Keraton Kartasura, Riwayatmu Kini

Solo – Rabu Pahing 17 Muharam 1670 (1745 M) menjadi hari yang bersejarah bagi Kerajaan Mataram Islam. Itulah hari berpindahnya kerajaan tersebut dari Kartasura ke Keraton Surakarta.

Saat itu, rombongan besar mengular, dua ratus prajurit berkuda dan prajurit lima batalion menjadi saksi atas perpindahan itu. Dipimpin raja mereka, Sri Susuhunan Paku Buwana II, beserta keluarga raja dan pejabat Kerajaan Mataram Kartasura.

Seluruh harta kerajaan diboyong. Sepasang pohon beringin yang masih muda, singgasana, bangsal pengrawit, gajah dan burung kesayangan Sri Baginda, arca-arca emas untuk upacara, pusaka Kyai Ppangarab-arab dan pusaka Kyai Butamancak, kitab-kitab pusaka, dan tak ketinggalan pula pusaka Nyai Setomi.

Bedol negara. Tidak hanya keluarga raja dan petinggi kerajaan, tetapi juga tukang patri emas, tukang besi, penjahit, tukang kayu, tukang batu, abdi dalam keraton, peniup terompet, abdi dalem dapur dengan segala perkakasnya, semuanya ikut boyong.

“Ini jalan yang dilalui mereka dua ratus lima puluh tahun yang lalu,” kata Sarosa Suyowiyoto, menunjuk Jalan Slamet Riyadi, Kartasura.

Jalan kabupaten itu membujur Barat ke Timur di sisi utara situs Keraton Kartasura, tidak jauh dari jalan Deandles (Jalan Raya Solo-Semarang). Jika ditarik lurus ke timur, jalan beraspal itu akan tembus sampai di Keraton Surakarta.

Enam puluh enam tahun sebelum peristiwa perpindahan tersebut, Keraton Kartasura secara resmi pertama kali didiami oleh Sunan Amangkurat II (1677-1702) meski pembangunannya belum selesai benar. Pada 11 September 1680, Raja Mataram yang semula bernama Pangeran Adipati Anom menempati Kartasura. Kartasura adalah keraton sekaligus ibu kota baru Kerajaan Mataram pengganti keraton yang lama di Plered, Yogyakarta.

Pemilihan lokasi keraton dan ibukota Kerajaan Mataram yang baru diserahkan kepada tokoh-tokoh kerajaan. Setelah melakukan survei, mereka berembuk dan akhirnya menetapkan tiga lokasi yang dianggap tepat untuk membangun keraton.

Lokasi yang diusulkan adalah Wanakerta, Logender, dan Tingkir. Ketiga lokasi ini semuanya layak dijadikan lokasi baru kerajaan. Logender, misalnya, daerahnya terbuka dan cukup air. Sedangkan Tingkir, selain cukup air wilayahnya juga sejuk. Kondisi yang sama juga ada di Wanakerta. Daerah itu bahkan dekat dengan bekas wilayah Pajang dan Mataram.

Tujuh bulan lamanya keraton dibangun dan mendekati selesai. Bentengnya yang luas dan tebal baru dibuat dari gundukan tanah berkeliling dan disangga dengan papan di luar dan di dalamnya, agar tidak runtuh. Semak berduri mengelilingi bagian depan benteng, dan parit berair mengelilingi seluruh kedhaton. Di luar tembok benteng baluwarti bagian selatan terdapat alun-alun.

Loji Kumpeni terletak agak jauh di bagian utara dari alun-alun utara. Semua bangunan hampir belum ada yang berdinding bata, masih berbilik bambu dan beratapkan rumbia. Keraton Kartasura baru kelihatan megah dan sempurna pada tahun 1682.

Saat Sunan Amangkurat II untuk pertama kali memasuki istananya yang baru, nama Wanekerta diganti menjadi Kartasura Hadiningrat. Dua puluh tiga tahun pemerintahannya penuh dengan pemberontakan demi pemberontakan.

“Semua barang peninggalan keraton Kartasura sekarang berada di Keraton Surakarta. Sebagian disimpan di Museum Radyapustaka (Solo),” ujar Sarosa.

Tebeng atau hiasan pintu Keraton Kartasura, misalnya, sekarang dipasang di bagian atas pintu depan Museum Radyapustaka. Di museum itu juga tersimpan lonceng perunggu besar, kursi meja, perlengkapan kuda, dan wayang kulit. Rongsokan mesin jam yang besar teronggok di salah satu ruang museum. Benda itu pernah diletakkan di alun-alun Keraton Kartasura.

Baca berita menarik lainnya di titiktemu.id.

2 dari 3 halaman

Riwayatmu Kini

Kini, menyaksikan bekas Keraton Kartasura (1680-1745) sungguh menyedihkan. Tembok batu-bata di luar keraton atau baluwarti telah hancur dan rata dengan tanah, hanya menyisakan beberapa bagian di beberapa tempat. Padahal, dulu ukuran tembok luar mencapai lebih 1 km x 1 km. Tinggi benteng itu lebih dari lima meter dengan ketebalan 2,5 meter.  Di atas tembok itulah pada zamannya prajurit keraton melakukan patroli dengan kuda.

Di dalam tembok baluwarti kini dipenuhi dengan perumahan permanen, ladang, dan makam. Selain alun-alun, tempat tinggal puteri keraton (keputren) dan petamanan keraton berubah menjadi permukiman padat. Sitihinggil, tempat yang ditinggikan di depan alun-alun, sebagian telah pula menjadi permukiman. Puing-puing bangunan kuno yang tersisa adalah gedung obat (mesiu), bangunan pos jaga tentara Belanda.

Tak ada kolam penuh air di Balekambang di sisi tenggara keraton. Sebagai gantinya adalah rumah-rumah dan lapangan sepakbola, dan gundukan tanah setinggi lebih dari 20 meter.

Masyarakat sekitar menyebutnya Gunungkunci. Di puncak “gunung” itu terdapat makam keramat. Pada masa kejayaan Keraton Kartasura, Gunung Kunci adalah Segoroyoso atau tempat rekreasi keluarga keraton yang dibangun pada masa Paku Buwana I (1704-1709).

Buku Babad Tanah Jawi menggambarkan kompleks ini sangat kokoh. Bentengnya saja dibuat dua lapis, yakni Baluwarti di bagian terluar dan Sri Manganti pada bagian dalam. Di sekeliling Benteng Baluwarti terdapat parit lebar berair dan tanaman semak berduri sebagai alat pertahanan.

Namun, kini benteng Baluwarti sudah hancur, hanya sekitar 100 meter yang masih berdiri, selebihnya telah menjelma jadi permukiman warga. Di dalam benteng Sri Manganti terdapat bangunan utama keraton, masjid agung, gedong obat tempat menyimpan mesiu, dan sejumlah bangunan pendukung lain.

Keraton Kartasura memang tinggal puing. Tidak ada lagi yang tersisa kecuali nama-nama toponim. Di dalam tembok Baluwarti misalnya, terdapat tempat-tempat dengan nama Keputren, Sitinggil, alun-alun, Kandangmacan, Sayuran, Bale Kambang, Sanggrahan, Gedung Obat, Pasar, Pelembatok, Sri Penganti, Manggisan, Krapyak, dan Bakalan.

Sementara, bangunan utama keraton atau tempat kediaman raja seluruhnya menjadi area makam kerabat Keraton Surakarta dan penduduk setempat. Salah satunya adalah Kanjeng Raden Ayu Adipati Sedahmirah, pujangga cantik kesayangan Paku Buwana X.

3 dari 3 halaman

Sumbangan Sukarela

Menurut juru kunci, makam-makam penduduk setempat juga banyak yang berasal dari kalangan keraton. Dulu mereka ditugaskan oleh pihak keraton untuk mengurusi keraton Kartasura yang telah ditinggalkan.

Menurut kepercayaan Jawa, bila keraton pusat kejayaan dan kebesaran sebuah kerajaan telah dirusak oleh tangan- tangan kotor, tempat itu sudah tidak boleh didirikan pusat pemerintahan lagi. Dan bekas keraton Kartasura pun kini dijadikan makam.

“Sejak Paku Buwono X wafat, tidak ada lagi yang memperhatikan tempat ini,” kata Haris, abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta yang dipercaya menjadi juru kunci benteng. Haris mengaku telah berupaya sekuat mungkin untuk merawatnya. Namun, karena keterbatasan dana, ia tidak bisa berbuat banyak.

“Selama ini biaya perawatan hanya mengandalkan sumbangan dari pengunjung dan peziarah. Ada juga bantuan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, Rp 200 ribu setiap bulan,” kata Haris.

Pemasukan tersebut, menurut Haris, hanya cukup untuk membiayai perawatan ringan. Terlebih sejak 2005 pihak Keraton Surakarta tidak lagi mengizinkan ada aktivitas ziarah malam Jumat ke tempat ini. Praktis, pemasukan yang didapatkan menurun tajam.

“Pendopo yang dibangun Paku Buwono X itu, kondisinya sudah sangat parah. Namun, apa boleh buat, tidak ada dana untuk memperbaikinya,” kata Haris sembari menunjuk sebuah bangunan pendopo kecil di tengah benteng.

Kondisi bangunan yang berjarak sekitar 15 meter dari rumah tinggal Haris itu memang sudah parah. Lantainya yang terbuat dari semen dan batu bata sudah pecah di sana-sini. Kerangka kayu penyangga atapnya sudah mulai miring, sebagian Sudah dimakan rayap.

Untuk membiayai semua pekerjaan perawatan mereka hanya mengandalkan dari sumbangan sukarela para pengunjung. Kalau pun tidak cukup, terpaksa Haris harus merogoh kocek sendiri. Untuk jerih payah yang dilakukannya itu, pihak Keraton Solo memang memberikan gaji kepada Haris, meski sangat minim.

“Gaji saya dari keraton hanya Rp 100 ribu per bulan, kemudian bantuan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah Rp 200 ribu setiapbulan,” ujar Haris.

Kondisi di bekas keraton itu kini sepi, kalau pun ada pengunjung biasanya tidak lama. Ada juga beberapa wisatawan asing yang datang, sementara untuk domestik biasanya berasal dari pelajar.

“Para pelajar biasanya datang bulan April dan Mei, untuk mengetahui sejarah petilasan ini,” ujarnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Van Dijk Dinilai Akan Jadi Bek Terbaik Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta Palang pintu andalan Liverpool, Virgil van Dijk dijagokan akan mampu menjadi bek terbaik sepanjang masa di Liga Inggris,Eks pemain The Reds, Gary Gillespie menilai Van Dijk punya segalanya untuk menjadi bek terbaik.

Van Dijk digaet Liverpool dari Southampton pada awal 2018 lalu. Bek internasional Belanda itu pun langsung menjadi pilihan utama di lini belakang tim asuhan Jurgen Klopp. 

Setelah musim lalu berandil membawa Liverpool melaju hingga partai final Liga Champions, musim ini Van Dijk menjadi salah satu alasan klub Merseyside tersebut kokoh di puncak klasemen Premier League.

Gillespie menganggap Van Dijk layak disejajarkan dengan para bek terbaik dalam sejarah Liga Inggris seperti Rio Ferdinand dan John Terry.

“Saya mendapat banyak pertanyaan dalam beberapa pekan terakhir: Di mana posisi Van Dijk, jika dihubungkan dengan pemain seperti John Terry, Rio Ferdinand, bahkan Jaap Stam yang merupakan para bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Inggris,” ujar Gillespie kepada The Mirror.

“Jujur, jika dilihat dari sisi kemampuan dan teknik, saya akan menempatkan dia [Van Dijk] di posisi teratas. Dia benar-benar memiliki segalanya,” sambungnya.

2 dari 2 halaman

Punya Segalanya

Meski demikian, ada satu syarat yang harus dipenuhi Van Dijk agar bisa dianggap pantas menjadi bek legendaris dalam sejarah Premier League.

“Untuk menjadi legenda hidup Anda harus sukses dan memenangi trofi serta medali secara terus-menerus, bukan hanya sekali saja,” tutur Gillespie.

“Terry dan Ferdinand, mereka memiliki kualitas yang luar biasa, tapi mereka juga punya usia panjang. Virgil, mungkin dia lebih unggul secara teknik, tapi dia harus menunjukkannya dengan trofi,” tukasnya.

Sumber Bola.net

Gagal Penalti, Rekor Ronaldo Lebih Buruk dari Messi?

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol saat Juventus menang telak 3-0 atas Chievo pada pada laga pekan ke-20 Serie A, di Allianz Stadium, Selasa (22/1/2019) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Juve semakin kokoh berada di puncak klasemen sementara Serie A.

Pada pertandingan ini, bintang Juventus itu gagal mencetak gol lewat tendangan penalti. Juventus mendapat hadiah penalti, usai Mattia Bani menyentuh bola di kotak terlarang.

Namun, Ronaldo yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangan CR7 ke sisi kanan dapat dihalau penjaga gawang.

Ini adalah kegagalan Ronaldo yang ke-25 dari 139 tendangan penalti yang ia ambil selama kariernya, termasuk adu penalti.

Sedangkan, rival abadinya Lionel Messi juga telah mencatat kegagalan yang sama dari tendangan ini. Tapi, ia hanya gagal 25 kali dari 108 tendangan.

Messi, yang telah mencetak 83 gol dari 108 penalti, menawarkan tingkat keberhasilan 76,85 persen. Rasio penalti terburuk Messi adalah untuk Argentina, hanya mencetak 11 dari 16 – memberinya rasio 75 persen.

2 dari 3 halaman

Tingkat Keberhasilan

Ronaldo juga telah berjuang untuk laga internasional dengan tujuh gol dari 11 penalti. Rekor mantan pemain Real Madrid ini 83,73 persen.

Messi gagal mengeksekusi penalti di Piala Dunia 2018 di Rusia saat melawan Islandia. Ronaldo, yang absen melawan Austria di Euro 2016, juga gagal mencetak gol melawan Chelsea di final Liga Champions 2008 untuk MU.

3 dari 3 halaman

Rekor Pele

Dalam hal gol reguler, baik Ronaldo dan Messi mengejar rekor Pele. Messi memiliki total 577 gol dalam 661 penampilan untuk Barcelona, sejak melakukan debut pada 2004.

Pele, yang bermain untuk Santos antara tahun 1956 dan 1974, sudah mencetak total 619 gol dalam 638 pertandingan. Ronaldo sendiri telah mencetak 589 gol mengesankan dalam 790 pertandingan.

Leganes Adukan Gol Kontroversial Barcelona ke RFEF

Liputan6.com, Jakarta Leganes telah secara resmi mengajukan protes ke Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Mereka meminta klarifikasi soal gol kedua Barcelona dalam kemenangan mereka 3-1 pada Minggu lalu.

Seperti diketahui, Barcelona menang pada pertandingan pekan ke-20 La Liga Spanyol, di Camp Nou. Hasil ini pun membuat Los Cules makin nyaman berada di puncak klasemen sementara La Liga dengan nilai 46, unggul lima poin atas Atletico Madrid di urutan kedua.

Pertandingan itu diwarnai kontroversi gol Luis Suarez di babak kedua. Suarez dianggap sudah terlebih dahulu melanggar kiper Leganes, Ivan Cuellar.

Gol Barcelona ini menuai protes dari kiper Leganes. Cuellar bahkan sempat membenturkan badannya ke Suarez sebagai tanda kesal atau balasan.

Wasit tidak mengesampingkan teknologi VAR saat itu, dan ia mengizinkan permainan terus dilanjutkan. Keputusan ini menyebabkan kemarahan tim tamu.

2 dari 3 halaman

Sah

Leganes sampai saat ini masih mempertanyakan gol Suarez. Mereka kemudian mengirim email ke FA Spanyol untuk meminta penjelasan.

Namun, pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan kepada stasiun TV Spanyol Movistar Partidazo, segera setelah pertandingan bahwa itu adalah gol yang valid.

3 dari 3 halaman

Bukan Masalah

“Semua orang akan memiliki pendapat mereka sendiri tentang keputusan seperti ini tetapi wasit memberikan gol dan VAR berada di tempat untuk mengesampingkan keputusan itu seandainya itu tidak benar.

“Luis tidak menyentuh kiper sehingga seharusnya tidak ada masalah besar tentang kontroversi ini,” kata Valverde.

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara, Pemersatu Suku Bangsa, Ras, Agama, dan Golongan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai warga negara Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan kata Pancasila. Bahkan pendidikan Pancasila sendiri sudah diterapkan sejak masih taman kanak-kanak. Pancasila merupakan sumber acuan utama Negara Kesatuan Republik Indonesia atau bisa disebut sebagai dasar-dasar negara Indonesia.

Walaupun pendidikan Pancasila sudah diajarkan sejak taman kanak-kanak tapi tidak bisa dipungkiri bahwa generasi sekarang ini masih belum paham tentang makna Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Bisa dikatakan, makna pancasila menggambarkan ruh dan esensi pancasila itu sendiri.

Makna Pancasila sebagai dasar negara tentu harus dipahami karena pancasila merupakan salah satu elemen paling penting dalam negara Indonesia. Tanpa memahami maknanya, orang-orang hanya akan melihat pancasila sebagai slogan semata. Pancasila adalah suatu idoelogi yang dipegang erat bangsa Indonesia.

Istilah Pancasila diperkenalkan oleh Bung Karno saat sidang BPUPKI I. Pancasila kemudian menjadi sebuah landasan berdirinya negara Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia semua orang harus bisa memahami dan mengimplementasikan makna Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut makna Pancasila sebagai dasar negara yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019).

2 dari 4 halaman

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makna pancasila sebagai dasar negara ialah menjadi landasan, pondasi utama, titik acuan bangsa Indonesia dalam mengatur bangsa maupun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya Pancasila dalam mengatur unsur-unsur kehidupan berbangsa dan bernegara, segala bentuk peraturan-peraturan yang ada di Indonesia harus berlandaskan pancasila.

Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah bahwa pancasila digunakan sebagai dasar atau fundamen untuk mengatur pemerintah negara, atau pun sebagai dasar untuk mengatur seluruh penyelenggaraan negara. Maka makna pancasila sebagai dasar negara bisa didefinisikan sebagai kaidah negara yang fundamental, yang artinya sebagai hukum dasar, baik itu yang tertulis atau pun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam Negara Indonesia sudah seharusnya bersumber dan ada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.

Bisa dibayangkan sendiri jika negara ini tidak memiliki dasar negara, sudah pasti seluruh penyelenggaraan negara tidak akan memiliki pegangan atau pun pedoman yang kuat dan kokoh, sehingga setiap warga negara akan memiliki pegangan juga pedoman tersendiri yang pada akhirnya melahirkan perpecahan.

3 dari 4 halaman

Pancasila Sebagai Pedoman

Makna pancasila sebagai dasar negara juga memiliki artian sebagai dasar atau pun pedoman dalam penyelenggaraan negara. Seandainya negara menjadi sebuah bangunan, maka pancasila ini menjadi fondasi yang nanti akan dijadikan sebagai tempat untuk berpijaknya bangunan-bangunan berikutnya. Dengan begitu maka pancasila dijadikan sebagai dasar dan tonggak dalam pembuatan segala peraturan perundang-undangan negara dan berbagai macam peraturan lain yang di dalamnya mengatur di berbagai bidang kehidupan, baik itu di bidang politik, sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, atau pun pertahanan dan keamanan.

Lalu dalam pembukaan UUD 1945 pada alinea ke IV sendiri juga sudah dijelaskan, bahwa pancasila ini merupakan dasar negara. Jadi makna pancasila sebagai dasar negara adalah nilai dasar yang normatif terhadap semua penyelenggaraan Negara Republik Indonesia.

Peletakan kata pancasila sebagai salah satu sumber dari semua sumber hukum negara adalah sesuai dengan pembukaan dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia di tahun 1945. Pancasila diletakkan sebagai dasar juga ideologi negara dan sekaligus sebagai filosofis berbangsa maupun bernegara, sehingga setiap materi muatan peraturan perundang – undangan sangat tidak boleh bertentangan dengan nilai – nilai yang ada di dalam pancasila itu sendiri.

Penegasan fungsi kata pancasila sebagai dasar negara dan juga sumber hukum bisa ditemukan pula dalam Undang – Undang Keormasan tahun 1985, yakni Undang – Undang nomor 5 tahun 1985 mengenai keharusan semua kekuatan politik untuk mencantumkan pancasila sebagai asas dalam anggaran dasarnya.

Jika melihat ulasan tersebut, makna utama dijadikannya pancasila sebagai dasar negara adalah untuk memberikan pedoman bagi bangsa maupun negara untuk bisa mencapai tujuannya lewat berbagai realisasi pembangunan, dan menjadi alat pemersatu. Ini artinya pancasila bisa mempersatukan orang – orang dari berbagai suku bangsa, ras, agama, dan golongan.

4 dari 4 halaman

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

1. Pancasila Sebagai Pedoman Hidup

Pancasila menjadi sebuah pedoman hidup bangsa, supaya bisa menjadi sebuah pedoman dalam mengambil keputusan.

2. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa

Pancasila haruslah menjadi jiwa dari bangsa Indonesia, supaya jiwa bangsa bisa terwujud dalam setiap lembaga maupun organisasi dan insan yang ada di Indonesia.

3. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Pancasila sebagai kepribadian bangsa, karena kepribadian bangsa Indonesia sangat penting dan juga menjadi identitas bangsa Indonesia. Oleh karena itu Pancasila harus diam dalam diri tiap pribadi bangsa Indonesia agar bisa menjadikan Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa.

4. Pancasila Sebagai Sumber Hukum

Pancasila menjadi sumber hukum dari segala hukum yang berlaku di Indonesia, atau bisa dibilang pancasila sebagai dasar negara. Jadi tidak boleh ada satu pun peraturan yang bertentangan dengan Pancasila.

5. Pancasila Sebagai Cita Cita Bangsa

Pancasila sebagai cita-cita bangsa. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia haruslah mempunyai angan-angan dengan sebuah negara yang berketuhanan yang Esa dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, bersatu serta solid, selalu bermusyawarah dan juga munculnya keadilan sosial.


Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Mempercantik Ruang dengan Produk Furnitur Lokal Kekinian

Liputan6.com, Jakarta – Menata dekorasi dan furnitur dengan apik menimbulkan kesan nyaman dan mempercantik setiap sudut rumah, apartemen, hingga tempat kerja. Melihat besarnya minat, kini hadir ragam penyedia sekaligus produsen untuk furnitur dan houseware.

Satu di antaranya adalah Urban Quarter, e-dagang furnitur buatan anak bangsa yang berkualitas. Memulai langkah pada 2016, e-dagang ini akhirnya memiliki website sendiri pada 2017, dan berlanjut dengan membuka dua store di Kelapa Gading dan Plaza Indonesia.

“Urban Quarter buka dengan memperkenalkan local market untuk barang-barang yang affordable, lebih modern, bergaya kekinian, kualitas berstandar internasional dan friendly pricing,” kata Adelaide Chintara, Creative Director Urban Quarter di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Target market e-dagang ini sendiri menyasar kelas middle untuk penggunaan pribadi berkisar di usia 25-35 tahun. Tak hanya itu, produk Urban Quarter juga banyak digunakan Business-to-business atau B2B seperti e-dagang hingga coworking space.

“Untuk coworking space furnitur tidak hanya office table, tetapi ada sofa, tempat istirahat, bar B2B dengan harga affordable dan sangat modern,” tambah Adel, begitu ia akrab disapa.

Sementara, produk kursi Urban Quarter menggunakan kayu mindi. Produksi dan wood finishing dilakukan di pabrik yang terletak di Tangerang, sedangkan sumber kayu didapat dari dari Jawa Tengah.

Bukan tanpa alasan Urban Quarter memilih untuk memakai kayu mindi sebagai bahan utama produk kursi mereka. Hal ini terkait kayunya yang kokoh.

“Kayu mindi itu kokoh, selain itu finishing bisa diubah-ubah. Kalau mahoni lebih ke merah. Namun, kelemahan kayu mindi kalau kena air harus segera dijemur,” kata Adel soal furnitur Urban Quarter.

2 dari 2 halaman

Produk Best Seller

Melalui furnitur yang telah dikurasi dari brand lokal terbaik, Urban Quarter menghadirkan ragam konsep yang meliputi modern, mid century, scandinavian, hingga minimalistic.

Ada beberapa produk best seller di Urban Quarter seperti basket atau keranjang sampai sofa. Adel menambahkan keunggulan mereka lainnya adalah soal barang yang ready stock dan dapat langsung dikirim.

Houseware nomor satu, basket, dining set, sofa. Sofa di toko lain harganya lebih dari Rp 10 juta, kalau kita kisaran sofa Rp 4,5 sampai Rp 8 juta. Wood finish dengan warna yang modern banget,” lanjutnya lagi.

Selain itu, Urban Quarter juga menghadirkan produk-produk lokal yang terdiri atas ragam sofa, armchair, dining chair, bench, bar stool, coffe table, side table, console table, office desk, dan lainnya. Tidak ketinggalan, home decor dan houseware seperti vas, tray, wall decor, cushion, bedsheet, tableware, basket, rug, dan masih banyak lagi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kelemahan Grand Livina dan Kelebihannya, Wajib Disimak bagi Pengguna Baru

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan akan mobilitas masyarakat saat ini cukup tinggi. Tak heran banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencari alat transportasi pribadi. Salah satunya adalah mobil. Alasannya, kendaraan roda empat itu mampu menampung lebih banyak orang, jadi cocok digunakan sebagai alat transportasi keluarga.

Salah satu mobil yang diminati sebagian keluarga di Indonesia adalah Nissan Grand Livina. Mobil dengan muka multi purpose vechile (MVP) atau multi fungsi yang dapat digunakan sebagai pengangkut penumpang sekaligus kendaraan pembawa barang ini merupakan andalan dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

2 dari 6 halaman

Mobil Pilihan Keluarga Indonesia

Banyak yang mengakui kalau mobil ini cukup nyaman dan irit jika dibanding MPV sekelasnya, hal ini membuat Grand Livina sampai saat ini masih mampu bersaing dengan kompetitornya

Mobil keluarga ini pertama kali meluncur pada tahun 2006, dan telah mendapatkan tempat tersendiri bagi keluarga. Buat kamu yang mencari mobil dengan harga terjangkau namun memiliki bagus, Grand Livina bisa menjadi pilihannya.

Namun meskipun mobil ini telah bertahan cukup lama di Indonesia, mobil keluarga satu ini memiliki kekurangan. Jika kamu berminat untuk membeli mobil satu ini, kamu perlu tahu kelemahan Grand Livina dan Kelebihannya, agar tak salah untuk memilihnya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019) berikut ini kelemahan Grand Livina dan kelebihannya sebagai mobil keluarga.

3 dari 6 halaman

Kelemahan Grand Livina

1. Ground Clearance Rendah

Kelemahan Grand Livina yang pertama ialah ground clearance yang masih rendah. Hal inilah yang kurang menguntungkan menggunakan mobil keluarga satu ini. Mobil ini terbilang rendah dan kurang baik dipakai untuk jalanan yang terlau banyak lubang ataupun polisi tidur dengan tinggi yang bervariasi. Apalagi saat muatan yang ada pada mobil ini terlalu berat atau membawa banyak barang, maka ground clearance akan semakin rendah. Mobil dengan MPV ini memiliki ukuran hanya 175 mm, tentu saja ini terlalu rendah untuk mobil dengan muka MPV.

2. Peredam Kabin Masih kurang

Kelemahan Grand Livina lainnya ialah peredam kabin yang dirasa masih kurang. Hal ini mengakibatkan suara-suara yang berasal dari arah luar dapat terdengar. Tentu saja hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengguna.

3. Bangku pada baris ke tiga cukup sempit

Selanjutnya kelemahan Grand Livina terletak pada bangku baris ketiga yang cukup sempit. Namun demikian hal ini dirasa cukup relatif. Baris ketiga ini juga bisa diakali sebagai perluasan bagasi Grand Livina.

4 dari 6 halaman

Fitur Pengaman Kurang

4. Tidak dilengkapi kunci immobilizer

Mobil Grand Livina ini tidak dilengkapi dengan kunci immobilizer. Sehingga jika tanpa kunci aslinya, mobil ini dapat dengan mudah dibawa kabur oleh pencuri. Karena fitur ini dirasa cukup penting dalam sebuah mobil, maka hal ini termasuk dalam kelemahan Grand Livina.

5. Kapasitas mesin kurang besar

Kelemahan Grand Livina yang lain ialah kapasitas mesih yang kurang besar. Meskipun kapasitas yang disediakan pada mesin mobil Grand Livina 1.5 L, akan tetapi mobil dengan body lebih besar tentunya membutuhkan tenaga yang lebih. Namun kapasitas 1.5 L tersebut memang telah standar bagi ukuran mobil dengan bentuk MPV di Indonesia.

6. Tidak ada varian Diesel

Selain itu kelemahan Grand Livina lainnya ialah tidak adanya variasi mesin diesel yang di sediakan seperti mobil lainnya. Sehingga bahan bakar yang harus digunakan tidak bisa memakai ssesuka pengendara.

5 dari 6 halaman

Kelebihan Grand Livina

Namun diluar kelemahan Grand Livina, tentunya terdapat kelebihan yang dapat menguntungkan penggunanya. Berikut ini kelebihan Grand Livina:

1. Lapisan body tebal

Kelebihan dari Grand Livina bisa dilihat dari struktur desain dan dimensi yang terdapat pada mobil tersebut. Memiliki bobot mencapai 1250kg dengan bahan material yang tebal membuat body Grand Livina ini terlihat lebih kokoh. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari Grand Livina yang menjadi daya Tarik.

2. Eksterior yang modern dengan Interior yang Elegan

Desain eksterior dari Grand Livina ini terlihat modern namun tetap menampilkan sisi sporty. Pada bagian headlamp juga dipasang dengan desain terbaru, hingga menghasilkan cahaya yang cukup terang. Selain pada headlamp yang dipasang dengan desain baru, bagian belakang lampu juga tak kalah apik. Desain yang terdapat pada bagian belakang lampu juga terlihat modern dengan tambahan high mount lamp yang diletakkan pada belakang atas.

Selain eksterior yang menawan, kelebihan dari Grand Livina ini terletak pada interior yang elegan. Kabin pada Grand Livina ini disajikan dengan konsep mewah nan elegan. Kabin ini tentunya akan memberi kenyamanan bagi pengendaranya.

6 dari 6 halaman

Irit Bahan Bakar

3. Kelengkapan fitur

Selain interior yang elegan, Grand Livina juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung yang canggih. Seperti Display Wide 6 inch touch screen, USB/ iPhone/Ipod connectivity. Ditambah dengan fitur dual SRS airbag pada bagian depan penumpang dan pengemudi. Selain itu dalam Grand Livina juga telah terpasang sensor parkir dan kamera belakang, sehingga penggemudi akan lebih mudah untuk memarkirkan kendaraan.

4. Kualitas Handling

Kelebihan lainnya ialah pada kualitas handling yang dimiliki oleh Grand LIvina. Grand Livina memiliki kualitas handling yang nyaman dan mudah untuk dikendalikan. Selain kualitas handling bang baik, suspense yang berkualitas terutama pada kualitas banting yang cukup empuk menambah nilai lebih pada mobil keluarga satu ini.

5. Bahan Bakar Irit

Bagian terpenting yang manjadi incaran para pencari mobil ialah tingkat keiritan bahan bakar. Grand Livina memiliki tingkat keiritan bahan bakar yang cukup bagus dengan performa yang baik. Mobil keluarga ini mampu menempuh jarak 9 hingga 12 km dalam kota dengan menggunakan BBM 1 liter.

Meskipun Grand Livina memiliki kelemahan dan kelebihannya, akan tetapi mobil ini tetap menjadi salah satu pilihan terbaik bagi sesorang yang mencari mobil dengan muka MPV.


Reporter: Novita Ayuningtyas

Sajikan Pengalaman Kenyamanan Penumpang Tak Terlupakan dengan New Hiace Luxury

Liputan6.com, Jakarta Dunia transportasi bisa menciptakan kesempatan bisnis bagi para pelaku usaha, hal itu tak lepas dari peran pelaku industri otomotif yang secara berkala menelurkan inovasi kendaraan.

Salah satu inovasi kendaraan yang kerap digunakan oleh pelaku bisnis travel ialah jenis micro bus atau van komersial. Beberapa tahun terakhir kendaraan transportasi jenis ini laris manis menjadi primadona untuk angkutan antar kota dan menuju destinasi wisata.

Dibandingkan bus konvensional, micro bus memang terbilang lebih dinamis di jalan, dengan bodi yang tak terlalu bongsor layaknya bus antar kota walaupun memang dari segi kapasitas tak semasif bus dalam mengangkut penumpang. Meskipun begitu kelebihan micro bus dibandingkan bus konvensional ada pada aspek kenyamanan.

Ketepatan waktu keberangkatan memang jadi hal utama bagi pelanggan, tapi bila memuaskan pelanggan dalam aspek kenyamanan, apalagi perjalanan dengan waktu tempuh yang lama bisa jadi nilai plus untuk pelanggan repeat order.

Toyota Hiace kerap menjadi andalan pengusaha travel dan transportasi wisata, bukan tanpa alasan karena micro bus ini telah dilengkapi berbagai fitur untuk menunjang kenyamanan, seperti berupa suspensi yang lembut, rendah bising dan minim getaran.   

Dari sisi konsumsi bahan bakar pun Toyota Hiace lebih menguntungkan dan lebih irit dari sisi biaya operasional lebih murah dan menguntungkan dalam jangka panjang. Nah, untuk tingkat kenyamanan yang lebih tinggi lagi Toyota memiliki varian bernama New Hiace Luxury.

New Hiace Luxury dikembangkan dengan konsep mewah dan mengutamakan kenyamanan ekstra. New Hiace Luxury  memiliki perbedaan baik dari sisi desain eksterior maupun interior dibandingkan Hiace Standard dan Commuter.

Di tampilan luar New Hiace Luxury  telah memakai  velg alloy ukuran ban 195/R15 sehingga membuat penampilannya terlihat lebih kokoh. Pada bagian radiator, grille, dan kaca spion juga telah di krom, tulisan emblem luxury’ pun lebih menonjol di bagain belakang membuat tampilannya benar-benar mewah.

Untuk kenyamanan lebih jumlah seat dipangkas, di mana row 1 dan 2 menggunakan desain captain seat dibalut bahan kulit dan dilengkapi Ottoman dan sliding 4 arah, bangkunya pun telah dilengkapi meja lipat dengan cup holder.

Head unit leluasa menggunakan AVX 6 inci, lebih mewah dibandingkan varian lain serta bahan material lantai lebih berkualitas. Tidak kalah dengan mobil penumpang, fitur keselamatan pun mengalami upgrade signifikan dengan dilengkapi sensor parkir, sistem pengereman ABS, dan Dual SRS Airbags.

Jadi, untuk kenyamanan lebih para pelanggan jangan ragu upgrade armada transportasi Anda ke New Hiace Luxury.

Barcelona Menang Lagi, Mantan Bek Real Madrid Ngamuk

Liputan6.com, Madrid – Barcelona kembali memetik kemenangan di La Liga. Kali ini,Barcelona sukses mengalahkan Leganes 3-1 di Camp Nou, Senin (21/1/2019).

Gol Barcelona dicetak oleh Ousmane Dembele, Luis Suarez dan Lionel Messi. Barcelona sempat ketar ketir usai Braithwaite samakan skor 1-1 di menit ke-57.

Namun gol Suarez di menit ke-71 mengubah segalanya. Ditambah gol Messi di injury times yang memastikan kemenangan Barcelona.

Meski begitu, kemenangan Barcelona ini diwarnai kontroversi. Gol kedua Suarez dianggap tidak sah karena penyerang asal Uruguay ini dinilai melanggar kiper Leganes, Ivan Cuellar.

Dalam tayangan televisi terlihat, Luis Suarez lebih cepat menyambar bola saat Cuellar di saat bersamaan ingin menangkap bola. Inilah yang menjadi kontroversi.


2 dari 3 halaman

Arbeloa Protes

Kemenangan Barcelona lewat gol kontroversial Suarez membuat mantan bek Real Madrid, Alvaro Arbeloa ngamuk. Dia tidak terima dengan keputusan wasit Burgos Bengoetxea yang tidak memakai VAR untuk melihat kembali pelanggaran.

Dia membandingkan Burgos dengan wasit Jose Luis Montero yang memimpin duel Real Madrid vs Real Sociedad. Saat itu, Montero tak memberikan penalti untuk Madrid meski gunakan VAR.

“Kami senang dengan penggunaan VAR tapi tidak dengan ini. Ini sama sekali tak membuat risau wasit,” kata Arbeloa seperti dikutip Marca.

“Lalu kita akan berkata,”apa lagi yang Anda inginkan? Untuk semua ok. Tapi mereka diam untuk keputusan kontroversial Montero di laga Real Madrid.”

3 dari 3 halaman

Gol yang Sah

Valverde sendiri mengaku tak ada masalah dengan gol tersebut. Dia mengatakan Suarez sudah melakukan pergerakan yang benar untuk menyambut bola.

“Saya pikir itu gol yang sah. Apa yang bisa saya katakan? ” ujarnya seperti dikutip Marca.

“Setiap orang punya pendapatnya sendiri soal itu, tapi kalau wasit tak mempermasalahkan gol tersebut, jadi ini memang gol.”

Klasemen Liga Italia: Napoli Terus Kuntit Juventus

Liputan6.com, Naples – Napoli terus menguntit Juventus, yang memuncaki klasemen sementara Liga Italia setelah mengalahkan Lazio 2-1 dalam pekan ke-20 di San Paolo, Senin (21/1/2019) dini hari WIB.

Saat ini, Napoli berada di peringkat kedua klasemen dengan mengoleksi 47 poin dari 20 laga. Juventus masih di posisi teratas dengan 53 poin dari 19 pertandingan.

I Bianconeri baru memainkan laga pekan ke-20 pada dini hari nanti WIB. Juventus ditantang juru kunci Liga Italia, Chievo Verona di Allianz Stadium.

Jika menang, Juventus akan semakin kokoh di puncak klasemen Liga Italia. Pesaing terdekat Juventus lainnya, Inter Milan, harus puas berbagi angka dengan Sassuolo.

Sekarang, I Nerazzurri tetap berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 40 poin dari 20 pertandingan. AS Roma menempati urutan keempat setelah meraih 33 poin dari 20 laga.

2 dari 3 halaman

Ujian Berat

Ujian berat bagi Chievo, karena mereka harus mengalahkan Juventus untuk lepas dari status juru kunci. Frosinone dan Bologna tepat berada di atas Chievo di klasemen Liga Italia.

Lazio dan AC Milan masing-masing menduduki posisi kelima dan keenam. Sampdoria, Parma, dan Fiorentina berurutan menempati peringkat kedelapan, kesembilan, dan ke-10.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia


FcTables.com