Kanker Paru Hentikan Langkah Menteri Endang di Kabinet 7 Tahun Silam

Mendiang Endang Rahayu Sedyaningsih banyak meninggalkan kesan mendalam bagi keluarga, kerabat, sejawat maupun kolega. Sosok Endang menunjukkan seorang wanita yang tegar serta kuat mental dan emosinya sekalipun telah “divonis” menderita kanker. Ia pun senantiasa positif dalam menjalani tugasnya sampai titik penghabisan tanpa banyak mengeluh.

Hal itu di antaranya ditunjukkan dalam tulisan Endang Rahayu Sedyaningsih pada 13 April silam dalam pengantar sebuah buku mengenai kanker. Berikut petikan tulisan mendiang Menkes Endang:

Saya sendiri belum bisa disebut sebagai survivor kanker. Diagnosa kanker paru stadium empat baru ditegakkan lima bulan yang lalu. Dan sampai kata sambutan ini saya tulis saya masih berjuang untuk mengatasinya. Tetapi saya tidak bertanya: Why me?

Saya menganggap ini adalah salah satu anugerah dari Allah SWT. Sudah begitu banyak anugerah yang saya terima dalam hidup ini: hidup di negara yang indah, tidak dalam peperangan, diberi keluarga besar yang pandai-pandai, dengan sosial ekonomi lumayan, dianugerahi suami yang sangat sabar dan baik hati, dengan dua putra dan satu putri yang alhamdullilah sehat, cerdas dan berbakti kepada orang tua. Hidup saya penuh dengan kebahagiaan.

So, Why not? Mengapa tidak, Tuhan menganugerahi saya kanker paru? Tuhan pasti mempunyai rencana-Nya, yang belum saya ketahui, tetapi saya merasa siap untuk menjalankannya. Insya Allah. Setidaknya saya menjalani sendiri penderitaan yang dialami pasien kanker, sehingga bisa memperjuangkan program pengendalian kanker dengan lebih baik.

Bagi rekan-rekanku sesama penderita kanker dan para survivor, mari kita berbaik sangka kepada Allah. Kita terima semua anugerah-Nya dengan bersyukur. Sungguh, lamanya hidup tidaklah sepenting kualitas hidup itu sendiri. Mari lakukan sebaik-baiknya apa yang bisa kita lakukan hari ini. Kita lakukan dengan sepenuh hati. Dan, jangan lupa, nyatakan perasaan kita kepada orang-orang yang kita sayangi.

Bersyukurlah, kita masih diberi kesempatan untuk itu.

Nama Endang Rahayu Sedyaningsih sempat menjadi kontroversi menjelang perombakan Kabinet Indonesia Bersatu II oleh Presiden SBY, tahun lalu. Saat itu, menteri kesehatan adalah Siti Fadilah Supari dan orang yang disebut-sebut akan menjadi pengganti adalah Nila Moeloek. Namun, setelah rangkaian uji kepatutan dan kelayakan, nama Sedyaningsih inilah yang diumumkan SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, saat itu.

Sedyaningsih pernah menjadi penasehat teknis pada Departemen Penyebaran Penyakit dan Respons, di Jenewa, Swiss, di mana WHO berkantor pusat. Posisi itu dia raih setelah merampungkan pendidikan strata dua dan tiganya di Harvard School of Medicine.

Lebih khusus lagi, dia juga menjadi direktur Pusat Penelitian Biomedik dan Farmasi dan Pengembangan Program di Kementerian Kesehatan Indonesia sejak 2007 setelah menjadi koordinator penelitian flu burung pada 2006.

Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2019 Meningkat, Ini Langkah Awal Polri

Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Refdi Andri menyebut akan ada kenaikan jumlah pemudik saat hari raya Idul Fitri tahun 2019. Jumlah pemudik diprediksi naik 20%-30%.

“Kalau jumlah pemudik tahun ini pasti meningkat. Akan ada peningkatan (pemudik) kira-kira 20-30%. Tetapi perbaikan-perbaikan yang sudah dilakukan pemerintah juga sudah menjawab itu semua,” kata Irjen Refdi kepada wartawan di Gerbang Tol Bekasi Timur, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019).

Dengan perkiraan jumlah pemudik yang bertambah, Refdi mengatakan pihaknya bersama instansi terkait terus melakukan sejumlah evaluasi. Jalan tol hingga jalan arteri akan mendapat perhatian dari pihaknya.
“Justru itu langkah-langkah awal yang kita lakukan ini untuk melakukan peninjauan, analisa dan evaluasi terhadap jalan arteri dan jalan nasional itu juga menjadi penting. Karena bagaimanapun ini pilihan masyarakat kita,” ungkap Refdi.
Refdi berbicara soal puncak arus mudik maupun arus balik. Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 31 Mei, 1 dan 2 Juni 2019.

“Kita perkirakan arus balik juga kita estimasi tanggal 7-8-9 masyarakat balik ke Jakarta. Biasanya H+1 masyarakat sudah bergerak, puncaknya tanggal 8-9 (Juni),” kata Refdi.

Diketahui, saat ini Korlantas Polri sedang melakukan peninjauan di sepanjang jalur Pantura selama tiga hari. Selain jalur Pantura, Korlantas Polri juga meninjau jalur ke arah Cirebon, Brebes, Purwokerto, Banjar, Tasikmalaya, Bandung dan kembali menuju Jakarta.
(sam/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hashim Djojohadikusumo: Prabowo Tak akan Ambil Langkah Inkonstitusional

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Hashim Djojohadikusumo meminta masyarakat Indonesia tak khawatir dengan manuver capres Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Hashim memastikan, Prabowo tak akan melakukan tindakan inkonstitusional.

Prabowo tak akan ambil langkah-langkah di luar konstitusional. Tapi sebaliknya, kami berharap dari aparat juga tetap berpegang dengan cara-cara konstitusional. Kalau mereka konstitusional, kami juga konstitusional,” kata Hashim saat jumpa pers di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Hashim membantah anggapan sejumlah pihak yang menilai sikap Prabowo bisa membuat situasi politik makin tak terkendali, terutama setelah pilpres.

Menurutnya, Prabowo selalu berjuang sesuai koridor hukum. Mantan Danjen Kopassus itu pun selalu mengingatkan pendukungnya tetap sejuk dan tidak terprovokasi.

“BPN 02 ingin pemilihan presiden dan pemilihan umum dilaksanakan secara jujur, transparan, dan adil. Saya ulangi, jujur, adil dan transparan. Kami menilai sekarang tidak jujur, tidak transparan, dan tidak adil,” tegas Hashim.

Oleh karenanya, adik kandung Prabowo itu meminta KPU dan Bawaslu mengusut berbagai tindak kecurangan yang telah dilaporkan oleh tim BPN.

“Hari Sabtu timnya Pak Djoko Santoso (Ketua BPN) sudah kirim surat resmi ke KPU dan Bawaslu, minta tindakan. Kecurangan itu diusut dan diperiksa hingga tuntas,” pungkas politikus Partai Gerindra itu.

BPN: Langkah Bupati Madina Sebaiknya Diikuti Bupati Pro-Jokowi Lain

JakartaBupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution mengajukan pengunduran diri karena capres petahana Joko Widodo (Jokowi) kalah di wilayahnya. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melihat banyak bupati yang mendukung Jokowi, sebaiknya mereka juga meniru Dahlan.

“Sebaiknya diikuti oleh bupati-bupati di Sumatera Barat, karena hampir semua bupati di Sumatera Barat mendukung Jokowi, dan semua orang tahu. Di situ moral publiknya,” kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Daulay, kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Saleh merupakan caleg PAN Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara II yang meliputi Mandailing Natal. Namun dia tahu bahwa bupati-bupati di Sumatera Barat banyak yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, dan perolehan suara Pilpres 2019 di Sumatera Barat berdasarkan hitung cepat sejauh ini dimenangkan Prabowo-Sandiaga Uno.
Sebanyak 11 Kepala Daerah di Sumatera Barat dan band Slank, tampil dalam kampanye pasangan Jokowi-Amin di Padang, Sumatera Barat, 9 April 2019 lalu. Mereka mendukung Jokowi untuk lanjut 2 periode.
Saleh tak menilai kerja-kerja pelayanan di daerah bakal terganggu bila para bupati mundur. Soalnya, masih ada wakil bupati, asisten, kepala dinas, dan jajarannya.

“Kalau bupati mundur bukan berarti kerja administrasi berhenti,” kata Saleh.

Namun Saleh setuju dengan pemanggilan Kemendagri terhadap Dahlan Hasan Nasution. Keterangan yang sebenarnya soal latar belakang permohonan undur diri dapat digali langsung.

“Menurut saya itu layak dipanggil, dimintai keterangan langsung, ditanya apa sebabnya, apakah dia sungguh-sungguh atau hanya syok saja,” kata Saleh.

(dnu/fdu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Langkah Fikoh Bangka Belitung Terhenti di LIDA 2019

Liputan6.com, Jakarta Enam orang Duta telah memastikan diri untuk melaju ke babak Top 9 LIDA 2019 lewat Konser LIDA 2019 Result Top 12 Grup 2 yang berlangsung tadi malam, Minggu, (14/4/2019). Menampilkan empat Duta, di antaranya Hanan (Jawa Barat), Fikoh (Bangka Belitung), Faul (Aceh), dan Sheyla (Maluku). Sebelumnya mereka telah tampil di Konser LIDA 2019 Show Top 12 Grup 2. Masing-masing peserta berupaya tampil maksimal di dua kesempatan yang diberikan demi menarik simpati kelima Dewan Juri dan seluruh pemirsa Indosiar.

Faul (Aceh) menjadi peserta pertama yang tampil di Konser LIDA 2019 Result Top 12 Grup 2. Lewat lagu “Air Mata Perkawinan”, Faul berhasil meluluhkan hati seluruh Dewan Juri untuk standing ovation sekaligus menekan tombol biru. Pujian singkat namun penuh arti pun dilontarkan oleh Nassar. “Faul, sampai ketemu di grand final,” tutur Nassar.

Sheyla sebagai satu-satunya perwakilan dari Provinsi Maluku yang tersisa pun tidak mau kalah. Dengan penuh totalitas, Sheyla menyanyikan lagu “Liku-Liku” yang ternyata hanya berhasil meraih empat lampu biru dari Dewan Juri. Dewi Perssik sebagai satu-satunya juri yang menekan tombol merah pun mengungkapkan sedikit kekecewaannya. “Untuk aksi panggung sudah oke, hanya saja kamu menyanyikan lagu ini seperti masih meraba-raba, tidak natural, powernya pun naik turun,” ungkap Dewi Perssik.

Sementara Hanan (Jawa Barat) memilih untuk menyanyikan lagu “Kehilangan” sebagai lagu andalannya di Konser LIDA 2019 Result Top 12 Grup 2. Usaha Hanan pun berbuah manis, semua Dewan Juri menghidupkan lampu birunya bahkan Inul Daratista dan Tukul Arwana pun memberikan standing ovation. “Aku sangat menikmati penampilanmu malam ini. Kamu membawakan lagu ini dengan penuh rasa dan improvisasi yang sangat bagus,” puji Inul Daratista. Sebagai penampil terakhir, Fikoh (Bangka Belitung) berupaya tampil maksimal dengan menebar “Bunga-Bunga Cinta”. Namun hanya tiga Dewan Juri yang memberikan tiga lampu biru atas penampilan Fikoh.

Gagal di Piala Presiden 2019, Persebaya Siapkan Langkah Strategis

Juara: Arema FC

Peringkat 2: Persebaya Surabaya

Peringkat 3: Kalteng Putra dan Madura United

Pemain terbaik: Hamka Hamzah

Pemain muda terbaik: Irfan Jaya (Persebaya Surabaya)

Pencetak gol terbanyak: Bruno Matos (Persija Jakarta), Manuchekhr Jalilov (Persebaya Surabaya), Ricky Kayame (Arema FC)

Tim fair play: Persija Jakarta

Wasit Terbaik: Nusur Fadilah

Suporter terbaik: The Jakmania

Saksikan video pilihan di bawah ini

Berita video highlights final Piala Presiden 2019 leg pertama antara Persebaya Vs Arema FC yang berakhir dengan skor 2-2.

3 Klub Ini Bisa Hentikan Langkah Barcelona di Liga Champions

Jika Barcelona sukses melalui rintangan MU, hadangan berikutnya adalah Liverpool. The Reds sendiri telah membuat kemajuan yang stabil sejak penunjukan Jurgen Klopp pada 2015.

Musim lalu, Merseysiders berhasil sampai ke final, tapi dikalahkan Real Madrid. Dan, musim ini, mereka berambisi untuk melangkah lebih jauh memenangkan trofi keenam kalinya dalam sejarah mereka dan pertama kali sejak ‘The Miracle of Istanbul’ pada 2005.

Liverpool telah menjadi salah satu tim paling kompak di seluruh Eropa musim ini. Mereka tengah bersaing dengan Manchester City dalam perburuan gelar Liga Inggris.

Dengan trio hebat Mo Salah, Bobby Firmino dan Saido Mane, Liverpool akan menyukai peluang mereka untuk menghancurkan pertahanan Barcelona. Sementara, Messi dan rekannya akan sedikit kesulitan menembus pertahanan barisan belakang mereka yang dikawal oleh Virgil Van Dijk.

Hadapi Erupsi Gunung Agung, Ini Langkah Pemerintah Bali

Fokus, Bali – Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengaku khawatir jika Gunung Agung erupsi yang disertai dengan semburan material letusan akan berdampak pada penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Menyikapi kekhawatiran ini, Dinas Pariwisata setempat mengaku sudah menyiapkan dana serta prosedur standar untuk menghadapi kondisi terburuk sebagai dampak bencana erupsi Gunung Agung. 

“Ini bisa tercapai dengan catatan tidak ada yang menyebabkan terjadinya penutupan bandara. Ini sangat penting karena misalnya ada letusan Gunung Agung yang menyebabkan adanya semburan abu yang berdampak pada navigasi,” kata Kadisprada Badung I Made Badra, Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (1/4/2019).

Untuk menarik jumlah wisata ke Bali lebih banyak lagi, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation semakin gencar melakukan promosi wisata.

Dalam waktu dekat ini akan ada rangkaian kegiatan pariwisata yang mengusung tema Contents Art Culture & Festival’ di Nusa Dua. Salah satu kegiatannya berupa sundown dancing lesson atau kegiatan belajar menari pada setiap hari Minggu sore di Peninsula, Nusa Dua.

“Ada sanggar dari desa penyangga yang kita tampilkan kemudian juga ada tarian untuk latihan yang secara rutin kita laksanakan. Ini bagian yang menarik, wisatawan bisa ikut,” ujar Managing Director Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.

Jumlah kunjungan wisatawan ke Bali ditargetkan mencapai 20 juta wisatawan per tahun. Jika tidak ada bencana alam berupa Gunung Agung erupsi, Pemda optimistis target tersebut bisa tercapai.

Menteri PUPR Siapkan Langkah Mitigasi Banjir Bandang Musiman di Sentani

Liputan6.com, Sentani – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi banjir bandang Sentani di Kampung Doyo Baru, Kecamatan Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengatakan, banjir bandang tersebut merupakan musibah musiman tiap 5-6 tahunan yang kerap melanda wilayah Sentani dan sekitarnya.

“Ini memang kejadian yang setiap 5-6 tahun terjadi dan ada dokumentasinya. Tapi tidak terlalu besar seperti ini dan masih ada di dalam chanel atau Sungai Dobokurung. Tahun ini debitnya begitu besar sehingga meluap,” urainya di Kampung Doyo Baru, Papua, Minggu (31/3/2019).

Meluapnya debit air itu disebutkannya terjadi lantaran ada perubahan landscape di sekitar kawasan sungai akibat dibangunnya kawasan pemukiman. Sehingga tak bisa lagi menahan aliran sungai saat volumenya berlebih.

Dia lantas membuat dua analisa, langkah yang harus dilakukan ke depannya agar musibah banjir bandang musiman ini tak sampai menghantam pemukiman padat di kawasan hilir.

“Pertama, saya akan analisa cepat untuk mengarahkan kembali air ke aliran sungai aslinya. Kedua, karena material ini masih terbawa jadi kita bikin sabi dam seperti di Merapi. Jadi air mengalir dan material tertahan,” jelasnya.

Langkah lainnya, Menteri Basuki menyatakan bakal merelokasi pemukiman yang berada di wilayah yang berfungsi sebagai penahan aliran sungai lantaran sudah betul-betul membahayakan. 

“Makanya kita harus lihat tata ruangnya seperti daerah-daerah lain. Saya akan relokasi cari tempat yang aman,” ujar dia.

Casemiro Dukung Langkah Real Madrid Beli Eder Militao

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Brasil Casemiro menilai kompatriotnya di timnas Brasil Eder Militao memang layak bermain bersama Real Madrid mulai musim depan.

Hingga pertengahan musim ini, Militao berstatus sebagai defender milik FC Porto. Namun pada pertengahan bulan Maret ini, ia resmi beralih status menjadi milik Madrid. 

Los Blancos dikabarkan membelinya dengan bandrol sekitar 50 juta euro. Ia pun diberi kontrak jangka panjang yang akan membuatnya berdiam diri di Santiago Bernabeu hingga tahun 2025.

Akan tetapi untuk saat ini, ia masih bermain untuk Porto. Ia baru akan pindah ke Real Madrid pada bulan Juli 2019 mendatang.

Casemiro dan Militao berasal dari Brasil. Keduanya baru saja bermain bersama Selecao melawan Panama di laga uji coba. Pertandingan itu berakhir imbang 1-1.

Usai laga tersebut, Casemiro mengungkapkan komentarnya terkait perekrutan kompatriotnya tersebut. Ia memuji Real Madrid yang berhasil memenangkan perburuan bek 21 tahun tersebut.

Ia juga memuji Militao sebagai bek yang hebat. Maka dari itu ia pantas gabung Los Blancos.

“Saya harus memberi selamat kepada Real Madrid karena mengontraknya karena setengah dari Eropa menginginkannya,” katanya, melalui AS.

“Militao telah mendapatkan hak untuk bermain di klub terbaik di dunia dan ia akan sangat disambut musim depan,” seru Casemiro.