Tips Jitu Berantas Kantuk Saat Kurang Tidur yang Bisa Dicoba

Jakarta – Mungkin banyak dari kita yang merasa waktu 24 jam yang kita miliki terasa kurang. Kerap membuat kita kurang tidur saking banyaknya aktivitas yang tidak ingin dilewatkan, dan akhirnya membuat rencana keesokan harinya sedikit berantakan karena rasa ngantuk yang tidak tertahankan.

Sebuah riset yang baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Current Biology menyoroti seberapa cepat efek merugikan dari kekurangan tidur bisa muncul. Para peneliti di University of Colorado Boulder merekrut sekumpulan pemuda sehat yang setuju untuk tidur di laboratorium tidur, di mana beberapa dari mereka hanya diperbolehkan untuk tidur tak lebih dari lima jam per malam selama lima hari berturut-turut.

Mereka menemukan bahwa kurang tidur bisa mengganggu hormon yang mengatur rasa nafsu makan sehingga orang-orang cenderung jadi makan lebih banyak. Sehingga sangat sulit bagi metabolisme tubuh kita untuk pulih dari kekurangan tidur selama seminggu dan seiring waktu bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

“Walaupun sudah ‘mencicil’ tidur di akhir pekan sekali pun, bobot para peserta ini tetap bertambah sama seperti dengan mereka yang tidak diperbolehkan tidur saat akhir pekan,” tulis studi tersebut, dikutip dari NPR.
Dr Chris Winter, ahli tidur dari Charlottesville mengatakan tubuh kita sangat baik dalam mengkompensasi waktu tidur yang kurang. Secara umum saat kita kurang tidur kemarin malam, kita akan tidur lebih nyenyak di malam ini.

“Jika kamu adalah seseorang yang membutuhkan tujuh jam tidur tiap malam, maka kamu sebenarnya hanya butuh tidur selama 49 jam per minggunya. Dengan kata lain, bisa saja kamu memvariasikan waktu tidur per harinya asal memenuhi jam yang kamu butuhkan,” kata Dr Winter.

Apakah bisa dengan molor di akhir pekan? Ia tidak menyarankan untuk tidur terlalu banyak karena bisa merusak jam tubuh, sehingga lebih baik tidur selama satu atau dua jam saja.

Jim Horne, ahli tidur lainnya di Loughborough University mengungkapkan tidur siang selama 20 menit juga bisa menutup satu jam waktu tidur yang hilang. Dia menyoroti sebuah studi yang menyimpulkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan performa, apapun yang bisa meningkatkan ingatan memori untuk lebih waspada.

Akan tetapi ia mencatat, jangan tidur siang selepas pukul 3 sore jika tidak ingin mengganggu waktu tidur malam. Selain itu ada lagi satu cara yang bisa membantu atasi kantung, yakni segera tidur siang setelah meminum segelas kopi.

“Kopi membutuhkan waktu 20 menit untuk bisa bekerja. Waktu itu cukup untuk tidur sebentar dan telah terbukti kombinasi yang sangat efektif bagi yang kurang tidur,” tandasnya.

Apa strategimu untuk mengurangi kantuk karena kurang tidur nih, detikers? Coba bagi di kolom komentar yuk!

(frp/up)

Jokowi – Ma’ruf Kurang 50 Persen di Survei Kompas, PDIP: Ini Tantangan Kader

Liputan6.com, Jakarta – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menanggapi santai hasil survei Litbang Kompas yang menyatakan elektabilitas capres-cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin menurun.

Menurut dia, setiap hasil survei harus dianggap sebagai tantangan untuk bekerja lebih baik lagi demi memenangan Jokowi-Ma’ruf dan PDIP. 

“Tetapi apapun hasilnya, ini perlu dilihat sebagai peluang sekaligus tantangan bagi kandidat capres dan parpol peserta pemilu menuju 17 April 2019,” kata Andreas dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/3/2019).

Anderas menilai hasil survei Litbang Kompas menjadi pelecut bagi kader PDIP untuk bekerja lebih keras memenangkan Pileg dan Pilpres 2019. Sebab, lanjutnya, PDIP juga memiliki peranan memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

“Hasil survei Kompas ini menggembirakan sekaligus tantangan untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan performa kerja kader baik untuk pilpres maupun pileg,” ucap dia. 

Andreas tak menampik adanya efek ekor jas (Coattail effect) dalam mengerek elektabilitas partai di momen Pilpres dan pileg.

“Coattail effect berperan penting meningkatkan elektabilitas partai, karena ini pun merupakan konsekuensi logis dari hubungan emosional antara partai dan kadernya,” ucap dia. 

Seperti dikutip dari Litbang Kompas Rabu, 20 Maret 2019, survei terbaru elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini lebih tipis dibandingkan survei Litbang Kompas Oktober 2018.

Elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini hanya selisih 11,8 persen. Jokowi – Maruf mendapat perolehan suara 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Ma’ruf 37,4 persen. Sebanyak 13,4 persen masih merahasiakan pilihannya.

Metode pengumpulan pendapat menggunakan wawancara tatap muka sejak tanggal 22 Februari – 5 Maret. Survei ini diikuti 2.000 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaannya 95 persen dengan margin of error penelitian plus/minus 2,2 persen.

5 Gejala Kurang Darah dan Penyebabnya, Jangan Disepelekan

Ada berbagai cara pengobatan kurang darah, cara pengobatan ditentukan  pada jenis, penyebab dan tingkat kerusakan kondisinya.

Pengobatan yang sering dilakukan ketika mengalami gejala kurang darah pada umumnya adalah mengubah pola makan apabila kurang darah masih pada kondisi yang belum parah, namun pengobatan serius dilakukan apabila kekurangan darah telah kronis.

Berikut cara pengobatan untuk mengobati kekurangan darah :

1. Mengubah Pola Makan dan Konsumsi Obat

Kekurangan vitamin dan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya kurang darah atau anemia. Bisa jadi kondisi ini akibat dari diet buruk atau penyakit maupun kondisi tertentu.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kadar vitamin atau zat besi tersebut di dalam tubuh, maka si penderita harus mengubah pola dietnya dan sekaligus mengonsumsi suplemen tambahan vitamin atau zat besi.

Suplemen vitamin yang umum dikonsumsi untuk penderita kurang darah adalah vitamin B12 dan asam folat (folat). Vitamin C juga diperlukan untuk membantu tubuh memaksimalkan penyerapan zat besi.

Umumnya dokter akan menyarankan untuk makan lebih banyak sumber zat besi dari daging merah seperti daging sapi atau hati sapi daripada sumber zat besi dari sayuran.

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan hemoglobin. Itulah mengapa ketika mengalami kurang darah hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan asupan zat besi. 

Zat besi pada tubuh kita lebih mudah menyerap zat besi dari sumber hewani daripada nabati atau sayuran.

2.  Transfusi Darah

Transfusi darah adalah prosedur umum yang aman dan digunakan untuk penderita anemia berat.

Pada prosedur ini darah diberikan kepada penderita anemia melalui jalur intravena (IV) di salah satu pembuluh darah.

Transfusi darah ini membutuhkan pencocokan yang ekstra hati-hati antara darah yang disumbangkan dengan darah si penerima atau penderita anemia.

3. Operasi atau Pembedahan

Apabila mengalami perdarahan serius yang menyebabkan kurang darah, pembedahan mungkin diperlukan.

Seperti pada kasus penyakit kanker usus besar atau sakit maag, dimana kedua penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya kekurangan darah terlebih jika penyakitnya sudah parah. Untuk itulah perlu dilakukan tindakan operasi atau pembedahan.

Dalam tubuh kita terdapat organ kecil yang terletak tepat di bawah tulang rusuk sebelah kiri ini sangat sensitif dan mudah mengalami kerusakan. Jika limpa membengkak, salah satu dari akibat yang akan dirasakan penderitanya yaitu dapat mengalami anemia.

Oleh karena itu, pada kasus yang serius ini dibutuhkan pembedahan atau operasi pengangkatan limpa atau disebut dengan splenektomi.

‘Pebulutangkis Tunggal Putri Indonesia Kurang Bertenaga’

JakartaRionny Mainaky punya segudang pekerjaan rumah sebagai pelatih tunggal putri Indonesia. Salah satunya memperbaiki stamina para pebulutangkisnya.

Sektor tunggal putri Indonesia saat memiliki tiga atlet andalannya yakni Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, dan Ruselli Hartawan. Selama ini, mereka berada di bawah asuhan Minarti Timur dan Susy Susanti sebagai Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI.

Dibandingkan sektor lain, nomor tunggal putri memang yang paling tertinggal. Namun tahun ini perkembangan sudah terlihat, dengan satu gelar yang dipersembahkan Fitriani di Thailand Masters 2019.

Tapi, hasil itu tentu saja tidak cukup karena Indonesia tengah diburu waktu jelang pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade 2020. Tunggal putri ditargetkan meloloskan dua atlet.

Rionny, yang baru diangkat jadi pelatih utama tunggal putri Indonesia, mengaku dirinya akan membenahi sejumlah aspek tunggal putri agar target itu tercapai. Semua akan dirombak, baik dari mental, stamina, dan daya tahan atlet.

“Ya, mereka sudah cukup baik, tapi dari faktor stamina, daya tahannya, dan sebagainya kurang,” kata Rionny dalam sambungan telepon, Jumat (15/3/2019).

“Kalau nggak punya stamina otomatis daya juang jadi tak yakin, kalau pun dipaksa dan lawannya lebih siap, ujung-ujungnya tak percaya diri kan? Nah, walaupun kurang siap kalau di lapangan ada daya juang sama seperti latihan, bisa naik,” sambung pelatih berusia 53 tahun ini.

“Jadi harus benahi dari disiplin, stamina, daya juang mereka. Kalau kita latih dan siapkan semua, bukan hanya disiplin dalam lapangan, di luar juga maka otomatis mental mereka akan jadi kuat. Kalau sudah punya itu, istilahnya kan, saya push mereka pasti bisa.”

“Nanti saat di sana saya akan lihat mereka entah dari makannya, istirahatnya seperti apa. Jadi persiapan harus saya lihat, dan akan saya perbaiki,” demikian adik dari Richard Mainaky ini.

(mcy/mrp)

Bawaslu akan Klarifikasi FPI soal Munajat 212, Munarman: Kurang Kerjaan

JakartaBawaslu DKI Jakarta akan meminta klarifikasi dari FPI DKI soal kegiatan Munajat 212 di Monas. Jubir FPI, Munarman, menilai Bawaslu kekurangan pekerjaan.

“Bawaslu kurang kerjaan,” kata Munarman, Senin (11/3/2019) malam.

Munarman meminta Bawaslu untuk fokus menyelidiki terkait permasalahan DPT pemilu. Dia meinta Bawaslu tak ikut menjadi ‘pemain’.

“Bagusnya fokus ke DPT bermasalah hingga 17 juta, dan adanya WNA masuk DPT. Jangan ikut ikutan jadi pemain. Fokuslah pada kecurangan kecurangan dan tidak netralnya ASN maupun aparat hukum,” ucap dia.

Terkait agenda klarifikasi Bawaslu, Munarman belum bisa memastikan kehadiran FPI DKI. Dia akan bertanya terlebih dahulu kepada pengurus FPI DKI.

“Saya tanyakan ke FPI DKI,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bawaslu DKI sudah meminta klarifikasi dari perwakilan MUI DKI atas laporan dugaan pelanggaran kampanye pada Munajat 212. Selanjutnya, pihak yang akan dimintai klarifikasi adalah FPI DKI Jakarta.

“Ke depan kita juga akan meminta klarifikasi dari FPI DKI di acara kepanitiaan Munajat 212,” ujar anggota Bawaslu DKI Jakarta, Puadi, di kantornya, Jl Danau Agung III, Sunter Agung, Jakarta Utara, Senin (11/3/2019).

Selain MUI DKI, Bawaslu DKI mengagendakan klarifikasi dari Fadli Zon dan Neno Warisman. Pada pekan lalu, Bawaslu DKI meminta keterangan dari Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan soal Munajat 212 yang digelar pada Kamis, 21 Februari.

“Tadi memang MUI sudah memberi keterangan terkait kegiatan mereka, yaitu Senandung Zikir, nanti kita akan menilai beberapa klarifikasi tersebut apakah ada dugaan pelanggaran atau tidak,” sambung Puadi.

Ketua Bidang Infokom MUI DKI Jakarta Faiz Rafdi di kantor Bawaslu DKI sebelumnya menegaskan tidak mengundang tokoh politik dalam Senandung Selawat dan Zikir Nasional yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan acara Munajat 212.

(knv/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Selebrasi Aubameyang Usai Jebol Gawang MU Terasa Kurang Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Pierre-Emerick Aubameyang kehilangan barang saat Arsenal menghadapi Manchester United (MU), Minggu (10/3/2019). Bomber asal Gabon tersebut tidak bisa menemukan topeng yang hendak dia gunakan untuk melakukan selebrasi usai mencetak sebuah gol.

Aubameyang mencetak satu gol saat Arsenal mengalahkan United dengan skor 2-0 di pekan ke-30 Premier League, Minggu (10/2) di Stadion Emirates. Satu gol Arsenallainnya dicetak oleh Granit Xhaka pada menit ke-12 dari sepakan jarak jauh.

Gol ke gawang Manchester United punya arti spesial bagi Aubameyang. Sebab, itu adalah gol ke-20 penyerang asal Gabon sepanjang musim 2018/19 untuk Arsenal. Jadi, tentu saja dia ingin membuat selebrasi yang juga spesial atas gol ke gawang United.

Aubameyang memang dikenal punya cara unik untuk melakukan selebrasi usai mencetak gol. Saat masih bermain untuk Borussia Dortmund,, bersama dengan Marco Reus, dia pernah melakukan selebrasi dengan topeng tokoh Batman dan Robbin.

Nah, selebrasi dengan topeng rupanya ingin dilakukan oleh Aubameyang di Arsenal. Tepatnya usai mencetak gol penalti ke gawang Manchester United. Tapi, topeng tersebut ternyata raib dan tidak ditemukan.

“Saya sangat senang karena saya cetak gol dan kami menang. Ini adalah sebuah laga yang sangat penting. Saya ingin melakukan selebrasi dengan topeng, tapi saya tidak menemukannya. Jadi, lain waktu saja,” ucap Aubameyang dikutip dari situs resmi klub.

“Ini adalah hasil yang bagus. Kami bekerja keras hari ini dan sejak awal kami tahu ini akan menjadi sebuah laga yang berat. Kami melakukan dengan baik dan memenangkan laga,” tandas pemain berusia 29 tahun.

Disebut FBR Kurang Peduli Budaya Betawi, Ini Respons Sandiaga

Bandung – Cawapres Sandiaga Uno dinilai Forum Betawi Rempug (FBR) tak peduli terhadap kebudayaan Betawi, sehingga hal itu jadi alasan FBR mendukung Jokowi-Ma’ruf. Soal itu, Sandiaga menyerahkan sepenuhnya kepada penilaian masyarakat.

“Ya biar masyarakat yang menilai. Saya tidak ingin silang pendapat, biar masyarakat yang menilai,” kata Sandiaga saat mengunjungi kediaman Abu Syauqi di Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (10/3/2019).

Dukungan FBR ke pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin menurutnya merupakan pilihan. Ia menghormati apa yang sudah menjadi pilihan FBR di Pilpres 2019 ini.

“Kemarin sudah disampaikan, kita hormati keputusan FBR. Kyai Luthfi guru saya juga, guru kami di Jakarta, sudah sama-sama bersilaturahim waktu Pilgub DKI,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengaku di berbagai kesempatan dia menghormati FBR. Bahkan, kata dia, slogan-slogan FBR sering dia kumandangkan dibeberapa kesempatan.

“Saya selalu kalau kemana-mana ‘Betawi Rempug’, ‘Jakarta Rebut’, ‘Kalau Kurang Ajar, Hajar’. Itu slogan-slogan Betawi Rempug yang selalu kita kumandangkan dan istri saya juga orang Betawi asli,” katanya.

Sandiaga menyatakan meski FBR mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, dirinya tetap bersahabat dengan pengurus FBR. Bahkan, kata Sandiaga, kunjungannya ke beberapa tempat termasuk ke Bandung, dibantu juga oleh pengurus dan petinggi FBR.

“Jadi bagi saya kita hormati keputusan FBR, kita tetap bersahabat, bersilaturahim, tapi dari beberapa rekan kita di sini yang menyiapkan kunjungan adalah para pengurus dan petinggi FBR juga. Jadi mereka sampaikan secara pribadi mereka mendukung (Sandiaga), tapi tentunya secara organisasinya kita hormati, kita terima kasih dan mudah-mudahan silaturahmi tidak terputus,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, FBR memutuskan untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Menurut Ketua Umum FBR, Lutfi Hakim, ada sejumlah alasan organisasi yang dipimpinnya itu tidak mendukung Prabowo-Sandiaga Uno. Salah satunya, mereka menganggap pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin lebih peduli terhadap warga Betawi.

(dir/ern)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mohamed Salah Kurang Kejam di Kotak Penalti

Liputan6.com, Liverpool – Legenda Liverpool, Phil Babb, angkat bicara soal menurunnya performa Mohamed Salah. Ia berkaca pada penampilan pemain asal Mesir itu saat melawan Everton,

Liverpool hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah Everton pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Goodison Park, akhir pekan lalu. Dalam laga itu, Salah sebenarnya mendapatkan beberapa peluang matang. Tapi, tak satu pun yang berhasil menjadi gol.

Mohamed Salah memang belakangan kurang moncer. Dari tujuh laga terakhir, ia hanya mampu mencetak gol ketika Liverpool menang 3-0 atas AFC Bournemouth.

Buruknya performa Mohamed Salah menjadi salah satu alasan Liverpool kini turun ke peringkat dua. Mereka didepak dari puncak oleh Manchester City yang unggul satu poin.


2 dari 3 halaman

Kurang Percaya Diri

(AFP/Oli Scarff)

“Fakta bahwa pemain terbaik Anda tidak berkinerja baik dapat memiliki efek pada seluruh anggota tim. Salah memiliki beberapa peluang, tetapi tampaknya tidak memiliki kepercayaan diri di depan gawang saat ini,” kata Babb di Soccerway.

“Dia telah bermain sebagai penyerang tengah dan dia tidak benar-benar memainkan peran itu dengan baik. Dia cukup mudah untuk dikawal oleh bek-bek tengah standar di Liga Inggris,” Babb menambahkan.

3 dari 3 halaman

Statistik Salah

Mohamed Salah sendiri sudah membela Liverpool dalam 29 pertandingan Liga Inggris musim ini. Ia juga menyumbangkan 17 gol dan delapan assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Kroos: Lopetegui Kurang Beruntung di Real Madrid

Liputan6.com, Madrid – Julen Lopetegui mengisi kursi kepelatihan Real Madrid yang lowong setelah Zinedine Zidane memutuskan angkat kaki pada akhir musim kemarin. Demi bergabung dengan Real Madrid, ia harus melalui serangkaian drama dengan Timnas Spanyol jelang Piala Dunia 2018.

Seolah terkena karma, Lopetegui merasakan getahnya pada bulan Oktober 2018 lalu. Performa buruk Los Merengues, dan kekalahan telak 1-5 atas Barcelona, membuatnya harus rela angkat kaki dari Santiago Bernabeu.

Pemecatan Lopetegui seolah mengkonfirmasi bahwa kualitasnya sebagai pelatih tidak sesuai dengan yang diharapkan, apalagi jika dibandingkan dengan Zinedine Zidane yang meraih banyak prestasi di Real Madrid. Namun dalam pandangan Toni Kroos, Lopetegui hanya kurang beruntung saja.

“Ada masa-masa yang sangat sulit pada awal musim,” ujar Kroos dalam interview bersama La Liga media, dikutip dari Marca. “Kami sangat sukses dalam beberapa tahun terakhir,” katanya menambahkan.

“Tapi awal masa ini terasa berat karena adanya perubahan, dan banyak pemain yang kembali dari Piala Dunia di waktu yang berbeda. Julen Lopetegui sangat tidak beruntung.”

2 dari 2 halaman

Berkualitas

Terlepas dari hasil buruk yang diraih Real Madrid semasa era Lopetegui, Kroos menilai mantan pelatih FC Porto tersebut memiliki kualitas yang mumpuni untuk menukangi tim besar. Tapi seperti yang ia katakan di awal, Lopetegui tiba di masa yang tidak tepat.

“Dia melakukan tugasnya dengan baik tapi tak mendapatkan yang kami inginkan, dan juga itu bukan masa yang bagus untuk klub,” ujar Kroos.

Lopetegui lalu digantikan oleh Santiago Solari, yang sejatinya baru menukangi Real Madrid Castilla pada awal musim 2018/2019 ini. Kroos sendiri merasa kehadiran pria asal Argentina tersebut telah membantu Real Madrid semakin berkembang.

“Kami telah berkembang dalam beberapa bulan sejak itu, dan kami ingin kembali berjuang meraih gelar. Solari adalah pelatih yang tahu apa yang dibutuhkan untuk bermain pada level ini, yang membantu kami lebih banyak dan para pemain mengapresiasi hal itu.”

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Pasokan Cadangan Gas Besar di Sumsel Diprioritaskan untuk Domestik

Liputan6.com, Jakarta – Repsol telah menemukan cadangan gas di‎ ‎Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, sebesar 2 triliun kaki kubik (Trillion Cobic Feet/TCF).

Hal ini menjadi angin segar bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia sebab selama 18 tahun baru ditemukan kembali cadangan gas skala besar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, gas yang dihasilkan dari blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“‎Untuk dalam negeri (pasokan gasnya),” kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM‎, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Arcandra menuturkan, pasokan gas untuk dalam negeri tidak akan berlebih. Untuk infrastruktur penyaluran gasnya akan memanfaatkan yang sudah dioperasikan. 

“Enggak akan lebih. ‎Kita dalam kebutuhan untuk negeri. ‎Infrastruktur bisa digunakan sekitarnya,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Repsol Temukan Ladang Gas Terbesar di Sumsel

Sebelumnya, ‎Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyol‎ tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” ‎ujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

“Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini: