Indonesia Siap Ikut Kompetisi Pesawat Kertas Tingkat Dunia di Austria

Liputan6.com, Jakarta – Pesawat kertas tak hanya sekadar permainan yang dapat membangkitkan memori masa kecil. Kini, permainan tersebut bahkan siap mengantarkan Indonesia menjadi salah satu negara yang ambil bagian dalam Kompetisi Pesawat Kertas Dunia bertajuk Red Bull Paper Wings 2019.

Penyelenggaraan ajang ini memang telah memasuki tahun kelima, namun baru tahun ini merupakan kali pertama Indonesia dapat turut serta. Kompetisi ini menguji keterampilan para peserta yang terdiri atas pelajar atau mahasiswa, juga masyarakat umum dalam melipat sekaligus menerbangkan pesawat kertas.

Ada pun penilaian Kompetisi Pesawat Kertas terbagi atas tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. Para ‘pilot’ akan diberi selembar kertas A4 untuk unjuk kebolehan atraksi di hadapan juri.

“Untuk longest distance (jarak terpanjang), mahasiswa membuat jarak paling jauh dan peserta diberi satu kertas, tidak ada kertas dan alat tambahan,” ungkap Irgi Naufal, Project Coordinator Red Bull Paper Wings 2019 di Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat, Jumat (5/4/2019).

Mengingat pertama kalinya keikutsertaan Indonesia di kompetisi dunia, Irgi menyebut bahwa ia dan pihak penyelenggara selalu memberikan beberapa dukungan kepada para pilot. Langkah ini juga ditunjang dengan aplikasi dari kompetisi ini.

“Selalu mengingatkan peserta untuk cari banyak referensi yang sudah pernah dilakukan negara lain. Kita punya aplikasi yang cukup baik,” lanjut Irgi.

Sebanyak 158 orang mengikuti tahap awal yang digelar di Universitas Indonesia dan Universitas Tarumanagara. Lalu, 20 pilot terbaik yang terpilih di dua babak kualifikasi melaju ke babak final nasional Indonesia.

Sementara, babak final nasional Kompetisi Pesawat Kertas digelar di Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat pada Jumat (5/4/2019). Babak ini mempertemukan 10 pilot yang bertanding di kategori jarak terpanjang dan 10 orang pilot di kategori waktu terpanjang.

Untuk aerobatik, pilot mengunggah video atraksi tidak lebih dari 60 detik di Instagram dan pemenangnya ditentukan dari vote terbanyak. “Aerobatik itu ada banyak trik seperti memutar-mutar dan se-kreatif mungkin,” kata Irgi.

Setelah melalui pertarungan yang cukup sengit, akhirnya kompetisi mengumumkan kemenangan tiga pilot dari tiga kategori. Jarak terpanjang dimenangkan oleh Satrio Abimanyu (Politeknik Negeri Jakarta) dengan jarak 44,10 meter, waktu terpanjang selama 9,28 detik dicetak Yushron Azhary (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia), dan pemenang aerobatik jatuh pada Ananda Rizkytama (Universitas Indonesia) dengan 101 votes.

Ketiga pemenang final nasional Indonesia di atas akan melanjutkan perjuangan mereka ke tingkat dunia yakni Red Bull Paper Wings World Final. Ajang yang diikuti oleh 384 universitas dari 64 negara ini bakal diselenggarakan di Hangar 7, Salzburg, Austria pada Mei mendatang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kertas Sontekan Ma’ruf vs Gadget Sandiaga

Jakarta – Kertas yang dibawa Ma’ruf Amin dan gadget yang digunakan Sandiaga Uno di panggung debat menjadi perdebatan. Kedua timses saling tuding atas penggunaan kertas dan gadget itu saat debat antar cawapres pada Minggu (17/3).

Perdebatan berawal dari sindiran Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga terhadap gaya Ma’ruf. BPN mempertanyakan gaya pasangan Joko Widodo (Jokowi) itu membaca teks saat sesi tanya-jawab debat cawapres.

Gaya Ma’ruf membaca teks terjadi saat sesi keempat debat. Ma’ruf yang diberi kesempatan untuk melontarkan pertanyaan kepada Sandiaga melepas kacamata dan terlihat membaca secarik kertas.

“Harapan saya ke depan, jangan pakai sontekan lagi, Mas. Kok bertanya pakai sontekan,” kata jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, yang dimintai tanggapan soal debat, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

“Bukan, Pak Sandi pun pakai ini tadi (gadget) kita lihat. Masalah sontekan tidak dilarang, itu ada data. Kalau soal data, itu kita boleh,” imbuhnya.

Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Aria Bima, yang berdiri di sebelah Andre, buru-buru langsung menyanggah. “Itu bukan sontekan,” tegasnya.

Tak terima kertas yang dibaca disebut sontekan, Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, menyindir balik Sandiaga yang menggunakan gadget di panggung debat. Menurut Ace, BPN tak bisa menunjuk ‘hidung’ orang lain, sementara cawapresnya membawa gadget saat debat.

“Apakah dilarang oleh KPU? Kan diperbolehkan oleh KPU. Kalau secarik kertas sih bahannya sangat sangat terbatas. Yang lebih parah ya, pakai gadget lah yang dapat memuat data lebih banyak lagi,” kata Ace, Senin (18/3).

“Dalam secarik kertas itu ya hanya pertanyaan. Yang terpenting kan bukan soal secarik kertasnya. Tapi sejauh mana Pak Sandi mampu menjawab pertanyaan yang disampaikan Abah Kiai Ma’ruf ini,” imbuh dia.

Disindir balik, BPN Prabowo-Sandiaga menanggapi santai. BPN tak menampik sang cawapres menggunakan gadget saat debat.

BPN Prabowo-Sandiaga mengatakan pemakaian gadget tersebut sebagai bentuk komitmen Sandiaga untuk paperless atau mengurangi penggunaan kertas. Apalagi tak ada larangan dari KPU untuk menggunakan alat elektronik tersebut.

“Jadi ya itu juga menunjukkan komitmen Bang Sandi untuk paperless, komitmen lingkungan hidup,” ujar koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnli Anzar Simanjuntak.

“Jadi nggak pakai manual. Bang Sandi memang semua disiapkan di situ, jadi kalau Anda ikutin Bang Sandi setiap hari, beliau kan selalu bawa tablet. Itu khasnya anak zaman now. Itu sekaligus berikan sinyal ke generasi sekarang bahwa kebijakan paperless nanti akan kita dorong. Simbol seperti itu penting, kebijakan ramah lingkungan akan kita dorong, itu pesan penting yang disampaikan Bang Sandi,” imbuhnya.
(mae/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan surat sebagai media komunikasi kini sudah semakin jarang digunakan oleh masyarakat. Tak jarang anak-anak zaman sekarang atau mungkin para orang tua muda sekarang ini tidak tahu cara menulis surat yang benar

Walaupun jaman telah berkembang dan kebanyakan orang meninggalkan surat, tapi surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga sekarang.

Surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga saat ini karena dianggap lebih sopan, formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Memang terkadang kamu membutuhkan cara membuat surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kamu yang tidak memungkinkan untuk masuk.

Seperti dimana saat kamu sakit atau berhalangan hadir karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Berikut cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini sangat gampang, asalkan kamu tahu unsur-unsur apa saja yang seharusnya harus di persiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin.

1.  Tujuan pengiriman surat

Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2.  Alasan Izin

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, Namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kamu ketahui dalam membuat surat izin.

3 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari Orang Tua

Yogyakarta, 09 Mei 2019


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA ………..

di Tempat


Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ………………

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN       : 123347


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 09 Mei 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,


Rio Willyanto

4 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah Menghadiri Pernikahan Saudara

Malang, 09 Mei 2019


Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Malang

di Malang


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :


Nama       : Putri Marino

Kelas        : XII IPA 1

NISN       : 9877690


Memberitahukan bahwa putri saya tersebut diatas tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Orang Tua Siswa,


Rio Romario

5 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Medan, 09 Mei 2019


Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar


Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan

Jl. Pendidikan No. 1

Medan


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :


Nama       : Chico Sihombing

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kampung Keling 3 No. 99, Medan

NISN       : 667021


Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.


Hormat Kami,

Orang tua Siswa,


Rio Sihombing

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Harus Diperhatikan

1. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

2. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

3.  Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.

4. Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

Cara Ngeprint Bolak Balik Word, Excel dan PDF Secara Otomatis

Liputan6.com, Jakarta Pasti kamu pernah mencetak tugas sekolah, makalah, atau skripsi yang sudah pasti kebanyakan hanya mencetak satu sisi di setiap kertasnya. Sedangkan sisi lainnya tetap kosong. Tentu saja itu hanya akan membuat boros kertas. Apalagi jika kamu ngeprint di tempat fotocopy pasti semakin banyak halaman akan semakin mahal.

Cara ngeprint bolak balik sangat membantu menghemat kertas dan biaya ketika harus mencetak ratusan lembar untuk keperluan tertentu. Dengan cara ngeprint bolak balik kamu bisa menghemat setengah cetakan, semisal harusnya 100 lembar menjadi hanya 50 lembar.

Untuk bisa melakukan print bolak balik tentunya lebih mudah menggunakan printer yang sudah support duplex sehingga bisa berjalan otomatis. Berikut cara ngeprint bolak-balik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 5 halaman

1. Print Bolak Balik Secara Otomatis

Jika printer yang digunakan sudah mendukung percetakan duplex, maka kamu dapat langsung mencetak dokumen secara bolak balik. Beberapa jenis printer biasanya menyediakan pengaturan otomatis yang akan mencetak dokumen duplex tanpa mengaturnya secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silahkan beri tanda centang pada menu “Double-sided Printing” yang terdapat di bagian bawah pengaturan printer kamu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan setiap kali akan mencetak dokumen yang panjang. Akan tetapi jika pengaturan otomatis tidak tersedia, maka kamu harus mengaturnya secara manual.

3 dari 5 halaman

2. Print Bolak Balik Secara Manual

Kamu harus mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kali hendak mencetak dokumen jika menggunakan cara manual. Ketika mencetak duplex secara manual, Microsoft Word akan mencetak setiap halaman di sisi pertama lembar kertas, kemudian kamu harus membalik kertas agar halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain kertas. Berikut langkah-langkahnya:

– Cara ngeprint bolak balik masuk ke menu Print pada Microsoft Word.

– Pada menu Print On Both Side, pilih Yes Flip Over. Scroll ke bawah dan pilih “Manual Duplex”, kemudian simpan pengaturan.

– Kembali ke dokumen di Word. Print dokumen dan Word akan meminta kamu untuk memasukkan halaman untuk dicetak di sisi kertas selanjutnya.

Selain cara di atas, kamu juga dapat mencetak dokumen bolak-balik dengan cara manual yang lain. Cara ngeprint bolak balik di bawah ini sangat cocok untuk kamu yang menulis dokumen dengan tambahan halaman di bawah atau di atasnya seperti skripsi, jurnal, makalah, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka dokumen di Word, Klik “Print”.

– Pilih opsi “Print Odd Numbered Pages”, Klik “OK” untuk mencetak halaman ini.

– Masukkan kertas ke dalam printer. Perlu kamu ketahui, bahwa memcetak duplex secara manual ini mengharuskan kamu untuk membalik kertas untuk halaman selanjutnya. Coba terlebih dahulu di beberapa sampel kertas untuk memastikan umpan printer sebelum kamu mencetak halaman ganjil.

– Kembali ke dokumen di Word. Pilih “Print Even Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak halaman selanjutnya di sisi lain kertas

Cara ngeprint bolak balik ini mudah, meskipun bagi pemula cara ini cukup rumit. Namun, sebagian pengusaha percetakan atau warung internet menggunakan metode ini untuk mencetak dokumen pelanggan dengan cepat.

4 dari 5 halaman

3. Cara Ngeprint Bolak Balik Excel

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Di Setting nya pilih Print on Both Sides

– Kemudian pilih Flip sheets on long edge or Print on Both Sides

– Dan yang terakahir pilih Flip sheets on long edge

– Keluar menu setting printer lalu cetak dokumen dengan menekan tombol Print.

Pada Printer Yang Tidak Support Duplex Printing

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Cara ngeprint bolak balik masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Cetak halaman pertama dengan mengisikan angka 1 pada Pages box lalu klik tombol Print

– Jika sudah selesai mencetak silahkan balik halaman tadi lalu masukkan ke printer

– Pada pages Pages box isikan angka 2 lalu klik tombol Print

– Untuk halaman ketiga dan seterusnya ulangi langkah diatas sampai semua halaman tercetak

5 dari 5 halaman

4. Cara Ngeprint Bolak Balik PDF

– Klik Tab File pada Adobe Reader lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Pada Printer Dialog silahkan pilih Print On Both Sides Of Paper

– Print On Both Sides Of Paper

– Cara ngeprint bolak balik selanjutnya klik Print untuk melakukan pencetakan

Memang untuk semua software memiliki cara print yang hampir sama jadi bisa diterapkan dengan mudah. Lebih mudah apabila memiliki printer duplex karena bisa dengan mudah melakukan printing bolak balik. Kebanyakan printer masa kini juga sudah menyertakan duplex printing yang memudahkan setiap pekerjaan.

Membongkar Isi Tas Syahrini, Ada Permen Swiss, Kosmetik dan 10 Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta – Sudah dua hari Syahrini dan Reino Barack, menjalani biduk rumah tangga, setelah Rabu, 27 Februari 2019 pagi menjalani akad nikah di Masjid Camii Tokyo, Jepang. Keduanya sudah resmi menjadi pasangan suami istri.

Sejak prosesi pernikahan, tak satu media maupun video atau foto boleh mengabadikan momen penting pasangan tersebut. Padahal selama ini Syahrini dikenal rajin membagikan foto-foto-foto maupun video kegiatannya di media sosial.

Pemilik nama asli Fatimah Syahrini Jaelani ini juga dikenal dengan segala busana dan gaya cetarnya. Ia selalu tampil mewah dan elegan bak ratu kerajaan. Maka tak heran jika ia sering disebut atau menyebut dirinya princess.

Profesi penyanyi serta pebisnis sukses membuat Syahrini memiliki banyak barang mewah dengan harga miliaran. Ia pun tak sungkan memperlihatan isi tas mewahnya.

Dilansir dari akun YouTube Channel ‘The Princess Syahrini, 27 Februari 2019, perempuan asal Bogor ini membongkar dan menunjukkan barang-barang apa saja yang ada di dalam tasnya.

Di video tersebut terungkap kalau Syahrini selalu membawa pouch atau semacam kantung untuk menaruh semua barang-barangnya di dalam tas. Ini dilakukan karena ia sering menggonta-ganti tasnya sehingga tak perlu repot memindahkan isinya.

Ia pun mengeluarkan benda di dalamnya satu persatu. Ada permen untuk tenggorokan yang merupakan resep dari dokter dan hanya dijual di Swiss.

2 dari 2 halaman

Uang untuk Tip

“Ini permen para penyanyi dunia, semacam lotion untuk tenggorokan yang dipakai kalau mau nyanyi,” terang kakak dari Aisyah Rani ini. Lalu ada power bank serta sejumlah kosmetik sepert blush on, eyeliner, lipstick, lipgloss dan parfum.

Ada parfum merek Princess Syahrini Perfume dan beberapa merek lainnya dalam bentuk botol yang lebih kecil. Ada juga obat tetes mata, bros, ikat rambut, permen, cokelat, tisu basah, kaca kecil, earphone dan uang logam dari berbagai negara.

Tak lupa, Syahrini memperlihatkan kartu kredit miliknya yang jumlahnya 10 buah. Terakhir dan tak kalah penting, uang kertas yang terdiri dari beberapa lembar uang Rp 100 ribu.

“Ini penting buat kasih tip ke supir kalau dia lembur, satpam atau siapa saja. Biasanya Rani yang masukin duitnya ke tas aku,” tandas Syahrini. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami Ini Mudah, Bisa Langsung Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Seni melipat kertas atau origami adalah seni tradisional yang sudah ada sejak dulu di Jepang. Origami kemudian berkembang menjadi tren hingga saat ini. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami. 

Jika diartikan satu per satu, ori memiliki artian lipat. Sedangkan kami memiliki arti kertas. Jadi origami berarti lipat kertas. Awal mula kemunculan origami sendiri pun banyak atau bervariasi dalam ragam cerita.

Namun bukti paling kuatnya, origami diklaim berasal dari Negara Jepang. Di Jepang sendiri, hampir seluruh penduduk mengetahui cara dan bisa membuat origami. Kegiatan ini sudah menjadi budaya dan kegiatan rutin bagi penduduk Jepang, bahkan di Jepang kegiatan ini dijadikan ajang perlombaan serta karya seni lainnya.

Kesenian ini menggunakan bahan kertas yang berbentuk persegi. Lalu kertas tersebut dilipat dan dibentuk hingga menyerupai hewan atau benda tertentu seperti katak, kapal, balon, burung, dan bentuk lainnya.

2 dari 5 halaman

Tradisi Jepang turun temurun

Origami merupakan seni melipat kertas yang sering dilakukan di Jepang, maka origami dikenal oleh banyak orang sebagai bagian dari budaya Jepang yang berkembang secara turun temurun. Sampai akhirnya origami dikenal oleh banyak orang dari berbagai Negara.

Dan seni melipat kertas ini pun dikenalkan dan diajarkan di sekolah-sekolah karena dapat meningkatkan kreativitas. Tapi nggak hanya anak-anak sekolah saja yang bisa membuat kerajinan dari kertas ini. Tak jarang orang-orang dewasa pun suka dengan seni melipat kertas ini.

Bagaimana tidak, soalnya dengan kertas origami ini bisa banyak dijadikan aneka ragam bentuk. Hasil karya dari kertas origami itu bisa dijadikan pernak-pernik atau dekorasi ruang di rumah.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membuat bunga dari kertas origami. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah, karena alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah.

3 dari 5 halaman

1.  Origami Bunga Sederhana

Ini cara membuat bunga dari kertas origami yang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami, seloptip, dan gunting.

Begini caranya:

– Ambil kertas origami ukuran 6”x6”, corak menghadap atas.

– Lipat secara diagonal dalam kedua arah. Pastikan untuk meluruskan sudut dan lipatan dengan tajam. Lipatan yang seharusnya adalah membentuk ‘X’.

– Balik kertas. Lipat dari kiri ke kanan, dan buka kembali.

– Kemudian lipat dari atas turun ke bawah. Kertas kamu seharusnya berbentuk persegi panjang.

– Dengan sayap terbuka di dasar, dorong dengan lembut ujung kiri atas dan kanan atas dari kertas.

– Lipatan di tengah kertas akan terangkat. Keempat sudut akan bertemu di dasar.

– Kamu akan memiliki kertas dengan bentuk wajik persegi.

– Ratakan bentuk wajik. Pastikan ada satu sayap atas di sisi kiri dan satu sayap atas di sisi kanan.

– Putar wajik 180 derajat, hingga sayap yang terbuka ada di atas.

– Lipat bagian bawah kiri dan bawah kanan dari wajik menuju lipatan tengah. Hal ini akan membentuk lipatan seperti laying-layang.

– Balikkan wajik ke sisi belakang, dan ulangi lipatan yang kamu buat pada sisi depan.

– Buka daun bunga dengan pegang ujung atas dari laying-layang.

– Tarik dan lipat ke bawah kira-kita ¾ dari jarak ke bawah laying-layang. Lakukan dengan ibu jari dan jari telunjuk, tekan bagian tengah dari bunga untuk membentuk lipatan kuat.

– Atur daun bunga di sisi sampai pada posisi yang kamu inginkan. Pengaturan dapat dibuat pada semua daun dengan menjepit dasar bunga dekat tangkai.

– Gunakan gunting untuk membulatkan atau membuat bergerigi pinggir bunga. Pinggiran bulat akan membuat bunga menjadi bunga pansy.

4 dari 5 halaman

2. Origami Bunga Bakung  

Selanjutnya cara membuat bunga dari kertas origami, yaitu bunga bakung. Begini cara mudahnya:

Membuat Kelopak Bunga Bakung

–  Siapkan kertas origami sesuai dengan yang kamu inginkan.

–  Letakkan kertas origami dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.  

–  Lipat kertas menjadi dua bagian secara diagonal untuk membentuk segitas besar.

–  Lipat sudut kiri bawah ke sudut kanan bawah, membentuk segitiga yang lebih kecil.

–  Buka kembali segitiga yang lebih kecil.

–  Lipat daun bunga dengan mengambil sudut kiri dari segitiga dan lipat ke atas dari lipatan di tengah.

– Sudut ini akan memanjang melebihi sisi pinggir dari segitiga yang asli dan kurang lebih memiliki tinggi yang sama dengan ujung atasnya.

– Ulangi lipatan ini pada sisi kanan. Coba dengan membuat lipatan ini simetris dengan lipatan yang ada di kiri.

–  Singkirkan bunga terlebih dahulu.

Membuat Tangkai Bunga Bakung

–  Letakkan kertas yang kamu ingin gunakan untuk tangkai dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.

–  Lipatlah kertas menjadi dua bagian secara diagonal.

–  Buka lipatan dan posisikan kertas agar terlihat seperti wajik persegi.

–  Tarik ujung kanan menuju nlipatan di tengah.

–  Cocokkan sisi kanan dari kertas pada lipatan di kanan, pastikan ujung bawah juga lurus.

–   Ulangi dengan sudut kiri.

–   Kalau sudah selesai, kertas kamu akan terlihat seperti laying-layang.

–   Lipat sisi kanan dan kiri menuju lipatan di tengah. Pastikan ujung bawah tepat dan tajam. Lapisan ini harus berada di tengah dan harus rapat.

–  Lipat ujung kanan atas ke bawah menuju lipatan di tengah. Ulangi dengan ujung kiri atas. Lapisan di antara dua sayap ini juga haru srapat.

–  Lipat bagian atas dari laying-layang ke bawah sehingga lipatan berada di atas dua pertiga dari bagian bawah laying-layang.

–   Lipat sisi kiri ke atas sisi kanan mencocokkan semua sisinya. Segitiga yang lebih pendek dan berisi akan sebagai daunnya.

– Putar tangkai sehingga ujung-ujungnya menhadap ke atas. Ambil

Menggabungkan Bunga dan Tangkai Bakung

– Potong sedikit kertas bagian bawah bunga hingga membentuk lubang kecil.

– Masukkan ujung tangkai ke dalam lubang.

– Beri selotip bunga pada tangkai untuk mencegah bungah jatuh.

5 dari 5 halaman

3. Origami Bunga Unik Lainnya

Cara membuat bunga dari kertas lainnya adalah bunga unik. Caranya juga cukup mudah:

Alat dan Bahan:

–  Gunting

–   Lem

–  Kartas origami

Langkah Membuat

–   Bagi kertas origami menjadi dua bagian hingga membentuk segita.

–  Setelah itu satukan kedua ujung hingga membentuk kerucut dengan satu ujung lancip.

–  Setelah itu lem kedua sisi tersebut agar tidak lepas.

–   Buatlah bentuk tersbeut menjadi beberapa buah.

–   Setelah itu, susun bagian demi bagian agar membentuk bunga yang kamu inginkan.

–  Selesai.

Cerita Gondangdia: Menjadi Saksi Juara Proliga

Liputan6.com, Yogyakarta – Akhir pekan kemarin, Liputan6.com mendapatkan kesempatan menjadi saksi dalam perebutan gelar juara Proliga 2019. Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, tahun ini laga grand final kompetisi bola voli di Tanah Air itu berlangsung dua hari.

Untuk perebutan gelar juara Proliga di bagian putri, digelar pada 23 Februari 2019. Sedangkan untuk putra, dimainkan sehari kemudian. Kedua laga bergengsi itu dimainkan di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Menahan rasa kantuk dan lelah lantaran belum tidur serta usai bekerja shift sore, saya berangkat ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, pukul 02.45. Memakan waktu sekitar 30 menit, saya sudah tiba di terminal tiga.

Setelah tiket di tangan, saya langsung menuju gate 23 untuk naik pesawat yang mengantar saya ke Yogyakarta. Butuh waktu hampir 15 menit lebih bagi saya untuk mencapai gate 23 dengan berjalan kaki secara perlahan.

Duduk di ruang tunggu, saya menunggu kedatangan Chris, humas BNI yang mengundang saya untuk menyasikkan laga grand final. Seperti diketahui, tim putra BNI 46 lolos ke grand final sementara putrinya akan memperebutkan gelar juara ketiga.

Pukul 04.32, ada pesan WA ke telepon seluler saya. “Ak br sampe mas… Wait yaa,” kata Chris dengan ditambah emoji senyum. Tapi ditunggu-tunggu hingga saya masuk ke dalam pesawat, batang hidung Chris pun tak kelihatan.

Saya duduk di kursi 32J. Dugaan kuat saya, Chris duduk di kursi 32K. Sebab sepanjang perjalanan ke Yogyakarta, kursi yang dekat jendela itu kosong tidak berpenumpang.

Setiba di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, saya masih menunggu Chris sebelum ke luar pintu kedatangan. Pukul 06.41 WIB, Chris kembali mengirimkan pesan WA kepada saya. Bunyinya: “Mas bogi, punten maaf td aku ketinggalan check in. Mas br landing ya?”

Dalam pesan berikutnya, Chris memberi saya nomor sopir yang akan mengantarkan saya ke hotel dan GOR Among Rogo. Saya pun menuju hotel untuk rehat sebentar sebelum menyaksikan grand final Proliga 2019.

Tiba di GOR Among Rogo pukul 12.00 WIB, saya langsung menyaksikan laga perebutan posisi ketiga antara putri BNI 46 dan Bandung Bank BJB Pakuan. GOR berkapasitas sekitar 5.000 penonton itu tidak terlalu penuh. Namun, hal itu menyurutkan ketegangan di lapangan.

Sempat dua set menyaksikan dari pinggir lapangan, saya memutuskan pindah ke ruang media untuk mempersiapkan laporan hasil pertandingan tersebut. Ternyata, suasana di dalam ruang media jauh lebih panas dibandingkan lapangan. Sebab, AC di ruangan mati.

Saya pun terpaksa beberapa kali berhenti menulis hanya untuk sekadar berkipas-kipas dengan kertas lantaran sangat gerah. Hasil laporan pun segera saya kirim lewat email begitu BNI 46 dipastikan merebut tempat ketiga.

Memasuki perebutan gelar juara pertama, yakni Jakarta Pertamina Energi melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan, suasana di ruang media semakin panas. Kaos saya kuyub. Bahkan, saya harus membuka kaos hingga ke leher karena saking panasnya.

Tak peduli di sebelah saya ada reporter wanita dari salah satu stasiun televisi yang menyaksikan pertandingan melalui layar monitor dengan live streaming. Bahkan, kami juga terlibat percakapan. “Wah bang skornya 2-2, gimana ini,” ucapnya. Saya menjawab: “Popsivo yang akan juara.”

Dia kembali bertanya. “Kok bisa?”. “Karena mental pemain Pertamina sudah jatuh, kamu lihat aja nanti,” jawab saya kembali.

Benar prediksi saya. Popsivo menang 15-21 di set kelima dan menjadi juara Proliga usai mengalahkan Pertamina dengan skor 3-2.

2 dari 3 halaman

Bertaruh dengan Aprilia Manganang

Usai mengirimkan hasil pertandingan, saya kembali ke lapangan. Saya pun menghampiri Aprilia Manganang, pemain Pospivo yang menjadi bintang di laga grand final.

Sambil bersalaman, saya bilang kepadanya: “Kamu raih MVP (gelar pemain terbaik)”. April tak percaya. Dia menjagokan rekan setimnya, Amalia Fajrina, yang akan memenangkan penghargaan individu bergengsi tersebut.

Bahkan, dia mengajak saya bertaruh, walau tidak disebutkan taruhannya apa. “Salaman ya,” ucap April sebagai tanda setuju taruhan.

Tidak lama berselang, nama April pun disebut sebagai peraih MVP Proliga 2019. Dia pun berlonjak girang dan maju ke depan untuk menerima penghargaan tersebut.

Ini adalah kali ketiga April memenangkan MVP Proliga. Sebelumnya, pevoli kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, 27 April 1992, tersebut pernah meraihnya pada Proliga 2016 dan 2017.

“Ini untuk Popsivo. Ini kali pertama aku membela Popsivo dan aku meraih MVP serta juara Proliga,” ucap April yang menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta sebagai MVP Proliga 2019.

3 dari 3 halaman

Penonton Kepanasan

Grand final putra Proliga 2019 baru akan digelar pukul 15.00 WIB, namun para penonton sudah memasuki GOR Among Rogo, Yogyakarta sekitar 4 jam sebelumnya. Sebab, mereka juga ingin menyaksikan perebutan tempat ketiga antara Palembang Bank Sumsel Babel dan Jakarta Pertamina Energi.

Tetapi belum juga laga dimulai, suasana panas sudah menyelimuti penonton. Bukan karena persaingan dalam mendukung tim yang tampil. Namun, karena cuaca panas yang ada di dalam gor.

“Baju saya sudah basah, padahal pertandingan belum mulai. Mana tidak bawa baju pengganti,” kata salah satu penonton lewat pesan di WA Volimania. Kipas angin dan AC di sejumlah titik ternyata tidak mampu mengurangi suhu panas di dalam GOR. 

Saya yang tiba di GOR Among Rogo sekitar pukul 12.10 WIB, menyaksikan jumlah penonton jauh lebih banyak dari laga grand final sehari sebelumnya. Tak hanya di tribun, kelas VIP pun penuh dengan penonton.

Bahkan, jatah kursi untuk para wartawan yang meliput pun diduduki para penonton kelas VIP. Alhasil, saya terpaksa berdiri di pinggir lapangan dengan penonton VIP yang tidak ke bagian tempat duduk.

Setelah set pertama, saya memutuskan melanjutkan menonton laga grand final Jakarta BNI 46 melawan Surabaya Bhayangkara Samator di ruang media melalui siaran live streaming. Tidak seperti hari sebelumnya, AC kali ini sudah hidup sehingga ruangan tak terlalu panas.

Usai bertarung selama 4 set, Samator sukses mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan BNI 46 dengan skor 3-1 (23-25, 25-20, 26-24, dan 25-17). Momen mengharukan pun terjadi usai pertandingan.

Setter BNI 46 Aji Maulana terlihat tampak sedih karena gagal membawa timnya juara. Ia terlihat dihibur sang istri, Nandita Ayu, pemain Jakarta Pertamina Energi yang sehari sebelumnya juga kalah di grand final dari Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Nandita terlihat menghapus air mata Aji. Momen ini merupakan satu dari banyak drama yang terjadi di grand final Proliga 2019. Semoga saya bisa menyaksikan drama-drama berikutnya di grand final Proliga pada masa mendatang.



Fakta-fakta Penting Pemilu 2019

Jakarta – Tahun ini Indonesia menghadapi pesta demokrasi sebab diselenggarakan pemilu yakni pemilu presiden dan pemilu legislatif. Pesta demokrasi ini ditunggu karena digelar setiap lima tahun sekali.

Pemilu pertama dilakukan pada tahun 1955. Saat itu diputuskan pemilu untuk memilih siapa saja yang akan membantu Presiden Soekarno untuk menjabat dan menempati berbagai tugas. Sehingga pemerintahan yang baru saja merdeka itu dapat berjalan dengan baik.

Nah sampai saat ini pemilu menjadi salah satu hal yang dilakukan tiap lima tahun sekali di Indonesia. Tahun 2019 ini pemilu digelar.

Keunikan Pemilu

Setiap diadakan pemilu per lima tahun, ada saja keunikannya. Untuk tahun ini, partai politik di Indonesia sangatlah banyak. Pemilu 2019 akan menjadi pertama kali Pilpres dan Pileg dilakukan serentak. Saat pemilu digelar, juga akan menjadi hari libur.

Pada pesta demokrasi sebelumnya, tahun 2014 dilakukan dua pemilu yakni pemilihan legislatif yang berlangsung pada 9 April untuk memilih 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pusat dan 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan para anggota DPRD Provinsi dan DPRD kota/kabupaten. Pada Pemilu 2014 terpilih Joko Widodo sebagai Presiden dengan pasangannya yakni Jusuf Kalla. Mereka mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa.

Biaya Penyelenggaraan

Karena pesta diadakan besar-besaran dan di seluruh Indonesia, tentu Anda bisa bayangkan akan terjadi pembengkakan biaya penyelenggaraan Pemilu 2019 ini. Berdasarkan data yang didapatkan, telah dianggarkan sekitar Rp 24,8 triliun. Nilai ini meningkat sekitar Rp 700 miliar dibandingkan Pemilu 2014, yang diselenggarakan dengan biaya 24,1 triliun.

Namun pemilu tahun 2014, hanya pemilu legislatif. Tahun ini dilangsungkan serentak dengan pemilihan presiden, wakil presiden, dan pemilu legislatif. Selain itu biaya juga didapatkan dari berbagai pendaftaran pemilu serta dana pemerintah.

Nantinya setelah dipilih, akan ada 1 presiden dan wakil presiden, 575 anggota DPR, 19.817 anggota DPRD, 185,7 juta pemilih yang akan dipilih kali ini, 136 anggota DPD, 2.207 anggota DPR Provinsi dan 17.610 anggota DPRD Kota/Kabupaten.

Sedangkan para pemilih, sejauh ini jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU, tercatat sebanyak 185.732.093 orang yang terdiri dari 92.802.671 pemilih laki-laki dan 92.929.422 pemilih perempuan. Mereka akan memilih di 805.075 TPS.

Daftar Partai Pemilu 2019

Informasi selanjutnya adalah mengenai daftar partai Pemilu 2019 yang akan menyemarakan pemilu kali ini. berdasarkan pendaftarannya terdapat 27 partai yang memberikan berkas dan mencalonkan. Namun panitia pemilu juga melakukan verifikasi syarat dan data serta hanya 16 partai yang memenuhi syarat administrasi dan verifikasi faktual secara nasional.

Berikut daftar partai yang masuk ke pemilu 2019 :

Nomor urut 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Nomor urut 2 Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Nomor urut 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Nomor urut 4 Partai Golongan Karya (Golkar)

Nomor urut 5 Partai NasDem

Nomor urut 6 Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)

Nomor urut 7 Partai Berkarya

Nomor urut 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Nomor urut 9 Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

Nomor urut 10 Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Nomor urut 11 Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Nomor urut 12 Partai Amanat Nasional (PAN)

Nomor urut 13 Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Nomor urut 14 Partai Demokrat

Nomor urut 15 Partai Bulan Bintang (PBB)

Nomor urut 16 Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)

Kertas Suara dan Eks Koruptor

Lima kertas suara dalam lima warna merupakan keunikan lain yang ada pada pemilu 2019. Anda akan disodorkan kertas yang cukup banyak untuk pemilu ini, diantaranya adalah memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR-RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota, anggota DPD. Kecuali DKI Jakarta, yang hanya empat kertas suara -tanpa DPRD kota/kabupaten.

Kelima kertas suara itu juga warnanya berbeda-beda, yakni:

· Abu-abu: Kertas suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

· Kuning: Kertas suara untuk memilih anggota DPR RI.

· Merah: Kertas suara untuk memilih anggota DPD RI.

· Biru: Kertas suara untuk memilih anggota DPRD Provinsi.

· Hijau: Kertas suara untuk memilih DPRD Kota / Kabupaten.

Di sisi lain hal yang sempat menuai kontroversi adalah adanya eks koruptor yang masuk dan mencalonkan diri dalam anggota partai. Record mereka nyatanya sempat membuat banyak orang khawatir, karena bisa saja terjerat dalam masalah yang sama. Hal ini menjadikan banyak masyarakat menolak kehadiran eks koruptor dan tidak ingin masuk di pemerintahan.

Bukan berarti tidak ada tindakan dari tim KPU mengingat sebelumnya KPU sudah menetapkan aturan bahwa mantan terpidana kasus korupsi, kejahatan seks, dan narkoba dilarang mencalonkan diri dan ada dalam kegiatan partai serta pesta pemilu ini. Sayangnya peraturan ini ternyata dilarang oleh banyak kalangan dari partai dan menegaskan bahwa kasus mereka tidak akan mempengaruhi kinerja di masa depannya. Setelah itu banyak partai yang memutuskan untuk mengadukannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu mengabulkan gugatan partai-partai itu, namun KPU bersikukuh pada ketetapan semula.

Itulah informasi mengenai pemilu 2019 yang akan dilakukan di Indonesia pada bulan April mendatang. Siapapun pilihan Anda, sangat diharapkan untuk bisa memilih dan memberikan suaranya agar dapat memberikan kinerja yang maksimal dan perubahan pada Indonesia yang tentunya akan menjadi lebih baik lagi.
(nwy/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Membuat Lampion dari Kertas, Mudah dan Bisa Dipraktikkan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, hiasan rumah adalah hal yang sangat dibutuhkan. Adanya hiasan rumah membuat rumah menjadi tampak lebih indah dan menarik untuk dipandang. Hiasan yang senada dengan bentuk rumah dan terlihat unik, membuat penghuni rumah akan lebih betah. 

Hiasan rumah yang menarik dan unik tidak harus memiliki harga yang mahal. Hiasan rumah sederhana juga bisa mempercantik sudut ruangan di rumah atau di kamar. Hiasan-hiasan sederhana dapat kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan.

Salah satu hiasan dengan budget yang murah dan mudah didapatkan adalah lampion. Kamu pasti sudah tak asing dengan kata lampion. Lampion yang memiliki jenis hampir seperti lampu, biasanya terbuat dari kertas dan lilin yang di dalamnya sebagai sumber penerangan.

2 dari 4 halaman

Lampion simbol harapan

Lampion dipercaya sebagai simbol kebahagiaan dan harapan. Secara umum, lampion berbentuk bulat dengan kerangka bambu. Lampion-lampion yang indah bisa kamu jadikan hiasan untuk di rumah atau bisa kamu letakkan sebagai hiasan di kamarmu.

Tak perlu khawatir jika kamu tak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah lampion. Kamu bisa menemukan cara membuat lampion dari kertas dengan mudah yang bisa kamu tiru.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber ada cara membuat lampion dari kertas yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Tentunya dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampion dari Kertas yang Dilukis

Lampion bisa kamu jadikan hiasan yang memperindah ruangan atau memberikan nuansa yang berbeda di dalam ruangan. Untuk membuat lampion sendiri, bahan-bahan yang kamu perlukan cukup mudah dan sederhana.

Bahan yang perlu kamu siapkan yaitu,

1. Kertas kosong

2. Kertas karton

3. Lem

4. Selotip bening

5. Gunting

6. Spidol warna-warni

7. Tali atau benang untuk menggantung lampion

8. Lilin elektronik yang berukuran kecil

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan tersebut, berikut cara membuat lampion dari kertas.

1. Hal pertama adalah kamu buat gambar-gambar pada kertas kosong yang telah disiapkan. Gambar sesuai dengan keinginanmu menggunakan spidol warna-warni agar lebih menarik. Usahakan gunakan kertas putih polos agar cahaya lilin dapat menyala dengan terang.

2. Setelah itu, lipat kertas yang telah kamu gambar dengan pola seperti kamu membuat kipas. Lipat secara vertikal dengan posisi awal berada diatas kemudian lipatan selanjutnya berada dibawahnya.

3. Satukan ujung-ujung kertas sehingga membentuk tabung. Lalu tempelkan kertas karton yang telah digunting berbentuk lingkaran. Tempel kertas karton pada sisi dasar kertas polos yang membentuk tabung tadi. Pastikan jika lemnya kuat. Kamu bisa gunakan lem kertas dengan ditambah selotip bolak-balik.

4. Setelah itu, buat lubang kecil pada bagian badan lampion untuk mengaitkan tali sebagai penggantungnya. Kamu perlu teliti agar 2 lubang yang berada di badan lampion sejajar. Sehingga saat digantung, lampion tidak miring.

5. Ikatkan tali pada lubang yang telah kamu buat tadi. Tali ini berfungsi sebagai gantungan lampionmu.

6. Lalu tutup lampionmu dengan kertas karton yang sudah kamu gunting berbentuk lingkaran sesuai dengan diameter lampionmu. Pada tutup lampion, beri lubang pada tengahnya agar tali bisa menembusnya sehingga bisa digantung. Kamu bisa beri lem pada tutup lampion agar tak mudah lepas namun jangan terlalu rapat agar lilin tetap menyala.

7. Kemudian masukkan lilin elektronik kedalam lampion.

8. Selesai.

Lampion kertas buatanmu sendiri sudah berhasil kamu buat. Usahakan selalu berhati-hati jika kamu mengganti lilin dengan lilin biasa.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampion dari Kertas Minyak

Cara membuat lampion dari kertas selanjutnya adalah dengan kertas minyak. Kertas minyak sangat mudah kamu dapatkan. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu antara lain:

1. Kertas minyak

2. Kapas

3. Kawat

4. Lem

5. Gunting

6. Etanol atau minyak tanah

7. Tang

8. Cutter

9. Bambu

Setelah kamu siapkan bahan dan laat diatas, berikut langkah-langkahnya.

1. Potong bambu dengan lebar sekitar 1 cm denan menggunakan cutter. Kemudian satukan sisinya sehingga membentuk lingkaran. Buat 2 buah

2. Ikat kawat pada bagian bambu yang berbentuk lingkaran tadi sehingga membentuk tabung

3. Bentuk kertas minyak menjadi persegi panjang menggunakan gunting dengan ukuran yang panjangnya sesuai dengan kerangka bambu dan kawat tadi

4. Buat tutup sebagai alas tutup lampion

5. Tempel kertas dengan menggunakan lem sebagai badan lampion

6. Tuang etanol pada kapas

7. Kapas yang ada etanol tersebut letakkan pada bagian dalam lampion kertas

8.  Selesai.

Pada cara membuat lampion dari kertas satu ini kamu tak perlu membuat penutup untuk bagian atas lampion. Hal ini karena menggunakan etanol atau minyak tanah yang dinyalakan sehingga sumber cahaya berasal dari api.

Lampion ini biasanya digunakan untuk lampion terbang. Jadi kamu bisa terbangkan lampion ini saat cuaca sedang cerah.

Demikian cara membuat lampion dari kertas yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Semoga cara membuat lampion dari kertas diatas dapat memberikanmu inspriasi dan ide kreatif untuk mempercantik ruangan atau untuk hiasan dalam sebuah acara.