradab dan kejam dengan contoh pemerkosaan anak di bawah umur. Sakit sekali hati kami kalau puisi Mbak Neno disamakan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Terlebih jika yang menyampaikannya adalah sosok yang selama ini sangat kami hormati dan kagumi,” ungkapnya.

Politikus Gerindra ini meyatakan yang pantas dikatakan biadab adalah para koruptor dan pihak-pihak yang menggunakan kekuasaan untuk menindas lawan politik.

“Menurut saya, yang layak dikatakan biadab adalah para koruptor pencuri uang rakyat, atau jika ada pihak yang menggunakan pengaruh kekuasaan untuk menindas dan memenjarakan lawan politik,” ucap Habiburokhman.

Sebelumnya, Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, bicara soal doa yang dibacakan Neno Warisman di Munajat 212. Buya Syafii menyebut apa yang disampaikan Neno biadab dan Neno tak mengerti agama.

“Itu puisi, itukan sudah saya (jelaskan). Saya kemarin di Jakarta bicara ini puisi biadab. Biadab itu bahasa Persia, Bi itu artinya tidak, adab itu tata krama,” jelasnya.

Buya Syafii mengatakan, doa yang dipanjatkan Neno Warisman dengan membawa nama tuhan ke ranah Pemilu tak tepat. Apa yang dilakukan Neno, bagi Buya Syafii adalah perbuatan biadab.

“Ini dia membuat (membawa nama) Tuhan dalam Pemilu, itukan biadab, dan dia nggak ngerti agama. Neno itu nggak paham agama,” tegasnya.
(azr/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kepala BNPB Ingatkan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengingatkan masyarakat terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah minim air. Dia mengingatkan soal pentingnya mitigasi bencana.

“Bangsa kita harus mencari solusi untuk mengatasi karhutla yang melibatkan masyarakat yang juga dalam bagian pentahelic,” ujarnya dalam acara gelar peralatan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2019).

Dia pun menjelaskan sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kobaran api menjalar dalam ranah perhutanan. Di antaranya adalah fakror alam dan non-alam.

“Penyebabnya adalah faktor alam, non alam manusia yang tidak sengaja, dan faktor non alam yang disengaja bakar oleh manusia. Hal ini yang harus BNPB ditindaklanjuti,” katanya menandasi.

Mantan Sesjen Wantannas ini mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk menghemat listrik dan air bersih. Dia juga mengimbau agar mengurangi sampah pelastik.

Menurutnya, BNPB penting bekerja dengan jujur untuk meraih kepercayaan masyarakat. “Kita bangun kepercayaan publik. BNPB menjadi lembaga yang layak dijadikan contoh dan menjadi yang terbaik,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Peringatan BMKG

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memperingati potensi kebakaran hutan di wilayah Sumatera, khususnya Riau. Hal tersebut dikarenakan kurangnya intensitas hujan.

“Kondisi kurang hujan di wilayah-wilayah tersebut didukung oleh kondisi troposfer bagian tengah yang didominasi kelembapan udara yang relatif rendah. Ini sesuai dengan peta prediksi spasial anomali radiasi balik matahari gelombang panjang (OLR),” kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dikutip dari laman BMKG, Jumat 22 Febuari 2019. (rifqi aufal sutisna)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harga Samsung Galaxy J3 2016, Smartphone Garang yang Patut untuk Dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Di balik kisah sukses perusahaan elektronik tersebut, ternyata awalnya Samsung merupakan usaha ekspor buah, sayur, dan ikan kering yang dirintis oleh Lee Byung-Chul di Daegu, Korea Selatan.

Namun saat ini, Samsung sudah bertransformasi dan diakui secara global sebagai pemimpin dalam teknologi bahkan sekarang termasuk dalam 10 merek teratas. Samsung terus menghadirkan bermacam-macam jenis gadget dengan beragam variasi dan keunggulannya.

Dari sekian banyak produk smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung, J series merupakan seri yang paling banyak digemari. Bagaimana tidak, Samsung J series masuk ke dalam kategori mid-end atau kelas menengah.

Salah satu produk Samsung J series yang disukai adalah Samsung Galaxy J3 2016. Alasan smartphone ini masih banyak diminati karena harga Samsung Galaxy J3 2016 cukup terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni tentunya. Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini menambah jagoan baru ke dalam segmen entry-level.

Sesuai dengan nama produknya, Samsung Galaxy J3 2016 ini merupakan keluaran tahun 2016. Walaupun kehadirannya sudah cukup lama, namun Samsung Galaxy J3 2016 masih bisa bersaing dengan produk sejenisnya dan masih layak dimiliki di tahun 2019 ini. Apalagi di awal bulan Maret ini, harga Samsung Galaxy J3 2016 mengalami penurunan.

Penasaran dengan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru bulan ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 2016, Jumat (1/2/2019).

2 dari 6 halaman

Desain dan Fitur Menarik

Dimensi dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah 142.3 x 71x 7.9 mm. Dengan bobot 138 gram, menjadikan smartphone ini cukup nyaman digenggam karena tidak terlalu tebal dan berat.

Mengusung desain yang elegan pada produknya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki tiga pilihan warna yaitu putih, hitam, dan gold. Namun, untuk warna gold memiliki daya jual yang lebih tinggi dibandingkan dua warna yang lainnya.

Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Samsung juga menambahkan beberapa fitur untuk Samsung Galaxy J3 2016 seperti Motion Lock. Yakni fitur yang memungkinkan kamu untuk menjawab panggilan telepon ketika melakukan sebuah gerakan, seperti berhenti bersepeda.

Ada juga Ultra Data Saving Mode yang didukung dengan Opera Max untuk mengompresi data seluler, baik itu saat streaming video, membuka gambar, dan segala aplikasi atau situs web. Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan radio, RDS, dan perekam suara.

3 dari 6 halaman

Layar dan Prosesor

Smartphone Samsung Galaxy J3 2016 ini membekali layarnya dengan Super AMOLED berukuran 5 inci. Resolusi layarnya sedniri adalah 720 x 1280 pixel dengan kerapatan layar 294 ppi. Hal ini memberikan nuansa tampilan yang tajam, terang, dan sudut pandang yang baik.

Smartphone satu ini dilandasi dengan dapur pacu yang digawangi oleh prosesor Spreadtrum SC8830 serta diimbangi dengan CPU Quad Core 1.2 GHz. Adanya prosesor seperti ini, membuat smartphone ini cukup stabil untuk dimainkan.

4 dari 6 halaman

Konektivitas dan Kamera

Samsung Galaxy J3 2016 sudah memiliki koneksi yang sedang ramai digunakan oleh para pecinta gadget, yaitu jaringan 4G LTE. Memiliki dual-SIM, dan kedua SIM mendukung untuk jaringan 4G. Hanya saja bisa mengaktifkan satu SIM untuk jaringan 4G-nya. Hal ini berarti, kamu tidak bisa menggunakan jaringan 4G secara bersamaan di kedua SIM tersebut.

Samsung Galaxy J3 2016 ini juga memiliki konektivitas Wi-Fi, Bluetooh, dan NFC. Ya, NFC ini sangat jarang ditemui di smartphone dengan kategori kelas mid-end ini.

Kalau kamu menyukai fotografi dan selfie, Samsung Galaxy J3 2016 ini bisa menjadi pilihan untuk dimiliki. Ya, untuk kamera depannya saja sudah memiliki kamera berukuran 5 MP dan dilengkapi dengan keberadaan LED Flash.

Untuk kamera belakang Samsung Galaxy J3 2016 ini dibekali dengan kamera berukuran 8 MP. Ya, kamera ini tentunya dilengkapi dengan autofocus dengan f/2.2 aparture yang lumayan. Kamera belakang smartphone ini juga dilengkapi dengan LED Flash.

5 dari 6 halaman

Baterai dan Memori

Keunggulan dari Samsung Galaxy J3 2016 ini adalah baterai removeable alias baterai yang bisa dilepas. Hal ini sangat menguntungkan, karena biaya pergantian baterai removeable lebih murah dibandingkan dengan baterai non-removeable.

Mengusung baterai Li-ion sebesar 2.600 mAh. Kalau kamu mengaktifkan jaringan 3G dengan aktif, maka daya tahannya bisa mencapai 10 jam. Samsung Galaxy J3 2016 ini menyematkan fitur fast charging, sehingga kamu perlu mengisi baterai yang habis selama 2,5 jam.

Samsung Galaxy J3 2016 ini membawa RAM sebesar 1,5 GB. Ukuran RAM yang lumayan besar ini mampu mengimbangi prosesor yang dibawa oleh smartphone ini. Nah, untuk ukuran memori internalnya, Samsung Galaxy J3 2016 memiliki dua pilihan yaitu, berukuran 8 GB dan 16 GB. Selain itu, ada juga memori eksternalnya yang bisa di upgrade hingga 128 GB.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung Galaxy J3 2016 Terbaru

Berdasarkan hasil pantauan Liputan6.com dari beberapa kanal online, harga Samsung Galaxy J3 2016 terbaru saat ini berkisar Rp 1,5 jutaan. Kamu bisa membelinya di e-commerce langganan ataupun di media online lainnya.

Kembar Siam, Nissan Livina Bisa Servis di Bengkel Mitsubishi?

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran Nissan Livina 2019 yang menggunakan platform Mitsubishi Xpander merupakan bukti dari aliansi Nissan dengan Mitsubishi. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan baru, apakah Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander bisa bertukar tempat servis.


Pasalnya, hal itu yang selama ini terjadi pada Avanza dan Xenia. Tempat servis mereka bisa bersama mengingat keduanya berada di bawah payung Astra.

Lantas bagaimana dengan Livina dan Xpander? Kehadiran Livina sendiri sampai saat ini sejatinya masih berada di dua sisi, antara menjadi pilihan sejajar dan pesaing Xpander.

Direktur Sales and Marketing Division MMKSI Iwan Kuncoro memberikan jawaban.

“Secara umum kami mengucapkan selamat atas diluncurkannya Livina. Kami melihat positif. Dengan masuknya produk baru di pasar small MPV ini, pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat Mitsubishi. Memang ini Nissan-Mitsubishi aliansi ya. Namun kami tidak bisa mengomentari merek lain,” kata dia.

Iwan menegaskan bahwa secara umum pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat mereka karena konsumen kemudian memiliki banyak pilihan. Walau demikian, isu satu rumah termasuk pemasaran dan jaringan sampai saat ini dibantah.

“Kami memang aliansi. Tetapi jika bicara marketing, kami sendiri-sendiri. Jadi kami punya network, mereka punya network. Kami manage sendiri, mereka manage sendiri,” kata dia.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Mobilio Facelift Minim Pembaruan, Honda Menyanggah

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Honda Mobilio awal tahun 2014. Mobil ini merupakan model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Setelah 5 tahun memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Honda masih enggan memberikan banyak perubahan pada Mobilio, meski model terbarunya telah resmi meluncur minggu lalu.






Salah satu fitur yang tidak dimiliki mobil keluarga tersebut ialah start stop engine. Meski persaingan di kelas ini semakin ketat, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM mengaku Mobilio masih layak bersaing dikelas Low MPV saat ini.

“Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah diluncurkan (facelift Mobilio). Kalau bicara semua fitur, saya bilang Mobilio itu semua fitur ada di awal sewaktu kita luncurkan. Fitur kita banyak waktu keluar pertama,” ujarnya di Ancol, Jakarta Utara.


Selain itu, Jonfis menegaskan fitur unggulan yang seharusnya ada pada sebuah kendaraan ialah yang tidak bisa didapatkan konsumen dari bengkel aftermarket.

“Yang dimaksud fitur di tempat kita juga kita pisahin. Ada fitur yang aksesori seperti foglamp bisa dibeli di aftermarket. Bukan fitur ATPM gitu. Kalau CVT, hemat bahan bakar, power yang besar, itu tidak bisa beli di market. Jadi fitur bagi kita memang fitur yang tidak bisa dibeli dan Honda cukup banyak di sana,” ujarnya.

Adanya penambahan fitur diakui Jonfis akan dilakukan apabila terdapat kompetitor dengan fitur unggulan yang ternyata bisa menarik konsumen di segmen tersebut.

“Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya dong. Kalau tidak pasti drop. Ke depan, kalau ada model baru mungkin kita akan up lagi,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: