Kemendikbud: 40 Persen Guru Tak Siap dengan Teknologi

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Kapustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gogot Suharwoto mengatakan hanya 40 persen guru yang siap dengan teknologi. Jumlah itu berdasarkan populasi guru nonteknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Hanya 40 persen guru non-TIK (yang tidak mengajar TIK), yang siap dengan teknologi. Data yang kita punya itu berdasarkan nama dan alamatnya,” ujar Gogot usai pembukaan simposium internasional pembelajaran jarak jauh atau “International Symposium on Open Distance and e learning” (ISODEL) 2018 di Badung, Bali, Senin (3/12/2018).

Hal itu pula yang menjadi kendala dalam mencapai pendidikan yang sesuai dengan revolusi 4.0. Kendala lainnya, adalah ketersediaan jaringan internet terutama di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Untuk mengatasi kendala itu, Kemendikbud melatih 10 ribu guru setiap tahunnya agar terbiasa dengan teknologi. Sedangkan untuk kendala jaringan internet, Kemendikbud dan Kominfo berupaya menyediakan layanan internet di sekolah.

“Ada sekitar 1.420 sekolah di daerah yang sudah kita sediakan layanan internetnya,” jelas dia, seperti dilansir Antara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *