Cekcok soal Sepeda Motor, Ica Kena Tebasan Parang

Polewali Mandar – Kusno Imaran alias Ica (49) kena tebasan parang usai terlibat cekcok soal sepeda motor dengan pelaku bernama Umar Bin Saing (35). Korban berhasil lari dari amukan Umar.

Penganiayan ini dialami oleh Ica yang merupakan warga Dusun 1 Desa Arjosari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Minggu siang (21/04/19).

Dari keterangan saksi yang juga bernama Ica Rustavia, peristiwa bermula ketika korban yang sedang duduk santai di rumahnya, didatangi pelaku bernama Umar, warga Desa Kebunsari, Kecamatan Wonomulyo, bersama rekannya bernama Anci.

Kedatangan pelaku bersama rekannya ke rumah korban, dengan maksud menanyakan sebuah sepeda motor milik Anci yang sempat digadaikan kepada salah seorang warga, dan diambil oleh korban.
“Anci menanyakan sepeda motor tersebut kepada korban, namun korban tidak merespons dan seakan tidak tahu menahu masalah motor tersebut, hingga membuat saudara Anci marah dan terlibat pertengkaran dengan korban ” ujar Rustavia, saat memberikan laporan di Mapolsek Wonomulyo.

Cekcok soal Sepeda Motor, Ica Kena Tebasan ParangFoto: Polisi lakukan pemeriksaan di TKP penganiayaan (Abdy Febriady/detikcom)

Namun tanpa diduga, saat melihat pertengkaran korban dengan Anci, pelaku langsung menebas korban dengan parang hingga menimbulkan luka serius.
“Lukanya ada banyak soalnya diparangi berulang kali,” lanjut Ica menambahkan.

Korban selamat setelah berhasil meloloskan diri dari kejaran pelaku, hingga akhirnya mendapat pertolongan warga yang membawanya ke Puskesmas Kebunsari untuk mendapat perawatan, kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar, untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Usai kejadian, pelaku yang sehari-hari berprofesi sebagai petani, langsung menyerahkan diri ke Mapolsek Wonomulyo. “Sekarang ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polsek Wonomulyo dan kasusnya sudah ditanhgani Unit Reskrim Polsek Wonomulyo guna penyelidikan lebih lanjut,” jelas Panit 1, Reskrim Polsek Wonomulyo IPDA Gusti Almasri Pratama, kepada wartawan melalui pesan singkat.

Polisi juga telah melakukan pemeriksaan di TKP, untuk meminta keterangan saksi dan mengumpulkan barang bukti.

(dnu/dnu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

1 WNI Sempat Berada di Hotel yang Kena Bom di Sri Lanka

JakartaLedakan bom terjadi di tiga gereja dan tiga hotel di Sri Lanka. Kementerian Luar Negeri RI mengatakan sempat ada 1 WNI yang terjebak di dalam hotel, namun akhirnya bisa dievakuasi dengan selamat.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Lalu M Iqbal mengatakan, serangkaian ledakan di Ibu Kota Sri Lanka, Kolombo itu terjadi sekitar pukul 09.00 waktu setenmpat, Minggu (21/4). Teror itu terjadi bertepatan dengan peringatan Paskah.

“Telah terjadi sejumlah ledakan di beberapa gereja dan hotel bintang lima di Kolombo, termasuk Hotel Shangri La,” kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/4/2019).


Dia mengatakan, saat terjadi ledakan, salah seorang WNI tengah berada di Hotel Shangri La. “Namun KBRI Kolombo sudah memastikan bahwa yang bersangkutan dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi oleh aparat keamanan Sri Lanka,” katanya.

“Beberapa WNI lainnya yang menginap di hotel Shangri La tidak berada di hotel saat kejadian,” imbuh Iqbal.

Iqbal menambahkan KBRI Kolombo terus memantau perkembangan situasi di Sri Lanka. Termasuk kondisi WNI di sekitar lokasi kejadian.

Dia juga mengimbau untuk WNI yang ada di Sri Lanka bisa berkoordinasi dengan otoritas setempat. KBRI Kolombo juga membuka hotline KBRI Kolombo di nomor +94 77 277 3123.

Ledakan bom terjadi di tiga gereja dan tiga hotel di Sri Lanka saat perayaan Paskah. Hingga saat ini, 138 orang dilaporkan tewas dan 400 orang terluka akibat ledakan tersebut.

Dilansir Reuters, Minggu (21/4/2019), Gereja St Sebastian di Katuwapitiya, Kolombo Utara, setidaknya 50 orang tewas. Sementara di Gereja di Batticaloa, Provinsi Timur, setidaknya ada 25 orang dilaporkan tewas akibat ledakan bom. Sementara itu, di tiga hotel yang dibom yakni Shangri-La Colombo, Kingsbury Hotel dan Cinnamon Grand Colombo belum diketahui pasti apakah terdapat korban jiwa.

9 Warga negara asing dilaporkan menjadi korban ledakan bom setelah suasana tenang dari serangan-serangan besar sejak akhir perang saudara 10 tahun lalu. Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan-serangan tersebut.
(jor/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Helikopter hingga Hazelnut AS Kena Tarif Impor Uni Eropa

Liputan6.com, New York – Helikopter, tas, dan hazelnut merupakan di antara sejumlah barang Amerika Serikat (AS) yang kenatarif Uni Eropa.

Penerapan tarif impor barang AS merupakan langkah Uni Eropa berbalik melawan AS yang berisubsidi pesawat Boeing.

Komisi Uni Eropa menerapkan tarif impor barang AS senilai USD 20 miliar pada Rabu waktu setempat. Langkahini dilakukan usai World Trade Organization (WTO) menerapkan aturan lantaran pemerintah AS gagal untuk akhiri dukungan ilegal terhadap Boeing.

Dengan situasi yang sama. Sebelumnya pemerintahan AS juga mempertimbangkan menerapkan tarif impor barang UniEropa senilai USD 11 miliar. Ini sejalan dengan kerugian ekonomi AS seiring subsidi Eropa terhadap pesawat dan perusahaanAirbus.

Kedua negara pun sepakat untuk diskusi terbuka agar dapat akhiri tantangan perdagangan. Katalog Uni Eropa berisi 11 halaman mengenai penerapantarif impor untuk produk AS mulai dari pesawat, bahan kimia hingga produk makanan.

“Perusahaan Eropa mesti mampu bersaing secara adil dan sama rata. Aturan WTO baru-baru ini diterapkanterkait subsidi AS untuk Boeing penting untuk dihormati. Kita mesti melanjutkan ke level bertahanuntuk industri kita,” ujar Cecilia Malmstrom, Komisioner Uni Eropa, seperti dikutip dari laman CNBC,Sabtu (20/4/2019).

“Akan tetapi, perlu saya jelaskan, kita tidak ingin a tit-for-tat. Kita harus siap dengan terukurjika tidak ada jalan keluar. Saya percaya dialog ini dapat menjembatani kebutuhan AS-Uni Eropa sebagai partner penting,” Malmstrom menambahkan.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Solskjaer Murka di Ruang Ganti MU, Pemain Kena Semprot

Jakarta Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, marah-marah di ruang ganti pemain setelah timnya keok 0-3 dari Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions di Camp Nou, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Dia menyebut beberapa pemain tak tampil 100 persen sehingga belakangan MU mendulang hasil mengecewakan. 

Menurut Metro.uk seperti dilansir The Sun, Jumat (19/4/2019), Solskjaer awalnya hanya duduk diam di ruang ganti sembari tangannya memegangi kepala. Dia kemudian berdiri dan menghampiri para pemain Setan Merah. 

Dia mengatakan kepada pemain bahwa mereka membiarkan Manchester United kalah. Solskjaer juga menyebut beberapa pemain tak memberikan penampilan 100 persen.  

Solskjaer juga menegaskan pentingnya mengalahkan Everton di Goodison Park pada lanjutan Premier League, Minggu (21/4/2019). Menurut Solskjaer, kekalahan di Goodison Park akan menutup peluang MU merebut tiket ke Liga Champions musim depan. 

Setelah menghadapi Everton, MU akan menghadapi jadwal berat sehingga kemenangan di Goodison Park sangat penting. Apalagi saat ini MU masih tercecer di peringkat keenam klasemen sementara Premier League 2018-2019. 

Berikutnya Manchester United akan menjamu tim tetangga, Manchester City di Old Traffoord. Kemudian klub raksasa Inggris itu akan mengunjungi markas Chelsea beberapa hari kemudian. 

JK Masih Kaji Usulan Kenaikan Penerimaan Tidak Kena Pajak

Dalam debat pilpres terakhir malam ini, Prabowo Subianto kembali menyoroti soal kebocoran penerimaan negara. Menurut dia, KPK menyebut jika kebocoran penerimaan negara mencapai Rp 2.000 triliun.

‎”Masalah penerimaan negara ini sangat krusial. KPK menyebut seharusnya kita menerima Rp 4.000 triliun, tetapi hanya Rp 2.000 triliun. Ini berarti ada kebocoran Rp 2.000 triliun. Saya katakan Rp 1.000 triliun, tapi KPK nyatakan lebih,” ujar dia. 

Selain itu, Prabowo juga menyoroti soal turunnya rasio perpajakan Indonesia dari 16 persen menjadi 10 persen. Penurunan rasio pajak ini dinilai membuar Indonesia kehilangan USD 60 miliar tiap tahun.

“Rasio pajak kita pernah mencapai 16 persen sekarang melorot menjadi 10 persen, kita kehilangan USD 60 miliar tiap tahun,” ungkap dia.

Menurut Prabowo, Indonesia harus mencontoh Malaysia dan Thailand dalam meningkatkan rasio pajak menjadi 19 persen. Hal ini bisa dicapai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang akan membuat penerimaan pajak menjadi lebih transparan.

“Malaysia dan Thailand tax ratio-nya mencapai 19 persen. Mereka laksanakan program information technology, gunakan komputerisasi. Sehingga bisa naik 19 persen.‎ Dengan program informasi dan teknologi, rasio pajak kita bisa kembali ke 16 persen,” tandas dia.

 Tonton Video Ini:

Demi meningkatkan pemasukan bagi Indonesia, Prabowo berjanji akan kejar pengemplang pajak jika terpilih.

Surat Suara Tercoblos, Jokowi Tolak Pemerintah Kena Getah

Jakarta – Penemuan surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Malaysia membuat geger tanah air. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah tak ada andil di situ.

Jokowi mengatakan penyelenggaraan pemilu merupakan urusan lembaga independen, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ingat ya, ini urusan pemilu adalah urusannya KPU yang independen. KPU itu di luar negeri itu namanya PPLN tidak ada yang namanya urusan yang pemerintah di sini, nggak ada. KPU ada PPLN, PPLN menyelenggarakan pemilu di luar negeri. Sudah,” terang Jokowi ditemui wartawan seusai kampanye di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Jokowi juga menegaskan penyelidikan soal surat suara yang tercoblos di Malaysia itu merupakan urusan Bawaslu. Dia menyebut persoalan itu bisa menjadi urusan Polri jika ditemukan unsur pidana.

“Ya seperti yang saya sampaikan ya, itu dicek saja dilakukan investigasi baik oleh Bawaslu baik oleh kepolisian,” kata Jokowi.

Yahudi Antivaksin Kena Wabah Campak, New York Perintahkan Vaksinasi

New York – Wali Kota New York Bill de Blasio mengumumkan darurat kesehatan masyarakat di Brooklyn pada Selasa (9/4) waktu setempat. Dia meminta semua warga untuk divaksin campak, tak terkecuali terhadap warga Yahudi Ultraortodoks.

Dilansir dari AFP, Rabu (10/4/2019), perintah itu tertuju untuk semua orang yang tinggal atau bekerja di wilayah Williamsburg, Brooklyn barat laut. Di kawasan itu, beberapa warga menolak vaksin karena alasan agama, meski kitab-kitab Yahudi atau otoritas Yahudi setempat tidak ada yang menyarankan untuk menolak vaksinasi.

“Ini adalah saat untuk mengambil pendekatan secara ngotot,” kata de Blasio dalam jumpa pers saat darurat vaksinasi diumumkan.

“Ini bisa berbalik dengan cepat,” katanya. “Kita bisa menghentikan ini.”

Di bawah aturan yang baru, seseorang yang belum mendapatkan vaksin campak, gondong, dan rubel (vaksin MMR) atau yang tidak punya bukti kekebalan terancam denda $1.000, sebut pernyataan dari kantor Wali Kota.

Pemerintah Kota juga memperingatkan sekolah religius Yahudi dan program penitipan anak yang melayani komunitas Yahudi Ortodoks terancam penalti. Lembaga-lembaga itu juga bisa kena tutup jika mereka tetap menerima murid-murid yang belum divaksin.

Seperti kebanyakan negara bagian AS, New York membutuhkan serangkaian vaksinasi untuk anak usia sekolah. Namun pemerintah jugamemberikan kebebasan kepada orang-orang yang menolak vaksi atas dasar medis maupun religius.

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan ada 285 kasus campak ditemukan di New York, sejak Oktober 2018. Tidak ada yang terbukti fatal, tetapi 21 pasien dirawat inap dan lima lainnya membutuhkan perawatan intensif.

“Saya mendesak semuanya, terutama mereka yang tinggal di area terdampak, untuk mendapatkan vaksin MMR untuk melindungi anak-anak, keluarga, dan komunitas mereka,” kata de Blasio dalam pernyataannya.

Dr Herminia Palacio, Deputi Bidang Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat, menegaskan bahwa vaksinasi adalah langkah aman. Vaksinasi juga diperlukan, tak hanya untuk anak itu sendiri tapi juga untuk lingkungan sekitar si anak.

“Saat Anda membuat keputusan untuk tidak memvaksin anak Anda, tolong mengertilah bahwa Anda juga membuat keputusan untuk orang-orang di sekitar anak Anda,” kata Palacio.

Walaupun campak secara resmi diumumkan telah dihilangkan dari AS pada 2000, total 465 kasus telah terkonfirmasi di 19 negara bagian dari 1 Januari hinggga 4 April, berdasarkan CDC.

“Ini adalah kasus kedua dengan jumlah terbesar yang dilaporkan di AS sejak campak dihilangkan pada 2000,” katanya.

Kebangkitan penyakit yang pernah sukses dibasmi ini dipengaruhi oleh tumbuhnya gerakan antivaksin di negara-negara kaya, yang telah diidentifikasi WHO sebagai ancaman utama kesehatan dunia.

Kebanyakan kasus di New York melibatkan individu yang belum divaksin atau menerima vaksin yang belum lengkap, berdasarkan laporan kantor de Blasio.

Rockland County, yang berlokasi di dekat New York, baru-baru ini mendeklarasikan 30 hari darurat kesehatan masyarakat menyusul wabah campak di sana yang telah memperlihatkan 168 orang terkena penyakit, berdasarkan CDC.

Mereka yang belum vaksin dilarang mendatangi tempat-tempat publik untuk mencegah penyebaran penyakit. Dan ratusan orang kini telah divaksin, merujuk pada otoritas.

Mereka yang disebut anti-vax, atau fenomena anti-vaxxer memiliki penganut di negara-negara Barat, terutama di AS. Gerakan itu diperparah dengan informasi yang salah tentang vaksin yang beredar di media sosial.

Para penentang vaksin percaya klaim yang tidak berbasis pada medis bahwa suntikan vaksin bisa menyebabkan autisme dan efek negatif bagi kesehatan.

Para ahli menegaskan vaksin aman dan penting untuk melindungi masyarakat yang lebih besar dari penyakit yang beresiko infeksi tinggi, seperti campak, yang bisa menyebabkan diare parah, pneumonia dan hilangnya penglihatan dan bisa mematikan di beberapa kasus.
(azr/dnu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sempat Kena Serangan Stroke, Apa Kabar Fahmi Bo Sekarang?

Jakarta – Sempat mengalami stroke, Fahmi Bo hanya bisa merebahkan diri di rumah. Apa kabar Fahmi Bo sekarang?

Fahmi Bo sekarang sudah mulai bisa beraktivitas. Seperti hari ini, saat dirinya menjadi bintang tamu ‘Brownis’.

“Kondisi sekarang alhamdulillah, nih tangannya. Alhamdulillah udah mulai sehat, udah normal muka. Yang dirasain sekarang tinggal kaki aja yang masih belum kuat banget, ya udah lancar kan, sudah agak segeran muka,” ucap Fahmi Bo di Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Aktor yang terkenal karena membintangi sinetron ‘Lupus’ itu mengatakan tak ada pantangan yang membuatnya terlalu berpikir. Hanya saja, ada beberapa makanan yang harus diperhatikan.

“Pantangan ada, nggak bisa makan yang santan, berlemak, jadi gula terutama itu harus dikurangi atau dihilangkan. Ya sedikit-sedikit lah tantangan itu saya jalanin,” lanjutnya.

“Sekarang seminggu atau dua minggu sekali akupuntur. Dokter juga bilang ya silahkan aja kalau mau tradisional nggak apa-apa, yang penting saya udah sembuhin mukanya,” sambung Fahmi Bo.

Meski wajah dan kakinya sudah terlihat normal, Fahmi masih sedikit merasakan kaku. Dia pun belum bisa berdiri atau melakukan perjalanan jauh.

“Ya lumayan sih tinggal kaku aja sedikit, untuk berdiri lama atau perjalanan jauh belum kuat. Keluhannya kaki aja, dari telapak kaki ke dengkul itu rasanya nyeri. Makanya kalau nggak ditangani buru-buru bisa stroke sampai kaki gitu,” keluh Fahmi Bo.
(pus/nkn)

Photo Gallery

Sergap Terduga Teroris di Bandung, 4 Polisi Terluka Kena Sajam

Jakarta – Empat orang polisi terluka terkena senjata tajam (sajam) saat menyergap terduga teroris berinisial SHS di Cibungur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

“Jumlah anggota 4 ya yang terluka pada saat penangkapan. Terluka akibat sajam yang sengaja sudah dipersiapkan pelaku terorisme pada saat dilakukan upaya paksa penangkapan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (4/4/2019).


Keempat personel polisi yang terluka saat ini dirawat di sejumlah rumah sakit di Bandung. Penyergapan terduga teroris ini dilakukan sekitar pukul 07.30 WIB.

“Para pelaku tersebut karena sudah terpapar paham radikal maka melakukan tindakan perlawanan terhadap aparat keamanan,” ujar Dedi.

Terduga teroris yang ditangkap di Batujajar, Bandung Barat merupakan anggota kelompok terduga A. A sebelumnya ditangkap di Karawang, Jabar, pada Rabu (3/4).

“Kelompoknya A, salah satu anggota JAD Bandung. Yang ditangkap pertama kali kan WP, lalu A amirnya yang cukup berpengaruh. Itu terkait dengan AH yang di Sibolga, mereka terkait dengan pendanaan maupun akan melakukan amaliah itu terkoneksi,” sambung Dedi.

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Diduga Kena Hack, Pelaku Pakai WA Imelda Sari Sebar Konten Tak Senonoh

Liputan6.com, Jakarta – Baru-baru ini, publik dikejutkan oleh kasus pembajakan nomor WhatsApp (WA) yang dialami oleh salah seorang kader Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean.

Belum kasus tersebut reda, kembali satu lagi kader Partai Demokrat yang diduga kena hack. Kali ini, korban tersebut adalah Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat, Imelda Sari.

Saat dikonfirmasi tentang kabar tersebut, sahabat Imelda yang juga Sekretaris DPP Departemen Pariwisata Partai Demokrat, Elfira Sylviani, mengatakan, “Fix di-hack. Dari semalam hingga pagi ini online.”

Ia menambahkan, sejumlah temannya di Demokrat sudah berusaha menghubungi Imelda sejak Selasa malam 2 April 2019.

Mereka mencoba menghubungi untuk memberitahu, ada yang menggunakan nomor Imelda untuk mengirim pesan dan gambar tak senonoh ke grup WA tim BPN Prabowo-Sandi.

“Ketika aku info (japri) ke dia, dia membalasnya dengan memanggil ‘mas’. Kan aneh?. Sudah gitu dia mengirim gambar tak senonoh,” ucapnya.

Dari gaya bahasa chat yang digunakan, Elfira merasa ada yang berbeda dengan Imelda yang biasanya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk membongkar boks Samsung Galaxy S10 Plus