Sandi Ogah Urusi Kursi DKI-2

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno diisukan kembali menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta jika kalah di Pilpres 2019. Menanggapi hal tersebut, Sandiaga enggan mengurusi kursi wagub dan fokus terhadap hasil Pilpres.

Isu ini muncul seiring keunggulan Jokowi-Ma’ruf Amin versi quick count. Apalagi, kursi tersebut masih lowong lantaran belum dibahas di paripurna DPRD DKI.

Sesuai aturan, adalah partai pengusung yang dapat menyodorkan nama cawagub DKI, dalam hal ini PKS dan Gerindra. Ketika kembali disinggung soal wagub, Anies menegaskan tidak memiliki wewenang memilih wagub.
“Saya nggak akan soal itu sampai seluruh proses KPU selesai dan sesungguhnya ini wilayahnya partai politik. Jadi gubernur itu tidak di dalam posisi untuk menyatakan ya atau tidak, karena memang tidak punya wewenang dalam urusan ini,” ujar Anies.
<!–

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program “Reportase Sore” TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

–>

Top 3: KAI Sediakan 2.500 Kursi Mudik Gratis 2019

Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI kembali sebar tiket mudik gratis menggunakan kereta api pada Lebaran 2019. Hal ini beriringan dengan program Mudik Bareng BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Direktur PT KAI Edi Sukmoro menyatakan, masa keberangkatan dan kepulangan mudik gratis menggunakan kereta ini akan masing-masing akan berlangsung selama dua hari, yakni pada H-9 dan H-10 Lebaran serta H+9 dan H+10 Lebaran.

“Mudik gratis kali ini diselenggarakan untuk keberangkatan tanggal 26-27 Mei 2019, dan untuk arus balik pada 15-16 Juni 2019,” jelas dia saat inspeksi Lintas KAI di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.

Artikel jangan sampai kehabisan, KAI sediakan 2.500 kursi mudik gratis 2019 menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis yang dirangkum pada Rabu (24/4/2019):

1.Jangan Sampai Kehabisan, KAI Sediakan 2.500 Kursi Mudik Gratis 2019

 PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI kembali sebar tiket mudik gratis menggunakan kereta api pada Lebaran 2019. Hal ini beriringan dengan program Mudik Bareng BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Direktur PT KAI Edi Sukmoro menyatakan, masa keberangkatan dan kepulangan mudik gratis menggunakan kereta ini akan masing-masing akan berlangsung selama dua hari, yakni pada H-9 dan H-10 Lebaran serta H+9 dan H+10 Lebaran.

“Mudik gratis kali ini diselenggarakan untuk keberangkatan tanggal 26-27 Mei 2019, dan untuk arus balik pada 15-16 Juni 2019,” jelas dia saat inspeksi Lintas KAI di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Kronologi Anies Hapus PBB Gratis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali menerapkan kebijakan pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi rumah dan rusun dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sampai dengan Rp 1 miliar.

Pengenaan PBB bagi rumah dan rusun ini sebelumnya dihapuskan saat Jakarta masih dipimpin oleh Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Saat itu, Ahok menyebut kebijakan itu berawal dari keprihatinan terhadap warga Jakarta, yang ternyata masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan. Terlebih, kalau menggunakan ukuran Kebutuhan Hidup Cukup (KHC).

Berita selengkapnya baca di sini

3. 5 Zodiak Ini Banyak Lahirkan Miliarder, Apa Saja?

Meskipun menjadi kaya raya bahkan seorang miliarder dibutuhkan kerja keras, namun ternyata sebuah studi baru menunjukkan bahwa sebuah zodiak dapat menentukan seseorang bisa menjadi seorang miliarder.

Dilansir dari laman Business Insider, dari daftar 250 miliarder versi Forbes, ternyata Libra yang menduduki peringkat pertama dengan miliarder dunia terbanyak.

Adapun miliarder yang terkenal dari zodiak ini diantaranya Ralph lauren, Stefan Persson, Liliane Bettencourt, Alice Walton dan masih banyak lagi. Terdapat 27 miliarder yang berasal dari Libra.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tim Liputan6.com berkesempatan wawancara dengan Dirut PT KAI Edi Sukmoro di kantornya.

Faldo: PAN Dapat 1 Kursi di Dapil Jabar V

Faldo: PAN Dapat 1 Kursi di Dapil Jabar V Foto: Faldo Maldini. (Dok Pribadi)

Jakarta – Wasekjen PAN Faldo Maldini memperkirakan partainya akan mendapatkan satu kursi DPR di Dapil Jabar V. Namun dia belum mengetahui siapa caleg dari partai berlambang matahari putih yang akan lolos ke parlemen di dapil tersebut.

“Berdasarkan hitungan sejauh ini, Insyaallah PAN dapat satu kursi. Namun, belum tahu calegnya siapa,” kata Faldo kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Pernyataan itu disampaikan Faldo untuk menanggapi beredarnya foto yang menyebut dirinya gagal di Pileg 2019. Faldo diketahui caleg PAN nomor urut 2 di Dapil Jabar V yang meliputi Kabupaten Bogor.

Faldo kemudian bicara soal sistem penghitungan suara di Pileg 2019. Menurut dia, siapapun caleg PAN yang terpilih merupakan kader terbaik.

“Sistem penghitungan hari ini membutuhkan banyak caleg yang kerja, vote gather-nya harus banyak. Kalau tidak, kursi partai papan tengah seperti kami ini bisa disikat partai besar semua. Yang terpenting, partai bisa aman kursi dulu. Siapapun yang terpilih, Insyaallah yang terbaik,” ujarnya.

Selain itu, Faldo, yang juga juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, menegaskan pihaknya saat ini fokus mengumpulkan formulir C1. Dia tak mau ambil pusing terkait isu-isu liar yang menerpa kubu 02.

“Kami sangat sibuk ngumpulin, formulir C1 belum terkumpul semua. Saya sudah dua hari tidak terlalu perhatikan sosmed. Baru tahu soal gosip ini,” kata Faldo.

“Kalau Bang Fadli tidak lolos, berarti tidak ada caleg yang lolos dari Jabar V. Belum ada yang lewati suara Beliau setahu saya. Berarti yang bikin gosip bukan orang Kabupaten Bogor atau orang yang ingin membumbui hasil quick count pilpres kemaren, biar makin puas mengata-ngatai kubu oposisi. Kita doakan saja mereka sehat dan dimudahkan rencana-rencananya,” sambung dia.

Berikut Caleg PAN dari Dapil Jabar V:

1. Primus Yustisio
2. Faldo Maldini
3. RR Endah Octavia Hartanti
4. Muhammad Arfan
5. Arif Budiman
6. Umaroh
7. M Dandy Nurfiandi
8. Nadia Nabillah
9. Yeni Dwiyanti
(knv/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Buruan, Masih Ada 679 Kursi untuk Mudik Gratis Kapal Laut

Liputan6.com, Jakarta – Pendaftar mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut  pada 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan terus meningkat.

Tercatat, pada hari ini Sabtu (20/4) telah mencapai sekitar 59 persen atau 2.922 orang dari target kuota yang disediakan.

“Kuota untuk keberangkatan kapal tanggal 30 Mei 2019 sebanyak 1.000 sepeda motor dan 2.000 orang dan saat ini telah terdaftar 534 sepeda motor dan 1.321 orang penumpang. Sehingga masih ada sisa kuota sepeda motor sebanyak 466 dan 679 orang,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Wisnu Handoko di Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Sementara itu, untuk kapal mudik gratis sepeda motor pada 2019 dengan jadwal keberangkatan 1 Juni 2019 tercatat 721 sepeda motor dan 1.601 orang penumpang dari total 1.000 sepeda motor dan 2.000 orang yang telah mendaftar di mudikgratis.dephub.go.id. Kuota yang tersisa 279 sepeda motor dan 399 orang.

Sedangkan untuk arus balik, Wisnu menuturkan, jumlah pendaftar terbanyak untuk keberangkatan mudik gratis arus balik dari Semarang pada 8 Juni 2019, mencapai 1.155 orang dan 519 sepeda motor dari total kuota sebanyak 2.000 orang dan 1.000 sepeda motor.

Dengan demikian kuota yang tersisa tinggal 481 sepeda motor dan 845 orang. Begitu juga dengan jadwal keberangkatan kapal arus balik dari Semarang 10 Juni 2019 telah terdaftar sebanyak 1.649 orang dan 750 sepeda motor dengan total kuota sebanyak 2.000 orang dan 1.000 sepeda motor. Adapun sisa kuotanya tinggal 351 orang dan 250 sepeda motor.

Wisnu menyebutkan, kondisi ini sangat menggembirakan karena pada hari ke-13 sejak pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dimulai pada 8 April 2019. Minat masyarakat untuk ikut serta program mudik gratis dengan kapal cukup tinggi.

Wisnu optimistis, tingkat keterisian untuk mudik gratis khususnya arus mudik akan terus bertambah hingga nanti berakhirnya waktu pendaftaran mudik gratis dengan sepeda motor pada 30 Mei 2019.

“Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini diharapkan dapat mengurangi beban penggunaan jalan raya yang sudah padat selama mudik Lebaran,” ujar Wisnu.

TKN Perkirakan Koalisi Jokowi Kuasai 60% Kursi DPR

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menyakini pemerintahan baru nantinya akan kuat bila hasil hitung resmi KPU sesuai quick count (QC). Jika sesuai QC, TKN memperkirakan 60% parpol koalisi akan duduk di DPR.

“Dari perkiraan sementara quick count paling tidak koalisi Pak Jokowi-Ma’ruf Amin akan didukung 346 kursi di parlemen atau 60,2 persen. Jika ini adalah stabilitas efektivitas pemerintahan ke depan bisa memenuhi seluruh janji-janji kampanye Pak Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019).

Senada dengan Hasto, Ketua TKN, Erick Thohir juga yakin koalisi Jokowi akan menguasai parlemen hingga 60% jika hasil resmi KPU tak berubah dari hitung cepat lembaga survei. Apalagi, parpol koalisi juga memiliki data real count yang angkanya juga serupa.

“Kalau kita lihat dari partai yang ke DPR sendiri tadi sudah dijelaskan ada 60 persen kursi yang akan menjadi bagian dari partai koalisi 01,” ujarnya.

Erick menyebut, dari data yang diperoleh TKN yakin posisi Jokowi-Ma’ruf unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun, dia masih menunggu hasil resmi KPU.

“Tanda-tanda ini kan perlu kita sampaikan kepada pemilih dan tentu kepada rakyat bahwa memang paslon 01 dalam posisi sebagai pemenang, dalam hal ini tentu kita tambahkan juga tetap nunggu KPU, tapi saya rasa ada yang perlu disampaikan sesuai dengan fakta dan data,” ujarnya.
(idn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kekeuh ‘Lamar’ Tsamara, Cak Imin Tawarkan Kursi Waketum PKB

Jakarta – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berbicara soal partai baru yang gagal melenggang ke Senayan. Secara khusus dia mengajak Ketua DPP PSI Tsamara Amany untuk bergabung ke PKB.

“Pengalaman berharga yang bisa jadi pelajaran. Nggak usah banyak-banyak partai, gabung aja yo, yang gagal gabung,” kata Cak Imin di Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Cak Imin menegaskan dia sangat terbuka jika ada partai baru yang mau bergabung. Untuk Tsamara, Cak Imin menjanjikan posisi elite di partai.


“Kita welcome, sangat buka pintu. Tsamara PSI kalau mau ta kasih wakil ketua umum,” ucapnya.

Perihal ajakan kepada Tsamara untuk gabung PKB sudah disampaikan Cak Imin via Twitter. Saat dikonfirmasi soal tawaran Cak Imin, Tsamara memilih setia.

“Saya akan lanjut sekolah dulu. Belajar. Setelah itu saya akan kembali ke politik bersama PSI. Kita akan berbenah dan terus menjaga idealisme bersama. Terima kasih, tapi biarkan saya terus bersama kawan-kawan menjalankan apa yang sudah kami mulai,” ucap Tsamara.
(gbr/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Usaha Sewa Tenda dan Kursi Ketiban Berkah Pilpres 2019

Liputan6.com, Makassar Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres 2019) sudah di depan mata. Hal yang sama dengan pemilihan calon wakil rakyat yang bakal melenggang ke gedung DPR RI, DPRD Provinsi/Kabupaten dan Kota di daerah pemilihan masing-masing, Rabu 17 April 2019.

Usaha jasa sewa tenda dan kursi pun tak luput. Bahkan laris manis seiring momen pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang terdiri dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres 2019) dan Pemilihan Legislatif yang merupakan agenda lima tahunan itu.

“Alhamdulilah, tenda dan kursi kami sudah habis diorder oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Kebetulan jasa usaha kami dekat dengan lokasi pemungutan suara ini,” kata Hendra, operator jasa Demis Tenda di Jalan Badak, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Senin (15/42019).

Hendra menyatakan untuk satu tenda ukuran 3X5 dibanderol Rp 350 ribu per hari. Termasuk kursi plastik yang dibungkus kain Rp 3000 per unit.

“Kalau kursi plastik dengan kondisi polos kita hargai dengan Rp 2500 per unit. Dan soal bongkar pasang termasuk transportasinya itu gratis,” ucap Hendra.

Sementara itu, M Raja Yusuf, Ketua RW 03 Kelurahan Mamajang Luar, Kecamatan Mamajang, Makassar mengaku, sewa menyewa tenda untuk Pilpres dan pemilihan calon legislatif, bukan lagi hal yang rahasia atau baru.

“Tiap lima tahun kami menyewa tenda dan kursi di Demis Tenda Jalan Onta. Sengaja kami lebih cepat memasang tenda di H-2 agar bisa lebih optimal pelaksanaan Pemilu yang terdiri dari Pilpres 2019 hingga Pileg kali ini,” jelas M Raja Yusuf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

gencar koalisi parpol di Pilpres 2019 pengamat menilai tak ada poros ketiga

Andalkan Caleg Milenial, Airlangga Yakin Golkar Raih 100 Kursi di Parlemen

Sementara Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono berharap target 100 kursi di parlemen bisa terwujud pada pileg 2019 ini.

“Mudah-mudahan targetnya disampaiakan lebih dari 100 saya yakin, lebih dari 18 persen akan mampu diraih Partai Golkar,” ujar Agung Laksono.

Ia pun merasa bangga dengan kader Partai Golkar yang sekarang. Hal ini dikarenakan banyak kader Golkar diisi anak-anak muda.

“Saya yakin bahwa ini merubah citra Partai Golkar, partai orang muda,” ungkapnya.

Agung berharap kaum milenial di Partai Golkar mampu membawa partai berlambang pohon beringin ke arah yang lebih positif. Khususnya menghilangkan anggapan bahwa Partai Golkar adalah partai orang tua.

“Dulu sempat dianggap seperti itu (partai tua), sekarang kaum muda, kaum milenial mengarahnya bukan ke partai-partai lain tapi ke Partai Golkar, partai kaum muda yang meskipun partai sudah lama tapi sudah melukukan perubahan-perubahan besar, kita lebih banyak mempercayakan kepada kaum-kaum muda,” pungkasnya.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Target 110 Kursi DPR, Airlangga: 100 Kursi Sudah Kelihatan Hari Ini

Liputan6.com, Surabaya – Partai Golkar menggelar kampanye akbar di Surabaya. Kampaye yang diikuti oleh ribuan simpatisan ini beragendakan konsolidasi caleg dan pemenangan Jokowi-Maruf Amin.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga menuturkan, kampanye ini adalah memaksimalkan caleg. Berdasar data Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar, target Golkar adalah 18 persen dan 110 kursi di DPR RP.

“Perhari ini 100 kursi itu sudah kelihatan, dan Golkar terus mendorong, kalau Jawa Timur bisa nambah 2 kursi per dapil maka targetnya akan terlampaui,” tuturnya di Surabaya, Minggu (27/4/2019).

Kampanye ini juga sekaligus sebagai konsolidasi pemenangan Jokowi-Maruf Amin di pilpres 2019.

“Kami sudah melihat di berbagai wilayah termasuk di Jawa Timur, posisi Jokowi sudah unggul. Ini harus terus ditingkatkan menjelang pencoblosan yang kurang 10 hari lagi,” ucapnya.

Airlangga menyampaikan bahwa program Golkar yang akan didorong di Jawa Timur yaitu  terkait lapangan pekerjaan, harga sembako terjangkau, rumah terjangkau, termasuk juga terhadap pelayanan publik atau industri 4.0.

“Pak presiden juga komitmen mendorong itu. Tadi siang, saya dan pak presiden bertemu dengan generasi milenial kita melakukan diskusi agar proses digitalisasi ekonomi ini bisa diikuti oleh generasi muda kita,” ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menperin Airlangga Indonesia Jadi Negara Industri di 2035

Luapan Sungai Cijalopang Rusak Meja Kursi SD di Ujungberung

Bandung – Bencana tanggul jebol di SDN 106 Ajitunggal, Ujungberung, Kota Bandung membuat sarana-prasarana sekolah tersebut hancur oleh luapan air Sungai Cijalopang pada Senin (1/4/2019).

Kepala Sekolah SDN 106 Ajitunggal, Dwi Windiarti mengatakan kerugian yang diakibatkan oleh tanggul jebol tersebut belum bisa diprediksi.

“Yang jelas banyak kursi dan bangku yang rusak. Itu untuk KBM (Kegiatan Belajara Mengajar) anak-anak,” tutur Dwi, Kamis (4/4/2019).

Tanggul yang jebol saat ini sudah ditangani dengan membuat tanggul sementara. Proses perbaikan tanggul permanen akan dilakukan oleh Dinas PU Kota Bandung.

“Untuk tembok bangunan yang jebol, kami serahkan kepada Dinas Pendidikan. Tapi yang kami butuh saat ini sarana-prasarana pendukung,” ujarnya.

Sarana-prasarana yang dibutuhkan adalah bangku dan kursi untuk KBM siswa yang banyak mengalami kerusakan. Menurutnya, Dinas Pendidikan Kota Bandung memang akan melakukan penggantian, namun memerlukan waktu. Sementara proses KBM harus tetap berjalan.

Dia berharap ada bantuan dari pihak lain supaya bisa melakukan pengadaan sarana dan prasarana sesegera mungkin.

Selain membutuhkan bangku dan kursi siswa, SDN 106 Ajitunggal juga mmbutuhkan sarana dan prasarana lain, seperti alat tulis kantor yang juga mengalami kerusakan akibat diterjang banjir.

“Kalau ada yang mau menyumbang, silahkan datang langsung ke sekolah. Insya Alloh akan langsung kami belanjakan, kalau dalam bentuk uang. Kemarin juga ada yang ngasih, langsung kami belikan pompa air,” ujarnya.

Karena banyak sarana dan prasarana yang rusak, Dwi mengatakan siswa SDN 106 Ajitunggal dimungkinkan akan melakukan proses KBM pada senin (8/4/019) di rumah penduduk.

“Mungkin KBM akan dilakukan di rumah penduduk. Lesehan, kalau lesehan di sini tidak memungkinkan,” tutupnya.