Wapres JK dan PM Djibouti Bahas Kerjasama Pengembangan Geotermal

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menerima kunjungan Perdana Menteri Republik Djibouti HE Mr. Abdoulkader Kamil Mohamed di Istana Wapres, Jakarta, Kamis 14 Maret 2019. Dalam pertemuannya mereka membahas beberapa hal, salah satunya terkait pengembangan ilmu pengembangan khususnya kerja sama terkait energi panas bumi atau geotermal.

“Kami telah menyepakati berbagai antra Indonesia dan Djibouti khusunya di bidang pengembangan ilmu pengetahuan khususnya kerjasama geotermal,” kata Abdoulkader usai bertemu JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 14 Maret 2019.

Mereka pun berharap Indonesia bisa meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan para ahli di industri geotermal di Djibouti.

“Pemerintah Indonesia akan membantu kemampuan Djibouti untuk dapat mengembangkan industri geotermalnya. Sementara ini lahan yang ada di Indonesia dan lahan yang ada di Djibouti serupa. kami mengharapakan dukungan dari pemerintah Indonesia, terhadap pengembangan industri geotermal di sana,” papar Abdoulkader.

JK, kata Abdoulkader, akan memberikan fasilitas pendidikan bagi mahasiswa Djibouti untuk belajar industri geotermal di Indonesia.

“Karena itu pemerintah Indonesia memilki kemampuan di sektor itu, di bidang itu. Telah membantu negara tetangga kita yaitu Kenya. untuk mengembangkan industri berkelanjutannya, energi berkelanjutannya. Oleh karena itu kami mengharapkan hal yg sama untuk Djibouti,” kata Abdoulkader.

Harapan Pengusaha Terhadap Kerjasama Perdagangan Bebas RI-Australia

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Pemerintah Indonesia dan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Dengan perjanjian ini diharapkan mampu meningkatkan investasi kedua negara.

Ketua Umum Kadin, Rosan P Roeslani mengatakan, bagi Indonesia penting menjadikan perjanjian ini sebagai alat guna mendorong ekonomi lebih besar lagi. Sebab, dalam IA-CEPA kerja sama antara Indonesia-Australia tidak hanya untuk meningkatkan perdagangan bilateral saja, tetapi membuka investasi di beberapa bidang.

“Dengan adanya potensi perdagangan dua negara yang besar maka sangat penting bagi Indonesia untuk segera melakukan proses reformasi ekonomi sebagai bagian dari komitmen IA-CEPA,” kata Rosan usai penandatangan IA-CEPA di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin, Bidang Hubungan International, Shinta Kamdani menambahkan, perjanjian ekonomi ini ditujukan untuk menciptakan hubungan perdagangan investasi yang lebih besar serta mendukung satu sama lain dalam berkompetisi dengan negara lain.

“Adanya revolusi rantai nilai global memaksa kita untuk maju bersama-sama, bukan sendiri-sendiri. IA-CEPA itu bukan hanya sekedar mengenai saat ini, tapi bagaimana kita melihat tantangan ekonomi dunia jauh ke depan,” katanya.

Lebih lanjut, Shinta menambahkan, bagi Kadin penting untuk secara asertif memaksimalkan utilisasi perjanjian IA-CEPA ini. Misalnya dengan membuat tranding house khusus, desk informasi pemanfaatan IA-CEPA khususnya untuk memfasilitasi para pengusaha atau peningkatan misi dagang ke Australia.

Seperti diketahui, sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menandatangani perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Sepakat, Indonesia-Australia Teken Perjanjian Perdagangan Bebas

Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi teken perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, penandatangan perjanjian IA-CEPA ini mencerminkan tingkat keterlibatan yang lebih dalam hubungan ekonomi yang sudah terjalin lama antara Indonesia dan Australia.

Ini juga bertujuan untuk kemitraan ekonomi yang lebih komprehensif, berkualitas tinggi dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Australia yang mencakup perdagangan barang.

“Perjanjian ini akan menghilangkan 100 persen tarif Australia, sedangkan 94 persen tarif Indonesia akan dihapuskan secara bertahap,” kata Enggartiasto dalam sambutannya.

Seperti diketahui, negosiasi pertama kali diluncurkan pada akhir 2010 dan ditunda dari November 2013 hingga diaktifkan kembali pada Maret 2016.

Dengan menyelesaikan 12 putaran negosiasi, dan sejumlah pertemuan Kepala Negosiator selama proses negosiasi yang berlangsung hampir sembilan tahun, Indonesia dan Australia menyatakan pada 31 Agustus 2018 negosiasi telah secara substansial selesai. Akhirnya, perjanjian ditandatangani pada Senin 4 Maret 2019.

“Dalam dua setengah tahun terakhir kita sepakati perjalanan ini karena pada dasarnya perjanjian ini akan sangat bermanfaat bagi kedua negara. Banyak hal termasuk kita akan mendapatkan kelebihan dari aspek pendidikan dan berbagai hal yang lain. Jadi satu hal yang bersejarah bagi Indonesia dan Australia,” ujar Enggartiasto.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Dapat Kenaikan Pangkat, Sani Rizki Tak Lupakan Rekan di Timnas U-22

Liputan6.com, Jakarta Anggota Brimob Polda Metro Jaya dan Anggota Timnas U-22 Indonesia, Sani Rizki Fauzi mendapatkan kenaikan pangkat. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Polda Metro Jaya dengan prestasi Sani Rizki yang membawa Timnas U-22 juara di Piala AFF 2019 lalu.

Kabid Humas Polda Metro, Argo Yuwono menyampaikan pihaknya dan para pimpinan Polri bangga akan keberhasilan Sani bersama Timnas U-22.Berkat prestasinya, Sani pun akan mendapatkan kenaikan pangkat.

“Informasi dari manajer akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa,” ujar Argo di Mako Brimob Kwitang, Jakarta, Jum’at (1/3/2019).

Mendengar hal tersebut, Sani yang juga hadir di Mako Brimob Kwitang sempat meneteskan air matanya karena terharu. Ia mengatakan, kemenangan ini juga berkat kerjasama dari seluruh temannya di Timnas U-22.

“Kami selalu bertekad satu sama lain, untuk selalu memotivasi rekan-rekan satu tim semua agar bisa memberikan hasil yang maksimal, dan alhamdulilah di pertandingan final kemarin kami berjuang keras dan hasilnya pun maksimal,” ujar Sani.

Ayah Sani, Edi Riyadi (49) yang ikut menemani Sani pun menyampaikan rasa syukurnya akan kenaikan pangkat yang akan diterima anaknya itu.

“Ya mudah-mudahan saya harapkan dari anak saya ada rizki lebih saya bisa punya rumah sendiri, itu cita-cita saya. Dan mudah-mudahan anak saya dikasih rizki yang banyak, umur yang panjang, dan mudah-mudahan tambah lagi semangat di bidang olahraganya, apalagi dalam masa tugasnya itu,”ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pilihan Tepat

Manajer Timnas U-22, Sumardji menambahkan, sejak awal ia memang ingin mengorbitkan bintang sepakbola berlatarbelakang Polri. Ia menanggap, dirinya tidak salah pilih untuk melatih Sani.

“Alhamdullilah saya berikan kepercayaan penuh kepada Sani ketika dia berlatih dengan disiplin, terlebih ketika dia secara khusus bersama-sama dengan ofisial saya berikan tanggung jawab penuh kepada Sani untuk debut pertamanya ketika lawan Kamboja,” ucap Sumardji.

Sani Rizki menyumbang satu gol saat Timnas U-22 menang 2-1 atas Thailand di final Piala AFF. Sedangkan satu gol kemenangan Timnas U-22 lainnya dicetak oleh Osvaldo Haay.

3 dari 3 halaman

Seleksi 2016

Pemain Bhayangkara FC itu mengikuti seleksi kepolisian pada 2016 saat Polri dan TNI memberikan kesempatan kepada pemuda berprestasi yang memiliki talenta di berbagai bidang, salah satunya olahraga untuk bergabung di institusinya.

“Jadi bukan hanya Sani saja. Ada banyak (anggota Polri berprestasi) di bidang sepakbola, bola voli, judo, sepak takraw, dan di cabor lain juga diberikan peluang besar, ini bentuk reward dari Polri kepada pemuda-pemudi yang berprestasi di bidang olahraga, maupun di bidang lainnya,” ucap Dedi.

Sani Rizki menjadi salah satu pemain kunci pada laga final Piala AFF U-22 yang digelar di Olympic Stadion, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam lalu. Dia menjadi pencetak gol pertama untuk tim Garuda Muda U-22.

Gol Sani pun membawa Timnas Indonesia U-22 mengimbangi Timnas Thailand yang unggul lebih dulu di babak kedua. Timnas Indonesia membalikkan keunggulan lewat gol sundulan Osvaldo Haay di menit 63. Skor 2-1 bertahan hingga menit akhir sekaligus memastikan kemenangan untuk tim Garuda Muda Indonesia.

Mulai Musim Panen, Harga Beras Turun

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perkembangan harga gabah dan beras. Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani turun 4,46 persen sedangkan harga beras medium di penggilingan turun 1,04 persen.

Selama Februari 2019, rata-rata harga GKP di tingkat petani Rp 5.114 per kg sedangkan untuk beras, harga rata-rata di tingkat penggilingan Rp 10.008 per kg, semua turun dibanding bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti berkata, penurunan ini terjadi karena biasanya petani mengalami puncak panen pada bulan Maret.

“Biasanya Januari itu belum panen. Februari sudah mulai, puncaknya di Maret dan April. Itu transisinya begitu. Makanya nanti bulan depan mungkin naik lagi,” ungkap Yunita di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2019).

Penurunan harga gabah dan beras menjadi andil dalam penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) secara nasional. Tercatat NTP turun sebesar 0,37 persen menjadi 102,94 dibanding bulan sebelumnya.

Penurunan ini dipengaruhi oleh 2 dari 5 subsektor pertanian yang juga alami penurunan NTP, yaitu Subsektor Tanaman Pangan (0,80 persen) dan Subsektor Tanaman Hortikultura (1,47 persen).

2 dari 3 halaman

Indonesia Kembali Lakukan Penjajakan Ekspor Beras Ke Malaysia

Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Bulog kembali jajaki peluang ekspor beras ke Malaysia. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP),Kementan, Agung Hendriadi bersama Judith J Dipodiputro, Direktur Komersil Perum BULOG dan KBRI Kuala Lumpur saat melakukan pertemuan dengan BERNAS, Kamis (21-2-2019) di Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kuala Lumpur ini, Agung diterima oleh CEO BERNAS, Ismail Mohamed Yusoff dan Chairman BERNAS, Megat Joha yang didampingi pejabat tinggi BERNAS.


BERNAS merupakan satu-satunya institusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah Malaysia untuk menangani import beras ke Malaysia. Ismail Mohamed Yusoff menyatakan market share beras di Malaysia sebesar 60% dipenuhi dari produksi domestik dan 40% dari impor.

Melalui pertemuan ini, BERNAS menyetujui untuk melakukan kerjasama dengan Perum BULOG untuk impor beras dari Indonesia. Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat BERNAS akan melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan identifikasi, observasi dan pembahasan lebih lanjut dengan BULOG terkait rencana eksport ke Malaysia. Mendengar respon dari BERNAS, Agung dan rombongan merasa senang dan optimis ekspor beras dari Indonesia ke Malaysia bisa dilakukan.

“Sehubungan adanya peluang kerjasama ekspor beras ke Malaysia, Perum Bulog diharapkan perlu lebih proaktif dalam melakukan round table meeting antara distributor ke dua belah pihak, sehingga ekspor bisa segera direalisasikan,” ujar Agung.

Sebelumnya dalam rapat kerja jajaran Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR RI (21/1/2019) dan BULOG, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan bahwa Bulog menargetkan ekspor beras ke sejumlah negara tetangga pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Target ini diprediksi akan berlangsung seusai panen raya pada pertengahan bulan April hingga akhir Mei 2019.

“Makanya kita targetkan bulan januari sampai april itu kita akan menyerap 1,8 juta ton beras dari petani. Kalau ditambah dengan sisa beras kita hasilnya bisa lebih dari 4 juta ton, kan kita masih punya sisa 2,1 juta,” kata Buwas saat menghadiri Rapat Kerja Menteri Pertanian Dengan Komisi IV DPR RI di Komplek Parlemen, beberapa waktu lalu (21/1).

Beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga telah berhasil meyakinkan negara Malaysia dan Brunai untuk memasok padi adan sebagai bahan kebutuhan mereka. Ekspor ke dua negara ini jumlahnya bahkan mencapai puluhan ton. Setiap kali panen, tak kurang dari 10 ton beras adan secara periodik selalu di expor ke Negara Malaysia dan Brunei.

Padi Adan merupakan salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasan Krayan Kalimantan Utara dan merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat yang bermukim di daratan tinggi Borneo, khususnya di Krayan yang masuk Kabupaten Nunukan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Olah Sampah di Jakarta, BPPT Usul Pakai Teknologi Termal

Jakarta – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus mengkaji teknologi pengolahan sampah dengan cepat, tanpa memerlukan lahan yang terlalu luas. BPPT mengusulkan penggunaan teknologi termal.

“BPPT terus mendukung Jakpro guna membangun Kota Jakarta. Kali ini kami juga tekankan pentingnya mengedepankan teknologi yang ramah lingkungan, dalam mengatasi timbunan sampah,” tuturnya di Kantor BPPT, Jakarta, seperti dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3/2019).

Kepala BPPT juga menyebut pihaknya tengah melakukan asistensi dan evaluasi terkait rencana pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) atau Tempat Pengolahan Sampah menghasilkan listrik/PLTSa.
“ITF ini kan nantinya dibangun di tengah kota, salah satunya di kawasan Sunter, lalu Jakarta Barat, Timur dan Selatan juga ya, atau disebut ITF 1,2,3 dan 4. Tentu ini merupakan tantangan besar yang membutuhkan terobosan teknologi untuk mewujudkannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Herman menyebut BPPT mengusulkan penggunaan teknologi termal yang tepat. Hal ini lantaran pembangunan ITF tersebut akan memiliki kapasitas pengolahan 2.000 ton.

“Kami merekomendasikan teknologi yang menggunakan proses termal. Dengan proses ini, timbunan limbah padat (sampah) dalam jumlah besar dapat diubah menjadi panas yang kemudian dikonversikan menjadi energi dalam bentuk energi listrik,” paparnya.

Mengenai keunggulan pengolahan sampah dengan menggunakan proses termal, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT yang juga sebagai Plh Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Rudi Nugroho, menyebut ada dua keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan proses tersebut.

“Pertama, sampah dengan jumlah besar dapat dihabiskan dengan singkat. Kedua, diperoleh energi listrik yang dapat dimanfaatkan, baik untuk mendukung proses pengolahan sampah itu sendiri maupun untuk digunakan oleh masyarakat,” urai Rudi.

Teknologi pengolahan sampah dengan proses termal, lanjut Rudi saat ini dipandang paling efektif dan telah banyak digunakan oleh sebagian besar negara maju seperti Jepang, Singapura, Prancis, Austria, Finlandia. Negara-negara maju tersebut menggunakan teknologi incinerator untuk pengolahan sampah.

Teknologi yang dipakai, imbuhnya, menggunakan proses thermal incinerator type stoker grate yang dilengkapi sarana pengendali polusi udara. Dengan teknologi ini, sampah dapat musnah secara cepat, volume berkurang signifikan, dan ramah lingkungan..

“Lebih dari 70 persen pengguna teknologi termal bahkan telah mengkonversikan panas yang dihasilkan untuk selanjutnya diubah menjadi energi listrik,” kata Rudi.

Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryanto mengungkapkan memang kerjasama dengan BPPT untuk membantu pihaknya memilih teknologi yang tepat untuk digunakan dalam ITF. Untuk itu pihaknya menyerahkan pemilihan teknologi ke tangan instansi yang bergerak di bidang teknologi, yaitu BPPT.

“Jakpro ingin melanjutkan kerjasama dengan BPPT dalam menangani Sampah di Kota Jakarta. Dalam 2 tahun ke depan, Jakpro pun mendapat tugas untuk membangun 3 ITF (Intermediate Treatment Facility) sampah di Jakarta,” sebutnya.
(gbr/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Mudah Biasakan Pilah Sampah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta – Tumpukan sampah menggunung di rumah kemungkinan masih ada yang berguna bila kita memilahnya. Namun, tak sedikit rumah tangga yang mencampurkannya begitu saja dengan berbagai alasan.

Padahal, pemilahan membantu Anda untuk menekan produksi sampah dari rumah. Apalagi, menurut data yang dilansir dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan sebanyak 24 persen sampah belum dikelola.

Pemilahan bisa berhasil bila dimulai sekarang dan dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Tapi, banyak yang gagal karena tak mengerti caranya seperti dilontarkan sejumlah peserta Workshop Bukalapak ‘Trash to Treasure’, pekan lalu.

Duta Lingkungan Hidup Tasya Kamila berbagi tips mudah membiasakan pemilahan sampah di rumah. Yang pertama adalah menyediakan dua tempat sampah. Sampah kemudian dipilah menjadi sampah basah dan kering.

“Sampah itu sederhana sebenarnya, tapi kalau buang sembarangannya secara masif, sampahnya juga akan masif. Pengelolaan sampah bisa dilakukan asal kita mau,” kata Tasya.

Sampah basah atau organik meliputi sisa makanan, kulit buah, dan bahan-bahan lainnya. Ia menyarankan agar tempat sampah basah diletakkan di dapur agar mudah diakses. Setelah terkumpul, sampah tersebut dipindahkan ke tong komposter, lalu ditambahkan cairan bioaktivator untuk diolah menjadi kompos.

“Nanti jadinya kompos cair, tapi ampasnya bisa jadi kompos padat. Bisa bantu deh suburkan tanah,” katanya.

2 dari 2 halaman

Sampah Kering

Sementara itu, sampah anorganik dimasukkan ke dalam tempat sampah kering. Founder Kertabumi Recycling Center, Iqbal Alexander menerangkan meski sampah anorganik bisa dikategorikan dalam banyak macam, Anda bisa memulainya dengan menyatukan semua sampah anorganik di satu tempat.

Ia juga mengingatkan agar tempat sampah yang dipakai selalu terjaga kebersihannya agar seluruh anggota keluarga tak merasa jijik. Di sini diperlukan kerjasama seluruh anggota keluarga.

“Semua sampah anorganik disatukan dulu, apalagi kalau baru (memilah). Tong sampahnya kemudian digambar dan diwarnai semenarik mungkin. Nah, nanti yang kering (sampahnya) tinggal didonasikan,” kata dia.

Bila telah terbiasa, Anda bisa mulai memilah sampah anorganik menjadi lebih spesifik. Contohnya, sampah yang bisa didaur ulang dan sampah yang tidak bisa didaur ulang.

“Yang tidak bisa didaur ulang itu contohnya popok bayi. Jadi, sebaiknya popok diletakkan di tempat tersendiri,” ujar Iqbal seraya menyatakan sampah yang tidak bisa didaur ulang, bisa diserahkan langsung kepada Dinas Kebersihan terdekat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Hasil Liga Inggris: Lukaku 2 Gol, MU Atasi Palace 3-1

London – Angka penuh berhasil dibawa pulang Manchester United dari lawatannya ke markas Crystal Palace. Romelu Lukaku mencetak dua gol untuk memenangkan MU 3-1.

Pada lanjutan Liga Inggris, Palace menjamu MU di Selhurst Park, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB. The Red Devils mengungguli Palace di babak pertama berkat gol Lukaku.

Tiga gol tercipta di babak kedua. Lukaku memperbesar skor MU sebelum Palace menghidupkan asa dengan gol James Ward. Namun demikian, Ashley Young memastikan kemenangan MU dengan golnya pada 10 menit terakhir.

Kemenangan MU memanaskan persaingan finis empat besar di akhir musim. Dengan tiga angka tambahan, Setan Merah tetap di peringkat lima usai mengumpulkan 55 poin hasil 28 laga. MU berjarak satu poin dari Arsenal di atasnya dan unggul tiga poin dari Chelsea di bawahnya.

Sementara itu, Palace menempati peringkat 14 dengan 30 poin. The Eagles belum aman karena cuma unggul lima angka dari Cardiff City yang berada di zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Peluang berarti pertama diciptakan MU di menit kedelapan. Dari sepak pojok, Luke Shaw mengirim bola ke kotak penalti yang diterima Romelu Lukaku. Namun meski lepas dari kawalan pemain lawan, sepakan voli Lukaku masih melambung di atas mistar gawang.

Hanya berselang tiga menit, giliran Palace menciptakan peluang emas. James McArthur melewati Scott McTominay untuk melepaskan crossing kepada Andros Townsend di dekat tiang gawang. Dari sudut sempit sontekan Townsend juga masih melambung.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-33. MU mengungguli Palace 1-0 berkat gol Lukaku.

Shaw meliuk-liuk di sayap kiri untuk menembus pertahanan Palace sebelum mengirim operan pendek kepada Lukaku. Striker Belgia itu menuntaskan dengan sepakan mendatar terarah yang bersarang di sudut bawah gawang.

Palace hampir langsung mencetak gol balasan. Di menit ke-34, sundulan Jeffrey Schlupp melebar tipis setelah menerima crossing akurat Townsend di dalam kotak penalti.

Alexis Sanchez memperlihatkan manuver menjanjikan. Namun, sebelum bisa merangsek ke kotak penalti Palace, Martin Kelly sukses mengintersepsi untuk mencegah Sanchez melakukan tembakan dari posisi bagus.

Babak pertama berakhir. MU sementara unggul 1-0 atas Palace.

MU melewatkan peluang emas usai restart. Crossing Diogo Dalot menemui Paul Pogba, tapi sundulannya dari jarak dekat justru melambung.

Akhirnya MU memperoleh gol keduanya di menit ke-52. Diawali dari sepak pojok yang gagal diredam Palace, bola menemui Victor Lindelof untuk diteruskan kepada Lukaku di tiang jauh. Pemain yang disebut terakhir melesakkan tendangan kaki kiri guna menyarangkan bola ke sudut atas gawang. Kedudukan berubah menjadi 2-0.

David de Gea membuat penyelamatan untuk pertama kalinya di pertandingan ini. Wilfried Zaha mengalahkan Ashley Young kemudian mengirim bola silang kepada rekan setimnya di dekat tiang gawang MU. De Gea jatuh untuk menepis bola ke luar garis gawang.

Buruknya pertahanan MU mendapat hukuman. Di menit ke-66 Palace menciptakan gol balasan untuk menipiskan skor menjadi 1-2.

Kerjasama dengan Towsend diakhiri Schlupp dengan umpan silang ke arah tiang jauh yang dengan mudah disontek James Ward untuk menaklukkan penjagaan De Gea.

Setelah mencetak gol Palace menjadi lebih percaya diri untuk menyerang. Palace kemudian mendapatkan tendangan bebas dari posisi yang berbahaya. Meski begitu, sepakan Luka Milivojevic tak cukup melengkung sehingga bola gagal mengarah ke sasaran.

Giliran MU dihadiahi tendangan bebas. Pogba maju sebagai eksekutor tapi tembakannya bisa diselamatkan Guaita di sudut kiri bawah gawang.

MU akhirnya membunuh pertandingan di 10 menit terakhir. Bekerja sama dengan Lukaku di luar kotak penalti, Pogba mengirim bola terobosan kepada Ashley Young yang melakukan overlapping. Dari dalam kotak penalti, Young menceploskan sepakan mendatar ke gawang Palace.

Susunan Pemain

CRYSTAL PALACE: Guaita, Tomkins, Kelly, Ward, Van Aanholt (Kouyate 83′), Schlupp, McArthur (Meyer 61′), Townsend, Milivojevic, Zaha, Batshuayi (Benteke 78′)

MANCHESTER UNITED: De Gea, Young, Smalling, Lindelof, Shaw, Dalot (Bailly 77′), Pogba, Fred (Garner 90′), McTominay, Sanchez (Rashford 77′), Lukaku
(rin/raw)

4 Cara Buat Akun BBM yang Cepat dan Praktis, Lengkap dengan Fitur Barunya

Liputan6.com, Jakarta BlackBerry Messenger disingkat dengan BBM merupakan aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer seperti fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. 

BlackBerry Messenger atau BBM merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna.

Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.

Awalnya aplikasi pengirim pesan ini hanya tersedia bagi kamu yang memiliki ponsel Blackberry. Namun semakin banyaknya ponsel pintar yang ada dengan sistem operasi Android, maka BBM ini pun dapat diakses dengan smartphone Android. Aplikasi yang dirilis pada 13 Maret 2013 lalu ini selain dapat digunakan mengirim pesan dan juga telepon, BBM pun memiliki beberapa fitur pendukung lainnya.

Fitur pendukung yang dapat kamu temui dalam BBM ini antara lain berbagi lokasi menggunakan Google Maps, menampilkan status dari kontak yang kamu miliki dan beberapa lainnya. Berikut liputan6.com rangkum cara buat akun bbm yang mudah dan cepat, Rabu (27/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara buat akun BBM dengan nomor Hp yang mudah dan cepat

Cara ini merupakan salah satu cara buat akun BBM termudah dan cepat. Kamu bisa mendaftar ataupun buat akun BBM ini tak perlu menggunakan alamat email. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

1. Unduh aplikasi BBM

Sebelum kamu buat akun baru di BBM, tentu saja kamu harus memiliki aplikasi BBM terlebih dahulu. Kamu bisa mendownload di App Store ataupun di Google Play bagi kamu yang tidak menggunakan Blackberry.

2. Isi Form pendaftaran

Setelah kamu mengunduh BBM, maka kamu diharuskan untuk mengisi form pendaftaran terlebih dahulu. Sebelum mengisi form tersebut, kamu sebaiknya memilih kode ponsel negara agar bisa menggunakan nomor ponsel yang akan didaftarkan.

Setelah itu isi semua yang ada pada daftar form dengan lengkap. Pastikan juga bahwa nomor ponsel yang kamu daftarkan masih aktif. Kamu hanya perlu mengisi nama, kode ponsel negara, nomor HP serta password baru untuk buat akun BBM baru kamu.

3. Konfirmasi nomor

Setelah mengisi form tersebut, kamu hanya perlu memilih pada pilihan ‘Create account’ kemudian akan muncul laman konfirmasi melalui SMS yang kamu dapatkan di nomor yang kamu daftarkan.Tuliskan kode konfirmasi yang masuk melalui SMS di ponsel kamu pada kolom yang telah tersedia.

Setelah memastikan bahwa kode yang kamu tulis itu benar, maka kamu hanya perlu menekan tombol ‘Verify’. Kamu hanya perlu menunggu sebentar saja untuk memverifikasi akun BBM.

4. Cari teman

Setelah selesai mengkonfirmasi nomor ponsel, kamu akan mendapatkan pilihan untuk mencari teman baru. Namun hal ini pun bisa kamu lewati begitu saja. Selain akan menemukan pilihan untuk menambahkan teman baru, kamu juga akan mendapatkan pilihan untuk menambahkan teman lewat kontak telpon. Kamu juga bisa untuk melewati pilihan ini.

Setelah kamu melewati proses dari cara buat akun BBM menggunakan nomor ponsel di atas, kamu sudah bisa memakai akun BBM yang kamu buat. Kamu bisa memulai dengan memasang foto profil di akunmu dan menambahkan status serta pertemanan di akun BBM kamu.

3 dari 3 halaman

Fitur Fitur Baru BBM

BBM akhir tahun lalu secara resmi meluncurkan fitur baru dalam sistem aplikasinya yang diberi nama dengan Group War. Fitur ini merupakan kuis berhadiah pertama di Indonesia yang menggabungkan chat bot dan dompet digital dalam satu platform grup chat.

Group War disajikan untuk menambah keseruan dan keriaan interaksi antara teman dan anggota keluarga. Setiap grup BBM bersaing dengan mengasah pengetahuan umum untuk memenangkan hadiah dengan menjawab secara bersama-sama pertanyaan yang diberikan oleh bot Group War.

Pengguna BBM dengan versi terbaru cukup mengundang bot Group War ke dalam grup chat mereka. Setiap pukul 12.30 WIB (kecuali Jumat pukul 13.30 WIB) dan 18.30 WIB, bot Group War akan memberikan pertanyaan untuk dijawab bersama keluarga dan teman kamu di dalam satu grup.

Kerjasama antar anggota grup sangat penting untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Semakin tinggi poin grup BBM, maka peluang hadiah yang diterima akan semakin besar. Integrasi ini membuat kuis dengan total hadiah ratusan juta rupiah ini mampu langsung mendistribusikan hadiah dalam bentuk chat ke masing-masing pemenang.

Hadiah langsung masuk ke dalam saldo dompet digital DANA di BBM setiap sesi kuis berakhir dan dapat ditransfer langsung ke rekening bank atau langsung digunakan di berbagai merchant di seluruh Indonesia seperti Bukalapak, Tix.id, KFC, dan yang lain.

Stasiun Kereta di Jabodetabek Kini Ada Fasilitas Wifi Gratis

Liputan6.com, Jakarta – Sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada pengguna setia kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan fasilitas WiFi gratis di peron stasiun-stasiun kereta api. Untuk penyediaan WiFi gratis tersebut, KAI bekerja sama dengan PT Pulau Pulau Media (MacroAd).

Direktur Komersial KAI Dody Budiawan bersama Direktur Operasional PT Pulau Pulau Media yang kerap dikenal sebagai MacroAd Rudi Chandra meresmikan peluncuran fasilitas WiFi gratis untuk pengguna KA yang dinamakan WiFi MacroAd di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, pada Rabu, (27/2/2019).

“Dengan adanya WiFi gratis di stasiun dan di kereta api ke depannya, penumpang akan lebih nyaman saat menunggu kedatangan kereta atau selama dalam perjalanan. KAI dan MacroAd berharap kerjasama ini dapat meningkatkan jumlah calon pengguna kereta api sampai masa mendatang,” jelas Direktur Komersial KAI Dody Budiawan di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dijelaskannya, pengguna KA akan dimanjakan dengan WiFi gratis dengan kecepatan up to 250 mbps saat menunggu kedatangan kereta. Hingga saat ini, sebanyak 46 stasiun di Jakarta dan sekitarnya telah terpasang WiFi MacroAd.

Sedangkan 37 stasiun lainnya di Jabodetabek akan terpasang sekitar akhir Maret 2019. Penggunaan WiFi MacroAd dilakukan dengan proses registrasi terlebih dahulu.

Penggunanya cukup memasukan nomor telepon dan tanggal lahir. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan WiFi secara gratis selama 30 menit pertama. Apabila pengguna ingin menggunakan WiFi gratis lagi, pengguna cukup melakukan login kembali.

2 dari 2 halaman

Kereta Jarak Jauh

Pengembangan berikutnya adalah pemasangan WiFi gratis di KA Jarak Jauh, KRL, dan stasiun di kota-kota lainnya. Fase pertama pemasangan WiFi gratis untuk KA Jarak Jauh dimulai dari 100 kereta KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung PP). Selanjutnya, KAI dan MacroAd akan memasang WiFi gratis di sepanjang stasiun yang dilewati KA Argo Parahyangan.

Kemudian proyek pemasangan WiFi gratis akan dilanjutkan pada 40 rangkaian dalam waktu dekat di KRL Commuterline, dan stasiun-stasiun KA jarak jauh dari Jakarta hingga Surabaya.

“Kerjasama antara KAI dan MacroAd dalam hal pemasangan WiFi MacroAd tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus partisipasi dalam mengembangkan digital ekosistem yang mencerdaskan publik pengguna transportasi massal. Dengan demikian, KAI turut menciptakan smart transportation yang menghibur dan informatif,” tambah Direktur Operasional MacroAd Rudi Chandra.

Berikut 46 stasiun yang telah tersedia Wifi gratis MacroAd: Angke, Cilebut, Jayakarta, Pasar Senen, Tangerang, Batu Ceper, Citayam, Juanda, Pesing, Tanjung Barat, Bogor, Citeras 23. Jurangmangu, Pondok Cina, Tebet, Bojong Gede, Depok baru, Kalideres, Pondok Jati, Tenjo, Bojong Indah dan Duren Kalibata.

Kemudian Kampung Bandan, Pondok Ranji, Universitas Indonesia, Cawang, Gambir, Karet, Poris, Kemayoran, Cibinong, Gang Sentiong, Kramat, Rawabuaya, Cicayur, Gondangdia, Mangga Besar, Taman Kota, Cikini, Grogol, Pasar Minggu, Tanah Abang, Cikoya, Jakarta Kota, Pasar Minggu Baru, Tanah Tinggi.