Konferensi ANPOR di Bandung Bahas Tren Media dan Opini Publik

Liputan6.com, Bandung – Asia Networks for Public Opinion Research (ANPOR) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan konferensi tahunan di Kota Bandung, Rabu (28/11/2018). Konferensi yang akan berlangsung hingga 30 November ini mengangkat topik Perkembangan Media dan Opini Publik di Asia.

Kegiatan yang berlangsung di Prama Grand Preanger Hotel ini dibuka secara langsung oleh President ANPOR, Jantima Kheokao.

Dalam sambutannya Jantima mengatakan, konferensi tahunan yang ke-6 kalinya diselenggarakan ini, ANPOR melibatkan universitas, praktisi, serta peneliti di negara-negara Asia Pasifik yaitu Korea, Cina, Jepang, India, Indonesia, Filipina, Pakistan, Srilanka, Singapura, Burma, Thailand hingga Bangladesh.

“Konferensi tahunan ANPOR 2018 ini akan mencakup topik multidisiplin yang berkaitan dengan studi penelitian opini publik. Tema utama dalam konferensi ini adalah Perkembangan Media dan Opini Publik di Asia dengan berfokus pada topik yang berkaitan dengan penelitian opini publik mengenai politik, big data, dan media sosial,” katanya.

Sebelum konferensi, panitia melaksanakan Pre Conference yaitu kegiatan workshop pada 27 November 2018 di Ruang Auditorium Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Jatinangor dan diisi oleh empat pembicara berkompeten. 

Keempatnya adalah Dr. Angus Choeng selaku President of Macao Association for Internet Research (MAIR), Prof. Dr.iur. Dr.h.c. Dieter C. Umbach dari Potsdam University, Germany, Prof. Dr. Luo Yunjuan dari School of Journalism and Communication, South China University of Technology dan Prof. Dr. Sung Kyum Cho selaku Director of The Center for Asian Public Opinion Research & Collaboration Initiative (CAPORCI).

Selanjutnya, dalam konferensi dilaksanakan sidang pleno yang akan diisi oleh Prof. Dr. QIU Jack Linchuan, Prof. Dieter C. Umbach, Dr. Kunto Adi Wibowo, Prof. Dr. Luo Yunjuan, Prof. Dr. Biswajit Das, serta Dr. Brian Bantugan. Keenam pembicara tersebut akan membahas mengenai public opinion research hingga fake news agenda.

Selain itu terdapat sesi paralel yang diisi oleh para akademisi dan praktisi dari Korea, Cina, Jepang, India, Indonesia, Filipina, Pakistan, Srilanka, Singapura, Burma, Thailand dan Bangladesh. Topik yang akan dibahas dalam sesi ini yaitu, Health Promotion and Nursing Science; Politics and Public Opinion Research; Mass Communication; Social, Economic and Cultural Issues; Consumer Culture and Market Movements dan diakhiri Gala Dinner dan Closing Ceremony.

Sebagai penutup dari konferensi tahunan ANPOR, para peserta akan diajak untuk melakukan tur kota dengan mengelilingi dan menikmati keindahan Kota Bandung menggunakan Bandung Tour on Bus (Bandros).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *