Menaker Yakin Program Desmigratif Bisa Tekan Pengiriman TKI Ilegal

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyatakan, Program Desa Migrasi Produktif (Desmigratif) yang dicanangkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bisa menekan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang kerap dilakukan calo.

Lewat program ini, calon TKI bisa mendapat informasi lengkap seputar pasar kerja dan tata cara bekerja di luar negeri.

“Bahkan kalau mau misalnya berangkatnya lewat PT, mau nanya PT yang sudah dicabut mana saja, kadangkala orang enggak tahu kan. Itu kalau di layanan migrasi bisa diakses informasi itu,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Namun dia mengakui jika upaya tersebut masih butuh usaha yang lebih keras. “Karena ini memang lebih jangka panjang dalam rangka membantu pengelolaan remitansi para TKI,” jelas dia.

Kendati demikian, Hanif menilai, pelaksanaan Program Desmigratif sejauh ini telah berjalan dengan baik, sehingga bisa menangani oknum calo di lapangan.

Alhamdulillah selama ini sudah ada relatif berjalan baik. Dalam program desmigratif itu kan warga desa jadi punya tempat untuk crosscheck Informasi. Karena di situ disiapkan ada informasi pasar kerja, juga kalau mekanisme bekerja ke luar negeri itu seperti apa, syarat-syaratnya bagaimana, dan seterusnya,” tuturnya.

Selain itu, ia melanjutkan, program ini juga mampu menopangi keberlanjutan hidup keluarga TKI yang ditinggal di kampung halamannya.

“Misal yang tinggal pasangannya. Kalau istrinya pergi berarti yang lakinya di rumah, itu kita kasih pelatihan kewirausahaan, kita kasih bantuan sarana dan prasarana usaha sampai mereka menciptakan usaha produktif,” paparnya.

“Kemudian untuk community parenting, anak-anaknya kita urus, kita ada rumah edukatif. Sejumlah BUMN men-support kita, dan anak-anak bisa menghabiskan waktu untuk kepentingan yang positif,” dia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Kemnaker Ingin Pemda Ikut Danai Program Desa Migran Kreatif

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen mengoptimalkan program Desa Migran Produktif alias Desmigratif agar lebih maksimal. Program ini dinilai dapat membangkitkan pembangunan ekonomi di desa.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan, Kemnakar menargetkan 150 desa masuk program desmigratif pada 2019 ini.

“Masih jalan, Desmigratif untuk tahun ini sekitar 150 desa yang kita jalankan dengan program desmigratif itu di 10 provinsi, sekitar 60 kabupaten,” kata dia di Kemnaker, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Hanif mengakui bahwa meskipun terjadi kenaikan jumlah desa sasaran program dibandingkan tahun sebelumnya, namun itu tidak tinggi. Pada 2018, program ini menyasar 130 desa.

“Naik. Cuma kenaikannya tidak melonjak begitu, karena anggaran kita untuk itu relatif terbatas,” ungkap Hanif.

Karena itu, pihaknya mendorong agar pemerintah daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk turut ambil bagian dalam pendanaan program ini.

“Kita bikin role model-nya, jadi ada modeling dari Kementerian untuk pelayanan dan perlindungan TKI dari desa. Kemudian nanti kita berharap pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota juga bisa mereplikasi itu di desa-desa yang kebetulan belum,” jelas dia.

“Karena kalau kami kan desanya tiap tahun paling satu kabupaten atau satu provinsi kita kasih dua desa sebagai model. Kalau provinsinya bisa lebih kenceng, kabupatennya lebih kencang, saya kira akan makin banyak desa-desa yang terjangkau oleh program desa desmigratif,” Dia menandaskan.


Reporter: Wifridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Kenalkan! Eha Penjual Kopi Starling di Cilegon Nekat Jadi Caleg

Cilegon – Caleg DPRD Kota Cilegon dapil 1 Cibeber-Cilegon dari PPP, Eha Soleha (44) sehari-hari menjadi pedagang starling alias Starbuck Keliling alias kopi keliling. Namun, hal itu tidak mengurungkannya maju ke panggung demokrasi.

Eha tinggal di kontrakan petak sekitar 500 meter dari Pasar Induk Kranggot. Ia tinggal bersama kedua orang tua dan anaknya yang masih berumur kira-kira 12 tahun.

Tak ada kursi di ruangan. Televisi tabung seadanya disimpan di lantai. Di beberapa tempat, terlihat pakaian dan mukena bergelantungan.

Setiap hari, ia berjualan di pasar mulai pukul 01.00 WIB dini hari sampai 08.00 WIB pagi. Dari kediamannya, ia bawa 3 termos dan keranjang berisi kopi saset.
Tengah malam jelang fajar adalah waktu paling efektif jualan kopi di pasar karena banyak pelanggan. Pekerjaan ini, sudah dilakukan hampir tiga tahun dengan penghasilan Rp 75 ribu perhari.

Pada pertengahan tahun lalu, Eha bercerita ada pelanggannya tiba-tiba menawarinya menjadi caleg di PPP. Pelanggan tukang sayur itu kebetulan pengurus PAC Kecamatan Cibeber yang sedang mencari sosok caleg perempuan. Meski sempat ragu, ia malah tertarik ikut.

“Saya ditawari teman, saya bilang nggak punya uang. Katanya udah nggak apa-apa, saya diminta beberapa kali, ditelponin, ya udah saya hormati (terima),” kata Eha saat ditemui detikcom di Cilegon, Banten, Jumat (1/3/2019).

Rencana pencalegan ini rupanya sempat ditentang oleh keluarga. Eha diminta mundur karena tak punya modal. Tapi terlanjur mendaftar dan lolos daftar calon tetap (DCT), ia memutuskan untuk terus maju.

“Yah mau gimana lagi, kalau orang tua mah ngedoain aja,” kata orang tua Eha menimpali.

Sejak resmi jadi caleg itulah Eha mengaku semangat melakukan kampanye di pasar. Waktu berjualan ia manfaatkan untuk memperkenalkan diri sebagai caleg dari PPP nomor urut 6. Respons pelanggan menurutnya rata-rata terkejut, bahkan ada yang tidak percaya.

“Walah caleg kopi. Eh ada uangnya nggak. Emangnya punya uang nyaleg,” kata Eha menirukan suara pelanggannya.

“Doain saya sih, kata saya. Terus saya jalan lagi” ujarnya.

Kampanye di pasar itu ia juga sering bagi-bagi stiker dan kartu nama. Ia mengaku dimodali partai untuk dua barang ini. Ia mengaku memang tidak punya modal selain dari jualan kopi keliling.

(bri/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rizal Mallarangeng Kampanyekan Jokowi Lewat Buku

Liputan6.com, Jakarta – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Rizal Mallarangeng meluncurkan buku berjudul ‘Dari Jokowi ke Harari’. Buku itu ditulis Rizal sebagai bentuk kampanye secara halus untuk memenangkan Jokowi pada Pilpres 2019.

“Bahwa momennya kebetulan kampanye dan tentu saja bukan rahasia kalau saya adalah timses Pak Jokowi dan di sini ada beberapa tulisan tentang Pak Jokowi, maka saya kira okelah kita kampanye dengan cara yang soft campaign, halus, elegant. Jadi ini adalah variasi kampanye yang syukur-syukur lebih mendidik,” ujar Rizal di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Buku tersebut merupakan kumpulan esai yang ditulis Celi, sapaan akrab Rizal, di beberapa media terkait politik, ilmu pengetahuan, dan masa depan. Beberapa tokoh dan pemimpin dunia diulas di buku setebal 231 halaman itu.

“Intinya adalah ingin mengajak kita melihat ke depan dengan lebih optimistik tetapi dengan menggunakan nalar yang baik, dengan menggunakan pikiran yang jernih,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Bersikap Optimistis

Melalui buku tersebut, dia berharap dapat mengajak masyarakat, khususnya pembaca untuk selalu bersikap optimistis dalam menghadapi berbagai persoalan.

“Buku ini mengajak kita di manapun Anda berada, ada pasang, ada surut, tetapi move on, bergerak terus dan cari terus. Kalau Anda masih muda buka horizon selebar mungkin pasti kita bisa merealisasikan cita-cita yang tertinggi bagi semua orang, yaitu untuk terus bergerak maju menjadi bangsa yang lebih damai, beradab, sejahtera, terdidik dan toleran satu sama lain,” Celi memungkasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Di Gorontalo, Jokowi Ajak Relawan Counter Isu Negatif-Jelaskan 3 Kartu Baru

Jakarta – Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mengajak jajaran Tim Kampanye Daerah (TKD) dan relawan Gorontalo ikut aktif melawan isu negatif yang dialamatkan ke paslon nomor urut 01. Jokowi meminta TKD dan relawan Gorontalo fokus bekerja di lapangan.

“Saya ingin kita semuanya fokus, tidak ada lagi pertemuan, yang ada pekerjaan-pekerjaan lapangan. Apa itu, dari pintu ke pintu, door to door, baik kader maupun relawan, tidak ada lagi rapat. Sampaikan mengenai visi kita, program kita, counter kalau ada isu yang merugikan elektabilitas partai maupun capres dan cawapres, sehingga terang-benderang masyarakat mengerti,” kata Jokowi di Hotel Maqna, Gorontalo, Kamis (28/2/2019).

“Pekerjaan kita sekarang cuma itu, memberikan klarifikasi, penjelasan atas isu-isu negatif, termasuk dalam infrastruktur yang sudah dikerjakan itu apa, apa, apa,” imbuhnya.
Selain itu, Jokowi meminta TKD dan relawan mendorong masyarakat menggunakan hak pilih saat 17 April 2019. Ia pun mengingatkan agar mereka ikut mengawal suara untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Semakin banyak kita dorong, apalagi yang dorong sambil bisik-bisik itu bisa 100 persen, itu keuntungan yang lebih besar lagi. Semua. Tidak caleg, kader, relawan, pekerjaan akhirnya itu. Dan jangan lupa, yang jadi saksi maupun tidak jadi, tetap harus mengawasi, mengawal suara yang kita sudah menangkan. Jangan sampai hilang satu suara pun, betul-betul dikontrol, diawasi, apakah sesuai dengan angka yang kita dapatkan di TPS,” tutur Jokowi.

Di hadapan para relawan Gorontalo itu, Jokowi juga sempat memamerkan tiga program kerja yang diwujudkan dalam bentuk kartu, yaitu KIP Kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Prakerja. Soal KIP Kuliah, Jokowi mengaku tahu betul rasanya menjadi ‘orang kecil’ yang ketakutan tak bisa melanjutkan sekolah.

“Jadi keluarga kurang mampu seperti saya alami waktu kecil, waktu saya remaja, ketakutan saya dulu kalau saya tidak bisa sekolah dan kuliah, saya kira Bapak-Ibu sudah tahu saya lahir di pinggir sungai, orang tua saya jualan bambu dan kayu di pasar gilingan. Kadang-kadang bapak saya nyambi sopir, sehingga ketakutan tidak bisa menyekolahkan anak, masuk kuliah, selalu masuk dalam otak saya. Inilah keluar KIP Kuliah,” ucap Jokowi.

Ia kemudian memaparkan kartu berikutnya, yaitu Kartu Prakerja. Kartu Prakerja ini dijanjikan berfungsi memfasilitasi pelatihan kerja bagi para pencari kerja.

“Akan keluar lagi Kartu Prakerja. Yang sudah lulus baik SMK/SMA maupun kuliah untuk masuk ke industri, masuk ke pasar kerja itu nanti kita bekali dengan kartu Prakerja. Ini akan disesuaikan, di-link-kan, dengan kebutuhan yang ada. Artinya ada training, vokasional, SDM premium, politeknik, semuanya masuk di sini,” jelasnya.

Terakhir adalah Kartu Sembako Murah. Jokowi berharap kartu ini bisa meringankan beban belanja keluarga. “Ini didapatkan dari survei keinginan masyarakat. Jadi kartu itu nanti kita rancang bisa dipakai untuk keluarga kita membeli sembako tertentu dengan diskon. Nggak tahu nanti baru diputuskan setelah April, bisa saja memegang kartu diberi diskon 50 persen beli beras misalnya, misalnya atau beli minyak, misalnya beli telur, ini rancangannya,” kata Jokowi.
(tsa/gbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Penjualan Toyota Avanza Kembali Diasapi Mitsubishi Xpander

Liputan6.com, Jakarta – Penjualan mobil keluarga kelas bawah di Indonesia masih dikuasai oleh dua model, yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Dua produk asal Jepang ini masih terus bersaing ketat, dan saling salip distribusi kendaraannya di setiap bulan.

Namun membuka awal tahun, penjualan wholesale (pabrik ke dealer) Mitsubishi Xpander kembali asapi Toyota Avanza. Tercatat, pada bulan pertama 2019, Mitsubishi Xpander berhasil terkirim sebanyak 5.708 unit. Sedangkan Toyota Avanza hanya mampu terdistribusi 5.568 unit.

Menanggapi kondisi ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi menjelaskan jika tujuan utama Toyota di Indonesia adalah menjual mobil dan melayani konsumen.

“Poin kedua, setiap kami meluncurkan atau memproduksi produk baru, pasti akan ada lead time, leaning curve untuk mereka memproduksi dalam jumlah yang kami inginkan,” jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Lanjutnya, Toyota mulai melakukan pengiriman Avanza dan Veloz baru relatif pada pertengahan bulan. Jadi, jumlahnya memang tidak akan bisa banyak, dan jumlah itulah yang bisa diproduksi pada Januari 2019.

“Pada awal bulan kami sudah distribusi (Toyota Avanza baru), tapi itu lebih banyak untuk persiapan peluncuran, Kita kirim unit ke seluruh Indonesia untuk peluncuran di dealer. Jadi sebetulnya, konsumen itu setelah tanggal 15 baru mulai pengirimannya,” tegasnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, pada Februari 2019, rencananya Toyota bisa mengirimkan 6.000-an unit Toyota Avanza baru. Namun, untuk jumlah pastinya masih menunggu, karena masih ada beberapa hari lagi.

“Jadi mungkin, awal Maret nanti kita akan info wholesale angkanya berapa. Untuk ritelnya sendiri, kira-kira 5.400-an unit, dan sisanya masih ada sedikit di pipeline. Kalau ditanya di cabang, ya jujur masih ada yang inden, 1,5 sampai dua bulan, apalagi untuk Veloz ya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) Toyota Avanza baru mulai dari peluncuran, diklaim sudah mencapai angka sekitar 15 ribuan unit.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Deretan Meme Sindiran Pacar Ditikung Teman, Kocak tapi Bikin Nyesek

Liputan6.com, Jakarta – Banyak orang menganggap teman atau sahabat telah menjadi bagian keluarga mereka. Karena menjadi salah satu orang spesial dalam hidupmu, tak heran jika sahabat seringkali dipercaya untuk mendengar keluh kesahmu serta mengetahui berbagai hal tentangmu.

Namun, adakalanya sahabat dan pacar yang sudah sangat dekat, malah paling rentan menyakiti hati. Bagaimana jika orang yang sangat kamu percaya seperti sahabat malah menikungmu dengan merebut pacarmu? 

Ya, teman yang suka merebut pacar memang menyebalkan. Ketika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin hubungan pertemananmu dengan penikung itu bakal hancur berantakan.

Belajar dari kasusnya Luna Maya, Syahrini dan Reino Barack, banyak warganet menyarankan jika seseorang punya pacar lebih baik jangan mengenalkannya ke teman yang jomblo. Bukan berarti berpikiran buruk, tapi buat jaga-jaga saja. Siapa tahu pacar dan temanmu sedang khilaf bisa terjadi perselingkuhan. 

Ternyata, warganet malah membuat beragam meme yang menjadi pengingat dan bahan sindiran para penikung. Penasaran seperti apa meme-memenya? Berikut potretnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Beginilah kira-kira

2 dari 5 halaman

2. Belajar dari yang udah-udah ya gaes

3 dari 5 halaman

3. Jangan ditiru ya

4 dari 5 halaman

4. Biasa terjadi nih

5 dari 5 halaman

5. Memang suka begitu, sabar ya

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

La Nyalla Sebut Perilaku Prabowo di Sumenep Membuatnya Tak Layak Dipilih

Malang – Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattalitti memandang perilaku Prabowo Subianto membuatnya tak layak untuk dipilih pada Pilpres 2019 mendatang. Terlebih Prabowo menampakkan wujud aslinya saat bertemu alumni di salah satu Ponpes di Sumenep, Madura.

“Memang begitulah Pak Prabowo kalau marah-marah, gak usah kaget biasa saja. Dan tidak perlu dipilih kalau gitu,” kata La Nyalla usai bertatap muka dengan buruh rokok di PR Gandum Jalan Raya Bandulan, Sukun, Kota Malang, Kamis (28/2/2019).

Menurut La Nyalla, bukan saja di Madura, figur calon pemimpin yang terus menampakkan kemarahan tentunya tak mendapat simpati dari masyarakat.

“Tidak usah di Madura, di Malang saja kalau ada orang marah-marah masa mau dipilih sih,” ujar eks politikus Gerindra ini.

La Nyalla melihat perilaku Prabowo di Madura cukup mencederai para ulama dan juga santri. Tetapi, lanjut La Nyalla, Prabowo memang memiliki watak yang terkadang melukai orang lain.

“Tergantung orang yang melihat bisa dianggap mencederai, bisa dianggap memang wataknya seperti itu, ya dimaklumi saja. Kita cari pemimpin yang kayak Pak Jokowi, humble sama rakyat, dekat betul tidak ada batas. Kalau kiai aja dimarahi bagaimana dengan kita-kita,” ucap La Nyalla.

Sebelumnya, video capres Prabowo Subianto diduga marah-marah di hadapan ulama dan tokoh masyarakat di Sumenep beredar di media sosial. Berdasarkan potongan video yang beredar, Prabowo, yang tengah berbicara di mimbar, bertanya kepada seseorang yang diduga tengah berbicara sendiri.

Awalnya Prabowo bicara soal duit WNI di luar negeri yang mencapai Rp 11 ribu triliun lebih. Prabowo menghentikan pidatonya. Sembari menunjuk, Prabowo bertanya apakah pihak tersebut ingin menggantikannya bicara di atas mimbar.

“Kenapa kok? Ada apa you bicara sendiri di situ? Apa you aja yang mau bicara di sini?” lanjut Prabowo.

BPN Prabowo-Sandiaga pun telah memberi penjelasan. BPN menegaskan sang capres tidak marah kepada ulama ataupun tokoh masyarakat yang ada.

“Dalam video itu, sikap Prabowo menegur audiens, bukan ulama, hanya menegur sayang, tidak menegur dengan kemarahan,” ujar jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Viva Yoga Mauladi.

Tuan rumah acara, KH Moh Yazid menceritakan apa yang terjadi dalam video tersebut.

Kiai Yazid yang berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes) Assadad, Ambunten Timur, Pamekasan, Madura mengatakan saat itu posisinya sedang berdiri tepat di depan panggung. Sementara area di sekitar panggung diisi oleh para relawan Prabowo.

“Saya kebetulan posisi saya persis berdiri, ketika beliau asyik sedang berpidato, sebetulnya bukan orang lain ya, itu relawan. Karena memang kita sterilkan di depan tangga masuk ke tempat (panggung) itu relawan semuanya,” kata Kiai Yazid.

Sementara saat berpidato, ada salah satu relawan yang posisinya tak jauh dari Prabowo sedang berbicara. Suaranya pun cukup keras sehingga langsung terdengar oleh Prabowo yang sedang berada di atas panggung.

“Nah kebetulan ada satu relawan yang sedang mengobrol kenceng kedengeran sama Pak Prabowo,” lanjut Kiai Yazid.

Kiai Yazid memastikan apa yang menjadi dugaan masyarakat jika Prabowo marah-marah itu salah besar. Pasalnya, dia tahu sendiri jika Prabowo hanya menegur dengan intonasi suara yang halus, tidak membentak.

Selain itu, ekspresi Prabowo saat menegur juga terlihat senyum-senyum. Kiai Yazid mengatakan tak melihat mimik marah-marah pada wajah Prabowo.

“Saya kira kurang pantas disebut marah, karena tidak ada marah-marah. Kalau marah-marah kan kita tahu intonasinya seperti apa ya, itu endak kok, ndak ada. Dan itu kan agak dari jauh ya video yang beredar. Kebetulan saya dekat beliau dan enggak kok beliau senyum-senyum,” jelasnya.
(fat/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Toyota Avanza Transmisi Manual Lebih Banyak Dicari Konsumen, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – Model terbaru dari low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza dan Veloz cukup mendapatkan respons positif dari konsumen. Hal tersebut, terlihat dari jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) terhitung sejak kemunculannya, pertengahan Januari 2019 yang sudah mencapai sekitar 15 ribuan unit.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, dari jumlah SPK tersebut, paling banyak masih didominasi varian Toyota Avanza tipe G 1,3 liter manual dan matik. Komposisinya, 50 persen varian tersebut, Veloz sekitar 30 sampai 35 persen, dan sisanya tipe E.

“Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh dari sebelumnya, hanya Veloznya dari 20 persen (model lama) naik ke 30 persen. Tapi itu wajar, setiap kali kami meluncurkan Avanza major atau minor change selalu Veloz naik duluan,” jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, jika dilihat dari tipe transmisi, antara manual dan matik, kira-kira masih didominasi manual dengan 62 persen. Jadi, komposisi tersebut rata-rata sama, kecuali di wilayah tertentu di Jakarta yang varian matik masih cukup tinggi, hampir 50 persen.

“Terus terang masih manual yang mayoritas, karena Toyota Avanza dipakai sampai di pelosok itu ada, Kalau di kota kecil, matik itu tidak terlalu dibutuhkan karena kemacetan, jaraknya lebih dekat. Kemudian, banyak juga digunakan untuk perusahaan rental, yang masih memilih manual,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Toyota Avanza tersedia dalam tujuh varian, mulai 1,3 STD dengan banderol Rp 188,6 juta sampai 1,5 G M/T yang dilepas Rp 221,25 juta. Sedangkan Veloz, tersedia empat tipe, mulai dari 1,3 M/T berbanderol Rp 215,65 juta sampai 1,5 A/T dengan harga Rp 239,45 juta.

2 dari 3 halaman

Fitur Toyota Avanza 2019 Bertambah tapi Harga Tetap, Ini Alasannya

Meskipun mendapatkan sedikit penyegaran, namun Toyota tidak menaikan harga jualnya. Toyota Avanza dan Veloz baru ini tetap dibanderol mulai Rp 188,6 juta untuk varian terendah Avanza sampai Rp 239,45 juta untuk varian tertinggi Veloz.

Dijelaskan Marketing Director TAM, Kazunori Minamide, dengan berbagai tambahan fitur, harga Toyota Avanza dan Veloz terbaru tidak mengalami peningkatan.

“Tetapi model ini sangat diterima di masyarakat, dan dengan model baru ini kita targetkan penjualan sebesar 30 persen,” jelas Minamide di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Marketing Director TAM Anton Jimmi menyampaikan, ada banyak pertimbangan yang dilakukan pihaknya sebelum memutuskan untuk menahan harga jual.

Bahkan, sejak melakukan pengembangan Avanza dan Veloz baru ini, Toyota sudah melakukan survei terkait pasar yang bakal disasar oleh pesaing berat Mitsubishi Xpander tersebut.

“Untuk target konsumen di MPV low ini value for money menjadi kunci yang paling penting. Jadi, kita rasa dengan melihat pasar dan kompetisi kita putuskan untuk mempertahankan harga,” tambah Anton di tempat yang sama.

Dengan melihat target pasarnya sendiri, Toyota sudah melihat berapa harga dan cicilan yang tepat untuk model ini.

Jadi, dengan tidak menaikan harga, kemungkinan untuk merebut pasar dan menjadi leader di LMPV lebih mungkin tercapai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami Ini Mudah, Bisa Langsung Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Seni melipat kertas atau origami adalah seni tradisional yang sudah ada sejak dulu di Jepang. Origami kemudian berkembang menjadi tren hingga saat ini. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami. 

Jika diartikan satu per satu, ori memiliki artian lipat. Sedangkan kami memiliki arti kertas. Jadi origami berarti lipat kertas. Awal mula kemunculan origami sendiri pun banyak atau bervariasi dalam ragam cerita.

Namun bukti paling kuatnya, origami diklaim berasal dari Negara Jepang. Di Jepang sendiri, hampir seluruh penduduk mengetahui cara dan bisa membuat origami. Kegiatan ini sudah menjadi budaya dan kegiatan rutin bagi penduduk Jepang, bahkan di Jepang kegiatan ini dijadikan ajang perlombaan serta karya seni lainnya.

Kesenian ini menggunakan bahan kertas yang berbentuk persegi. Lalu kertas tersebut dilipat dan dibentuk hingga menyerupai hewan atau benda tertentu seperti katak, kapal, balon, burung, dan bentuk lainnya.

2 dari 5 halaman

Tradisi Jepang turun temurun

Origami merupakan seni melipat kertas yang sering dilakukan di Jepang, maka origami dikenal oleh banyak orang sebagai bagian dari budaya Jepang yang berkembang secara turun temurun. Sampai akhirnya origami dikenal oleh banyak orang dari berbagai Negara.

Dan seni melipat kertas ini pun dikenalkan dan diajarkan di sekolah-sekolah karena dapat meningkatkan kreativitas. Tapi nggak hanya anak-anak sekolah saja yang bisa membuat kerajinan dari kertas ini. Tak jarang orang-orang dewasa pun suka dengan seni melipat kertas ini.

Bagaimana tidak, soalnya dengan kertas origami ini bisa banyak dijadikan aneka ragam bentuk. Hasil karya dari kertas origami itu bisa dijadikan pernak-pernik atau dekorasi ruang di rumah.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membuat bunga dari kertas origami. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah, karena alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah.

3 dari 5 halaman

1.  Origami Bunga Sederhana

Ini cara membuat bunga dari kertas origami yang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami, seloptip, dan gunting.

Begini caranya:

– Ambil kertas origami ukuran 6”x6”, corak menghadap atas.

– Lipat secara diagonal dalam kedua arah. Pastikan untuk meluruskan sudut dan lipatan dengan tajam. Lipatan yang seharusnya adalah membentuk ‘X’.

– Balik kertas. Lipat dari kiri ke kanan, dan buka kembali.

– Kemudian lipat dari atas turun ke bawah. Kertas kamu seharusnya berbentuk persegi panjang.

– Dengan sayap terbuka di dasar, dorong dengan lembut ujung kiri atas dan kanan atas dari kertas.

– Lipatan di tengah kertas akan terangkat. Keempat sudut akan bertemu di dasar.

– Kamu akan memiliki kertas dengan bentuk wajik persegi.

– Ratakan bentuk wajik. Pastikan ada satu sayap atas di sisi kiri dan satu sayap atas di sisi kanan.

– Putar wajik 180 derajat, hingga sayap yang terbuka ada di atas.

– Lipat bagian bawah kiri dan bawah kanan dari wajik menuju lipatan tengah. Hal ini akan membentuk lipatan seperti laying-layang.

– Balikkan wajik ke sisi belakang, dan ulangi lipatan yang kamu buat pada sisi depan.

– Buka daun bunga dengan pegang ujung atas dari laying-layang.

– Tarik dan lipat ke bawah kira-kita ¾ dari jarak ke bawah laying-layang. Lakukan dengan ibu jari dan jari telunjuk, tekan bagian tengah dari bunga untuk membentuk lipatan kuat.

– Atur daun bunga di sisi sampai pada posisi yang kamu inginkan. Pengaturan dapat dibuat pada semua daun dengan menjepit dasar bunga dekat tangkai.

– Gunakan gunting untuk membulatkan atau membuat bergerigi pinggir bunga. Pinggiran bulat akan membuat bunga menjadi bunga pansy.

4 dari 5 halaman

2. Origami Bunga Bakung  

Selanjutnya cara membuat bunga dari kertas origami, yaitu bunga bakung. Begini cara mudahnya:

Membuat Kelopak Bunga Bakung

–  Siapkan kertas origami sesuai dengan yang kamu inginkan.

–  Letakkan kertas origami dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.  

–  Lipat kertas menjadi dua bagian secara diagonal untuk membentuk segitas besar.

–  Lipat sudut kiri bawah ke sudut kanan bawah, membentuk segitiga yang lebih kecil.

–  Buka kembali segitiga yang lebih kecil.

–  Lipat daun bunga dengan mengambil sudut kiri dari segitiga dan lipat ke atas dari lipatan di tengah.

– Sudut ini akan memanjang melebihi sisi pinggir dari segitiga yang asli dan kurang lebih memiliki tinggi yang sama dengan ujung atasnya.

– Ulangi lipatan ini pada sisi kanan. Coba dengan membuat lipatan ini simetris dengan lipatan yang ada di kiri.

–  Singkirkan bunga terlebih dahulu.

Membuat Tangkai Bunga Bakung

–  Letakkan kertas yang kamu ingin gunakan untuk tangkai dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.

–  Lipatlah kertas menjadi dua bagian secara diagonal.

–  Buka lipatan dan posisikan kertas agar terlihat seperti wajik persegi.

–  Tarik ujung kanan menuju nlipatan di tengah.

–  Cocokkan sisi kanan dari kertas pada lipatan di kanan, pastikan ujung bawah juga lurus.

–   Ulangi dengan sudut kiri.

–   Kalau sudah selesai, kertas kamu akan terlihat seperti laying-layang.

–   Lipat sisi kanan dan kiri menuju lipatan di tengah. Pastikan ujung bawah tepat dan tajam. Lapisan ini harus berada di tengah dan harus rapat.

–  Lipat ujung kanan atas ke bawah menuju lipatan di tengah. Ulangi dengan ujung kiri atas. Lapisan di antara dua sayap ini juga haru srapat.

–  Lipat bagian atas dari laying-layang ke bawah sehingga lipatan berada di atas dua pertiga dari bagian bawah laying-layang.

–   Lipat sisi kiri ke atas sisi kanan mencocokkan semua sisinya. Segitiga yang lebih pendek dan berisi akan sebagai daunnya.

– Putar tangkai sehingga ujung-ujungnya menhadap ke atas. Ambil

Menggabungkan Bunga dan Tangkai Bakung

– Potong sedikit kertas bagian bawah bunga hingga membentuk lubang kecil.

– Masukkan ujung tangkai ke dalam lubang.

– Beri selotip bunga pada tangkai untuk mencegah bungah jatuh.

5 dari 5 halaman

3. Origami Bunga Unik Lainnya

Cara membuat bunga dari kertas lainnya adalah bunga unik. Caranya juga cukup mudah:

Alat dan Bahan:

–  Gunting

–   Lem

–  Kartas origami

Langkah Membuat

–   Bagi kertas origami menjadi dua bagian hingga membentuk segita.

–  Setelah itu satukan kedua ujung hingga membentuk kerucut dengan satu ujung lancip.

–  Setelah itu lem kedua sisi tersebut agar tidak lepas.

–   Buatlah bentuk tersbeut menjadi beberapa buah.

–   Setelah itu, susun bagian demi bagian agar membentuk bunga yang kamu inginkan.

–  Selesai.

3 Cara Menyetel Gitar Ukulele Untuk Pemula, Belajar Musik dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, musik adalah bagian terpenting dalam hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Hanya dengan mendengarkan musik favorit, hari yang semula kelabu bisa berubah jadi lebih cerah. Maka tak heran jika sehari tanpa mendengarkan musik terkadang membuat semangat hidup berkurang.

Nyatanya, musik memang memiliki segudang manfaat dalam hidup manusia. Misalnya, jika dilihat dari aspek kesehatan. Dikutip Liputan6.com dari laman Inminutes, Kamis (28/2/2019), mendengarkan musik bisa memperbaiki tekanan darah dan detak jantung.

Selain itu, musik juga dapat menjaga otak tetap sehat hingga meningkatkan kemampuan visual dan komunikasi.

Saking banyaknya manfaat musik, tidak sedikit orang yang mempelajari cara memproduksi musik yang enak didengar. Bahkan, tak jarang yang sampai membuat lirik lagu hingga membentuk lagu dengan lirik yang indah. Biasanya, mereka terinspirasi dari kehidupan sehari-hari atau dari kejadian yang tidak sengaja dilalui.

2 dari 6 halaman

Pengertian Gitar Ukulele

Terlebih lagi, alat musik beragam jenisnya sehingga setiap orang bisa memilih jenis alat musik seperti apa yang ingin ditekuni. Salah satunya adalah ukulele.

Ukulele seringkali disebut sebagai gitar mini. Memang benar jika dilihat dari fisiknya, ukulele memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dari gitar pada umumnya. Oleh karena itu, ukulele kerap disebut gitar ukulele oleh banyak orang.

Berbeda dengan gitar pada umumnya, ukulele memiliki tuning sendiri. Keuntungan memilih alat musik ini adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk kamu bawa kemanapun kamu pergi Instrumen musik ini berasal dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879. Meskipun kecil, tapi suara yang dihasilkan sangatlah merdu dan punya keunikan tersendiri.

Nah, bagi kamu yang masih belajar memainkan musik, gitar ukulele bisa kamu pilih untuk melatih jari-jari tanganmu yang penuh bakat itu. Namun, sebelum berlatih memainkan gitar ukulele, kamu harus mengetahui cara menyetel gitar ukulele.

Kira-kira seperti apa caranya? Daripada penasaran, yuk simak cara menyetel gitar ukulele agar kamu bisa memproduksi bunyi-bunyian indah untuk mewarnai hari-harimu, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

3 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele

Sebelum mulai menyetel gitar ukulele, kamu harus tahu bahwa ukulele yang umum digunakan terdiri dari dua macam, yaitu ukulele sopran dan tenor. Keduanya memiliki 4 senar dengan pitch GCEA. Secara berurutan dari atas ke bawah, pitch GCEA berlaku untuk senar 4, 3, 2, dan 1.

Pastikan semua senar ukulele kamu telah terpasang dengan baik. Jika belum, kamu bisa mengencangkan ataupun mengendurkan tiap senar dengan pemutar di ujung papan petik.

Kencangkan senar untuk menaikkan nada. Atau kendurkan senar untuk menurunkan nada. Namun, jangan menyetel senar terlalu kencang karena bisa membuat senar putus.

Jika sudah paham dengan urutan senar, selanjutnya kamu cocokkan nada tiap senar agar dapat berbunyi dengan nyaring. Kamu bisa menggunakan alat musik lain, seperti piano.

Bisa juga dengan aplikasi online yang ada di Playstore atau App Store. Sesuaikan bunyi senar ukulele hingga nadanya sama dengan bunyi yang dikeluarkan piano atau melalui aplikasi online.

4 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Aplikasi Online

Jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi online, kamu bisa download aplikasi ‘Ukulele Tuner Free’ di Playstore maupun App Store. Setelah diinstall, mulailah untuk menyamakan nada tiap senar ukulele dengan aplikasi. Saat memetik senar, aplikasi akan menunjukkan apakah nadanya sudah sesuai.

Caranya adalah dengan mengatur posisi senar menggunakan alat pemutar yang berada di samping ujung kepala ukulele hingga menghasilkan bunyi yang sesuai. Kelebihan dari cara pertama ini adalah aplikasi tersebut akan menunjukkan nada yang paling tepat dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Piano

Cara menyetel ukulele yang kedua adalah dengan menyamakan nada di tiap tuts piano. Mungkin caranya lebih rumit dari cara pertama menggunakan aplikasi online. Pasalnya, selain harus menyiapkan piano, kamu juga harus menekan tuts piano dengan tanganmu sendiri hingga senar ukulele mengeluarkan bunyi yang sama dengan tuts piano.

6 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Pipa Penyetem

Selain aplikasi online dan piano, kamu juga bisa menggunakan pipa penyetem untuk mengetahui cara menyetel gitar ukulele. Kamu bisa memilih pipa penyetem kromatik atau pipa penyetem yang dibuat khusus untuk ukulele.

Caranya adalah tiup pipa sesuai dengan nada yang kamu butuhkan, lalu petik senar ukulele dan sesuaikan hingga menghasilkan nada yang sesuai.

Nah, itulah tiga cara menyetel gitar ukulele yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu diperhatikan bahwa perubahan suhu ruangan ternyata bisa mempengaruhi setelan ukulele. Maka jangan heran ketika setelan nada ukulele kamu berubah saat kamu membawanya ke luar.

Selain itu, setelan nada ukulele juga tidak akan bertahan lama. Jadi, kamu tidak boleh bosan menyetel gitar ukulele. Usahakan untuk lebih sering mengencangkan senar ketimbang mengendurkannya. Namun, pastikan untuk tidak mengeluarkan tenaga terlalu besar karena senar ukulele bisa putus sewaktu-waktu karena tarikan yang terlalu kencang.