Kuliner Malam Jogja yang Terkenal dengan Cita Rasa Khas, Wajib Kamu Cicipi

Liputan6.com, Jakarta Kuliner malam Jogja tidak selalu soal Nasi Gudeg yang juga menjadi makanan khas Jogja. Banyak jenis kuliner malam Jogja yang bisa kamu nikmati mulai dari berbagai macam olahan nasi, hingga bakmi bisa kamu temui di sudut-sidut kota Jogja dan jangan kaget karena pasti banyak pembelinya. 

Jogja memang terkenal dengan tempat wisata yang memiliki banyak tempat hiburan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, peninggalan sejarah, candi, hingga wisata moderen seperti mall, toko souvenir, dan wisata kuliner.

Wisata kuliner Jogja juga cukup beragam. Mulai dari kuliner khas Jogja seperti gudeg, aneka camilan khas Jogja seperti bakpia, hingga minuman dan aneka makanan ringan lainnya.

Selain wisatawan yang selalu berdatangan setiap harinya, bahkan setiap jamnya, Jogja seperti tidak pernah tidur untuk menyuguhkan hiburan bagi yang mencarinya. Selain itu, Jogja sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia membuat banyak kafe-kafe dan tempat nongkrong yang buka hingga malam hari dan menjadi tempat berkumpul para pelajar tersebut.

Wisatawan yang datang ke Jogja juga tidak perlu bingung jika malam hari tiba-tiba terasa lapar atau ingin menikmati kuliner malam Jogja, karena di Jogja terdapat berbagai macam kuliner malam yang bahkan buka hingga 24 jam.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa kuliner malam Jogja yang cukup terkenal dan wajib kamu cicipi ketika kamu berada di Jogja, yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2019).

10 Manfaat Pala, Rempah Khas Indonesia yang Terkenal di Eropa

6. Detoks

Detoks merupakan proses pengeluaran racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Banyak tanaman yang bisa digunakan untuk mendetoks tubuh salah satunya adalah buah pala. Kandungan senyawa kimia pada buah pala dipercaya dapat mendetoks racun dan juga toksin yang ada di dalam tubuh, terutama racun yang terdapat pada ginjal dan hati.

7. Mencegah Leukimia

Leukimia atau kanker darah ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah pala. Kandungan senyawa kimia berupa metanol dalam buah pala dipercaya dapat mencegah kanker darah atau leukimia. Mengkonsumsi ekstra buah pala bisa mencegah sel leukimia di dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

8. Menyehatkan Kulit

Buah pala mengandung zat scolopetin yang mampu menghentikan peradangan pada kulit. Bekas cacar, dan bisulan bisa dihilangkan dengan buah pala, sehingga kulit akan menjadi lebih halus lagi.

Cara menggunakannya adalah dengan memarut buah pala kemudian dicampur dengan madu dan air. Balurkan ke lokasi yang diinginkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, bilaslah dengan air hangat.

9. Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah bisa diatur dengan mineral dan kalium yang terkandung dalam buah pala. Mineral dan kalium akan merenggangkan pembuluh darah sehingga pembuluh darah yang renggang bisa mengurangi dari tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, buah pala juga dipercaya bisa melancarkan peredaran darah karena kandungan kaliumnya.

10. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah pala berikutnya adalah bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Kandungan berbagai vitamin salah satunya vitamin C dalam buah pala dipercaya bisa meningkatkan sistem imun sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang.

Itulah beberapa manfaat rempah-rempah asli Indonesia yang begitu banyak. Karena manfaatnya yang banyak itulah, buah pala menjadi salah satu produk ekspor andalan Indonesia dan juga terkenal di manca negara.

5 Potret Jadul Andre Taulany, Khas dengan Rambut Gondrong

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal selebriti Andre Taulany yang kerap sekali tampil dilayar kaca. Penyanyi sekaligus comedian, Andre Taulany sudah cukup dikenal lama sebagai selebriti tanah air. Aktif sejak tahun 1992 hingga kini, Andre Taulany telah melakoni sebagai aktor, penyanyi dan kini lebih dikenal sebagai pelawak. 

Kerap muncul di layar kaca bersama Sule, penampilan Andre Taulany tentu sudah banyak mengalami perubahan. Sebelum bergabung dengan band Stinky, Andre Taulany identik dengan gaya khas jaman dulu dengan rambutnya yang panjang.

Bahkan beberapa foto jadul dirinya pernah beberapa kali ia unggah di akun media sosial Instagram pribadinya. Dilansir dari akun pribadi milik Andre Taulany @andreastaulany oleh Liputan6.com, Minggu (21/4/2019) berikut 5 potret jadul Andre Taulany.

5 Makanan Khas Manado yang Hits, Bubur Manado hingga Klappertaart

Klappertaart seakan akan terdengar bukan seperti makanan khas Manado, bahkan makanan khas Indonesia pun bukan. Tetapi ternyata kue ini merupakan warisan Belanda yang telah menjadi makanan khas Manado yang enak.

Dalam Bahasa Belanda, Klappertaart mempunyai arti Tart Kelapa. Hal ini karena bahan dasar dari kue tart ini memanglah kelapa muda yang dicampur dengan susu, keju, kismis dan kacang kenari.

Ada dua jenis klappertaart, yaitu klappertaart yang dibakar dan klappertaart yang tidak dibakar. Walaupun begitu, kedua jenis klappertaart tersebut sama sama memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sama sama enak.

Bila disimpan terlebih dahulu di kulkas, klappertaart akan terasa lebih enak lagi. Jadi setelah diolah, usahakan simpan kalppertaart terlebih dahulu di kulkas untuk mendapatkan kenikmatan yang lebih sempurna.

Sekarang ini, Klappertaart memiliki beragam varian rasa, seperti keju, cokelat dan durian. Salah satu makanan khas Manado ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh kuliner utama dari Manado. Jadi kamu tidak boleh melewatkan klappertaart bila berkunjung ke Manado.

Hidangan Khas yang Menggugah Selera, dari Jepang hingga Prancis

Thailand memiliki sup khas yang sangat populer, bahkan di dunia, yaitu tom yam, dengan rasa pedas. Makanan ini memiliki rasa yang kuat karena dibumbui dengan berbagai rempah. Potongan cumi, udang, dan jamur jadi pelengkap hidangan yang berkuah kental ini.

Selain tom yam, ada yang namanya “pad Thai”. Makanan ini terdiri dari mie yang terbuat dari beras, telur, tahu, asam, saus ikan, bawang putih, cabai, gula, dan kedelai.

7 Rempah Khas Indonesia Ini Diekspor dengan Harga Selangit

Liputan6.com, Jakarta Sejak zaman dulu kala, Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Inilah yang menyebabkan Indonesia pada akhirnya dijajah oleh negara lain karena memiliki rempah-rempah yang banyak dan juga melimpah.

Rempah-rempah Indonesia banyak digunakan untuk produk obat tradisional, produk kecantikan atau kosmetik, farmasi, bumbu masak, parfum, sabun, dan masih banyak lagi. Indonesia yang beriklim tropis menjadikannya sebagai daerah yang memiliki berbagai tanaman rempah-rempah dan juga menjadi tempat yang mudah membudidayakan rempah-rempah.

Indonesia juga dipercaya oleh negara-negara lain sebagai produsen tanaman rempah dengan kualitas terbaik. Negara-negara seperti dari kawasan Timur Tengah, dan Eropa adalah negara yang sering mengekspor rempah-rempah dari Indonesia seperti, cengkeh, pala, merica, kayu manis, dan masih banyak lagi.

Selain itu masih banyak lagi rempah-rempah Indonesia yang juga terkenal hingga luar negeri dan sering diekspor keluar negeri. Bahkan harga rempah-rempah ini tidak tanggung-tanggung alias malah ketika di-ekspor ke luar negeri.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber, Kamis (18/4/2019) beberapa informasi mengenai rempah-rempah Indonesia yang dikirim atau di-ekspor ke luar negeri dengan harga yang cukup mahal.

5 Potret Makan Berat Khas Indonesia Ini Kocak, Ada Nasi Campur Pizza

Pencampuran makanan selanjutnya yang membuat kamu geleng kepala ialah mie instan campur sereal. Sereal saja sudah mengenyangkan, tapi ditambah mie instan makin mengenyangkan. Belum lagi, kalau mungkin mie campur sereal ditambah nasi, makin kenyang saja.

Mie sereal ini banyak dikomentari netizen sebagai berikut.

“Gua kira sosis goreng” tulis akun @aku.reno

“Penistaan bgt :(“ tulis akun @futuhnzla_

6 Jajanan Pasar Manis Khas Banyumas yang Bikin Ketagihan

Candil

Mirip dengan cenil, candil tidak diberikan pewarna makanan. Bedanya lagi, candil dimasak dengan santan dan gula merah yang membuatnya manis. Tak lupa potongan kelapa muda menambah variasi tekstur dan rasa dari candil. Kenyal, manis, dan gurih.

Grontol

Jajanan yang satu ini memiliki bahan dasar jagung dan kelapa muda. Jagung dipipil, lalu direbus. Setelah itu, dicampur dengan parutan kelapa muda. Taburan sedikit garam dan gula menambah kelezatan jajanan ini.

Ciwel

Jajanan khas Banyumas ini tergolong unik dalam pembuatannya. Terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi yang dibakar sehingga berwarna hitam. Disajikan di atas daun pisang dengan kelapa parut dan gula merah cair.

Lupis

Mirip dengan ciwel, bedanya lupis terbuat dari beras ketan. Cara makannya pun sama, dibungkus dengan daun pisang.

Lupis diberi taburan kepala parut serta gula merah. Bila sudah makan lupis, pasti akan beli lagi bila berkunjung lagi ke Banyumas.  (Fairuz Fildzah)

Bertemu Raja Salman, Jokowi Dijamu Makanan Khas Timur Tengah

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi. Jokowi dan Iriana disambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan Istana.

Tiba pada pukul 13.50 waktu setempat, Jokowi dan Iriana disambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan Istana. Jokowi menyampaikan rasa bahagianya bisa diundang ke istana.

“Saya merasa berbahagia sekali karena hari ini diundang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” kata Jokowi, dalam keterangan tertulis yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Minggu (14/4/2019).

“Saya juga senang Presiden Jokowi bisa memenuhi undangan saya,” ucap Raja Salman.

Setelah berbincang sebentar di ruang utama, Jokowi dan Iriana dijamu santap siang bersama oleh Raja Salman.

Adapun menu yang disuguhkan Raja Salman kepada Jokowi adalah makanan khas Timur Tengah, antara lain sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup, serta manisan khas Arab Saudi.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.
(idn/yld)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Raja Salman Jamu Jokowi dengan Masakan Khas Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Widodo bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi pada Minggu 14 April 2019.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba pada pukul 13.50 waktu setempat dan disambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas).

Presiden dan Ibu Negara Iriana sempat berbincang sebentar dengan Raja Salman di ruang tunggu utama.

“Saya merasa berbahagia sekali karena hari ini diundang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” kata Jokowi, pada pertemuan itu, Minggu.

“Saya juga senang Presiden Jokowi bisa memenuhi undangan saya,” timpal Raja Salman seperti dilansir Antara.

Setelah berbincang sebentar di ruang utama, Presiden dan Ibu Iriana kemudian dijamu santap bersama oleh Raja Salman.

Adapun menu yang disuguhkan Raja Salman kepada Presiden Jokowi adalah makanan khas Timur Tengah, antara lain sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup dan manisan khas Arab Saudi.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.