KNKT Pindahkan Serpihan Lion Air PK-LQP ke BTKP

Liputan6.com, Jakarta – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membawa barang temuan tim SAR gabungan dari JICT 2, Tanjung Priok ke Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP) Kalijapat, Jakarta Utara. Barang-barang temuan tersebut berupa serpihan dan barang-barang milik korban penumpang Lion Air dengan kode penerbangan JT 610. 

“Ini roda bagian depan, kawat putih itu strukturnya landing gear, kawat penyangga rodanya, kalau ban pesawat kan naik turun, nah itu strukturnya yang nempel ke roda. Ini dibawa ke BTKP Kalijapat, Jakarta Utara,” kata Investigator KNKT Ardi Gunawan di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/11/2018). 

Di BTKP, barang-barang tersebut akan diselidiki lebih lanjut oleh para ahli.

“Diselidiki nanti. Yang terpenting cuma yang FDR dan CVR dibawa ke kantor KNKT. Selain itu kita bawa ke BTKP, karena kan kita enggak ada tempat, kita kan masih numpang. Jadi dipindahin dulu ke BTKP,” ungkap Ardi. 

Investigator KNKT Ardi Gunawan mengaku, pihaknya telah diberikan waktu selama 1 tahun untuk memeriksa barang-barang pesawat yang berhasil ditemukan termasuk juga black box.

“Diselidikinya (black box) sambil berjalan kita kan diberikan waktu satu tahun untuk periksa semua. (Kotak oren) Itu Flight Direction itu lampu, sama ELT tadi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *