Minta Pembakar Kotak Suara Dihukum, BPN: Kalau Dibiarkan yang Lain Ikutan

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meminta polisi menindak pelaku pembakaran kotak suara di beberapa daerah. Pelaku mesti disanksi agar timbul efek jera.

“Harus (tindak tegas), kalau satu ditindak yang lain mikir, kalau dibiarkan yang lain ikutan, merasa di-backing polisi,” ucap Jubir BPN Prabowo-Sandiaga Irfan Yusuf Hasyim, saat dihubungi detikcom, Senin (22/4/2019).

Sampai saat ini, ada tiga laporan kotak suara terbakar. Kejadian Jambi, dan Maluku Tenggara yang diduga dilakukan caleg. Sementara di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat masih belum dipastikan disengaja atau tidak.

Gus Irfan merasa ada yang janggal dengan kasus pembakaran ini. Terlebih, salah satu kasus kebakaran kotak suara berada di Sumatera Barat yang menjadi basis pemenangan Prabowo-Sandiaga.
“Pertama Sumbar, itu siapa menang? Makanya, kenapa dibakar? Itu pertanyaan. Apa tindakan dari pemerintah atau KPU atau polisi? Kita belum dengar ada tindakan tertentu,” kata Irfan.

KPU menyerahkan kepada polisi terkait penyelidikan kotak suara terbakar di gudang kotak Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. KPU berharap polisi segera mengungkap motif pembakaran kotak suara itu.

“Ya kita serahkan ke kepolisian apa kira-kira motifnya. Apakah memang ada motif politik atau tidak atau memang benar-benar kecelakaan murni, kita serahkan kepada pihak kepolisian untuk kemudian melakukan penyidikan dan memastikan bahwa ini apa sebetulnya yang terjadi di belakang kebakaran di gudang di Pesisir Selatan,” kata komisioner KPU Ilham Saputra di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

Peristiwa di Jambi, pembakaran 15 kotak surat suara DPRD terjadi di Sungai Penuh. Polisi bergerak cepat dan menangkap tiga orang pelaku yang terdiri dari seorang caleg PDIP berinisial KS (53), seorang panwascam berinisial R (31), dan seorang lagi PNS berinisial ER (55) yang masih jadi saksi.

PDIP menegaskan akan memberi hukuman pemecatan terhadap caleg KS jika terbukti melakukan pembakaran kotak suara tingkat DPRD tersebut.

“Tadi diskusi di fraksi bahkan ada yang mengusulkan harus langsung dipecat, karena membakar dokumen negara. Dokumen ini penting untuk mendukung kebijakan real count PDIP sendiri dan KPU. Jadi menurut kami ini serius kesalahannya,” kata Sekretaris Bidang Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari, kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/4).

Sementara di Maluku Tenggara, 15 kotak suara dibakar oleh sejumlah orang. Kotak suara itu dibakar pada Jumat (19/4). Peristiwa itu terjadi di Desa Waduar, Kecamatan Kei Besar Selatan. Pelaku penggerakan massa diduga seorang caleg.

Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa mengatakan, tindakan pembakaran 15 kotak suara merupakan tindakan pidana dan segera diproses. Royke menegaskanpelakunya akan diproses hukum,

“Di Maluku Tenggara ada yang dibakar kotak suara itu pidana dan akan diproses,” kata Royke, kepada wartawan di Ambon, Senin (22/4).
(aik/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BPN: Langkah Bupati Madina Sebaiknya Diikuti Bupati Pro-Jokowi Lain

JakartaBupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution mengajukan pengunduran diri karena capres petahana Joko Widodo (Jokowi) kalah di wilayahnya. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melihat banyak bupati yang mendukung Jokowi, sebaiknya mereka juga meniru Dahlan.

“Sebaiknya diikuti oleh bupati-bupati di Sumatera Barat, karena hampir semua bupati di Sumatera Barat mendukung Jokowi, dan semua orang tahu. Di situ moral publiknya,” kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Daulay, kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Saleh merupakan caleg PAN Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara II yang meliputi Mandailing Natal. Namun dia tahu bahwa bupati-bupati di Sumatera Barat banyak yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, dan perolehan suara Pilpres 2019 di Sumatera Barat berdasarkan hitung cepat sejauh ini dimenangkan Prabowo-Sandiaga Uno.
Sebanyak 11 Kepala Daerah di Sumatera Barat dan band Slank, tampil dalam kampanye pasangan Jokowi-Amin di Padang, Sumatera Barat, 9 April 2019 lalu. Mereka mendukung Jokowi untuk lanjut 2 periode.
Saleh tak menilai kerja-kerja pelayanan di daerah bakal terganggu bila para bupati mundur. Soalnya, masih ada wakil bupati, asisten, kepala dinas, dan jajarannya.

“Kalau bupati mundur bukan berarti kerja administrasi berhenti,” kata Saleh.

Namun Saleh setuju dengan pemanggilan Kemendagri terhadap Dahlan Hasan Nasution. Keterangan yang sebenarnya soal latar belakang permohonan undur diri dapat digali langsung.

“Menurut saya itu layak dipanggil, dimintai keterangan langsung, ditanya apa sebabnya, apakah dia sungguh-sungguh atau hanya syok saja,” kata Saleh.

(dnu/fdu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Masjid Lain di Cilandak Ini Juga Jadi Sasaran ‘Teror’ Gambar Kemaluan

Jakarta – Sebuah masjid di kawasan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan juga menjadi sasaran aksi vandalisme oleh orang tidak dikenal. Sama dengan yang terjadi di Masjid Jami’ Al-Hikmah, Masjid Jami’ Nurul Fallah itu juga dicoret dengan gambar kemaluan.

Seorang warga bernama Mansur (60) mengungkap peristiwa itu terjadi subuh tadi. Dia mengaku sempat bertemu dengan pelaku di depan masjid.

“Saya lagi diri di depan masjid, saya nengok ke utara, terus nengok ke selatan ada orang nyoret-nyoret,” kata Mansur kepada wartawan di lokasi, Kamis (18/4/2019).

Mansur mengatakan, coretan itu berupa gambar kemaluan pria yang disemprot dengan menggunakan pylox warna merah. Sekilas, cara penggambarannya mirip dengan gambar yang ada di Masjid Jami’ Al-Hikmah.

“Ada tiga (titik gambar), di pintu masjid, di samping pintu masjid sama di tiang masjid,” katanya.

Mansur mengatakan di dalam masjid saat itu ada jamaah. Namun, ketika dia berniat masuk ke dalam masjid, dia bertemu dengan pelaku yang langsung menghardiknya.

“Saya mau kasih tahu yang di dalam masjid, lalu dia menghampiri, (pelaku mengatakan) ‘mau marah ya, marah ya’,” tuturnya.

Mansur tidak berani menjawab pelaku. Tidak lama setelah itu, pelaku pergi.

Menurut Mansur, pelaku melakukan aksinya seorang diri. Pelaku datang dengan menggunakan motor.

Pantauan detikcom, gambar kemaluan di dinding dan pintu kaca masjid sudah dihapus. Lokasi masjid ini sendiri berjarak sekitar

(mea/mea)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

4 Pemain Barcelona yang Bersinar di Klub Lain

Gerard Deulofeu memutuskan kembali ke Barcelona pada musim panas 2017 lalu. Namun, ia masih menghadapi masalah yang sama tidak bisa meyakinkan pelatih untuk memakai jasanya secara reguler.

Karena jarang bermain, Deulofeu kemudian dipinjamkan ke Watford pada Januari 2018. Namun, status pemain asal Spanyol itu kemudian menjadi permanen pada akhir musim setelah ditebus dengan biaya yang kabarnya mencapai 13 juta euro.

Musim ini, Deulofeu tampil cukup bagus untuk Watford dengan mencetak tujuh gol dan membuat lima assist dari 25 pertandingan di Premier League. Kontribusi terbaiknya terjadi pada semifinal FA Cup melawan Wolves di mana ia masuk dari bangku cadangan untuk membalikkan defisit dan membawa The Hornts ke final.

6 Zodiak yang Selalu Menyalahkan Orang Lain

Liputan6.com, Jakarta – Setiap orang memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang santai, mudah diajak bergaul, menyenangkan, hingga tidak plin-plan. Di sisi lain, selalu ada saja orang dengan kebiasaan buruk seperti kerap menyalahkan orang lain.

Menariknya, hal tersebut dapat diketahui dari zodiak yang menaunginya. Sikap tersebut tentu membuat hubungan antar personal tidak nyaman dan mudah timbul pertengkaran juga perpecahan.

Lantas, mana saja zodiak yang disebut kerap menyalahkan orang lain? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti melansir yourtango.com, Kamis, 11 April 2019 di bawah ini.

1. Aquarius

Zodiak Aquarius tidak pernah sekali pun berpikir bahwa tidak dapat melakukan apa saja kepada orang lain karena dapat menyebabkan gangguan. Jadi, ketika tiba-tiba hubungan diuji, selalu hanya karena kesalahan pihak lain.

Pribadi ini menemukan kesalahan orang lain kecuali diri sendiri. Jika ada yang menyalahkan mereka, zodiak ini akan mengabaikannya.

2. Gemini

Zodiak ini tidak bertanggung jawab atas tindakannya sendiri tetapi siap menyalahkan siapa pun. Mereka hanya akan menghargai kemenangannya seorang diri.

Gagal di Kualifikasi Olimpiade, Timnas Wanita Bidik 2 Target Lain

Jakarta – Timnas Wanita Indonesia dipastikan tak akan berlaga di Olimpiade 2020 setelah menyelesaikan putaran kedua kualifikasi dengan tanpa satu poin pun di Myanmar. Zahra Musdalifah dkk. harus menelan tiga kekalahan dalam fase kualifikasi tersebut, mulai dari 0-2 dari India, 0-6 dari tuan rumah Myanmar, dan 1-2 dari Nepal.

Tak punya waktu banyak untuk larut dalam kegagalan, timnas wanita segera kembali melakukan pemusatan latihan untuk mempersiapkan diri tampil di Piala AFF Wanita 2019.

Dalam turnamen yang diselenggarakan di Thailand pada 14-27 Agustus itu, Timnas Wanita Indonesia berada di Grup B dan lagi-lagi akan menghadapi Myanmar, di samping menghadapi Vietnam dan Kamboja.

“Pemain yang saat ini ada merupakan 20 pemain terbaik yang kami miliki. Namun, masih ada agenda lain pada tahun ini, yaitu Kejuaraan AFF Wanita dan SEA Games 2019, di mana kami harus mempersiapkan hal ini secara matang,” ujar pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rully Nere.

Namun, Rully Nere juga menegaskan kemungkinan terjadinya perubahan komposisi pemain setelah timnya gagal di putaran kedua kualifikasi Olimpiade 2020. Rencananya, dari 20 pemain yang ada, akan ada empat di antaranya yang akan dicoret dan tidak mengikuti pemusatan latihan berikutnya.

“Dari 20 pemain yang ada bisa saja tidak semua kembali terpilih. Namun, harus saya akui ada beberapa pemain yang akan saya terus pertahankan untuk menghadapi dua agenda tersebut,” tegas pelatih timnas itu.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Berita video penjelasan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, soal langkah dalam pembinaan pemain yang nantinya berujung target Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2030.

Sulit Hentikan Messi, Legenda MU Punya Cara Lain Redam Barcelona

Jakarta – Bagaimana cara Manchester United (MU)mengalahkan Barcelona? Topik itu menguat belakangan ini, terutama jelang Setan Merah mendapat giliran menjamu Barcelona di leg pertama perempat final Liga Champions 2018-2019.

Manchester United akan lebih dulu jadi tuan rumah dalam laga yang akan dimainkan di Old Trafford, Kamis dini hari WIB (11/4/2019). Mengalahkan tim tamu di kandang sendiri jelas bukan sebuah kemustahilan buat MU, namun diyakini juga tak akan mudah digapai.

Lantas apa yang bisa dilakukan Setan Merah untuk mendulang kemenangan atas Barcelona dengan skor aman di leg pertama ini? Dwight Yorke mungkin punya jawabannya untuk MU.

Yorke cukup objektif menyikapi peluang klub yang membuat namanya melambung itu. Ia menilai sangat sulit buat Manchester United menghentikan sosok utama di tim lawan, Lionel Messi.

“Saya rasa kami tak akan bisa menghentikan Messi. Saya pikir Anda harus berkonsentrasi dengan pertandingan. Saya pikir kami harus bermain dengan permainan yang mendekati sempurna untuk mengatasi Barcelona,” ujar Yorke seperti dikutip dari situs resmi Manchester United.

“Kami tahu bisa tak diragukan lagi, Messi disebut pemain terbaik di dunia dalam generasi kami, dan ketika Anda memiliki mental semacam itu, itu akan suliit,” lanjutnya.

“Tapi saya rasa jika kami memainkan tim secara kolektif dan bermain untuk potensi kami, bahkan dengan kehebatan Messi, saya pikir kami mungkin memiliki keunggulan dari mereka,” imbuhnya.

https://www.vidio.com/watch/1613765-lawan-lawan-manchester-united-hingga-akhir-musim?channel_id=30348724

Bek Atletico Madrid Tak Menampik Tawaran Klub Lain

Liputan6.com, Jakarta Filipe Luis ingin memperbarui kontraknya dengan Atletico Madrid musim panas ini. Meski begitu, ia juga belum menutup pintu ke opsi lain.

Pemain berusia 33 tahun ini, akan mengakhir kontrak di Wanda Metropolitano musim panas ini. Bek Atletico Madrid ini kemudian dikait-kaitkan dengan kepindahan ke Barcelona musim panas ini.

Barcelona ingin merekrut Filipe sebagai pengganti Jordi Alba. Tapi, awal pekan ini juga muncul laporan yang mengklaim klub Brasil Flamengo telah melakukan pendekatan untuk bek sayap.

“Ada kontrak dengan Atletico [Madrid] dan ide saya adalah memperbarui perjanjian itu,” kata Luis kepada Globo Esporte.

“Tapi, saya belum menutup pintu untuk opsi lain, saya terbuka untuk mendengarkan tawaran dari tempat lain jika klub tertarik pada saya, tetapi saya belum mendengar dari Flamengo.”

Reaksi Heboh Neymar usai Coutinho Nutmeg Filipe Luis

Jokowi Pamer Urus Izin 3 Jam Kelar, di Daerah Lain Lagi Ceritanya

Jakarta – Sejak awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu mendorong kemudahan dalam perizinan usaha. Berbagai cara sudah dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi pelaku dunia usaha.

Kini Jokowi terus membanggakan mudahnya urus izin usaha. Salah satu yang dibanggakan adalah program online single submission (OSS) atau perizinan online terpadu.

Melalui OSS, izin yang dulunya memakan waktu hingga berbulan-bulan bahkan tahunan bisa dipercepat dalam hitungan jam.

Dunia usaha mengakui terobosan perizinan yang dilakukan pemerintah itu. Namun program itu masih jauh dari kata sempurna. Pelaku usaha menilai masih ada kekurangan dalam program tersebut.

(das/ang)

Kasus Suap Kepala KPP Ambon, Jaksa Telusuri Keterlibatan Pihak Lain

Jakarta – Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK memastikan pengusutan kasus dugaan tindak pidana suap pajak di KPP Pratama Ambon tidak sebatas melibatkan Kepala KPP Pratama Ambon nonaktif, La Masikamba dan pegawai kantor pajak Ambon, Sulimin Ratmin yang menerima suap dari wajib pajak Anthony Liando.

“Fakta-fakta persidangan selama ini menjadi bahan untuk menganalisa bahwa perlu kami ungkap lebih jauh lagi, jadi tidak hanya sebatas sampai di La Masikamba atau Anthony Liando saja, tetapi pihak-pihak lain pun yang melakukan hal serupa,” kata JPU KPK, Takdir Suhan di Ambon, dilansir Antara, Jumat (5/4/2019).

Takdir mengatakan semasa proses persidangan, muncul fakta-fakta di mana masih ada pihak lain yang turut berperan aktif sebagai pemberi maupun penerima suap hingga penerima transfer dana.


Sebelumnya, terhadap Anthony Liando dan Sulimin Ratmin telah divonis tiga tahun penjara. Anthony berperan selaku pemberi dan Sulimin sebagai penerima suap.

Kemudian masih ada enam pengusaha lain yang namanya tidak termasuk dalam 13 nama WP juga hadir dalam persidangan sebagai saksi karena terbukti ikut memberikan suap kepada terdakwa La Masikamba.

Bahkan tiga dari enam pengusaha ini bukan merupakan wajib pajak di wilayah KPP Pratama Ambon karena berasal dari luar daerah, tetapi terbukti mentransfer ratusan juta rupiah ke terdakwa melalui rekening Muhammad Said.

“Makanya fakta-fakta persidangan ini akan kami dalami lebih jauh lagi untuk mengungkap peran pihak-pihak lain,” ungkap Takdir.
(yld/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>