Masyarakat Maluku Utara Diharapkan Cerdas Gunakan Hak Pilih

Liputan6.com, Ternate – Masyarakat di Maluku Utara (Malut) diharapkan cerdas menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 nanti. Baik itu ketika memilih calon legislatif (caleg), calon presiden dan calon wakil presiden.

“Cerdas menggunakan hak pilih maksudnya memilih atas pertimbangan hati nurani bukan karena pemberian uang atau kepentingan etnis dan kelompok tertentu,” kata akademisi dari Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Syahril Ibnu di Ternate, Selasa (22/1/2019) yang dilansir dari Antara.  

Selain itu, mengetahui secara utuh kualitas yang dipilih, sehingga diharapkan yang bersangkutan setelah terpilih nanti, misalnya anggota legislatif dapat melaksanakan tugas dengan baik. Khususnya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Menurut dia, pengalaman dalam pelaksanaan Pemilu selama ini, terutama pileg dan pilkada, masyarakat dalam menggunakan hak pilih masih banyak dipengaruhi pertimbangan politik uang dan kepentingan etnis atau kelompok tertentu. 

Perilaku seperti itu, lanjut Syahril, tidak terlepas dari cara sebagian oknum caleg dan tim sukses calon kepala daerah yang berupaya mendapatkan dukungan masyarakat dengan pemberian uang atau pendekatan etnis.

2 dari 3 halaman

KPU dan Bawaslu Lebih Konsisten

Sementara itu, untuk KPU dan Bawaslu di Malut sebagai penyelenggaran pemilu juga diharapkan untuk lebih konsisten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku.

Karena menurut Syahril, dalam pelaksanaan pemilu selama ini masih ada oknum KPU dan Bawaslu yang belum melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara baik. 

“Terjadinya pemungutan suara ulang baik dalam pelaksanakan pileg maupun pilkada seperti pada Pilkada Malut 2018 menjadi bukti bahwa penyelenggara pemilu belum melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku dan itu diharapkan pada Pemilu 2019 tidak terjadi lagi,” katanya. 

Syahril menambahkan, jika penyelenggara pemilu masih melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dikhawatirkan akan menggerus kepercayaan masyarakat. Dan pada gilirannya akan mendorong tingginya angka golput. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Donnarumma: AC Milan Ingin Finis di Zona Liga Champions

Genoa – Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, menegaskan timnya bertekad mengamankan posisi empat besar klasemen akhir Serie A, sekaligus satu tiket berlaga di Liga Champions musim depan.

Performa I Rossoneri masih belum konsisten pada musim ini. Mereka sempat berada di papan tengah, sebelum akhirnya kembali menempati peringkat keempat klasemen Serie A.

AC Milan berhasil menembus posisi empat besar berkat dua kemenangan beruntun. Setelah sukses mengalahkan SPAL dengan skor 2-1, Milan juga mampu mendulang tiga poin ketika bersua Genoa.

Bermain di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Senin (21/1/2019), Il Diavolo Rosso menang 2-0 atas Genoa. Sepasang gol AC Milan disarangkan Fabio Borini pada menit ke-72 dan Suso menit ke-83.

Mendulang enam angka dari dua laga membuat skuat Merah-Hitam telah mengoleksi 34 poin dari 20 laga. Mereka tertinggal enam poin dari Inter Milan yang berada di atasnya, atau peringkat ketiga klasemen Serie A.

“Kekalahan di Supercoppa Italia (dari Juventus) menyakitkan, tetapi tujuan kami adalah posisi keempat dan kami berada di sana. Sekarang mari fokus pada pertandingan berikutnya, yang ini sudah kami amankan,” kata Donnarumma.

“Bukan awal yang baik, tetapi kami menderita bersama-sama dan itu adalah hal yang paling penting. Kami berjuang keras dan kualitas kami akhirnya muncul untuk memenangkan pertandingan yang sangat sulit,” paparnya.

Selanjutnya, AC Milan akan menghadapi Napoli pada pertandingan pekan ke-21 Serie A, di San Siro pada 26 Januari 2019.

Sumber: Football Italia

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Liverpool Baru Akan Menghadapi Pertanyaan-Pertanyaan Mendesak dari City

JakartaLiverpool masih memimpin Premier League setelah 23 pekan, dengan Manchester City menguntit. Di sisa musim, Liverpool diyakini akan menghadapi tekanan terbesar.

Liverpool memimpin Premier League dengan 60 poin dari 23 pekan. ‘Si Merah’ unggul empat poin dari City yang menempel di posisi kedua.

Selisih empat poin yang dipunya Liverpool atas City adalah bukti bahwa mereka sejauh ini amat konsisten. Hanya sekali kalah dari 23 pekan, tim besutan Juergen Klopp ini meraup 19 kemenangan tiga kali berimbang.

Sebagai perbandingan, City sudah tiga kali kalah dan meraih 18 kemenangan. Namun eks bek tim nasional Inggris Gary Neville menilai persaingan ini akan memasuki tahap berbeda mulai saat ini.

Dia percaya akan ada tekanan yang lebih terasa untuk Liverpool, sementara City akan mencoba memanfaatkannya. Fakta bahwa City punya pengalaman juara musim lalu menjadikan mereka di atas angin dibanding sang rival.

Yang bisa dinantikan adalah, bagaimana Liverpool menjawabnya.

“Emosi yang menyelubungi misi juara Liverpool, seperti yang kita lihat beberapa tahun lalu, akan muncul lagi. Ini klub besar, belum memenangi gelar selama lebih dari 25 tahun dan itu berarti sangat besar, Juergen Klopp juga mendatangkan gairah tersendiri, momennya akan tiba di mana segala sesuatunya terbangun,” kata Neville dikutip Sky Sports.

“Saya mewawancarai Klopp beberapa pekan lalu dan dia meredam pembicaraan soal gelar. Tapi dia sudah pernah ada di situasi ini sebelumnya dengan Dortmund. Sementara banyak pemain Liverpool belum mengalami ini, banyak yang belum merasakan persaingan gelar dengan Liverpool.”

“City akan mau memainkan pengalaman dan ketenangan mereka, itu memang berguna. Tapi Anda harus ada di titik itu, sangat dekat dengan Liverpool. Dan City akan mau memastikan masuk April dan Mei, di enam atau tujuh laga terakhir, dengan Liverpool merasakan tekanan maksimal, yang artinya sejajar atau tepat di depan,” imbuhnya.
(raw/cas)


4 Langkah Mudah Membuat Kendaraan Kesayangan Terlihat Kinclong

Liputan6.com, Jakarta Kendaraan yang terlihat kinclong tentu terlihat lebih sedap dipandang dibanding yang kusam dan kotor. Bahkan kendaraan biasa pun terlihat lebih elegan dalam keadaan bersih dibanding kendaraan mewah yang tak terawat.

Merawat bodi kendaraan, terkadang bagi sebagian orang dinilai cukup sulit dan merepotkan. Sehingga tak jarang sebagian orang lebih memilih mengirimkan kendaraan mereka ke salon atau detailing kendaraan.

Namun, menurut pemilik tempat perawatan dan restorasi bodi Scooter Care, Anas, mengatakan bahwa merawat bodi kendaraan tidaklah terlalu sulit asal mau rajin mencuci kendaraan tersebut.

Simple sih sebenarnya, kalau sudah pernah dipoles nih entah dimana, perawatan yang paling utama banget adalah cukup rajin cuci aja setiap hari. Minimal setiap abis dipakai sebelum disimpan di garasi ya dicuci dulu,” ujar Anas.

Menurut Anas, cuci kendaraan adalah cara paling ampuh dan murah untuk merawat warna kendaraan agar tidak cepat kusam. Karena ketika kendaraan tersebut kita pakai, pasti bodi kendaraan akan terpapar oleh bermacam-macam oksidasi seperti debu knalpot.

Ketika kendaraan yang terpapar tersebut tidak dicuci, maka kotoran oksidasi tersebut akan mengering dan menjadi lemak. Lemak dinilai dapat menutup pori-pori cat dan membuat kendaraan menjadi kusam.

Rajin mencuci kendaraan tidak hanya berlaku bagi kendaraan yang rajin digunakan saja, kendaraan yang disimpan di garasi juga sebaiknya harus sering dicuci karena berpotensi berdebu.

Anas juga menambahkan, bahwa banyak orang sering salah kaprah ketika cuci kendaraan. Oleh karena itu, dirinya pun berbagi tips terkait mencuci kendaraan yang benar.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

1. Siram dengan air mengalir

Setiap kendaraan yang berdebu atau kotor, sebaiknya disiram terlebih dahulu dengan air mengalir, dan jangan pernah sekali-kali langsung mengelap bodi kendaraan dengan kanebo basah atau kemoceng sebelum disiram.

2. Hindari penggunaan sampo kendaraan yang mengandung deterjen

Penggunaan sampo yang mengandung deterjen dinilai akan merusak cat walaupun efeknya tidaklah langsung. Sampo kendaraan yang benar adalah yang menghasilkan sedikit busa, karena jika busa yang dihasilkan banyak, sudah dapat dipastikan sampo tersebut mengandung deterjen.

3. Hindari penggunaan spons

Menurut Anas, penggunaan spons akan berpotensi menimbulkan baret-baret halus karena spons memiliki tekstur pori-pori kecil yang dapat menyimpan partikel-partikel debu kecil.

4. Gerakan searah saat mengelap

Saat mencuci atau mengelap sebaiknya dilakukan dengan gerakan tangan searah dan konsisten. Jika ingin menggerakan tangan ke arah vertikal sebaiknya terus vertikal pada seluruh bagian. Hal serupa pun dilakukan untuk arah pergerakan tangan horizontal. Hindari pergerakan tangan yang memutar.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Coutinho Masuk Radar Chelsea

Liputan6.com, London – Rencana Manchester United untuk mendatangkan Philippe Coutinho mendapat saingan. Setan Merah harus berkompetisi dengan klub Premier League lainnya, Chelsea untuk merekrut playmaker Barcelona tersebut.

Selama beberapa pekan terakhir, Coutinho dirumorkan akan angkat kaki dari Camp Nou. Hal ini dikarenakan sang pemain mulai tersingkir dari tim utama Barcelona usai tampil kurang konsisten musim ini.

Belakangan beredar rumor bahwa Manchester United tertarik pada playmaker Brasil ini. Mereka bahkan disebut sudah mengajukan tawaran untuk Coutinho beberapa hari yang lalu.

Namun dilansir Marca, United mendapatkan pesaing berat untuk Coutinho. Mereka disebut akan bersaing dengan Chelsea untuk mendaratkan eks Liverpool tersebut.

Chelsea punya alasan mengapa mereka ingin mengincar Coutinho. Mereka disebut memproyeksikan pemain asal Brasil itu sebagai pengganti Eden Hazard.

Hazard sendiri memang ramai diberitakan tidak akan bertahan di Chelsea musim depan. Ia disebut sudah memantapkan hati untuk bergabung dengan Real Madrid di akhir musim nanti.

Chelsea kabarnya mulai bergerak untuk mencari pengganti Hazard, di mana mereka menilai Coutinho akan menjadi opsi yang bagus untuk lini serang mereka.


2 dari 2 halaman

Mulai Bergerak

Laporan Marca itu mengklaim bahwa Chelsea sudah menghubungi pihak Barcelona. Mereka bahkan sudah menanyakan apakah sang pemain bisa didatangkan di musim panas nanti.

The Blues kabarnya sudah diberitahu bahwa Coutinho masuk dalam daftar jual mereka. Untuk itu mereka menunggu tawaran dari tim asal London Barat tersebut.

Laporan itu mengklaim bahwa Chelsea harus menyiapkan dana sebesar 100 juta pounds untuk memboyong Coutinho ke Stamford Bridge.

Coutinho tercatat hanya mampu membuat enam gol dan lima assist bagi Barca di total 26 penampilan bagi Las Azulgrana.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Inter Milan vs Sassuolo: Spalletti Siap Lanjutkan Episode Kemenangan

Liputan6.com, Milan – Inter Milan akan menghadapi Sassuolo di Giuseppe Meazza Stadium, Sabtu (19/1/2019) atau Minggu dini hari WIB, dalam lanjutan Liga Italia. Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti siap melanjutkan episode kemenangan.

Menghadapi Sassuolo, Inter Milan berbekal tiga kemenangan beruntun di semua ajang. Itu merupakan jawaban dari paceklik kemenangan Inter Milan.

Sebelumnya, dari tujuh pertandingan, Inter Milan hanya mencatatkan satu kemenangan. Mereka meraih tiga imbang dan menelan tiga kekalahan, di semua kompetisi.

“Itu (tiga kemenangan beruntun) merupakan cara klub untuk mengubah sebuah episode buruk menjadi sebuah kesempatan luar biasa. Kami sudah menjauhkan diri dari hal-hal negatif,” ucap Spalletti, dikutip dari situs resmi Inter Milan.

“Kami harus konsisten untuk dapat tampil sebagai tim yang sesuai dengan harapan kami. Dalam hal ini, kemenangan atas Benevento (6-2 di Coppa Italia) menunjukkan kami terus berkembang karena kami bisa saja meremehkan pertandingan tersebut,” kata pelatih Inter Milan asal Italia itu.

2 dari 3 halaman

Bukan Lawan Mudah

Bagi Inter Milan, Sassuolo bukanlah lawan mudah. Dari 11 pertemuan terakhir, Inter Milan hanya mencatatkan empat kemenangan. Sementara Sassuolo mengantongi tujuh kemenangan.

Namun, Spalletti pantang gentar. Dia optimistis Radja Nainggolan dan kawan-kawan mampu meraih kemenangan.

“Sassuolo menjadi tim yang kami takuti? Ini hanya akan menambah motivasi kami. Tujuan saya dan tim ini adalah bermain dan meraih poin penuh,” ujar Spalletti menegaskan.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia


Saksikan video pilihan berikut ini:

Mourinho Bantah Telantarkan Salah di Chelsea

Liputan6.com, London – Jose Mourinho membantah telah membuang Mohamed Salah saat menangani Chelsea. Ia justru mengklaim sebagai orang yang mengorbitkan bintang Liverpool tersebut.

Chelsea membeli Salah dari Basel tahun 2013. Saat itu ia ditebus dengan harga 11 juta pound sterling.

Sayangnya karier Salah bersama Chelsea justru meredup. Dia hanya bermain dalam 10 laga Liga Inggris di bawah asuhan Mourinho.

Akhirnya Salah sempat dipinjamkan Chelsea ke Fiorentina tahun 2015. Setelah itu pemain asal Mesir ini juga kembali dipinjamkan ke AS Roma semusim berikutnya.

Tak mau kembali ke Chelsea, Salah akhirnya meminta dijual ke AS Roma. Sebelum akhirnya dibeli Liverpool tahun 2017 dan berkembang menjadi pemain bintang.


2 dari 3 halaman

Komentar Mou

“Banyak pembicaraan yang tak benar soal saya dengan Salah. Orang bilang saya yang menjualnya, padahal faktanya tidak demikian,” kata Mourinho seperti dilansir Evening Standard.

“Justru saya yang membelinya karena melihat penampilannya di Basel. Saya menganalisa dan langsung jatuh cinta padanya,” ujarnya menambahkan.

“Bahkan saya memaksa klub untuk membelinya meski punya Eden Hazard dan Willian. Jadi rumor yang berkembang bahwa saya menjualnya tidak benar.”

3 dari 3 halaman

Tak Sabar

Mourinho juga menilai kepergian Salah bukan karena keputusannya.

“Dia tidak sabar untuk segera bermain. Padahal saya ingin menjadikannya pemain yang lebih baik dengan meminjamkannya.”

Saksikan video pilihan berikut ini:

Barcelona Akan Tukar Coutinho dengan Neymar?

Liputan6.com, Jakarta – Barcelona sering menepis kemungkinan memulangkan Neymar. Namun, kabar paling baru menyebut para petinggi Barca masih tertarik memulangkan Neymar dalam waktu dekat.

Barcelona melepas Neymar ke PSG pada awal musim 2017/18 yang lalu. Secara teknis, Barca memang masih mampu tampil kompetitif karena punya sederet pemain bintang. Namun, rumor kembalinya Neymar ke PSG tak pernah padam. 

Rumor paling baru menyebutkan bahwa Barca siap menerima kedatangan Neymar dari PSG dengan memberikan Philippe Coutinho sebagai bagian dari kesepakatan transfer. Barca ingin menukar Coutinho dengan Neymar.

Philippe Coutinho didatangkan Barcelona untuk menggantikan peran Neymar. Tapi, pemain yang dibeli dari Liverpool itu sejauh ini belum menunjukan performa yang konsisten sesuai dengan harapan pihak Barca.

Barcelona dalam beberapa pekan terakhir pun disebut menimbang opsi untuk melepas pemain 26 tahun. Dan pertukaran antara Neymar dengan Coutinho jadi salah satu opsinya.

“Jika ada kesempatan untuk melakukan sesuatu dengan PSG, di mana Coutinho pindah ke PSG dan Neymar kembali ke Camp Nou, maka orang-orang yang berada di Board Barcelona akan benar-benar memanfaatkan momen ini,” ucap pengamat sepak bola Spanyol, Graham Hunter, pada Sky Sports.

Hunter juga menyebut kedatangan Neymar kembali ke Barcelona akan mendapat dukungan dari banyak pihak. Sebab, pemain asal Brasil itu bisa memberi dampak lain di luar sisi teknis, termasuk dengan pihak sponsor.

2 dari 2 halaman

Takkan Menutup Peluang

Sementara itu, Hunter meyakini PSG juga tidak akan menutup pintu untuk melepas Neymar ke klub lain. Sebab, PSG kini sedang berada dalam ancaman pelanggaran Financial Fair Play akibat aktifitas transfer dua musim terakhir.

“Barcelona punya rencana besar bahwa jika Neymar masuk ke bursa transfer pemain karena PSG akan menjalani pemeriksaan ketat apakah mereka telah atau belum melanggar Financial Fair Play,” papar Hunter.

Jika memang terbukti melakukan pelanggaran Financial Fair Play, PSG dikabarkan akan menjual satu dari dua pemain bintangnya yakni Neymar atau Kylian Mapppe.

Sumber Bola.net

Olivier Giroud Tak Ikhlas Jadi Pilihan Kedua di Chelsea

London – Penyerang timnas Prancis, Olivier Giroud, merasa keberatan harus menjadi pilihan kedua di lini depan Chelsea. Meski begitu, ia mencoba beradaptasi dengan situasi tersebut.

Giroud sudah bermain dalam 17 pertandingan di Premier League. Namun, bomber asal Prancis itu baru enam kali bermain sebagai starter.

Giroud harus rela duduk di bangku cadangan bersama Alvaro Morata. Keduanya kalah bersaing dengan Eden Hazard yang lebih dipercaya manajer Maurizio Sarri untuk mengisi posisi ujung tombak.

“Bukan saya yang memutuskan siapa yang bermain, namun jelas setiap pemain ingin tampil di setiap pertandingan,” ujarnya.

“Sebagai seorang pesaing saya tentu tidak senang berada di bangku cadangan, namun saya menahan rasa frustrasi itu dan mentransformasikannya menjadi sebuah energi untuk bekerja keras di latihan,” ia melanjutkan.

“Dalam 14 laga terakhir mungkin saya hanya bermain setengahnya sebagai starter. Tentu sedikit sulit untuk bisa konsisten.”

Giroud diperkirakan akan terus menjadi pilihan kedua di lini depan Chelsea. Apalagi, tim London Barat tinggal selangkah lagi mendapatkan striker AC Milan, Gonzalo Higuain.

Sumber: Independent/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Real Madrid Serius Kejar Bek Porto

Liputan6.com, Jakarta – Real Madrid cukup serius mengejar bek FC Porto Eder Militao. El Real kemungkinan akan menebus klausul rilis pemain asal Brasil tersebut.

Sejak musim panas lalu, Real Madrid dirumorkan tengah mencari bek tengah baru. Mereka membutuhkan sosok untuk menjadi pelapis duet Sergio Ramos dan Raphael Varane di jantung pertahanan mereka. 

El Real sendiri semakin serius untuk mendatangkan bek tengah baru ke Bernabeu pada bulan Januari ini. Maklum performa lini pertahanan mereka menurun dengan cukup drastis, sehingga mereka menilai mendatangkan bek baru adalah prioritas yang mendesak.

DIlansir AS, Real Madrid sudah menetapkan bahwa sosok Eder Militao akan menjadi target utama mereka di bursa transfer kali ini. Mereka kabarnya siap menebus klausul rilis sang bek dari FC Porto.

Real Madrid punya alasan tersendiri mengapa mereka ingin mendatangkan Eder. Mereka kabarnya kagum dengan kemampuan bek 20 tahun tersebut.

Eder sendiri baru menginjakkan kaki di Eropa pada musim panas lalu. Ia direkrut Porto dari klub Brasil, Sao Paolo.

Dalam waktu singkat, Eder mampu beradaptasi dengan baik dengan sepakbola Eropa. Ia bahkan menjadi salah satu bek muda paling konsisten di Liga Portugal saat ini, sehingga ia dinilai memiliki potensi menjadi salah satu bek terbaik dunia di masa depan.

2 dari 2 halaman

Terjangkau

Menurut laporan tersebut, Eder memiliki klausul rilis yang cukup terjangkau. Ia kabarnya bisa ditebus dengan mahar sekitar 42,5 juta pounds.

Namun klausul itu hanya berlaku di bulan Januari ini. Jika melebihi bursa transfer kali ini, klausul rilisnya akan bertambah menjadi lebih mahal.

Real Madrid sendiri kabarnya enggan membayar ekstra untuk mendatangkan Eder. Alhasil mereka akan segera menebus sang pemain dari Porto.

Selain Real Madrid, dua klub EPL Manchester United dan Liverpool disebut tertarik mendatangkan sang pemain pada bursa transfer kali ini.