KPU Yogyakarta Siapkan TPS untuk Warga Binaan

Sementara itu, penyusunan DPT Pemilu 2019 di DIY terus berproses. KPU kabupaten dan kota dijadwalkan kembali melakukan rapat pleno penetapan DPT hasil perbaikan pada Minggu 9 Desember 2018 mendatang dan akan dilanjutkan dengan rapat pleno di tingkat KPU DIY pada 12 Desember 2018.

Hingga penetapan DPT, hasil perbaikan pada 13 November, jumlah pemilih di DIY tercatat sebanyak 2.733.830 pemilih. Jumlah pemilih di Kabupaten Kulon Progo tercatat sebanyak 335.578 orang, Bantul 708.987, Gunungkidul 604.093, Sleman 773.875 dan Kota Yogyakarta 311.297.

Pada rapat pleno yang akan datang, dimungkinkan ada perubahan jumlah pemilih. Misalnya, ada penambahan pemilih baru atau bahkan pencoretan pemilih lama karena meninggal dunia, pindah domisili atau sebab lain.

Untuk pemilih difabel juga sudah didata secara detail dengan memberikan keterangan mengenai disabilitas yang disandang seperti tuna daksa, tuna netra, tuna rungu, tuna grahita dan disabilitas lainnya.

“Kami pun sudah meminta agar seluruh TPS yang nantinya disiapkan harus bisa diakses oleh semua pemilih termasuk pemilih difabel. Kelengkapan alat bantu juga harus diperhatikan,” tutupnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Meski DPT perubahan telah ditetapkan, namun KPU masih memberi ruang perbaikan daftar pemilih hingga 2 bulan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *