Lika-liku Perjalanan Cinta Penelope, Menikah Hingga 5 Kali

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari artis cantik Cinta Penelope. Mantan personel Duo Keong Racun ini mengaku telah dinikahi oleh pria blasteran Turki. Namun hingga saat ini Cinta Penelope enggan menguak identitas sang suami. Rupanya Cinta memiliki alasan tersendiri untuk tidak mempublikasikan hubungannya saat ini.

Perjalanan Cinta Penelope memang bisa dikatakan berliku. Wanita yang merintis kariernya sebagai penyanyi dangdut ini sebelumnya telah beberapa kali melangsungkan pernikahan. Namun sayangnya, pernikahan-pernikahan sebelumnya hanya diakui secara agama atau sering disebut juga nikah siri. Pernikahan-pernikahan Cinta Penelope terdahulu pun malah berujung perpisahan.

Cinta Penelope sebelumnya juga dikenal dengan citranya sebagai wanita seksi dan bertato. Namun pada awal 2018 lalu Cinta Penelope mantap memutuskan berhijab dan berpakaian tertutup.

2 dari 4 halaman

Cinta Penelope Diidentikkan dengan Nikah Siri

Pandangan sebagai wanita yang sering nikah siri dan gonta-ganti suami telah melekat pada Cinta Penelope. Pasalnya, diketahui wnaita 34 tahun ini telah menikah sebanyak 5 kali. Cinta Penelope sendiri menyadari bahwa label penyuka nikah siri itu telah menempel pada dirinya. Meskipun demikian, pemilik nama lengkap Princess Cinta Penelope ini mengaku tak masalah dengan pandangan orang lain tentang nikah siri.

“Imej aku dari dulu sering nikah siri? Alhamdulillah terima kasih, karena enggak gonta-ganti pacar cuma gonta-ganti suami. Alhamdulillah,” ujar Cinta Penelope saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2019).

Hal tersebut diakui Cinta Penelope memang telah menjadi pilihannya dalam menentukan sikap setiap dekat dengan pria. Cinta Penelope lebih memilih menikah walaupun hanya sah secara agama, ketimbang hanya menjalani hubungan asmara yang berstatus pacaran. “Ketimbang pacaran dan melakukan hal-hal yang buruk,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Pria-pria yang Pernah Mengisi Hati Cinta Penelope

Sebelum menikah dengan pria blasteran Turki seperti yang dikabarkan akhir-akhir ini, Cinta sempat menikah dengan beberapa pria. Berikut pria-pria yang pernah mengisi hati Cinta Penelope seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

Gudjonsson

Pria pertama yang diketahui menjadi suami Cinta Penelope adalah Gudjonsson. Namun hubungan rumah tangga wanita 34 tahun itu harus berakhir dengan perceraian. Hubungan rumah tangganya dengan Gudjonsson menjadi pernikahan pertama bagi Cinta.

I Dewa Made Mahardika Putra

Setelah bercerai dengan Gudjonsson, Cinta menjalin hubungan dengan lelaki asal Bali bernama I Made Mahardika Putra. Cinta Penelope dan I Made Mahardika kemudian memutuskan untuk menikah. Pernikahan ini merupakan pernikahan yang kedua bagi Cinta. Namun hubungan rumah tangga keduanya tak berlangsung lama. Cinta Penelope dan I Made Mahardika memutuskan untuk bercerai.

Mustafa Daood

Pernikahan ketiga Cinta Penelope sempat mencuri perhatian publik. Cinta Penelope menikah secara siri dengan Personel Debu, Kumayl Mustafa Daood. Selain itu, dikabarkan pula Cinta Penelope merupakan istri kelima Mustafa yang paling muda saat itu. Pernikahan Cinta Penelope dan Mustafa Daood tak berlangsung lama. 4 Bulan setelah menikah, keduanya bercerai. Cinta Penelope kembali menjanda untuk ketiga kalinya. Hingga saat ini Mustafa enggan angkat bicara terkait hubungannya dengan Cinta Penelope.

Dony Hermawan

Pernikahan keempat Cinta Penelope berlangsung pada tahun 2014 silam. Cinta Penelope dikabarkan menikah dengan pria bernama Dony Hermawan. Namun setahun setelah menikah, Cinta Penelope memutuskan untuk bercerai. Retaknya pernikahan keempat ini disinyalir karena adanya orang ketiga. Donny Hermawan dikabarkan berselingkuh dengan wanita lain.

Muhammad Gusni Putra

Cinta Penelope sempat dikabarkan dekat dengan seorang produser film Muhammad Gusni Putra. Pria ini merupakan Produser film ‘3 Pilihan Hidup’ di mana Cinta Penelope juga berakting di dalam film tersebut. Hal ini yang membuat Cinta Penelope dan Muhammad Gusni Putra sempat terjebak cinta lokasi saat terlibat syuting film. Putra sempat melamar Cinta pada Agustus 2016, namun keduanya dikabarkan batal menikah.

Pria Blasteran Turki

Beberapa waktu belakangan ini, beredar kabar bahwa Cinta Penelope telah menikah dengan pria blasteran Turki. Saat ini pria tersebut bertempat tinggal di Turki. Cinta Penelope mengaku bahwa pria Turki itu dikenalnya hanya dalam waktu satu bulan. Namun sampai saat ini, wanita 34 tahun ini belum mau mengungkap sosok pria yang menikahinya.

4 dari 4 halaman

Masih Menyembunyikan Identitas Suami Baru

Setiap ditanya soal sosok suaminya itu, Cinta Penelope tak banyak memberikan informasi. Seolah-olah, Cinta Penelope ingin menyembunyikan sosok suaminya itu dari publik. Rupanya alasan disembunykannya identitas suami Cinta Penelope tersebut merupakan permintaan dari sang suami sendiri. Cinta Penelope menuturkan bahwa suaminya kurang merasa nyaman dengan status Cinta Penelope sebagai seorang selebritas.

Hal itu diungkapkan Cinta Penelope saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2019).”Saat lagi (bersama suaminya) gitu, aku ketemu orang yang minta foto, jadi dia (suami Cinta Penelope) merasa ‘Aduh enggak usah gini-lah, nikmatin jadi orang biasa’,” kata Cinta Penelope.

Dengan kata lain, Cinta Penelope sengaja tidak mengumbar kehidupan rumah tangganya kepada publik, agar dirinya dan suami tetap memiliki ruang privasi. Lagipula Cinta Penelope beranggapan, tak ada manfaat bila dirinya mengungkap hal tersebut.



Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Top 3 Tekno: Reaksi Warganet Saat Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi Mundur

Liputan6.com, Jakarta – Kabar mundurnya Edy Rahmayadi, sebagai Ketua Umum PSSI banyak mendapatkan sorotan dari warganet.

Artikel tersebut menjadi artikel terpopuler Tekno Liputan6.com pada akhir pekan, tepatnya Minggu (20/1/2019). Dua artikel menarik lain yang tak kalah populernya, seperti Windows 10 Mobile tutup usia, dan usia cincin Saturnus.

Lebih lengkapnya, simak rangkuman ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Ketua Umum PSSI Mundur, Tagar Edy Out Jadi Trending Topic di Twitter

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi saat mengikuti Kongres PSSI 2018 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang (13/1/2018). Salah satu agenda Kongres PSSI 2018 adalah revisi Statuta. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya. Pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara ini menyatakan mundur pada Minggu (20/1/2019).

Keputusan Edy Rahmayadi untuk mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI ini pun banyak mendapatkan sorotan dari warganet di Twitter.

Selengkapnya baca di sini

2 dari 2 halaman

2. Windows 10 Mobile Tutup Usia, Microsoft Sarankan Pengguna Pindah ke iPhone

Satya Nadella, CEO Microsoft (Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza)

Microsoft mengumumkan masa berakhirnya sistem operasi (OS) Windows 10 Mobile.

Perusahaan pun menyarankan para pengguna ponsel Windows 10 Mobile untuk beralih ke iPhone atau perangkat Android.

Dikutip dari CNBC, Minggu (20/1/2019), Microsoft akan berhenti memberikan pembaruan keamanan baru, perbaikan non-keamanan, berbagai opsi dukungan bantuan gratis, atau pembaruan konten teknis dari perusahan secara gratis, pada 10 Desember 2019.

Selengkapnya baca di sini

3. Usia Cincin Saturnus Ternyata Masih Muda

Foto resmi planet Saturnus yang diunggah NASA (Sumber: Gizmodo)

Salah satu pesona planet Saturnus yang memikat umat manusia adalah cincinnya. Namun demikian, menurut studi terbaru, cincin Saturnus usianya jauh lebih muda ketimbang planet itu.

Berdasarkan hasil studi ini, Saturnus ternyata melewatkan waktu 4,5 miliar tahun sendiri, tanpa cincinnya.

Mengutip laman Space, Senin (21/1/2019), kemungkinan cincin Saturnus berusia lebih tua dari dinosaurus (yang usianya sekitar 66 juta tahun).

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Usia Cincin Saturnus Ternyata Masih Muda

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu pesona planet Saturnus yang memikat umat manusia adalah cincinnya. Namun demikian, menurut studi terbaru, cincin Saturnus usianya jauh lebih muda ketimbang planet itu. 

Berdasarkan hasil studi ini, Saturnus ternyata melewatkan waktu 4,5 miliar tahun sendiri, tanpa cincinnya.

Mengutip laman Space, Senin (21/1/2019), kemungkinan cincin Saturnus berusia lebih tua dari dinosaurus (yang usianya sekitar 66 juta tahun).

Para ilmuwan menyebut, cincin Saturnus terbentuk antara 10 hingga 100 juta tahun lalu.

Salah satu cara yang digunakan ilmuwan untuk mengetahui usia cincin Saturnus adalah dengan menimbang massa cincin Saturnus.

Hal ini dilakukan berkat missi pesawat luar angkasa Cassini yang melakukan pengamatan terhadap Saturnus dan cincinnya. 

Sekadar diketahui, cincin tersebut sebenarnya terbuat dari es yang terang dan bersih. Namun seiring waktu, es tersebut terkontaminasi dan menjadi gelap karena pusing-puing bagian dari tata surya.

Misi Cassini yang mengorbit Saturnus beberapa waktu lalu menyimpulkan bahwa hanya 1 persen dari cincin tersebut yang tidak murni. Dari situ, para ilmuwan menimbang usia cincin Saturnus.

2 dari 3 halaman

Cassini dan Saturnus

Ilmuan planet dari Universitas Sapienza Roma Luciano Iess menyebut, mereka memperkirakan jumlah waktu yang diperlukan hingga kontaminan terkumpul sebanyak 1 persen dan dari situlah para ilmuwan menghitung usia cincin Saturnus.

Iess dan para koleganya berpatokan pada data yang diambil Cassini. Sebelum wahana luar angkasa itu jatuh karena kehabisan bahan bakar di atmosfer Saturnus pada September 2017, Cassini meluncur di antara planet dan cincinnya dan membiarkan gravitasi Saturnus menariknya.

Kekuatan gravitasi tubuh bergantung pada massa Cassini. Lalu, dengan menganalisis seberapa kuat Cassini ditarik selama fase akhir, tim pun bisa mengukur gravitasi dan masa Saturnus, beserta cincinnya.

Selama beberapa kali Cassini bolak-balik di antara Saturnus dan cincinnya, ilmuwan memantau hubungan radio antar pesawat luar angkasa dan Bumi, dari situ diperhitungkan juga efek sinyal radio yang disebut Doppler.

3 dari 3 halaman

Massa Cincin Saturnus

“Saya takjub dengan fakta bahwa kami bisa mengukur kecepatan pesawat luar angkasa yang jaraknya 1,3 miliar kilometer dari Bumi dengan akurasi beberapa milimeter per detik,” kata Iess.

Perkiraan sebelumnya, berdasarkan data dari flybys Voyager Saturnus menunjukkan bahwa massa cincin Saturnus sekitar 28 juta miliar metrik ton.

Data baru dari Cassini menunjukkan kalau massa cincin Saturnus adalah 15,4 miliar metrik ton.

Misi akhir Cassini juga mengungkapkan detail tentang struktur internal Saturnus.

Misalnya, ditemukan bahwa aliran jet terlihat di sekitar khatulistiwa Saturnus, dengan kecepatan angin 1.500km/ jam, meluas hingga kedalaman 9.000km. Makin ke bawah, alirannya makin cepat.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Apple Obral iPhone SE, Harganya Lebih Murah dari Pocophone

Jakarta – September 2018 lalu, Apple secara resmi menyetop penjualan sejumlah ponselnya, yaitu iPhone X, lini iPhone 6, serta iPhone SE, menyusul kemunculan iPhone XS, iPhone XS Max, serta iPhone XR. Kini, ia ‘menjilat ludah’ sendiri dengan kembali menjual ponsel yang disebutkan terakhir.

Ya, dalam laman resminya, Apple ketahuan menjual lagi iPhone SE. Bahkan, harganya pun terbilang miring, dan produknya masuk ke bagian ‘cuci gudang’ dari situs resmi perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat itu.

Ada dua varian iPhone SE yang disediakan oleh Apple berdasarkan besaran memori internalnya, yaitu 32 GB dan 128 GB. Untuk pilihan pertama, harganya USD 249 (Rp 3,5 juta) setelah mendapat potongan harga sebesar USD 100.
Sedangkan versi 128 GB dibanderol senilai USD 299 (Rp 4,2 juta), atau turun USD 150 dari harga aslinya. Ada warna rose gold, abu-abu, emas, dan perak yang tersedia, baik itu untuk versi 32 GB maupun 128 GB.

Apple Obral iPhone SE, Harganya Lebih Murah dari PocophoneFoto: screenshot

Dengan harga segitu, berarti iPhone SE ini lebih murah ketimbang Pocophone F1 punya Xiaomi yang dibanderol mulai dari Rp 4.599.000 di Indonesia. Sedangkan jika melihat kisaran harganya secara keseluruhan, maka ponsel ini bisa dibilang sejajar dengan Vivo V11 dan Oppo F9 versi 4 GB.

Hal ini pun membuat iPhone SE kembali menyandang predikat sebagai ponsel Apple termurah yang tersedia di pasaran. Jika produk-produk ‘cuci gudang’ dikesampingkan, maka yang termurah adalah iPhone 7 dan iPhone XR dengan harga USD 449.

Satu catatan, iPhone XR seharga USD 449 hanya bisa didapat dengan program tukar tambah, dan waktunya pun terbatas. Harga normalnya sendiri mulai dari USD 749.

Sayangnya, sepertinya Apple hanya memberlakukan penjualan ‘spesial’ terhadap iPhone SE ini di Amerika Serikat. Pasalnya, situs resmi Apple di sejumlah kawasan seperti Britania Raya tidak ditemukan laman penjualan serupa. Hal tersebut juga berlaku di website Apple di Indonesia.

Lebih lanjut, pantauan terakhir detikINET menunjukkan bahwa stok dari ponsel tersebut sudah habis. Tidak ada keterangan lebih perihal keputusan Apple dalam menambah persediaan lagi atau tidak, pun dengan niatan mereka untuk mengembalikan lini ponsel lain yaitu iPhone X dan iPhone 6. (mon/afr)

Jangan Sampai Salah, Begini Panduan Beli Bra Secara Online

Liputan6.com, Jakarta – Seperti beberapa barang lain, membeli bra secara online tentu tak bisa sembarangan. Salah-salah, Anda malah tak nyaman atau malah repot tukar barang yang sudah dibeli karena ukuran maupun penampakannya berbeda.

Ketimbang nantinya direpotkan, lebih baik perhatikan sederet hal sebelum membeli bra secara online. Dengan syarat tidak malas membaca deskripsi produk, berikut sederet panduan membeli bra secara online seperti dirangkum Fimela.com.

Perhatikan merek bra

Sebagai langkah aman, Anda bisa memilih bra dari merek-merek langganan. Kualitas bahan dan kenyamanannya tentu sudah teruji, lantaran telah sering dipakai. Tapi, kalau memang ingin sedikit berekperimen pun tak masalah.

Hal ini bisa dilakukan dengan catatan Anda benar-benar membaca deskripsi produk tersebut. Kalau perlu, tanya pada penjual kalau ada penjelasan yang kurang dimengerti. Bisa juga dengan bertanya pada teman, mungkin salah satu dari mereka ada yang sudah memakai bra dari merek tersebut.

Mengetahui ukuran bra yang pas

Poin ini kiranya yang paling sering diperhitungkan secara keliru. Jadi, ada baiknya Anda mengukur lingkar dada untuk mengetahui ukuran bra yang pas. Caranya, ambil meteran baju kemudian ukur lingkar dada, yakni di bawah batas payudara.

Jika ukuran menunjukkan sekitar 80-85 cm, bra yang pas adalah ukuran 32. Kalau lingkar dada Anda sekitar 85-90cm, pakailah bra ukuran 34. Ukuran bra 36 untuk lingkar dada sekitar 91-95cm, lalu 96-100cm pakai ukuran 38.

Perhatikan cup bra

Untuk ukuran cup bra, panduannya adalah pilih yang bisa membantu mengangkat dan menyokong payudara dengan baik dan nyaman. Ada berbagai model yang ditawarkan, yakni half size dan full size. Pilih saja mana yang lebih nyaman dipakai. (Anisha Saktian Putri/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Inter Milan Ingin Gagalkan Rencana Chelsea Rekrut Barella

Liputan6.com, Milan – Hasrat Chelsea untuk merekrut Nicolo Barella sepertinya akan berakhir dengan kegagalan. Sang gelandang sedikit lagi akan bergabung dengan Inter Milan.

The Blues sendiri memang tengah aktif mencari gelandang baru. Mereka mencari sosok pengganti Cesc Fabregas yang meninggalkan klub Minggu lalu.

Salah satu kandidat yang dikabarkan tengah didekati Chelsea adalah Nicolo Barella. Gelandang muda Cagliari itu dinilai punya kemampuan di atas rata-rata sehingga ia diyakini bisa menjadi pengganti yang ideal bagi Fabregas.

Namun dilansir Calciomercato, rencana The Blues untuk meminang Cagliari itu terancam gagal. Pasalnya sang pemuda disebut lebih dekat untuk bergabung dengan Inter Milan.

Menurut laporan yang beredar, alasan Barella memilih Inter Milan ketimbang Chelsea adalah karena faktor keluarga.

Barella sendiri memang baru-baru ini dikabarkan menolak pindah ke Stamford Bridge. Pasalnya ia masih belum bisa jauh dari keluarganya di Italia.

Untuk itu, Barella kabarnya lebih memilih pindah ke Inter Milan yang hanya berjarak 1,5 jam penerbangan dari Cagliari agar bisa lebih dekat bersama keluarganya.

2 dari 2 halaman

Segera Tuntas

Laporan Calciomercato itu mengklaim bahwa pihak Inter Milan sudah mengebut transfer Barella. Mereka kabarnya akan segera menyelesaikan transfer sang pemain dalam waktu dekat.

Laporan itu mengklaim bahwa Inter akan membayar sebesar 35 juta pounds untuk mahar transfer Barella. Ia juga kabarnya akan mendapatkan bonus sebesar 9 juta pounds jika sejumlah kondisi berhasil ia penuhi.

Pihak Inter sendiri kabarnya tengah menyelesaikan detail kesepakatan transfer ini dan jika tidak ada halangan yang berarti, Barella akan resmi diperkenalkan sebagai pemain Inter pada minggu depan.

Musim ini Barella tampil sebanyak 21 kali bagi Cagliari di mana ia sudah mengemas satu gol untuk tim asal Sardinia tersebut.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

PETA Ajak Pria Jadi Vegan Agar Lebih Tahan di Ranjang

Liputan6.com, Jakarta Kaum pria, lebih suka makan daging atau sayur-sayuran? People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) , organisasi pecinta binatang baru-baru ini mengajak kaum pria untuk menjauhi konsumsi daging dan memilih menjadi vegan. Alasannya demi kehidupan seksual mereka.

Dulu, PETA pernah menyarankan tak memakan sayap ayam karena bisa membuat ukuran penis anak menjadi kecil, namun ajakan kali ini berbeda. Ajakan PETA itu dirilis dalam sebuah video yang menunjukkan lelaki yang memakaikan sayur yakni wortel yang panjang di bagian depan layaknya Mr P (penis).

Iklan itu menunjukkan bahwa rahasia daya tahan seksual pria itu di sayuran. Ide di balik itu semua karena diet vegan bisa memperbaiki kinerja seksual, dan mencegah masalah ereksi yang dikaitkan dengan penyebab dari penyakit seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

“Mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan tak hanya penyakit jantung pada pria tapi juga organ vital lainnya,” kata PETA kepada Metro. 


Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Manfaat makan makanan berserat

Sebaliknya, lanjut PETA, mengonsumsi makanan yang tinggi serat termasuk buah-buahan, sayur-sayuran, membantu melepaskan plak di dinding arteri dan darah bisa mengalir di bagian yang seharusnya, meningkatkan kehidupan percintaannya dengan orang lain.

“Viagra bisa membantu pria bertahan dalam satu malam per pilnya, tapi dengan diet vegan (viagra vegan) akan memberikan manfaat ke kehidupan mereka, yang biasanya lebih tahan lama ketimbang mereka yang makan daging,” kata PETA.

Makan sayur-sayuran dan buah-buahan memang bagus untuk kesehatan. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hubungan langsung diet vegan dengan daya tahan yang lebih lama di ranjang atau meningkatkan kenikmatan seksual.

Winger MU Sebut Filosofi Solskjaer Lebih Baik Ketimbang Mourinho

Liputan6.com, Manchester – Alexis Sanchez menyebut gaya bermain Manchester United (MU) lebih baik saat dipimpin Ole Gunnar Solskjaer ketimbang Jose Mourinho. Namun, Sanchez menyebut para pemain MU bekerja profesional di bawah dua manajer tersebut.

Solskjaer menggantikan Mourinho pada Desember 2018. Sejak dilatih Solskjaer, Setan Merah, julukan MU, mencatatkan tujuh kemennagan beruntun. Bahkan, MU sempat meraih tiga clean sheet beruntun.

Tak hanya itu, Solskjaer membuat Setan Merah tampil lebih atraktif. Paul Pogba dan kawan-kawan lebih tampil menyerang dan mendominasi permainan.

“Sikap para pemain sama seperti dilatih Ole Gunnar Solskjaer ataupun Mourinho. Namun, kami memiliki lebih banyak keberhasilan dalam menyerang dan bertahan lebih baik,” ucap Sanchez, dikutip dari Mirror.

“Faktanya, Solskjaer memiliki banyak sejarah dengan klub ini. Tentunya, itu membuka banyak jalan ketika dia sedang berpidato,” kata winger MU berkebangsaan Chile itu menambahkan.

2 dari 3 halaman

Filosofi MU

Lebih lanjut, Sanchez mengatakan, Solskjaer menyukai permainan yang menyerang. Manajer berusia 45 tahun itu selalu ingin melihat timnya menang dengan banyak gol.

“Filosofinya adalah banyak bersentuhan dengan bola, mengontrol permainan, dan mencetak gol. Anda dapat mengatakan, posisinya di pinggir lapangan seperti pemain. Namun, dia juga ingin kami fokus di area penalti sendiri,” ujar Sanchez.

“Satu-satunya hal yang dikatakan manajer kepada pemain adalah, kami dapat memperbaiki situasi sendiri. Dia mengatakan, semuanya tergantung pada kami dan kami sendiri yang harus memanjat di klasemen,” kata pria berusia 30 tahun tersebut

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

Saksikan video pilihan berikut ini:

Suicidolog: 34,5% Mahasiswa Jakarta Berpikir Bunuh Diri

Jakarta – Suicidolog atau ahli kajian bunuh diri menyebut kecenderungan bunuh diri terdapat pada kalangan kaum muda terpelajar. Sebagian mahasiswa di Jakarta disebutnya punya pikiran untuk bunuh diri. Ini perlu menjadi perhatian.

Suicidolog itu adalah Benny Prawira Siauw, pendiri sekaligus Kepala Koordinator Into The Light, kelompok pemerhati pencegahan bunuh diri. Dia menjelaskan hal ini kepada detikcom di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Menurut penelitian Benny terhadap mahasiswa di Jakarta dan Yogyakarta, terdapat perbedaan angka pemikiran bunuh diri. Jakarta jauh lebih tinggi dari Yogyakarta dalam hal pemikiran berbahaya ini.

Tesis saya menemukan 34,5% mahasiswa 18 sampai 24 tahun di Jakarta ini punya pemikiran suicidal dalam satu tahun terakhir, kata Benny yang saat ini tengah menyelesaikan penelitian di Magister Psikologi Sosial Kesehatan Unika Atma Jaya ini.

Adapun angka pemikiran bunuh diri di Yogyakarta ditemukannya lebih kecil, yakni 6%. Respondennya adalah mahasiswa usia 18 hingga 24 tahun di kedua kota itu. Ada 284 responden yang berpartisipasi. Dia menyoroti angka pemikiran bunuh diri mahasiswa Ibu Kota.

“Itu bukan angka yang rendah untuk pemikiran bunuh diri. Bayangkan, 34,5% dalam satu tahun terakhir,” kata Benny.

Sebagai perbandingan, sebelumnya pernah pula ada penelitian regional Asia Tenggara yang dilakukan Karl Peltzer dan kawan-kawan tahun 2016, terbit di Journal of Psychiatry, tentang perilaku bunuh diri mahasiswa di enam negara ASEAN.

Mereka mensurvei 4.675 mahasiswa S1 dari Kamboja, Malaysia, Myanmar, Thailand, Vietnam, termasuk dari Indonesia. Umur responden adalah 18 hingga 30 tahun, dan rata-rata berusia 20,6 tahun. Di Indonesia, mereka mengambil 231 responden dari mahasiswa-mahasiswa yang menuntut ilmu di Yogyakarta.

Hasilnya, angka pikiran untuk melakukan bunuh diri dari mahasiswa di sejumlah negara ASEAN itu mencapai 11,7%. Sedangkan angka percobaan bunuh diri sebesar 2,4%.

Responden dari Indonesia (Yogyakarta) menunjukkan angka pikiran bunuh diri 6,9%, terendah ketimbang mahasiswa-mahasiswa di kota lain di ASEAN. Angka pikiran bunuh diri tertinggi ada di Myanmar dengan 16,3%.

Meski Myanmar punya angka pikiran tentang bunuh diri tertinggi, namun angka percobaan bunuh dirinya justru terendah yakni 1,0%. Angka percobaan bunuh diri tertinggi ada di Thailand yakni 5,3%.

Simak juga berita-berita lain di detikcom dengan tema masalah bunuh diri.

Untuk mengakses layanan konseling pencegahan bunuh diri, Kementerian Kesehatan mempersilakan masyarakat untk mengakses nomor telepon gawat darurat (emergency) di 119, bebas pulsa.

Lima rumah sakit juga disiagakan Kementerian Kesehatan untuk melayani panggilan telepon konseling pencegahan bunuh diri, yakni:
1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang (024) 6722565
2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor (0251) 8324024, 8324025, 83240467
3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta (021) 5682841
4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang (0293) 363601
5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang (0341) 423444

Ada pula nomor hotline Halo Kemkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan , 24 jam.

(dnu/dhn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Edy Rahmayadi Pernah Semprot 3 Pemain Ini

Liputan6.com, Jakarta – Edy Rahmayadi menanggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI pada Minggu (201/1/2019). Dia mundur saat Kongres PSSI di Hotel Sofitel Bali.

“Pada kesempatan ini saya menyatakan mundur dari ketua PSSI, dengan syarat besarkan PSSI. Saya serahkan bendera ini. Saya berhenti dengan sah detik ini,” ujar mantan Pangkostrad tersebut.

“Saya serahkan kepemimpinan ini, akan dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputusan saya ini,” ujar Edy dalam pidatonya di Kongres PSSI.

Sebagai seorang Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi terkenal dengan beberapa aksi kontroversinya. Bahkan, dia pernah menyemprot tiga pemain yang menolak panggilan Timnas Indonesia.

Siapa saja yang pemai yang pernah kena semprot Edy Rahmayadi selama menjadi Ketua Umum PSSI? Simak di halaman berikutnya.


2 dari 4 halaman

Rezaldi Hehanusa

Edy Rahmayadi sempat geram dengan tingkah bek sayap Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa yang menolak membela Timnas Indonesia U-22, kala masih dilatih Luis Milla.

Bule, sapaan Rezaldi, menolak panggilan dari Luis Milla pada Mei 2017, kala Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan untuk SEA Games 2017 di Malaysia. Rezaldi tak hadir karena sedang cedera, tapi sang pemain malah kedapatan bermain untuk Persija saat kalah dari Persela Lamongan.

“Jika ada pemain yang tidak bersedia membela Timnas Indonesia lebih baik keluar dari Indonesia,” ucap Edy Rahmayadi saat ditemui di acara Invitasi antar wartawan yang dilaksanakan PSSI Pers di GOR Soematri, Kuningan, Jakarta.

3 dari 4 halaman

Andri Syahputra

Pemain muda yang merumput di Watar, Andri Syahputra, sempat kena semprot Gubernur Sumatera Utara tersebut. Andri disebut Edy Rahmayadi tidak memiliki jiwa nasionalisme.

Andri memilih untuk membela Timnas Qatar U-19 ketimbang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19, yang dilatih Indra Safri. Bahkan, Edy ingin mengusir Andri dari Indonesia.

“Andri kita doakan mau dipanggil masuk Timnas Indonesia. Kalau dia tidak mau, berarti dia bukan orang Indonesia. Silahkan keluar dari Indonesia,” ujar Edy.

4 dari 4 halaman

Emil Audero

Februari 2017, PSSI melakukan pendataan pemain berdarah Indonesia yang berkarier di luar negeri. Salah satu pemain yang menarik perhatian adalah, Emil Audero Mulyadi, kiper muda Juventus.

Emil Audero dilahirkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, dia memiliki ayah asli Indonesia, Edi Mulyadi. Namun, sang kiper ternyata lebih memilih bergabung dengan Timnas Italia karena ingin menjadi suksesor Gianluigi Buffon.

Tentunya, pilihan Emil Audero itu membuat berang Edy Rahmayadi. Emil pun dicap sombong oleh mantan Pangkostrad itu. “Ada orang kita bernama Emil Audero Mulyadi yang dari Juventus, tapi sombongnya minta ampun,” kata Edy Maret 2017.

Saksikan video pilihan berikut ini: