Polda Maluku Antisipasi Rencana Pembebasan Abu Bakar Baasyir

Liputan6.com, Maluku – Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengatakan, terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir masih memiliki pengaruh di kalangan yang seideologi dengan pria 81 tahun itu. Namun, pemerintah sudah memperhitungkan risiko-risikonya. Salah satunya dengan memetakan risiko dan pencegahannya.

Oleh karena itu, Polda Maluku mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pembebasan Abu Bakar Baasyir terealisasikan. Meski Kepala Bagian Humas Polda Maluku, AKBP Sabtu Ohoirat mengatakan, masyarakat Maluku tidak akan terpengaruh dengan informasi pembebasan Baasyir.

Menurut dia, keeratan kerukunan antarumat beragama di Maluku menjadi bentengnya.

“Orang Maluku sudah dewasa, dan tidak akan lagi terprovokasi,” kata Ohoirat kepada Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Dia menyontohkan saat Pemilihan Kepala Daerah di Maluku 2018 kemarin. “Pilkada sudah membuktikan, Maluku adalah daerah paling aman, jadi tak usah terpengaruh dengan hal-hal di luar Maluku,” ujar dia.

Walaupun demikian, demi memastikan kondisivitas di lapangan, Ohoirat memastikan Polda Maluku tetap memantau situasi.

“Ya, menyangkut teroris (Abu Bakar Baasyir) ini kan sering orang berpandangan macam-macam, tapi selama ini kan Maluku aman dan tidak perlu terpengaruh, jika ada hal-hal yang mencurigakan segera sampaikan kepada pihak kepolisian,” kata Ohoirat.

2 dari 3 halaman

Kata Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengatakan, terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir masih memiliki pengaruh di kalangan jamaah yang seideologi dengan pria 81 tahun tersebut. Namun, pemerintah sudah memetakan risiko dan pencegahannya.

“Ya, apapun, beliau (Baasyir) masih punya pengaruh, buktinya waktu di Nusakambangan juga masih banyak yang datang kan? Akan tetapi, aparat sudah memitigasi itu,” kata Moeldoko usai menjadi pembicara diskusi di acara Indonesia Millennial Summit 2019 di Hotel Kempinski Grand Indonesia Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Sementara terkait dengan kekhawatiran sejumlah pihak akan meningkatnya penyebaran paham radikal ketika Abu Bakar Baasyir dibebaskan, Moeldoko berjanji pemerintah tidak akan longgar dalam melakukan pengawasan, pencegahan, dan penanggulangan terorisme.

Presiden Joko Widodo, lanjut dia, tetap menjalankan komitmennya dalam memperketat pengawasan dan penanggulangan tindak pidana terorisme di Tanah Air.

“Bukan berarti pembebasan Baasyir itu, terus kita kendor dalam konteks penanggulangan dan pengawasan, tidak, tidak. Komitmen Presiden untuk tidak memberi ruang kepada kelompok radikal dan terorisme itu tidak pernah berubah,” ucap mantan Panglima TNI itu seperti dilansir Antara.

Moeldoko menjelaskan, keputusan Jokowi untuk membebaskan Abu Bakar Baasyir merupakan salah satu bentuk penanggulangan terorisme lewat pendekatan yang lembut.

“Seperti disampaikan Pak Jokowi kemarin (dalam debat capres cawapres) bahwa dalam konteks penanggulangan terorisme itu bukan hanya pendekatan hard, melainkan juga ada pendekatan soft, yaitu bagaimana preventif dilakukan,” ujar Moeldoko.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Suap PLTU Riau 1, Eni Saragih Minta Jatah ke Johannes Kotjo untuk Idrus Marham

Liputan6.com, Jakarta – Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih membenarkan telah meminta uang USD 3 juta kepada Johannes Budisutrisno Kotjo untuk membiayai Idrus Marham maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar. 

Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) awalnya menampilkan percakapan Whatsapp Eni dengan Johannes Budisutrisno Kotjo atau akrab disapa Kotjo. Namun, karena permintaan uang secara mendadak, Kotjo tidak menyanggupinya.

“Waktu itu memang sama pengkondisian juga kalau Pak Idrus jadi ketua umum, tapi memang tidak diberikan Pak Kotjo kepada saya,” ujar Eni Saragih di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, saat memberikan keterangan sebagai terdakwa, Selasa (22/1/2019).

Beberapa hari kemudian, Eni mengaku semakin intens berkomunikasi dengan Idrus jelang munaslub Golkar dengan agenda pemilihan ketua umum untuk menggantikan Setya Novanto yang tersandung kasus korupsi e-KTP.

Namun, semakin mendekat perhelatan munaslub, peta politik internal Golkar berubah. Para kader justru memutuskan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum. Permintaan uang “pengondisian” kursi ketum untuk Idrus pun dibatalkan Eni. 

“Jadi memang permintaan saya itu saya sampaikan ke Pak Kotjo tidak jadi karena arah politik berbeda,” kata Eni Saragih.

2 dari 3 halaman

Dakwaan

Sebelumnya, Eni Maulani Saragih didakwa menerima suap Rp 4,750 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Uang yang diterima Eni itu untuk munaslub Golkar Rp 2 miliar, biaya pilkada suami Eni di Kabupaten Temanggung Rp 2 miliar, Rp 200 juta dan Rp 500 juta kepentingan pribadi. 

Atas perbuatannya, dia didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Eni juga didakwa menerima gratifikasi Rp 5,6 miliar dan SGD 40 ribu sejak menjabat sebagai anggota DPR periode 2014-2019. Penerimaan graritifikasi tersebut diperuntukan biaya pencalonan M Al Khadziq, suami Eni, sebagai calon Bupati Temanggung.

Gratifikasi pertama pada Mei 2018 dari Prihadi Santoso sebagai Direktur PT Smelting sebesar Rp 500 juta. Pemberian gratifikasi secara bertahap. 

Gratifikasi kedua berasal dari Herwin Tanuwidjaja selaku Direktur PT One Connect Indonesia sebesar SGD 40 ribu dan Rp 100 juta.

Gratifikasi kembali diperoleh Eni dari Samin Tan selaku pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal sebesar Rp 5 miliar. Terakhir, gratifikasi Rp 500 juta berasal dari Iswan Ibrahim yakni Presdir PT Isargas. 

Atas perbuatannya Eni didakwa melanggar Pasal 12 B ayat 1 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.


Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kolaborasi dengan Rumah Zakat, Shopee Ikut Resmikan Hunian Sementara di Palu

Liputan6.com, Palu – Shopee yang merupakan e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, bermitra dengan lembaga kemanusiaan, Rumah Zakat, melanjutkan kontribusinya untuk mendukung upaya bantuan bencana di Palu-Donggala setelah gempa bumi dan tsunami pada Oktober lalu.

Shopee dan Rumah Zakat kembali berkolaborasi untuk membangun Hunian Sementara (Huntara) bagi para korban yang mengungsi akibat bencana. Menurut Data dan Informasi Bencana Tsunami dan Likuidasi di Sulawesi Tengah, masih ada lebih dari 50.000 keluarga yang menunggu giliran untuk ditempatkan di hunian sementara yang disiapkan oleh pemerintah dan lembaga kemanusiaan di kabupaten atau kota di sekitar Palu-Donggala.

Sejalan dengan ini, Shopee dan Rumah Zakat bekerja bersama untuk membangun Hunian Sementara (Huntara) tambahan di Kecamatan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Palu. Sampai Desember tahun lalu, total dua Huntara dan enam sekolah darurat sudah berhasil dibangun.

Tahun ini, Shopee dan Rumah Zakat memperbarui komitmen mereka untuk membangun empat Huntara tambahan untuk para korban di daerah tersebut. Ini ditandai dengan peresmian pembangunan Huntara oleh Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, dan Didi Sabir sebagai Strategic Partnership Division Head Rumah Zakat, pada 22 Januari 2019.

“Shopee berkomitmen untuk mengambil bagian dalam membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Dalam hal ini kemitraan dengan Rumah Zakat, yang bertujuan untuk melanjutkan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Palu dan Donggala,” tutur Rezky Yanuar pada Liputan6.com di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, 22 Januari 2019.

“Dengan melakukan donasi di platform kami, mengunjungi sekolah, dan menyediakan sumber daya untuk mendukung pembangunan fasilitas darurat adalah cara kontribusi berkelanjutan Shopee kepada para korban bencana,” sambungnya.

Acara peresemian juga dihadiri jajaran pemerintah Palu yang diwakili Imran M Lataha selaku Asisten Dua Wali Kota Palu dan Daeng Malatu selaku pemilik tanah yang dijadikan Huntara. Ada 200 huntara yang dibangun di lahan dengan luas sekitar 1 hektare tersebut yang terwujud berkat sinergi dari sejumlah donatur termasuk Shopee.

2 dari 2 halaman

Shopee

“Kami berharap setelah diserahkannya bangunan huntara ini, semua pihak, khususnya masyarakat dapat bergotong royong untuk menjaga dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada secara tepat,” ucap Imran. Sementara pihak Rumah Zakat nantinya akan tetap menggandeng para donatur untuk dapat menambah 300 unit Huntara lagi sehingga total akan ada 500 unit huntara yang terbangun.

“Huntara yang baru kita resmikan ini sudah siap huni. Di tiap pintu sudah ada nama keluarga yang tinggal di sini. Setelah listrik tersambung, kemungkinan minggu depan sudah bisa ditinggali,” terang Didi Sabir.

Pada Oktober 2018, Shopee bermitra dengan Rumah Zakat dan tiga lembaga lainnya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Dompet Dhuafa, untuk mengumpulkan dana dan mendistribusikan berbagai paket donasi kepada para korban di Palu-Donggala.

Melalui kampanye #ShopeeBersamaPaluDonggala, pengguna diajak untuk membeli paket donasi bantuan di Shopee. Sekitar 90.000 pengguna di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam penggalangan donasi tersebut.  (Henry Hens)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Meraih Tujuan Karir yang Diimpikan, Berikut 8 Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda sesuai impian masing-masing. Orang-orang yang memiliki tujuan pasti dalam hidup, karir dan segalanya umumnya akan mencapai sukses dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tujuan pasti.

Tak sedikit orang menjadi ambisius demi mencapai tujuan hidupnya. Namun, ada juga orang yang berusaha semaksimal mungkin tanpa memiliki rasa ambisius yang dapat merusak diri, dengan selalu merasa bersyukur atas apa yang dicapainya.

Beberapa orang meraih tujuan hidup melalui bekerja. Ada yang bekerja untuk sebuah perusahaan, sedangkan yang lainnya memilih untuk membangun lapangan pekerjaan sendiri.

Lazimnya, orang-orang yang berkarir memiliki target yang ingin dicapai guna memperbaiki kehidupan, ataupun untuk meraih pekerjaan yang diimpikan. Mereka yang memiliki tujuan karir biasanya berusaha sekeras mungkin untuk mengembangkan potensi diri sehingga kelak dapat menggapai cita-cita karir yang diimpikan.

Tujuan karir adalah posisi atau jabatan tertentu yang dapat dicapai oleh seorang pegawai bila yang bersangkutan memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan jabatan tersebut. Tujuan karir tidak otomatis tercapai karena untuk menduduki suatu karir tertentu, kadang- kadang harus memenuhi syarat-syarat yang seringkali di luar kekuasaannya.

Untuk itu, berikut Liputan6.com rangkum beberapa tips terkait strategi untuk meraih tujuan karir Anda, Kamis (17/1/2019)

2 dari 4 halaman

Tips Meraih Tujuan Karir

Komitmen

Istilah kata “komitmen” berasal dari bahasa Latin yaitu “commiter” yang berarti menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, dan mempercayai. Dengan kata lain, komitmen memiliki arti sebagai suatu sikap setia dan tanggungjawab seseorang terhadap sesuatu, baik itu diri sendiri, orang lain, organisasi, maupun hal tertentu.

Dalam bekerja, Anda harus memiliki sikap komitmen agar tujuan karir Anda dapat tercapai. Banyak orang sukses berkat sikap komitmen yang ditunjukkan ketika sedang melakukan pekerjaan. Contohnya, seseorang berkomitmen untuk memberikan seluruh kemampuan terbaiknya dalam mengerjakan job-desc yang diamanahkan padanya.

Disiplin

Mengikuti ritme kerja perusahaan serta menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja merupakan salah satu tantangan utama yang harus dihadapi saat meniti karier. Meskipun tidak mudah, namun Anda harus berlatih disiplin dengan cara mematuhi segala kebijakan kantor agar tidak timbul konflik karena Anda lalai dalam mengerjakan tugas.

Mampu Bekerjasama dengan Tim

Sebagian besar orang yang sukses didukung oleh jalannya tim kerja yang luar biasa dan profesional. Dalam hal ini, kemampuan Anda bekerjasama dalam tim akan sangat dibutuhkan agar tujuan karir anda dapat tercapai. Jangan sampai anda mementingkan ego hanya untuk mencapai tujuan karir tanpa mendengarkan masukan orang lain.

3 dari 4 halaman

Meraih tujuan karir tidak semudah membalikkan telapak tangan

Introspeksi Diri

Meraih tujuan karir tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada hal yang mudah dan bisa berjalan dengan lancar, termasuk karir yang akan Anda rintis. Berbagai kesalahan atau bahkan kegagalan sangat mungkin terjadi setiap saat, dan Anda harus siap dengan semua ini.

Pastikan Anda memiliki keinginan yang besar untuk belajar dan menjawab semua tantangan di dalam perjalanan karier, bahkan yang tersulit sekalipun. Setelahnya, jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dan melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Jadikan kesalahan pertama dan kedua sebagai pengalaman belajar, dengan belajar dari kesalahan, maka membuat Anda berpikir untuk tidak mengulanginya.

Bersikap Profesional

Untuk meraih tujuan karir, Anda harus bersikap bijaksana dalam menghadapi berbagai situasi. Ingat, apapun kondisi yang sedang Anda alami, perasaan marah, sedih, merasa tidak enak hati dengan orang lain, hanya Anda yang bisa mengontrolnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk bersikap profesional dengan tidak membawa perasaan yang berlarut ke dalam pekerjaan Anda dan jangan sampai perasaan tersebut mengganggu kinerja.

Toleransi

Jika rekan kerja dalam perusahaan mendapat kenaikan pangkat atau promosi, berbahagialah dengan kesuksesan yang didapat orang lain. Hal ini berlaku bahkan jika Anda bersaing dengan mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi.Ambillah sisi positif dari kejadian tersebut, contohnya Anda bisa mempelajari kesuksesan orang tersebut. Hindari rasa marah atau iri hati. Karena hal ini membuktikan Anda sebagai pribadi yang profesional dan menghargai orang lain.

4 dari 4 halaman

Pentingnya menjaga attitude

Jaga Image Profesional

Menjaga penampilan dan sikap sangatlah penting dimana pun Anda berada. Baik di dalam lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehar-hari. Hal ini karena tingkah laku Anda dapat mencerminkan image Anda. Attitude/sikap sangat penting karena dapat menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Nggak mau kan, karier yang sudah Anda bangun di tempat kerja rusak karena attitude kurang baik yang Anda lakukan di luar kantor.

Membangun Koneksi

Dalam bekerja, membangun koneksi sangat penting untuk dilakukan. Keuntungan terbesar dalam memiliki koneksi yang luas adalah bertambahnya relasi Anda dalam bekerja. Dengan mengenal Anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada Anda. Anda juga dapat belajar banyak kepada orang yang sudah berhasil dari bidang yang Anda geluti.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk meraih tujuan karir Anda.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Jaga Keamanan Proyek, PT MRT Jakarta Libatkan Kodam Jaya

Liputan6.com, Jakarta – PT Mass Rapid Transit Jakarta atau PT MRT Jakarta melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kodam Jaya/Jayakarta. Langkah ini dilakukan untuk memastikan keamanan berlangsungnya proyek.

Pangdam Jaya/Jayakarta Joni Supriyanto menyampaikan rasa terimakasih kepada Direktur MRT Jakarta beserta jajarannya yang telah berkoordinasi dengan pihaknya.

Kodam Jaya/Jayakarta punya kewajiban untuk mendukung tersedianya transportasi massal bagi warga di Ibukota.

“Percepatan pembangunan infrastruktur transportasi massal, itu komitmen kita sebagai bagian program TNI Angkatan Darat,” sebutnya di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Selain itu, sambungnya, Kodam Jaya/Jayakarta juga akan bantu mensosialisasikan keberadaan MRT Jakarta kepada masyarakat luas. Adapun saat ini MRT Jakarta Tahap I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia tengah menjalankan fase trial run sejak 24 Desember 2018.

“Saya ingin melibatkan personil Kodam atau masyarakatnya untuk mencoba MRT Jakarta ini, sekaligus sosialisasi pada masyarakat bahwa kita sudah punya MRT,” ungkap dia.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Februari

Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar menyatakan, MRT Jakarta Tahap I yang rencananya akan diujicoba untuk angkut penumpang pada Februari 2019 mendatang merupakan rangkaian kereta otomatis pertama di Indonesia.

“MRT Jakarta adalah MRT pertama di Indonesia. Terlambat memang dibanding negara lain, tapi perlu disukseskan,” ujar dia.

“Fase I Lebak Bulus-Bundaran HI sudah hampir selesai dan rencana dioperasikan Maret 2019,” tambahnya.

Oleh karenanya, ia meneruskan, pihaknya telah meminta bantuan kepada Kodam Jaya/Jayakarta untuk mengamankan situasi sekitar dan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat.

“Setelah Fase I juga nanti akan ada pengerjaan Fase II Bundaran HI-Jakarta Kota. Itu butuh bantuan pengamanan agar pembangunan bisa berjalan dengan baik,” tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

4 Contoh Surat Permohonan Bantuan yang Baik dan Benar

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kamu dihadapkan dengan suatu situasi yang tidak dapat dikerjakan dengan sendiri. Sehingga harus memerlukan bantuan atau pertolongan dari orang lain. 

Agar permohonan tersebut dikabulkan, ada saatnya kamu akan meminta atau memohon bantuan kepada orang lain dan biasanya harus mengajukan surat permohonan.   

Surat permohonan berisi tentang sebuah permintaan tentang sesuatu hal kepada pihak yang bersangkutan, perseorangan, badan atau lembaga, organisasi, perusahaan atau instansi dan lainnya.

Ada banyak bentuk surat permohonan diantaranya, surat permohonan dana, surat permohonan izin cuti, surat permohonan kerjasama, surat permohonan beasiswa, surat permohonan sponsor dan banyak jenis surat permohonan lainya.

Dalam pembuatan surat permohonan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya identitas serta tujuannya yang harus benar dan jelas. Dalam surat permohonan biasakan ditulis dengan ringkas, singkat, tepat dan mudah untuk dipahami serta kontak yang bisa dihubungi.

Untuk memudahkan dalam memperoleh kepastian tentang diterima atau ditolaknya permohonan anda, maka alangkah baiknya jika dicantumkan batas waktu yang ditentukan untuk menjawab permohonan tersebut.

Setelah mengetahui beberapa hal penting dalam pembuatan surat permohonan Liputan6.com telah rangkum beberapa contoh surat permohonan bantuan yang baik dan benar dari berbagai sumber Selasa (22/1/2019).

2 dari 5 halaman

1. Contoh surat permohonan bantuan beasiswa.

SURAT PERMOHONAN BEASISWA

Yogyakarta, 21 Januari 2019

Perihal                : Permohonan Beasiswa

Lampiran            : 1 Berkas

 

Kepada

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Ringroad Selatan, Kasihan, Bantul

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2019/ 2020 yang diumumkan melalui website universitas pada tanggal 1 Januari 2019, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                     :  Awan Setiawan

NIM                                        : xxxxxxxxx

Fakultas                                  : Ekonomi dan Bisnis

Jurusan                                   : Ilmu Ekonomi Islam

Semester                                : V (Lima)

Tempat/tanggal lahir            : Bandung, 31 Januari 1992

Alamat                                     : Jalan Melati Putih Gg. Mawar No. 10B Surabaya

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa unggulan ajaran tahun 2019/ 2020 tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)3. Foto copy Transkrip nilai Semester 1 – 44. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)6. Surat Pernyataan Tidak sebagai Penerima Beasiswa7. Surat Rekomendaasi dari Dekan bidang Kemahasiswaan8. Foto copy Rekening Listrik 3 bulan terakhir9. Foto copy Rekening PDAM 3 bulan terakhir10. Foto copy Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua11. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan12. Foto copy Buku Rekening Tabungan13. Pas Foto 4 x 6 (3 Lembar)Demikian surat permohonan ini saya buat. Besar harapan saya agar permohonan beasiswa ini dapat dikabulkan. Atas perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                                          Hormat saya

 

 

                                                                                                        Awan Setiawan

                                                                                                        NIM. xxxxxxxx

3 dari 5 halaman

2. Contoh surat permohonan bantuan biaya pendidikan

SURAT PERMOHONAN BANTUAN

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Surat Permohonan Bantuan Biaya Pendidikan

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT.PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara

 

Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  Nama : PANUTURI PANGGABEAN

Tempat/Tgl.Lahir : Medan

Pendidikan Terakhir : D3 Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara

Agama : Islam

Pekerjaan : Mahasiswa

Alamat : Sidomulyo I Balimbingan Pem.Tanah Jawa

Dengan ini mengajukan permohonan Bantuan Biaya Pendidikan kepada Bapak/Ibu, agar sudi kiranya memberikan bantuan. Demikianlah surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

(P.Panggabean)

4 dari 5 halaman

3. Contoh surat permohonan bantuan dana

Nomor        : 221/VI/2017

Lampiran    : 1 Lembar

Perihal        : Permohonan Bantuan Dana

 

Kepada :

Yth. Bapak/Ibu

Di Tempat

 

Assalamualaikum wr.wb.

 

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya. Yang telah memberikan kita rizqi dari arah yang tidak disangka-sangka. Semoga kita diberi kesehatan, sehingga bisa beraktivias seperti biasanya.

Seperti yang sudah dibahas pada bulan lalu di Desa Sumber Jaya yang telah disepakati oleh semua warga, bahwa pada bulan depan akan dilaksanankan pembangunan penambahan area Masjid Baitul Mutaqien, maka kami selaku panitia ingin memohon bantuannya kepada Bapak/Ibu sekalia atau semua masyarakat yang ingin menyumbangnya dengan ikhlas.

Adapun rincian yang di butuhkan dalam pembangunan masjid ialah Rp.9.000.000; dengan perkiraan sebagai berikut:

1. Biaya pembelian semen 20 sak   Rp. 1,500,000;

2. Biaya pembelian batu bata 2000 pcs Rp. 5,500,000

3. Biaya tukang  Rp. 2,000,000

Demikian surat permohonan ini kami buat.

Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih. dan semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT, aamiin.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

Desa Larangan, 10 Januari 2019

 

Panitia                                                                     Sekretaris

 

 

 

(Hj. Rojak)                                                           (Andi Suherman)

5 dari 5 halaman

4. Contoh surat permohonan bantuan sponsorship

Nomor             : 168/09/RSUMMI/Prmhn/VI/2017

Lampiran         : 1 (satu) Proposal

Perihal             : Permohonan Sponsorship


Kepada Yth.

Pimpinan PT Kalbe Farma Tbk

di Tempat

Sehubungan dengan adanya perubahan status RSIA UMMI menjadi Rumah Sakit Umum pada awal tahun ini, maka RS UMMI mempunyai komitmen untuk bisa memberikan pelayanan medis yang lebih luas kepada masyarakat umum, salah satunya yaitu dengan menambah Poliklinik Kulit dan Kecantikan. Tujuan dari membuka poliklinik ini dikarenakan melihat tren di masyarakat khususnya kaum wanita yang lebih peduli terhadap penampilan, khususnya kecantikan.

Maka dari itu, RS UMMI mencoba membentuk tim untuk menyelenggarakan seminar umum tentang kulit dan kecantikan sebagai bentuk promosi dari dibukanya Poliklinik Kulit dan Kecantikan dengan narasumber dr. Adelia Wulandari, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kecantikan RS UMMI. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini adalah “Kulit Sehat”.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sebagai dukungan demi terlaksananya acara Seminar Awam, kami mohon kesediaan Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donator. Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Pembayaran untuk sponsorship dapat di transfer melalui :

No. Rekening              : 1xxxx

Atas Nama                  : RSIxxxx

Nama Bank                 : Bank Muamalat cabang Semarang

Konfirmasi untuk berpartisipasi, mohon dapat menghubungi Telp. 0341 – 83416xx (Hunting) Fax. 0251-83xxxx UP. Resty (0xxxxxxxx) atau e-mail: rsxxxxx@gmail.com. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,


dr. Supratman S.E


Direktur Utama


Reporter: Heri Setiawan

Tujuan Kewirausahaan dan Prinsipnya Bagi Wirausahawan

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu pernah mendengar istilah kewirausahaan? Pernah mempelajari kewirausahaan? Atau bahkan sedang menjadi seorang wirausaha? Banyak dari kamu pasti pernah mempelajari mengenai kewirausahaan. Tapi apa sebenarnya kewirausahaan itu dan apa tujuan kewirausahaan?

Kewirausahaan ialah proses mengidentifikasi, mengembangakan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara untuk lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Dan hasil akhir dari proses tersebut ialah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko ketidakpastian.

Dalam dunia pendidikan khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), para murid telah diajarkan bagaimana mereka dapat bekerja dengan membuat lapangan pekerjaan dan bukan hanya menjadi pekerja. Meskipun dalam lingkup kecil, akan tetapi menyiapkan hal tersebut akan memberikan pengaruh yang baik bagi masa depan sang murid.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kewirausahaan

Biar semakin paham, berikut pengertian kewirausahaan dari berbagai ahli yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

1. John J. Kao

Berkewirausahaan ialah usaha untuk menciptakan nilai melalui pengenalan kesempatan bisnis, manajemen pengambilan resiko yang tepat dan melalui keterampilan komunikasi untuk memobilisasi seseorang, uang dan bahan baku ataupun sumber daya lainnya yang diperlukan.

2. Robert D. Hisrich

Menurutnya kewirausahaan ialah proses yang dinamis untuk menciptakan tambahan kekayaan yang dibuat oleh individu yang berani untuk mengambil resiko utama. Tentu saja dengan berbagai syarat di antaranya, syarat kewajaran, waktu serta komitmen karier ataupun penyedia nilai untuk berbagai barang dan jasa produk. Jasa produk yang diberikan tak selalu baru ataupun unik, akan tetapi nilai dari barang tersebut yang akan memberikan berbagai peluang bagi pelaku usaha.

3. J. Leach Ronald Melicher

Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai atau harga. Kesempatan yang diciptakan tentunya dengan usaha-usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha, agar mendapatkan nilai lebih.

4. Drs. Joko Untoro

Menurut Joko Untoro, kewirausahaan ialah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya demi memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya atupun orang lain.

5. Ahmad Sanusi

Menurutnya kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dapat diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tujuan dan kiat serta proses yang dilakukan agar menghasilkan suatu bisnis atau usaha.

Dan secara umum kewirausahaan dapat diartikan proses kegiatan yang melibatkan segala kreativitas serta inovasi dan ide untuk memberikan sebuah manfaat dan juga memiliki nilai lebih serta mencapai tujuan kewirausahaan yang dituju.

3 dari 4 halaman

Tujuan Kewirausahaan

Tentu saja dalam membuat sebuah usaha atau menjadi seorang wirausaha kamu juga perlu mempunyai tujuan. Tujuan kewirausahaan secara luas ialah untuk menyejahterakan rakyat serta meningkatkan ekonomi, akan tetapi tentu ada tujuan kewirausahaan lainnya. Nah berikut adalah tujuan kewirausahaan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

1. Menjaring dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar

Semakin berkembang sebuah usaha, tentunya membutuhkan semakin banyak karyawan. Dan tentunya hal ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Menambah lapangan pekerjaan juga membantu untuk mengurangi pengangguran yang ada.

Saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Dengan berkembangnya suatu usaha, maka masyarakat yang kesulitan mendapat pekerjaan ataupun masih kekurangan secara finansial dapat terbantu.

2. Membantu menularkan semangat berwirausaha

Seorang wirausaha tentunya seseorang yang memiliki jiwa kreatif, kompetitif dan memiliki sebuah inovasi ataupun terobosan. Tujuan kewirausahaan satu ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang memang menginginkan sebuah terobosan ataupun ingin memiliki usaha sendiri. Saling berbagi ide ataupun memberikan inspirasi mampu membuat masyarakat untuk mencoba membuka sebuah usaha.

3. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas

Dengan membantu menularkan semangat untuk berwirausaha, tentunya akan meningkatkan jumlah wirausahawan yang ada pada suatu daerah. Tujuan kewirausahaan ini tentu saja saling berkaitan satu dengan lainnya. Apabila karyawan yang pernah bekerja membuka usaha sendiri tentunya akan semakin menambah peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

4. Menyebarkan semangat untuk berinovasi

Masyarakat saat ini memiliki pola berpikir yang berbeda dengan masyarakat sebelumnya. Berbagai inovasi serta ide akan selalu berkembang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penjaja makanan yang ada di setiap kota.

Makanan yang sedang menjadi sebuah tren nantinya akan tertular pada kota lain. Dan hal ini tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengembangkan inovasi dalam berwirausaha. Sebuah inovasi dan kreativitas tak selalu terpaku pada suatu hal. Dan jika produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih di mata masyarakat tentunya hal ini akan menambah nilai jual pada produk yang tersedia.

4 dari 4 halaman

Prinsip Kewirausahaan

Selain tujuan kewirausahaan yang harus diketahui, seseorang wirausaha tentu memiliki prinsip dalam berwirausaha. Prinsip dalam berwirausaha yang terpenting ialah berani. Kamu harus berani dalam membuat sebuah usaha baru. Tidak takut dengan kata gagal dan bisa mengambil sikap atas peluang usaha yang ada. Seorang wirausaha tak kenal dengan latar belakang pendidikan asalkan kamu memiliki prinsip dalam membentuk sebuah usaha.

Dan menurut Dhidiek D Machyudin, ada beberapa prinsip yang harus dipegang oleh seorang wirausahawan, di antaranya:

1. Optimis

2. Ambisius

3. Berani mengambil resiko dan peluang

4. Sabar

5. Tidak takut gagal

6. Tidak mudah putus asa

Selain Dhuduek D Machyudin, Khafidul Ulum pun menjabarkan mengenai prinsip berwirausaha yang harus diterapkan, yaitu:

1. Memiliki passion atau semangat

2. Kreatif dan inovatif

3. Marketing Sensitivity (peka terhadap pasar)

4. Berani mengambil risiko namun tetap penuh perhitungan

5. Independent atau mandiri

6. Pantang menyerah

7. Tetap berdasar pada etika yang ada

Prinsip kewirausahaan yang tak boleh dilupakan ialah membangun relasi serta network dengan sesama wirausahawan. Hal itu karena membangun sebuah relasi dalam kewirausahaan sangat penting dilakukan, hal ini dapat membantumu untuk menambah pengetahuan serta saling berbagi pengalaman agar usaha yang kamu jalankan dapat mencapai tujuan yang ada.



Reporter: Novita Ayuningtyas

PT Timah Kembangkan Teknologi Penambangan Laut Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta – PT Timah (Persero) sedang merancang purnarupa (prototipe‎) penambangan timah di laut dengan konsep ramah lingkungan. langkah ini telah menjadi komitmen perusahaan dengan pemerintah.

Direktur Utama Timah Riza ‎Pahlevi mengatakan, perusahaan sudah menjalankan penambangan timah di darat dengan metode ramah lingkungan. Sedangkan untuk tambang ramah lingkungan di laut, saat ini tengah tahap merancang prototipe.

“Sekarang yang di darat udah berjalan, sedangkan untuk yang di laut tengah dalam tahap pembuatan prototipe,” ‎kata Riza, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/1/2019).

Rancangan purnarupa penambangan timah ramah lingkungan di laut akan selesai pada tahun ini berbarengan dengan penetapan zonasi penambangan timah di laut.

“Tahun ini mudah-mudahan sudah selesai. ‎ Iya (berbarengan dengan zonasi),” tuturnya.

Ia menegaskan, teknologi yang digunakan untuk penambangan timah di lautan harus ramah lingkungan untuk menjaga masa depan lingkungan hidup. “Ya. dan itu sifatnya enviromental friendly,” tandasnya.

2 dari 2 halaman

Laba PT Timah Capai Rp 255,54 Miliar Kurtal III 2018

Laba PT Timah Tbk (TINS) tercatat sebesar Rp 255,545 miliar atau Rp 34 per saham hingga September 2018. Angka tersebut turun sekitar 15 persen dari Rp 300,573 miliar atau Rp 41 per saham pada periode yang sama tahun lalu.

Penurunan laba TINS disebabkan antara lain oleh peningkatan beban pokok pendapatan, beban umum serta administrasi dan beban keuangan. 


Mengutip laporan keuangan per September 2018 yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (29/11/2018), pendapatan usaha TINS meningkat 2,75 persen dari Rp 6,621 triliun per September 2017 menjadi Rp 6,803 triliun per September 2018.

Meski demikian, pertumbuhan pendapatan perseroan tidak sebanding dengan kenaikan beban perusahaan. Beban pokok pendapatan TINS naik 4,6 persen, dari Rp 5,469 triliun menjadi Rp 5,720 triliun. Hal inilah yang menyebabkan laba kotor TINS turun 6,08 persen menjadi Rp 1,082 triliun, dari Rp1,152 triliun per September 2017.

Fokus di PSSI, Iwan Budianto Tinggalkan Posisi CEO Arema FC

Liputan6.com, Jakarta Iwan Budianto dikembalikan lagi ke posisi awal sebagai wakil ketua umum PSSI pada Kongres Tahunan di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1/2019). Keputusan ini diambil menyusul mundurnya Edy Rahmayadi dari jabatan ketua umum PSSI.

Iwan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Ketua Umum PSSI kini kembali menjadi waketum PSSI. Selain kembali ke posisi semula, sesuai dengan hasil Kongres Luas Biasa PSSI pada 10 November 2016 lalu, pria yang akrab disapa IB ini juga melepas jabatan CEO di Arema FC.

“Untuk menjaga integritas, saya menyatakan sekaligus menegaskan bahwa saya tidak lagi menjabat sebagai CEO Arema FC,” ujar IB dalam rilis yang diterima media.

Sejak terpilih sebagai Waketum PSSI, IB telah mengikhlaskan untuk tidak aktif dalam mengelola Arema FC. Dia sangat memahami pandangan publik yang khawatir posisinya di PSSI dan Arema FC bakal penuh dengan konflik kepentingan.

Meski meninggalkan posisi CEO Arema, IB hingga saat ini masih tercatat sebagai salah satu pemegang saham di klub berjulukan Singo Edan itu.

“Keputusan tidak lagi aktif sebagai CEO Arema FC, supaya tidak ada lagi hiruk pikuk orang yang secara tidak sengaja terseret berbuat dosa dengan melakukan fitnah kepada saya,” ujarnya, menambahkan.

2 dari 3 halaman

Pertegas Komitmen

Pernyataan ini sekaligus menjadi bukti komitmen PSSI pasca mundurnya Edy Rahmayadi sebagai ketua umum. PSSI ingin membawa institusi ini agar bisa lebih baik.

“Ini jadi motivasi tersendiri bagi saya untuk bisa memaksimalkan waktu, tenaga dan pikiran di PSSI,” ujar IB.

Sikap ini juga dianggap perlu demi menjaga integritas PSSI dan sebagai tanggung jawab moral kepada para anggota yang memilihnya.

IB juga ingin menjaga agar tidak ada lagi hiruk pikuk soal Arema FC. Dia juga ingin menjaga agar orang lain tidak sengaja membuat fitnah soal dirinya.

3 dari 3 halaman

Tetap Optimistis

Meski meninggalkan posisi di Arema FC, IB yakin Arema bisa tetap profesional. Dia optimistis klub kebanggaan Arema ini mampu menjalankan program dan target yang sudah dicanangkan.

“Arema FC telah dikelola oleh tenaga profesional di bidangnya utamanya, dalam pengelolaan sepakbola modern,” ujarnya.

IB berharap bisa mendapatkan masukan dari seluruh pecinta sepak bola Indonesia dalam menjabat Waketum PSSI. “Ini agar kami bisa membawa PSSI lebih berprestasi,” katanya.

Yusril: PBB Cenderung Dukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan dukungan kader partainya di pemilihan presiden 2019 cenderung mengarah ke pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Secara resmi PBB belum mendeklarasikan kepada siapa dukungan pilpres. Mencermati aspirasi kader dan pengurus cenderung dukungan mengarah ke Jokowi-Ma’ruf,” kata Yusril di di Kendari, Minggu 20 Januari 2019.

Ia mengatakan, pengurus sudah menggelar beberapa kali rapat berkaitan sikap partai menghadapi pilpres dengan berbagai dinamika di internal kepengurusan dan kader.

“Ya, akhir Januari 2019 PBB segera menyampaikan afiliasi politik pada pilpres. Dinamika menuju pengambilan sikap dukungan ke salah satu pasangan calon presiden cukup tinggi. Perbedaan pandangan antarkader biasa cukup tajam tetapi dalam suasana arif dan bijak,” tuturnya dikutip dari Antara.

Yusril mengakui kerap menyampaikan kritik tajam kepada pemerintah tetapi dalam konteks memperkuat komitmen membangun bangsa menuju terwujudnya kesejahteraan rakyat.

“Mungkin saja ada yang menyorot soal sikap PBB bila dikaitkan dengan kekritisan saya pada pemerintah beberapa waktu lalu. Tetapi saya menilai kritik itu diterima pemerintah sebagai koreksi untuk perbaikan penataan pemerintahan dan pembangunan,” ucapnya.

Ia mengajak kader PBB menjunjung tinggi keputusan partai karena keputusan partai pasti berdasarkan pertimbangan matang dari berbagai hal yang bermuara pada kepentingan bangsa dan negara.

“Soal dukung mendukung dalam politik hal biasa dan tidak penting untuk dipertajam hingga membawa perbedaan yang saling memojokan,” ujar Yusril.

2 dari 2 halaman

Taati Keputusan Partai

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Bulan Bintang Sultra Ruksamin mengatakan kader wajib taat pada keputusan partai.

“PBB Sultra taat pada keputusan partai, termasuk menghadapi pilpres. Sultra cenderung mengarahkan dukungan pada pasangan Joko Widodo-Maaruf,” ujar Ruksamin yang juga Bupati Konawe Utara.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra berada di Kendari, Sulawesi Tenggara bersama Sekjen Yurisman serta pengurus pusat serangkaian kunjungan kerja pembekalan calon legislatif di daerah tersebut.


Saksikan video pilihan di bawah ini: