Keamanan di Nduga Papua Akan Dapat Perhatian Khusus Saat Pemilu

Tiga anggota Brimob Polda Papua terkena tembak di Lapangan terbang Mugi, Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, saat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata(KKB), pada Rabu, (20/3/2019) pagi sekitar pukul 07.30 WIT.

Saat itu, ketiga anggota Brimob tersebut sedang mengamankan bandara saat helikopter sedang mendistribusikan logistik.

Ketiga anggota Brimob tersebut adalah Bharada A yang tekena tembakan pada bahu kanan dan lengannya, lalu Bharada RFK yang tertembak pada dada kanan dan ketiak bagian bawah, dan yang terakhir adalah Ipda AR yang tertembak di bahu kiri hingga peluru menembus punggungnya. 

Informasi yang diterima Liputan6.com, salah satu dari tiga anggota Brimob yang adu tembak dengan KKB itu meninggal dunia, dia adalah Bharada A yang terluka di bahu kanannya. 

“Benar, salah satu di antaranya gugur,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin, Rabu (20/3/2019).

Bharada A yang gugur usai baku tembak dengan KKB itu kini disemayamkan di Markas Komando Brimob Detasemen B Mimika. Jenazah Bharada A rencananya akan segera diterbangkan ke Jakarta.

Investasi-Ekspor Diurus Menteri Khusus, Ekonom: Masalahnya Bukan Itu

Jakarta – Ekonom Nilai Jokowi Tak Perlu Bentuk Menteri Ekspor dan Investasi

Buntut dari persoalan klasik neraca perdagangan yang tekor dan defisit transaksi berjalan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melontarkan wacana pembentukan dua instansi baru. Yakni kementerian khusus ekspor dan investasi.

Peneliti INDEF Ahmad Heri Firdaus mengatakan sebaiknya pemerintah tak perlu membentuk kementerian ekspor atau investasi. Menurutnya yang harus dilakukan ialah membuat setiap kementerian agar bisa bersinergi dengan baik.

“Perdagangan urusin ekspor, tapi masalahnya bukan membentuk nomenklatur baru,” kata Heri di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

“Masalahnya itu bagaimana bisa sinergi antara lintas kementerian, menyusun kebijakan sehingga dunia usaha tidak bingung,” sambungnya.

Heri mengatakan, saat ini masih ada tumpang tindih aturan yang membingungkan antar kementerian. Seharusnya, setiap instansi dapat menjalankan tugas pokoknya masing-masing agar tak terjadi benturan kebijakan.

“Di sektor hilir dan hulu bisa jadi berantem karena aturan yang beda dari setiap kementerian. Ekspor di tingkat eselon II, tentu ini mereka bisa jalankan tugas setidaknya kementerian perdagangan domain yang sesuai tupoksi, cari pasar aja,” katanya.

Sama dengan ekspor, jelas Heri, masalah persoalan yang menghambat investasi masuk ialah tumpang tindihnya peraturan yang ada di pusat maupun daerah. Oleh sebab itu, yang perlu menjadi perhatian seharusnya ialah memperbaiki koordinasi tersebut.

“Kemudian juga investasi. Bikin kementerian investasi sementara masalah investasi di daerah, bagaimana dibikin tapi di daerah sama juga. Nggak ada efeknya sama investor,” tuturnya.

(fdl/eds)

Jokowi Mau Bentuk Menteri Khusus Investasi dan Ekspor?

Jakarta – Buntut dari persoalan klasik neraca perdagangan yang tekor dan defisit transaksi berjalan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melontarkan wacana pembentukan dua instansi baru.

Instansi tersebut adalah Kementerian Khusus Ekspor dan Kementerian Khusus Investasi. Kepala Negara mengaku sudah menyampaikan wacana tersebut kepada jajaran pejabat kabinet kerja.

Namun, Jokowi juga belum mengetahui wacana tersebut ampuh tidak untuk mengatasi masalah neraca perdagangan yang tekor dan defisit transaksi berjalan.

Penasaran ceritanya bagaimana? simak selengkapnya di sini: (hek/ang)

Pesan Khusus Jokowi untuk Siti Aisyah Usai Bebas dari Kasus Kim Jong-nam

Sebelumnya, pada Senin, 11 Maret 2019 sore, Siti Aisyah yang merupakan wanita kelahiran Serang, Banten, telah tiba di Tanah Air dengan pendampingan dari Menteri Kementerian Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan sejumlah perwakilan dari Kuala Lumpur.

Dia mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 17.00 WIB. Aisyah lalu dibawa ke Kementerian Luar Negeri RI untuk diserahkan langsung ke keluarga. Acara serah terima ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

“Menkumham, beberapa perwakilan dari KL (Kuala Lumpur) dan juga saya sendiri, telah menyerahkan secara resmi saudara Siti Aisyah kepada keluarga,” kata Retno dalam prosesi pemulangan dan serah terima Siti Aisyah kepada keluarga di Kemlu RI.

Siti Aisyah bersama warga negara Vietnam, Doan Thi Huong didakwa mengolesi zat saraf VX beracun di wajah Kim Jong Nam di Bandara Kuala Lumpur pada 2017 lalu. Keduanya membantah terlibat dalam pembunuhan. Mereka berpikir apa yang mereka lakukan adalah bagian dari lelucon (prank) dalam sebuah program televisi.

Jika terbukti bersalah, Aisyah terancam hukuman mati. Jaksa dalam kasus ini meminta agar tuduhan pembunuhan dibatalkan, tanpa memberikan alasan. Hakim menyetujui permintaan yang mengatakan “Siti Aisyah dibebaskan”.

Madrid Punya Tempat Khusus di Hati Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo menyebut perjalanan bersama Real Madrid merupakan perjalanan terbaik yang dilaluinya di dunia sepak bola. Pemain asal Portugal itu menghabiskan waktu sembilan tahun memperkuat Los Blancos dan menganggap Madrid sebagai tempat yang spesial. 

Ronaldo tiba di Madrid pada Juli 2009 lalu, dan sejak saat itu dia berkembang jadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah Madrid. Ronaldo merupakan top scorer sepanjang masa Madrid dengan 450 gol dari 438 pertandingan.

Kini, dia membuka lembar baru bersama Juventus. Di usia 34 tahun, kehebatan Ronaldo masih belum berkurang, dia dipercaya masih bisa terus melaju hingga tiga atau empat tahun lagi.

Ronaldo mengaku tidak akan pernah bisa merupakan Madrid, sebagai klub dan sebagai kota. Sebab, di sanalah dia menemukan titik penting dalam kariernya, di sanalah dia memutuskan untuk berkeluarga.

“[Madrid] merupakan kota yang sudah menandai hidup saya selamanya, dari sudut pandang profesional sampai cara ia memengaruhi saya secara personal,” kata Ronaldo kepada ABC.

“Saya membangun bagian penting dalam karier saya di sana, juga di sanalah tempat saya memulai keluarga saya.”

“Saya merindukan orang-orang Madrid,” sambung dia.

Toyota Siapkan Kendaraan Khusus untuk Jelajahi Bulan

Liputan6.com, Jakarta Bekerja sama dengan badan antariksa Jepang untuk misi ke Bulan, Toyota akan mengembangkan kendaraan khusus. Hal itu menjadikan perusahaan raksasa Jepang tersebut sebagai pabrikan mobil pertama yang mengeksplorasi ruang angkasa secara menyeluruh.

“Kami berencana untuk bekerja sama dengan Toyota dalam misi eksplorasi ke Bulan,” kata juru bicara Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA).

Seperti dilansir AFP, Minggu (10/3/2019), untuk lebih lengkapnya, JAXA dan Toyota akan melakukan pengumungan terkait hal tersebut Selasa pekan depan di Tokyo.

Meski demikian, Toyota telah mengkonfirmasi rencana untuk mengumumkan proyek bersama dengan JAXA, namun menolak berkomentar lebih jelas.

Ada Bulu Mata Palsu Khusus untuk Penderita Kanker Agar Tetap Merasa Cantik

Jakarta

Rasa percaya diri penderita kanker menurun setelah menjalani kemoterapi. Seluruh rambut-rambut di tubuh rontok, termasuk bulu mata. Kini, penderita kanker tetap bisa merasa cantik dengan hadirnya bulu mata palsu yang telah dibuat khusus oleh wanita asal Zimbabwe Codilia Gapare.

Codilia juga didiagnosa kanker payudara. Wanita 41 tahun itu kaget ketika efek kemoterapi mulai terlihat, rambut sampai bulu matanya rontok.

Selama kemoterapi, Codilia menggunakan wig. Namun ia kesulitan mencari bulu mata palsu untuk menggantikan bulu mata aslinya. Bulu mata palsu yang ia beli selama ini tidak bisa lengket dengan baik di garis bulu matanya. Sementara lem bulu mata yang terlalu kuat akan memicu masalah sistem imunnya.

Ada Bulu Mata Palsu Khusus untuk Penderita Kanker Agar Tetap Merasa CantikFoto: Dok. Eylure C-Lash

Empat tahun setelah Codilia didiagnosa kanker, ia merancang bulu mata palsu yang cocok untuk penderita kanker. Bulu mata palsu yang dirancangnya juga cocok bagi mereka yang kehilangan bulu mata palsu seperti kondisi alopecia. Bulu mata palsu itu hadir dengan nama Eylure C-Lash yang dijual di drugstore Inggris Boots. Bulu mata palsu tersebut dijual seharga 5,25 poundsterling atau sekitar Rp 97 ribu.

Eylure C-Lash berbeda dengan bulu mata palsu standar lainnya. Dirancang memiliki ban sehingga bisa menempel dengan baik di garis bulu mata. Produk ini pun dibuat muda diaplikasikan dan tahan lama.

(kik/ami)

AP I Siapkan Gerai Khusus untuk UMKM di Bandara NYIA

Liputan6.com, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan lokasi khusus di Bandara Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA), Kulon Progo untuk UMKM. Ini sebagai bentuk dukungan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pada tahap awal pengoperasian terminal internasional NYIA nanti, Angkasa Pura I menyediakan lima titik gerai UMKM yang masing-masing berukuran 1,5 meter persegi dan satu gerai berukuran 50 meter persegi yang tersebar di area boarding lounge.

Angkasa Pura I menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam menentukan UMKM dan produk apa saja yang akan ditampilkan di gerai-gerai tersebut. 

“Gerai UMKM ini akan memprioritaskan produk-produk lokal DIY. Untuk pembagian gerai, dua titik dialokasikan untuk UMKM Kulon Progo dan sisanya akan kami seleksi untuk UMKM DIY dan kabupaten sekitarnya,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Srie Nurkyatsiwi, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2019).

“Semua akan dilakukan kurasi produk dan evaluasi sesuai tata kelola yang ditentukan. Khusus UMKM yang bergerak di bidang kuliner, wajib memiliki izin PIRT, sertifikat halal, dan lolos uji BPOM,” lanjutnya. 

Ia menambahkan, saat ini sudah ada 190 produk unggulan binaan Diskop UMKM DIY yang berpotensi masuk NYIA, yaitu dari kerajinan (batik, kayu, kulit, perak, kontemporer), fashion (hijab, baju, tas, sepatu, sandal), dan kuliner (makanan dan minuman kemasan).

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan, produk UMKM akan terbagi menjadi food, craft, dan fashion yang akan mengisi gerai-gerai yang disediakan Angkasa Pura I di area keberangkatan NYIA selama operasional terminal internasional hingga bandara ini siap beroperasi penuh pada akhir 2019.

“Kami berharap melalui gerai khusus UMKM di NYIA ini dapat meningkatkan upaya promosi dan pemasaran bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah serta meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kulon Progo maupun Provinsi DIY,” ucap Devy. 

Sebagai BUMN yang mempunyai tanggung jawab sebagai agen pembangunan, lanjut Devy, upaya yang dilakukan Angkasa Pura I ini merupakan salah satu komitmen untuk turut memajukan perekonomian masyarakat di sekitar bandara.

“Inisiatif ini semoga dapat membantu mengenalkan produk UMKM DIY dan Kulon Progo kepada dunia melalui NYIA,” harap Devy.

Rahasia Krim Khusus Prabowo Tangkis Cakaran Emak-Emak

Liputan6.com, Jakarta – Capres Prabowo Subianto mengapresiasi emak-emak yang sangat militan dalam mendukungnya. Dia pun bercerita bahwa punya krim khusus untuk memoles tubuhnya dari kuku emak-emak yang kerap berebut salaman dengannya.

“Kalian dikasih duit gak ke sini? ini emak emak semangatnya luar biasa. Kalau pegang tangan saya gak dilepas lepas, apalagi tau gak emak-emak kuku kalian itu panjang panjang, tapi saya tidak kalah akal, saya ternyata dikasih krim khusus, krimnya sangat licin,” ungkap Prabowo saat melakukan pidato kebangsaan di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) Bandung, Jawa Barat, Jumat (8/3/2019).

Mantan Danjen Kopassus itu mengungkapkan, krim tersebut berasal dari Eropa. Krim itu juga kerap digunakan politisi saat blusukan menemui warga.

“Yang ngasih saya dia bilang pak ini bisa bertahan, ini krim khusus dari Eropa, ini krim seolah-olah untuk tokoh-tokoh untuk politisi, karena mereka harus kasih tangan, ini tahan 12 jam,” ucapnya.

Namun ternyata, di Indonesia krim tersebut hanya bertahan setengah jam karena tangan para ibu-ibu yang militan saat berebut salaman. Prabowo juga kerap membawa barang tersebut saat berkunjung ke daerah untuk menyapa warga.

“Sepuluh menit pertama saya gagah, kalau sudah setengah jam aduh gawat ini, makanya emak-emak minta maaf kalau sekarang, emak-emak (nyodorin tangan) begini saya begini (melambaikan tangan, gak salaman). Kenceng kenceng, megang nya kenceng-kenceng heran saya ini,” seloroh Prabowo.

Maret 2019, Terminal Khusus Penerbangan Murah Bakal Ada di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya menyebutkan, Indonesia akan segera memiliki  Terminal Bertarif Rendah atau Low Cost Carrier Terminal (LCCT).

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Indonesia. Adapun LCCT pertama yang dimiliki Indonesia tersebut berlokasi di terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

“Maret ini de facto LCCT sudah ada di Indonesia,” kata Arief di Skye Restaurant, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

Dia menyebutkan, ada terminal LCCT akan mampu mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara maupun domestik. Sebab biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih rendah.

“Biayanya lebih murah daripada yang normal (terminal full service),” ujar dia.

Dia menyebutkan, selama ini pertumbuhan penumpang pesawat tertinggi adalah pengguna LCC, bukan full service. Namun, sayangnya Indonesia belum memiliki LCCT seperti yang telah ada di beberapa negara tetangga.

“Airlines peranannya sangat penting di dalam tourism Indonesia. Airlines dibagi 2, Full Service dan LCC. Pertumbuhan full service kurang dari 5 persen, pertumbuhan LCC lebih dari 20 persen. Indonesia tidak memiliki satu pun LCCT, mau mendarat dimana para LCC itu? ,” ujar dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta disulap menjadi LCCT pertama di Indonesia. Dengan harapan mampu menjadi daya tarik para wisatawan terutama dari mancanegara yang saat ini sebagian besar memilih bepergian dengan maskapai LCC.


Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Angkasa Pura II

Sebelumnya, Direktur Utama PT Angkasa Pura II,  Muhammad Awaluddin mengungkapkan bahwa terminal 1 dan terminal 2 sebetulnya saat ini sudah mengusung low cost carrier. Namun setelah revitalisasi kedua terminal tersebut akan menjelma sepenuhnya menjadi terminal LCCT.

Dia mengungkapkan, saat ini proses revitalisasi tengah berlangsung dan ditargetkan selesai 3 tahun mendatang pada 2021. Lambatnya proses tersebut sebab kedua terminal masih tetap difungsikan meski sedang direvitalisasi.

“Selesai 2021. Tapi kalau implementasinya akan mulai dengan pendekatan tahun depan akan kita mulai,” kata dia saat diskusi eksklsusif bersama media di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis 22 November 2018.

Dia menambahkan, revitalisasi tersebut juga akan  meningkatkan daya tampung penumpang di terminal 1 dan 2 yang saat ini masing-masing kapasitasnya adalah 9 juta penumpang menjadi 25 juta atau hampir tiga kali lipatnya.

“Terminal 1 menjadi lebih luas desain konstruksinya 9 juta menjadi 25 juta. Terminal 2 juga sama,” ujarnya.

Dia juga menuturkan, terminal 2 akan terkoneksi seperti terminal 3 dimana semua sub terminal seperti 2D, 2F dan lain sebagainya akan terhubung tanpa ada pemisah. “Nanti akan nyatu panjang kayak terminal 3,” ujarnya.

Dia menjelaskan, perbedaan mendasar terminal 1 dan terminal 2 saat menjadi full terminal LCCT ada tiga. Pertama adalah seamless journey dimana diharapkan dapat meneyedot penumpang wisatawan backpaker yang membawa barang sedikit saat bepergian. Karena di LCCT antrian saat check in atau hendak masuk pesawat antriannya akan dibedakan dengan yang memabawa banyak bagasi.

“Banyak milenial yang gak suka ngantri ingin melayani diri sendiri,” ujarnya.

Kedua adalah Fast procesing time dimana mesin check in mandiri akan diperbanyak sehingga penumpang dapat melakukan check in sendiri melalui mesin yang disediakan tanpa harus antri panjang.

Sementara itu counter check in manual akan dikurangi jumlahnya dalam rangka membuat lahan terminal menjadi semakin luas. Terkahir adalah differentiated service atau pelayanan bagasi sendiri.

Selain itu, Self boarding gate juga akan diterapkan dimana pemeriksaan keamanan hanya akan menjadi satu tahap. Selanjutnya penumpang bisa langsung masuk ke gate hanya dengan menscan barcode yang terdapat di tiket pesawat.

Terminal 1 akan menjadi LCCT untuk penerbangan domestik. Sementara terminal 2 akan menjadi LCCT penerbangan internasional. Oleh sebab itu, Air Asia yang saat ini ada di terminal 3 akan dipindahkan ke terminal 2.

“Jadi nanti LCCT internasional yang ada di terminal 3 misal Air Asia pindah kembali lagi ke terminal 2,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini: