6 Manfaat Air Mawar yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda

Saat sakit kepala melanda, jangan langsung minum obat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa uap dari air mawar bisa mengurangi sakit kepala. Air mawar atau minyak esens mawar yang biasa dijadikan aromaterapi bisa membantu menyembuhkan sakit kepala Anda.

4. Mengurangi Kemerahan pada Kulit

Air mawar sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Tidak heran sejak dulu sudah dipercaya untuk mengurangi permasalahan wajah seperti kemerahan pada kulit. Sifat air mawar yang antibakteri bisa pula mengurangi jerawat dan wajah bengkak.

5. Antioksidan

Mawar mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi sel dari kerusakan. Fungsi antioksidan seperti menetralkan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi garis halus dan kerutan, mengurangi bintik hitam, serta mengurangi jerawat.

6. Menyembuhkan Luka

Air mawar ternyata dapat menyembuhkan luka seperti luka bakar maupun menghilangkan bekasnya. Sifat antiseptik dan antibakteri yang terkandung membantu penyembuhan luka lebih cepat. Air mawar membantu membersihkan serta melawan infeksi luka. (Fairuz Fildzah)

Menyeramkan, 5 Buku Ini Sampulnya Dibuat dari Kulit Manusia

Buku ini berisi kisah mengenai gagalnya Plot Mesiu di Inggris dan apa yang terjadi sesudahnya. Plot Mesiu adalah suatu rencana yang dirancang oleh orang-orang Katolik Inggris di tahun 1605 untuk membunuh James (raja Inggris yang beragama Protestan), putra sulungnya, serta sebagian besar anggota parlemen Inggris.

Salah satu peserta Plot Mesiu yang paling dihormati adalah Guy Fawkes, di mana ilustrasi wajahnya menjadi sumber inspirasi topeng karakter utama film V For Vendetta, serta lambang gerakan Anonymous di dunia maya. Selain Fawkes, peserta lain plot ini adalah Henry Garnet, kepala gerakan Jesuit Kristen di Inggris. Kulit Garnet inilah yang kemudian diambil untuk dijadikan bahan pembuat sampul buku ini karena mereka percaya, tindakan ini akan membuat Garnet mengalami penderitaan abadi akibat pembangkangannya.

Tips Kulit Wajah Sehat dan Bercahaya dari Astrid Tiar

Liputan6.com, Jakarta – Banyak perempuan sedang menyukai penampilan dengan makeup natural dan menonjolkan kulit sehat. Aktris dan presenter Astrid Tiar termasuk salah satunya.

Ia mengaku lebih memilih tampilan wajah flawless.Lalu makeup dan skincare apa yang diterapkan Astrid? Ibu dua anak ini mengatakan memilih cushion sebagai base makeup agar makeupnya itu crack. Ia menjelaskan tidak membutuhkan contouring dan highlight untuk melengkapi riasan wajahnya.

“Untuk tampilan glass skin ala Korea, biasanya aku pakai serum sebelumnya, lalu pakai DD cushion. Untuk makeup panggung yang agak tebal aku lebih pilih CC cream karena teksturnya lebih creamy. Tapi kalau untuk tampilan sehari-hari cukup pake bedak tabur,” terang Astrid, dilansir dari Fimela, 12 April 2019.

Bagi perempuan kelahiran 24 tahun lalu ini, bukan hanya kosmetik saja yang membuat wajah terlihat bersinar atau bercahaya. Perawatan wajah pun tak kalah pentingnya.

Serum Lanore dipilih Astrid untuk merawat kulit wajahnya agar selalu sehat. Ada dua macam yang dimiliki produk ini, yaitu whitening dan antiaging yang memiliki dua manfaat sekaligus dalam satu produk.

Ion Exchange yang terdapat pada dalam produk ini mampu mencegah penuaan dini. Serta Serum Intelgold dengan Ionic Bond Biotechnology membantu merawat penampilan kulit agar terlihat lebih muda, sehat, menyamarkan kerutan dan mencegah munculnya garis-garis halus pada wajah.

4 Efek Buruk Sering Keramas, Bisa Bikin Kulit Kepala Gatal

Mencuci rambut atau keramas terlalu sering bisa merusak tekstur rambut. Seperti yang disampaikan sebelumnya, hal ini menyebabkan rambut kehilangan kelembapan alaminya.

Saat rambut kehilangan kelembapan alaminya, kulit kepala jadi kering. Begitu pula dengan rambut. Rambut yang kering nantinya akan sulit diatur.

Selain itu, rambut yang kering juga mudah rapuh dan patah. Hal ini disebabkan oleh terlalu seringnya rambut terkena sampo yang berefek buruk kepada rambut. Biasanya rambut yang basah sangat mudah rapuh bahkan patah.

Oleh karena itu, kamu juga harus menghindari menyisir rambut ketika masih basah. Ketika akar rambut menjadi sering basah, hal itu menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok.

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan Kencang

Jakarta – Malas konsumsi buah bisa membuat kulit kusam dan keriput. Kandungan vitamin dan mineral dari buah bisa bikin kulit sehat.

Tak harus mengeluarkan uang untuk membuat wajah sehat. Buah mengandung vitamin dan mineral alami ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dikutip dalam beberapa sumber, ini 9 jenis buah sehat yang dapat menjaga kulit agar terhindar dari keriput dan juga jerawat.

Baca Juga: Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Kulit Mulus dan Bersih

1. Delima

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: GettyImages

Jus delima punya manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Jus ini dapat membantu samarkan garis dan bintik-bintik apabila dikonsumsi secara teratur.

Buah berwarna merah ini juga mengandung polifenol yang dapat melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan aliran darah. Sehingga buah ini dapat membuat kulit sehat melalui proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Delima juga dapat mencegah serta mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Kulit buah ini juga dapat digunakan, untuk mendorong pertumbuhan sel dan menghambat keriput secara alami. Enzim yang memecah kolagen bisa membuat kulit terlihat awet muda.

2. Pisang

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Ternyata pisang mengandung asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Buahnya juga mengandung zinc dan kalium. Zinc dapat melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium dapat menghidrasi kulit yang dehidrasi.

Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga bisa digosokkan ke wajah secara perlahan untuk membantu cerahkan kulit wajah.

3. Semangka

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Buah yang segar ini juga dapat menyegarkan kulit Anda. Buah ini mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. Ketika Anda sedang merasa lelah karena baru pulang setelah melakukan aktifitas di luar, maka sebaiknya Anda membersihkan wajah Anda dengan irisan buah ini.

Buah ini dapat mengontrol tanda-tanda penuaan karena kandungan karotennya. Ini juga dikenal untuk menyamarkan bekas luka pada kulit jika dioleskan secara teratur.

4. Pepaya

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Pigmentasi dapat diatasi dengan buah ini. pepaya yang dihaluskan dapat dijadikan masker untuk membantu haluskan kulit yang kasar.

Selain bisa dijadikan sebagai masker wajah. Buah pepaya juga sangat bagus untuk

Banyak yang sudah mencegah keriput pada usia dini. Maka Anda bisa mengaplikasikan masker pepaya supaya dapat mengendalikan kerutan.

5. Kiwi

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Kiwi dikenal mengandung asam lemak Omega-3. Asam lemak ini dapat melindungi kulit dari kuman. Kiwi dapat mencegah Anda dari infeksi kulit. Bahkan buah ini juga dapa menjaga kekencangan kulit. Kiwi juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu tingkatkan produksi kolagen.

6. Jeruk

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Jeruk sangat baik untuk menghilangkan komedo. Jus jeruk juga dikenal dapat mengurangi noda pada wajah dan mengobati jerawat. Serta mengkonsumsi buah atau jus jeruk secara teratur dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

7. Apel

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Apel baik untuk Anda karena dapat membantu cerahkan kulit . Apel dapat memberikan perlindungan pada kulit secara efektif dengan menghilangkan patogen dan minyak berlebih pada wajah. Buah apel juga mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang dapat membantu kulit nampak sehat dan halus.

8. Anggur

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Anggur adalah sumber vitamin C. Antioksidan yang terkandung pada anggur juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas selama musim dingin. Anggur juga mengandung potasium yaitu agen penting yang dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan dapat mencegah keriput dan tanda penuaan.

9. Jambu biji

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Jambu biji adalah sumber Vitamin A, C, likopen, dan karoten yang baik. Semua kandungan ini dapat membantu mengurangi adanya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin K yang baik sehingga mampu mengobati jerawat, iritasi kulit dan kemerahan pada wajah.

Dengan konsumsi jambu biji setiap hari, dapat menghindari wajah dari garis-garis halus, kulit kering dan noda hitam. Jambu biji enak dimakan langsung atau dibuat menjadi smoothies dan jus. Namun jangan tambahkan gula karena bisa menambah kandungan kalori dan berujung pada kenaikan berat badan.

Baca Juga: Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Bantu Berat Badan (lus/lus)

Trik Jitu Merawat Tas dan Jaket Kulit

Liputan6.com, Jakarta – Aroma kulit yang khas menyeruak dari tas, jaket, maupun sepatu yang dipajang di rak rumah Anda. Sebagian orang menyukainya, sebagian tidak.

Bagi pecinta kulit, banyak yang suka karena motifnya yang eksotis seperti kulit reptil. Ada pula yang suka karena awet dikenakan bertahun-tahun lamanya.

Kulit hewan banyak digunakan untuk kebutuhan fashion. Produk kulit dibuat menjadi sepatu, tas, dompet, ikat pinggang, jaket, bahkan rok. Kulit hewan yang digunakan biasanya sapi, domba, ular, buaya, biawak, dan ikan pari.

Perawatan produk kulit pun susah-susah gampang. Namun, tak menghalangi Anda untuk memilikinya. Liputan6.com merangkum tips untuk merawat produk kulit Anda agar selalu terjaga sebagai berikut.

Hindari Sinar Matahari Berlebihan

Tas kulit atau jaket kulit dalam proses pembuatannya menggunakan bahan kimia. Bila terkena sinar matahari berlebihan, bisa mengubah warnanya. Sebaiknya hindari dari paparan sinar matahari secara langsung.

Jangan Simpan dalam Lemari Tertutup

Lemari yang tertutup rapat biasanya lembab. Alhasil bisa menumbuhkan jamur di dalam produk kulit Anda. Sebaiknya taruh di tempat terbuka. Seperti jaket, misalnya, gantung saja di tempat atau lemari yang terbuka.

Jaga Bentuk

Agar bentuk produk kulit seperti jaket dan tas selalu bagus, coba isi dengan bantal atau foam. Bantal atau foam akan mengisi ruang dalam tas dan jaket. Alhasil, bentuknya akan tetap seperti semula.

Tidak Perlu Dicuci

Mencuci bisa merusak produk kulit bila tidak dilakukan dengan hati-hati. Jaga saja kebersihannya agar tidak terlihat kotor. Kalau terciprat air, Anda sebaiknya langsung mengelapnya dengan kain bersih dan mengangin-anginkannya hingga kering.

Kenali Produk Kulit

Produk kulit reptil, seperti ular, lama kelamaan bisa berubah warna, tetapi justru sebagian orang menyukainya.

Hati-hati bila ingin membeli produk kulit. Anda bisa cek dengan menekuk-nekuk produk. Bila kembali ke bentuk semula, berarti dari kulit asli.

Pun jangan tergiur dengan produk dari brand kenamaan tertentu. Kulit yang digunakan tidak menjamin berkualitas baik. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

7 Cara Efektif Dapatkan Asupan Vitamin D, Bikin Kulit Sehat

Vitamin D sering disebut sebagai “vitamin sinar matahari” karena matahari adalah salah satu sumber nutrisi terbaik. Kulit memiliki sejenis kolesterol yang berfungsi sebagai pembangun vitamin D. Ketika senyawa ini terpapar radiasi UV-B dari matahari, ia menjadi vitamin D.

Faktanya, vitamin D yang diturunkan dari sinar matahari dapat bersirkulasi dua kali lebih lama dari vitamin D dari makanan atau suplemen. Namun, jumlah vitamin D yang dapat dibuat tubuh Anda tergantung pada beberapa faktor diantaranya adalah:

Warna kulit dan usia

Orang dengan kulit yang lebih gelap perlu menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari untuk menghasilkan vitamin D daripada mereka yang memiliki kulit lebih terang. Itu karena kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin, senyawa yang dapat menghambat produksi vitamin D. Usia juga bisa berdampak. Seiring bertambahnya usia, produksi vitamin D di kulit Anda menjadi kurang efisien.

Lokasi geografis dan musim

Semakin dekat Anda hidup dengan garis khatulistiwa, semakin banyak vitamin D yang dapat Anda hasilkan sepanjang tahun karena kedekatan fisik Anda dengan sinar matahari. Sebaliknya, peluang untuk paparan sinar matahari yang memadai berkurang secara proporsional ketika Anda berada semakin jauh dari khatulistiwa.

Tabir surya dan pakaian

Jenis pakaian dan tabir surya tertentu dapat menghambat produksi vitamin D. Meskipun sangat penting untuk melindungi diri dari kanker kulit dengan menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, dibutuhkan paparan sinar matahari bagi tubuh Anda untuk mulai memproduksi vitamin D.

Meskipun tidak ada rekomendasi resmi, sumber menunjukkan bahwa paparan selama 8-15 menit sudah cukup untuk membuat banyak vitamin D untuk individu yang berkulit lebih terang. Mereka yang memiliki kulit lebih gelap mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk berada pada sinar matahari.

Benarkah Minyak Goreng Jadi Rahasia Kulit Kencang Victoria Beckham?

Liputan6.com, Jakarta – Usia Victoria Beckham sudah 44 tahun. Namun, mantan personel Spice Girls ini masih terlhat cantik dan kulitnya masih kencang dan awet muda.  Beredar kabar kalau ia menggunakan minyak goreng agar kulitnya tetap kencang, benarkah?

Perempuan yang sekarang menjadi desainer ini ternyata mengakui menggunakan minyak sebagai perawatan rutin agar kulitnya tetap bersinar dan sehat. Namun bukan minyak goreng melainkan minyak kelapa yang digunakannya.

Victoria dikenal suka menambahkan bahan yang tak lazim sebagai perawatan kulit dan kecantikannya. Dilansir dari Ace Showbiz, Selasa, 2 April 2019, istri David Beckham itu mengungkapkan rahasia kecantkan kulitnya adalah Weleda Skin Food.

Alasannya, karena produknya tak terlalu mahal dan mudah didapatkan. “Formulanya sangat lembut dan lembapuntuk kulit. Kalau ingin kulit menjadi lebih cokelat, aku tinggal menambahkan minyak kelapa. Hasilnya, warna kulit akan lebih bagus,” tuturnya.

Ibu tiga anak ini juga mengungkapkan kalau menambahkan minyak kelapa diyakini bisa membantu menjaga kelembapan kulitnya.

Menurut Victoria Beckham, minyak kelapa bisa menutupi kekurangan pada kulitnya akibat usia, seperti keriput dan mengendur. Anda mau ikut mencoba?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rahasia Cantik Victoria Beckham dalam 5 Menit

5 Varian Sheet Mask Halal Sesuai Kondisi Kulit, Mana yang Paling Cocok untuk Anda?

Wardah Nature Daily Sheet Mask ini hadir dalam 5 varian, yakni Aloe Vera, Rose, Rice, Vitamin C, dan Green Tea dengan keunggulan dan manfaatnya masing-masing. Anda bisa menggunakan sheet mask secara bergantian sesuai kondisi dan permasalahan kulit.

Sheet mask Aloe Vera memberi kelembapan dan menghidrasi kulit. Sementara Rose memberi efek smoothing pada kulit sehingga terasa lebih lembut. Varian bermanfaat revitalizing, yaitu membantu meremajakan kulit sehingga terlihat awet muda.

Kemudian sheet mask varian Vitamin C memberikan efek cerah pada wajah. Terakhir, sheet mask dengan kandungan green tea memberi efek calming yang cocok bagi pemilik kulit sensitif, atau digunakan setelah terpapar sinar matahari.

Untuk penggunaannya, sheet mask tidak masalah dipakai setiap hari karena fungsinya melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit. Sehingga, tidak akan menimbulkan masalah lain pada kulit seperti rangkaian skincare dengan efek exfoliating.

“Waktu penggunaannya bebas karena masker ini memang untuk melembapkan kulit. Bisa pilih variannya sesuai dengan kebutuhan kulit. Bisa dan aman untuk digunakan setiap hari, dianjurkan setiap setiap hari sehigga kulit lebih sehat,” tutup Rifina.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kulit Sedang Gatal-gatal

Selain dengan mengompresnya kamu dapat juga mengoleskan krim pereda gatal pada kulit gatal. Kamu juga dapat menemukan produk-produk krim ini di apotek.

Setiap produk tentunya memiliki bahan aktif yang berbeda-beda, kamu juga perlu tahu nantinya produk apa yang cocok untuk masalah gatalmu. Semua bahan aktif tersebut dapat meringankan rasa gatal sehingga kamu tidak perlu lagi jengkel ingin menggaruknya.

Selain meredakan gatal, bahan lauromacrogol juga menjaga kelembapan kulit sehingga kamu dapat terhindar dari kulit kering. Sedangkan jika ruam kulit sudah lecet, maka pilih produk yang berbahan aktif centella Asiatica yang melegakan kulit dari iritasi sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Kadang ada juga masalah dalam pemakian krim ini. Saat kamu sudah memilih krim yang benar, kamu juga harus memakainya dengan benar. Sebelum mengoleskan krim, kamu harus membersihkan tangan dan ruam di kulit sebelum mengoleskan krim tersebut.

Selalu baca aturan pakai produk krim yang kamu pakai sebelum mengoleskannya, dan pastikan kamu memakai sesuai dosis yang diperlukan atau disarankan.

Yang terpenting adalah, kamu harus selalu menjaga kebersihan kulitmu. Selama kamu menjaga kebersihan kulitmu, maka gatal-gatal tidak akan datang mengganggu.