Cerita Lagu Boneka Abdi Mendadak Populer sebagai Pemanggil Arwah

Liputan6.com, Bandung – Mendengarkan lagu bagi sebagian orang adalah cara menghibur diri atau menghilangkan bosan. Di sisi lain, lagu yang sudah familiar di telinga ternyata ada beberapa yang dikaitkan dengan kejadian aneh atau misterius.

Bagi yang bermukim di daerah Jawa Barat, tentu hafal dengan lagu “Boneka Abdi”. Mengingat lagu “Boneka Abdi” sudah ada sejak lama, hingga saat ini lagu tersebut masih kerap dinyanyikan oleh banyak orang, terutama anak-anak.

“Boneka Abdi” dibawakan dengan bahasa Sunda. Liriknya sebagai berikut: “Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka. Teu kinten saena sareng lucuna. Ku abdi di erokan, erokna sae pisan. Cing mangga tingali boneka abdi”.


Jika diterjemahkan secara bebas dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya begini: Saya sekarang punya sebuah boneka. Tak terkira bagus dan lucu. Saya pakaikan rok, roknya pun bagus. Ayo silakan lihat boneka saya.

Sekilas tak ada yang mengerikan dari lagu anak-anak tersebut. Bahkan, nyaris tidak ada hal yang menyeramkan yang dikandung dari lirik lagunya. Makna lagunya pun cenderung riang dan gembira.

Lalu, dari mana unsur kemistikan lagu “Boneka Abdi” berasal?

Pada awalnya, lagu ini mulai jadi lagu menyeramkan kala muncul dalam film Jelangkung (2011) sebagai latar kedatangan hantu suster ngesot. Lagu tersebut semakin populer setelah dijadikan soundtrack dalam film horor berjudul Danur (2017).

Seperti diungkapkan penyanyi dan penulis Risa Saraswati saat membuat lagu Story of Peter yang bercerita tentang sahabat hantu. Untuk diketahui, Story of Peter merupakan sebuah album musik perdana milik Sarasvati yang merupakan sebuah projek solo Risa yang dirilis pada tahun 2011.

“Bukan berniat menakuti, tapi pada masanya lagu ini konon memang digemari oleh anak-anak Belanda yang dulu pernah tinggal di Hindia Belanda atau sekarang bernama Indonesia,” kata Risa dalam blog-nya.

Selain itu, Risa sendiri mengaku ia pernah membawakan “Boneka Abdi” di atas sebuah panggung di Bandung bersama band Sarasvati. Menurut dia, pengunjung ketakutan mendengar lagu tersebut.

Kepopuleran lagu “Boneka Abdi” semakin meningkat seiring rilisnya film horor berjudul Danur yang disutradarai oleh Awi Suryadi di tahun 2017. Ceritanya pun diangkat dari sebuah novel misteri karangan dari Risa dengan judul Gerbang Dialog Danur.

Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Risa yang mempunyai kemampuan indigo. Dari situ, ia bisa melihat hal-hal gaib yang tidak bisa dilihat orang lain. Risa sendiri bersahabat dengan lima hantu anak anak Hindia Belanda yang meninggal saat pendudukan Jepang. Kelimanya, yaitu Peter, Hans, Hendrick, William, dan Johnsen.

Barangkali setelah dijadikan soundtrack film Danur, lagu ini berubah menjadi cukup mencekam jika dinyanyikan sendiri. Hal itu mengingat dalam film tersebut dijadikan lagu pemanggil hantu atau arwah.

2 dari 3 halaman

Lagunya Berasal dari Eropa

Terlepas dari ada atau tidaknya unsur mistik, lagu “Boneka Abdi” memang memiliki sejarah sebab lagu tersebut berasal dari Jerman.

Judul lagu aslinya adalah “Hanschen Klein”, sebuah lagu rakyat tradisional Jerman dan lagu anak-anak yang berasal dari periode Biedermeier dari abad ke-19. Bahkan, saking populernya, lagu tersebut akhirnya dibuat versi bahasa Inggris sebagai “Little Hans”.

Beberapa sumber menyebutkan, lagu yang satu ini sering dinyanyikan oleh para penjajah Hindia Belanda saat berada di Indonesia.

Singkat cerita, para penduduk pribumi terutama kaum ibu sering menyanyikannya untuk menghibur anak-anak mereka dengan lagu tersebut karena mereka sering mendengar dari majikannya.

Dalam versi bahasa Jerman, lagu ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Hans yang berpetulang mengelilingi dunia. Berbeda dengan versi bahasa Sunda yang malah menceritakan tentang sebuah boneka lucu.

Kemiripan dari kedua lagu tersebut hanyalah dalam nadanya. Sedangkan, lirik dan judulnya sangat berbeda. Berikut lirik dari judul “Hanschen Klein”.

Habschen klein ging allein, in die weite Welt hinein

Stock und Hut stehn ihm gut, ist gar wohlgemut

Doch die Mutter weinet sehr, hat ja nun kein Hanschen mehr

Da besinnt sich das Kind kehrt nach Haus geschwin.

Sedangkan dalam versi bahasa Inggris yaitu:

Little Hans went alone, out into the wide world

Staff and hat suit him well, he is in good spirits

But his mother cries so much, for she no longer has little Hans

Look! the child changes his mind, and returns quickly home.

3 dari 3 halaman

Cerita Rakyat

Retty Isnendes dari Departemen Pendidikan Bahasa Sunda Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengatakan, lagu “Boneka Abdi” merupakan produk Kakawihan. Kakawihan merupakan salah satu bentuk folklor lisan hasil kebudayaan lama masyarakat Sunda.

Kakawihan ini sering dikaitkan dengan kaulinan barudak urang Sunda, artinya bahwa kakawihan tidak terlepas dari sebuah nyanyian yang sering dibawakan pada permainan anak-anak masyarakat Sunda.

“Faktanya, lagu “Boneka Abdi” ini sudah ada sejak saya masih anak-anak usia lima tahun dan sering dinyanyikan oleh orangtua kepada anak-anaknya,” kata Retty sambil menambahkan lagu tersebut bermaksud untuk menghibur anak-anak.

Lebih jauh Retty mengungkapkan, lagu “Boneka Abdi” pernah diteliti asal muasalnya. Jika dilihat dari kalimat yang dipakai dalam lagu tersebut, sangat besar kemungkinan pengarang lirik lagu ini berasal dari Priangan.

“Dapat disimpulkan lagu tersebut diciptakan seniman Priangan. Karena liriknya menggunakan undak-usuk (tingkatan bahasa Sunda) yang halus,” ucapnya.

Meski lagu aslinya berasal dari Jerman, lagu “Boneka Abdi” sudah menjadi folklor di masyarakat. Hal itu diperkuat dengan keberadaan lagu tersebut yang sudah dinyanyikan lebih dari satu generasi.

“Kemungkinan ada produk budaya yang dibawa dari luar jika diketahui pembawanya. Untuk pembawanya siapa memang belum ada penelitiannya. Akan tetapi sudah kadung populer dan sampai ke tanah Sunda,” kata Retty.


Simak video pilihan berikut ini:

Sertijab Sekjen Kemhan Baru, Ini Pesan Ryamizard Ryacudu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu memimpin langsung upacara serah terima jabatan Sekjen Kemhan dan Staf ahli Menhan Bidang Politik Kementerian Pertahanan di Gedung Kementerian Pertahanan pada Selasa (19/2/2019).

Sekjen Menhan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja digantikan Laksamana Muda TNI Agus Setiadji. Sedangkan Staf Ahli Menhan Bidang Politik Kementerian Pertahanan yang sebelumnya diemban Marsda TNI Danardono Sulistyo Adji Digantikan Laksamana Pertama TNI A Budiharja Raden.

Ryamizard meminta Sekjen yang baru agar organisasi Kemhan yang dipimpin Sekjen dibentuk untuk membagi habis keseluruhan beban tugas yang dibutuhkan guna mewujudkan visi dan misi Menhan menjadi rumusan yang konkrit dan tepat sasaran.

“Di sinilah Sekjen dituntut untuk memainkan peran strategis guna mengkoordinasikan proses transformasi kebijakan pertahanan negara menjadi program kerja pertahanan berdasarkan gambar besar arsitektur pertahanan negara yang telah disahkan,” ucap Ryamizard di Kantor Kementerian Pertahanan Jakarta.

Ryamizard menekankan kepada Sekjen agar menekankan kebijakan TNI Back To Basic yang esensinya adalah bagaimana mengembalikan hubungan Kemhan dan TNI kepada roh dan jati dirinya yang sejati sesuai amanat konstitusi.

“Jati diri prajurit TNI sejati adalah sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Segera jabarkan Kebijakan ini menjadi konsep yang komprehensif untuk dapat direalisasikan menjadi kebijakan operasional,” ujar Ryamizard.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Hal Politis

Ryamizard mengimbau, pejabat baru harus mampu mengantisipasi hal-hal politis yang berdampak pada penyelenggaraan pertahanan negara.

Dengan demikian keberadaan Staf Ahli Menhan Bidang Politik menjadi sangat signifikan dalam memantau serta menganalisa perkembangan politik tanah air maupun kawasan, untuk kemudian dijadikan masukan bagi pimpinan Kemhan dalam merumuskan kebijakan pertahanan negara.

“Menghadapi hal itu, maka pengkajian atas tantangan tugas ke depan membutuhkan figur pejabat yang memiliki kemampuan komperhensif yang didukung oleh integritas yang tinggi khususnya bagi pejabat Staf Ahli Menhan,” ujar Menhan berpesan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Aceh hingga Belitung… 3 Temuan Harta Karun di Indonesia Menuai Sorotan Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Nama Situs Talangpati di Kebumen, Jawa Tengah sejatinya benar-benar nyaris tak terdengar. Tempat yang diduga peninggalan peradaban kuno itu ditemukan pada 2010 lalu.

Dari lokasi tersebut, warga kerap menemukan patahan emas selain batu arca, serta alat dapur kuno (gerabah) menyebar dari mulut ke mulut dan menyebabkan banyak orang menggali peruntungan mencari harta karun terpendam.

Selain temuan emas di Kebumen, sejumlah benda yang ditemukan secara tak sengaja di Indonesia dan dianggap sebagai harta karun juga sempat jadi sorotan dunia.

Berikut tiga di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber, Minggu (10/2/2019):

1. Kapal Harta di Belitung

Harta karun yang ditemukan di dasar laut Belitung (Wikipedia)

Sebuah kapal layar jenis dhow mengarungi lautan dari Afrika ke China sekitar 830 Masehi. Namun, saat berlayar pulang ia tenggelam di titik 1,6 kilometer dari lepas pantai Pulau Belitung. 

Tilman Walterfang, seorang direktur perusahaan beton asal Jerman ikut andil menemukan harta karun bernilai jutaan dolar itu. Ia menyelam ke dasar lautan.

“Saya mendarat di apa yang tampak seperti bagian terumbu karang biasa,” kata Walterfang kepada majalah Jerman Der Spiegel

“Benar-benar mirip gundukan bawah air seukuran sebuah bukit kecil yang terbentuk dari puluhan ribu keping keramik yang terawat dengan baik.”

Harta karun itu punya makna sejarah besar sehingga pihak Shanghai, Singapura, dan Doha di Qatar saling berlomba untuk membelinya.

Sekitar 60 ribu artefak dikumpulkan tim Walterfang dari dasar laut, termasuk kendi minuman anggur, mangkuk teh dengan pola timbuk dari emas, piala perak, juga piring berusia 1.200 tahun.

Bangkai kapal ini berkontribusi terhadap dua penemuan besar bagi para arkeolog, yakni koleksi artefak tunggal terbesar dari zaman Dinasti Tang yang ditemukan di puing-puing kapal, yang dikenal dengan sebutan “harta karun Tang”.

Yang kedua adalah kapal dhow Arab, yang melahirkan gagasan baru bahwa hubungan perdagangan antara Arab dan Tiongkok telah terjalin pada periode tersebut.


Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 3 halaman

2. Tsunami Aceh Menguak Harta Karun

Adalah Fatimah yang menemukan harta karun ini. Kala itu ia tengah menyisiri rawa-rawa di Desa Gampong Pande, Aceh. Mencari tiram.

Tiba-tiba matanya melihat benda kotak yang teronggok di antara kubangan lumpur. Kotak itu ditutupi koral dan tiram. Saat memukul permukaannya, untuk mengambil tiram, benda itu tiba-tiba terbuka.

Perempuan itu kaget bukan kepalang. Sebab, isi kota tersebut ternyata koin-koin emas yang bertuliskan aksara Arab.

“Koin-koin itu tumpah ketika ia membuka peti itu,” kata Abdullah, penduduk Gampong Pande, seperti dikutip dari Daily Mail, yang memuat artikel itu pada 2013.

Harta karun tersebut ditemukan dekat kuburan kuno yang keberadaannya dikuak gelombang tsunami dahsyat yang melantak Aceh pada 2004. Koin yang ditemukan diperkirakan berasal antara tahun 1200 hingga 1600 Masehi.

Gelombang gergasi mengangkat makam kuno yang berisi jasad penguasa pada Abad ke-13 yang dimakamkan bersama harta benda miliknya.

Sebelum tsunami terjadi, tak ada warga yang berani mengusik makam yang dikeramatkan tersebut. Khawatir arwah mendiang bakal balas dendam.

Namun, pascatemuan tersebut, orang-orang menyerbu Gampong Pande. Membawa peralatan sederhana, mereka juga ingin dapat harta karun.

Koin yang ditemukan kemudian dijual ke penadah yang saat itu mematok harga Rp 800 rupiah tiap keping.

Gempong Pande terletak di bekas wilayah kerajaan Islam pertama di Aceh, yang dipimpin Dinasti Meukuta Alam.

Kerajaan itu kemudian bergabung dengan negeri tetangga, yang diperintah Dinasti Darul Kamal menjadi Kerajaan Aceh Darussalam yang dipimpin Sultan Iskandar Muda Johan Pahlawan Meukuta Alam (1590-1636).

Selama masa kepemimpinannya, kerajaan tersebut menjalin hubungan diplomatik dengan Inggris, Kekaisaran Ottoman di Turki, dan Belanda.

Antara Abad ke-13 dan ke-17, desa Gampong Pande menjadi semacam sentra industri, yang memproduksi banyak barang, termasuk koin emas.

Kabar penemuan harta karun pascatsunami tersebut menjadi perhatian dunia. Sejumlah media asing mengabarkannya ke seluruh penjuru Bumi.

3 dari 3 halaman

3. Harta Karun Titanic dari Timur

Antara April 2004 dan Oktober 2005, ekskavasi kapal berisi harta karun di kedalaman 56 meter dilakukan dari Pelabuhan Cirebon, antara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Bahtera itu awalnya dilaporkan para nelayan yang menjala ikan di sekitarnya.

Tumpukan harta karun terbaring di dasar laut Indonesia selama lebih dari 1.000 tahun. Sebanyak 270 ribu objek termasuk kristal, permata, keramik, porselen Tiongkok, mutiara, dan emas ditemukan para penyelam di sebuah bangkai kapal dari Abad ke-10 yang berjarak 80 mil dari Pelabuhan Cirebon, antara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Tim penyelam harus melakukan 22 ribu perjalanan dari kapal barang tersebut untuk mengambil muatannya.

Para penyelam ini adalah bagian dari anggota tim hasil kolaborasi antara dua perusahaan, yakni Cosmix Underwater Research Ltd dengan perusahaan lokal, PT Paradigma Putra Sejahtera.

Pemburu harta dari Belgia, Luc Heymans ikut serta dalam pencarian warisan nenek moyang itu.

Di antara benda berharga yang ditemukan adalah batu permata besar yang konon milik Dinasti Fatimiyah.

Berdasarkan catatan sejarah, Dinasti Fatimiyah mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad. Fatimah merupakan putri bungsu Nabi Muhammad dari istri pertama, Khadidjah.

Nilai total harta karun itu pada 2010 diperkirakan Rp 720 miliar. Namun, pelelangan pada tahun itu sepi peminat. Tak ada yang berniat menawar. 

Gara-garanya, tak ada peminat yang menyerahkan uang jaminan sebesar 20 persen dari harga limit atau sekitar US$ 16 juta. Uang jaminan atau deposit itu cukup tinggi karena harta karun itu dilelang dalam satu paket.

“Sekitar 90 persen harta terdiri atas keramik,” kata Aris Kabul, dari pihak komite lelang, seperti dikutip dari BBC

Cirebon adalah destinasi awal para pedagang Muslim di Nusantara. Menurut para ahli sejarah, Islam datang ke wilayah Indonesia pada Abad ke-12. 

Temuan tersebut juga diharapkan memecahkan misteri mengapa raja-raja Jawa Abad ke-10 pindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur,  demikian menurut John Miksic, sejarawan maritim di National University of Singapore, seperti dikutip dari New York Times

Indonesia dikenal sebagai ‘kuburan kapal’ pada masa lalu. Baru sekitar 500 bangkai bahtera yang telah ditemukan hingga saat ini, ribuan lainnya masih belum diketahui posisinya. 

Seperti Meja… Struktur Batu Misterius Ditemukan di Sahara Bagian Barat

Liputan6.com, El Aaiún, Tifariti – Ratusan struktur batu berusia kisaran ribuan tahun telah ditemukan di Sahara bagian barat, sebuah wilayah di Afrika yang jarang dijelajahi oleh para arkeolog. Demikian seperti dilaporkan oleh Live Science, yang dikutip pada Selasa (5/2/2019).

Struktur-struktur itu muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk yang aneh. Meski begitu, para peneliti masih belum negetahui kapan pastinya semua batu tersebut diciptakan, para arkeolog melaporkan dalam buku “The Archaeology of Western Sahara: A Synthesis of Fieldwork, 2002 to 2009” (Oxbow Books, 2018).

Sekitar 75 persen wilayah Sahara bagian barat, termasuk sebagian besar garis pantainya, dikendalikan oleh Maroko. Sementara 25 persennya dikuasai oleh Republik Demokratik Arab Sahrawi. Sebelum 1991, kedua pemerintah berada dalam keadaan perang.

Antara tahun 2002 dan 2009, para arkeolog melakukan survei lanskap dan penggalian di Sahara bagian barat, yang dikendalikan oleh Republik Demokratik Arab Sahrawi. Mereka juga menyelidiki gambar yang ditangkap oleh satelit di Google Earth.

“Karena sejarah konfliknya, penelitian arkeologis dan palaeoenvironmental di Sahara bagian barat sangat terbatas,” tulis Joanne Clarke, seorang dosen senior di University of East Anglia, dan Nick Brooks, seorang peneliti independen.

“Peta arkeologis Sahara bagian barat tetap secara harfiah dan kiasan hampir kosong, karena jauh dari pantai Atlantik,” tulis Clarke dan Brooks, mencatat bahwa orang yang tinggal di daerah itu mengetahui struktur batu-batu misterius terkait. Beberapa pekerjaan telah dilakukan oleh para peneliti Spanyol tentang seni cadas di Sahara bagian barat.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Struktur Misterius

Struktur batu dirancang dalam berbagai bentuk. Ada yang terlihat seperti Bulan sabit, lingkaran, garis lurus, persegi panjang yang tampak seperti platform.

Beberapa struktur terdiri dari bebatuan yang telah ditumpuk, beberapa struktur lainnya menggunakan kombinasi desain ini.

Sebagai contoh, satu struktur memiliki campuran garis lurus, batu, platform dan tumpukan batu yang membentuk ‘gerombolan’ sepanjang 630 meter.

Meskipun para arkeolog belum mengetahui manfaat dari masing-masing struktur tersebut, namun mereka mengatakan bahwa beberapa batu mungkin dipakai sebagai penanda kuburan.

Penggalian kecil telah dilakukan pada struktur-struktur itu, dan arkeolog telah menemukan beberapa artefak yang dapat diberi tanggal menggunakan metode radiokarbon.

Di antara beberapa situs yang digali adalah dua “tumuli” (tumpukan batu) yang berisi makam manusia sejak sekitar 1.500 tahun.

Riset itu menunjukkan bahwa Sahara bagian barat pernah menjadi tempat yang dapat menopang lebih banyak kehidupan hewan daripada sekarang.

Para arkeolog pun mendokumentasikan seni cadas yang memperlihatkan gambar sapi, jerapah, oryx, dan domba Barbary.

Sementara itu, para peneliti lingkungan menemukan bukti lain, bahwa di sana pernah ada danau dan sumber air. Keduannya lalu mengering pada ribuan tahun yang lalu.

3 dari 3 halaman

Masalah Keamanan

Saat ini, masalah keamanan yang berlaku di wilayah tersebut membuat penelitian Clarke dan Brooks terpaksa dihentikan.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas dari kelompok teroris “Al-Qaeda di Islam Maghreb” atau AQIM di daerah gurun dekat Sahara bagian barat.

Pada 2013, komplotan tersebut menculik dua peneliti Spanyol dan menyeretnya ke sebuah kamp pengungsi di Tindouf, Aljazair, tepat di seberang perbatasan dari Sahara bagian barat.

Di satu sisi, meski orang-orang Sahrawi dan Republik Demokratik Arab Sahrawi sangat menentang kelompok teroris itu, namun sangat sulit bagi pihak berwenang untuk secara efektif berpatroli di daerah padang pasir yang luas, di mana struktur batu berada, menurut Clarke dan Brooks.

Ini berarti, para arkeolog tidak dapat bekerja di sana dengan aman untuk sekarang, sebab risiko keamanan yang ditimbulkan oleh kelompok-kelompok teroris dan ekstremis di wilayah itu menunjukkan bahwa para arkeolog tidak bisa berkegiatan di sebagian besar Afrika Utara.

Mau Cicil Rumah Bebas Bunga? Coba Ajukan KPR Mandiri Syariah

Liputan6.com, Jakarta – Kredit Pemilikan Rumah atau yang lebih dikenal dengan nama KPR merupakan salah satu cara yang sedang populer digunakan oleh banyak orang supaya bisa mewujudkan impian untuk memiliki rumah dengan cara mencicil setiap bulannya hingga lunas.

Cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya ini berupa cicilan pokok dan juga bunga pinjaman. Untuk besaran bunga yang dikenakan berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing bank.

Inilah yang membuat kita sering dipusingkan dengan cicilan KPR karena sistem bunga yang dikenakan adalah bunga floating yang besarannya mengikuti pergerakan suku bunga di pasaran sehingga nominal cicilan tidaklah sama setiap bulannya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengambil cicilan KPR Mandiri Syariah yang tidak menetapkan sistem bunga. Sesuai dengan namanya, KPR Mandiri Syariah menggunakan sistem syariah yang sesuai dengan hukum Islami sehingga tidak menggunakan sistem perhitungan bunga layaknya bank konvensional lainnya.

KPR Syariah Mandiri memang tidak menggunakan bunga, tapi sebagai gantinya akan ada margin keuntungan yang harus dibayarkan kepada Bank Mandiri Syariah.

Besaran nominalnya ini tentu saja sudah disepakati sejak awal oleh kedua belah pihak, yakni pihak pengaju dan pihak Bank Mandiri Syariah.

KPR Mandiri Syariah menggunakan akad murabahah yakni bank nantinya akan membeli terlebih dahulu rumah yang diinginkan. Baru setelah itu bank akan menjualnya dengan menambahkan margin keuntungan di dalamnya.

Selain tidak memiliki bunga, apa saja kira-kira kelebihan yang dimiliki oleh KPR Mandiri Syariah? Berikut uraiannya, seperti dikutip dari TunaiKita:

2 dari 8 halaman

Kelebihan KPR Mandiri Syariah

Ada banyak sekali alasan kenapa Anda harus mengambil KPR Mandiri Syariah. Supaya bisa mengenal apa saja kelebihan yang dimiliki KPR Mandiri Syariah, Anda bisa melihat langsung list di bawah ini!

a. Jumlah Cicilan Akan Tetap Setiap Bulannya

Kelebihan utama yang membuat KPR Mandiri Syariah sangat menarik adalah karena jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya ini tetap karena sejak awal besaran cicilan sudah ditetapkan hingga masa akhir tenor. Dengan begitu, Anda sudah tahu berapa dana yang harus disisihkan setiap bulannya hingga bisa melunasi cicilan.

b. Masa Tenor yang Disediakan Cukup Lama

KPR Syariah Mandiri memiliki pilihan masa tenor yang cukup lama yakni minimal 6 tahun dan maksimal 15 tahun. Pilih masa tenor dengan tepat supaya bisa menyesuaikan jumah cicilan per bulan dengan penghasilan bulanan. Jangan sampai Anda mengambil masa tenor singkat sehingga nominal cicilan yang dibebankan menjadi terlalu besar untuk dibayar.

3 dari 8 halaman

c. Plafon Pinjaman Sangat Tinggi

Seperti yang sudah kamu ketahui kalau harga jual rumah di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta sangatlah tinggi. Rata-rata berada di angka Rp 300 juta hingga Rp 500 juta lebih untuk tipe rumah yang sederhana. Inilah yang menjadi alasan kenapa KPR Syariah bisa memberikan plafon pinjaman hingga Rp 5 miliar untuk dapat membeli rumah idaman.

d. Membeli Rumah Baru atau Second

Untuk meminimalisasi dana yang dikeluarkan, beberapa orang cenderung lebih suka untuk membeli rumah bekas atau second dibanding rumah yang baru dibangun. Pasalnya harga rumah bekas biasanya lebih murah sehingga kamu bisa menghemat banyak biaya karena selisihnya bisa mencapai 10-20 persen lebih.

4 dari 8 halaman

e. Tidak Ada Biaya Denda

Terakhir adalah tidak adanya biaya denda yang dikenakan jika mengambil KPR Mandiri Syariah. Mulai dari denda keterlambatan karena membayar cicilan telat hingga denda pelunasan di awal karena mendapatkan rezeki dan ingin segera melunasi utang piutang.

Tapi sebagai ganti dari biaya denda ini, akan ada dana ta’zir dan ta’widh yang merupakan dana sosial untuk disumbangkan kepada orang-orang yang tidak mampu.

f. Syarat dan dokumen yang wajib dipenuhi saat mengajukan KPR Mandiri Syariah

Sebelum mengajukan KPR Mandiri Syariah, ada beberapa syarat serta dokumen pengajuan yang perlu dilengkapi terlebih dahulu agar nantinya proses bisa berjalan dengan lancar dan pinjaman bisa lekas cair. Syarat dan dokumen yang diperlukan adalah:

– Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

– Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)

– Berusia minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat masa akhir pelunasan

– Foto 3×4 yang berwarna (suami dan istri jika sudah menikah)

– Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

– Fotokopi Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)

– Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

– Fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir

– Slip gaji yang asli

– Surat keterangan bekerja yang di dalamnya terdapat masa kerja dan status karyawan

– Fotokopi rekening listrik dan telepon

– Fotokopi legalitas rumah yang akan dibeli

– Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

– Sertifikat Hak Milik (SHM) yang asli

5 dari 8 halaman

Ketentuan penting dalam KPR Mandiri Syariah

Ketentuan penting dalam KPR Mandiri Syariah yang wajib kamu tahuselain syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan, ada beberapa ketentuan dari KPR Mandiri Syarriah yang perlu kamu ketahui, yaitu:

– Maksimum Angsuran Cicilan

Pertama adalah besaran angsuran cicilan per bulan besarannya tidak boleh melebihi dari 40 persen dari jumlah gaji atau penghasilan bulanan.

Jadi misalkan saja gajimu per bulan saat ini adalah Rp 5 juta, maka kamu hanya dibolehkan untuk mengambil cicilan KPR Mandiri Syariah per bulannya hanyalah Rp 2 juta.

Jika kamu ingin mengambil cicilan hingga lebih dari Rp 2 juta per bulan, maka sudah pasti pihak KPR Syariah akan langsung menolak pengajuan Anda.

– Rumah Harus Sudah 50 persen Selesai Dibangun

Ada ketentuan dalam KPR Syariah kalau Anda bisa mendapatkan pembiayaan dari Bank Mandiri Syariah jika rumah yang akan dibeli sudah 50 persen atau sudah jadi 100 persen.

Jika rumah yang ingin dibeli masih belum dibangun atau proses pembangunannya kurang dari 50 persen, maka Anda wajib menyertakan surat perjanjian kerjasama antara developer dan kantor Bank Syariah Mandiri.

6 dari 8 halaman

Lima Langkah dalam Mengajukan KPR Mandiri Syariah

Jika sudah mantap ingin mengajukan KPR Mandiri Syariah, Anda bisa mengikuti kelima langkah yang berikut ini!

1. Tentukan Rumah yang Ingin Dibeli

Langkah pertama adalah menentukan terlebih dahulu rumah yang ingin dibeli. Tapi ketika memilih rumah, perhatikan lokasi rumah karena KPR Mandiri Syariah bisa menolak pengajuan Anda jika rumah terletak di dekat kuburan, rel kereta, hingga pinggiran kali atau sungai. Jadi, pilih lokasi rumah dengan tepat.

2. Siapkan Uang muka

Langkah kedua adalah menyiapkan uang muka sebagai tanda jadi ketika akan mengambil KPR Mandiri Syariah. Untuk besaran uang muka sebenarnya tergantung dari dana yang Anda miliki. Tapi untuk KPR Mandiri Syariah, Anda harus menyiapkan uang muka setidaknya minimal 20 persen dari harga jual rumah. Jadi kalau harga rumah yang ingin Anda beli adalah Rp 300 juta, maka siapkan minimal dana untuk uang muka sebesar Rp 60 juta.

7 dari 8 halaman

3. Lakukan Simulasi Perhitungan KPR Mandiri Syariah

Setelah uang muka disiapkan, Anda harus melakukan simulasi perhitungan KPR Mandiri Syariah dulu. Hal ini dilakukan untuk menentukan masa tenor yang tepat sehingga Anda bisa menyisihkan dana untuk cicilan per bulan.

Tidak mengerti bagaimana caranya melakukan simulasi perhitungan KPR Mandiri Syariah? Sekarang sudah ada banyak kalkulator online KPR Syariah yang bisa dipergunakan.

4. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Sebelumnya Anda sudah diberitahu apa saja syarat dan dokumen yang diperlukan. Siapkan dokumen-dokumen tersebut dan lakukan pengecekan kelengkapan.

Pastikan juga kalau dokumen yang difotokopi ini bisa terbaca karena ada banyak kasus penolakan pengajuan KPR Mandiri Syariah dikarenakan fotokopi dokumen buram sehingga tidak bisa dibaca dengan jelas oleh pihak Bank Mandiri Syariah.

8 dari 8 halaman

5. Pilih Cara Pengajuan

Setelah ke empat langkah di atas sudah dilakukan, maka kamu tinggal memilih cara pengajuan KPR Syariah. Ada dua cara yang bisa Anda pilih. Cara yang pertama adalah dengan mendatangi kantor cabang Bank Mandiri Syariah dan cara yang kedua adalah mengajukan secara online melalui situs resmi Bank Mandiri Syariah di situs www.syariahmandiri.co.id.

Baik itu mengajukan langsung ke Bank Mandiri Syariah maupun melalui situs resminya, pengajuan akan dibantu oleh tim marketing KPR Mandiri Syariah. Anda cukup mengisi formulir dan memberikan kelengkapan dokumen saja karena nantinya mereka yang akan membimbing selama proses pengajuan.

Keluarga Lempar Daster ke Pemakaman Saphira Indah, untuk Apa?

Jakarta – Usai jenazah Saphira Indah dikebumikan, ada penampakan yang tak biasa terlihat. Tiba-tiba saja ada pihak keluarga yang melemparkan sebuah pakaian daster ke pemakaman. Untuk apa?

Pantau detikHOT, ada satu lembar baju berwarna merah campur kuning yang ikut dimasukkan ke dalam lahat Saphira. Tak hanya itu, bijian-bijian juga ikut ditaburkan ke dalam kuburan.

Saat ditanya mengenai hal tersebut kepada suami Saphira Indah, Rico Hidros Daeng alias Ai, hal tersebut memang sengaja dilakukan karena permintaan dari pihak keluarga.

Keluarga Lempar Daster ke Pemakaman Saphira Indah, Untuk Apa?Foto: Saphira Indah (Instagram Saphira Indah)

“Oh tadi ada daster. Itu permintaan keluarga,” kata Rico Hidros usai prosesi pemakaman di TPU Budi Darma, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (31/1/2019).

Lebih lanjut, Rico mempertegas tak ada maksud apa-apa mengenai pakaian yang dilempar itu. Memang seperti diketahui, daster yang dilempar tersebut adalah salah satu pakaian yang pernah dipakai oleh Saphira Indah.

“Oh nggak ada apa-apa, cuma itu permintaan dari keluarga saja,” tandasnya.

Saphira Indah meninggal dunia karena sesak napas. Ia tutup usia saat tengah hamil enam bulan di umur 32 tahun.
(kmb/ken)

Photo Gallery

Sosok Misterius Bongkar Makam Keramat di Aceh

Liputan6.com, Aceh Utara – Sebuah makam tua di Kampung Lubuk Tuwe, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara dibongkar orang tidak dikenal. Sejumlah dugaan mencuat, dari motif menuntut ilmu gaib, hingga mencari harta karun.

Pelaku agaknya tidak sempat menuntaskan aksinya. Tanah makam dibiarkan menganga serta terlihat sejumlah peralatan diduga milik pelaku ditinggalkan begitu saja di sekitar makam.

Makam ditemukan sudah terbongkar Senin, 29 Januari 2019. Saksi mata mengaku melihat makam dalam kondisi telah teracak-acak saat dia dalam perjalanan pulang dari kebun cabai miliknya sekitar pukul 15.15 WIB.

Saat itu, saksi penasaran melihat ada urukan tanah di dalam bangunan makam yang dianggap keramat tersebut. Setelah melihat kondisi makam, saksi mata melapor kepada warga.

Warga melaporkan kejadian pembongkaran makam ini ke polisi. Di lokasi, pihak berwenang menemukan dua buah sekop, dan masing-masing satu buah, linggis, goni, serta botol air mineral.

Kapolres Lhokseumawe, AKPB Ari Lasta Irawan, melalui Kapolsek Meurah Mulia, Iptu Bustami, mengaku, pihaknya belum bisa memastikan apa motif di balik pembongkaran makam tersebut. Penyelidikan sedang dilakukan untuk mengungkap siapa pelaku.

“Benda-benda yang hilang tidak ada. Karena, pas 1 meter penggalian, mungkin ya, enggak tahu kejadiannya, karena kan namanya kuburan keramat kan, jadi, belum selesai perbuatannya, lalu, barang-barang yang ada di TKP ditinggalkan pelaku,” ungkap Bustami, kepada Liputan6.com, Rabu (30/1/2019).

2 dari 3 halaman

Makam Muslimin Tertua di Asia Tenggara

Center of Information for Samudra Pasai Heritage (CISAH), menyebut, makam yang dibongkar itu salah satu makam muslimin tertua di Asia Tenggara. Makam tak bernama ini dikenal warga sebagai makam ‘Tgk. Raja Amad’.

Banyak yang percaya makam tersebut sakral dan keramat. Ini terlihat banyaknya yang berziarah ke makam yang berada di antara pemukiman penduduk tersebut.

Para peziarah datang dari berbagai tempat, termasuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Selain itu, tidak jarang para peneliti datang untuk melakukan riset di makam tersebut.

Bangunan yang menutupi makam ini berada di atas lahan warga, dan dikelilingi kuburan umum. Di samping makam ‘Tgk. Raja Amad’ terdapat satu makam yang tidak bersurat (berenkripsi).

“Dua tokoh pemilik makam yang nisannya bersurat wafat pada tahun 622 Hijriah atau 1226 Masehi. Dari data pada batu nisannya, salah satu pemilik makam itu bernama Ibnu Mahmud. Sedangkan satu lagi ‘Tgk. Raja Amad’, pada batu nisannya tidak tertulis nama pemilik makam, tapi hanya menyebutkan sifat-sifat pemilik makam. Namun, tahun wafatnya sama dengan tahun wafat Ibnu Mahmud yaitu 622 H,” ungkap Ketua CISAH, Abdul Hamid, kepada Liputan6.com, Rabu, 30 Januari 2019.

Makam yang dikenal dengan nama makam ‘Tgk. Raja Amad’, ujar Abdul, dimiliki oleh seseorang yang disifatkan sebagai As-Sa’id Asy Syahid Mahbub Qulub Al-Khala’iq. Jika diartikan berarti ‘yang berbahagia lagi syahid dan dicintai oleh hati banyak orang’.

Sementara, imbuh Abdul, tak jauh dari bangunan makam ‘Tgk. Raja Amad’ ada satu makam lagi yang cenderung tebengkalai. Makam ini dibiarkan begitu saja tanpa diatapi atau dibangun ruangan pelindung seperti makam ‘Raja Amad’.

“Gubuk saja tidak ada. Jadi terbiarkan begitu saja. Kena air hujan, matahari. Deskripsi atau catatan yang ada di batu nisannya lama-lama aus,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Salah Satu Cagar Budaya

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan CISAH, di tempat itu hanya ada tiga buah batu nisan yang tarikh wafatnya lebih tua dari Sultan Malikussaleh. Hal ini, mementalkan literasi sejarah bahwa kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaam Islam tertua di Asia Tenggara.

“Kita temukan tiga nisan yang tarikh wafat lebih awal, ketimbang wafatnya pendiri kerajaan Samudera Pasai. Berarti orang ini, lebih awal (wafatnya) dari Sultan Malikussaleh,” ujar Abdul Hamid, kepada Liputan6.com, Rabu siang (30/1/2019).

Sayangnya, makam muslimin tertua di Asia Tenggara ini belum tercatat sebagai situs cagar budaya. Selama ini, yang merawat dan menjaga makam adalah warga setempat dengan jalan gotong royong.

“Kalau tercatat sebagai situs cagar budaya, otomatis makam sudah ada juru pelihara,” ujar pria yang akrab disapa Abel ini.

Secara terpisah, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Nur Liana, membenarkan tiga makam muslimin tertua di Asia Tenggara tersebut belum teregistrasi sebagai cagar budaya. Namun, usaha untuk meregistrasi makam-makam tersebut agar tercatat sebagai cagar budaya terus dilakukannya.

“Bukan tidak ada upaya. Di Aceh Utara terlalu banyak situs makam. Saya sudah mendaftarkan 70 lebih. Ketika kita mengatakan satu cagar budaya itu harus ada rekom dari TACB atau Tim Ahli Cagar Budaya. Dan kita, sampai hari ini, belum punya,” ungkap Nur, kepada Liputan6.com.

Peraturan registrasi sebuah situs sebagai cagar budaya, sebut Nur, harus sesuai dengan aturan dalam hal ini, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Namun, dirinya sendiri mengakui, makam-makam tersebut merupakan cagar budaya.


Simak video pilihan berikut ini:

Cak Imin: Pak Jokowi Bingung, Kok Bisa PKB Salip Golkar

Jakarta – Ratusan ibu-ibu pimpinan Muslimat NU Mojokerto dan Nganjuk berkumpul di rumah Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebelum berangkat ke GBK untuk mengikuti acara Hari Lahir ke-73 Muslimat NU. Cak Imin mengatakan Muslimat NU bersama ulama punya peran penting terhadap PKB.

“Dengan doa ibu-ibu dan ulama PKB berada diurutan ke tiga. Dengan doa ibu-ibu juga PKB dapat terhindar dari beragam serangan,” ucap Cak Imin lewat keterangan tertulis yang diterima, Minggu (27/1/2019).

Cak Imin bercerita soal Presiden Joko Widodo yang heran dengan geliat politik PKB. Sehingga, berdasarkan hasil survei, PKB bisa menyalip Partai Golkar.
“Semua itu atas berkah ulama. Pak Jokowi bolak-balik bingung. Kok bisa PKB menyalip Golkar. Saya jawab yang pertama doa ulama dan kedua kuburan,” ujarnya.

Cak Imin menjelaskan soal alasan kuburan yang membuat elektabilitas PKB naik. Kuburan, lanjutnya, punya keterkaitan dengan doa yang dipanjatkan saat berziarah ke makam para wali, sunan, dan kiai.

“Dengan doa ibu-ibu dan ulama PKB berada di urutan ketiga. Dengan doa ibu-ibu juga PKB dapat terhindar dari beragam serangan,” ucapnya.

Dia mengatakan PKB sebagai partai agamis-nasionalis hadir sebagai solusi di tengah hiruk pikuk sentimen agama. Panglima Santri Nusantara juga menyatakan bahagia karena Harlah Muslimat NU di GBK menunjukkan solidnya ibu-ibu mendoakan NKRI tetap jaya.

“Kita kabarkan pada dunia bahwa ibu-ibu ahlusunah waljamaah solid. Tidak terpecah belah. Mendukung penuh NKRI,” tutur Cak Imin.
(jbr/aud)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Pemain Bintang yang Disia-siakan Chelsea

Liputan6.com, Jakarta Chelsea menjadi kuburan bagi pemain-pemain bintang yang ingin berkembang di Liga Inggris. Berstatus pemain bintang dan dibeli mahal, pemain-pemain ini malah gagal berkembang.

Salah satu yang cukup fenomenal yaitu Andriy Shevchenko. Siapa yang tak mengenal Shevchenko yang tampil gemilang bersama AC Milan dan Dynamo Kyiv.

Namun kebintangan Shevchenko langsung runtuh saat gabung dengan Chelsea. Dia sempat jadi pemain termahal saat dibeli 73 juta euro plus Hernan Crespo oleh Chelsea dari AC Milan pada 2005.

Dia hanya bertahan dua musim di Chelsea sebelum dipinjamkan kembali ke AC Milan pada 2008-2009. Sempat dibawa pulang Chelsea pada 2009-2010, Shevchenko akhirnya dipulangkan ke kyiv karena permainannya tak berkembang.

Saat ini, Chelsea sudah membuang pemain bintang seperti Cesc Fabregas. Sebentar lagi, The Blues juga akan melepas Gary Cahill. Siapa saja pemain yang pernah disia-siakan Chelsea tapi mampu bersinar di klub lain, berikut rinciannya:



2 dari 4 halaman

3. Fernando Torres

Fernando Torres atau El Nino adalah raja bagi Atletico Madrid. Klub masa kecilnya ini sudah berhasil melambungkan namanya sehingga menjadi salah satu striker yang diperhitungkan di Spanyol.

Setelah cukup lama mencuat bersama Atletico Madrid, Torres akhirnya diboyong Liverpool pada Agustus 2017. Saat itu, dia diboyong dengan transfer 20 juta pounds plus Luis Garcia hijrah ke Atletico Madrid.

Bersama Liverpool, Torres masih menunjukkan sinar yang terang. Dia berhasil mencetak 24 gol di musim pertamanya bersama Liverpool dan inilah yang membuat dia cukup dicintai fans Liverpool.

Namun keputusan mendadak datang pada 31 Januari 2011. Dia dijual ke Chelsea dengan transfer 50 juta pounds, salah satu yang terbesar di sejarah transfer Liga Inggris. Inilah petaka bagi Torres.

Gabung Chelsea, dia malah kesulitan cetak gol bahkan harus menanti 903 menit untuk gol pertamanya. Pelatih Chelsea kala itu pun enggan memberi kesempatan kepada Torres yang terus menunjukkan penurunan dalam permainan.

3 dari 4 halaman

2. Kevin de Bruyne

Kevin de Bruyne terkenal sebagai raja assist sejak mulai mencuat bersama Wolfsburg di Bundesliga. Penampilannya yang efektif saat membawa bola dan memberikan umpan membuat dia jadi buruan klub-klub besar.

Chelsea tak mampu melihat bakat istimewa ini. Dia diboyong dari Genk dengan transfer 7 juta pounds saja pada 31 Januari 2012.

Namun setelah transfer ini, Chelsea malah meminjamkan De Bruyne ke Werder Bremen. Dia baru kembali ke Chelsea pada 1 Juli 2013.

Jose Mourinho sempat menjanjikan De Bruyne posisi di tim utama. Namun cedera dan persaingan yang keras di lini tengah membuat De Bruyne tersisih. Dia pun akhirnya dijual ke Wolfsburg.

Penampilannya mencuat di Wolfsburg hingga membuat Manchester City terpesona. Dia pun diboyong pada 30 Agustus 2015 dengan transfer 55 juta pounds. Hingga kini, De Bruyne jadi andalan Manchester City.

4 dari 4 halaman

3. Mohamed Salah

Inilah boleh jadi blunder paling besar bagi Chelsea. Mohamed Salah yang memukau di Basel membuat Chelsea memboyongnya pada 23 Januari 2014 dengan transfer 11 juta pounds.

Salah yang masih muda, 22 tahun kala itu, sempat menunjukkan harapan bersama Chelsea. Namun Jose Mourinho belum memberinya banyak kesempatan di musim pertama.

Mourinho akhirnya benar-benar melepas Salah di Februari 2015. Salah dipinjamkan ke Fiorentina dan membuat La Viola jatuh cinta.

Namun Salah tak mau lama di Fiorentina dan lebih memilih dipinjamkan ke AS Roma. Disinilah dia mulai menancapkan kuku di sepak bola dunia sebelum diboyong Liverpool pada 22 Juni 2017.

Liverpool berani membayar mahal dengan transfer 42 juta euro untuk Salah. Dan, kualitas Salah terbukti memukau dan berpotensi kembali jadi pemain terbaik di Liga Inggris musim ini.

Misteri Kuburan Tua di Tengah Hutan Gorontalo yang Senantiasa Bersih

Liputan6.com, Gorontalo – Siapa sangka di tengah hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo terdapat satu makam tua yang terlihat bersih tanpa ada sehelai daun pun yang menutupi makam.

Tempat itu sering disebut orang-orang sekitar bernama Hibata, atau tempat beristirahat. Meski di bawah pepohonan rindang, namun kuburan tua itu sangat bersih. Padahal tak ada yang membersihkanya. Dahulunya makam tersebut ditemukan sekelompok orang yang mencari rotan.

Awalnya sekelompok orang yang mencari rotan tersebut hendak beristirahat, tiba-tiba tanpa mereka sadar bahwa tempat mereka beristirahat itu ada gundukan kecil dan di atas gundukan tahan itu terdapat batu nisan.

Setelah melihat secara saksama bahwa di sekitar gundukan tersebut bersih tanpa ada satu pun tangkai atau dahan pohon, selain itu tidak ada satu pun rerumputan yang tumbuh hingga jarak dua meter dari tempat tersebut.

“Kami memutuskan beristirahat di tanah yang kami sebut hibata. Beberapa menit beristirahat, teman memberitahu bahwa tempat beristirahat ini sangat bersih dan menyerupai kuburan, lantas saya kaget ketika melihat sekitarnya bersih sekali,” kata Trisman Ahmad salah satu pencari rotan.

Ia menambahkan, bahkan di atas tanah tersebut tidak ada satupun rerumputan yang tumbuh. Kendati di sekitarnya banyak pepohonan rindang dan juga rumput yang tumbuh subur.

Tidak percaya dengan hal tersebut, salah satu dari mereka pun mengotori tempat yang bersih tersebut. “Teman saya tidak percaya, ia kemudian mengotori tempat itu dengan dahan dan dedaunan,” kata Ahmad.

Setelah itu, perjalanan mencari rotan pun dilanjutkan. Beberapa jam kemudian mereka pun kembali. Namun kuburan yang tadi dikotori kembali terlihat bersih. “Terlihat bersih tanpa ada satu pun dedaunan tadi,” lanjut Trisman.

Akhirnya mereka pulang kerumah masing-masing dan keesokan harinya kembali lagi mencari rotan dan menyusuri jalan dan melewati tempat tersebut. Seperti biasa, mereka mendapati kuburan itu masih tetap bersih.

“Kali ini teman saya yang jahil, ia mencabut batu nisan yang tertancap di atas tanah dan membuangnya, setelah itu kami melanjutkan perjalanan lagi,” tambahnya.

Namun dalam perjalanan tiba-tiba cuaca yang cerah langsung berubah mendung dan gelap disusul dengan angin kencang.

“Saat itu masih pagi dan angin kencang seperti badai datang disusul dengan hujan deras, saat itu kami tidak bisa melanjutkan perjalanan dan dalam benak saya mungkin ini ulah dari teman saya tadi yang mencabut batu kuburan itu,” beber dia.

Kemudian mereka kompak untuk kembali dan mecari batu yang mereka buang tadi. Meskipun gelap dan hujan mereka kembali ke kuburan dan mencari batu yang dibuang tadi.

“Setelah ditancapkan kembali seketika hujan langsung reda dan cuaca mulai kembali terang. Kami tidak berani lagi lewat makam dan berbuat macam-macam,” tandasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: