Ini Tanggapan Jusuf Kalla soal Rencana Penutupan Taman Nasional Komodo

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menanggapi rencana Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menutup Taman Nasional Komodo selama satu tahun untuk wisatawan. JK mengaku paham akan wacana tersebut. Terlebih penutupan ini dengan pertimbangan untuk membudidayakan rusa.

“Kalau saya lihat alasan Gubernur Viktor itu untuk memperbanyak, mengembangbiakkan rusa,” ujar Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

Meski tak secara langsung menyampaikan penolakan, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengingatkan, penutupan Taman Nasional Komodo bukan satu-satunya solusi budi daya rusa.

“Jangan lupa, dikunjungi dan tidak dikunjungi (rusa) perlu makan. Jadi memang bisa saja, ini benar perlu makan rusa, kambing itu. Pertanyaannya, apa perlu dikembangbiakkan di situ atau dibawa ke tempat lain dulu baru ke situ?” ujar JK.

Sebelumnya, Viktor mengungkapkan rencananya menutup sementara Taman Nasional Komodo guna meningkatkan jumlah populasi rusa yang menjadi makanan utama komodo. Selain itu, pemerintah provinsi akan menata Taman Nasional tersebut supaya habitat komodo menjadi lebih berkembang.

2 dari 3 halaman

Kekhawatiran Viktor

Viktor mengkhawatirkan, rendahnya perhatian terhadap budi daya rusa mengakibatkan komodo saling memangsa. Apalagi, saat ini perburuan liar terhadap rusa di area taman tersebut semakin marak.

“Namanya taman itu harus indah dan biar habitat komodo di sana, bisa nyaman dan kita bisa lakukan rekayasa genetik untuk komodo kembalikan habitatnya, jangan makin lama makin kecil tapi dia makin membesar,” kata Viktor, Senin 21 Januari 2019.

Menurut mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR itu, wisatawan masih diperbolehkan mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitar Labuan Bajo. Namun, tidak diizinkan untuk masuk ke Pulau Komodo.

“Boleh masuk tapi tidak boleh turun khusus untuk Pulau Komodo. Putar aja silakan putar dengan kapal kan bisa di Padar, masih bisa turun di Padar, di Rinca tapi kalau khusus untuk Pulau Komodonya kita tutup,” ujar Viktor.


Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pemkot Bandung Masih Godok Aturan PPDB 2019 90 Persen Zonasi

Bandung – Pemkot Bandung tengah menggodok kembali perubahan aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sesuai Permendikbud No 51 Tahun 2018. Di mana, untuk tahun ini tidak ada Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Tahun 2019, sekolah wajib menerapkan PPDB berbasis zonasi untuk 90 persen dari siswa baru.

“Jadi memang ada beberapa hal yang berubah sesuai dengan Permendikbud itu. Maka ada beberapa hal yang harus disikapi secara objektif dan responsif,” ujar Plt Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Selasa (22/1/2019).

Terkait hal itu, Ema sudah meminta Disdik Kota Bandung untuk mendalaminya. Sebab Permendikbud tersebut berisi aturan zonasi, siswa berprestasi hingga orang tua wali yang pindah alamat dengan alasan pekerjaan.

Menurut Ema, hal-hal yang ada dalam Permendikbud tersebut harus segera disikapi sebelum merumuskannya menjadi peraturan di tingkat daerah sesuai dengan pengalaman PPDB tahun 2018 lalu.

“Kondisi eksisting di Bandung itu tidak selalu posisi ideal. Selalu sekolah favorit dipilihnya, harus antisipasi dan harus objektif. Aturan dari pusat pasti berlakukan. Namun hal yang tidak terakomodir atau tidak ideal juga harus diselesaikan,” ujarnya.

Terpisah, Kadisdik Kota Bandung Elih Sudiapermana berharap PPDB 2019 lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga perlu pembahasan Permendikbud sebelum membuat Peraturan Wali Kota (Perwal).

“Kemarin kan baru menyamakan persepsi. Kita masih kaji poin-poin yang akan direvisi dalam Perwal,” katanya.

Sementara itu ditemui terpisah, Wali Kota Bandung Oded M Danial menyatakan untuk sistem zonasi akan ada perbedaan bagi sekolah yang berada di pusat kota.

“Nanti saya akan rapatkan karena ada beberapa sekolah di pusat kota, apabila pakai zonasi bakal saeutik muridna. Jadi kebijakannya harus khusus,” katanya.

Perlu diketahui, PPDB tahun ini akan dilaksanakan tiga jalur yaitu zonasi (kuota minimal 90 persen), prestasi (kuota maksimal 5 persen) dan jalur perpindahan orang tua dengan (kuota maksimal 5 persen).

Ada beberapa peraturan baru pada PPDB 2019 sesuai Permendikbud No 51 Tahun 2018. Di antaranya penghapusan syarat SKTM. Bagi siswa tidak mampu tetap menggunakan jalur zonasi ditambah dengan program pemerintah untuk keluarga tidak mampu.

Selain itu, pengaturan domisili juga berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun ini, domisili berdasarkan alamat Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan minimal 1 tahun sebelumnya, bukan 6 bulan sebelumnya seperti tahun lalu.

Setiap sekolah juga wajib mengumumkan daya tampung kelas sesuai dengan data rombongan belajar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Permendikbud sebelumnya belum mengatur secara detil perihal daya tampung ini.

Terakhir, pada PPDB tahun ini sekolah wajib memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili sesuai dengan zonasi yang sama dengan sekolah asal. Hal ini untuk mengantisipasi surat domisili palsu yang dibuat jelang pelaksanaan PPDB.
(tro/ern)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ma’ruf soal Ekonomi Syariah: Ibarat Bus Banyak Tapi Penumpang Sedikit

Nganjuk – Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin bicara tentang ekonomi syariah di hadapan para santri dan kiai di Nganjuk, Jawa Timur. Ma’ruf menyebut ada pelaku usaha yang tidak mengerti ekonomi syariah.

“Orang mengatakan ekonomi syariah, ibarat bus banyak tapi penumpang sedikit, lembaga banyak tapi pelaku usaha sedikit karena yang ngerti sedikit. Supaya penumpangnya banyak, perlu ditumbuhkan kewirausahaan salah satunya membangun Gus Iwan (Santri Bagus Rupawan, Seneng Ngaji, dan Wirausahawan) di mana-di mana,” ucap Ma’ruf dalam acara bertema ‘Arus Baru Ekonomi Umat, Masa Depan UMKM dan Koperasi Syariah’ di Wisma Koperasi, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Ma’ruf Amin lalu menawarkan sejumlah program untuk memberdayakan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi umat. Dia menawarkan tiga program yang ingin dijalankan jika terpilih menjadi wakil presiden.

“Yang paling fundamental adalah mendorong kemauan masyarakat untuk terjun dalam wirausahawan. Kedua, pemerintah akan mengeluarkan regulasi yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi umat,” kata Ma’ruf.

Ketiga, lanjut Ma’ruf, pihaknya juga akan mendorong para konglemerat agar mau berkolaborasi dengan masyarakat ekonomi bawah. Khusus untuk program ketiga, Ma’ruf menegaskan bukan untuk membenturkan pihak ekonomi kuat dengan yang lemah.

“Perlu ada perubahan pembangunan ekonomi nasional, tidak dari atas tapi dari bawah. Pembangunan ekonomi umat, pemberdayaan ekonomi umat. Kalau ingin bangsa ini kuat, umat harus kuat. Kalau umat lemah, bangsa lemah,” ucap dia.

Ketua Dewan Bank Syariah ini mengklaim bisa menumbuhkan ekonomi syariah yang menurutnya selama ini rendah di Indonesia. Padahal, banyak masyarakat yang membutuhkan ruang ekonomi syariah namun tidak memiliki akses yang banyak.

“Maka perlu dibangunkan usahawan yang bersyariah. Santri yang membakar ekonomi syariah supaya pangsa pasarnya menjadi luas,” tandas Ma’ruf.

Dalam acara dialog ini, sejumlah kelompok masyarakat dan ormas agama mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf. Adapun yang mendeklarasikan dukungan yakni Forum Kiai dan Santri Kabupaten Nganjuk.
(fai/zak)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ahok Bebas 24 Januari, Total Hukuman Penjara 1 Tahun 8 Bulan 15 Hari

JakartaBasuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan bebas pada Kamis, 24 Januari. Ahok akan keluar dari Rutan Mako Brimob setelah menjalani masa pidana penjara selama 1 tahun 8 bulan 15 hari.

“Jatuh tempo berakhirnya masa pidana yang bersangkutan adalah tanggal 24 Januari 2019 atau Kamis yang akan datang. Insyaallah akan dibebaskan di lokasi Mako Brimob Kelapa Dua,” ujar Kalapas Cipinang Andika Dwi Prasetya kepada wartawan, Selasa (22/1/2019).

Ahok mulai menjalani hukuman penjara pada 9 Mei 2017 setelah putusan dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Ahok divonis 2 tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan penodaan agama atas pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Selama menjalani pemidanaan, Basuki mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman total 3 bulan 15 hari.

“Dengan perincian remisi khusus Natal 2017 (sebanyak) 15 hari. Remisi umum 17 Agustus 2018 sebanyak 2 bulan dan remisi khusus Natal 2018 (sebanyak) 1 bulan. Dengan pengurangan remisi tersebut, total Saudara BTP menjalani masa pemidanaan selama 1 tahun 8 bulan 15 hari,” papar Andika.

Ahok, disebut Andika, tidak pernah mengambil kesempatan yang menjadi hak narapidana. Di antaranya hak cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, juga cuti menjelang bebas.

“Artinya, yang bersangkutan bebas murni,” sambung Andika.

Sebelumnya, Menkum HAM Yasonna H Laoly menyebut Ahok bebas pada Kamis, 24 Januari, dari Mako Brimob pada saat jam kerja.

“Prosedur administrasinya diselesaikan di Cipinang, nanti pembebasannya di Mako. Itu jam kerja,” kata Yasonna kepada wartawan di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Selasa (22/1).

Yasonna menyebut bebasnya napi merupakan hal biasa. Ahok sendiri memilih bebas setelah mendapat potongan resmi masa hukuman pidana alias tak mengambil bebas bersyarat.

“Saya mau janganlah dibesar-besarkan. Biasa saja orang keluar dari lapas, kok. Napi yang sudah melewatinya tidak mau menggunakan hak PB-nya. Dia mau betul-betul ini karena beberapa mungkin pertimbangan pribadi,” tuturnya.
(fdn/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ikhsan Leonardo, Idola Baru Badminton Lovers

Jakarta – Pebulutangkis tunggal putra, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, menjadi idola baru para pecinta bulutangkis di Indonesia Masters 2019. Dia menjadi atlet yang paling dicari oleh fans.

Ikhsan gagal ke babak utama Indonesia Masters. Dia disingkirkan pebulutangkis Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk 17-21, 21-19, 11-21 pada babak penentuan.

So, hari ini menjadi hari perdana dan terakhir penampilan Ikhsan di Indonesia Masters. Tak membuang kesempatan, fans Ikhsan sudah heboh menunggu Ikhsan turun dari lapangan dan berada di area mixedzone.

“Ikhsan… Ikhsan astaghfirullah hal adzim,” Sinta Snap, 22 tahun, berteriak setelah berhasil berswafoto dengan Ikhsan.

Sinta satu dari sejumlah penggemar yang bergantian foto dengan Ikhsan. Dia datang dari Bandung khusus untuk memberikan dukungan kepada pebulutangkis Indonesia, terutama Ikhsan.

Ikhsan Leonardo, Idola Baru Badminton LoversFoto: Mercy Raya/detikSport

“Saya suka Ikhsan dan Anthony Ginting. Saya suka Ikhsan saat World Junior Championship tahun lalu. Saat dia buka baju. Makanya, jauh-jauh dari Bandung datang ke sini untuk melihat dan foto bareng mereka,” kata Sinta.
Selain Ikhsan, Sinta juga mengidolai Anthony Ginting. Maka tak heran dia sampai rela menabung untuk membeli tiket nonton sampai Kamis (24/1). Untuk Indonesia Masters, dia harus mengeluarkan uang hampir Rp 1 juta.

“Nabung, mbak. Tiket juga dapatnya cuma sampai Kamis. Yang hari Jumat sampai Minggunya tidak dapat. Saya di sini menginap di salah satu penginapan Rawabelong (Jakarta Selatan),” ujar dia.

Sementara, Ikhsan mengaku senang bisa menjadi idola baru para pencinta bulutangkis. Tapi dia ingatkan penggemar agar tak hanya mendukung saat atlet sedang naik karirnya.

Ikhsan Leonardo, Idola Baru Badminton LoversFoto: Mercy Raya/detikSport

“Ya senang sih. Cuma saya harap mereka selalu mendukung, karena ada saja yang cuma bisa mennghakimi. Saya harap mereka bisa mengerti perjuangan kami, atlet,” kata Ikhsan.

“Ya ini jadi motivasi saya saja. Kalau nyinyirnetizen, saya sekadar baca tapi ya sudah. Saya berdoa semoga mereka mengerti perjuangan atlet bagaimana. Mereka cuma melihat kita di lapangan, tak melihat kami sehari-hari seperti apa,” ujarIkhsan.

(mcy/fem)

Cara Bisnis Online Baju Yang Menguntungkan, Ini Trik Suksesnya

Liputan6.com, Jakarta Bisnis jual beli online saat ini semakin berkembang. Didukung dengan perkembangan digital yang semakin pesat membuat aktivitas jual beli online makin meningkat.

Segala macam produk dapat dijual secara online. Salah satu bisnis online yang berkembang saat ini adalah bisnis pakaian atau baju.

Pakaian merupakan bahan sandang yang dibutuhkan setiap orang. Seperti makanan, pakaian merupakan kebutuhan pokok yang tak terlepas dari kehidupan manusia. Hal ini membuat pakaian merupakan potensi besar dalam dunia bisnis.

Ada berbagai cara bisnis online baju yang menguntungkan, cara ini dapat digunakan dalam memulai bisnis anda. Bagi anda yang ingin terjun menekuni bisnis pakaian online, cara bisnis online baju yang menguntungkan bisa diikuti.

Cara bisnis online dapat anda jadikan sebagai strategi awal anda dalam berbisnis online. Berikut ulasan cara bisnis online dirangkum Liputan6.com, Selasa (22/1/2019)

2 dari 9 halaman

1. Tentukan konsep dan fokus pada satu kategori produk

Seseorang yang sukses adalah mereka yang memiliki perencanaan bisnis yang matang dan terperinci. Rencana bisnis tidak harus panjang dan bertele-tele, namun cukup singkat dan padat.

Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin Anda angkat.Sebelum mulai berbisnis online shopping, cara bisnis online yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menentukan produk apa yang cocok untuk diperjualbelikan.

Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang.Lalu, pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan potensi pembeli antara usia 17-35 tahun.

Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda.

Usahakan untuk fokus dengan satu kategori agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan, sehingga pembeli bisa dengan mudah menemukan apa yang dicari dan butuhkan.

3 dari 9 halaman

2. Cari keunikan, Inovasi dan Kreativitas Kunci Utama Sukses Berbisnis Online

Persaingan usaha kian hari semakin ketat. Untuk itulah Anda harus mampu mencari keunikan dan inovasi dari produk yang dijajakan.

Keunikan akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi pioner dalam bisnis jenis itu. Beragam keunikan dari inovasi produk pakaian juga akan membuat konsumen semakin puas.

Melakukan riset tentang produk atau pelanggan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan apa saja produk yang lebih populer dan diminati ketika ingin memulai bisnis online.

Namun, yang tak kalah penting juga adalah meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan dan mengembangkannya. Sebab berbisnis online sangatlah unik dan menarik.

Karena itu, jangan berkecil hati meskipun Anda masih pemain baru. Tingkatkan kreativitas dan inovasi agar mampu bersaing.

4 dari 9 halaman

3. Temukan pemasok produk yang tepat

Ketika Anda sudah mendapatkan produk apa yang sesuai untuk dikembangkan sebagai dagangan, saatnya Anda mulai memilih dan mencari supplier.

Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan supplier bahan pakaian yang bagus dan dapat dipercaya.

Lakukan kerjasama awal dengan beberapa supplier handal dan selanjutnya anda dapat memilih supplier mana yang terbaik sebagai rekan bisnis jangka panjang.

Ada dua pilihan dalam bisnis online shopping untuk mendapatkan supplier, yakni dengan sistem reseller atau dropshipper.

Jika Anda memilih sistem reseller, biasanya Anda harus menyiapkan modal lebih dulu untuk menyediakan produk dagangan.

Semakin besar toko online Anda dengan item produk yang banyak, akan makin banyak pula modal yang diperlukan. Namun, Anda dapat menjual langsung ke pelanggan dengan harga yang bisa di otak-atik sendiri.

Berbeda dengan reseller, sistem dropshipping ini hampir tak memerlukan modal, tapi hanya butuh paket data internet yang selalu online.

Mengapa? Sebab semua produk yang Anda pajang akan disiapkan dan didukung supplier untuk ke tangan konsumen.

Jadi Anda hanya bertindak sebagai tenaga pemasaran dan ketika ada pelanggan yang berminat, supplier yang akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama Anda. Tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

5 dari 9 halaman

4. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Cara bisnis online selanjutnya yang juga tak kalah penting ketika ingin berbisnis online adalah dengan memberikan nomor kontak yang jelas. Mengapa penting? Sebab ini jalan untuk menghubungkan pelanggan dengan Anda ketika mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, pasang nomor kontak yang jelas dan pelanggan bisa terhubung langsung dengan Anda. Apakah dengan online chatting, instant messenger, media sosial, atau aplikasi khusus lainnya.

Ketika nomor kontak sudah tertera, berikanlah respons yang maksimal pada calon pelanggan. Jangan sampai mereka kabur hanya gara-gara Anda telat merespons. Tentu ini dapat merugikan bisnis yang sedang Anda bangun.

Jangan lupa juga untuk menyisipkan bagaimana cara pengiriman dan pembayarannya supaya calon pelanggan lebih percaya dan memudahkan dalam poses transaksi.

6 dari 9 halaman

5. lakukan promosi dan buat trik pemasaran yang unik

Membangun sebuah strategi untuk bisnis kita tidak bisa sembarangan. Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan hanya cuma satu, yaitu strategi pemasaran nan unik dan kreatif.

Cobalah pikirkan kira-kira trik pemasaran seperti apa yang ingin Anda pakai. Pemasaran produk yang baik akan sangat berpengaruh pada performa penjualan produk pakaian Anda nantinya.

Ada banyak cara untuk mengenalkan toko online Anda, mulai dari media sosial hingga platform khusus online shopping. Misalnya, Facebook, Instagram, ataupun marketplace lainnya.

Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon pelanggan. Pengenalan merek produk/jasa yang bagus dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon pelanggan penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli apa yang Anda tawarkan.

7 dari 9 halaman

6. Gaet influencer

Salah satu cara bisnis online lain agar produk Anda bisa dikenal di dunia online dengan lebih mudah yakni dengan bekerja sama dengan influencer. Anda bisa memilih siapa saja kira-kira influencer yang cocok dijadikan kerja sama.

Dalam memilih influencer ini jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan konsep dan target pasar produk pakaian anda. 

8 dari 9 halaman

7. Bangun sistem kemitraan

Agar bisnis pakaian Anda bisa terus bisa berkembang pesat, maka Anda bisa mencoba untuk membangun sistem kemitraan (reseller). Agar tidak bingung, Anda bisa membangun sistem dengan membuat beberapa kategori kerja sama.

Misalnya, ada paket Distributor untuk mitra kerja sama dalam jumlah yang cukup besar. Lalu ada Paket Agen untuk kerja sama dalam jumlah sedang. Jangan lupa juga sediakan paket reseller untuk pembelian dalam jumlah yang kecil

9 dari 9 halaman

8. Lakukan Inovasi

Saat bisnis online yang Anda jalankan mulai berkembang seiring banyaknya order dari pelangan, pertimbangkan untuk mulai berinovasi dan melakukan pengembangan yang lebih inovatif lagi.

Coba bangun website dengan menggunakan domain resmi dan tampilan yang profesional supaya membangun kepercayaan calon pelanggan. Jangan lupa pula untuk menanamkan fitur-fitur penting agar lebih mudah diakes siapa pun.

Contohnya adalah menyediakan fasilitas pembayaran online dengan berbagai macam kartu debit atau kartu kredit.

Sebab semua orang yang mampir berpotensi sebagai calon pelanggan yang akan mendatangkan keuntungan dan memiliki kecenderungan membayar transaksinya berbeda-beda.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Menkum HAM Teken Permen Napi Lansia, Disiapkan untuk Ba’asyir?

Jakarta – Menkum HAM Yasonna H Laoly meneken peraturan menteri (Permen) napi lanjut usia (lansia). Permen mengatur soal perlakuan terhadap napi lansia termasuk ketentuan lainnya.

“Saya baru saja menandatangani Permen yang berkaitan dengan usia lansia prisoners dan kita buat sebenarnya dengan mengundang beberapa negara pada waktu lalu,” ujar Laoly kepada wartawan di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Laoly mencontohkan, pelaksanaan dari Permen ini salah satunya rencana penempatan napi di lapas khusus.

“Inginnya kita dibuat Lapas khusus lansia, inginnya kayak ada sekarang, kita tetapkan satu di Serang, memang kita beri perhatian. Ada ketentuan-ketentuan hukum lainnya untuk jenis-jenis pidana tertentu khususnya extraordinary crimes yang harus kita penuhi,” sambungnya.

Tapi Laoly tak menjelaskan lugas soal ada tidaknya kaitan Permen ini dengan posisi rencana pembebasan bersyarat Abu Bakar Ba’asyir. Penjelasan soal Permen napi lansia menjawab pertanyaan soal ada-tidaknya ketentuan khusus terkait napi lansia dalam wawancara terkait Ba’asyir.

Sementara itu, Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM Ade Kusmanto menyebut Permen lansia dibuat untuk memberikan perlakuan berbasis HAM.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bersihkan Praktik Korupsi, Geo Dipa Energi Terapkan E-procurrement

Liputan6.com, Jakarta PT Geo Dipa Energi (Persero) memanfaatkan sistem digital pada pengadaan proyek (e-procurrement). Hal ini merupakan upaya perusahaan menghindari praktik korupsi.

Direktur Utama Geo Dipa Energi Rifki Ibrahim mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) panas bumi, Geo Dipa Energi akan terus menjaga ketahanan energi nasional, dengan mematuhi dan melaksanakan tata kelola perusahaan.

Hal ini wujud pembersihan tata kelola perusahaan.”Geo Dipa telah menandatangani Geo‎ Dipa bersih,” kata Rifki, di Kantor Geo Dipa, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Direktur Keuangan Geo Dipa Energi M Ikbal Nur mengungkapkan, perusahaan telah menerapkan sistem pengadaan elektronik e-procurrement.‎ Hal ini untuk menciptakan transparansi dan membersikan perusahaan dari praktik korupsi.

Menurut Ikbal, jajaran direksi pun telah berpesan ke pelaksana operasi, untuk tidak menerima suap sebab perusahaan telah melakukan deklarasi Geo Dipa Bersih.

“Kami anti korupsi dan tidak menerima suap dalam bentuk appaun. Seluruh proses transparan dan penuh tanggung jawab. Kami menuju perusahaan modern. Kami menegaskan manejemen geodipa tidak ada hanky panky di balik transaksi,” jelas dia.

GeoDipa merupakan salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, memiliki peranan untuk menginisiasi skema pembiayaan inovatif dan kreatif dengan tujuan mencapai target pembangunan dengan tetap menjaga APBN tetap sehat dan akuntabel.

GeoDipa sebagai SMV yang menjalankan tugas khusus dari Kementerian Keuangan diharapkan untuk selalu bersinergi dengan BUMN dan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah kementerian Keuangan lainnya.

Pada momen bersamaan perusahaan tersebut melakukan pindahan kontor baru, di Kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

“Dengan pindahnya ke kantor baru, kami berkomitmen untuk selalu memiliki semangat juga baru yang tidak pernah padam, semangat baru inilah yang bisa menggerakan kita semua untuk lebih fokus mencapai tujuan perusahaan,” tandasnya.

Menkum HAM: Pertimbangan Pembebasan Ba’asyir Masih Dikaji

Jakarta – Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir masih belum bisa dipastikan. Pemerintah masih mengkaji aspek pertimbangan pembebasan bersyarat Abu Bakar Ba’asyir.

“Kami masih melakukan kajian yang mendalam dari berbagai aspek tentang hal ini, hukum dan juga secara ideologi seperti apa konsep NKRI-nya, keamanannya dan lain-lain. Itu yang sekarang sedang digodok dan sedang kita bahas secara mendalam bersama Kementerian yang lain,” ujar Menkum HAM Yasonna H Laoly kepada wartawan kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Dari ketentuan, Ba’asyir menurut Laoly bisa mengambil pembebasan bersyarat pada 13 Desember 2018. Salah satu syaratnya, masa pidana penjara yang sudah dua pertiga dijalani. Namun aspek lain terkait ketentuan pembebasan bersyarat masih dalam kajian bersama BNPT, Polri ada Kemlu dan Kemenko Polhukam

“Kalau memenuhi syarat, kalau semua syarat dipenuhi sebetulnya tanggal 13 Desember sudah kami keluarkan. Ada syarat penting yang yang dimintakan sesuai prosedur sesuai ketentuan hukum, tapi sampai sekarang belum dipenuhi,” sambung Laoly.

Dia juga menyebut ikrar kepada NKRI menjadi bagian dari persyaratan. “Wajib hukumnya, wajib hukumnya,” sebut Laoly.

Presiden Jokowi di Istana sebelumnya menegaskan Ba’asyir bukan bebas murni, tapi pembebasan bersyarat. Jokowi tak mau menabrak aturan soal ketentuan pembebasan bersyarat.

Sedangkan Yusril Ihza Mahendra yang sebelumnya menyebut Ba’asyir akan bebas tanpa syarat, menyerahkan kembali urusan pembebasan Ba’asyir kepada pemerintah. Dia mengaku hanya menjalankan permintaan Presiden JOkowi untuk menelaah pembebasan bersyarat bagi Ba’asyir.

“Yang penting bagi saya adalah tugas yang diberikan Presiden sudah saya laksanakan. Bahwa kemudian ada perkembangan dan kebijakan baru dari pemerintah, maka saya kembalikan segala sesuatunya kepada pemerintah,” kata Yusril.

Pengacara paslon capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin ini mengaku telah mengkaji isi UU 12/1995 tentang Pemasyarakatan serta PP 28/2006 dan PP 99/2012 khusus terkait pembebasan bersyarat. Dia menyatakan telah menyampaikan segala pertimbangan dan hasil pembicaraannya dengan Ba’asyir kepada Jokowi.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Yusril Kembalikan Urusan Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir ke Pemerintah

Jakarta – Yusril Ihza Mahendra menyerahkan kembali urusan pembebasan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir ke pemerintah. Dia mengaku hanya menjalankan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menelaah pembebasan bersayarat bagi Ba’asyir.

“Yang penting bagi saya adalah, tugas yang diberikan Presiden sudah saya laksanakan. Bahwa kemudian ada perkembangan dan kebijakan baru dari pemerintah, maka saya kembalikan segala sesuatunya kepada pemerintah,” kata Yusril kepada detikcom, Selasa (22/1/2019).

Pengacara paslon capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin ini mengaku dia telah melakukan kajian isi UU 12/1995 tentan Pemasyarakatan, PP 28/2006 dan PP 99/2012 khusus terkait pembebasan bersyarat. Dia menyatakan telah menyampaikan segala pertimbangkan dan hasil pembicaraannya dengan Ba’asyir ke Jokowi.
“Marilah kita tunggu perkembangan selanjutnya. Semoga ada keputusan yang terbaik bagi Ustaz Abu Bakar Ba’asyir dan bagi kita bangsa Indonesia seluruhnya,” ujar Yusril.
Jokowi sebelumnya menegaskan rencana pembebasan Abu Bakar Ba’asyir dilakukan melalui opsi bebas bersyarat. Karena itu, ada aturan yang harus dipenuhi Ba’asyir untuk bebas bersyarat.

“Ada mekanisme hukum yang harus kita lalui. Ini namanya pembebasan bersyarat. Bukan pembebasan murni, pembebasan bersyarat. Nah syaratnya harus dipenuhi,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/1).

Jokowi mengatakan alasan kemanusiaan karena faktor usia dan kesehatan Ba’asyir memang menjadi pertimbangan. Namun aturan pembebasan bersyarat, menurut Jokowi, harus ditempuh. Jokowi tak mau menabrak sistem hukum.

“Kalau masa ini ada sistem hukum, ada mekanisme hukum yang harus kita tempuh, saya justru nabrak kan nggak bisa. Apalagi ini situasi yang basic. Setia pada NKRI, setiap pada Pancasila,” ujarnya.
(haf/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>