El Clasico di Laga Puncak IBL 2018-2019

Liputan6.com, Jakarta – IBL Pertamax 2018-2019 akan segera rampung. Partai final menghadirkan laga klasik antara dua rival abadi, Stapac melawan juara bertahan Satria Muda. Gim pertama berlangsung 21 Maret 2019 di kandang Satria Muda, Britama Arena Jakarta.

Final IBL akan kembali memakai format best of three. Tim yang memenangi dua laga akan menjadi juara. Gim kedua dan ketiga digelar di markas Stapac yang bermarkas di C’Tra Arena Bandung.

“Laga final gim dua dan tiga akan dimainkan di Bandung. Karena di Jakarta banyak tempat yang sudah di booking terlebih dahulu. Begitu juga di Yogyakarta, sudah penuh,” kata bos Stapac, Irawan Haryono.

Duel Stapac melawan Satria Muda di final IBL bakal menjadi penentuan siapa terhebat diantara kedua klub. Satria Muda dan Stapac sudah pernah bertemu di final sejak era Kobatama sebanyak 10 kali. Rekor pertemuan di final imbang 5-5.

“Laga melawan Stapac selalu seru. Ada pertarungan harga diri. Ini laga klasik antar dua tim besar,” ujar pelatih Satria Muda Youbel Sondakh, yang juga sempat merasakan melawan Stapac saat masih aktif sebagai pemain.

Terakhir kali Stapac bertemu dengan Satria Muda di final terjadi pada 2014 saat kompetisi basket Indonesia masih bernama NBL Indonesia. Saat itu Stapac berhasil menang meski tak diunggulkan.

Beragam Atraksi Menarik di IBL All Star 2018

Laga Kandang Terakhir Musim Reguler ABL, CLS Kalahkan Saigon Heat

SurabayaBTN CLS Knights Indonesia menutup laga kandang musim reguler dengan kemenangan. Menjamu Saigo Heat, CLS menang dramatis 90-91.

Meski sudah memastikan diri lolos ke babak playoff, CLS tetap bermain serius pada laga di GOR Kertajaya, Rabu (13/3/2019). Pasalnya ini adalah laga kandang terakhir mereka di musim reguler ASEAN Basketball League (ABL). Sayangnya, pelatih Brian Rowsom tak bisa ikut mendampingi karena skorsint satu gim.

CLS memulai dengan lambat di kuarter pertama ketika mereka tertinggal 0-7 dan lantas berbalik unggul 14-13. Saling kejar-mengejar skor terjadi di kuarter pertama hingga akhirnya CLS unggul tipis 23-22.

Masuk di kuarter kedua, CLS sempat tersendat perolehan poinnya hingga tertinggal 33-38. Tapi, CLS bangkit lewat dua kali free thrwo Darryl Watkins dan aksi lay-up Brandon Jawato di 32 detik tersisa untuk membawa CLS unggul 47-44. Heat sempat memperkecil ketertinggalan di paruh pertama lagi dengan 46-47.

Laga semakin berjalan ketat di kuarter ketiga ketika skor sama kuat 66-66. Masuk di kuarter keempat, kejar-mengejar angka kembali terjadi sebelum lay-up Douglas Herring Jr di sisa enam detik memberikan kemenangan 91-90 untuk CLS. Ini adalah kemenangan ke-14 CLS selama musim reguler.

Herring JR jadi pemain terbaik dengan torehan 20 poin, tujuh rebound, dan empat assist. Watkins menopang dengan 21 poin dan lima rebound, lalu Brandon Jawato (19 poin), Maxie Esho (17 pooin), dan Wong Wei Long (14 poin). Dari Heat ada De Angelo Hamilton yang menyumbangkan 27 angka disusul Kyle Barone dengan 21 angka.

“Pemain saya tidak pernah menyerah meski sempat tertinggal sembilan poin di akhir kuarter keempat. Saat time out di kuarter akhir 2 menit 40 detik, saya cuma bilang fokus saja ke defense apapun yang terjadi, nyatanya mereka memberikan best effort 100% dan comeback yang sangat luar biasa. Mungkin evaluasinya cuma di masalah konsistensi saja,” ujar asisten pelatih Koko Heru Setyonugroho dalam rilis kepada detikSport.

Selanjutnya CLS akan menyudahi kiprah mereka di regular season ini dengan bertandang ke markas Hongkong Eastern, Jumat (22/3/2019). CLS kini ada di posisi keempat klasemen dengan rekor 14-11 dan sudah mengoleksi empat kemenangan beruntun dari lima gim terakhir.

“Saya bangga dan speechless, ending yang sangat luar biasa menutup partai kandang musim ini. Ada dua pembuktian di sini, yang pertama Wong Wei Long yang saat bermain di Singapura mendapat cemooh dari publik di sana, nyatanya hari ini dia bermain luar biasa. Dua tembakan tiga angkanya mengangkat moral tim, selain itu pembuktian kedua untuk coach Koko, yang dulu juga kerap dikecam dan diremehkan. Dia berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai seorang pelatih muda yang hebat dengan strategi yang tidak mudah ditebak,” papar Christopher Tanuwidjaja selaku Managing Partner CLS Knights.

(mrp/ran)

Juventus vs Atletico Madrid: Rayakan Laga Ke-500, Chiellini Ingin Hasil yang Berkesan

Liputan6.com, Turin – Dini hari WIB nanti, Juventus akan kembali berjuang di Liga Champions. Pada leg kedua yang berlangsung di Allianz Arena, anak asuh Massimiliano Allegri wajib unggul lebih dari dua gol atas Atletico Madrid untuk memastikan tempat di perempat final.

Pasalnya, pada leg pertama lalu, I Bianconeri kalah 0-2 dari lawan yang sama.

Meski bukan laga yang mudah, dukungan dari fans fanatik mereka diharapkan menjadi suntikan semangat tambahan bagi pasukan dari Turin. Ditambah, Juventus dalam tiga laga terakhir belum merasakan kekalahan.

Bagi bek sekaligus kapten Juventus, Giorgio Chiellini ini akan sangat istimewa. Pasalnya, jika dimainkan, ini akan pertandingan ke-500-nya berseragam La Zebrete. Bek Italia itu bergabung bersama Juventus sejak 2005. Dalam 499 penampilannya, ia sukses membubuhkan 35 gol serta 23 assits.

Seperti yang dilansir Football Italia, pemain 34 tahun itu ingin laga nanti menjadi pertandingan yang paling berkesan dalam karier sepak bolanya. Menurutnya, laga Juventus lawan Barcelona merupakan pertandingan dengan kenangan yang terbaik di Liga Champions.

“Saya berharap ini akan menjadi pertandingan yang layak dikenang di antara 500 pertandingan. saya pikir satu kenangan terbaik di Liga Champions adalah menahan imbang 0-0 Barcelona, karena tidak semua dapat clean sheat di Camp Nou. Saya berharap pertandingan nanti akan menjadi yang paling berkesan,” ujar pemain kelahiran Pisa itu.

Laga Pamungkas Piala Presiden 2019, Pedagang Raup Keuntungan

Liputan6.com, Bandung Pertandingan pamungkas fase gugur Grup A Piala Presiden 2019 mempertemukan Tira-Persikabo kontra Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/3/2019).  Kedua tim ingin meraih status juara Grup A.

Pantauan Liputan6.com, untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, berbagai penjuru tribun diisi aparat keamanan yang memang ditugaskan untuk menjaga keamanan, termasuk menjaga suporter Tira Persikabo.

Sementara ratusan suporter Persebaya, Bonek menempati tribun sebelah VVIP. Jumlahnya berbeda ketika Persebaya melawan Persib yang dipadati ribuan bonek. .

Total jumlah penonton seperti diumumkan panpel berjumlah 1.462 orang. Sedangkan jumlah penghasilan pedagang Rp 33,1 juta dengan jumlah pedagang sebanyak 134 orang.

Highlights Piala Presiden 2019, Persebaya Vs Persib 3-2

Persib vs Perseru: Laga Penawar Luka

Liputan6.com, Jakarta – PersibBandung akan memainkan laga terakhir mereka di Grup A Piala Presiden 2019. Mereka akan mengadapi klub kuda hitam Perseru Serui, malam ini di Stadion Si Jalak Harupat.

Seperti diketahui, Persib sudah tersingkir dari turnamen yang disiarkan di Indosiar ini. Di dua laga awal, Tim Maung Bandung selalu menderita kekalahan.

Di pertandingan pertama, Persib dipermalukan Tira Persikabo. Sedangkan di laga kedua, giliran Persebaa Surabaya menghajar mereka 3-2.

Maka itu, kubu Persib tidak akan mau menyia-nyiakan laga ini. Laga lawan Perseru bisa dibilang duel wajib menang demi menjadi penawar luka. Menariknya, hal ini juga berlaku bagi lawan. Sebab, seperti Persib, di dua laga awal, Perseru juga kalah 2-3 dari Persebaya dan Tira Persikabo.

“Kita harus bermain maksimal untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini. Saya sudah bicara dengan semua pemain dan kita siap untuk ambil tiga poin,” kata Miljan Radovic, di situs resmi Persib.

Perseru Ancam Persib di Laga Terakhir Grup A Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Jakarta – Persib Bandung memang telah tersingkir dari ajang Piala Presiden 2019. Namun, Tim Maung Bandung masih menyisakan satu laga lagi di Grup A turnamen yang disiarkan Indosiar ini.

Selasa (12/3), Persib ditantang Perseru Serui di laga terakhir Grup A, di Stadion Si Jalak Harupat. Tentu, kemenangan jadi target setelah kalah di dua laga awal: 1-2 dari PS Tira Persikabo dan 2-3 dari Persebaya Surabaya.

Hanya masalahnya, dipastikan tidak akan mudah bagi Persib menekuk Perseru. Sebab, sang lawan juga punya ambisi serupa: meraih kemenangan di laga terakhir grup.

“Kami harap para pemain bisa bikin Persib kerepotan juga. Karena ini kan udah pertandingan ketiga dan gengsinya juga harus dijaga,” ujar Putu Gede, pelatih Perseru di situs resmi Persib.

Semoga, Putu berharap, hasil yang dicapai sesuai keinginan mereka. “Apapun ajangnya, apapun pertandingannya pemain harus tetap bisa jaga profesionalisme,” ujar Putu Gede, lagi.

Seperti juga Persib, di dua laga awal, tim berjulukanThe Black Orange itu kalah dari lawan-lawannya. Mereka kalah dengan skor 2-3 dari Persebaya dan PS Tira Persikabo.

Demi Liga Champions, Sisa Laga AC Milan Ibarat Final

Liputan6.com, Milan – AC Milan terlibat persaingan sengit memperebutkan tiket Liga Champions musim depan. Untuk itu, mereka harus memperlakukan setiap laga seperti final.

Bek AC Milan Andrea Conti melontarkan hal tersebut jelang duel melawan Chievo Verona, Minggu (10/3/2019) dini hari WIB.

“Kami sudah berada menempati posisi yang kami inginkan sejak saya bergabung. Suporter pun berusaha membantu dengan memberi dukungan pada laga kandang terakhir,” katanya, dilansir Calciomercato.

Memasuki pekan 27 Serie A, AC Milan menempati peringkat tiga dengan raihan 48 angka. Mereka unggul satu nilai atas pesaing terdekat Inter Milan dan empat poin dari penghuni urutan lima AS Roma.

Conti meminta rekannya untuk tidak meremehkan Chievo. Meski lawan terdampar di dasar klasemen dan tidak pernah menang di tujuh partai, dia menilai The Flying Donkey berpotensi mengejutkan.

“Sekarang kami bertamu ke markas Chievo. Kami mesti bertanding layaknya mengikuti final. Penting bagi kami mendapatkan tiga angka dan menjaga mimpi lolos Liga Champions,” tegas Conti.

CEO AC Milan Puji Kinerja Gennaro Gattuso

Momen Sulit Rashford di Laga Melawan PSG: Menunggu Eksekusi Penalti

ParisManchester United ke perempatfinal setelah Marcus Rashford mencetak gol penalti di masa injury time. Menurutnya, momen menunggu untuk mengeksekusi penalti sangat sulit.

MU bertandang ke markas Paris Saint-Germain di Parc de Princes, Kamis (7/3/2019) dinihari WIB, pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, dalam posisi tertinggal 0-2.

Meski main di kandang lawan, MU berhasil menang 3-1. Hasil itu membuat agregat berubah menjadi 3-3, namun Setan Merah berhak ke perempatfinal setelah unggul gol tandang.


Kepastian lolosnya MU didapat pada masa injury time. PSG diganjar penalti setelah tembakan Diogo Dalot mengenai tangan Presnel Kimpembe.

Rashford maju sebagai eksekutor. Arah bola meluncur ke sisi atas gawang Gianluigi Buffon.

“Saya hanya berusaha tetap tenang. Itu adalah hal-hal yang Anda praktikkan setiap hari. Kami mendapat gol dan lolos ke babak berikutnya. Menunggu sebelum (eksekusi penalti) mungkin adalah hal yang paling sulit, tetapi itulah saat-saat Anda bermain,” kata Rashford seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

Eksekusi penalti Marcus RashfordEksekusi penalti Marcus Rashford. (Foto: Julian Finney/Getty Images)

MU bertandang ke markas PSG tanpa banyak pemain berpengalaman. Seperti halnya Paul Pogba, Alexis Sanchez, Jesse Lingard, ampai Juan Mata.

“Segala sesuatu tampaknya melawan kami (sebelum pertandingan), tetapi kami sudah terbiasa dengan itu. Kami menunjukkan bagaimana kami hari ini dan mendapatkan hasil yang kami butuhkan,” tegasnya.

(ran/raw)

Dihantam Cedera, Ini Daftar Laga MU Tanpa Sanchez

Liputan6.com, Jakarta Cedera ligamen lutut memaksa Alexis Sanchez absen hingga 8 pekan ke depan. Ini jadi kabar buruk bagi Manchester United (MU) yang tengah berjuang bangkit dari keterpurukan.

Sanchez mengalami cedera saat MU mengalahkan Southampton, 3-2, Sabtu lalu. Dalam duel di Old Trafford itu, Sanchez yang tampil sebagai starter harus ditarik pada menit ke-52.

Sanchez tampak kesakitan saat meninggalkan lapangan. Pemeriksaan lanjutan kemudian menunjukkan kondisi sebenarnya di mana Sanchez harus absen antara 6-8 pekan ke depan. 

Ini berarti, Sanchez akan kehilangan sebagian besar pertandingan MU musim ini. Selain sejumlah laga di Premier League, pemain Chile itu juga harus melewatkan babak perempat final FA Cup melawan Wolves yang dijadwalkan berlangsung pada 16 April mendatang. 

“Kami bicara dengannya pada hari Minggu dan dia menjalani tes dan benar-benar mengalami cedera,” kata Pedro Onate, kinesiologis timnas Chile kepada El Mercurio dilansir Metro. 

“Tidak, tidak ada masalah baginya untuk pulih saat Copa America sebab dia tidak akan bermain antara enam sampai delapan pekan. Tapi bisa saja Alexis kembali sebelum tenggat itu. Distensi ligamen medial adalah cedera yang merepotkan, tetapi tidak begitu rumit.”  

2 dari 3 halaman

Bikin Pusing Solskjaer

Sanchez sebenarnya tengah berjuang untuk kembali mendapat tempat di tim utama MU  sejak mendarat di Old Trafford, sekitar 13 bulan lalu. Sejak kehadiran pelatih baru, Ole Gunnar Solskjaer yang masuk menggantikan Jose Mourinho, Solskjaer semakin kesulitan mendapat tempat di tim utama Setan Merah dan baru lima kali tampil sebagai starter. 

Situasi ini memicu spekulasi terkait masa depannya. Belakangan santer beredar kabar yang menyebutkan Sanchez bakal meninggalkan Old Trafford pada musim panas nanti. 

Meski bukan pilihan utama, cedera Sanchez tetap saja membuat pusing pelatih MU, Solskjaer. Apalagi saat ini, sejumlah penyerang andalan Setan Merah seperti Jesse Lingard, Anthony Martial, dan Juan Mata juga mengalami cedera. MU sendiri kini telah menembus empas besar klasemen sementara Premier League usai menang 3-2 atas Southampton. 


3 dari 3 halaman

Jadwal MU Tanpa Sanchez

Jadwal MU tanpa Sanchez

6 Maret 2019

vs PSG (Aaway)

10 Maret 2019

vs Arsenal (Away)

16 Maret 2019

vs Wolves (Away)

30 Maret 2019

vs Wafford (Home)

2 April 2019

vs Wolves (Away)

13 April 2019

vs West Ham (Home)

21 April 2019

vs Everton (Away)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Menang Besar, Persija Pilih Rotasi di Laga Kedua Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Sleman – Setelah timnya menghajar Borneo FC dengan skor 5-0 di pertandingan perdana penyisihan Grup D Piala Presiden 2019, Pelatih Persija Jakarta, Ivan Venkov Kolev berencana merotasi pemain pada partai selanjutnya.

Persija akan berhadapan dengan Madura United di laga kedua Grup D Piala Presiden 2019 pada Jumat, 8 Maret mendatang. Keputusan rotasi karena Macan Kemayoran juga harus tampil di Piala AFC 2019.

“Masalah selanjutnya yang kami hadapi adalah tim juga bersiap mengikuti AFC pada 12 Maret, jadi kemungkinan susunan pemain akan berbeda di pertandingan selanjutnya,” ujar Ivan Kolev dalam jumpa pers seusai pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Selasa (5/3/2019) malam WIB.

Secara keseluruhan, Kolev menilai performa anak asuhnya memuaskan dalam pertandingan pertama Piala Presiden 2019. “Taktik dan disiplin diterapkan dengan bagus,” ucapnya.

Pelatih asal Bulgaria ini juga mengucapkan terima kasih kepada The Jakmania yang sudah memberi dukungan selama pertandingan. Suporter Persija memenuhi tribun dan secara psikis dinilai ikut mendukung mental para pemain.

2 dari 2 halaman

Kata Ryuji

Salah satu pemain Persija, Reuni Utomo, juga mengucapkan terima kasih kepada The Jak. Dia juga bersyukur timnya bermain maksimal dan meraih poin penuh atas Borneo FC.

“Kekompakan tim sangat baik, terima kasih sudah bekerja keras di malam ini,” kata Ryuji. (Switzy Sabandar)