Rombak Skuat, Ini Komposisi Arsenal Asuhan Bintang Atletico Madrid di Football Manager

Di luar keduanya, Griezmann merombak skuat The Gunners. Dia merekrut Jordan Pickford (Everton) untuk jadi kiper utama. Juara Piala Dunia 2018 tersebut lalu mendatangkan Kevin Malcuit (Napoli), Chris Mepham (Bournemouth), Matthijs de Ligt (Ajax Amsterdam), Alex Telles (FC Porto), Frenkie De Jong (Ajax Amsterdam), Fernandes (Botafogo), Leon Bailey (Bayer Leverkusen), Hirving Lozano (PSV Eindhoven), dan Joao Felix (SL Benfica) untuk memenuhi kuota starting XI.

Tidak hanya nama tenar, Griezmann memaksimalkan salah satu fitur utama Football Manager yakni menemukan talenta berbakat. Terbukti, dia membeli Alexis Saelemaekers (Anderlecht), Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam), dan Dennis Man (FCSB) untuk menghuni bangku cadangan.

Selain itu, Griezmann turut mendatangkan Timo Werner (RB Leipzig) dan Cristian Pavon (Boca Juniors).

Bangun MRT, Intip Komposisi Utang RI kepada Jepang

Sebelumnya, usai MRT Jakarta Fase I yaitu dari stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus, PT MRT Jakarta memastikan, MRT Fase II akan mulai dibangun pada 2019.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim mengatakan, MRT Fase II yakni rute stasiun Bundaran HI-Kota menelan biaya investasi sebesar Rp 22,5 triliun. Proses tender pun dilakukan pada tahun ini.

“Tahun ini bakal mulai tendering fase II. Akhir tahun 2019 sudah mulai dikerjakan. Mulai relokasi utilitas sepanjang korider fase II. Mulai bongkar-bongkar jalan lagi Thamrin dan Hayam Wuruk,” tutur dia di Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Dia menambahkan, perusahaan telah memperoleh persetujuan dari  Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) untuk membangun track MRT di wilayah atau kawasan seputar Monas.

“Monas sudah dapat persetujuan Kemensesneg untuk bangun di kawasan Monas,” kata dia.

Silvia menuturkan, MRT Fase II ditargetkan rampung pada 2024.  “Target rampung akhir 2024, 2025 beroperasi,” pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

MRT Jakarta mulai diujicoba oleh publik. Bagi kamu yang belum tahu, catat 8 larangan ini saat naik MRT Jakarta.

Harga Oppo F1 Selfie Expert Terbaru, Kamera Ciamik dengan Desain Mewah

Liputan6.com, Jakarta Oppo Electronics Corporation adalah perusahaan elektronik berbasis di Guangdong, China. Perusahaan satu ini didirikan pada tahun 2004 silam.

Awalnya, Oppo terkenal dengan produk elektroniknya seperti LCD TV, eBooks, DVD/Blu-ray disc players, dan ponsel. Namun saat ini, Oppo lebih dikenal sebagai salah satu vendor smartphone dengan beragam jenis yang banyak digandrungi oleh pecinta teknologi.

Sejak awal kehadirannya, Oppo membangun sudah kekuatannya pada teknologi Selfie Expert dan Camera Phone. Berkat keunggulannya ini, Oppo bisa menjadi salah satu penguasa pasar ponsel pintar di Tanah Air. Terbukti sejak tahun 2017 lalu, market share Oppo terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Di Indonesia, Oppo terkenal dengan jargon Selfie Expert yang digunakan untuk meraih pasar penyuka swafoto atau selfie di Indonesia. Jargon ini mulai digunakan Oppo saat diperkenalkan pertama kalinya lini seri F ke Indonesia pada awal tahun 2016 lalu. Smartphone ini memiliki keunggulan pada kamera baik sisi depan maupun belakang.

Salah satu smartphone Oppo yang yang pertama keluar adalah Oppo F1 Selfie Expert. Berikut Liputan6.com rangkum harga Oppo F1 Selfie Expert lengkap dengan spesifikasinya di tahun 2019, Kamis (28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Desain Mewah

Dengan mengusung slogan ‘Selfie Expert’, Oppo menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie. Teknologi ini disuguhkan pada Oppo seri F sekaligus menjadi taglinenya. Smartphone ini pertama kali meluncur di Indonesia tahun 2016 lalu.

Jika dilihat dari desain, sesuai dengan harga Oppo F1 Selfie Expert dalam kelas premium dan spesifikasi tinggi. Oppo sepertinya sangat paham dengan hal ini yang terlihat pada Oppo F1 Selfie Expert yang desainnya dibuat seseksi mungkin, ditambah balutan metal yang membuatnya kelihatan tampak mahal.

Vendor Oppo mengatakan, perlu 68 langkah pemolesan sehingga menghasilkan desain premium berdimensi 143.5 x 71 x 7.3 mm sehingga smartphone sangat nyaman berada di dalam genggaman tangan. Oppo F1 Selfie Expert memiliki bobot 134 gram namun tetap terasa ringan dan nyaman dibawa ke mana saja.

Oppo menawarkan 3 varian warna yang sedang trend yaitu silver, gold, dan rose gold. Pada bagian depan, Oppo F1 Selfie Expert terdapat tombol power yang ditaruh di sebelah kiri. Adapun slot kartu SIM dan micro SD diposisikan di atas tombol power. Sisanya port audio 3,5 mm ada di sisi atas bezel, berlawanan dengan port micro USB yang diletakkan di sisi bawah bezel.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi yang Mumpuni

Smartphone Oppo F1 Selfie Expert ditenagai prosesor Snapdragon 616 Octa-core 1.5GHz dipadu RAM 3GB. Untuk urusan penyimpanan data, Oppo F1 Selfie Expert dilengkapi memori internal berkapasitas 16 GB yang bisa diperluas memakai slot microSD hingga 128 GB. Sumber tenaganya dipercayakan pada baterai berkapasitas 2.400 mAh.

Dengan harga Oppo F1 Selfie Expert yang terjangkau, smartphone ini menggunakan OS Android Lollipop berbalut ColorOS 2.1. Smartphone yang mendukung dual-SIM memakai kartu Sim model Micro SIM dan Nano SIM dengan konektivitas LTE di band 1 (2100 Mhz), band 3 (1800 Mhz) dan band 8 (900 Mhz) serta USB OTG. Alhasil, Oppo F1 Selfie Expert sudah bisa digunakan dengan kartu 4G LTE dari semua operator di Tanah Air.

4 dari 5 halaman

Kamera Ciamik

Selfie Expert yang jadi tagline baru Oppo benar-benar serius dibuktikan produsen China ini. Pembuktian pertamanya dilakukan di Oppo F1 Selfie Expert sebagai ponsel pertama Oppo setelah menyebut dirinya Selfie Expert.

Oppo F1 Selfie Expert memakai kamera utama beresolusi 13 MP dengan lensa f/2.2 dan flash LED. Sedangkan kamera depannya pakai kamera beresolusi 8 MP dengan lensa f/2.0 yang akan memberikan hasil terbaik dengan screen flash mode yang hasil pencahayaannya lebih merata. Kombinasi ini terbukti mampu menyuguhkan hasil yang terbilang sangat baik.

Hasil dari kamera Oppo F1 Selfie Expert menciptakan komposisi warna pas serta detailnya warna yang solid. Tidak hanya itu, kamera makro Oppo F1 Selfie Expert mampu menunjukkan porsi detail dan bokeh yang seimbang. Ketika di zoom pun tingkat makronya kelihatan solid. Noise-nya yang sangat rendah dan bikin hasil foto makro secara keseluruhan terjaga kualitasnya.

5 dari 5 halaman

Harga Oppo F1 Selfie Expert

Dengan banyak hadirnya Oppo Seri terbaru serta series terbaru dari merek lain, smartphone yang dirilis pada Maret 2016 ini mengalami penurunan harga. Harga Oppo F1 Selfie Expert baru saat ini di pasaran mengalami penurunan di angka Rp 2,8 jutaan. Sementara harga Oppo F1 Selfie Expert second berkisar Rp 1,8 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

Toyota Avanza Transmisi Manual Lebih Banyak Dicari Konsumen, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – Model terbaru dari low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza dan Veloz cukup mendapatkan respons positif dari konsumen. Hal tersebut, terlihat dari jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) terhitung sejak kemunculannya, pertengahan Januari 2019 yang sudah mencapai sekitar 15 ribuan unit.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, dari jumlah SPK tersebut, paling banyak masih didominasi varian Toyota Avanza tipe G 1,3 liter manual dan matik. Komposisinya, 50 persen varian tersebut, Veloz sekitar 30 sampai 35 persen, dan sisanya tipe E.

“Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh dari sebelumnya, hanya Veloznya dari 20 persen (model lama) naik ke 30 persen. Tapi itu wajar, setiap kali kami meluncurkan Avanza major atau minor change selalu Veloz naik duluan,” jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, jika dilihat dari tipe transmisi, antara manual dan matik, kira-kira masih didominasi manual dengan 62 persen. Jadi, komposisi tersebut rata-rata sama, kecuali di wilayah tertentu di Jakarta yang varian matik masih cukup tinggi, hampir 50 persen.

“Terus terang masih manual yang mayoritas, karena Toyota Avanza dipakai sampai di pelosok itu ada, Kalau di kota kecil, matik itu tidak terlalu dibutuhkan karena kemacetan, jaraknya lebih dekat. Kemudian, banyak juga digunakan untuk perusahaan rental, yang masih memilih manual,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Toyota Avanza tersedia dalam tujuh varian, mulai 1,3 STD dengan banderol Rp 188,6 juta sampai 1,5 G M/T yang dilepas Rp 221,25 juta. Sedangkan Veloz, tersedia empat tipe, mulai dari 1,3 M/T berbanderol Rp 215,65 juta sampai 1,5 A/T dengan harga Rp 239,45 juta.

2 dari 3 halaman

Fitur Toyota Avanza 2019 Bertambah tapi Harga Tetap, Ini Alasannya

Meskipun mendapatkan sedikit penyegaran, namun Toyota tidak menaikan harga jualnya. Toyota Avanza dan Veloz baru ini tetap dibanderol mulai Rp 188,6 juta untuk varian terendah Avanza sampai Rp 239,45 juta untuk varian tertinggi Veloz.

Dijelaskan Marketing Director TAM, Kazunori Minamide, dengan berbagai tambahan fitur, harga Toyota Avanza dan Veloz terbaru tidak mengalami peningkatan.

“Tetapi model ini sangat diterima di masyarakat, dan dengan model baru ini kita targetkan penjualan sebesar 30 persen,” jelas Minamide di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Marketing Director TAM Anton Jimmi menyampaikan, ada banyak pertimbangan yang dilakukan pihaknya sebelum memutuskan untuk menahan harga jual.

Bahkan, sejak melakukan pengembangan Avanza dan Veloz baru ini, Toyota sudah melakukan survei terkait pasar yang bakal disasar oleh pesaing berat Mitsubishi Xpander tersebut.

“Untuk target konsumen di MPV low ini value for money menjadi kunci yang paling penting. Jadi, kita rasa dengan melihat pasar dan kompetisi kita putuskan untuk mempertahankan harga,” tambah Anton di tempat yang sama.

Dengan melihat target pasarnya sendiri, Toyota sudah melihat berapa harga dan cicilan yang tepat untuk model ini.

Jadi, dengan tidak menaikan harga, kemungkinan untuk merebut pasar dan menjadi leader di LMPV lebih mungkin tercapai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Arsenal Berperan di Balik Membaiknya Pertahanan MU

Liputan6.com, Jakarta – Luke Shaw tampil sebagai man of the match saat Manchester United (MU) bermain imbang dengan Liverpool, Minggu lalu. Dalam duel ini, MU berhasil menahan The Reds tanpa gol. Ini merupakan clean sheet keempat beruntun yang mampu diraih Setan Merah di liga domestik.

Penampilan barisan pertahanan MU semenjak ditangani oleh Ole Gunnar Solksjaer memang terus membaik. Sejak ditunjuk menggantikan Jose Mourinho, Desember lalu, Setan Merah hanya kemasukan 9 gol dalam 14 pertandingan dan berhasil mencatat 7 clean sheet.  


Ini jauh berbeda dengan situasi yang dialami MU saat masih ditangani Mourinho. Musim lalu, MU sempat kebobolan satu gol lebih sedikit dari 29 gol yang dicetak dalam 17 pertandingan. Sejak ditangani Solkjaer, agregat gol MU berubah dari nol di era Mourinho menjadi +17. 

Peningkatan ini tidak lepas dari kejelian Solskjaer dalam menempatkan pemainnya. Di lini belakang MU yang menggunakan empat bek, pelatih asal Norwegia itu menempatkan duet Ashley Young dan Luke Shaw sebagai bek sayap. Dia juga mempertahankan Victor Lindelof yang tampil memukau di era Mourinho. Sementara Phil Jones diplot sebagai patner utama Lindelof dan keduanya telah tampil sebagai starter dalam delapan pertandingan. 

Sedangkan Eric Baily dipercaya tampil dalam 4 laga dan Chris Smalling tiga pertandingan.  

Smalling sebenarnya baru saja pulih dari cedera yang membuatnya sempat absen dua bulan. Namun di bawah Solskjaer, Smalling mampu membantu MU mencetak 3 cleen sheet

Sejak bermain imbang 2-2 melawan Burnley (29/1), MU belum sekalipun kebobolan Menurut Solskjaer, kebangkitan barisan pertahanan MU ternyata tidak lepas dari pengalaman saat mengalahkan Spurs 1-0 (13/1) dan kemenangan 3-1 atas Arsenal di Piala FA (26/1). 

“Kami menghabiskan banyak waktu membangun struktur dan bentuk,” kata Solskjaer seperti dilansir Manchestereveningnews. “Bagaimana kami bertahan, sebab pada laga-laga awal kami tidak mendapat banyak kesempatan untuk menguji hal tersebut,” kata Solskjaer. 

“Tapi ketika kami ke markas Arsenal dan Anda bisa melihat bagaiman kami pontang-panting di lini tengah dan empat bek kami tampak menyedihkan seperti domba babak belur.” 


2 dari 3 halaman

Benahi Lini Tengah

Setelah pertandingan tersebut, Solskjaer tidak hanya meperbaiki barisan belakang pasukannya. Dia juga berusaha membenahi komposisi lini tengah Setan Merah.  

“Bentu lini tengah meningkat pesat, yang akhirnya membantu empat bek untuk bermain sebagai empat bek dan tidak tersebar di semua tempat,” kata Solskjaer. 

“Itu prinsipil. Prinsip saya adalah jangan pernah mengikuti dia; saya selalu bermain dan melatih dengan sistem zona. Saya bukan fans sistem man to man marking.”

Ketangguhan barisan pertahanan MU kembali akan diuji Kamis (28/2/2019). Dalam duel ini, Setan Merah akan bertandang ke markas Crystal Palace dalam lanjutan Premier League. 

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris

Kamis (28/2/2019)

02:45 WIB, Arsenal vs Bournemouth

02:45 WIB, Southampton vs Fulham

03:00 WIB, Crystal Palace vs Manchester United

03:00 WIB, Chelsea vs Tottenham Hotspur

03:00 WIB, Liverpool vs Watford

03:00 WIB, Manchester City vs West Ham United

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Jelang Piala Presiden 2019, Persib Bakal Terapkan Tiki-Taka

Liputan6.com, Bandung – Milan Radovic terus mencari komposisi dan strategi terbaik untuk Persib Bandung. Pelatih asal Montenegro itu pun belakangan terus mencoba menerapkan gaya main tiki-taka untuk Tim Maung Bandung jelang tampil di Piala Presiden 2019 yang akan disiarkan di Indosiar.

Seperti diketahui, dengan gaya Eropa, para pemain Persib dipaksa harus mahir bermain dalam umpan-umpan pendek dan pergerakan dinamis di lapangan. Gaya main tiki-taka menjulang pertengahan tahun 2000-an saat dimainkan Barcelona di bawah asuhan Josep Guardiola.

Radovic sendiri mengaku tak menemui kesulitan berarti memainkan gaya tiki-taka bersama Persib. Namun, tentu, dia perlu mengasah terus sistem ini berlaku di Tim Maung Bandung.

“Tidak (susah), karena itu tidak rumit. Hanya butuh mental kuat dan apa yang Anda pikirkan tentang sepak bola,” ujar Radovic, seperti dikutip dari Ayo Bandung. “Saya kasih ke mereka, mereka sudah mengerti, karena kita tidak takut main ofensif.”

Radovic memang menginginkan pasukan Persib punya offensive minded. Permainan tersebut, dengan pressing-pressing, yang tengah terus dia kembangkan.

“Tapi yang jelas style dari Eropa, Amerika, Asia, Autralia, semua sama, kamu tetap harus pikir bagaimana jalan,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Lawan PS Tira Persikabo

Persib sendiri saat ini masih terus mempersiapkan diri menjelang Piala Presiden 2019. Mereka akan memainkan laga pertama lawan PS Tira-Persikabo, Sabtu (2/3) di Stadion Si Jalak Harupat.

Di Piala Presiden 2019, Persib sendiri berada di Grup A. Selain Persib dan PS Tira-Persikabo, ada juga Perseru Serui dan Persebaya Surabaya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Persib di Piala Presiden 2019

Sabtu 2 Maret 2019

16.00 WIB: Persib vs PS Tira-Persikabo

Kamis 7 Maret 2019

18.30 WIB: Persebaya vs Persib

Selasa 12 Maret 2019

18.30 WIB: Persib vs Perseru

Venue: Si Jalak Harupat

Live: Indosiar

Manfaat Berlatih Melalui Rintangan di Safety Riding

Liputan6.com, Jakarta – Populasi sepeda motor bertambah pesat setiap tahun. Artinya sepeda motor adalah transportasi andalan bagi masyarakat. Namun, ini berarti risiko kecelakaan pun meningkat.

Banyak pengendara motor yang tidak memahami cara berkendara yang aman dan nyaman. Tidak heran baik agen pemegang merek, di level main dealer, hingga lembaga-lembaga road safety dan komunitas kerap menyelenggarakan pelatihan safety riding.

Secara umum, materi praktik pelatihan safety riding hampir sama, yakni slalom, pengereman, melewati papan titian, dan rintangan bergelombang.

Namun orang awam seringkali tidak tahu apa tujuan dari praktik dengan rintangan-rintangan tersebut. Hanya sekadar melewati dan menjalaninya, tanpa tahu apa kegunaannya dalam berkendara motor sehari-hari.

Menurut Divisi safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (Wahana). Rintangan-rintangan tersebut sangat berguna ketika naik motor di jalan raya.

Misalnya, manfaat dari slalom adalah untuk melatih kemampuan, atau untuk menjaga irama keseimbangan tubuh saat menikung atau melalui jalan berliku. Dalam slalom ditekankan pentingnya pengontrolan bodi pengendara motor. Dalam pengertian ketika belok motor lebih mengikuti arah bodi pengendara setelah stang.

Sedangkan pelatihan melewati jalan titian, juga sama, yakni guna menjaga keseimbangan tubuh. Hanya saja praktik meniti papan titian lebih kepada melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalan-jalan sempit.

Ambil contoh di Jakarta, dimana pemotor sering melintas di antara sela-sela mobil. Ini perlu sekali agar pengendara motor tidak ceroboh, seperti setang menyenggol badan mobil atau spion mobil, bahkan menyenggol motor lain di sebelah.


2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara manfaat pelatihan melalui rintangan gelombang adalah melatih keseimbangan tubuh saat melewati jalan yang tidak rata, bergelombang atau berlubang. Di sini, sebaiknya pengendara secara bersamaan menggunakan rem depan dan rem belakang secara konstan jika mengerem dan mengatur irama kecepatan.

Terkait pengereman, komposisi idealnya adalah 60:40. Artinya, menggunakan rem depan sebanyak 60% dan belakang 40%. Ini untuk menghindari terjadinya slip atau “ngebuang” pada salah satu roda ketika mengerem.

Bukan cuma latihan dengan rintangan. Bersamaan dengannya biasanya diajarkan pula mengatur kaki. Contohnya, saat di jalan, jangan menurunkan kaki kanan bila berhenti. Jika dalam posisi macet yang menyebabkan pengendara motor menurunkan kaki, biasakan menggunakan kaki kiri. Bila menurunkan kaki kanan, maka resiko kaki kanan tersambar pengendara lain (motor dan mobil) cukup besar. Karena posisi mendahului dalam lalu lintas di Indonesia berada di sebelah kanan.

Selain itu yang utama adalah pengecekan sepeda motor sebelum jalan. Dan pentingnya menjaga posisi tubuh atau menjaga keseimbangan tubuh, dan pengereman.

Agar aman dan nyaman naik motor, sebelum jalan pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit, cek semua komponen motor termasuk rem, pastikan semua kelengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu. Bila sudah, jika berkendara pandangan harus fokus ke depan.

Motor dikatakan fit apabila rem berfungsi dengan baik, lampu-lampu termasuk lampu sein berfungsi dengan baik. Lalu tekanan ban juga sesuai dengan yang dianjurkan.

Selain itu, ada dua spion yang layak (bukan spion asal tempel), dalam artian spion yang bisa melihat dengan jelas kendaraan atau benda di belakang.


 Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

3 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-22 Lawan Vietnam

Jakarta Ujian berat akan dihadapi Timnas Indonesia U-22 saat bentrok dengan Vietnam pada Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Komposisi terbaik wajib disiapkan oleh Pelatih Indra Sjafri.

Sejauh ini Timnas Indonesia U-22 sudah memainkan tiga laga di Piala AFF U-22 2019. Dua hasil imbang ketika menghadapi Myanmar dan Malaysia, kemudian menang 2-0 atas Kamboja di laga pamungkas Grup B. 

Indra Sjafri sudah melakukan beberapa rotasi pemain, baik sejak awal pertandingan maupun di tengah permainan. Komposisi terbaik dengan pemain yang siap tampil menjadi pilihan Indra Sjafri agar Tim Garuda Muda selalu tampil maksimal.

Namun, pertandingan menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF U-22 2019 merupakan momentum yang harus disiapkan Timnas Indonesia U-22 dengan sangat baik. Vietnam adalah tim yang kini sangat disegani, tak hanya di level Asia Tenggara, tetapi juga di Asia.

Pertemuan kontra Vietnam ini tak hanya menjadi tantangan yang harus dihadapi untuk melangkah ke final Piala AFF U-22 2019.

Pertandingan ini juga menjadi uji coba sangat bagus bagi tim asuhan Indra Sjafri yang akan kembali menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Vietnam menjadi tuan rumah untuk grup yang terdiri atas Indonesia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Indra Sjafri dipastikan akan mempersiapkan pemain-pemain terbaik Garuda Muda untuk pertandingan kali ini. Bola.com memilih tiga pemain yang bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 di pertandingan menghadapi Vietnam.

2 dari 4 halaman

Marinus Wanewar

Striker Timnas Indonesia U-22 yang musim lalu berseragam Bhayangkara FC ini sudah mengemas tiga gol di fase grup Piala AFF U-22 2019. Bahkan dua gol yang dicetaknya ke gawang Kamboja dalam laga terakhir Grup B memastikan Tim Garuda Muda melangkah ke semifinal.

Satu gol lain dicetak oleh Marinus Wanewar ketika Timnas Indonesia U-22 bermain 2-2 dengan Malaysia di pertandingan kedua Grup B. Tak hanya berstatus sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di skuat Garuda Muda kali ini, Marinus Wanewar juga berada di daftar teratas pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U-22 2019.

Namun, Marinus tak sendirian di puncak daftar tersebut. Striker Vietnam, Tran Danh Trung, juga sudah mengemas tiga gol. Otomatis pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 kontra Vietnam di semifinal ini menjadi ajang pembuktian ketajaman dari kedua striker itu.

Posisi dalam daftar pencetak gol terbanyak juga menjadikannya termotivasi untuk kembali mencetak gol di pertandingan semifinal. Agresivitas dan nalurinya ketika berada di kotak penalti lawan tak perlu diragukan, hanya tinggal dibuktikan kembali saat menghadapi Vietnam.

3 dari 4 halaman

Witan Sulaeman

Pemain yang mampu bermain di sejumlah posisi ini juga bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 ketika menghadapi Vietnam. Pergerakan yang dinamis di sejumlah area membuat Witan Sulaeman akan menjadi momok bagi pertahanan tim lawan.

Witan mampu bermain bagus sebagai gelandang serang. Namun, stamina dan kecepatan kerap membuatnya juga mampu tampil cemerlang ketika bermain di sisi sayap penyerangan.

Bahkan dalam kemenangan 2-0 yang diraih oleh Timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Kamboja, gol pertama Marinus Wanewar berawal dari pergerakan tanpa menyerah yang dilakukan Witan.

Pemain muda yang senang mengumbar senyum itu mematahkan pergerakan bek kiri Kamboja yang bermaksud menghalau bola. Dengan keseimbangan yang bagus, Witan melepaskan umpan kepada Marinus yang akhirnya berbuah gol pertama bagi Tim Garuda Muda.

4 dari 4 halaman

Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah

Pergerakan luar biasa lini tengah Timnas Indonesia U-22 merupakan hasil kreasi dari pemain yang satu ini. Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, pemain yang mampu menjaga keseimbangan bertahan dan menyerang Tim Garuda Muda.

Luthfi merupakan orang pertama yang akan menghalau serangan-serangan Vietnam sebelum pemain lawan merangsek masuk ke lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Kemampuannya untuk membantu lini pertahanan tak perlu diragukan lagi.

Luthfi juga kerap menjadi penyokong serangan Tim Garuda Muda dengan berbagai cara. Umpan terobosan dari tengah lapangan ke kedua sisi sayap maupun ke jantung pertahanan lawan merupakan satu dari beberapa keahliannya.

Kemampuan set-piece, baik dari sepak pojok maupun dari tendangan bebas kerap menjadi awal dari terciptanya peluang-peluang yang didapatkan oleh Timnas Indonesia U-22.

Pelatih BNI 46 Bersyukur Raih Peringkat Ketiga Proliga 2019

Liputan6.com, Yogyakarta – Pelatih tim putri Jakarta BNI 46 Risco Herlambang bersyukur timnya finis di peringkat ketiga pada kompetisi bola voli Proliga 2019. BNI 46 mengalahkan Bandung Bank BJB Pakuan dalam perebutan tempat ketiga dengan skor 3-1 (18-25, 25-15, 25-18, 25-19) di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019).

“Alhamdulillah bisa mengambil nomor tiga. Peringkat tiga lebih baik dari empat,” kata Risco kepada media setelah pertandingan.

Risco melanjutkan, ia dan tim pelatih sebenarnya ingin membawa BNI 46 lolos ke grand final Proliga. Hal ini melihat hasil bagus yang diraih Tri Retno Mutiaran dan kawan-kawan di putaran pertama yang hanya meraih tiga kemenangan dan sekali kalah.

Tapi, pergantian pemain asing yang dilakukan juara bertahan Jakarta Pertamina Energi pada putaran kedua Proliga menjegal langkah BNI 46. Bergabungnya mantan pemain Timnas Dominika Bethania De La Cruz membuat Pertamina sulit dikalahkan.

“Kita step by step. Awalnya kita ditargetkan masuk empat besar setelah musim lalu finis di peringkat kelima. Setelah lolos final four, kita ingin masuk ke grand final Proliga. Namun, ada perubahan dengan masuknya De La Cruz,” papar Risco.

2 dari 3 halaman

Tetap Bersyukur

Kendati demikian, Risco bersyukur bisa membawa BNI 46 finis di peringkat ketiga jika melihat materi pemainnya. Pemain lokal BNI 46 didominasi pemain muda, hanya Tri Retno Mutiara dan Putri Andya Agustina yang berstatus pemain nasional.

Seperti diketahui, pemain timnas putri didominasi oleh Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta PGN Popsivo Polwan. Pertamina diperkuat tujuh pemain timnas, sementara Popsivo lima.

“Bersyukur dengan materi seperti ini. Luar biasa jika materi ini bisa lolos grand final,” ucap Risco.

3 dari 3 halaman

Luar Biasa

Sementara itu, Bandung Bank BJB Pakuan tak terlalu kecewa dengan finis di peringkat keempat. Apalagi, skuat asuhan Teddy Hidayat ini didominasi pemain-pemain muda.

“Masuk final four sudah luar biasa dengan materi ini,” kata asisten manajer Bank BJB Adik Rega Pahla.

Adik menambahkan, skuat Bank BJB saat ini dipersiapkan untuk jangka panjang. “Musim depan tidak akan banyak mengubah komposisi pemain, paling hanya satu atau dua orang,” paparnya.

“Untuk pemain asing, kita akan mengevaluasi. Apakah keduanya akan kita pertahankan, salah satunya, atau tidak sama sekali kita lihat musim depan,” tutupnya.

Bisa Ditangkap, Ini Alasan China Melarang Bawa Obat Batuk ke Negaranya

Liputan6.com, Jakarta China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hal ini membuat negara-negara lain melirik pasar di China sebagai pasar dunia yang menguntungkan. Dengan kekuatan China yang terus berkembang dan disebut-sebut sebagai Rising China, China mulai bangkit dari keterpurukannya zaman dulu.

Dengan segala keuntungan yang dimiliki, Negeri Tirai Bambu tersebut membuat tingkat keamanannya menjadi ekstra ketat. Peraturan baru yang diberlakukan di China adalah adalah meminta sidik jari seluruh pendatang yang melalui perbatasannya.

Tak hanya itu, salah satu keamanan yang unik dari China adalah para pengunjung yang datang ke negara ini dilarang untuk mengambil atau membawa obat batuk dalam bentuk apapun dari atau ke negara tersebut.

2 dari 3 halaman

Khawatir Disalahgunakan

Hal ini tentunya beralasan. Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Kamis (21/2/2019), alasan larangan tersebut untuk mencegah orang-orang yang menyalahgunakan obat batuk sirup untuk dijadikan obat-obatan terlarang lainnya. Itu kenapa para pengunjung tak diperbolehkan membawa obat batuk masuk ke negara tersebut.

Larangan tersebut diberlakukan setelah kejadian seorang pelancong bermarga Zheng ditangkap pada 4 Januari 2019 lalu. Kejadian itu setelah petugas bea cukai curiga bahwa Zheng menyelundupkan narkoba ke negara itu melalui obat batuk sirup.

Zheng hendak masuk ke China dari Hong Kong namun berakhir ditangkap. Ia diduga membawa satu botol obat batuk yang disinyalir mengandung narkoba. Hong Kong masih menjual obat batuk sirup yang dicampur dengan Codein dan Ephedrine Hydrochloride.

3 dari 3 halaman

Komposisi Obat Batuk yang Bisa Jadi Narkoba

Komposisi bahan-bahan yang terkandung di obat tersebut dapat diekstraksi yang kemudian dijadikan metamfetamin yang ilegal. Obat batuk yang dijual di Hong Kong dengan mengandung bahan-bahan tersebut telah ditegur oleh China. Apoteker di Hong Kong didesak untuk menyarankan para konsumennya untuk tidak membawanya masuk ke China.

Salah satu cara agar bisa membawa obat batuk itu masuk ke China adalah pengunjung harus membuktikan bahwa obat tersebut dikonsumsi sendiri. Sertakan tanda bukti dari resep dokter bahwa obat tersebut tak digunakan untuk orang lain alias untuk konsumsi pribadi.