3 Hal yang Jarang Diketahui soal Kemasan Makanan dari Karton

Liputan6.com, Yogyakarta Tetra Pak Indonesia, sebagai perusahaan pemrosesan dan pengemasan makanan serta minuman mengungkapkan sejumlah hal yang jarang diketahui orang awam tentang seluk beluk kemasan makanan dari karton. Melalui kunjungan ke salah satu hutan di Kulonprogo, mereka membongkar hal itu.

Pertama, kemasan karton yang diproduksi Tetra Pak menggunakan sumber daya alam terbarukan.

“Kami memanfaatkan material kertas dan tebu supaya kemasan karton kami dapat kembali tumbuh di alam,” ujar Reza Andreanto, Environment Manager Tetra Pak Indonesia, Kamis (21/2/2019).

Ia menyebutkan, 75 persen dari kemasan karton Tetra Pak menggunakan sumber daya terbarukan, sisanya menggunakan aluminium dan polyester. Namun, ada satu kemasan karton untuk produk minuman pasteurisasi, sudah menggunakan 100 persen bahan sumber daya alam terbarukan.

Menurut Reza, penggunaan sumber daya alam terbarukan juga mengimplementasikan circular economy, yakni lingkaran daur ulang yang tetap menghasilkan.

“Tujuan kami 100 persen menuju sumber material terburuk, mengurangi aluminium dan plastiknya,” tuturnya.

Saat didaur ulang, aluminium dan plastik dipisahkan dari sampah kemasan karton. Daur ulang kombinasi aluminium dan plastik menghasilkan balok-balok yang ringan tetapi keras dan bisa dimanfaatkan sebagai atap rumah.

2 dari 2 halaman

Gerakan 3L

Kedua, kemasan karton bisa bernilai ekonomis lewat kampanye gerakan 3L. Kampanye ini ditujukan juga kepada masyarakat supaya bersama-sama mengelola sampah kemasan karton makanan minuman.

Gerakan ini terdiri dari lipatan dibuka atas dan bawah, letakkan sedotan ke dalam kemasan dan ratakan, serta lepaskan kemasan bekas di tempat yang disediakan.

“Melalui kemasan kartonnya dengan teknologi aseptic, produk makanan dan minuman dalam kemasan Tetra Pak dapat bertahan lama tanpa bahan pengawet dan proses pendinginan selama distribusi dan pemajangan di toko,” kata Reza.

Ketiga, kemasan karton Tetra Pak berasal dari sumber daya alam terbarukan yang telah tersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC).

Kolaborasi dengan Tetra Pak Indonesia telah dijalankan sejak 2007 melalui beragam acara, seperti FSC Friday, FSC Indonesia Leadership Forum, FSC Corner, dan FSC Goes To School.

“Tujuannya mendorong para pelaku bisnis makanan minuman dan menjangkau para konsumen untuk memilih produk berlabel FSC yang menggunakan bahan baku dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab,” ujar Indra Setia Dewi, Marketing and Communication Manager FSC. 

Orang Desa Juga Bisa Kena Hipertensi, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mengira tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya dialami oleh masyarakat perkotaan saja, ini salah besar. Faktanya, orang-orang yang hidup di pedesaan bisa terkena hipertensi.

Beberapa waktu lalu, ketika berbincang dengan seorang kepala dinas kesehatan dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2019 di Tangerang Selatan, Banten Presiden Joko Widodo sempat terkejut mendengar bahwa di wilayah Natuna, Kepulauan Riau banyak orang terkena hipertensi. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan kondisi itu kemungkinan besar adalah konsumsi garam.

“Kemungkinan sekali hal itu karena konsumsi garamnya tinggi sekali,” kata Prof. Dr. dr. Suhardjono SpPD-KGH, K.Ger kepada Health Liputan6.com di Jakarta ditulis Sabtu (23/2/2019).

Di kesempatan yang sama, Presiden Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Tunggul Situmorang mengatakan, dahulu di publikasi awal mengenai hipertensi, daerah dengan angka tertinggi di Silungkang, Sumatera Barat. Penyebabnya karena daerah tersebut memang memiliki konsumsi garam yang tinggi.


Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Konsumsi garam meningkat dengan modernisasi

Tunggul mengatakan, konsumsi garam di daerah-daerah luar kota memang meningkat seiring dengan  modernisasi. Namun, penelitian dari Jepang di Amerika Serikat telah membuktikan hal semacam itu.

“Dengan kondisi diet garam yang bertambah, maka prevalensi hipertensinya juga bertambah,” ungkap Tunggul menjelaskan.

Dia menambahkan, dalam sebuah studi di Jawa Barat, orang-orang di desa memang banyak mengonsumsi garam.

“Mereka memang ‘lauk’nya garam. Makan pakai garam. Jadi ini bukan soal di kota atau di desa, walaupun stres dan lainnya (berpengaruh), tapi yang utamanya juga konsumsi garam.”

Sehingga, pemerintah diminta untuk membuat regulasi khusus terkait konsumsi garam. Tunggul mencontohkan di Inggris yang tidak memperbolehkan konsumen restoran menambahkan garam secara mandiri.

3 dari 3 halaman

Hipertensi, pintu gerbang stroke dan penyakit jantung

Tunggul mengatakan bahwa hipertensi bisa menjadi awal mula dari berbagai penyakit tidak menular yang mematikan. Misalnya masalah jantung dan stroke.

“Hipertensi adalah biang keladi dari kelainan pada ginjal, jantung, bahkan pada saraf dan semua organ yang mempunyai pembuluh darah,” kata Tunggul. Maka dari itu, penyakit semacam ini harus diwaspadai.

Salah satu untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan juga makanan-makanan kemasan yang mengandung monosodium glutamat (MSG). Tentu saja, juga diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga.

TKN ke BPN Prabowo: Jurus Turunkan Harga Telur Ngapain Dirahasiakan?

Jakarta – Ahmad Muzani selaku Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi merahasiakan jurus capres Prabowo Subianto menurunkan harga telur dalam waktu 100 hari. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mempertanyakan Muzani.

“Jawabnya bukan rahasia! Karena hitung-hitungan seperti itu gampang kok. Ngapain dirahasiakan? Bilang saja nggak punya program dan ‘jawabannya sudah sama, untuk apa diperdebatkan’ seperti yang disampaikan Pak Prabowo di debat, itu malah lebih elegan daripada beli kucing dalam karung,” ujar Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Jumat (22/2/2019) malam.

Irma menyarankan Prabowo ataupun cawapres Sandiaga Uno memberikan solusi yang rasional berdasarkan data kepada masyarakat. Irma memberikan contoh yang dilakukan Jokowi-Ma’ruf.
“Harusnya setiap jawaban itu beri solusi yang masuk akal, by data dan rasional. Harusnya yang dilakukan itu seperti konsep Jokowi-KH Ma’ruf: petani untung, pedagang untung, pembeli tidak dirugikan alias harga normal. Itu artinya pemerintah selain dapat menjaga stok atau persediaan, juga dapat mengontrol harga,” ujar politikus asal NasDem ini.
Muzani sebelumnya menjawab sindiran Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan yang menyindir janji Prabowo menurunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. Muzani yakin Prabowo bisa menurunkan harga telur dalam program 100 hari kerjanya.

“Bisa itu. Itu kan jawaban dari Pak Jokowi ketika dikritik oleh Pak Prabowo tentang menekan harga sembako, harga pangan dalam konteks beras, misalnya. Masalahnya, kata Pak Jokowi, kan keseimbangan antara produsen dan konsumen,” kata Muzani di kompleks DPR, Jakarta, Jumat (22/2).

Namun Muzani masih merahasiakan jurus Prabowo menurunkan harga telur. “Ya jangan cerita dulu, menang dulu nanti baru diceritain,” ujar Muzani.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ramah Kantong dan Kualitas Premium, Kapan Honor 8A Masuk Indonesia?

Jakarta

Pada 30 Januari 2019 lalu, Honor resmi meluncurkan smartphone terbaru Honor 8A secara global. Smartphone ini pun dipastikan bakal meluncur di Indonesia dan memiliki harga yang terjangkau dengan mengemas fitur-fitur canggih dalam desain dan kinerja.

HONOR mendesain 8A dengan tampilan layar Dewdrop FullView 6,09 inci. Layar besar HONOR 8A dilengkapi dengan gestur jari yang dirancang untuk mengoprasikan smartphone dengan satu tangan.

Notch Dewdrop yang terletak di bagian atas layar berukuran hanya 3,2 mm yang menjadi rumah dari kamera depan, sensor cahaya, dan sensor proximity. Notch Dewdrop di Honor 8A 71,1% lebih kecil dari notch pada umumnya. Hal ini memungkinkan layar untuk mencapai rasio layar ke bodi 87%, sehingga memberi pengguna tampilan Full-view yang sebenarnya.


Sementara di bagian belakang, Honor 8A memiliki bodi klasik dengan dual-tekstur yang menampilkan hasil akhir seperti kaca. Tampilannya seperti sebuah karya seni yang indah dan tersedia dalam tiga warna trendi yaitu biru, hitam, dan merah.

“Di Honor, kebutuhan pelanggan adalah fokus utama kami yang mendorong inovasi pada produk kami. Honor 8A adalah upaya kami untuk memasarkan smartphone yang kaya akan fitur dan terjangkau. Performa audionya yang kuat dan elemen estetika adalah bukti bahwa kami dapat menghadirkan smartphone ramah kantong dengan kualitas premium. Kami tidak sabar menunggu Honor fans untuk mencoba Honor 8A secara langsung,” kata Presiden Honor, George Zhao.

Beberapa keunggulan Honor yang akan disuguhkan kepada pencinta gadget Tanah Air mulai dari segi performa, audio, hingga teknologinya.

An Ultimate Visual Experience

Honor memahami kebutuhan konsumen yang berfokus pada teknologi. Meskipun demikian Honor tidak menyampingkan efek buruk dari penggunaan smartphone dalam jangka panjang. Layar tampilan Honor 8A bersertifikat TON V Rheinland yang teruji mengurangi ketegangan mata dengan memastikan emisi cahaya biru yang berbahaya berkurang secara signifikan. Hal ini untuk membawa lebih banyak kenyamanan kepada pengguna.

Tuned for Audiophiles

Honor 8A dilengkapi dengan struktur dual-suspensi yakni rongga suara besar yang memberikan akustik seragam. Dibandingkan dengan pendahulunya, Honor 8A dapat menghadirkan volume 30% lebih besar. Hal ini merupakan peningkatan signifikan karena penguat SmartPA berdaya tinggi di dalamnya. Teknologi ini meningkatkan kemampuan smartphone untuk memberikan kualitas suara yang superior secara eksternal, terlepas dari lingkungan sekitarnya.

Re-imagine Clarity in Photography

Honor 8A dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP yang memiliki apperture lebar f/1.8. Dengan apperture yang lebar (angka kecil) memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk ke dalam sensor saat mengambil gambar. Selain itu, kamera ini juga diaktifkan dengan mode HDR otomatis untuk memungkinkan rentang yang lebih dinamis dan detail gambar yang lebih besar, bahkan di malam hari.

Selain itu, kamera depan 8 MP Honor 8A dilengkapi dengan cahaya Ring Screen dan juga memiliki potret canggih dengan algoritma kecantikan AI yang meningkatkan kualitas selfie.

Built-in Technological Prowess

Honor 8A dioptimalkan dengan sistem operasi EMUI 9.0 dan didasarkan pada Android 9 Pie terbaru. Algoritme manajemen aplikasi latar belakang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan untuk menjamin pengalaman pengguna yang lancar bahkan setelah periode penggunaan yang lama.

Untuk daya tahan penggunaannya, ditopang oleh baterai berkapasitas 3.020 mAh yang bekerja dengan prosesor hemat daya 8-Core 12 nm. Ada juga kemampuan hemat daya cerdas EMUI untuk dengan mudah menyediakan penggunaan seharian penuh.

Ponsel cerdas yang ramping ini juga dilengkapi dengan slot kartu triple (slot SIM ganda dan Micro-SD) yang dapat bekerja bersama-sama untuk memberikan pengguna dengan memori eksternal hingga 512 GB.

Adapun spesifikasi lengkapnya adalah:

-Tampilan HD + Dewdrop FullView 6.09-inci

-Speaker SmartPA dikombinasikan dengan struktur suspensi ganda

-Baterai 3.020 mAh yang tahan lama

-Slot kartu triple (slot SIM ganda dan slot Micro-SD)

-Kamera utama 13 MP, f/1.8

-Kamera depan 8 MP

-Prosesor 8-core frekuensi tinggi MT6765

-Radio FM nirkabel terintegrasi

-Buka kunci telepon menggunakan face unlock

-EMUI 9.0.

Dengan segala keunggulannya, smartphone penerus dari Honor 7A ini dipastikan akan melenggang ke Indonesia. Meski demikian belum ada informasi pasti mengenai tanggal kelahirannya di Tanah Air. Kita tunggu saja!

(adv/adv)

Pencuri Barang Ekspor Ditangkap Polres Bandara Soekarno-Hatta

Liputan6.com, Tangerang – Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta menangkap jaringan bandit pencuri barang bermerk untuk diekspor ke Korea Selatan. Mereka adalah sopir dan kondektur yang akan mengantar barang-barang tersebut ke Terminal Kargo Bandara Soetta. 

Mereka yakni W, AS, YS, AF, dan S. Kelimanya kompak melakukan pencurian barang garmen ekspor milik PT Daedong Internasional.  

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Victor Togi Tambunan mengatakan, pencurian tersebut bermula dari PT Daedong Internasional yang hendak mengirim barang menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta bekerjasama dengan PT Trans Utama Indokarya sebuah perusahaan forwarder.

“Perusahaan forwarder ini memang tidak memiliki kendaraan pengangkut, sehingga pihak perusahaan ini menghubungi AF untuk menyediakan kendaraan pengangkut,” ujarnya, Jum’at (22/2/2019). 

Saat diminta menyediakan kendaraan, AF pun menghubungi AS dan W selaku pemilik kendaraan. Atas perintah AS, S dan YS pun berperan menjadi sopir yang akan mengantarkan barang garmen tersebut dari Ciawi menuju Bandara Soekarno-Hatta

“Ditengah perjalanan, AS menghubungi S dan YS untuk membelokkan kendaraannya ke daerah Cilebut, Bogor,” ujarnya. 

2 dari 3 halaman

Keluarkan Barang

Di daerah Cilebut tersebut lah, para pelaku mengeluarkan barang garmen yang berada di dalam beberapa kardus sebanyak 993 pieces barang merk Asisc. Sementara sisanya, lanjut Victor, diantar ke Bandara Soetta. 

“Sesampainya dilakukan penimbangan, dan pada saat itu diketahui ada kekurangan, namun saat di Bandara Soetta belum ada kecurigaan. Barulah saat barang sampai di Korea, si penerima komplain, dan dilakukanlah pelaporan ke Polres Bandara,” ujar Togi. 

Saat melakukan penyelidikan, diketahui sopir yakni YS dan S melakukan pencurian berkomplot dengan ketiga pelaku lainnya. Dari pengakuan para pelaku diketahui barang tersebut dijual seharga Rp 45 juta.

“Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 7 Tahun penjara, sementara penadahnya masih DPO,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Luhut Serang soal Harga Telur, BPN: Prabowo Tak akan Buat Petani-Peternak Rugi

Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyindir soal sosok yang mau menurunkan harga beras hingga telur dalam kurun 100 hari. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berbicara tentang jalur distribusi yang bermasalah.

“Selama ini yang terjadi atas harga bahan pokok, letak persoalannya ada pada jalur distribusi,” kata juru bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Suhendra Ratu Prawiranegara, kepada wartawan, Jumat (22/2/2019).

“Pelaku distribusi banyak mengambil keuntungan atas harga bahan pokok. Mereka beli dari petani dengan harga rendah, lalu menjualnya dengan harga yang tinggi,” sambungnya.


Suhendra mengatakan perhatian Prabowo diletakkan pada persoalan kontrol distribusi itu. Menurut dia, jalur distribusi yang tak terkontrol merugikan konsumen, khususnya emak-emak.

Di lain sisi, Suhendra menegaskan kesejahteraan petani dan peternak tak dilupakan oleh pasangan nomor urut 02 itu. Ia menyebut petani dan peternak harus mendapatkan keuntungan sepadan.

“Jadi dalam hal ini pihak yang dirugikan adalah para petani (produsen) dan para pembeli (konsumen). Terutama emak-emak. Ini yang dimaksukan Pak Prabowo sangat mungkin untuk menurunkan harga bahan pokok, tapi tidak membuat para petani dan peternak rugi, mereka harus dapatkan keuntungan yang sepadan,” ujar Suhendra.

Menurut Suhendra, pemerintah gagal mengontrol jalur distribusi ini. Karena itu, stabilitas harga bahan pokok tak terjaga.

“Hanya buktinya pemerintah sekarang ini tidak mampu mengontrol jalur distribusi tersebut, juga tidak mampu menjaga stabilitas harga bahan pokok,” tuturnya.

Sebelumnya, Luhut menyinggung tokoh yang berjanji akan turunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. Dia menilai justru yang terpenting adalah titik keseimbangan.

Luhut mengatakan, jika harga bahan pangan dipaksa diturunkan, nasib petani dan peternak justru akan tertekan. “Orang bilang mau nurunin beras, beras diturunin beras, gula diturunin, telur murah, lah petaninya? Kalau berasnya terlalu murah, ya, cost-nya ada,” ujar Luhut di Auditorium Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta.

Janji itu soal penurunan harga telur itu disampaikan Prabowo di hadapan emak-emak yang tergabung dalam Forum Komunikasi Majelis Ta’lim (FKMT) serta relawan Aliansi Pencerah Indonesia (API). Dia berjanji akan menurunkan harga telur dalam program 100 hari kerja jika terpilih menjadi presiden 2019-2024.

“Kita akan bekerja untuk emak-emak semuanya. Insyaallah kalau hitungan saya harga daging, harga telur, harga ayam, bisa kita turunin dalam 100 hari pertama. Harga beras saya juga feeling hitungan saya bisa kita turunkan,” tegas Prabowo di Desa Bojong Koneng, Bukit Hambalang, Babakan Madang, Bogor, Jumat (8/2).
(tsa/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Harga Second Samsung J5, Smartphone Ekonomis dengan Kamera yang Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal brand Samsung? Brand Samsung asal Korea Selatan ini telah memiliki pengguna setia di Indonesia. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu perusahaan milik konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Salah satu dari lini papan tengah dari ponsel Samsung adalah Samsung seri J5. Seri ini memiliki banyak keunggulan di antaranya pada prosesor, kamera, RAM, serta baterai. Namun dari semua aspek, harga Samsung J5 lah yang paling membuat konsumen tergiur. Pasalnya dengan performa yang mumpuni, harga Samsung J5 tergolong ramah di kantong.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memiliki Samsung J5? Sebelum membelinya, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga second Samsung J5 dan spesifikasinya.

Pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga second Samsung J5. Tidak hanya mengulas tentang harganya saja, namun juga spesifikasi yang menambah referensi kamu.

Penasaran berapa harga second Samsung J5 di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut ini Liputan6.com ulas harga second Samsung J5 dan spesifikasi, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Android 5.1 (Lollipop)

Galaxy J5 berjalan pada Sistem Operasi Android 5.1 (Lollipop) dan dapat ditingkatkan menjadi 6.0.1 (Marshmallow) dengan Samsung TouchWiz UI. UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy S6. Seperti yang sering terjadi dengan Samsung low-end, tidak ada pemutar musik sehingga kita hanya mendapatkan aplikasi dari Google Play Music sebagai gantinya.

· Body Samsung J5

Terlihat dari desain Samsung J5 2015 yang dikelilingi cukup banyak bezel dan terdapat lubang suara di atas layar serta kamera yang menghadap ke depan dengan sensor jarak. Sementara untuk warnanya, Samsung J5 2015 ini hadir dengan pilihan hitam, gold dan putih. Samsung Galaxy J5 2015 memiliki dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 146 gram.

· Layar Super Amoled

Layarnya memiliki luas 5 inci dengan teknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m. Dengan layar Super AMOLED, gambar yang dihasilkan Galaxy J5 lebih jernih, detail dan kaya akan warna. Sehingga menambah kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas seperti melihat foto, menonton video dan bermain game HD sekalipun.

· Hardware

Samsung Galaxy J5 dibekali Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU yang dikombinasikan dengan RAM 1,5 GB.

Selain itu, Samsung J5 ini juga dibekali memori internal 8 GB dan kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD hingga 128 GB. Yang membuat kamu nyaman menyimpan banyak file di smartphonemu.

Untuk kamu yang memiliki dua nomor, tidak perlu khawatir karena smartphone Samsung J5 ini mendukung untuk memiliki dua kartu dalam satu smartphone.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Kamera Berkualitas

Kamera Samsung J5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash.

Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080 P. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan Samsung J5 tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, Samsung J5 juga memiliki kamera depan yang mumpuni, khususnya untuk kamu penggemar selfie. Pasalnya, kamera depan ini dilengkap dengan LED Flash pada layar depan. Sehingga membuat fotomu nampak cerah meskipun dalam keadaan gelap dengan bantuan LED Flash pada layar depan.

Tidak hanya itu saja, fitur kamera ini juga dilengkapi dengan Palm Selfie sehingga kamu tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto. Palm Selfie dapat melakukan jepret otomatis, setelah kamu menunjukkan telapak tanganmu, mengagumkan bukan?

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

· Smart Manager

Menariknya, Samsung J5 ini memiliki fitur Smart Manager yang sangat berguna untuk penggunanya. Smart manager ini mampu memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan .

· Ultra Power Saving mode

Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati. Samsung J5 memiliki Ultra Power Saving mode yang mampu mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Dan juga memastikan smartphone tetap aktif saat kamu benar-benar membutuhkannya. Ponsel ini memiliki daya baterai 2400 mAh.

4 dari 4 halaman

Harga Second Samsung J5

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga second Samsung J5 bekas pemakaian biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 900.000. Harga second Samsung J5 biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga second Samsung J5 yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Equilibre, Koleksi Kolaboratif Apik dari 3 Penjuru Industri Fashion

Liputan6.com, Jakarta – Industri fashion Indonesia saat ini semakin berkembang ke arah yang lebih dinamis. Hal ini dapat kita ketahui dari beberapa indikasi yang terjadi, misalnya lahirnya berbagai lembaga pendidikan fashion dan atau mata kuliah fashion di beberapa universitas ternama.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, hal itu membuat PT. Lucky Print Abadi yang tergabung di Lucky Textile Group melihat sebuah potensi kebangkitan di balik belum adanya sinergi yang berkesinambungan antara pelaku industri fashion dengan pelaku industri tekstil.

Karena itu, mereka mendirikan Lucky Design Studio, salah satu divisi dari PT. Lucky Print Abadi yang terdiri dari para desainer kreatif yang setia mengikuti perkembangan Trend Textile dan Fashion baik dari Asia, Eropa maupun Amerika, dimana setiap tahunnya mengeluarkan dua kali Trend Fabric Forecast (Spring Summer dan Fall Winter).

Lucky Trend Book adalah salah satu cara untuk mempromosikan Lucky Print Abadi, baik lokal maupun internasional. Buku tren itu setidaknya dipromosikan dalam empat pameran internasional selama setahun, yakni New York, Paris, Shanghai dan Vietnam.

Pada awal tahun ini, Lucky Textile berkolaborasi dengan Phangsanny untuk mempersembahkan sebuah pagelaran busana bertema Equilibre (keseimbangan – keharmonisan) di Royal Jakarta Golf Club, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada 19 Februari 2019. Tema itu diangkat untuk mengingatkan agar manusia selalu menjaga keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan antara teknologi dan alam, dengan sub tema konsep: Soulmatra, Creativolution, dan Ecomorphosa.

Pagelaran tersebut juga berkolaborasi dengan Sekolah Mode Esmod dan Binus Northumbria. Sebanyak empat siswa Esmod Jakarta yang berpartisipasi, membawakan 15 koleksi yang proses pengerjaannya dimulai dari Januari lalu.

Yang pertama ada Indira Febriany. Terinspirasi dari permainan paintball yang dimainkan di hutan, Indira menerapkan gaya safari dengan percikan warna pada koleksinya. Lalu, ada Yolivia Krisdianti, yang menggambarkan hubungan antara binatang dan habitatnya.

Selanjutnya ada Ayu Dinda Wijayanti yang terinspirasi dari hukum kehidupan di hutan, di mana semua yang terjadi berakibat pada keseimbangan alam. Terakhir adalah Rizka Riani Putri yang mengaplikasikan harmonisasi warna alam dan sekitarnya ke koleksinya. 

2 dari 2 halaman

Karya Busana Apik BNSD

Sementara itu, para mahasiswa Binus Northumbria School of Design (BNSD) diberikan kebebasan dalam berkarya asal sesuai dengan tema Equilibre yang berarti menyatu dengan alam.

Koleksi Real Eyes, misalnya, terinspirasi dari hubungan antara alam semesta dan kehidupan manusia. Mengambil warna-warna yang sedikit lebih berani yang terinspirasi oleh matahari, laut, bunga, bumi dan manusia, masing-masing diterjemahkan ke dalam coretan abstrak yang membentuk desain tercetak.

Koleksinya menawarkan suasana santai namun santai yang hadir dalam bentuk kimono dan siluet flowy. Berwarna-warni, muda dan modern adalah kata kunci dari koleksi Real Eye yang diciptakan Katarina Laurensia dan Sintia Agustine.

Sementara, Victoria Budiman Nadya Driane mengusung tema Prevailing Harvester. Terinspirasi oleh konsep Lucky Print tahun ini, hubungan dengan alam ini adalah salah satu yang paling penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Diilustrasikan dengan indah, hasil panen ini merangkul konsumen dengan pakaian, seperti halnya alam. Dengan koleksi ini, keduanya membungkus pemanen dengan ilustrasi bunga dan tanaman hijau di bumi untuk mengingatkan pada betapa melimpahnya alam sebenarnya.

Sementara, Anya Annastasya mengusung koleksi Mini yang terinspirasi dari keharmonisan alam dan budaya Shinto di Jepang. Memahami bahwa esensi dari keyakinan itu adalah menghormati dan menghormati alam, ia mengambil kimono yang modern dan kasual sebagai siluet utama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tak Ada Fitur Engine Start/Stop di Mobilio, Ini Alasan Honda

Liputan6.com, Jakarta – Fitur engine start-stop atau keyless ignition merupakan fitur modern yang populer saat ini. Beberapa pabrikan roda empat maupun roda dua menyematkan fitur ini pada kendaraannya.

Tak hanya mobil di segmen high dan medium, fitur ini juga sudah disematkan beberapa pabrikan pada Low MPV, seperti yang dimiliki Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, Nissan Livina dan Suzuki Ertiga.

Namun, hal tersebut nyatanya tak membuat Honda menyematkan fitur engine start/stop pada mobil terbarunya, Mobilio.

“Sebenarnya ini perubahan minor ya, lebih fokus ke tampilan- tampian saja, belum ada perubahan fitur yang besar. Iya nanti bisa difikirkan untuk perubahan berikutnya,” kata Manager Public Relation PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfili di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski demikian, Yulian menegaskan pihaknya tidak bisa memberitahu kapan kiranya Mobilio terbaru akan disematkan fitur engine start/stop.

“Customer memang mau semua fitur, tapi yang pentingkan total paket yang ditawarkan secara keseluruhan, value tinggi bukan fitur per fitur. Secara keseluruhan apa yang konsumen butuhan lebih ke arah performa, irit bahan bakar jadi saat ini lebih ke arah sana, kita masih lihat demand dari konsumennya juga,” ujarnya.

Selain itu, penambahan harga yang mungkin terjadi apabila Mobilio menggunakan engine start/stop tidak bisa diukur hanya dari satu fitur.

“Iya sebenarnya penambahan harga itu enggak bisa hanya satu fitur, jadi pengembangannya bagaimana secara totalnya ada,” tutur Yulian.

Alasan Honda Pertahankan Harga pada Mobilio Terbaru

Liputan6.com, Jakarta – Resmi memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, mobil disegmen Low MPV, Honda Mobilio mendapat penyegaran dari sisi eksterior serta beberapa fitur baru.

Meski medapat beberapa perubahan, mobil pabrikan otomotif Jepang tersebut ditawarkan tanpa mengalami kenaikan harga dibanding model sebelumnya.

Manager Public Relation PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfili mengaku tak adanya perubahan harga lantaran mobil di kelas Low MPV harus sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

“Sebenaranya konsepnya adalah value yang lebih tinggi buat konsumen karena kita tahu Low MPV adalah segmen dimana konsumen membutuhkan value yang tinggi, mudah waktu membeli dan menggunakan. Hal itu merupakan konsep Mobilio,” kata Yulian di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu Yulian juga menegaskan pihaknya ingin menawarkan harga kompetitif dikelas Low MPV, sehinnga konsumen bisa dengan mudah membandingkan dari sisi fitur serta banderol yang diberikan.

“Kalau bicara usia Mobilio sudah enggak baru lagi dibandingkan beberapa kompetitor. Ini juga belum masuk ke perubahan yang besar. Jadi kita memang menawarkan perubahan supaya fresh dan juga total package yang tinggi untuk pembeli. Sehingga secara harga sekarang sangat kopetitif,” ujarnya.

Memiliki penyegaran pada eksterior serta adanya beberapa fitur tambahan baru pada sisi interior, Mobilio terbaru kini dllengkapi New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light. Selain itu, terdapat juga New 15 inchi Two Tone Alloy Wheel dengan desain baru.

Untuk dapur pacu, Honda Mobilio terbaru didukung mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 118 PS pada 6.600 rpm dan telah dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.