4 Wajah Baru Rasa Lama di Lini Belakang Timnas Indonesia

Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, membawa 22 pemain ke Yangon untuk menjalani laga persahabatan internasional kontra Myanmar yang akan digelar Senin (25/3/2019). Dalam tim kali ini, ia memanggil empat pemain bertahan yang sudah lama tidak memperkuat Timnas Indonesia, setidaknya dalam dua tahun terakhir.

Setelah membawa pemain-pemain yang dipanggilnya mengikuti pemusatan latihan di Australia dan Bali, Simon McMenemy akhirnya memilih 22 pemain yang dibawanya ke Yangon.

Dari kesemuanya, pelatih kelahiran Skotlandia itu membawa enam pemain untuk mengisi lini pertahanan Timnas Indonesia.

Laga persahabatan kontra Myanmar menjadi laga internasional pertama Tim Garuda pada 2019. Seperti yang sudah terjadi sebelumnya, laga pertama seorang pelatih Timnas Indonesia akan menjadi tolok ukur ke depannya.

Apalagi konsentrasi tim ini adalah untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA dan sebagai persiapan untuk kualifikasi Piala Dunia dan Asia.

Hal tersebut membuat Simon harus sangat berhati-hati dalam memilih pemain terbaik yang dibawanya untuk memperkuat Tim Merah-Putih. Nama-nama beken yang pernah membela Timnas Indonesia beberapa tahun lalu pun kembali mendapatkan kesempatan untuk berseragam Tim Garuda.

Sejumlah pemain senior tersebut sejak awal dibawa oleh Simon sebagai pengimbang pemain muda yang juga memang disukainya.

Pengalaman dan jam terbang para pemain senior tentu menjadi faktor penting untuk mengangkat mentalitas tim yang juga diisi oleh para pemain muda yang juga memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk berseragam Timnas Indonesia.

Setiap lini pun terlihat bagaimana perpaduan antara pemain berpengalaman dan pemain baru, seperti Andritany Ardhiyasa dan Teja Paku Alam di bawah mistar gawang.

Kemudian ada juga di lini depan, di mana nama lama Greg Nwokolo kembali hadir mendampingi Dedik Setiawan yang baru berpengalaman untuk membela Tim Garuda dan Ilija Spasojevic yang dalam dua tahun terakhir sempat menjadi pilihan di lini depan Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Bola.com membahas kehadiran 4 pemain dari total enam pemain bertahan, yang kembali hadir di Timnas Indonesia setelah beberapa tahun terakhir absen membela Tim Garuda.

Pogba Diprediksi Bertahan Lama di MU

 (AP/Martin Rickett)

Pogba adalah pemain binaan akademi MU dan ia sempat mengikuti sesi latihan di tim senior pada era Berbatov di Old Trafford.

“Saya ingat Pogba datang untuk bermain dengan tim utama, berlatih bersama kami. Dia hanya menikmati berada di Manchester dan berteman baik dengan tim utama dan ketika Anda bahagia, Anda puas.”

“Dia menyebabkan kegemparan dalam latihan perdana. Dia jangkung, atletis, mudah mendapatkan bola dari saya, mencegahnya dan membuat saya gugup.”

“Saya tahu saya harus menganggap orang ini serius karena dia punya sesuatu. Anda bisa melihat dari awal bahwa dia memiliki kemampuan teknis, visi permainan, di mana posisi dirinya dan sekarang Anda dapat melihat hasilnya. Pogba adalah salah satu yang terbaik di dunia,” Berbatov menambahkan.

Muslim di Selandia Baru Sudah Lama Jadi Sasaran Supremasi Kulit Putih

Christchurch

Menteri Hukum Selandia Baru Andrew Little mengakui rencana penanganan kelompok ekstremis supremasi kulit putih belum rampung ketika terjadi serangan teror di Christchurch pekan lalu.

Sasaran Kebencian:

  • Masyarakat Muslim berharap pihak berwajib memantau kelompok ekstremis supremasi kulit putih di Selandia Baru
  • Mantan politisi membenarkan adanya kelalaian pihak intelijen
  • Respon masyarakat Selandia Baru atas serangan teror memulihkan kepercayaan diri umat Islam di sana

Dalam wawancara dengan media setempat, Andrew Little menjelaskan baru pada tahun lalu pihak Security Intelligence Service (SIS) melakukan penanganan kelompok kanan yang mulai bermunculan.

Pernyataan Menteri Little tidak mengejutkan umat Islam di Selandia Baru. Mereka selama ini sudah merasakan bahwa ancaman kelompok nasionalis kulit putih belum ditangani secara baik.

Seorang warga keturunan Eritrea Ibrahim Omer menyatakan, umat Islam terlalu diawasi oleh pihak berwajib, sedangkan kelompok ekstrimis kulit putih pada umumnya diabaikan.

Menurut dia, jika komentar-komentar pelaku penembakan tersebut disampaikan oleh orang Islam, pihak berwajib pasti akan menanggapinya secara serius.

“Saya yakin orang Islam yang berkomentar [soal kekerasan] seperti dia pasti akan mendapat masalah,” katanya kepada ABC.

A man standing in front of a table with a sombre expression.
Warga Selandia Baru asal Eritrea Ibrahim Omer menilai umat Islam terlalu diawasi sementara ekstremis supremasi kulit putih diabaikan. (ABC News: Tobias Hunt)

Menurut Omer, sudah banyak warga Muslim melapor ke polisi karena menjadi sasaran ekstremis supremasi kulit putih di Kota Wellington dan sekitarnya. Baik pelecehan secara online maupun di jalanan.

Dia mengaku mendengar banyak orang Islam setempat yang dikejar-kejar kelompok supremasi kulit putih yang penuh kebencian dan rasis.

“Sejumlah wanita juga diteriaki agar pulang kembali ke negara asalnya,” ujar Omer.

“Kadang juga jilbab mereka ditarik sampai lepas,” katanya.

“Kami sudah tahu ada masalah sebelum serangan itu. Tapi kami tak menyangka akan sebesar ini,” tambahnya.

Hal ini dialami warga keturunan Somalia Adam Awad. Dia pindah ke Selandia Baru sejak 2001 dan kini dikaruniai empat anak.

Awad berharap kelompok supremasi kulit putih di Selandia Baru mendapat pengawasan lebih ketat.

“Kebencian mereka sangat kuat. Hal ini sudah rahasia umum di Wellington dan di seluruh negeri ini,” ujanrya.

“Kami menjadi sasaran. Diteriaki ‘kembali ke tempat asalmu’. Anak-anak dan keluargaku banyak mengalaminya,” kata Awad.

Menurut Awad, orang-orang tersebut hidup secara terbuka di sekitar mereka.

“Mereka melecehkan orang di supermarket, bahkan di tempat olahraga,” katanya.

Pelecehan ini, katanya, juga sudah sering disampaikan sejumlah jamaah masjid.

“Orang Islam dimonitor secara agresif, tapi para ekstremis sayap kanan tidak diawasi,” ujarnya.

A man sitting in a living room with a smile on his face.
Mantan politisi Peter Dunne mendesak perlunya evaluasi terhadap badan intelijen Selandia Baru. (ABC News: Tobias Hunt)

Mantan politisi Peter Dunne menyatakan perhatian terhadap aktivitas kelompok ekstremis sayap kanan sangat kurang selama ini.

“Saya tak mengatakan mereka tidak diawasi. Tapi sejauh ini belum pernah ada laporan tentang hal itu,” katanya.

Meski demikian, Ibrahim Omer mengaku masih memiliki kepercayaan pada masyarakat Selandia Baru.

“Ketika jadi sasaran kebencian, saya bertanya-tanya apakah masih akan tinggal di Selandia Baru karena saya kira orang-orang seperti itu ada di mana-mana,” katanya.

“Kemudian hal ini terjadi. Kami melihat reaksi masyarakat sini, dukungan mereka. Mereka datang ke masjid dan menangis,” tuturnya.

“Mereka yang belum pernah berhubungan dengan orang Islam atau melihat masjid sama sekali, datang ke masjid, menangis bersama kami, berduka dengan kami,” kata Omer.

Hal itu, katanya, yang menjadikan dirinya yakin masih adanya toleransi masyarakat Selandia Baru.

Ikuti juga berita lainnya dari ABC Australia.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Melempar Telur ke Politisi Sudah Lama Jadi Tradisi di Australia

MelbourneRekaman video aksi remaja asal Melbourne mengepruk telur ke kepala Senator Fraser Anning telah menyebar ke seluruh dunia. Tapi di Australia, hal seperti itu bukan yang pertama kalinya terjadi.

Politisi kontroversial selalu ada di setiap era. Dan melemparinya dengan telur, sayuran atau buah busuk, sudah menjadi ungkapan protes politik sejak lama.

“Melempari politisi dengan telur jelas punya tradisi di Australia,” ujar sosiolog Julie Conway kepada ABC.

Dia merujuk ke peristiwa di tahun 1917, ketika Perdana Menteri Billy Hughes saat itu melakukan kunjungan di Kota Warwick, Queensland.

Sang perdana menteri sedang berpidato tentang perlunya wajib militer, yang banyak ditentang, ketika dua bersaudara Pat dan Bart Brosnan, melemparinya telur.

Kedua pelaku merupakan keturunan Irlandia dan sepupu mereka merupakan nenek dari sosiolog Julie Conway.

“Hughes menggunakan insiden pelemparan telur itu untuk menjelek-jelekkan orang Australia keturunan Irlandia,” kata Conway.

Usai dilempari telur, konon PM Hughes memerintahkan seorang polisi setempat agar menangkap pelaku, namun polisi tersebut malah menjawab “Anda tidak memiliki yurisdiksi di sini”.

PM Hughes begitu geramnya sehingga belakangan dia membentuk satuan kepolisiannya sendiri, Angkatan Kepolisian Persemakmuran, yang jadi cikal-bakal Kepolisian Federal Australia (AFP).

PM Hughes sudah beberapa kali dilempari telur busuk sebelumnya. Karena itu konon dia selalu membawa pistol untuk berjaga-jaga.

Lemparan telur dari Brosnan bersaudara begitu kerasnya sampai membuat topi koboi yang dikenakan PM Hughes terlempar dari kepalanya.

Untung saja ketika kejadian sang perdana menteri lupa membawa pistolnya, karena secara tak sengaja ketinggalan di kereta api yang membawanya ke sana.

Menurut Conway, ada kesamaan antara apa yang terjadi di tahun 1917 dan 2019.

“Bahasa yang digunakan oleh politisi pada tahun 1917 hari ini digunakan untuk menjelekkan warga Muslim Australia dan para pencari suaka,” katanya.

“Pasti ada cara lebih baik untuk mengekspresikan diri. Leluhur saya itu tidak suka menulis, maka telur jadi cara mengekspresikan pendapat mereka,” paparnya.

Dalam dunia politik Australia di dekade kedua abad ke-20 tersebut, benda-benda yang dilemparkan dalam demonstrasi politik sangat beragam. Ada juga yang melemparkan kentang. Tapi telur selalu jadi favorit.

Conway berpendapat bahwa pelemparan telur merupakan ekspresi dari sikap mengabaikan dan menghina.

“Jelas itu penghinaan kepada Billy Hughes di tahun 1917. Dia politisi yang sangat memecah-belah masyarakat,” ujarnya.

Insiden Warwick tahun lalu diperingati dengan berbagai atraksi, mulai dari peragaan ulang pidato perdana menteri hingga perlombaan telur-dan-sendok.
Portrait photo of a man in a suit and a fancy hat walking along the sidewalk with a cigar in his mouth.
Perdana Menteri Australia ke-7 Billy Hughes, dilempari telur saat berpidato tentang wajib militer.
(Supplied: Libraries Australia)

Setelah kejadian yang menimpa Senator Fraser Anning di Melbourne, polisi setempat menyatakan akan memeriksa semua pihak terkait, baik pelaku maupun sang senator.

Namun remaja usia 17 tahun tersebut mendapat banyak dukungan bukan hanya di Australia tapi juga dari seluruh dunia.

Ada yang bahkan menawarinya mobil Ferrari dan diajak liburan ke Turki dengan fasilitas liburan bintang 5.

Di dalam negeri, dia diusulkan mendapat pengharagaan Australian of the Year. Website penggalangan dana baginya sejauh ini telah mengumpulkan $ 47.000 (Rp 470 juta).

Dr Tim Dean, pakar filsafat dari University of Sydney, menyatakan sebaiknya kita hati-hati jangan sampai menolerir segala bentuk kekerasan politik, terlepas seberapa kecilnya.

Dia mengatakan meski pernyataan Senator Anning harus dikecam, namun kekerasan seharusnya hanya digunakan sebagai pertahanan atau jika tidak ada alternatif lain.

Dr Dean menjelaskan meski melempari politisi dengan telur jadi tradisi politik, namun sebenarnya jarang mencapai tujuan yang konstruktif.

Profesor John Uhr, pakar politik dari Australian National University, menyebutkan remaja Melbourne itu bertindak gegabah dengan mengeprukkan telur ke kepala Anning.

Padahal, jika dilemparkan dari jarak tertentu, katanya, tindakan ini akan tampak kurang keras.

“Secara harafiah dia itu memukul si senator,” kata Profesor Uhr kepada ABC.

Namun dia menjelaskan pujian banyak pihak untuk tindakan remaja yang dijuluki “Egg Boy” itu jelas terkait dengan reputasi senator Anning sendiri.

Ikuti juga berita lainnya dari ABC Indonesia



(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Identifikasi Korban Lama, Ethiopian Airlines Beri Tanah Untuk Dikuburkan

Addis AbabaUnited Nations workers mourn their colleagues during a commemoration ceremony for the victims at the scene of the Ethiopian Airlines Flight 302 plane crash, near Addis Ababa, Ethiopia Keluarga dan kolega mengunjungi lokasi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ET-302 di Addis Ababa, Ethiopia. (Reuters)

Maskapai Ethiopian Airlines menawarkan sekantung tanah dari lokasi jatuhnya pesawat ET-302 sebagai pengganti 157 penumpang yang tewas, untuk dikuburkan pihak keluarga.

Tanah dari lokasi jatuhnya pesawat Boeing 737 Max-8 tersebut telah dipersiapkan untuk upacara pemakaman di Addis Ababa, yang digelar Minggu (17/3), demikian laporan Kantor berita Reuters.

Otoritas setempat menyebut keluarga bisa menunggu hingga enam bulan hingga seluruh korban bisa diidentifikasi.

Beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah memberlakukan larangan terbang bagi Boeing 737 Max-8, setelah jatuhnya ET-302 pada 10 Maret.

Ini merupakan insiden kedua yang melibatkan pesawat jenis tersebut, setelah jatuhnya JT-610 dari Maskapai Lion Air di perairan Indonesia, tahun lalu.

Menteri transportasi Ethiopia Dagmawit Moges mengatakan pada Sabtu (17/03) dibutuhkan “waktu yang lama” bagi tim penyelidik untuk menemukan penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

“Investigasi dengan magnitudo sebesar itu membutuhkan analisis yang cermat serta waktu penyelidikan yang cukup lama untuk menghasilkan sesuatu yang konkret,” ujar Moges dalam konferensi pers.

Keluarga korban pesawat ET-302 diminta menyediakan sampel DNA untuk diserahkan ke kantor Ethiopian Airlines, baik di Addis Ababa, atau di kantor cabang lainnya di seluruh dunia.

Adapun sertifikat kematian akan diterbitkan dalam waktu dua minggu mendatang.

Candles burn during a commemoration ceremony for the victims at the scene of the Ethiopian Airlines Flight 302 plane crash, near Addis Ababa, Ethiopia Keluarga membakar lilin di lokasi jatuhnya pesawat ET-302 di Addis Ababa, Ethiopia. (Reuters)

“Tanah itu ditawarkan sebagai pengganti karena sulit mengidentifikasi bagian tubuh jenazah dan menyerahkannya kepada pihak keluarga,” kata salah seorang kerabat korban. “Tapi kami akan terus menunggu hingga kami mendapatkan jenazah ataupun bagian tubuh orang yang kami cintai.”

Sebanyak 157 penumpang dari 30 negara berada dalam penerbangan ET-302 dari Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya.

Investigasi penyebab kecelakaan tersebut kini dilakukan tim penyelidik gabungan dari seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat dan Prancis.

Kotak hitam pesawat, yang terdiri dari rekaman data penerbangan (FDR) dan rekaman suara kokpit (CVR), telah ditemukan dan tim penyelidik berharap bisa menemukan titik terang dari tragedi tersebut.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kongres AS Heran FAA Butuh Waktu Lama Untuk Larang Boeing 737 MAX

Washington DC – Kongres Amerika Serikat (AS) mempertanyakan mengapa Otoritas Penerbangan Federal (FAA) harus menunggu sangat lama untuk memutuskan mengandangkan pesawat-pesawat Boeing 737 MAX di wilayah AS. FAA telah dijadwalkan untuk memberi penjelasan langsung kepada anggota-anggota Kongres AS, pekan ini.

FAA dalam pernyataannya menyatakan, perintah grounded Boeing 737 MAX pada Rabu (13/3) waktu setempat didasari ‘bukti baru yang dikumpulkan di lokasi dan dianalisis hari ini’ dan ‘data satelit yang baru disempurnakan’ yang sebelumnya dikutip Kanada saat memutuskan melarang Boeing 737 MAX terbang di wilayahnya.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (14/3/2019), FAA tidak mengungkapkan lebih lanjut ‘bukti baru’ yang disebutnya. Hanya disebutkan bahwa ‘bukti baru’ itu merupakan ‘kepingan yang hilang’ yang menyelaraskan rekam jejak dua kecelakaan fatal pesawat Boeing 737 MAX 8 sejak Oktober tahun lalu.


Selama beberapa dekade ini, sebut Reuters, AS memimpin dunia dalam keselamatan penerbangan bahkan seringkali menetapkan standar yang kemudian diadopsi negara-negara lain. FAA menuai kritikan tajam dari para anggota parlemen AS yang mempertanyakan mengapa FAA menunggu sangat lama untuk meng-grounded Boeing 737 MAX.

Dua sumber yang memahami isu ini mengatakan kepada Reuters, bahwa para pejabat FAA dijadwalkan menyampaikan penjelasan langsung kepada para anggota parlemen AS pada Kamis (14/3) waktu setempat.

“Ini telah menjadi sangat jelas bagi kita bahwa tidak hanya (Boeing) 737 MAX harus di-grounded tapi juga harus ada penyelidikan yang teliti soal mengapa pesawat, yang memiliki sistem keselamatan kritis yang tidak tersedia pada model sebelumnya, disertifikasi tanpa membutuhkan latihan pilot tambahan,” tegas Ketua Komisi Transportasi dan Infrastruktur House of Representatives atau DPR, Peter DeFazio, dari Partai Demokrat.

Pelaksana Tugas Administrator FAA, Dan Elwell, dalam pernyataannya menyatakan keyakinan pada sertifikasi Boeing 737 MAX.

Komisi Perdagangan Senat AS juga berencana menggelar audiensi dengan FAA pada awal April mendatang. Senator Texas, Ted Cruz, dari Partai Republik menyatakan niatnya ‘untuk menyelidiki kecelakaan-kecelakaan ini, mencari faktor-faktor penyebab dan memastikan industri penerbangan AS sebagai yang teraman di dunia’.

Kanada, negara tetangga AS, melarang Boeing 737 MAX terbang di wilayah udara mereka sejak Rabu (13/3) waktu setempat. Negara-negara Uni Eropa melarangnya sejak Selasa (12/3) waktu setempat. China dan beberapa maskapai lainnya memerintahkan larangan terbang untuk Boeing 737 MAX hanya beberapa jam setelah kecelakaan Ethiopian Airlines terjadi di Addis Ababa pada Minggu (10/3) lalu.

Presiden AS Donald Trump baru mengumumkan larangan terbang untuk Boeing 737 MAX pada Rabu (13/3) waktu setempat. Usai pengumuman itu, maskapai-maskapai AS seperti United Airlines, American Airlines dan Southwest Airlines, yang memiliki Boeing 737 MAX langsung menghentikan operasional untuk model pesawat tersebut.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kembali Bela Persib setelah Lama Cedera, Dado Mengaku Canggung

Liputan6.com, Bandung – Dedi Kusnandar sukses memainkan “come back“-nya dengan gemilang bersama Persib Bandung di ajang Piala Presiden 2019. Selasa (12/3) di laga terakhir Grup A, yang disiarkan Indosiar, Persib menang besar 4-0 atas Perseru Serui.

Empat gol Persib masing-masing dicetak dua pemain baru asal PSMS Medan: Erwin Ramdani, Frets Butuan, Henhen Herdiana, dan tendangan penalti penyerang asal Chad, Ezechiel N’Douassel.

Dado, panggilan Dedi masuk di babak kedua, menggantikan bintang muda Beckham Putra Nugraha. Dedi mengaku sempat canggung, mungkin karena sudah lama sekali tidak merumput.

“Ya, (canggung) pasti ada. Apalagi belum pernah main di uji tanding, langsung ke ajang resmi. Satu dua menit pertama masih belum terasa klop. Tapi, setelah mendapatkan sentuhan bola Alhamdulilah semuanya berjalan seperti biasa,” kata Dedi di situs resmi Persib.

Bagi Dedi, laga Persib lawan Perseru itu adalah pertandingan pertamanya setelah lima bulan absen merumput lantaran cedera. Dedi mengalami cedera patah tulang fibula pada kompetisi musim lalu.

Sandy Tumiwa Terjerat Sabu, Butuh Berapa Lama untuk Rehabilitasi?

Jakarta – Penyalahgunaan sabu seolah sangat sulit diberantas. Setelah aktor Sandy Tumiwa tertangkap karena mengonsumsi Sabtu, baru-baru ini 2 anggota TNI ditangkap diduga bawa sabu di Bandara Soekarno-Hatta.

Pelaku penyalahgunaan narkoba, selain berhadapan dengan hukum, juga akan berhadapan dengan proses rehabilitasi. Menurut peneliti dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction (IMAN) lamanya proses rehabilitasi tidak bisa diperkirakan. Beberapa faktor yang menentukan durasi proses adalah kondisi lingkungan dan psikologis pengguna.

“Pada beberapa kasus pengguna yang cenderung depresi, narkoba ternyata digunakan untuk mengobati diri sendiri. Artinya, jika dia merasa tidak nyaman langsung konsumsi narkoba. Proses rehabilitasi penggunaan narkoba yang sudah jadi kebiasaan ini tidak bisa singkat,” kata dr Hari pada detikHealth.

Proses rehabilitasi tak hanya mengeluarkan dampak buruk (detoksifikasi) akibat penggunaan narkoba. Proses ini juga membantu pemulihan kondisi emosi dan jiwa pengguna yang mengakibatkannya terjerat narkoba. Termasuk keberanian melepaskan diri dari tekanan atau contoh lingkungan sekitar yang menggunakan narkoba.

Terkait kondisi psikologis, dr Hari menjelaskan ada 2 faktor yang menyebabkan seseorang menggunakan narkoba. Mereka umumnya ingin feel good dan feel better dengan mengonsumsi narkoba. Pengguna yang ingin feel better biasanya sudah punya masalah hingga akhirnya kecanduan narkoba.

(up/up)

Nyeri Leher dan Punggung Karena Terlalu Lama Mengemudi, Lakukan Olahraga Sederhana Ini!

Liputan6.com, Jakarta Masalah utama yang sering dihadapi para pengguna kendaraan bermotor yang terjebak kemacetan dan berlama-lama duduk di kursi kemudi adalah nyeri punggung dan leher. Hal ini tak boleh dianggap remeh, karena sakit pinggang yang berkepanjangan jika tidak diatasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Resiko terburuknya jika berkepanjangan dan dibiarkan dapat menyebabkan kelainan tulang punggung yang nantinya bisa berimbas pada saraf kejepit.

Oleh karena itu, selain memperhatikan posisi duduk yang benar dan kenyamanan kursi kemudi. Penting sekali untuk melakukan olahraga atau sekedar peregangan otot-otot tubuh agar tidak kaku dan berdampak nyeri punggung maupun leher. Berikut beberapa gerakan olahraga untuk meredakan gejala nyeri punggung dan leher yang muncul karena terlalu lama duduk dan mengemudi.

Latihan leher

1. Duduklah tegak, kemudian putar kepala ke arah kanan. Tahan selama lima detik. Ulangi untuk arah kiri.

2. Duduklah lurus dan pandangan mata ke depan. Miringkan kepala ke arah kanan sampai Anda merasa otot leher meregang. Tahan selama lima detik, kemudian ulangi lagi di sisi lainnya.

3. Gerakkan kepala ke bagian atas. Tahan selama lima detik. Kemudian kepala menunduk sasakan adanya peregangan di bagian belakang kepala dan leher. Tahan lima detik, ulangi lima kali.

Latihan punggung

1. Duduklah dengan posisi tubuh yang santai di dalam mobil. Kemudian mulailah menunduk perlahan-lahan menuju ke arah kaki. Tahan lima detik dan luruskan kembali tubuh Anda sampai lurus menempel ke kursi. Ulangi prosesnya beberapa kali.

2. Duduklah tegak kemudian atur napas dengan baik. Saat menarik napas, kencangkan perut Anda ke arah tulang belakang. Pastikan punggung tetap lurus. Tahan lima detik. Hembuskan napas dan lepaskan perut ke posisi semula. Ulangi lima kali.

3. Remas otot bokong Anda untuk mengaktifkan sirkulasi darah. Selain itu cara ini juga akan meredakan mati rasa dan nyeri pinggang. Tahan lima detik dan ulangi lima kali.

Selain dua latihan tersebut, Anda juga perlu latihan tubuh dan lengan. Ambil sikap tubuh yang tegak kemudian putar tubuh ke satu arah. Tahan lima detik kemudian ulangi ke arah lainnya.

Letakan tangan Anda di kemudi dan luruskan siku. Lakukan gerakan menarik dan mendorong seperti sedang push-up. Lakukan dalam lima hitungan. Ulangi sesuai kebutuhan Anda.

Tips lain supaya tidak mengalami nyeri punggung dan leher akibat terlalu lama duduk dan mengemudi adalah dengan tidak terlalu sering mengendarai mobil sendiri. Manfaatkanlah transportasi umum untuk mobilitas Anda sehari-hari. Jika transportasi umum dirasa kurang nyaman, Anda bisa mengandalkan transportasi online. 

Untuk yang transportasi online, Anda bisa mengandalkan Grab. Perusahaan Ride Hailing menghadirkan diskon menarik hingga 70% untuk semua layanan yang diberikan Grab. Diskon ini hadir dalam rangka perayaan status Grab yang menjadi startup level decacorn pertama di Asia Tenggara. 

Decacorn adalah sebutan bagi startup yang nilai perusahannya (valuasi) di atas US$10 miliar atau setara Rp 140 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000). Valuasi level decacorn 10x lipat dari level unicorn (US$1 miliar). Dalam laporan CB Insight hingga Januari 2019, sudah ada lebih dari 300 unicorn di seluruh dunia. Namun baru ada 15 perusahaan yang menyandang status sebagai decacorn. Grab menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara dengan valuasi kisaran 11 miliar dolar AS.

Pencapaian luar biasa Grab sebagai decacorn ini pun tak lepas dari para pengguna setia, mitra pengemudi, dan rekan merchant yang sama-sama bergerak maju demi kehidupan yang lebih baik. Grab dianggap memiliki kualitas pelayanan baik, harga terjangkau dan penggunaan waktu yang efisien. Bukan hanya menawarkan jasa perjalanan, Grab kini menjadi Everyday SuperApp yang memperluas bisnisnya ke pengiriman makanan, dokumen atau paket barang, hingga hiburan.


(Adv)

Lama Vakum, Jonas Brothers Eksis Lagi dengan Penampilan Glamor

Liputan6.com, Jakarta – Trio bersaudara Jonas Brothers sempat sibuk sendiri-sendiri selama enam tahun demi karier solo dan keluarga. Kini, mereka sedang bersiap untuk muncul lagi dengan karya terbarunya.

Kabar ini disampaikan secara langsung oleh Jonas Brothers pada Kamis (28/2/2019). Joe, Nick, dan Kevin Jonas mengumumkan bahwa mereka siap untuk meluncurkan single berjudul “Sucker”.

Melihat akun Instagram resmi Jonas Brothers, sebuah teaser lagu “Sucker” telah diunggah. Sekilas, tampak ketiga personel Jonas Brothers mengenakan busana jas. Tampak formasi dalam video tersebut adalah Joe sang vokalis diapit oleh Kevin dan Nick yang bermain gitar. Konsep videoklip serta busana yang mereka kenakan, menampakkan kesan glamor yang jarang diusung band satu ini.

Rencananya, lagu comeback Jonas Brothers ini bakal didengarkan kepada para penggemarnya secara serempak pada Sabtu (2/3/2019) dini hari waktu setempat.

2 dari 3 halaman

Hello Again

Sebelum video teaser diunggah, Jonas Brothers juga sudah mengumumkan rencana mereka kembali ke kancah musik internasional. Terdapat tulisan “Hello Again” yang dihiasi oleh hujan potongan kertas atau konfeti.

Fans pun tentu sangat antusias dengan kemunculan kembali Jonas Brothers di dunia musik. Di media sosial, banyak penggemar mereka yang mengaku sudah tak sabar untuk melihat aksi tiga bersaudara satu ini.

3 dari 3 halaman

Berkeluarga

Jonas Brothers yang pertama kali muncul pada 2005, memutuskan bubar pada 2013. Seperti disampaikan sebelumnya, mereka beralasan ingin lebih berfokus sebagai musikus solo sambil membina keluarga masing-masing.

Kevin saat ini menjadi ayah dua anak, Joe telah bertunangan dengan aktris Sophie Turner, sementara Nick telah menikah dengan Priyanka Chopra.