Khofifah: Surabaya Membara 2019 Tetap Digelar, Pengamanan Diperketat

Liputan6.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa menyatakan pementasan drama kolosal Surabaya Membara tahun 2019 tetap diizinkan untuk kembali digelar dengan pengamanan yang menjamin keselamatan penonton lebih diperketat.

“Viaduk rel kereta api itu memang bukan tempat untuk menonton pertunjukan,” kata Khofifah usai menyaksikan drama kolosal Surabaya Membara di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Jumat 9 November 2018 malam.

Khofifah yang langsung memimpin doa di akhir pertunjukan untuk para korban penonton yang meninggal dunia berharap kejadian serupa tak lagi terulang.

“Mudah-mudahan khusnul khatimah, segala amalnya diterima dan dosa-dosanya diampuni,” kata mantan Menteri Sosial ini seperti dikutip Antara, Sabtu (10/11/2018).

Bagi Khofifah, pementasan drama kolosal Surabaya Membara yang telah berlangsung rutin selama delapan tahun terakhir dalam rangka memperingati Hari Pahlawan adalah pengingat memori sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan RI pada 10 November 1945.

“Meski malam ini jatuh korban penonton hingga ada yang meninggal dunia, tahun depan dan seterusnya pentas drama kolosal Surabaya Membara harus tetap digelar. Tentunya dengan pengamanan yang menjamin keselamatan penonton dengan lebih diperketat lagi,” ucapnya.

Selain itu, Khofifah mengusulkan pada malam Hari Pahlawan di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya diterapkan car free night atau malam bebas kendaraan bermotor.

“Mestinya setiap malam Hari Pahlawan, 9 November, dibikin car free night agar warga Kota Surabaya lebih nyaman datang ke kawasan Tugu Pahlawan untuk menyaksikan drama kolosal Surabaya Membara,” kata dia.

Menurut Khofifah, wewenang kebijakan car free night di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya ada di tangan Wali Kota Surabaya.

“Ya, nantilah akan saya usulkan kepada Wali Kota Surabaya agar mulai tahun depan pada setiap malam Hari Pahlawan, 9 November, kawasan Jalan Pahlawan Surabaya sudah ditetapkan menjadi car free night,” pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Saat ini, polisi sudah mengamankan pengemudi truk tronton yang diduga sebagai penyebab kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *