Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

Jakarta

Memilih hunian yang strategis dan memiliki fasilitas lengkap kini menjadi tantangan. Apalagi harga hunian makin melambung tinggi dan pilihannya sedikit. Sehingga terpaksa harus memilih sewa hunian.

Namun, sudah bijakkah keputusan menyewa hunian di tengah kota? Property Investment Advisor Synthesis Development, Andreas Pangaribuan, mengatakan keputusan menyewa hunian di tengah kota belum bisa dibilang bijak. Pasalnya, coba bandingkan dahulu harga sewa hunian di pusat kota dengan harga cicilan untuk memiliki hunian apartemen misalnya.

Salah satu hunian yang bisa jadi acuan bandingan adalah apartemen Bassura City di Jakarta Timur karya Synthesis Development. Apartemen dengan konsep superblok ini lokasinya strategis di Jl. Basuki Rahmat Jakarta, sebagai jalan yang dilalui ketika ingin menuju Central Business District (CBD) Kuningan, Sudirman, dan Thamrin karena sejalur dengan ruas Jalan Casablanca.

Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

Unit apartemen, memang tidak selapang rumah tapak, tetapi fasilitas apartemen mendukung kualitas hidup penghuninya. Mulai dari tersedianya fasilitas kolam renang, lapangan basket dan futsal, fitness centre, minimarket, sauna, children playground, sistem keamanan 24 jam, access card, fasilitas kesehatan, hingga terintegrasi dengan Mall@Bassura yang menghadirkan banyak tenant dan restoran ternama.

Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

““Banyak orang yang lebih memilih sewa apartemen di tengah kota. Kalau sewa, kurang lebih angkanya di Rp 5 jutaan per bulan. Sementara Bassura City yang kondisinya sudah jadi, bisa dimiliki dan langsung dihuni dengan bayar Rp 5 juta. Bassura City mampu menjadi solusi akan kebutuhan hunian yang mendukung hidup tetap berkualitas,” ujar Andreas saat dihubungi detikcom.

“Bassura City kini makin melengkapi fasilitasnya dengan kehadiran taman jogging dan area olahraga outdoor. Tempat ini diharapkan menjadi sarana untuk warga apartemen depat bersosialisasi dan membangun komunitas positif di kawasan hunian. Bassura City juga menghadirkan puskesmas dengan fasilitas sangat baik sebagai penunjang sarana kesehatan,” jelas Andreas.

Bassura City bisa dijangkau dari Stasiun Tebet, Stasiun Cawang, dan Stasiun Jatinegara serta dekat dengan pintu Tol Jatinegara dan Tol Pedati. Bassura City juga dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma dan Tol Becakayu.

““Untuk mengakomodir keingingan publik memiliki hunian sendiri dan merasakan hidup berkualitas, Bassura City mengadakan program Bayar Rp. 5 Juta Bisa Langsung Huni,” imbuh Andreas.

“Promo yang hanya berlaku untuk 15 unit dengan 2 kamar tidur dari Bassura City ini mampu menjadi solusi bijak untuk resolusi tahun 2019. Bisa memiliki hunian sendiri dan lepas dari beban di mana uang menguap begitu saja karena harus bayar biaya sewa hunian setiap bulan,” tambah Andreas.

Informasi lengkap terkait program ini bisa didapat dengan berkunjung Marketing Office Bassura City di Jl.Basuki Rahmat No.1A, Jakarta Timur 13410. Selain itu, Anda bisa langsung menghubungi nomor telepon 021 859 10000 / WA 087775571988. Silakan kunjungi juga www.bassuracity.id atau Facebook dan Instagram@BassuraCity.

[Gambas:Youtube]

(adv/adv)

Tontowi/Liliyana Tak Akan Kasih Kendur Hadapi Hafiz/Gloria di Indonesia Masters

JakartaTontowi Ahmad/Liliyana Natsir melangkah mulus ke babak kedua Indonesia Masters 2019. Pemilik emas Olimpiade Rio de Janeiro itu mengalahkan Pranaav Jerry Chopra/Reddy N. Sikki dari India.

Dalam laga babak pertama di Istora, Senayan, Selasa (22/1), Tontowi/Liliyana menuai kemenangan atas Pranaav/Reddy dengan skor 21-15, 21-15. Mereka pun berhasil melaju ke babak 16 besar.

“Pertandingan tadi kami bermain pas dengan strategi kita. Di set kedua kami main terburu-buru memang. Tapi adaptasi lapangan sudah lumayan bagus,” kata Tontowi usai pertandingan.


“Kalau saya memang sudah beberapa bulan tak partner dengan Tontowi. Bukan kagok tapi kami memang mencari poinnya dari mana nih. Biasanya dari servis, atau bola 1, 2, dan 3. Nah bola 1, 2, dan 3 tadi memang agak hilang di gim kedua dan kurang antisipasi. Mungkin karena sudah lama tak partner. Ya sedikit ada penyesuaian dari kami,” Liliyana menimpali.

Kemenangan itu membuat mereka berjumpa dengan kompatriotnya, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja, yang lebih dulu mengantongi tiket 16 besar. Sebelumnya, Hafiz/Gloria menyatakan tak akan mengalah dari Owi/Butet.

“Saya rasa wajar untuk Hafiz/Gloria karena mereka juga proyeksi sampai nanti Olimpiade. Jadi, pasti mereka ingin hasil yang terbaik saat bertemu seniornya, pasti mau fight,” kata Butet, panggilan karib Liliyana Natsir.

“Mereka juga tahu saya dan Tontowi sudah lama tak latihan bersama. Saya juga tak seintens dulu latihan, jadi sedikit banyak mereka yakin. Cuma kami sebagai pemain senior tak mau kalah dan fight. Semoga besok kami bisa kasih hasil yang maksimal,” Butet mengharapkan.

(mcy/fem)

Tips Desain Brosur Makanan Menarik untuk Bisnis Kulinermu

Liputan6.com, Jakarta Usaha yang terus berkembang dan banyak dilirik hingga saat ini adalah bisnis dibidang kuliner atau makanan. Bisnis makanan ini selalu saja banyak peminatnya baik untuk produsennya maupun konsumennya. Kenapa? Soalnya nih, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang dibutuhkan setiap harinya.

Buat Anda yang tertarik ingin memulai bisnis di dunia makanan ini, hal utama yang perlu dipikirkan selain ingin memulai bisnis makanan apa, yang perlu dipikirkan juga adalah bagaimana cara memasarkan bisnis makanan baru ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang baru dimulai. Salah satunya adalah dengan membuat brosur makanan. Bagi pebisnis makanan, brosur merupakan salah satu alat yang sangat penting. Brosur digunakan untuk menarik calon konsumen agar mau mencoba produk yang mereka jajakan. Untuk bisa menarik calon pembeli, desain brosur makanan harus dibuat sebaik dan semenarik mungkin. Desain brosur makanan ini perlu didesain tidak saja untuk menarik mereka yang memang sedang mencari produk tersebut, melainkan juga untuk mereka yang sebelumnya tidak ada niat untuk membeli produk makakan tersebut.

Nah, kali ini Liputan6.com, akan memberikan tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain brosur makanan bisa menarik minat calon konsumen, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (18/1/2019).

2 dari 3 halaman

Tips membuat desain brosur makanan

Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain brosur makanan agar terlihat lebih keren dan modern:

1. Menggunakan warna merah pada desain brosur makanan

Kenapa warna merah? Soalnya nih, merah merupakan warna yang secara psikologis bisa membangkitkan selera makan. Penggunaan warna merah seperti menjadi wajib digunakan untuk desain brosur makanan Anda.

Misalnya saja, makanan yang Anda jajakan adalah yang diolah dengan cara dipanggang, atau bersentuhan langsung dengan api, ada baiknya warna merah ini digunakan sebagai warna dominan pada desain brosur makanannya.

Untuk semakin memperkuat kesan dan menggugah selera, warna merah ini sebaiknya digunakan sebagai warna “blok”, jangan ditambah unsur gambar lain dengan opacity rendah, sebab “merah”nya jadi kurang memberikan efek. Selain warna merah, anda juga bisa menggunakan kombinasi warna kuning, orange, deep yellow, coklat atau bahkan hijau. Jangan gunakan warna biru sebagai warna dominan karena bisa “membunuh selera”.

2. Menggunakan Foto dengan Kualitas Baik

Hal yang membuat orang tertarik untuk mencoba salah satunya adalah visualisasi dari produk makanan yang ditawarkan di desain brosur makanan. Anda bisa menampilkannya dengan foto atau vektor, namun lebih direkomendasikan berbentuk foto.

Dalam tampilannya, Anda juga harus menampilkan keseluruhan gambar. Dalam desain, Anda bisa meng-cropping pada bagian tertentu yang menimbulkan sensasi lebih besar. Menampilkan keseluruhan gambar kadang bisa menimbulkan kesan kaku. Apalagi jika foto yang digunakan tidak profesional. Ini juga bisa jadi tips bagi anda yang resources foto-nya kurang bagus. Potonglah pada bagian yang “bisa berbicara”.

3 dari 3 halaman

Jenis font yang bisa digunakan

3. Menggunakan Jenis Font San Serif pada Desain Brosur Makanan

Font tipe Sans Serif (tidak berkaki) ini lebih direkomendasikan, karena lebih sesuai dengan karakter makanan. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan tipe font yang bisa menimbulkan perasaan santai dan rileks.

Hal ini agar desain brosur makanan Anda bisa membangun persepsi kenikmatan, memberikan nilai-nilai lebih dari sekedar mengkonsumsi sebuah produk makanan.

4. Menonjolkan Produk Unggulan

Kalau desain brosur makanan Anda harus menampilkan lebih dari satu produk, maka akan sangat baik jika memfokuskan pada 1 atau 2 produk saja. Penonjolan bisa dalam bentuk membuat foto produk unggulan itu lebih besar secara ukuran daripada yang lain. Jangan sampai kita ingin menjual semuanya, tetapi justru tak ada satu pun yang dibeli konsumen.

Ingat, konsumen memiliki keterbatasan dalam perhatian, dan Anda sebagai konsumen harus bisa membuat mereka tertarik, untuk melihat, membaca, mempelajari dan akhirnya tentu saja mencoba.

5. Gunakan Nuansa Asimetris

Jangan membuat desain brosur makanan Anda secara kaku. Misalnya, semua gambar sama besar, penempatan antar gambar sama persis, dan lain sebagainya. Anda harus berani bereksperiman dalam desain brosur makanan ini agar hasilnya tidak saja elegan, namun juga modern.

Ingat, konsumen harus punya cukup alasan untuk membuat mereka mengeluarkan koceknya membeli produk Anda. Jika desain brosur makanan Anda saja sudah membuatnya bosan, bagaimana mereka mau membeli.

Nah, mungkin banyak sebagian orang pernah ‘protes’. Protes saat mereka mencoba makanan yang ternyata “tidak se-enak” seperti yang diperlihatkan di brosur. Ini mungkin kesalahan, namun bukan kesalahan dari desain brosur makanan itu sendiri. Sebab memang tugas sebuah desain brosur makanan untuk menarik minat calon pembeli.

Tugas para pemilik bisnis adalah harus benar-benar memastikan bahwa memang produknya sesuai dengan apa yang diiklankan di brosur tersebut. Jadi, harus seimbang antara brosur yang diiklankan dengan produk aslinya.

Reporter: Nisa Mutia sari

6 Langkah agar Lebih Mudah Tidur di Pesawat

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan dengan menggunakan pesawat selama kurang dari lima jam sudah melelahkan. Apalagi yang membutuhkan waktu yang lama, belasan hingga puluhan jam, pasti melelahkan. 

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak mudah tertidur nyenyak saat berada di pesawat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut enam hal yang bisa dilakukan agar bisa tidur selama perjalanan panjang di pesawat seperti dilansir The Greatist, Selasa (22/1/2019).

1. Memesan kursi dekat jendela pesawat

Saat check-in, Anda bisa menentukan posisi duduk. Jika bisa, pilih yang dekat jendela, sehingga dapat menyenderkan kepala Anda di sisi badan pesawat. Cara ini lebih mudah membuat Anda tertidur. Selain itu, pastikan merenggangkan kaki. Menurut terapi olahraga Arvada Sport dan Spine Group, Alyx Brown, selain bisa membuat nyaman, baik juga untuk sirkulasi darah. 


2. Membawa barang yang membuat nyaman

Boneka, bantal guling, ataupun selimut kesayangan ukuran kecil bisa dibawa yang nantinya akan membuat mudah tertidur. Kehadiran benda itu diharapkan bisa membuat Anda terlelap saat berada di atas 38 ribu kaki.

2 dari 3 halaman

3. Jangan melipat kaki

 Melipat kaki akan membuat aliran darah tidak lancar yang nantinya bisa menyebabkan pembekuan darah dalam penerbangan lebih dari 4 jam. Lalu, bagaimana cara terbaik saat duduk di perjalanan panjang?

“Usahakan kaki Anda tetap lurus, dengan sedikit menekuk pada bagian dengkul,” saran Brown. 


4. Bersandar

Menurunkan bangku pesawat membantu mengurangi tekanan dalam tulang belakang bagian bawah. Bila tekanan di punggung berkurang, bakal lebih mudah terlelap. Dengan sedikit tekanan pada bagian punggung anda, Anda dapat lebih mudah terlelap.

Bila posisi tidur adalah duduk tegak, tetap bisa tidur terlelap. Pastikan Anda menggunakan bantal di area pinggang untuk membantu menjaga lengkungan punggung seperti disarankan Brown.  

3 dari 3 halaman

5. Matikan gawai

Terlalu terang memang tidak baik untuk orang-orang yang berusaha untuk tidur. Tidak hanya dari lampu namun cahaya pada layar di depan Anda juga tablet serta handphone membuat sulit tidur. 

“Cahaya elektronik hampir sama seperti cahaya matahari yang membuat terus terjaga. Dengan mematikan elekronik membantu tubuh melepaskan hormon melatonin,” ucap Haley Byres, Ph.D., seorang psikolog klinis yang mendalami masalah tidur.


6. Jangan makan terlalu banyak 

Byers mengatakan, usahakan untuk tidak makan berlebihan sebelum tidur. Terlalu banyak makan atau makanan yang penuh lemak membuat tubuh susah untuk merasa nyaman dan akhirnya sulit untuk mengantuk. (Penulis: Annisa Rizky)

Meraih Tujuan Karir yang Diimpikan, Berikut 8 Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda sesuai impian masing-masing. Orang-orang yang memiliki tujuan pasti dalam hidup, karir dan segalanya umumnya akan mencapai sukses dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tujuan pasti.

Tak sedikit orang menjadi ambisius demi mencapai tujuan hidupnya. Namun, ada juga orang yang berusaha semaksimal mungkin tanpa memiliki rasa ambisius yang dapat merusak diri, dengan selalu merasa bersyukur atas apa yang dicapainya.

Beberapa orang meraih tujuan hidup melalui bekerja. Ada yang bekerja untuk sebuah perusahaan, sedangkan yang lainnya memilih untuk membangun lapangan pekerjaan sendiri.

Lazimnya, orang-orang yang berkarir memiliki target yang ingin dicapai guna memperbaiki kehidupan, ataupun untuk meraih pekerjaan yang diimpikan. Mereka yang memiliki tujuan karir biasanya berusaha sekeras mungkin untuk mengembangkan potensi diri sehingga kelak dapat menggapai cita-cita karir yang diimpikan.

Tujuan karir adalah posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh seorang pegawai bila yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut. Tujuan karir tidak otomatis tercapai karena untuk menduduki suatu karir tertentu, kadang- kadang harus memenuhi syarat-syarat yang seringkali di luar kekuasaannya.

Untuk itu, berikut Liputan6.com rangkum beberapa tips terkait strategi untuk meraih tujuan karir Anda, Kamis (17/1/2019)

2 dari 4 halaman

Tips Meraih Tujuan Karir

Komitmen

Istilah kata “komitmen” berasal dari bahasa Latin yaitu “commiter” yang berarti menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, dan mempercayai. Dengan kata lain, komitmen memiliki arti sebagai suatu sikap setia dan tanggungjawab seseorang terhadap sesuatu, baik itu diri sendiri, orang lain, organisasi, maupun hal tertentu.

Dalam bekerja, Anda harus memiliki sikap komitmen agar tujuan karir Anda dapat tercapai. Banyak orang sukses berkat sikap komitmen yang ditunjukkan ketika sedang melakukan pekerjaan. Contohnya, seseorang berkomitmen untuk memberikan seluruh kemampuan terbaiknya dalam mengerjakan job-desc yang diamanahkan padanya.

Disiplin

Mengikuti ritme kerja perusahaan serta menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja merupakan salah satu tantangan utama yang harus dihadapi saat meniti karier. Meskipun tidak mudah, namun Anda harus berlatih disiplin dengan cara mematuhi segala kebijakan kantor agar tidak timbul konflik karena Anda lalai dalam mengerjakan tugas.

Mampu Bekerjasama dengan Tim

Sebagian besar orang yang sukses didukung oleh jalannya tim kerja yang luar biasa dan profesional. Dalam hal ini, kemampuan Anda bekerjasama dalam tim akan sangat dibutuhkan agar tujuan karir anda dapat tercapai. Jangan sampai anda mementingkan ego hanya untuk mencapai tujuan karir tanpa mendengarkan masukan orang lain.

3 dari 4 halaman

Meraih tujuan karir tidak semudah membalikkan telapak tangan

Introspeksi Diri

Meraih tujuan karir tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada hal yang mudah dan bisa berjalan dengan lancar, termasuk karir yang akan Anda rintis. Berbagai kesalahan atau bahkan kegagalan sangat mungkin terjadi setiap saat, dan Anda harus siap dengan semua ini.

Pastikan Anda memiliki keinginan yang besar untuk belajar dan menjawab semua tantangan di dalam perjalanan karier, bahkan yang tersulit sekalipun. Setelahnya, jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dan melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Jadikan kesalahan pertama dan kedua sebagai pengalaman belajar, dengan belajar dari kesalahan, maka membuat Anda berpikir untuk tidak mengulanginya.

Bersikap Profesional

Untuk meraih tujuan karir, Anda harus bersikap bijaksana dalam menghadapi berbagai situasi. Ingat, apapun kondisi yang sedang Anda alami, perasaan marah, sedih, merasa tidak enak hati dengan orang lain, hanya Anda yang bisa mengontrolnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk bersikap profesional dengan tidak membawa perasaan yang berlarut ke dalam pekerjaan Anda dan jangan sampai perasaan tersebut mengganggu kinerja.

Toleransi

Jika rekan kerja dalam perusahaan mendapat kenaikan pangkat atau promosi, berbahagialah dengan kesuksesan yang didapat orang lain. Hal ini berlaku bahkan jika Anda bersaing dengan mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi.Ambillah sisi positif dari kejadian tersebut, contohnya Anda bisa mempelajari kesuksesan orang tersebut. Hindari rasa marah atau iri hati. Karena hal ini membuktikan Anda sebagai pribadi yang profesional dan menghargai orang lain.

4 dari 4 halaman

Pentingnya menjaga attitude

Jaga Image Profesional

Menjaga penampilan dan sikap sangatlah penting dimana pun Anda berada. Baik di dalam lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehar-hari. Hal ini karena tingkah laku Anda dapat mencerminkan image Anda. Attitude/sikap sangat penting karena dapat menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Nggak mau kan, karier yang sudah Anda bangun di tempat kerja rusak karena attitude kurang baik yang Anda lakukan di luar kantor.

Membangun Koneksi

Dalam bekerja, membangun koneksi sangat penting untuk dilakukan. Keuntungan terbesar dalam memiliki koneksi yang luas adalah bertambahnya relasi Anda dalam bekerja. Dengan mengenal Anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada Anda. Anda juga dapat belajar banyak kepada orang yang sudah berhasil dari bidang yang Anda geluti.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk meraih tujuan karir Anda.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Ingin Dekat Keluarga, Ronaldikin Pindah RS dari Depok ke Bandung

BandungRonaldikin sempat mendapat perawatan di sebuah rumah sakit di Depok. Karena ingin dekat dengan keluarga dia kemudian dipindahkan ke Bandung, sebelum akhirnya tutup usia.

Ronaldikin sudah mengeluhkan sakit sejak beberapa bulan lalu saat masih tinggal di Jakarta. Setelah sakit bertambah parah, dia kemudian dibawa kakaknya ke Depok dan mendapat perawatan pada sebuah rumah sakit di sana.

Ronaldikin kemudian dibawa pulang ke Bandung karena ingin lebih dekat dengan keluarganya. Tiga hari setelah dirawat di Rumah Sakit Al-Ihsan, Baleendah, pria yang terkenal karena mirip Ronaldinho itu mengembuskan napasnya yang terakhir.

“Di depok sempat dirawat, karena ingin dekat dengan sanak keluarga, Sodikin dibawa ke Bandung dan dirawat di Rumah Sakit Al-Ihsan Baleendah,” ujar adik Ronaldikin, Husnu Bayanudin.

Husnu juga mengungkapkan kalau Ronaldikin terlambat mendapat pengobatan.

“Kata adik saya sudah dua bulan sakit di tenggorokan. Tapi tidak dirasa. Terlambat dibawa pengobatan. Kalau tidak terlambat mungkin bisa terselamatkan,” tuturnya.

“Pengobatan kurang tindak lanjut dan kurang cepat, awalnya radang tenggorokan merembet ke lambung dan paru,,” lanjut Husnu Bayanudin saat ditemui di rumah duka yang berada di Kampung Langonsari, Desa Langonsari, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Bandung, Selasa (22/1/2019).

Ronaldikin meninggal dunia di Rumah Sakit Al Ihsan, Baleendah, Bandung, Selasa (22/1/2019) sore WIB.

(din/mrp)

4 Insiden Misi Angkasa Luar Paling Tragis di Dunia

Liputan6.com, New York – Menjadi seorang astronot itu berat. Nyawa taruhannya. Sebelum melakukan misi angkasa luar, seorang astronot harus menjalankan latihan berat hingga karantina.

Hidup di angkasa luar selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tentu bukan hal yang mudah. Harus rela berpisah dengan keluarga hingga teman terdekat.

Dikatakan berbahaya karena insiden menyeramkan kapan saja bisa terjadi. Apalagi misi yang mereka lakukan bukan di Bumi lagi.

Dalam catatan sejarah, ada sejumlah insiden tragis yang terjadi saat misi di luar Bumi. Seperti dikutip dari laman Toptenz, Selasa (22/1/2019), berikut empat insiden tragis saat misi angkasa luar itu:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Intelsat-708

Kejadian nahas menimpa Intelsat-708 pada 14 Februari 1996 di China. Pasalnya, saat melakukan peluncuran Intelsat-708 mengalami kebocoran bahan bakar.

Akibatnya, mesin Intelsat-708 tidak berfungsi dengan baik. Satelit itu melenceng dan keluar dari jalur sehingga jatuh di pemukiman warga.

Satelit ini diluncurkan pada 14 Februari 1996 di dekat kota Xichang, perbatasan dengan Vietnam. Kecelakaan terjadi setelah satelit lepas landas selama 20 detik.

Dalam catatan misi angkasa luar, insiden ini jadi yang paling buruk.

3 dari 5 halaman

2. Columbia STS-107

Tragedi antariksa itu terjadi 1 Februari 2003. Pesawat ulang alik Columbia STS-107 meledak, hancur berkeping-keping. Tujuh awaknya: Rick D Husband, William C McCool, Michael P Anderson, Ilan Ramon, David Brown, Laurel Salton Clark, dan Kalpana Chalwa — astronot wanita pertama asal India, tewas.

Tragisnya, musibah terjadi 16 menit sebelum mereka mendarat pulang ke Bumi, dari waktu pendaratan yang dijadwalkan di Cape Canaveral.

Kala itu, sesaat sebelum pesawat meledak, pusat kontrol misi NASA di bumi mengetahui bahwa Columbia akan menemui bencana, dan para awaknya kemungkinan besar tak bakal selamat.

Wayne Hale, yang kemudian menjadi manajer program ulang alik pesawat luar angkasa, menulis di blognya soal hari nahas itu.

Hale menulis, kala itu Direktur Jon Harpold berpendapat, “Tak ada yang bisa kita lakukan soal kerusakan TPS (Thermal Protection System). Kupikir para awak tak perlu tahu. Bukankah akan lebih baik bagi mereka terbang pulang dengan perasaan bahagia dan kemudian tewas tanpa diduga ketika memasuki Bumi, ketimbang tetap tinggal di orbit, mengetahui tak ada sesuatu yang bisa dilakukan, hingga persediaan oksigen habis?”

Sementara tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan Columbia celaka, para insinyur di Johnson Space Center cukup yakin, mereka menemukan jawabannya. Sebelumnya, mereka telah mencoba mengingatkan para petinggi, namun diabaikan.

4 dari 5 halaman

3. Misi Soyuz-11

Pada tahun 1971, dunia mencatat terjadinya kematian pertama tiga manusia di angkasa luar. Adalah kosmonot Uni Soviet, Georgy Dobrovolsky, Vladislav Volkov, dan Viktor Patsayev yang meregang nyawa dalam peristiwa tragis itu.

Semua berawal dari keberangkatan ketiganya pada 7 Juni 1971 dari Baikonur Cosmodrome. Mereka menaiki pesawat Soyuz 11 ke luar Bumi, menuju stasiun pertama yang dibangun manusia: Salyut 1.

Ketiganya lalu tinggal di Salyut selama 24 hari. Hingga akhirnya pada 30 Juni 1971, mereka dijadwalkan kembali ke Bumi. Setelah mendarat, saat pintu kapsul dikuak, para petugas pemulihan terkejut bukan kepalang. Mendapati tiga manusia di dalamnya dalam kondisi tak sadarkan diri.

“Mereka menemukan 3 kosmonot di kursi masing-masing, sama sekali tak bergerak, dan ada bercak-bercak biru kehitaman di wajahnya,” kata Kerimov. “Darah mengalir dari hidung dan telinga.”

Petugas kebingungan bagaimana ketiga kosmonot itu bisa meninggal dunia. Padahal proses pendaratan berjalan normal, sesuai petunjuk, tak jauh dari lokasi peluncuran di Kazakhstan.

Berdasarkan laporan, penyebab kematian ketiganya adalah sesak napas. Penyelidikan mengungkap, katup ventilasi pernafasan mereka pecah, para kosmonot mengalami sesak nafas. Penurunan tekanan secara ekstrem juga makin memperberat kondisi mereka.

Mereka tewas dalam hitungan detik, yang terjadi pada ketinggian 168 kilometer di angkasa luar, saat pesawat masuk kembali ke atmosfer sebelum sampai di Bumi.

Karena kapsul yang membawa ketiganya kembali secara otomatis, satelit itu bisa mendarat tanpa dikemudikan pilot.

5 dari 5 halaman

4. The Apollo 1 Fire

Gus Grissom, Ed White, dan Roger Chafee tak pernah mencapai Bulan. Ketiga astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) itu tewas saat roket Apollo 1 meledak dalam simulasi peluncuran pada 27 Januari 1967.

Hubungan pendek arus listrik menimbulkan loncatan bunga api dan menyambar oksigen murni yang menjadi salah satu pendorong roket.

“Kebakaran, aku mencium kebakaran,” kata salah satu astronot pada pukul 18.31 di hari nahas itu. Dua detik kemudian, astronot lain, mungkin Ed White berkata, “Kebakaran di kokpit.”

Kebakaran menyebar dengan cepat ke kabin. Komunikasi terakhir dengan para kru terdengar hanya 17 detik kemudian.

Ketiganya tahu, ada risiko yang mengancam mereka ketika bergabung dalam misi angkasa luar. Apalagi untuk Letkol Grissom. Ia adalah orang AS kedua yang ke angkasa luar, menggunakan Liberty Bell 7.

Saat kembali ke Bumi, kapsul antariksanya dipenuhi air. Ia nyaris tenggelam. Pascatragedi, program angkasa luar ditunda tapi tidak dihentikan. Pada 25 Mei 1961 Presiden John F Kennedy berkomitmen bahwa Amerika Serikat akan mendaratkan seorang manusia di Bulan pada akhir dekade.

Setelah itu, Apollo 7 berhasil diluncurkan pada tanggal 11 Oktober 1968, pertama yang membawa astronot.

Kurang dari setahun kemudian pada bulan Juli 1969, Apollo 11 mendaratkan Neil Armstrong di Bulan.

Sejumlah orang berpendapat, “Seandainya kecelakaan Apollo 1 tak terjadi, manusia mungkin tak akan pernah menjejakkan kaki di Bulan.”

JK Kritik Proyek Kereta Trans Sulawesi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kembali menyampaikan catatan kritis terhadap sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal tersebut dia sampaikan dalam acara ‘Indonesia Development & Business Summit New Construction Opportunity 2019 Beyond Infrastructures’ di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Setelah LRT Jabodebek yang menurut dia terlampau mahal karena dibangun elevated atau melayang, JK juga menyinggung proyek pembangunan kereta api Trans Sulawesi, dari Makassar ke Manado hingga LRT Palembang.

“Sama kereta api Sulawesi-Manado, siapa yang mau naik ke Makassar? Barang apa yang mau diangkut dari selatan ke utara, utara ke selatan? Hanya perpendek saja di Sulawesi untuk kebutuhan memperbaiki industri. Kalau barang tidak akan efisien,” kata dia, Selasa (22/1/2019).

Dia pun menyinggung kondisi LRT Palembang yang kini hanya menjadi ajang coba-coba para turis lokal yang datang. “LRT Palembang jadikan saja turis lokal saja,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Jusuf Kalla mengingatkan agar pembangunan infrastruktur tidak hanya memperhatikan aspek secara teknis, tapi juga dampak terhadap perekonomian.

“Ini suatu tanggung jawab kita semua untuk melihat itu sebagai bagian daripada evaluasi kita meningkatkan infrastruktur tapi juga manfaatnya bagaimana,” ujar dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Jalur Kereta di Sulawesi

Sebelumnya, dalam rangka terwujudnya pembangunan perkeretaapian di Pulau Sulawesi, khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terus mempercepat pembangunan jalur KA yang akan menghubungkan Kota Makassar hingga Parepare sepanjang sepanjang 145 km.

Pada tahap awal pembangunan jalur KA lintas Makassar – Parepare, saat ini pemerintah mempercepat untuk menyelesaikan serta mengoperasikan jalur KA untuk segmen Barru – Palanro sepanjang kurang lebih 44 km.

“Pembangunan pada segmen ini telah dimulai sejak akhir 2014. Diharapkan, pada akhir 2018 ini sudah bisa dioperasikan,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Zulmafendi kepada wartawan, Selasa (4/9/2018).

Nantinya, kata dia, ketika segmen Barru – Palanro ini siap beroperasi pada akhir 2018, hal ini akan menjadi catatan tonggak sejarah perkeretaapian baru di pulau yang juga dikenal sebagai Bumi Celebes. Itu karena pada zaman penjajahan Belanda, pernah beroperasi KA pada lintas Makassar – Takalar, pada periode kurun waktu 1923 – 1930.

“Pengoperasian KA lintas Makassar – Takalar ini kemudian berhenti beroperasi karena pertimbangan nilai ekonomis pada waktu itu. Dan pada akhir 2018, pemerintah berencana untuk kembali mengoperasikan KA di wilayah Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan,” kata dia.

Zulmafendi menambahkan, pembangunan jalur KA ini juga merupakan implementasi dari rencana pemerintah yang tertuang dalam Rencana Induk Perkeretaapian (RIPNas) tahun 2030 dalam mewujudkan jalur KA Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara.

Tahap awal, yaitu segmen Barru – Palanro, kegiatan pembangunan jalur KA tersebut masih menggunakan skema pendanaan melalui APBN.

Namun, sebagai upaya untuk mendorong percepatan penyelesaian pembangunan Jalur KA Makassar – Parepare ini dan dalam rangka mendorong partisipasi pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, pemerintah memberikan kesempatan kepada para stakeholder untuk turut serta dalam pembangunan Jalur KA Makassar – Parepare.

Saat ini, pemerintah masih dalam tahap meyeleksi para stakeholder yang berminat untuk turut serta dalam pembangunan jalur KA Makassar – Parepare ini. Terdapat enam peserta dari tujuh peserta yang sudah lolos dari tahapan prakualifikasi dan berkomitmen untuk mempercepat proses seleksi ini sehingga penyelesaian jalur KA ini dapat segera terwujud.

“Pemerintah berharap dengan beroperasinya kembali KA di Wilayah Sulawesi akan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat Sulawesi dan mendorong mobilitas baik angkutan penumpang maupun angkutan barang serta dapat membuka lapangan pekerjaan,” kata Zulmafendi.

Selain itu, pembangunan jalur KA lintas Makassar – Parepare ini nantinya akan terintegrasi dengan pelabuhan, bandar udara maupun pusat-pusat perekonomian di sepanjang lintas Makassar – Parepare yang akan berdampak kepada penurunan biaya transportasi yang pada akhirnya akan mendorong perekonomian di Sulawesi.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mengetahui Tanda Orang Berkepribadian Sensitif dan Mudah Tersentuh

Liputan6.com, Jakarta – Setiap orang tentu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Di sisi lain, ada pula yang terlahir dengan kepribadian yang super sensitif, mudah tersentuh, hingga emosinya yang tak begitu stabil.

Terkait kepribadian, ada beberapa tanda mengetahui orang dengan karakteristik demikian. Melansir bustle.com, kepribadian sensitif pertama kali diteliti oleh ilmuwan bernama Elaine Aron pada 1990 silam.

Orang dengan kepribadian sensitif biasanya memikirkan banyak hal terlalu dalam. Mereka juga mempunyai emosi yang kurang stabil tetapi begitu reaktif. Orang-orang dengan kepribadian ini memiliki simpati dan empati yang lebih besar.

Selain itu, orang berkepribadian sensitif juga sangat nyaman saat melakukan olahraga sendiri. Pribadi ini memilih untuk diam di suatu tempat dan bersenang-senang dengan dunia sendiri dibandingkan harus bersosialisasi dengan orang banyak.

Sementara, mengutip yourtango.com, orang dengan pribadi yang sensitif dan mudah tersentuh kerap gampang curiga, cemas, dan khawatir pada sesuatu yang tak perlu dikhawatirkan. Mereka membutuhkan waktu lama untuk mengambil keputusan.

Saat keputusan yang diambil kurang tepat atau salah, orang dengan kepribadian sensitif dan mudah tersentuh ini akan sangat menyesal. Tak hanya itu, mereka juga akan didera kesedihan yang panjang. Tanda lain, mereka juga sangat detail terhadap suatu hal. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Andi Setyo Berpeluang Jadi Bek Utama Timnas Indonesia U-22

Jakarta Bek tengah PS Tira dan Timnas Indonesia U-22, Andi Setyo Nugroho, sepertinya akan menjadi andalan utama untuk mengisi lini belakang skuat Garuda Muda di Piala AFF U-22 2019.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, melihat postur tinggi yang dimiliki pemain berusia 21 tahun itu bisa menjadi keunggulan tersendiri.

Timnas Indonesia U-22 saat ini masih memiliki 10 pemain belakang setelah Indra Mustafa, Anan Lestaluhu, dan Syafril Lestaluhu dipulangkan.

Ke-10 pemain tersebut adalah Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Bagas Adi Nugroho, Dallen Ramadhan Doke, Dandi Maulana, Andi Setyo, Fredyan Wahyu, Firza Andika, Asnawi Mangkualam, serta Samuel Christianson.

Jika menilik pemain-pemain yang bisa mengisi posisi sebagai bek tengah, ada nama-nama seperti Nurhidayat Haji Haris dan Rachmat Irianto, yang menjadi andalan Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19. Selain itu, ada Bagas Adi Nugroho dan Andi Setyo yang merupakan pemain Timnas Indonesia U-22di era Luis Milla.

Kehadiran Andi Setyo, yang di era Luis Milla kurang mendapatkan menit bermain, justru membuat Nova Arianto merasa senang. Mantan bek Timnas Indonesia yang kini menjadi asisten Indra Sjafri itu melihat Andi Setyo memiliki keunggulan dalam segi postur tubuh.

“Sebenarnya semua pemain hampir merata. Namun, saya sedikit fokus kepada Andi karena dia memiliki postur yang cukup tinggi. Saya ingin meningkatkan kemampuan dia di sini,” ujar Nova Arianto seusai sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Stadion Madya, Senayan, Senin (21/1/2019)

Timnas Indonesia U-22 akan berlaga dalam dua turnamen di kuarter pertama 2019. Piala AFF U-22 2019 akan menjadi turnamen pertama dijalani di Kamboja pada 17 Februari hingga 2 Maret 2019. Setelah itu, tim asuhan Indra Sjafri itu berlaga di Vietnam dalam Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada 22 hingga 26 Maret 2019.