Kisruh di LN, Ketua DPR Minta KPU Cari Solusi Bagi WNI yang Belum Nyoblos

Jakarta – Gelaran Pemilu 2019 di beberapa negara dilaporkan mengalami kendala karena banyak WNI yang belum terfasilitasi mencoblos. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan KPU untuk memastikan WNI di luar negeri mendapatkan hak suaranya.

“Mendorong KPU untuk mencari solusi terbaik bagi WNI yang berada di luar negeri yang tidak dapat melaksanakan hak pilihnya karena kendala pada penyelenggaraan pemilu, mengingat satu suara dapat menentukan arah bangsa,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/2019).

Menurut dia, KPU wajib memberikan kesempatan bagi WNI yang belum memberikan suaranya di Pemilu 2019–meski jadwal pemilu di luar negeri telah berakhir. Bamsoet mengatakan kendala ini merupakan persoalan teknis, sehingga para WNI tidak patut disalahkan.
“Mendorong KPU untuk memberikan kesempatan bagi WNI yang berada diluar negeri yang pada saat hari pencoblosan belum memberikan suaranya karena di luar kesalahan mereka untuk melaksanakan hak pilihnya,” ujarnya.
Selain itu, Bamsoet juga meminta KPU mengevaluasi pencoblosan Pemilu 2019 di luar negeri. Ia tidak ingin hal serupa terjadi pada gelaran Pemilu 2019 di Tanah Air pada Rabu (17/4) esok.

“Mendorong KPU bersama untuk melakukan evaluasi pelaksanaan pemilu di luar negeri. Sebab pemilu kali ini dinilai banyak terjadi masalah, agar pada penyelenggaraan pemilu serentak selanjutnya KPU dapat memfasilitasi seluruh WNI dapat menggunakan hak pilihnya di luar negeri,” tegas Bamsoet.
(tsa/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *