Ekonomi 5% Ndasmu! Kemenkeu Jawab Keraguan Gelar Menkeu Terbaik

Jakarta – Sejumlah sentilan dilontarkan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam kampanye di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Prabowo menyentil dari masalah pertumbuhan ekonomi hingga ‘kartu’. Ia juga menyentil ekonomi RI yang hanya mampu tumbuh di kisaran 5%. “Ndasmu!” kata Prabowo.

Selain pernyataan Prabowo itu, berita terpopuler lainnya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuding proyek LRT Jabodebek dan tol Becakayu biang kerok banjir yang mendapat respons Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Berikut berita terpopuler detikFinance Minggu (7/4/2019).

(dna/dna)

Romelu Lukaku Siap Bermain di Posisi Apa Pun demi MU

Liputan6.com, Manchester – Romelo Lukaku makin cinta kepada Manchester United (MU) . Penyerang asal Belgia itu bahkan mengaku siap dimainkan di posisi manapun yang dibutuhkan Setan Merah.

Dalam dua bulan terakhir, Lukaku memang jarang dimainkan sebagai penyerang tengah oleh manajer Ole Gunnar Solskjaer. Ia kalah bersaing dengan sosok Marcus Rashford, sehingga ia kebanyakan bermain di sisi kanan serangan MU dalam satu bulan terakhir.

Dini hari tadi, Solskjaer memasang Lukaku sebagai penyerang tengah sebagai pengganti Rashford yang mengalami cedera. Sang striker menuntaskan tugasnya dengan baik, di mana ia membuat dua gol ke gawang tuan rumah sehingga MU menang dengan skor 3-1 di Selhurst Park.

Lukaku juga menyebut bahwa ia senang akhirnya kembali dipercaya tampil sebagai ujung tombak MU. “Saya hanya berharap saya bisa mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai penyerang tengah,” buka Lukaku kepada MUTV.

2 dari 3 halaman

Siap Berikan Segalanya 

Meski lebih senang bermain sebagai penyerang tengah, Lukaku menegaskan bahwa dirinya selalu siap untuk bermain di posisi manapun yang diinginkan sang pelatih.

“Hari ini pelatih memberikan saya kesempatan untuk bermain sebagai penyerang tengah dan saya senang bisa membantu tim ini memenangkan pertandingan.”

“Saya tidak terlalu mempedulikan saya bermain di sisi kiri, kanan atau di tengah. Saya selalu memberikan yang terbaik untuk tim ini. Selama tim ini menang dan saya bisa memberikan kontribusi atas kemenangan ini, maka saya akan bahagia.”

3 dari 3 halaman

Rekor Apik 

Kemenangan di Selhurst Park tadi menjadi milestone baru bagi MU. Pasalnya ini pertama kalinya Setan Merah meraih delapan kemenangan tandang beruntun sejak tim ini didirikan lebih dari satu abad yang lalu.

Lukaku sendiri merasa senang timnya bisa mencatatkan rekor yang sangat baik itu kali ini.

“Itu [delapan kali menang tandang beruntun] merupakan sebuah pencapaian yang sangat bagus terlebih jika anda melihat tim mana yang harus kami hadapi. Semua orang terus meragukan kami namun kami merespon keraguan itu dengan cara Manchester United, yaitu menang dan mendominasi pertandingan.” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Sambangi Tanjung Benoa Bali, Sandiaga Janji Tolak Reklamasi 

Liputan6.com, Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya menolak reklamasi bila merusak lingkungan alam dan merugikan nelayan. Sandiaga menyampaikan hal tersebut ketika bertemu dengan masyarakat Tanjung Benoa, Bali.

Dia menyebut dulu bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menolak reklamasi Teluk Jakarta ketika kampanye di Pilkada DKI 2017.

“Kalau masyarakat Bali merasa reklamasi merusak lingkungan dan mengancam penghidupan para nelayan, bersama masyarakat Bali, Prabowo-Sandi akan menolak reklamasi,” kata Sandi dalam keterangan pers, Minggu (24/2/2019).

Sandiaga menyatakan, bersama Anies Baswedan, janji kampanye tolak reklamasi Teluk Jakarta pun tetap konsisten dilaksanakan.

“Karena janji itu utang, jika tidak ditagih di dunia, akan kena di akhirat,” ucapnya.

Sementara, Bendesa Adat Tanjung Benoa, Made Wijaya mengaku meminta kepada Sandi dapat meninjau kembali peraturan untuk proyek yang merusak lingkungan, bila terpilih di Pilpres 2019.

“Kami berharap, jika terpilih, Pak Sandi, bisa meninjau kembali proyek yang merusak terumbu karang dan kelangsungan hidup anak cucu juga kesejahteraan para nelayan,” ucap Made.

2 dari 3 halaman

Hentikan Reklamasi

Sebelumnya, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali terpilih, Wayan Koster dan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati mengambil sikap tegas terhadap rencana reklamasi Teluk Benoa. Keputusan yang diambil Koster sebagai jawaban atas keraguan terhadapnya.

Jumat siang, 24 Agustus 2018, di rumah transisi, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali yang didampingi Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati itu menyatakan menghentikan reklamasi Teluk Benoa yang mengundang pro kontra.

Ada delapan poin yang disampaikan Koster pada kesempatan itu. Pertama, rencana reklamasi di kawasan Teluk Benoa tidak bisa dilaksanakan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lika-liku Isu Jalan Desa 191 Ribu Km

Jakarta – Isu jalan desa 191 ribu km belum berhenti bergulir sejak debat kedua Pilpres 2019. Mulai dari ucapan Jokowi di debat, dipertanyakan Dahnil, dibalas Jokowi lagi, hingga kembali dijawab Dahnil.

Begini lika-likunya:

1. Jokowi klaim sudah bangun 119 ribu km jalan desa

Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) bicara soal penggelontoran dana desa di awal debat yang berlangsung pada Minggu (17/2/2019). Saat itu, Jokowi sedang memaparkan visi dan misinya sesuai tema debat yaitu infrastruktur, energi, pangan, lingkungan hidup, dan sumber daya alam.

“Kita tahu dalam tiga tahun ini telah kita gelontorkan 187 triliun dana desa ke desa desa. Apa yang kita dapatkan dari dana ini? Telah dibangun 191 ribu kilometer jalan di desa. Ini jalan produksi yang sangat bermanfaat bagi para petani dan juga 58 ribu unit irigasi yang telah kita bangun dari dana desa,” kata Jokowi saat debat.

Jokowi saat debat / Jokowi saat debat / Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

2. Dahnil pertanyakan klaim Jokowi

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, mempertanyakan klaim yang disampaikan Joko Widodo (Jokowi) saat debat soal 119 ribu km jalan desa sudah dibangun. Dia mengaitkannya dengan diameter bumi.

“Jokowi klaim membangun jalan desa 191.000 km. Ini sama dengan 4,8 kali keliling bumi atau 15 kali diameter bumi. Itu membangunnya kapan? Pakai ilmu simsalabim apa? Ternyata produsen kebohongan sesungguhnya terungkap pada debat malam tadi,” cuit Dahnil di Twitter pada Selasa (19/2/2019) kemarin.

Dahnil Anzar Simanjuntak / Dahnil Anzar Simanjuntak / Foto: Ari Saputra

3. Jokowi balas pertanyaan Dahnil

Pertanyaan Dahnil itu bergulir dengan ragam komentar dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Hingga akhirnya, Jokowi sendiri angkat bicara.

Pada Rabu (20/2/2019), Jokowi memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Ecovention Ocean Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Dalam arahannya itu, dia bicara soal 191 ribu km jalan desa.

“Kalau, ini kan kita sudah 4 tahun lebih banyak konsen ke infrastruktur. Catatan saya sampai akhir 2018 kemarin telah dibangun 191 ribu km jalan desa. Ada yang tanya nggak mungkin 191 ribu, itu panjang banget. Panjang gimana? Kalau itu dikerjakan 4 tahun untuk 74.900 desa artinya per desa hanya 600 meter,” ujar Jokowi.

Lika-liku Isu Jalan Desa 191 Ribu KmFoto: Jokowi (Andhika/detikcom)

Jokowi menekankan, hasil dari dana desa tidak melulu dibangun jalan. Ada yang dibangun infrastruktur lain seperti PAUD atau irigasi.

“Setiap desa tidak hanya bangun jalan. Ada PAUD, pasar desa, dan lain-lain. Irigasi saja sudah diselesaikan 58 ribu unit irigasi, 8.900 pasar desa. 24.000 pasar desa. 1,1 juta meter jembatan. Artinya ini jadi barang. Kalau ada yang sangsikan 191 ribu km tidak mungkin, ya silakan ukur sendiri,” ucap Jokowi.

“Wong satu desa setahun 600 meter hanya 0.5 Km kira-kira. Pendek banget,” katanya.

4. Dahnil jawab Jokowi

“Itu tugas pemerintah untuk meyakinkan kita,” ujar Dahnil saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (21/2/2019).

Bagi Dahnil, tugas pemerintah memang meyakinkan masyarakat akan data-data yang dipertanyakan. Jika tak mau, dia menyebut pemimpin terpilih lewat Pilpres 2019–yang mana dia yakin itu adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno–bakal melakukannya.

“Kalau beliau tidak mau meyakinkan publik terkait kebenaran data itu, ya serahkan saja pemerintahan pada Pemilu 2019 nanti secara legal kepada Pak Prabowo, karena meyakinkan publik terkait dengan data dan fakta itu adalah tugas pemerintah, dan saya yakin Pak Prabowo tidak akan pernah jawab keraguan publik dengan cara begitu,” sebut Dahnil.
(imk/imk)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Merasa Dihargai, Christensen Setia Bersama Chelsea

Liputan6.com, London – Bek Denmark, Andreas Christensen, mengaku tak pernah berpikiran untuk meninggalkan Chelsea di bursa transfer Januari lalu. Sebab, ia merasa selalu dihargai di Stamford Bridge.

Musim lalu, Christensen menjadi bintang di lini pertahanan The Blues. Ia bahkan mendapat penghargaan Pemain Muda Terbaik Chelsea.

Tapi, ia tak jadi pilihan utama Manajer Chelsea, Maurizio Sarri musim ini. Christensen kalah bersaing dengan David Luiz dan Antonio Rudiger.

“Saat ini ada dua pilihan bek utama yang jelas, dan kemudian ada aku. Aku hanya harus menunjukkan bahwa aku siap dan mengambil kesempatan ketika mendapatkannya. Ada banyak pembicaraan pindah di Januari, tetapi dengan cepat klub mengatakan aku akan bermain,” kata Christensen di Soccerway.

“Tentu saja itu benar-benar enak didengar, jadi aku harus terus membuktikan diri. Aku sudah bermain bagus dalam beberapa kesempatan terakhir, dan aku hanya bisa berharap akan lebih sering dipilih.”


2 dari 3 halaman

Setia

(AFP/ Adrian Dennis)

Beberapa klub besar seperti Barcelona, Bayern Munchen dan Juventus menunjukkan ketertarikan pada Christensen. Namun, sang pemain tak pernah berpikiran untuk pindah.

“Jelas aku memiliki banyak keraguan pada Januari. Tapi begitu klub meyakinkan bahwa aku dibutuhkan, itu benar-benar tidak sulit bagiku untuk menerimanya. Aku sudah berada di Chelsea selama bertahun-tahun dan aku masih senang berada di sini. Ini semata-mata karena waktu bermain, maka ada pertimbangan transfer. Tapi, aku sudah menerima situasinya,” Christensen menambahkan.

3 dari 3 halaman

Statistik Christensen

Christensen sendiri sudah membela Chelsea dalam 15 pertandingan musim ini. Namun, ia baru tujuh kali main di Liga Inggris.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

5 Calon Pelatih Chelsea jika Maurizio Sarri Dipecat

Jakarta – Chelsea mendatangkan Maurizio Sarri menggantikan Antonio Conte, di awal musim ini. Eks pelatih Napoli itu diharapkan mampu membawa kejayaan bagi The Blues.

Pada awal musim, Chelsea memiliki musim yang bagus bersama Sarri. Namun, setelah kekalahan dari Tottenham di Wembley, Chelsea seperti mengalami kesulitan di semua ajang kompetisi.

Sarri juga kerap mendapat kritik karena hanya memiliki satu taktik dan menerapkannya sepanjang musim. Selain itu, banyak yang heran dengan keputusan Sarri menggeser N’Golo Kante demi Jorginho.

Kekalahan memalukan dari Bournemouth beberapa waktu lalu memberi tekanan hebat pada Sarri. Muncul banyak keraguan tentang masa depan Sarri pasca kekalahan tersebut.

Meski Chelsea baru saja menang besar 5-0 atas Huddersfield, posisi Sarri mungkin masih belum aman. Sarri berpotensi dipecat jika tidak bisa memberikan hasil yang konsisten sampai akhir musim.

Berikut ini lima manajer yang bisa dipertimbangkan Chelsea jika memutuskan memecat Maurizio Sarri pada musim panas seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 6 halaman

Frank Lampard

Frank Lampard mungkin masih belum dianggap sebagai manajer papan atas saat ini, tetapi kinerjanya saat menangani Derby County sejauh ini cukup mengesankan.

Lampard berpeluang membawa Derby promosi ke Premier League dan mereka saat juga lolos ke putaran kelima FA Cup. Gaya sepak bola menyerang Lampard telah berhasil membawa Rams ke level berikutnya.

Dalam hal pengalaman sebagai manajer, Lampard mungkin tidak akan menjadi pilihan pertama, tetapi jika ia menjadi manajer Chelsea, ia akan sangat dihormati para pemain karena statusnya sebagai legenda di klub.

Manajer seperti Zinedine Zidane, Ole Gunnar Solskjær, Pep Guardiola dan Roberto Di Matteo adalah contoh utama ketika seorang mantan pemain berubah menjadi manajer bisa menjadi jawaban bagi sebuah klub.

Meski mendatangkan Lampard akan menjadi perjudian besar, tetapi mengingat pekerjaannya di Derby dan statusnya sebagai ikon klub itu bisa berubah menjadi risiko yang layak diambil juga.

Sumber: Sportkeeda dan ditulis ulang oleh Bola.net

3 dari 6 halaman

Thomas Tuchel

Thomas Tuchel adalah manajer PSG saat ini. Ia sebelumnya pernah menangani klub raksasa Bundesliga Borussia Dortmund dan membantu mereka meraih DFB Pokal pada musim terakhirnya di klub

Rekor Tuchel di Ligue 1 juga sangat fantastis. Ia baru menelan satu kekalahan dan meraih 18 kemenangan sehingga PSG sangat kokoh di puncak klasemen dan mencetak 67 gol dari 21 pertandingan. Tuchel juga berhasil membawa PSG lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Bagi Tuchel, tawaran menangani klub Premier League seperti Chelsea akan sangat menarik. Premier League akan menjadi tempat yang bagus bagi manajer seperti Tuchel untuk menguji kemampuannya.

4 dari 6 halaman

Diego Simeone

Diego Simeone mengambil alih Atletico Madrid pada 2011 dan sejak itu ia berhasil membawa klub menjadi penantang Barcelona dan Real Madrid. Kontrak Simeone dengan Atletico Madrid akan berakhir pada tahun 2020 dan ada spekulasi bahwa ia ingin meninggalkan Wanda Metropolitano dalam waktu dekat.

Meski tidak menerapkan gaya sepak bola menyerang, Simeone punya rekam jejak yang bagus dalam hal trofi. Ia berhasil tujuh trofi dalam delapan tahun dengan anggaran transfer yang terbatas dan terus menerus kehilangan pemain kunci. Simeone juga punya reputasi yang bagus dengan pemain muda dan ia mungkin bisa mengembangkan pemain muda di Chelsea.

Karena itu, mengingat pengalamannya, rekor trofi dan situasi kontraknya di Atletic saat ini, Simeone harus dipertimbangkan oleh The Blues pada musim panas mendatang.

5 dari 6 halaman

Laurent Blanc

Laurent Blanc adalah salah satu nama yang muncul ketika Chelsea mencari pengganti Antonio Conte. Mantan manajer PSG itu sudah memenangkan empat gelar Ligue 1 dan dua Piala Liga Prancis selama waktunya di PSG dan Bordeaux.

Saat ini, Blanc sedang menganggur dan juga menjadi target Manchester United sebelum mereka menunjuk Ole Gunnar Solskjaer untuk menggantikan Jose Mourinho. Blanc juga punya pengalaman di level internasional setelah menangani tim nasional Prancis.

Mengingat pengalaman, ketersediaan dan gaya permainan menyerangnya, Blanc bisa dikatakan sebagai pengganti yang sempurna jika Sarri tidak ada di Stamford Bridge pada musim depan.

6 dari 6 halaman

Zinedine Zidane

Zidane punya reputasi yang sangat bagus di dunia sepakbola. Ia meraih kesuksesan besar sebagai pemain dan mampu mengantarkan Real Madrid memenangkan tiga gelar Liga Champions secara beruntun sebagai pelatih.

Sejak meninggalkan Madrid, Zidane sekarang masih menganggur. Zidane adalah idola dari bintang Chelsea, Eden Hazard, dan jika Chelsea merekrutnya, dia bisa meyakinkan Hazard untuk tetap bertahan di Stamford Bridge.

Zidane juga berhasil mengembangkan pemain seperti Casemiro, Nacho, Marco Asensio dan Lucas Vasquez menjadi pemain kunci, sementara pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, dan Marcelo juga membawa permainan mereka ke level berikutnya di bawahnya.

Seperti Lampard, dia juga seorang tokoh besar dalam sepakbola dan dia pasti akan mendapatkan respek dari para pemain Chelsea.

Masih Aktif di MotoGP, Valentino Rossi Bungkam Pengkritiknya

Jakarta – Valentino Rossi belum  memutuskan apakah akan terus mengaspal di MotoGP atau pensiun usai kontraknya di Monster Energy Yamaha berakhir 2020. Tapi, dia menyebut, apa pun keputusannya nanti, dirinya puas lantaran mampu menjawab keraguan pengkritiknya. 

Rossi akan memasuki musim ke-20 di ajang MotoGP pada tahun ini. Pembalap yang pada Sabtu (16/2/2019) tepat berusia 40 tahun ini sudah berkiprah di ajang grand prix sejak 1996. 

Dalam beberapa kesempatan, beberapa pihak menilai Rossi seharusnya sudah gantung helm sejak beberapa musim lalu. Apalagi, Rossi sudah tak lagi mencicipi gelar juara dunia sejak 2009. Namun, faktanya The Doctor masih terus bersaing di MotoGP, setidaknya hingga kontraknya dengan Yamaha habis pada 2020. 

“Sejujurnya, saya tidak tahu,” kata Rossi saat ditanya kontraknya bersama Yamaha itu adalah yang terakhir, seperti dilansir Motorsport. “Itu mungkin jadi yang terakhir, mungkin tidak. Kita sekarang bicara tentang sesuatu yang akan berakhir bahkan sebelum dimulai,” imbuh pembalap asal Italia itu.  

“Saya punya gairah besar. Ada dua tahun lagi. Tapi, saya juga mulai berpikir itu mungkin yang terakhir. Saya belum memutuskan,” imbuh Valentino Rossi.


2 dari 2 halaman

Muncul pada 2007

Rossi juga mengaku sangat puas karena mampu membuktikan pendapat pengkritiknya salah, terutama soal pensiun. Mereka beranggapan Rossi seharusnya sudah pensiun sejak bertahun-tahun lalu. 

“(Anggapan seperti itu) pertama kali muncul pada 2007. Saya sudah memenangi lima gelar (di kelas premier). Orang berpikir saya sudah di senja karier. Tapi, saya memenangi dua gelar lagi. Di atas itu, setelah 10 tahun saya masih di sini,” kata Rossi. 

“Itu membuat saya tertawa. Saya tak kuat saat tes, atau saya finis keempat dan kemudian diminta berhenti. Itu sedikit ekstrem,” imbuh Valentino Rossi. 

Sandi Janji Bakal Lipatgandakan Dana R&D dari Dunia Usaha dan Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menghadiri acara Youth Entrepreneur Summit (YES) 2019 di Arena DBL Surabaya, Sabtu (16/2/2019). Dihadapan ribuan millenial, Sandi berjanji akan membuka akses untuk ribuan anak muda yang ingin berwirausaha sebagai solusi mengatasi permasalahan tenaga kerja Indonesia.

“Mari kita bersama-sama pecahkan masalah pengangguran ini. Benahi sumber daya manusia agar tidak hanya unggul dalam jumlah, tetapi juga kualitasnya. Gunakan teknologi sebagai kunci dalam pengelolaan kekayaan sumber daya alam kita. Bangun iklim investasi yang memungkinkan jutaan pekerjaan baru muncul di tengah-tengah bonus demografi Indonesia,” kata Sandiaga.

Menurut Sandi, Indonesia harus mampu mengolah kekayaan hasil bumi dengan inovasi, Research and Development (R & D), membangun industri dan melompat dengan memperkuat daya dukung Inovasi, terutama Blended R & D Fund.

Sandi berjanji akan melipatgandakan dana R&D dari dunia usaha dan pemerintah. Hal itu demi memberikan insentif riset dan inkubasi untuk para millenial inovator mandiri. Serta memastikan adanya insentif riset untuk dunia usaha.

“Melompat artinya juga melipat gandakan akumulasi dana riset sampai 200 triliun dalam 5 tahun. Menajamkan fokus riset di kampus lewat kolaborasi inovasi,” papar Sandi.

“Dan yang terpenting, buka akses untuk ribuan anak muda yang ingin berwirausaha. Sehingga turut jadi solusi permasalahan tenaga kerja kita. Ayo melompat tinggi melawan gravitasi keraguan, memulai berusaha sejak dini. Enterpreneurship ini soal mindset, pola pikir yg berwujud Kerja Keras, Cerdas, Tuntas & Ikhlas,” tandas Sandiaga.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kiper Real Madrid Senang Liga Champions Pakai VAR

Liputan6.com, Jakarta Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois menilai VAR sangat penting dalam sepak bola modern ini. Courtois menyukai VAR karena dia percaya teknologi itu bisa membuat sepak bola jadi lebih adil. Dia sudah merasakannya di Piala Dunia 2018.

Liga Champions dan Liga Europa juga sudah mulai menggunakan VAR di fase gugur musim ini. Artinya, ketika Real Madrid melawat ke markas Ajax Amsterdam dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (13/2) dini hari WIB nanti, pertandingan akan dibantu oleh VAR. 

Courtois mengaku optimistis dengan penerapan VAR di LIga Champions. Meski VAR masih beberapa kali disalahpahami, dia percaya seiring waktu berjalan VAR akan jadi elemen penting pertandingan.

Satu hal yang paling dia sukai adalah VAR bisa membuat pertandingan berjalan lebih adil.

Menurut Courtois, pengalaman penggunaan VAR di Piala Dunia 2018/19 lalu telah menjawab semua keraguan. VAR ternyata bisa bekerja dengan baik, sepak bola berjalan lebih adil. Semua tim yang terlibat juga menyuukai VAR.

“Saya menyukai VAR. Pengalaman di Piala Dunia sangatlah bagus dan semua negara sudah mengatakan hal yang sama. Di Piala Dunia, semuanya berjalan dengan sangat baik,” tegas Courtois di laman resmi Real Madrid.

“Terkadang terdapat kurangnya pengetahuan soal peraturannya, VAR boleh mengintervensi ketika ada kesalahan yang jelas, tapi orang-orang tidak selalu menyadari itu. VAR harus digunakan untuk membantu permainan.”

2 dari 2 halaman

Hal Bagus

Lebih lanjut, Courtois tahu terkadang VAR bisa merugikan tim mereka sendiri. Namun, baginya yang terpenting adalah menciptakan sepak bola yang adil. VAR telah menyeimbangkan sepak bola.

“Terkadang itu merugikan anda ketika offside yang diberikan padahal itu bukan offside, dan terkadang anda yang diuntungkan, lalu pada kesempatan lain sebaliknya akan terjadi.”

“VAR adalah hal bagus ketika membahas soal membuat pertandingan jadi lebih adil,” tutup Courtois.

Sumber Bola.net

Pelaku Teror Tunisia 2015 Silam Dihukum Seumur Hidup

Liputan6.com, Tunis – Tujuh teroris pelaku serangan di museum dan resor pantai Tunisia 2015 lalu, resmi dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, Sabtu (9/2).

Terdakwa lain menerima hukuman kurungan yang lebih ringan, dan total 27 tersangka dibebaskan.

Dalam serangan pertama yang menimpa Museum Bardo, di Ibu Kota Tunis, pada Maret 2015, 22 orang tewas. Tiga bulan pasca-kejadian, 38 turis ditembak mati di pelabuhan Port El Kantoui, dekat Kota Sousse.

Tiga pria bersenjata, dua dalam serangan Bardo dan satu lainnya di Sousse ditembak mati di tempat kejadian perkara, dikutip dari BBC News, Sabtu (9/2/2019).

Sedangkan dua orang yang merupakan otak serangan masih berstatus buron hingga saat ini. Terdapat dugaan mereka telah terbunuh dalam serangan udara AS di Libya.

Tersangka serangan di dua tempat tersebut, diadili dalam dua pengadilan yang berbeda.

Dalam persidangan Sousse, empat militan dijatuhi hukuman seumur hidup, dengan lima lainnya dijatuhi hukuman kurungan enam bulan hingga 16 tahun. Adapun sebanyak 17 tersangka lain dibebaskan.

Sedangkan dalam persidangan Bardo, tiga terdakwa mendapat hukuman seumur hidup dan beberapa lainnya dipenjara dalam kurun waktu yang lebih singkat. Terdapat 10 tersangka yang kemudian dibebaskan.

Dalam serangan Maret 2015, sebanyak enam puluh orang tewas dan banyak lainnya luka-luka.

Akibat kejadian itu, industri pariwisata Tunisia merugi parah.

Meskipun demikian, Inggris sebagai negara dengan korban tewas terbanyak dalam serangan telah mencabut larangan bepergian ke Tunisia, 2018 lalu.

Saat ini Tunisia telah relatif aman berkat kerja sama penanggulangan terorisme dengan komunitas internasional. Meskipun demikian, ancaman kriminal masih ada, mengingat masih tingginya tingkat pengangguran.


Simak pula video berikut:

2 dari 2 halaman

Bom Bunuh Diri di Tunisia

Sementara itu, setidaknya sembilan orang dilaporkan terluka akibat serangan bom bunuh diri yang mengguncang pusat ibu kota Tunisia, Tunis, pada Senin 29 Oktober 2018 sore waktu setempat.

Laporan menyebut seorang pria berusia 30 tahun meledakkan diri di dekat pusat perbelanjaan Le Palmarium di kawasan sibuk Habib Bourguiba Avenue, kata Sofiene Zaag, juru bicara kementerian dalam negeri setempat.

“Delapan polisi dan satu warga sipil terluka menyusul serangan bunuh diri ini,” kata Sofiene Zaag, seraya menambahkan bahwa pembom adalah satu-satunya korban tewas.

Zaag mengatakan, korban yang terluka kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Charles Nicolle di Tunis dan rumah sakit militer, demikian sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (30/10/2018).

Menurut Radio Mosaique FM, pengebom menggunakan granat buatan tangan yang berisi sejumlah kecil bahan peledak.

Ricardo Gonzalez, seorang tenaga kerja asing yang tinggal di dekat lokasi serangan, mengatakan ledakan bom bunuh diri itu tidak “sangat kuat”.

“Bahkan, saya memiliki keraguan apakah ini adalah bom atau mungkin kecelakaan mobil,” katanya kepada Al Jazeera.

“Saya turun ke jalan dan melihat banyak orang bergerak menuju tempat di mana ledakan itu terjadi. (Ketika semakin dekat), saya melihat beberapa petugas keamanan tergeletak di tanah dan meringis kesakitan karena cedera,” lanjut Gonzalez.

Dia juga mengatakan beberapa warga sipil berusaha memberikan pertolongan pertama kepada mereka yang terluka, sebelum kedatangan ambulans sekitar 10 menit kemudian.

Lokasi bom bunuh dirimerupakan kawasan paling sibuk di Tunis, yang dipenuhi oleh deretan kafe, restoran, dan hotel berbintang, disebut memiliki pasukan keamanan reguler yang setara dengan penjagaa gedung-gedung pemerintah lokal.