Ketika Louhan Menjelma Jadi Predator Buas di Kolam Petambak Cilacap

Manurut dia, sepengetahuannya, BBI Majenang memang pernah mendata ikan invasif. Namun, terbatas pada ikan Aligator Gar (Atractosteus Spatula) dan Arapaima (Arapaima Gigas).

“Jumlahnya hanya satu dua, tidak signifikan. Itu dipelihara oleh warga saja, bukan di kolam,” Coto mengungkapkan.

Meski begitu, ia membenarkan bahwa ikan Louhan berpotensi menjadi predator yang mengganggu ekosistem kolam. Tetapi, ia juga menyebut, sebetulnya ikan Nila pun bisa menjadi predator bagi ikan-ikan kecil lainnya.

Dia juga mengimbau jika warga menangkap ikan di kolam agar jangan dikembalikan lagi ke kolam. Lebih baik, ikan dimasak atau dibunuh.

“Kalau yang menangkap petani yang dibunuh, terus dibuang,” dia menambahkan.

Coto menduga, ikan Louhan bisa menyebar dengan cepat di perairan air tawar lantaran pernah dibudidayakan. Kemungkinan besar, pehobi ikan berusaha memperbanyak ikan Louhan yang sempat jadi ikan hias idaman, namun tidak terkontrol.

“Mungkin tadinya iseng, dilepasin ke kolam. Ternyata beranak pinak,” kata Coto.

Dikutip dari website Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP), ikan Louhan pernah menginvasi Waduk Sempor, Kebumen, Jawa Tengah. Ikan Louhan menyebabkan kerugian ekologi dan ekonomi.

Yaitu mendominasi struktur komunitas ikan dan menurunkan hasil tangkapan jenis ikan ekonomis digantikan dominasi ikan Louhan yang kurang bernilai ekonomis.

Karenanya, KKP terus meneliti perkembangbiakan dan persebaran ikan Louhan yang berpotensi menjadi ikan invasif di perairan di Indonesia. Salah satunya di Danau Matano, danau purba di Kompleks Danau Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Danau ini memiliki keanekaragaman hayati yang unik dan tingkat endemisitas tinggi. Ikan Louhan yang dikenal dengan nama Flowerhorn cichlid, merupakan jenis ikan hias dari famili Cichlidae yang telah masuk ke perairan Danau Matano dan dapat mengancam keberadaan jenis-jenis ikan endemik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Detik-setik seekor ikan lele jenis Gulper melahap ikan koi dalam akuarium. Ikan lele jenis Gulper diketahui dapat memangsa ikan yang seukuran dengan tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *