KNKT Download FDR Black Box Jika Memory Card Bersih dari Residu

Jakarta – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) direncanakan mendownload data Flight Data Recorder (FDR) black box Lion Air PK-LQP besok. Sebab memory card FDR masih dibersihkan lantaran terkena residu garam.

“Kami harapannya besok bisa didownload. Yang kita diperhatikan adalah data di memory jangan kehapus. Yang kita jaga data di dalam jangan sampai rusak,” kata Ketua Subkomite Kecelakaan Penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/2018).

Cahyo mengatakan, adanya residu garam di memory card cukup mengganggu. Sedangkan kabel FDR black box Lion Air PK-LQP sudah rusak.

“Proses saat ini masih pembersihan, kita hanya ambil memory cardnya saja. Untuk black box yang masih bagus ada 2, dari Lion Air dan satu lagi dari Singapura. Sudah siap dan akan kita sambungkan kabel. Kabel yang asli sudah rusak, akan kita sambung dengan yang baru,” terangnya.

Australia siap membantu KNKT dalam proses download. Investigator dari Australian Transport Safety Bureau (ATSB) dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini.

“Sore ini investigator ATSB akan datang untuk membantu proses download black box, baik FDR atau CVR. Dalam hal ini Indonesia butuh bantuan dari mereka, investigator kami selain download juga melakukan tugas lain sehingga kami khawatirkan kelelahan. Prosesnya banyak, ditangani 2-3 orang tidak cukup,” ujar Cahyo.
(dkp/hri)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *