KNKT Australia Bantu Download FDR Black Box Lion Air

Jakarta – Indonesia mendapat bantuan dari Australia untuk proses download data Flight Data Recorder black box Lion Air PK-LQP yang terjatuh di perairan Karawang. Investigator dari Australian Transport Safety Bureau (ATSB) akan tiba di Indonesia sore ini.

“Sore ini investigator ATSB akan datang untuk membantu proses download black box, baik FDR atau CVR. Dalam hal ini Indonesia butuh bantuan dari mereka, investigator kami selain download juga melakukan tugas lain sehingga kami khawatirkan kelelahan. Prosesnya banyak, ditangani 2-3 orang tidak cukup,” ujar Ketua Subkomite Kecelakaan Penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo saat jumpa pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/2018).

Selain Australia, Amerika Serikat (AS) mengirimkan wakilnya untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan Lion Air PK-LQP. Sementara, Singapura membantu dalam pencarian CVR black box yang hingga saat ini belum ditemukan.

“National Transportation Safety Board adalah membantu investigasi KNKT. NTSB dibantu oleh advisor dari Boeing, dari General Electric selaku pembuat mesin dan Federal Aviation Administration, pimpinannya dari NTSB. Indonesia menerima bantuan, atau tawaran bantuan dari Singapura untuk membantu mencari black box,” terang Cahyo.

Bantuan observer juga datang dari Arab Saudi. Namun observer Saudi tidak berhak menerima data kecelakaan karena bertugas belajar dalam penanganan kecelakaan.

“Saudi kirim observer, posisinya untuk belajar. Observer minta izin ikut belajar menangani proses kecelakaan. Statusnya observer dan tak boleh terima data,” sebut Cahyo.

Sebelumnya FDR telah ditemukan pada Kamis (1/11) pagi. Namun FDR itu ditemukan dalam kondisi terbelah dua.

“Black box jenis FDR yang ditemukan dalam kondisi patah dan terpotong menjadi dua bagian,” kata Wakil Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Haryo Satmiko kepada detikcom.

Sementara itu, sinyal ping cokcpit voice recorder (CVR) black box Lion Air PK-LQP sudah terdengar meski lemah. Tim penyelam gabungan saat ini sedang berupaya mencari keberadaan CVR black box tersebut.
(dkp/hri)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *