Kepala BNPB Ingatkan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengingatkan masyarakat terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah minim air. Dia mengingatkan soal pentingnya mitigasi bencana.

“Bangsa kita harus mencari solusi untuk mengatasi karhutla yang melibatkan masyarakat yang juga dalam bagian pentahelic,” ujarnya dalam acara gelar peralatan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2019).

Dia pun menjelaskan sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kobaran api menjalar dalam ranah perhutanan. Di antaranya adalah fakror alam dan non-alam.

“Penyebabnya adalah faktor alam, non alam manusia yang tidak sengaja, dan faktor non alam yang disengaja bakar oleh manusia. Hal ini yang harus BNPB ditindaklanjuti,” katanya menandasi.

Mantan Sesjen Wantannas ini mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk menghemat listrik dan air bersih. Dia juga mengimbau agar mengurangi sampah pelastik.

Menurutnya, BNPB penting bekerja dengan jujur untuk meraih kepercayaan masyarakat. “Kita bangun kepercayaan publik. BNPB menjadi lembaga yang layak dijadikan contoh dan menjadi yang terbaik,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Peringatan BMKG

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memperingati potensi kebakaran hutan di wilayah Sumatera, khususnya Riau. Hal tersebut dikarenakan kurangnya intensitas hujan.

“Kondisi kurang hujan di wilayah-wilayah tersebut didukung oleh kondisi troposfer bagian tengah yang didominasi kelembapan udara yang relatif rendah. Ini sesuai dengan peta prediksi spasial anomali radiasi balik matahari gelombang panjang (OLR),” kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dikutip dari laman BMKG, Jumat 22 Febuari 2019. (rifqi aufal sutisna)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pendaftaran UTBK 2019 Dibuka Hari Ini, Cek Jadwal dan Persyaratan Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta – Mulai 2019 ini, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dan mulai hari ini, Jumat (1/3/2019), pendaftaran UTBK dibuka.

Dilansir dari laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT www.ltmpt.ac.id, pendaftaran ujian UTBK sebagai syarat mengikuti SBMPTN 2019 ini akan dibuka hingga 1 April 2019.

Namun, dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang pertama 1–24 Maret 2019 dan gelombang kedua 25 Maret–1 April 2019.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C 2017, 2018, dan 2019.

Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK maksimal dua kali, dengan ketentuan, UTBK kelompok sains dan tekhnologi (saintek) satu kali dan kelompok sosial dan hukum (soshum) satu kali, atau kelompok saintek dua kali, atau kelompok soshum dua kali.

Kemudian, peserta yang ingin mengikuti tes satu kali dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua.

Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama 13 April–4 Mei 2019 dan gelombang kedua 11–26 Mei 2019.

Peserta yang ingin mengikuti tes UTBK dua kali, harus mendaftarkan diri pada gelombang pertama dan gelombang kedua. Sehingga, peserta yang mendaftar pada gelombang kedua, hanya dapat mengikuti satu kali tes pada 11–26 Mei 2019.

Persyaratan mengikuti UTBK ada tiga yaitu, siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada 2019 atau peserta didik Paket C 2019, lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C 2017 dan 2018, serta membayar biaya UTBK.

Biaya pendaftaran UTBK sebesar Rp 200.000 setiap mengikuti tesnya dan dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.

Apabila sudah membayar, maka uang tersebut tidak dapat ditarik kembali oleh peserta ujian UTBK dengan alasan apapun. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

2 dari 4 halaman

Tahapan dan Waktu Tes UNBK

Tahapan UNBK ini yang pertama adalah peserta wajib mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.

Kedua, mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Ketiga, peserta membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran paling lambat 1×24 jam, kecuali bagi pendaftar Bidikmisi.

Keempat, peserta melakukan login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.

Terakhir, peserta mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Untuk jadwal UTBK 2019 akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu sebanyak 10 kali atau setiap hari terdapat dua sesi tes, yaitu pagi dan siang sebanyak 20 sesi (kecuali hari libur nasional).

Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama 13 April–4 Mei 2019, khusus Tuna Netra 4 Mei 2019 pukul 07.30-11.45 WIB dan gelombang kedua 11–26 Mei 2019, khusus Tuna Netra 25 Mei 2019 pukul 07.30-11.45 WIB.

Pengumuman hasil UTBK adalah paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

3 dari 4 halaman

Jenis Tes dan Kelompok Ujian UTKB

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TPS digunakan mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Kemudian TKA digunakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Sedangkan kelompok ujian UTBK terbagi menjadi dua, yaitu sains dan tekhnologi atau saintek serta sosial dan humaniora atau soshum.

Kelompok ujian saintek dengan materi ujian TPS dan TKA saintek, yaitu Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Kemudian, kelompok ujian soshum dengan materi ujian TPS dan TKA soshum, yaitu Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Theresa May: Inggris akan Keluar dari Uni Eropa Sesuai Jadwal

Liputan6.com, London – PM Inggris Theresa May menyatakan bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa dengan perjanjian yang menguntungkan, sesuai jadwal bulan depan.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (1/3/2019) Perdana Menteri Theresa May mengatakan hari Rabu (27/2) bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa sesuai jadwal bulan depan, walaupun ada isyarat ia akan memungkinkan diadakannya pemungutan suara untuk menunda langkah Brexit itu.

May agaknya setuju dengan tekanan dari partai konservatif, dan akan mengizinkan pemungutan suara untuk menunda keluarnya Inggris tanggal 29 Maret dari Uni Eropa, kalau DPR tidak setuju.

Tapi May secara pribadi menentang ditundanya batas waktu itu dan mengatakan Inggris akan tetap keluar dari Uni Eropa kalau DPR berani dan tegas.

Kata May dalam tulisan yang dimuat harian Daily Mail, perundingan dengan Eropa untuk mengubah syarat-syarat Brexit supaya bisa diterima oleh DPR “telah mulai mendapat hasil.”

Parlemen Inggris dengan perbandingan suara yang sangat besar bulan lalu menolak perjanjian yang dicapai May dengan Uni Eropa, tentang jaminan untuk tetap membuka perbatasan

Inggris di Irlandia Utara dengan Irlandia, yang merupakan anggota Uni Eropa.

Tapi Uni Eropa mengatakan perjanjian yang dicapai dengan Inggris itu tidak bisa diubah lagi, walaupun perunding Eropa terus mengadakan pertemuan dengan jaksa agung Inggris tentang perbatasan dengan Irlandia itu hanyalah suatu langkah sementara.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Upaya Theresa May

Kemarin, Theresa May setuju bahwa DPR harus diberi kekuasaan lebih luas untuk mencegah anggota yang pro-Uni Eropa keluar dari pemerintahannya.

Ia mengatakan bahwa DPR akan mengadakan pemungutan suara sebelum tanggal 12 Maret. Kalau DPR menolak, akan diadakan pemungutan suara lagi untuk menentukan apakah Inggris akan keluar dari Uni Eropa atau menundanya selama tiga bulan lagi.

Langkah May itu membuat marah para anggota DPR yang pro-Brexit, yang khawatir tiap penundaan akan menjurus pada tidak jadinya Inggris keluar dari kelompok itu.

Kelompok yang setuju dengan Brexit mengatakan, perjanjian tentang perbatasan dengan Irlandia itu akan terus mengikat Inggris dengan perjanjian perdagangan Eropa, dan karenanya tidak akan bisa membuat perjanjian baru dengan negara lain.

Wu Yajun, Bekas Teknis Pabrik yang Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Liputan6.com, New York – Saat ini Wu Yajun memiliki kekayaan sebesar USD 8,3 miliar dan menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia.

Namun ternyata Wu Yajun dulunya hanya bekerja menjadi seorang teknisi pabrik yang mendapatkan gaji hanya USD 16 atau Rp 225 ribu per bulannya (Kurs USD 1 = Rp 14.064).

Dilansir dari laman Business Insider, Wu menghabiskan waktu bertahun-tahun bekerja di sebuah pabrik dan sempat menjadi jurnalis sebelum mendirikan Longfor Properties, perusahaan pengembangan real estat yang menghasilkan USD 10,7 miliar pada 2017. 

Berdasarkan laporan Forbes, ia mengundurkan dari Longfor dan menyerahkan sebagian sahamnya kepada putrinya pada November lalu.

Mungkin banyak orang yang berpikir bagaimana bisa yang awalnya hanya mendapatkan gaji tidak lebih dari Rp 225 ribu per bulannya, dan saat ini menjadi wanita terkaya di China.

Berikut ini merupakan rekam jejak Wu Yajun hingga menjadi seorang salah satu wanita terkaya di dunia yang dilansir pada laman Business Insider:

2 dari 3 halaman

Bekas Pekerja Pabrik

Seperti yang telah disebutkan, Wu merupakan salah satu pendiri Longfor Properties, sebuah perusahaan pengembangan properti yang saat ini dikenal Longfor Group Holdings. Ia menjadi CEO selama enam tahun, dan menjadi ketua dewan di perusahaan tersebut sejak 2007 hingga 2018.

Perusahaan ini telah beroperasi di 47 kota di Hong Kong, dan menghasilkan pendapatan USD 10,7 miliar pada 2017.

Namun, pada November lalu Wu mengundurkan diri sebagai CEO dan menyerahkan 44 persen sahamnya kepada putrinya yang baru berusia 20 tahun, Cai Xinyi.

Menurut Bloomberg’s Billionaires Index, Wu adalah salah satu wanita mandiri paling kaya di dunia. Wanita yang lahir pada 1964 di Chongqing, China ini ternyata tidak lahir dengan kaya raya.

Setelah lulus dari Northwestern Polytechnical University di Xi’an, Wu yang saat itu berusia 16 tahun sudah ditugaskan untuk bekerja di pabrik milik negara, dan ia bekerja di pabrik ini selama empat tahun dengan gaji hanya USD 16 setara Rp 225 ribu per bulannya.

Lalu, pada 1988 ketika berusia 24 tahun, Wu berganti profesi menjadi seorang jurnalis real estat di China Shirong News Agency selama lima tahun. Dari sinilah hidup Wu sudah mulai berubah, pada 1993 setelah ia membeli apartemen pertamanya, ternyata ia mengalami hal-hal yang kurang berkenan dari apartemen tersebut. 

3 dari 3 halaman

Dirikan Perusahaan

Ini menjadi salah satu pendorong baginya untuk mendirikan Longfor Properties bersama suaminya, Cai Kui. Longfor merupakan perusahaan pengembang properti pertama di China.

Pada 1997, Longfor menjual proyek perumahan pertamanya di Chongqing dengan harga USD 157 per meter persegi dan ini menjadi harga termahal dua kali lipat dari yang ada.

Lalu, Wu menjabat sebagai CEO sejak 2005 hingga 2011. Pada 2012, ia menjadi wanita terkaya di China, dan di tahun yang sama perceraiannya terjadi. Ini membuatnya kehilangan hampir 40 persen sahamnya seharga USD 3 miliar.

Namun pada 2017, kekayaan Wu kembali tumbuh. Ia kembali berada di urutan ketujuh dalam daftar perempuan miliarder global dengan kekayaan mencapai USD 4,6 miliar dan saat ini ia berada di peringkat ke-enam miliarder wanita terkaya berdasarkan Bloomberg.

Meskipun menjadi wanita keenam terkaya, namun inii tidak membuatnya menjadi congkak. Wu terkenal dengan kebijaksanaanya dan rendah hatinya.

Penguatan Dolar AS Turunkan Harga Emas

Liputan6.com, London – Harga emas turun mendekati level terendah dalam dua minggu dipicu penguatan Dolar Amerika Serikat (AS) dan data ekonomi AS yang lebih kuat dari prediksi. Ini membuat harga emas di jalur penurunan bulanan pertama dalam lima bulan terakhir.

Melansir laman Reuters, Jumat (1/3/2019), harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi USD 1.314 per ons, setelah mencapai titik terendah USD 1.312,43, terlemah sejak 15 Februari. Adapun emas berjangka AS turun 0,4 persen menjadi USD 1.316,1 per ounce.

“Emas lebih banyak didorong oleh data saat ini. Kami memiliki data produk domestik bruto (PDB) yang lebih baik dan itu adalah pendorong terbesar untuk mundurnya emas. Emas terluka oleh kenaikan dolar setelah rilis data,” kata Phil Streible, Ahli Strategi Komoditas Senior RJO Futures di Chicago.

Dolar menguat versus enam mata uang utama lainnya, setelah laporan Departemen Perdagangan AS menunjukkan kenaikan tahunan sebesar 2,6 persen dalam produk domestik bruto untuk kuartal keempat.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PDB akan tumbuh 2,3 persen di kuartal keempat.

Data PDB yang kuat datang setelah Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan bank sentral tidak terburu-buru untuk memutuskan kenaikan suku bunga di masa depan.

“Dari sudut pandang teknis, penurunan di bawah USD 1.320 dapat membuka ruang untuk penurunan lebih lanjut ke posisi USD 1.300, area yang kemungkinan akan menghentikan skenario bearish jangka pendek,” kata kepala analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa dalam sebuah catatan.

Investor juga tetap memantau ketegangan antara India dan Pakistan yang terlibat dalam serangan balasan, dan perkembangan pembicaraan perdagangan AS-China.

Emas dianggap sebagai aset yang aman selama masa ketidakpastian ekonomi atau politik.

Di antara logam mulia lainnya, harga paladium naik 0,9 persen menjadi USD 1.542 per ons, setelah mundur dari puncaknya sepanjang masa di USD 1.565,09 yang diskalakan pada awal pekan ini. Logam ini mencatat kenaikan persentase bulanan terbesar sejak November 2016.

“Palladium adalah bitcoin logam. Setiap kemunduran akan menjadi peluang pembelian daripada peluang penjualan, ”kata Eli Tesfaye, ahli strategi pasar senior untuk broker RJO Futures di Chicago.

Sementara harga perak turun 1 persen menjadi USD 15,58 per ounce dan turun sekitar 3 persen untuk bulan ini, terlemah sejak Agustus.

Harga platinum naik 0,3 persen menjadi USD 867, setelah mencapai level tertinggi sejak 7 November di USD 876 pada awal sesi. Harga juga menandai kenaikan bulanan terbesar sejak Januari 2018, setelah naik lebih dari 5 persen.

Ketegangan Perdagangan AS-China Berlanjut Bawa Harga Minyak Jatuh

Liputan6.com, New York – Harga minyak mentah dunia turun dipicu berlanjutnya ketegangan perdagangan AS-Cina. Hal lainnya, tanda-tanda perlambatan ekonomi China dan India serta berita melonjaknya produksi AS melemahkan batas produksi minyak OPEC.

Melansir laman Reuters, Jumat (1/3/2019), harga minyak patokan global Brent untuk April berakhir turun 36 sen, atau 0,5 persen, menjadi USD 66,03 per barel. Sementara harga minyak Brent kontrak Mei turun 27 sen, atau 0,4 persen, menjadi USD 66,31.

Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman April naik 28 sen, atau 0,5 persen, menjadi USD 57,22 per barel.

Pada Februari, harga minyak mentah AS naik 6,4 persen dan minyak mentah Brent naik 6,6 persen. Harga telah dinaikkan sejak Januari oleh pemotongan pasokan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya seperti Rusia – sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +.

Aktivitas pabrik di China, importir minyak terbesar di dunia, menyusut untuk bulan ketiga pada Februari karena pesanan ekspor turun pada laju tercepat sejak krisis keuangan satu dekade lalu.

Ekonomi India kehilangan momentum pada kuartal terakhir 2018, mengurangi tingkat pertumbuhan tahunan menjadi 6,6 persen, laju paling lambat dalam lima kuartal dan jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan.

“Masalah energi akan membutuhkan bantuan besar dari kenaikan ekuitas dan / atau beberapa pelemahan berkelanjutan dalam Dolar AS jika WTI mampu mengangkat jauh di atas angka USD 58,” ujar Jim Ritterbusch, Presiden Ritterbusch and Associates, dalam catatannya.


Survei Reuters terhadap 36 ekonom dan analis mengindikasikan pesimisme yang tumbuh tentang prospek kenaikan harga yang signifikan tahun ini, memperkirakan Brent akan rata-rata USD 66,44 pada 2019, sedikit lebih rendah dari perkiraan Januari.

“Dalam jangka pendek, pasar minyak akan ditandai dengan ketatnya pasokan di pasar internasional. Namun, selama sisa 2019, kenaikan harga minyak duduk tidak sesuai dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi di pasar utama,” ujar Edward Bell dari Emirates NBD. 

Presiden AS Donald Trump pada hari Kamis memperingatkan jika dirinya bisa meninggalkan perjanjian perdagangan dengan China, bahkan ketika penasihat ekonominya memuji kemajuan “fantastis” menuju kesepakatan untuk mengakhiri perselisihan dengan negara Asia tersebut.

Amerika Serikat dan China telah memberlakukan tarif untuk barang-barang satu sama lain senilai ratusan miliar dolar, yang mengguncang pasar keuangan.

Harga minyak mentah juga terseret oleh berita bahwa produksi minyak AS melonjak lebih dari 2 juta barel per hari (bph) dalam satu tahun terakhir menuju rekor 12,1 juta bph pekan lalu.

Sementara impor minyak dari Arab Saudi dan Venezuela ke AS turun tajam, membantu menurunkan cadangan minyak mentah komersial AS sebesar 8,6 juta barel pada minggu lalu.

Kini Pelunasan Biaya Haji Bisa Lewat ATM dan Diwakili Keluarga

Jakarta – Jemaah haji 2019 kini sudah bisa melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) lewat ATM. Setoran BPIH non-teller ini diharap memberi manfaat bagi jemaah.

“Inovasi pelunasan BPIH non teller (ATM, internet banking, mobile banking) sangat membantu jemaah yang mengalami kesulitan dalam proses pembayaran misalkan terkendala waktu maupun jarak,” tutur Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, seperti dikutip dari laman Kementerian Agama, Kamis (28/2/2019).

Yanis menyampaikan hal itu dalam Rapat Teknis Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler di Hotel Aston Bogor, Rabu (27/2). Rapat itu diikuti seluruh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).
Yanis menambahkan, pelunasan BPIH tidak harus dilakukan jemaah yang bersangkutan. Pihak keluarga dapat membantu pelunasan BPIH melalui rekeningnya.

“Pola pembayaran non-teller memungkinkan bagi anak yang akan membayarkan pelunasan BPIH orang tuanya dari tempat yang berbeda,” kata Yanis.

Kepada para Kepala Bidang PHU, Yanis juga meminta untuk disiapkan berbagai hal menyangkut pelunasan BPIH. Dia menyebutkan bahwa penetapan jemaah haji berhak lunas BPIH tahun ini sudah diumumkan sejak 25 Februari 2019.

Namun khusus bagi provinsi yang membagi kuotanya menjadi kuota kabupaten/kota, Yanis mengingatkan bahwa jemaah berhak lunas BPIH belum dilakukan penetapan karena menunggu Keputusan Gubernur. Dia meminta para Kepala Bagian PHU dari provinsi yang belum selesai proses pembagian kuota kabupaten/kota segera menetapkan.

“Diharapkan dalam waktu dekat sudah selesai prosesnya,” kata Yanis.

Yanis juga menyampaikan, bagi jemaah yang pernah haji akan dikenakan biaya visa progresif oleh pihak Arab Saudi. Besarnya biaya visa progresif sebesar 2.000 riyal yang akan dibayarkan jemaah bersamaan dengan pelunasan BPIH.

Kebijakan Arab Saudi lainnya berupa rekam biometrik sebagai syarat penerbitan visa, mantan Kepala Kanwil Kemenag Gorontalo ini meminta agar dipersiapkan dengan baik oleh Bidang PHU.

“Arab Saudi berjanji akan menambah jumlah kantor VSF Tasheel di berbagai wilayah,” pungkasnya.
(jbr/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pasangan yang Sering Gunakan 1 Kata Ini Terbukti Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Perlu banyak usaha untuk mewujudkan hubungan cinta yang langgeng. Salah satunya melalui cara komunikasi pasangan.

Kata-kata memiliki dampak besar bagi hubungan. Pilihan kata yang tepat akan mampu membuat sebuah hubungan bertahan lama.

Sains membuktikan, pemilihan kata yang digunakan seseorang mencerminkan proses berpikir serta bagaimana dia memperlakukan pasangannya. Kata-kata juga bisa jadi ukuran seberapa puas seseorang dengan hubungan yang dimiliki.

Melansir laman Times of India, Kamis (28/2/2019) pasangan yang menggunakan kata ganti “kita” akan lebih bahagia dengan hubungan mereka dibandingkan pasangan yang lebih sering menggunakan kata ganti orang tunggal yakni “aku” atau “saya”. Temuan tersebut berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of California.

Para peneliti di University of California, Amerika Serikat, melakukan meta-analisis terhadap 30 studi dengan topik tersebut serta melibatkan lebih dari 5.000 partisipan. Para penulis studi secara cermat mempelajari kebiasaan, tingkat kebahagiaan para pasangan dalam hubungan, serta kesehatan fisik dan mental mereka. 



Saksikan juga video berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Hubungan yang lebih erat

Hasil studi menunjukkan, individu yang mendengar pasangannya menggunakan kata ganti “kita” dikaitkan dengan perasaan bahagia serta hubungan yang fungsional.

Ini karena kata “kita” menunjukkan suatu keterikatan dalam hubungan serta tanda pasangan saling mendukung satu sama lain. Kata “kita” juga merupakan bukti bisu bahwa pasangan selalu mengingat Anda ketika berbicara tentang hubungan serta benar-benar berbagi hidup dengan Anda.

6 Bos dengan Gaji Paling Fantastis di Dunia, Siapa Saja?

Liputan6.com, New York – Menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan besar memang sudah sepatutnya mendapatkan gaji yang besar. Besarnya tanggung jawab membuat para bos ini pantas gaji dengan angka fantastis.

Tahukah Anda ternyata ada beberapa bos dari seluruh dunia yang memilki gaji dengan angka bombastis.

Mau tahu siapa saja mereka dan seberapa banyak yang mereka dapatkan? Berikut merupakan 6 bos yang mendapatkan gaji sangat tinggi dilansir dari laman Love Money:

6. Frank Bisignano – USD 102,2 juta atau Rp 1,43 triliun

Setelah menciptakan Apple Pay pada 2014, ia mendapatkan bayaran yang sungguh fantastis yaitu mencapai USD 102,2 juta setara Rp 1,43 triliun.

5. Hock E Tan – USD 103,2 juta atau Rp 1,45 triliun

Hock E Tan, CEO Broadcom, perusahaan yang berbasis pada teknologi global ini mendapatkan gaji mencapai USD 103,2 juta setara Rp 1,4 triliun sejak 2017.

2 dari 3 halaman

4. Eric E Schmidt – USD 108 juta atau Rp 1,51 triliun

Mantan CEO Google, Eric E Schmidht telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan Silicon Valey hingga bisa menjadi sebesar ini. Saat ini, ia pun memegang posisi sebagai Penasihat Teknis di perusahaan induk Google, Alphabet Inc, setelah mengundurkan dari Google pada Januari 2018.

Selain itu, Schmidt juga salah satu pendiri Innovation Endeavours, sebuah perusahaan modal ventura yang telah berhasil mengumpulkan USD 676,5 juta.

3. Larry J Ellison – USD 109 juta atau Rp 1,53 triliun

Larry J Ellison, salah satu orang terkaya di Amerika setelah menjalankan perusahaan IT sukses sejak 1982. Meskipun gajinya saat ini telah turun 47 persen dari gaji sebelumnya.

Namun gajinya saat ini masih menjadi gaji terbesar ketiga yang diterima oleh CEO di dunia, mencapai USD 109 juta setara Rp 1,5 triliun. Selain itu, berdasarkan Forbes, saat ini kekayaan bersihnya mencapai USD 61,1 miliar.

3 dari 3 halaman

2. Nikesh Arora – USD 128 juta atau Rp 1,8 triliun

Presiden dan CEO Palo Alto Network, Nikesh Arora memiliki gaji sebesar USD 128 juta atau Rp 1,8 triliun. Angka ini menjadi salah satu gaji tertinggi yang pernah ada di AS.

Namun ternyata ini tidaklah seberapa besar, karena ia sempat menjadi eksekutif Google dengan bayaran tertinggi pada 2012.

1. Tim Cook – USD 136,3 juta atau Rp 1,9 triliun

Tim Cook, CEO Apple memiliki gaji yang sangat mengejutkan yaitu 283 kali lebih banyak daripada rata-rata karyawan Apple pada 2018. Tim mendapatkan gaji pokok mencapai USD 136,3 juta setara Rp 1,9 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.065).

Namun dengan adanya rumor, Apple akan mengurangi beberapa produknya maka ini akan membuat gajinya akan menurun pada 2019. Bos besar Apple ini merencanakan untuk mengamalkan sebagian kekayaannya ketika ia meninggal.