TKN Turunkan Kepala Daerah Pendukung Jokowi dalam Kampanye Terbuka

Liputan6.com, Jakarta – Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto memastikan, kepala daerah bakal turun sebagai jurkamnas dalam kampanye terbuka. Para kepala daerah itu berasal dari unsur partai koalisi dan nonkoalisi yang mendukung pasangan capres cawapres nomor urut 01.

Hasto memastikan, semua kepala daerah partai koalisi akan membantu kampanye terbuka. Mereka bakal disebar agar mengisi di 17 provinsi yang zonasinya dibagi KPU. Kendati kepala daerah ikut turun, Hasto menyebut tidak akan memanfaatkan fasilitas negara.

“Tentu saja karena kampanye serentak di 17 provinsi di tiap zona kami melibatkan kader PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem Hanura, PKPI, Perindo, PSI dan PBB untuk semua terlibat yang punya kader di pemerintahan untuk aktif,” ujar Hasto di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

Hasto menegaskan, kepala daerah dari partai nonkoalisi pendukung Jokowi juga bakal dilibatkan, seperti dari Cirebon, Jawa Barat dan Maluku Utara.

TKN Jokowi-Ma’ruf, menurunkan 5.320 juru kampanye nasional saat kampanye terbuka. Di antaranya adalah menteri, pimpinan partai politik, sampai ulama.

Tempat Pembuangan Sampah Ilegal Ditemukan, Luasnya Bikin Geleng Kepala

Lokasi yang dijadikan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah ilegal ini dulunya berupa rawa. Selain itu, sempat pula dijadikan sebagai penambangan pasir ilegal. Luas dari lokasi tempat pembuangan sampah ini pun sebesar 6 kali lapangan sepak bola. Bisa kamu bayangkan seandainya tempat ini benar-benar telah terpenuhi oleh sampah? Bukan hanya sampah plastik saja yang ada, akan tetpi furnitur serta puing-puing konstruksi pun ditemukan di lokasi ini.

Untuk mengurangi volume sampah, ternyata operator dari TPA ini diduga membakarnya. Sehingga menghasilkan asap hitam yang cukup tebal dan membuat polusi udara. Tentu saja pembakaran sampah yang kebanyakan merupakan sampah plastik ini bisa melepaskan polutan organik. Selain itu, terdapat pula emisi gas beracun dan juga gas rumah kaca yang bisa merusak lingkungan.

Penemuan lokasi ini muncul setelah Kementerian Energi, Ilmu Pengetahua, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim menutup 131 pabrik limbah plastik ilegal di Selangor dan Penang. Dewan Kota Seberang Perai pun telah mengkonfirmasi, bahwa tidak ada izin yang dikeluarkan untuk menjadikan tempat tersebut sebagai TPA.

88 Kepala Daerah Hadiri Rakernas ASPEKSINDO di Balikpapan

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 88 Kepala Daerah teritorial kepulauan dan pesisir yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I ASPEKINDO. Rapat akan berlangsung selama 3 hari di Balikpapan, Kalimatan Tengah.

Ketua Umum ASPEKINDO, Abdul Gafur Mas’ud mengatakan, para Kepala Daerah tersebut akan terlibat langsung dalam penyusunan mapping dan strategi pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir di Indonesia sesuai dengan teritorial masing-masing demi kepentingan pembangunan nasional ke depan.

“Kita ingin daerah kami dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan pembangunan nasional ke depan, dalam Rakernas ini nanti kami akan menginventarisir potensi-potensi dari daerah masing-masing yang bisa digali dan dikembangkan,” kata Gafur, saat Balikpapan, Kamis (21/3/2019) malam.

Lebih lanjut, Gafur menjelaskan, wilayah kepulauan dan pesisir sangat potensial untuk dikembangkan, terutama dari sektor bahari dan maritim.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan ke depan, agar wilayah kami juga terangkat dari sisi pembangunan potensi daerah yang tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

ASPEKSINDO sendiri merupakan organisasi kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir. Melalui organisasi tersebut diharapkan terbangun kerja sama dan harmonisasi antarpemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir yang saling menguntungkan.

“Organisasi ini terbentuk dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang kuat, ini akan menjadi pilar terwujudnya visi besar Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam konteks ini, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan,” tutup Gafur.

Skema KPBU Disebut Tak Menguntungkan, Kepala BPJT Tantang Balik Swasta

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menantang balik kontraktor swasta yang menyebut skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) kurang memberikan jaminan keuntungan.

“Ini sebenarnya sekarang tantangan. Kita menyampaikan ke sektor swasta, jangan hanya mengharapkan pada pendapatan tol semata. Tolong dong itu kawasan dikembangkan,” ucap Danang di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Dengan dikembangkannya kawasan sekitar tol, Danang menambahkan, itu menjawab dua tantangan sekaligus, yakni menjamin kelayakan finansial dari investasi serta memberikan nilai tambah bagi pembangunan daerah.

“Kalau kawasannya dibangun kan tidak hanya swastanya yang untung, tapi daerahnya juga untung. Ada penyerapan tenaga kerja dan ada industri lokal yang masuk ke situ,” seru dia.

Dia menyatakan, inisiatif pembangunan kawasan industri di sekitar jalan tol selama ini selalu diinisiasi oleh pemerintah. Oleh karenanya, ia mengajak swasta menyalurkan ide kreatifnya untuk bisa meraup pendapatan lebih dalam pengoperasian tol.

“Orang swasta kan biasanya lebih kreatif. Nah menurut saya pertanyaan itu harus dibalik ke mereka. Kalau Anda ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi, apa yang harus difasilitasi pemerintah. Itu pertanyaannya menurut saya,” tegasnya.

“Saya justru ingin men-challenge balik kepada swasta. Katanya kan swasta inovatif, kreatif. Tolong dong, apa kreativitas Anda untuk menjadikan investasi Anda itu menguntungkan,” dia menambahkan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Infrastruktur, Erwin Aksa menyebut bahwa perhitungan kelayakan implementasi bisnis (Feasibility Studies/FS) Untuk berbagai proyek infrastruktur seringkali meleset dari kenyataan. Itu terjadi untuk proyek infrastruktur jalan tol melalui skema KPBU.

Dia mengkritik bahwa prediksi jumlah kendaraan yang melintasi suatu tol baru kerap di bawah perhitungan awal, sehingga tak bisa menambal investasi yang digelontorkan pihak operator.

Drama Bahagia Kasus Siswa Pukul Kepala Sekolah

Liputan6.com, Pekanbaru- Siswa kelas XII SMA 2 Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, inisial ADT yang menjadi tersangka pemukulan kepala sekolahnya bisa bernafas lega. Dia terbebas dari ancaman pidana karena sang guru, Bambang Fajrianto berlapang hati memaafkannya.

Humas Polres Indragiri Hulu Ajun Inspektur Dua Misran menyebut perdamaian antara siswa dan kepala sekolah terwujud setelah dilakukan mediasi pada Senin, 18 Maret 2019. Kapolsek Kelayang Ajun Komisaris Rinaldi Parlin ikut menengahi perkara ini.

“Kepala Dinas Provinsi Riau H Rudiyanto juga ikut memediasi bersama beberapa Kabid dan kepala desa,” kata Misran, Selasa malam, 19 Maret 2019.

Selama mediasi berlangsung, baik siswa dan kepala sekolahnya, menceritakan apa yang sebenarnya terjadi sehingga berujung kekerasan. Siswa ADT rupanya sakit hati karena orang tuanya dipanggil akibat tak mampu bayar uang sekolah.

ADT bahkan diancam tidak boleh ikut ujian, meskipun saat kejadian pada 14 Maret 2019 sang ibu sudah datang ke sekolah dan membayar separuh uang sekolah. ADT marah ibunya dibuat seperti itu sehingga mengamuk di luar ruangan belajar.

ADT juga tidak terima almarhum ayahnya disebut-sebut dalam kejadian itu. Lalu dia menantang kepala sekolah berkelahi hingga terjadi pemukulan. Kepala sekolah tidak melawan dan mempolisikan siswanya itu.

“ADT mengaku salah dan berjanji tidak mengulanginya lagi,” kata Misran.

Simak video pilihan berikut:

simak video pilihan berikut:

Kepala BNPB: Alih Fungsi Lahan Penyebab Banjir Bandang di Sentani

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB) Letjen Doni Monardo menyatakan, banjir bandang dan longsor di distrik Sentani, Jayapura, Papua disebabkan tiga faktor, yakni curah hujan tinggi, tofografi, dan ulah manusia.

“Satu sama lain sangat mempengaruhi terjadinya bencana tersebut,” ujar Doni usai mengisi kuliah umum di IPB University, Bogor, Selasa (19/3/2019).

Menurut BMKG, kata Doni, hujan lebat yang mengguyur wilayah Jayapura pada Sabtu (16/3/2019) malam menyebabkan debit air naik drastis hingga mencapai level 240 sentimeter.

“Ini tidak lazim. Biasanya di angka 100 cm saja sudah cukup tinggi,” kata mantan Pangdam III Siliwangi ini.

Faktor lainnya adalah karena topografi di sekitar Gunung Siklop, Jayapura, yang menjadi daerah hulu sungai memiliki kemiringan dari 30 hingga 90 derajat. Apabila permukaan tanahnya terkupas, air yang masuk ke dalam celah-celah bukit berpotensi terjadinya longsor.

“Karena pohonnya ditebang, jadi material tanah bersama bebatuan yang sudah tidak ada pengikatnya (akar pohon), akan dengan mudah meluncur ke bawah kemudian membendung sungai dan terjadi banjir bandang,” terang Doni.

Selanjutnya, banjir bandang dan longsor di Sentani diakibatkan ulah manusia sendiri. Menurut keterangan kepala daerah setempat, lanjut Doni, sebagian besar wilayah hulu sungai yang menjadi kawasan cagar alam dan daerah resapan air sudah beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk dan perkebunan.

“Masyarakat tanpa menyadari dimana membuka ladang, kebun, dan juga menggunakan area cagar alam sebagai tempat hunian memberikan dampak negatif terhadap lingkungan,” terangnya.

Matangkan Strategi Pilpres, Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah Kader Partai Koalisi

Selain dihadiri kepala daerah dari PDIP, pertemuan ini juga turut mengundang kepala daerah dari partai koalisi lainnya.

“Jadi ini termasuk kepala daerah dari semua parpol koalisi. Ya dari PDI Perjuangan, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, PKPI, Perindo, PSI. Se-Indonesia,” lanjutnya.

Hasto menambahkan, prinsipnya adalah semuanya saling bergotong-royong. Posisi Jokowi-Ma’ruf Amin saat ini sangat strategis karena parpo koalisinya memegang kekuatan mayoritas di pemerintahan daerah maupun parlemen.

Detik-detik ‘Egg Boy’ Kepruk Kepala Senator Australia yang Salahkan Muslim

Minggu 17 Maret 2019, 10:56 WIB

Foto News

Pool – detikNews

Sydney detikNews – Aksi Will Connolly kepruk kepala senator Australia dengan telur membuatnya dijuluki ‘egg boy’. Seperti apa detik-detik saat Connolly melakukan aksinya?

Will Collonny berdiri di dekat Fraser Anning yang tengah diwawancara News 7 Sydney dalam sebuah acara politik di Canberra sebelah tenggara (Foto: Dok. Screenshot/ABC News)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

KPK Segel Ruangan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur

KPK menyatakan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanuddin (HRS) yang menjadi tersangka kasus suap seleksi jabatan bersama Ketua Umum PPP Romahurmuziy, sebenarnya tidak lolos dalam tiga nama yang diajukan ke Menteri Agama. 

“HRS diduga pernah mendapatkan hukuman disiplin sebelumnya,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Laode menuturkan, pada akhir tahun 2018 diumumkan seleksi secara terbuka melalui ‘Sistem Layanan Lelang Jabatan Calon Pejabat Pimpinan Tinggi’. Pada pengumuman tersebut, salah satu jabatan yang akan diisi adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

“Pengumuman juga dapat dibuka secara online di http:seleksijpt.kemenag.go.id. Selama proses seleksi, terdapat beberapa nama pendaftar untuk seleksi jabatan tersebut, termasuk HRS,” beber Wakil Ketua KPK itu.

Sedangkan, Muhammad Muafaq Wirahadi yang juga menjadi tersangka mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik dan Haris mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

“Diduga, terjadi komunikasi dan pertemuan antara HRS, MFQ dan RMY serta pihak lain. MFQ dan HRS diduga menghubungi RMY untuk mengurus proses lolos seleksi Jabatan di Kementerian Agama Rl,” kata Laode yang didampingi Jubir KPK Febri Diansyah.

Pada 6 Februari 2019, Haris diduga mendatangi rumah Romahurmuziy untuk menyerahkan uang Rp 250 juta terkait seleksi jabatan untuk Haris sesuai komitmen sebelumnya. Pada saat itulah diduga pemberian pertama terjadi.

Kemudian pada pertengahan Februari 2019, pihak Kemenag menerima informasi bahwa nama Haris tidak termasuk tiga nama yang akan diusulkan kepada Menteri Agama karena diduga pernah mendapat hukuman disiplin.

“Diduga terjadi kerja sama pihak-pihak tertentu untuk tetap meloloskan HRS dalam proses seleksi jabatan tinggi di Kemenag,” tambah Laode.

Kepala Maut Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Turin – Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan kemenangan Juventus kalah menyingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions. Ronaldo mencetak hattrick dalam kemenangan 3-0 atas Atletico dalam leg kedua di Allianz Stadium, setelah sempat kalah 0-2 di leg pertama.

Dua dari tiga gol Ronaldo dalam laga Juventus kontra Atletico tersebut dicetak melalui sundulan kepala. Sementara satu gol lainnya tercipta melalui titik penalti.

Kemampuan Cristiano Ronaldo dalam menyundul mendapat pujian dari mantan penyerang Timnas Republik Irlandia, Tony Cascarino. Bahkan, Casarino menyebut Ronaldo punya sundulan terhebat sepanjang sejarah sepak bola.

Sepanjang kariernya sejauh ini, Ronaldo sudah mencetak 123 gol melalui sundulan kepala. Casarino semasa aktif bermain juga dikenal dengan kemampuannya menyundul bola.

Casarino mencetak 103 gol dalam kariernya dan menilai Ronaldo lebih hebat dari dirinya. Dalam kolomnya di The Times, dia menulis Ronaldo telah mengubah diri dari pemain sayap menjadi striker tangguh dengan sundulan maut di kotak penalti.

“Ronaldo berada di kelas atas untuk siapapun penyerang yang pernah bermain. Rentang gol yang dia ciptakan luar biasa,” tulis Cascarino.

“Anda akan melihat berbagai gol dengan sundulannya dari posisi berdiri, lompatan yang kuat dengan kekuatan dan presisi serta menyundul setelah berlari melintasi pemain belakang,” terangnya.

Dia menyatakan, begitu banyak variasi berbeda dalam sundulan Cristiano Ronaldo. Casarino memuji kapten Timnas Portugal itu sebagai pemain yang sangat brilian dalam semua hal.