Banyak Lulusan SMK Menganggur, Akibat Pilih-pilih Kerja?

Jakarta – Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia masih terbilang tinggi meskipun trennya terus menurun. Dilihat dari pendidikan, lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang paling tinggi persentasenya.

Ada persoalan yang membuat lulusan SMK secara persentase paling besar tingkat penganggurannya. Padahal, SMK merupakan pendidikan yang seharusnya mudah terserap oleh dunia industri.

Menteri Koordinato Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan penyebab besarnya persentase pengangguran para lulusan SMK.

Apa saja penyebabnya? Simak selengkapnya di sini:

(hek/ang)

Studi: Pakaian Kerja Ternyata Bisa Bikin Gagal Naik Jabatan

Liputan6.com, Jakarta – Sudah bertahun-tahun bekerja tapi tidak kunjung naik jabatan? Pastikan Anda berpakaian dengan baik saat berada di kantor. Pasalnya, sebuah survei menunjukkan bahwa cara karyawan berpakaian berpengaruh pada kenaikan jabatannya.

Melansir laman studyfinds, Kamis (21/3/2019), 8 dari 10 bos mengaku bahwa pilihan pakaian berpakaian di kantor ikut mempengaruhi keputusannya dalam menaikkan jabatan karyawan. Hal itu terungkap melalui survei yang digelar perusahaan pemetaan karyawan ternama, OfficeTeam.

“Berpakaian secara profesional menunjukkan kredibilitas dan mendorong orang lain untuk berpikir bahwa Anda siap untuk tanggungjawab yang lebih besar,” tutur Presiden Distrik OfficeTeam Brandi Britton.

Kasus cara berpakaian yang tidak sesuai ke kantor ternyata banyak terjadi. Sebanyak 44 persen manajer senior yang disurvei mengatakan, mereka harus mengingatkan cara berpakaian pada karyawan. Bahkan satu per tiga diantaranya pernah memulangkan karyawan karena dianggap berpakaian tidak pantas ke kantor.

Sebagian besar atasan mengaku bahwa memberikan saran tentang cara berpakaian merupakan obrolan yang tidak mudah. Lantas pakaian seperti apa yang layak dikenakan ke kantor?

“Meski banyak perusahaan memiliki seragam sendiri, tapi para karyawan tidak boleh begitu saja menganggap pakaian kasual dan trend terbaru sebagai hal yang biasa ke kantor,” terang Britton.

Dia menyarankan agar para karyawan tetap mengikuti kebijakan perusahaan dalam berpakaian ke kantor.

Sebagai informasi, survei tersebut terdiri dari 1.000 karyawan asal Amerika Serikat bersama juga 300 manajer sumber daya manusia (SDM), 300 manajer senior dari berbagai perusahaan.

Jokowi Pamer Kartu Pra Kerja ke Pendukung

JakartaCapres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut rencana program pembangunan sumber daya manusia (SDM). Di hadapan pendukungnya, Jokowi memamerkan janji Kartu Pra Kerja dan Kartu KIP Kuliah.

“Ke depan kita ingin konsentrasi kepada pembangunan SDM. Infrastruktur tetap jalan namun pembangunan SDM mutlak kita lakukan. Kita ada pergeseran strategi. Kita tak mau terjebak pada middle income trap,” kata Jokowi kepada pendukungnya di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).


Jokowi melanjutkan, infrastruktur yang sudah siap harus dibarengi dengan pembangunan SDM yang ril. Berikutnya harus ada reformasi struktural baik kelembagaan atau penyederhanaan aturan.

“Kalau tiga ini tidak dikerjakan konkret, kita akan terjebak middle income trap,” ujarnya.

Jokowi lalu memamerkan janjinya soal kartu KIP Kuliah. KIP Kuliah berbeda dengan KIP yang bertujuan membantu anak-anak Indonesia bersekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK.

“Kita akan ada KIP Kuliah. Anak-anak yang tak mampu bisa kuliah di dalam dan luar negeri,” kata Jokowi sembari menunjukkan KIP Kuliah ke pendukung.

Jokowi mengungkapkan, KIP kuliah dibuat berdasarkan ketakutannya saat masih kecil. “Saya rasakan ketakutan waktu kecil tidak bisa sekolah apalagi kuliah. Saya bersyukur saya bisa selesaikan itu semua. Namun ketakutan itu ada di keluarga saya yang sederhana,” ungkapnya.

Dia memamerkan Kartu Pra Kerja. Dia meluruskan beberapa kekeliruan masyarakat terkait janji Kartu Pra Kerja.

“Kartu ini diberikan kepada lulusan SMA/SMK akademi lulusan universitas yang ingin masuk ke dunia kerja. Yang akan kita training dan pelatihan sehingga siap masuk dunia industri. Karena beban biaya ada di perusahaan. Dan itu gratis dibiayai negara dan mendorong orang senang masuk kita berikan insentif honor dalam kartu termasuk yang terkena PHK,” jelasnya.

“Ini juga pelatihannya tak hanya di dalam namun di luar. Untuk keahlian tertentu akan kita kirim besar besaran ke luar negeri,” lanjutnya.
(nvl/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pelamar Lowongan Kerja BUMN Bisa Tembus 1 Juta Orang

Menteri BUMN Rini Soemarno membuka perekrutan bersama 11 ribu lowongan kerja yang diadakan 110 perusahaan BUMN. Dia pun mengajak para generasi milenial untuk ikut serta mendaftarkan diri jadi pegawai BUMN.

“Untuk pertama kalinya kita lakukan rekrutmen bersama BUMN mulai tahun ini. Kami terus berusaha untuk bagaimana milenial nantinya bisa jadi pegawai dan berusaha memajukan BUMN,” ungkap dia di Lampung BUMN Festival 2019, Bandar Lampung, Jumat, 8 Maret 2019.

Kendati demikian, ia mengatakan, belum semua perusahaan BUMN bisa berpartisipasi dalam sesi perekrutan bersama kali ini. “Tadi ada 110 perusahaan. Padahal sebetulnya BUMN ada 143 perusahaan,” jelasnya.

Dia menginformasikan, 110 perusahaan tersebut bakal menyediakan total sekitar 11 ribu lowongan kerja untuk berbagai posisi. Adapun perekrutan kali ini terbuka untuk banyak lulusan, mulai dari SMA/SMK, Vokasi, S1, hingga S2.

Secara posisi, 9 ribu formasi diantaranya dibuka untuk rekrutmen umum. Sementara 1.000 lainnya disediakan khusus untuk disabilitas, dan 1.000 posisi khusus kawasan timur Indonesia.

Lebih lanjut, Menteri Rini pun menyerukan generasi muda dan milenial agar mau bergabung menjadi pegawai BUMN.

“Kehadiran milenial dengan pemikiran barunya itu bagus. Soalnya BUMN ke depan bisa makin maju, direksinya juga makin semangat kerjanya,” pungkas dia.

Jokowi ke Caleg PDIP: Kerja di Lapangan, Tak Ada Lagi Rapat

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono mengatakan dalam acara pembekalan dan penguatan konsolidasi jelang pemilihan umum (Pemilu) 2019 ini dihadiri seluruh caleg PDIP Dapil Jakarta. Total ada 106 orang caleg DPRD DKI, sementara caleg DPR berjumlah 21 orang.

“Dapil DKI. Artinya kan ada 106 untuk DPRD DKI 106, 21 untuk DPR,” kata dia saat dikonfirmasi, Rabu (20/3/2019).

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Politisi senior PDIP salah satunya Pramono Anung. Selain itu ada pula, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Jadi Plt Ketum PSSI, Gusti Randa Siap Kerja Bareng Satgas Anti-Mafia

Liputan6.com, Jakarta – Gusti Randa baru saja ditunjuk menggantikan Joko Driyono (Jokdri) memimpin PSSI sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum. Ada dua tugas yang harus dilakukan Gusti Randa dalam rangka jabatan barunya tersebut.

“Pertama, atas nama Ketua Umum menjalankan roda organisasi keseharian. Kedua, memastikan tahapan-tahapan menuju Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, yang telah ditetapkan dalam rapat Exco tanggal 19 Februari kemarin,” ujar Gusti saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (20/3/2019).

Gusti Randa ditunjuk sebagai Plt Ketum PSSI setelah Jokdri menjadi tersangka kasus perusakan tempat kejadian perkara dan barang bukti terkait tindak pidana dugaan pengaturan skor.

Penetapan status tersangka itu hanya berselang satu bulan dari saat Jokdri ditunjuk menggantikan Edy Rahmayadi dalam Kongres Tahunan PSSI di Bali, Januari lalu.

Gusti Randa menambahkan, dalam menjalankan roda organisasi, ia juga bertugas memastikan Liga 1 tetap bergulir sesuai rencana pada 8 Mei 2019. Selain itu, ada beberapa agenda tim nasional dan pembinaan yang masih harus tetap berjalan.

“Misalnya memastikan bergulirnya Liga 1 pada 8 Mei. Terus persiapan timnas yang sekarang berada di Hanoi, timnas senior. Terus elit pro U-16 yang ada di London. Di akhir tahun ini juga ada SEA Games dan yang akan main adalah tim yang sekarang di Hanoi,” kata Gusti.

Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Selasa (19/3/2019), memutuskan menunjuk Gusti Randa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI menggantikan Joko Driyono.

Timses Jokowi: Survei Kompas Pelecut untuk Kerja Keras

Liputan6.com, Jakarta – Kurang dari sebulan waktu pencoblosan Pilpres 2019, elektabilitas pasangan Jokowi- Ma’ruf Amin malah turun di bawah 50 persen berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru. Pesaingnya, Prabowo-Sandi mengalami kenaikan 5 persen.

Kubu Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menyatakan, akan memaksimalkan masa kampanye terbuka untuk menaikkan kembali elektabilitas calonnya.

“TKN dan TKD telah bekerja secara maksimal. Bagi kami, survei Litbang Kompas ini harus disikapi sebagai pelecut untuk lebih kerja keras memanfaatkan sisa waktu satu bulan ke depan,” ucap Jubir TKN, Ace Hasan Syadzily Ace kepada Liputan6.com, Rabu (20/3).

Dia menuturkan, salah satu cara yang akan dimanfaatkan adalah kampanye terbuka yang akan dimulai 23 Maret mendatang.

“Kami akan memanfaatkan rapat umum ini untuk menaikkan elektabilitas secara maksimal,” tegas Ace.

Politisi Golkar ini menegaskan, survei Litbang Kompas itu belum memotret hasil debat ketiga kemarin. Menurut Ace, penampilan Ma’ruf saat berhadapan dengan Sandi bisa menarik pemilih.

“Apalagi survei ini belum memotret hasil debat ketiga di mana masyarakat yang pada awalnya under estimate kepada Kiai Ma’ruf Amin, ternyata banyak menyebutnya di luar ekspetasi,” jelasnya.

KPK Sita Uang di Ruangan Kerja Menteri Agama, Ini Respons Jokowi

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi enggan berkomentar terkait langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyita uang tunai Rp 180 juta dari ruangan kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Penyitaan tersebut terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

“Saya nggak mau komentar, karena ini masih dalam proses pemeriksaan. Jadi saya nggak mau komentar ya,” ujar Jokowi di Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019).

Dia menegaskan, penyidikan kasus ini merupakan kewenangan penyidik komisi antirasuah. Untuk itu, dia tak ingin ikut campur.

“Kita berikan kewenangan penuh kepada KPK untuk memeriksa kasus ini,” kata Jokowi.

Sebelumnya, KPK membeberkan nominal uang yang disita dari Kantor Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Totalnya ada sekitar Rp 180 juta ditambah US$ 30 ribu.

Uang tersebut akan dipelajari penyidik KPK dan menjadi bagian dari pokok perkara kasus tersebut. Termasuk juga menyelidiki sejumlah dokumen yang didapatkan dari lokasi penggeledahan lain, yakni kantor DPP PPP dan rumah Romahurmuziy di kawasan Condet.

“Akan kami lakukan analisis lebih lanjut karena kami juga ada bukti-bukti terkait barang-barang yang disita,” jelas Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

Dalam prosesnya, KPK dapat memanggil Menteri Agama untuk dimintai keterangan terkait temuan itu.

“KPK juga mengingatkan kepada pihak terkait agar bersikap kooperatif. Harapannya semua pihak kooperatif dalam penanganan perkara ini agar prosesnya bisa kita letakkan sebagai sebuah proses hukum sesuai aturan yang berlaku,” Febri menandaskan.

Gusti Randa Plt Ketum PSSI, Polri Harap Kerja Sama Berantas Match Fixing

Jakarta – Gusti Randa resmi menjabat Plt Ketum PSSI. Polri berharap Gusti dapat bekerja sama dengan Satgas Antimafia Bola Polri dalam memberantas praktik match fixing atau kasus dugaan pengaturan skor.

“Harapannya, Plt Ketua Umum PSSI bisa bekerja sama dengan Satgas Antimafia Bola untuk memberantas match fixing yang terjadi di liga-liga,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

Dedi juga menitipkan harapan agar PSSI dapat membawa persepakbolaan Indonesia mengukir prestasi tertinggi di bawah kepemimpinan Gusti.

“Kemudian setelah itu prestasi persepakbolaan di Indonesia dapat dilihat di kancah internasional dengan peraihan tertinggi, mengikuti Piala Dunia yang akan datang,” ucap Dedi.

“Dan bisa meraih yang terbaik tidak hanya di tingkat ASEAN, tapi juga di tingkat dunia,” sambung jenderal bintang satu itu.

Dedi mengaku optimistis terhadap majunya sepakbola Indonesia selama semua pihak berkomitmen memberantas match fixing.

“Kami optimistis Indonesia bisa meraih prestasi itu sepanjang semangat komitmen bersama dalam rangka memberantas match fixing itu sampai ke titik nadir,” tandas Dedi.

Gusti Randa resmi ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum PSSI hari ini. Langkah tersebut diambil dengan diskresi Joko Driyono dan sesuai dengan Statuta PSSI.

“Mungkin siang tadi, saya sudah menerima surat tembusan dari Pak Joko Driyono, yang isinya ada dua: yang pertama, penugasan untuk menjadi Ketum PSSI untuk menjalankan kegiatan sehari-hari PSSI. Yang kedua, melakukan langkah-langkah menuju KLB (kongres luar biasa),” ujar Gusti saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
(aud/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Duit Disita KPK di Ruang Kerja Menag Pecahan Rupiah dan Dolar

JakartaKPK menyita duit senilai ratusan juta rupiah saat menggeledah kantor Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Duit itu terdiri dari pecahan rupiah dan dolar AS.

“Disita dari ruang Menteri Agama sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan dolar dengan nilai ratusan juta rupiah,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

Penggeledahan itu sendiri dilakukan terkait kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag dengan tersangka Anggota DPR yang juga eks Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy), Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Namun, KPK belum menjelaskan detail asal usul uang yang disita dari ruang Lukman tersebut.

“Nanti detailnya tentu akan diupdate lebih lanjut,” ucap Febri.

KPK mengamankan Rommy dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya, Jumat (15/3). Rommy kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah.

Diduga, Rommy menerima total Rp 300 juta untuk mengurus proses seleksi jabatan bagi Muafaq dan Haris Hasanuddin. KPK menyebut Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) ke Rommy, sedangkan Haris diduga membe duit Rp 250 juta ke Rommy pada 6 Februari 2019.
(haf/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>