Tite Sembur Pemain Brasil Setelah Main Buruk Lawan Panama

Liputan6.com, Porto – Brasil gagal meraih kemenangan pada laga persahabatan melawan Panama di Estadio Do Dragao, Minggu (24/3/2019) dini hari WIB. Pelatih Brasil, Tite menyebut anak asuhnya bermain buruk.

Pada laga tersebut, Brasil berhasil mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-32 melalui Lucas Paqueta. Namun, empat menit berselang, Panama menyamakan kedudukan melalui Adolfo Machado.

Sayangnya, Selecao malah gagal mencetak gol, meski mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 72 persen. Roberto Firmino dan kawan-kawan mempunyak 18 sepakan, tapi hanya lima yang on target.

Tentunya, permainan buruk Brasil membuat sang pelatih, Tite naik pitam. Menurutnya, Brasil tampil di bawah ekspektasi.

“Tadi adalah sebuah penampilan yang buruk di babak pertama, di bawah ekspektasi,” kata Tite dikutip dari Four Four Two.

“Babak kedua biasa, dengan beberapa penyesuaian yang kami buat, pemain Brasil bermain dengan empat pemain di depan, kami merombak. Namun di babak pertama jelek, dan hasilnya juga jelek,” ujar Tite melanjutkan.

Lawan Vietnam, Timnas Indonesia U-23 Dilarang Ulangi Kesalahan

Jakarta Kekalahan dari Timnas Thailand U-23 dalam laga pertama kualifikasi Piala AFC U-23 2020 (22/3/2019), membuat Timnas Indonesia U-23 harus memastikan meraih kemenangan ketika menghadapi tuan rumah Vietnam di pertandingan kedua yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (24/3/2019).

Bek kanan Tim Garuda Muda, Asnawi Mangkualam, menegaskan konsentrasi dan kerja keras akan menjadi poin penting yang perlu dilakukan timnya di laga kedua.

Tim Garuda Muda kalah kelas saat menghadapi Thailand hingga akhirnya menelan kekalahan telak 0-4 dalam pertandingan yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi (22/3/2019). Tim Garuda Muda sulit untuk membangun serangan dan terus berada di bawah tekanan tim asuhan Alexandre Gama.

Namun, Tim Garuda Muda jelas harus segera melupakan kekalahan tersebut atau justru menjadikannya sebagai motivasi untuk bermain lebih baik di pertandingan kedua.

Tim tuan rumah Vietnam telah menunggu Timnas Indonesia U-23 di pertandingan kedua. Tim tuan rumah berhasil menang 6-0 atas Brunei Darussalam dalam pertandingan pertama mereka.

Asnawi Mangkualam yang berperan sebagai bek kanan di Timnas Indonesia U-23 menekankan kerja keras dan konsentrasi menjadi dua hal yang sangat penting ketika Tim Garuda Muda menghadapi Vietnam di laga kedua.

Berita video penjelasan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, soal langkah dalam pembinaan pemain yang nantinya berujung target Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2030.

Apel Rebut Kembali Jakarta, Moeldoko Minta Relawan Lawan Isu Sontoloyo

Jakarta – Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Jenderal (purn) Moeldoko meminta relawan ‘merebut kembali Jakarta.’ Dia ingin relawan melawan isu bohong yang menyerang capres Jokowi.

Menurut Moeldoko, ada tiga isu bohong atau hoax yang saat ini menyerang Jokowi. Yaitu, Jokowi akan menghapus pelajaran pendidikan agama, melarang azan, dan melegalkan LGBT.

“Ini isu yang sontoloyo. Maka, kalian semua harus lawan itu. Jangan didiamkan. Kalau didiamkan, ini akan rusak bangsa Indonesia,” ucap Moeldoko dalam sambutan acara Apel Akbar Rebut Kembali Jakarta, di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma’ruf, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).


Moeldoko memastikan isu tersebut tidak benar. Apalagi, Jokowi mengangkat ulama menjadi cawapresnya.

“Bagaimana mungkin, Pak Jokowi didampingi kiai besar bernama Kiai Ma’ruf Amin, masa azan mau dilarang. Lawan di media sosial ini isu tidak bertanggung jawab,” ucap Moeldoko.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan relawan seluruh Jakarta. Tanpa mengenakan atribut partai, mereka memakai kaus Jokowi-Ma’ruf.

Moeldoko ingatkan waktu pencoblosan kurang dari satu bulan lagi. Maka, relawan tidak boleh lagi mengadakan rapat, atau kumpul-kumpul.

“Kemenangan tidak bisa diperoleh dengan atau santai. harus melakukan perjuangan yang kuat, keras, kerja, kerja, kerja. Nanti tidak banyak kumpul lagi, tapi turun lapangan,” ucap Moeldoko.

Seperti yang pernah Moeldoko sampaikan, TKN akan menerapkan istilah perang total. Mereka harus menggerakkan semua upaya dan kekuatan untuk mengalahkan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Kita saat ini memasuki perang total. Kita memasuki perang total. Maksudnya semua kekuatan, semua upaya-upaya harus dijalankan secara optimal. Tidak ada orang menang dengan cara ragu-ragu, tidak ada orang menang dengan cara lemas, tidak ada orang yang dapat nomor satu tanpa kerja keras,” ujar Moeldoko beberapa waktu lalu.
(aik/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Indonesia Tak Berkutik Lawan Thailand

HanoiIndonesia tak berkutik saat melawan Thailand di kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Tak bisa keluar dari tekanan, Garuda Muda dihajar 0-4 oleh The War Elephants

Dalam pertandingan di My Dinh Stadium, Jumat (22/3/2019), gagal mengembangkan permainan di babak pertama. Cuma ada satu tembakan tepat sasaran, itu tercipta menjelang jeda. Muhamad Luthfi Kamal yang menjadi eksekutor.

Thailand, yang menguasai jalannya pertandingan, unggul berkat gol Shinnaphat Leeaoh pada menit ke-21. Pemain nomor punggung enam itu menceploskan bola ke gawang dengan sundulan.

Rachmat Irianto melanggar Supachai Chaided di dalam kotak penalti pada menit ke-50. Wasit menunjuk titik putih. Supachai bisa menaklukkan Awan Setho untuk menggandakan keunggulan Thailand.

Indra Sjafri melakukan pergantian pertama pada menit ke-52. Saddil Ramdani ditarik, Sani Rizki Fauzi dimasukkan.

Serangan Indonesia juga masih belum membahayakan gawang Thailand. Indra pun kemudian mengganti Osvaldo dengan Witan Sulaeman pada menit ke-62.

Indonesia kebobolan lagi pada menit ke-71. Supachai kembali mencatatkan namannya dari jarak dekat. Supachok Sarachat menambah gol tiga menit kemudian. Tendangan jarak jauhnya melengkung masuk ke arah kiri gawang Indonesia.

Supachok Sarachat membukukan gol keempat Thailand pada menit ke-74. Mengecoh pemain belakang Indonesia, tendangan jarak jauhnya melaju deras ke gawang.

Jakkit Wachpirom membuat Awan Setho Raharjo harus terbang melakukan tepisan pada menit ke-81. Tendangan jarak jauh pemain nomor punggung 17 itu bisa dihalau menjauh dari gawang.

Gol Indonesia pada masa injury time dianulir wasit. Dimas Drajad sudah berdiri offside saat menceploskan bola ke gawang Thailand.

Kemenangan ini merupakan pembalasan Thailand dari hasil di final Piala AFF U-22 di Phnom Penh Kamboja pada bulan lalu. Di Olympic Stadium saat itu, Indonesia menang 2-1.

Bagi Indra Sjafri, kekalahan ini merupakan yang pertama dalam 11 pertandingan, termasuk ujicoba, bersama Timnas U-23.

Thailand untuk sementara memuncaki Grup K dengan raihan 3 poin dan empat gol yang dicetak. Indonesia ada di posisi terbawah.

Laga lainnya, Vietnam vs Brunei Darussalam akan berlangsung sesaat lagi di stadion yang sama.

Susunan Pemain

Thailand: 20 Nont Muangngam, 18 Kritsada Kaman, 17 Jakkit Wachpirom, 15 Saringkan Promsupa, 6 Shinnaphat Leeaoh, 3 Sakunchai Saengthopho (Kittipong 63), 8 Worachit Kanitsribumphen (Anon 71), 11 Wisarut Imura, 12 Kannarin Thawornsak, 9 Supachai Chaided, 10 Supachok Sarachat

Timnas U-23: 12 Awan Setho, 11 Firza Andhika, 13 Rachmat Irianto, 2 Andy Setyo, 14 Asnawi Mangkualam, 7 Muhamad Luthfi Kamal, 18 Gian Zola (Dimas Drajad 76), 20 Osvaldo Haay (Witan Sulaeman 62), 10 Egy Maulana, 15 Saddil (Sani Rizki 52), 3 Marinus

(cas/din)


Wiranto: Hoax Dipakai Jadi Alat Singkirkan Lawan Politik

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan masih terdapat beberapa ancaman yang mungkin akan mengganggu kelancaran penyelenggaraan Pemilu 2019. Dia meminta seluruh stakeholder terkait sigap bila menemukan potensi ancaman tersebut.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh stakeholder terkait untuk segera mengenali, menemukan dan menetralisir serta mengatasi hambatan-hambatan tersebut,” kata Wiranto dalam sambutan di Apel Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019).

Wiranto kemudian berbicara mengenai ancaman tersebut antara lain maraknya berita hoax hingga meningkatnya politik identitas. Menurutnya, penyebaran berita hoax tersebut memiliki tujuan politis sebagai alat untuk menyingkirkan lawan politik.
“Berita-berita hoax atau berita bohong yang disampaikan terutama melalui media sosial tentunya memiliki tujuan politis yaitu dipakai sebagai alat untuk menyingkirkan lawan politik sehingga menyebabkan demokrasi menjadi tidak sehat dan merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujar Wiranto.

Tak hanya itu, wiranto mengatakan politik identitas menggunakan isu-isu SARA mulai digunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memenangkan pemilu. Dia menyebut, politik identitas menggunakan isu SARA tersebut menyebabkan disintegrasi bangsa dan hilangnya rasionalitas dalam menentukan pilihan politiknya.

“Penyebaran berita hoax dan menguatnya politik identitas dalam ajang Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan bentuk lain dari teror kepada masyarakat karena mempengaruhi kondisi psikologis rakyat Indonesia sehingga kepada para pelakunya harus diambil langkah hukum yang tegas,” sebutnya.

Untuk itu, Dia berpesan kepada TNI-Polri harus bisa mengambil langkah tepat bila menemukan adanya potensi ancaman tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan harus tetap taat terhadap prosedur dan aturan hukum yang berlaku.

“TNI-Polri selaku institusi yang bertanggungjawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu Serentak 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu Serentak 2019,” katanya.

Dia menambahkan sebanyak 453.133 personel TNI Polri dikerahkan dalam pengamanan Pemilu 2019. Dia berharap seluruh personel bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas.

“Sebagai prajurit TNI-Polri, kita sepenuhnya menyadari bahwa tugas mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2019 adalah kehormatan dan kebanggaan, karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan bangsa atau menjamin terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.
(ibh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cedera Pergelangan Kaki, Rashford Absen Bela Inggris Lawan Ceko?

Jakarta – Persiapan Timnas Inggris untuk melawan Republik Ceko di Kualifikasi Piala Eropa 2020 terganggu. Striker Marcus Rashford mengalami cedera pergelangan kaki.

Timnas Inggris akan menghadapi Ceko di Stadion Wembley, Sabtu (23/3/2019) dini hari WIB, dalam pertandingan perdana Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020. Rashford menjadi salah satu pemain yang dibawa manajer Gareth Southagate.

Dalam latihan jelang laga nanti, Rashford dilaporkan mengalami cedera. Seperti dikuti media-media Inggris seperti BBC dan Sky Sports, penyerang 21 tahun itu hanya duduk di pinggir St George’s Park, tempat latihan Inggris.

Rashford dilaporkan mengalami cedera pergelangan kaki. Kondisi itu membuat pemain yang membela Manchester United itu diragukan untuk tampil saat melawan Ceko.

Cedera itu sebelumnya sudah dialami Rashford, saat MU menghadapi Liverpool di pertandingan Liga Inggris. Ketika itu, ia tetap memaksakan bermain hingga laga tuntas.

Kondisi ini membuat Jadon Sancho berpeluang menggantikan Rashford di lini depan Inggris. Pemain belia milik Borussia Dortmund itu tampil oke dengan sudah mencetak 9 gol dan 17 assist dari 35 penampilannya musim ini.

(yna/nds)

Elite yang Bakal Lawan Mukernas Puji Suharso, Tetap Ingin Tegakkan Aturan

Bogor – Ketua DPP PPP Rudiman, yang bakal melawan di Mukernas pengukuhan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, memuji sosok Suharso. Namun dia tetap ingin menegakkan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

“Peristiwa ini terjadi setelah pemecatan Ketua Umum, emergency atau tidak, tetap berpegang pada AD/ART,” kata Rudiman di lokasi Mukernas PPP, Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Rabu (20/3/2019).

“Tadi malam saya ketemu Pak Harso, diskusi agak panjang juga. Pak Harso segi kemampuan top, dan dia salah satu kader PPP yang sangat sempurna, pernah jadi menteri, jadi waketum Wantimpres. Tapi masalahnya menegakkan AD/ART,” kata Rudiman.

Rudiman menegaskan ingin menegakkan AD/ART partai dalam Mukernas. Dia memandang penunjukan Suharso sebagai Plt Ketum melanggar Pasal 13 ART.

Selain itu, jika Suharso dikukuhkan, dia memandang bakal ada masalah ke depannya. Dia berbicara soal kemungkinan tanda tangan Suharso menjadi tidak sah.

“Produk yang dihasilkan dari Mukernas yang perlu dipertanyakan juga. Jika Harso dikukuhkan melalui Mukernas jadi Plt, nanti pada saat setelah pemilu pasti ada desakan dari anggota DPR, apakah tanda tangan beliau sebagai ketua umum diterima oleh KPU. Pasti KPU akan mengecek kembali AD/ART-nya seperti apa,” sebut Rudiman.

“Dulu waktu sama Djan Faridz harus mengeluarkan dua rekom. Saya khawatir ini terjadi lagi pada teman yang terpilih menjadi anggota DPR,” imbuh dia.
(gbr/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Undian Babak 8 Besar Piala Presiden 2019, Persija Lawan Kalteng Putra

Jakarta Drawing babak 8 besar Piala Presiden 2019 sudah dilakukan di ruang konferensi pers Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (19/3/2019). Perwakilan tim peserta turut ambil bagian dalam pengundian Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar.

Delapan tim yang akan bertanding di babak 8 besar Piala Presiden itu adalah Persebaya Surabaya, Tira Persikabo, Bhayangkara FC, Kalteng Putra, Persija Jakarta, Madura United, Persela Lamongan, dan Arema FC.

Hasil drawing menciptakan sejumlah pertandingan menarik. Akan ada partai ulangan di penyisihan Grup A Piala Presiden 2019. Persebaya akan kembali bersua Tira Persikabo. Sementara satu-satunya tim promosi sekaligus dari luar Pulau Jawa, Kalteng Putra, bakal mendapat ujian lantaran menghadapi juara bertahan sekaligus juara Liga 1 2019, Persija.

Sesama tim asal Jawa Timur, Persela dan Madura United, akan bentrok. Satu lagi, Bhayangkara FC akan berjumpa Arema.

Babak 8 besar Piala Presiden akan memakai format satu pertandingan. Empat dari lima juara grup akan jadi tuan rumah, yaitu Persebaya, Bhayangkara FC, Persija, dan Persela.

Adapun jadwal babak 8 besar Piala Presiden 2019 akan dimulai pada 29-31 Maret 2019. Sedangkan semifinal 2-6 April, dan final 9-12 April 2019.

Berita video Persebaya melawan Tira Persikabo pada partai terakhir Grup A di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (12/3/2019) dengan hasil imbang 0-0.

Perempat Final Piala Presiden 2019: Persela Tidak Pilih Lawan

Pengundian: Selasa, 19 Maret 2019

Delapan tim yang lolos

Juara grup: Persebaya, Bhayangkara, Kalteng Putra, Persija, Persela

Runner up terbaik: Arema, Madura United, TIRA Persikabo

Pertandingan: 29-31 Maret 2019

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

KTP Sandi Lawan Kartu Sakti Maruf

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin berulangkali mempromosikan gagasannya dan capres petahana, Joko Widodo terkait tiga kartu sakti yakni Kartu Kuliah, Kartu Sembako Murah, Kartu Prakerja di panggung debat. Cawapres Sandiaga Uno merasa gagasan tersebut tidak tepat karena akan membebani keuangan negara.

“Pasti ada birokrasi, ada biaya, ada beban negara menghabiskan triliunan (rupiah). KTP elektronik kan ada chip, ada digital economy yang di belakang KTP kita. Kita akan gunakan KTP tersebut sebagai konsolidator program pemerintah. Jadi belum cukup membawa kartu tersebut ke fasilitas pemerintah untuk mendapat layanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan,” ujar Sandi usai debat cawapres di lobi Hotel Sultan, Senayan, Jakart Pusat (17/3) kemarin.

Menurut Sandi, kartu e-KTP supercanggih sehingga tak perlu lagi kartu-kartu program pemerintah. Dalam debat, Sandi mengeluarkan dompet lalu mengangkat KTP-nya. Sikap Sandi langsung diikuti para pendukungnya yag berada di dalam lokasi debat.
“Kita memiliki kartu, yakni kartu tanda penduduk, kartu kita sudah canggih, ini memiliki teknologi dengan big data, single identity number. Semua fasilitas ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, semua ada di sini. PKH kita tambah PKH Plus di dalam program yang hanya membutuhkan KTP ini,” pamer Sandi dalam debat.
Sebelumnya, Ma’ruf Amin mengatakan akan ada 3 ‘kartu sakti’ jika dirinya dan Joko Widodo (Jokowi) menang di Pilpres 2019. Ma’ruf mengatakan 3 kartu ini dibuat sebagai tanda hadirnya negara.

“Kami akan keluarkan tiga kartu. Kartu Kuliah, Kartu Sembako Murah, Kartu Pra-Kerja. Ini kartu yang akan kami keluarkan,” ungkap Ma’ruf dalam debat.

Bak kartu truf, Ma’ruf menggambarkan ketiga kartu ini bisa jadi solusi masyarakat dalam menghadapi masalah biaya pendidikan, kebutuhan dapur, hingga modal untuk mendapatkan kerja.
(aud/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>