Komisi Afrika Selatan Selidiki Aksi Pendeta ‘Hidupkan’ Orang Mati

JohannesburgSebuah komisi di Afrika Selatan akan menyelidiki aksi seorang pendeta di kota Johannesburg yang mengklaim bisa menghidupkan orang mati. Aksi Pendeta Alph Lukau tersebut viral di media sosial dan menjadi bahan olok-olok para netizen.

Penyelidikan akan dilakukan oleh Komisi CRL (Komisi untuk Promosi dan Perlindungan Hak-hak Komunitas Budaya, Agama dan Linguistik). “Sebagai komisi, kami perlu menyelidiki hingga ke akar masalah ini. Jika kami tidak melakukan itu, orang-orang Afrika Selatan akan terbawa dan kecerdasan mereka dihina,” ujar wakil ketua komisi tersebut, David Mosoma.

Sejumlah pemimpin agama pun telah menyerukan penangkapan Pendeta Alph Lukau. Namun Komisi CRL menyatakan bahwa meski pihaknya akan melakukan penyelidikan atas Lukau, namun komisi tersebut tak punya mekanisme untuk menangkapnya. Namun komisi tersebut akan terus berjuang untuk meloloskan hukum yang mengatur tentang hal ini.


Terlebih menurut Ketua Komisi CRL, Thoko Mkhwanazi-Xaluva, banyak korban telah melapor ke komisi tersebut bahwa mereka mengalami perlakuan buruk oleh pemimpin-pemimpin agama. Dikatakannya, para pendeta tersebut tahu bagaimana menargetkan orang-orang yang paling rentan.

“Harus ada regulasi yang diloloskan, yang akan mengendalikan para praktisi,” tuturnya seperti dilansir media Afrika Selatan, Eyewitness News, Rabu (27/2/2019).

Seperti dilansir AFP dan BBC, Rabu (27/2/2019), video yang menunjukkan Pendeta Alph Lukau dari gereja Alleluia Ministries International di Johannesburg sedang ‘menghidupkan’ seorang pria yang disebut telah meninggal dunia, mencuat sejak akhir pekan lalu dan dengan cepat menjadi viral.
Dalam video itu terlihat pendeta Lukau meletakkan kedua tangannya di atas seorang pria berpakaian serba putih yang terbaring di dalam sebuah peti mati. Dia kemudian berkata ‘bangkit’ ke arah pria di dalam peti mati itu.

Tak lama kemudian, pria tersebut bangun dengan mulut menganga dan duduk di dalam peti mati. Hal itu disebut mukjizat dan disambut sorakan jemaat lainnya. BBC melaporkan bahwa aksi itu dilakukan pendeta Lukau di luar gedung gerejanya yang ada di dekat Johannesburg.

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *