Kondisi 2 Kecamatan di Lampung Selatan Porak-Poranda Usai Diterjang Tsunami

Fokus, Lampung Selatan – Sejumlah desa di Kalianda, Lampung Selatan, Minggu pagi, 23 Desember 2018, porak-poranda usai diterjang tsunami. Sejumlah perahu nelayan bahkan terhempas hingga ke permukiman warga. Belasan perahu juga rusak hingga ada yang tumpang tindih di dermaga.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (23/12/2018), setelah dihantam gelombang tinggi, sejumlah desa di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Rajabasa dan Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, porak poranda. Puluhan rumah warga rusak parah.

Sementara itu, jalan menuju wilayah pesisir Lampung Selatan macet total. Ribuan sepeda motor warga hilir mudik. Mereka di antaranya adalah warga yang baru pulang dari pengungsian dan sebagian besar warga yang sengaja datang ingin memastikan kondisi keluarga mereka yang bertempat tinggal di pesisir laut Lampung Selatan.

Hingga kini belum ada data pasti jumlah kerusakan rumah warga akibat hantaman gelombang tinggi tsunami yang menghantam pesisir laut Lampung Selatan.

Warga sebagian besar juga belum melakukan pembersihan rumah karena masih fokus pada keselamatan keluarga. Rasa khawatir adanya gelombang tinggi susulan berpotensi tsunami akibat dampak erupsi Gunung Anak Krakatau masih menghantui warga. (Galuh Garmabrata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *