Melihat Masa Muda Ani Yudhoyono, Ditemani Caktor hingga Menolak Asmara

Liputan6.com, Jakarta – Ani Yudhoyono yang lahir dari keluarga Sarwo Edhie Wibowo sudah terbiasa hidup dengan latar belakang TNI. Sebelum menikah dengan SBY, Ani juga pernah tinggal di Komplek RPKAD.

Kuatnya pengaruh gaya hidup sederhana dari kedua orangtua membuatnya tidak ada keinginan menjadi seperti anak gaul Jakarta. Dirinya hanya mendekam saja sebagai anak-anak RPKAD Cijantung yang bergaul hanya di sekitar kompleks. Fase masa mudanya sangat mempengaruhi pembentukan mental Ani keepan.

“Maka sesulit apa pun, berjuanglah untuk terus berada di bidang putih. Jika kita berdiri di atas titik yang benar, kita bisa membawa cahaya kepada semua warna. Yang putih tetap terang. Yang hitam terpanggil menuju terang. Dan yang abu-abu menjadi mantap memilih jati diri yang baik, yang memutihkan dirinya. Inilah kalimat Papi mengenai kepemimpinan yang kelak sangat berguna membentuk mentalku.”

Demikian kata Ani Yudhoyono dikutip dari buku Kepak Sayap Putri Prajurit, Karya Alberthiene Endah, Jumat (15/2/2019).

Peristiwa G30S PKI merupakan pembelajaran pertama bagi dirinya. Dalam situasi saat itu, Ani dan anak-anak kompleks RPKAD menjadi lebih dewasa. Sebab semua menyadari keluarga RPKAD sedang berada dalam situasi yang berbahaya karena isu yang beredar.

Sang ayah yang diberi tugas untuk menumpas PKI, kerap bepergian. Sekali pergi bisa berbulan-bulan demi mencari sisa-sisa pengikut PKI.

Hal itu sering membuat Ani Yudhoyono bertanya pada dirinya sendiri, “Apa ibu tidak gelisah ditinggal suami yang entah bagaimana nasibnya.” Tetapi ia tahu bahwa ibunya adalah sosok yang tangguh dan seorang istri tentara sejati.

Saat G30S PKI sudah mereda dan menuju era Orde baru, sang ayah membawa kabar mengejutkan. “Papi akan pindah ke Medan,” kata Ani. Saat itu situasinya ia akan melakukan ujian SMP.

Akhirnya dibuatlah keputusan agar sang ayah dan ibu berangkat terlebih dulu. Kemudian disusul anak-anak setelah urusan sekolah mereka beres.

2 dari 3 halaman

Tidur Ditemani Caktor

Tinggal di Medan berbeda dengan situasi saat di Cijantung. Rumah mereka terletak di pinggir jalan. Saat itu sedang populer kendaraan bernama caktor, alias becak motor. Kendaraan ini beroperasi tanpa kenal waktu dan mengeluarkan suara yang memekakkan telinga. Hal itu yang menyebabkan mereka sulit tidur di malam hari.

Seiring berjalannya waktu sang Ayah dipindah ke Irian Jaya menjadi Pangdam XVII Cendrawasih. Keluarga harus pindah kembali. Tapi situasi Irian Jaya saat itu masih belum memungkinkan. Terutama untuk pendidikan, khususnya bagi Wiwiek yang harus berkuliah. Akhirnya empat anak terbesar kembali tinggal di Cijantung.

Setelah kembalinya Ani dan saudara ke Cijantung, dirinya kembali melanjutkan sekolah di SMA Slamet Riyadi, Cijantung sebelum mendapatkan kembali sekolah negeri. Tahun 1968 Ani dan saudarinya mendaftar di SMA 24. Inilah masa SMA seorang Ani Yudhoyono.

Sekolah di SMA 24 berbeda dengan sekolah di Medan yang murid-muridnya sangat patuh. “Pada hari pertama aku masuk, ada pelajaran menggambar. Gurunya sering terkantuk-kantuk. Pada saat itulah aku menyaksikan ragam perilaku yang mencengangkan. Murid cowok asyik mengepulkan asap rokok dan yang cewek dengan santai menarik sesuatu dari kolong meja, mangkuk bakso! Astaga!” kata Ani Yudhoyono.

Mulai dari situ, Ani memahami karakter kawannya. Hari-hari awal bersekolah memang butuh adaptasi. Kemudian Ani semakin dekat dengan sejumlah siswa.

Teman-teman di SMAnya merasa kaget, “Anak jenderal kok sekolah di sini?”. Tapi Ani menjelaskan bahwa keluarganya memang hidup sederhana saja.

Masa SMA Ani sama seperti anak SMA pada umumnya. Diisi dengan belajar, olahraga, main, makan di kantin, bahkan diwarnai dengan perkelahian dan candaan masa remaja.

3 dari 3 halaman

Menolak Asmara

Walau rajin belajar, Ani tidak menutup diri dari pergaulan. Pergi ke pusat perbelanjaan, berenang, atau hanya berkumpul di rumah bersama kawan sering dilakukan.

Asmara remaja bukan hal yang asing bagi anak SMA. Laki-laki yang naksir Ani juga ada. Tapi Ani memang tidak berani menanggapi. Sebab Ani hanya tinggal bersama Saudarinya, tanpa orangtua. Ibunya sudah mewanti-wanti agar semua anak bisa menjaga sikap sebagai remaja putri.

Tanpa nasihat dari Ibu sebenarnya Ani juga enggan berpacaran. Selain itu, para pria di kompleks Cijantung juga menjaga perempuan di kompleksnya. Seakan tak rela jika wanita dikompleks tersebut dipacari oleh lelaki luar.

Itulah masa muda Ani sebelum akhirnya bertemu sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono.

Selepas SMA, Ani mengambil kuliah kedokteran. Hingga saat dirinya memasuki tahun ketiga kuliah, Ani bertemu SBY saat masih menjadi taruna. Hingga akhirnya saat SBY diwisuda menjadi AKABRI terbaik, orangtuanya bertemu Ayah dan ibu untuk melamar Ani. Kini usia pernikahan mereka telah menginjak 42 tahun.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Persija Tanpa Marko Simic, Ivan Kolev Punya Strategi Lain

Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, berusaha mencari strategi lain untuk mengantisipasi absennya Marko Simic hingga 9 April mendatang.

Marko Simic hingga saat ini masih tertahan di Australia karena dituduh melakukan pelecehan terhadap seorang wanita dalam penerbangan dari Bali menuju Sydney, Minggu (15/2/2019), saat Persija hendak bertandang ke markas Newcastle Jets menjalani pertandingan babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Kabar yang beredar di Australia, paspor Marko Simic ditahan dan harus mengikuti pengadilan kedua yang dijadwalkan pada 9 April 2019. Hingga persidangan tersebut digelar, striker asal Kroasia itu tidak boleh meninggalkan Australia.

“Tentu saja kami akan menggunakan sistem yang berbeda ketika tanpa dia, dan itu yang akan kami cari. Saya cukup optimistis karena ada banyak pemain yang cukup bagus di Persija. Kualitas mereka bagus, dan saya pikir mereka bisa menggantikan Simic,” ujar Ivan Kolev usai sesi latihan Persija di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jumat (15/2/2019).

Dengan tidak adanya Marko Simic dan sudah kembalinya Beto Goncalves ke Madura United, Persija kini menyisakan Bambang Pamungkas sebagai seorang striker murni. Ivan Kolev pun menegaskan harapannya agar Persija tak kehilangan ketajaman di lini depan. “Saya harap tidak berkurang ketajaman kami di lini depan,” ujar Kolev.

Menolak Bala Tanah Terbelah 250 Meter di Desa Mlaya

Liputan6.com, Banjarnegara – Jumat, 8 Februari 2019, alat peringatan dini (EWS) longsor di Dusun Sidakarya Desa Mlaya, Punggelan, Banjarnegara, mendadak meraung-raung memecah keheningan. Tak hanya sekali, alat canggih ini mengirim sinyal tanda bahaya dua kali.

Ratusan warga pun bersicepat menyelamatkan barang-barang berharga dan lantas mengungsi ke tempat lebih aman. Ini bukan simulasi bencana, raungan sirine itu adalah tanda bahaya bahwa gerakan tanah atau longsor memang benar-benar terjadi.

Benar saja, gerakan tanah kemudian tampak kasat mata. Tanah terbelah memanjang 250 meter. Sebanyak 18 rumah rusak dan 33 rumah lainnya terancam. Kebun dan jalan rusak. Lebih dari 200 jiwa dicekam bahaya longsor.

Bahaya tak berhenti saat itu. Berhari-hari setelahnya, gerakan tanah sedikit demi sedikit menggerogoti rumah penduduk.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arif Rachman mengatakan alat pendeteksi dini yang terpasang di Desa Mlaya itu adalah bagian mitigasi bencana tanah longsor, usai gerakan tanah pada 2016 lalu. Saat itu, kampung ini juga pernah dilanda gerakan tanah.

Warga benar-benar khawatir. Pasalnya, dua tahun sebelumnya, longsor meluluhlantakkan Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar dan menewaskan ratusan warga.

Tragedi itu benar-benar meninggalkan trauma tetapi sekaligus menjadi peringatan untuk wilayah lainnya, bahwa Banjarnegara, sebagian wilayahnya memang rawan longsor.

“Kan karena sewaktu tahun 2015, di Jemblung (longsor) juga pernah terjadi di sana,” ucap Arif Rachman.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Sifat Gerakan Tanah di Desa Mlaya

Dua kali gerakan tanah di tempat yang sama menandakan area tersebut bukan lah tempat yang aman untuk bermukim. Namun, tentu saja, untuk memastikan perlu kajian dari ahlinya.

Karenanya, BPBD Banjarnegara berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk menganalisis pergerakan tanah di Desa Mlaya. Usai kajian, bakal muncul rekomendasi langkah yang mesti dilakukan. Ada kemungkinan, opsinya adalah relokasi ratusan warga Dusun Sidakarya.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak lebih parah akibat gerakan tanah di titik ini. Pasalnya, gerakan tanah diketahui juga telah terjadi pada 2016 lalu. Saat itu, seluruh warga sempat diungsikan.

Kami juga sudah menghubungi Badan Geologi untuk segera melakukan kajian, walau dulu juga sudah pernah dilakukan kajian. Tapi ya karena ada perkembangan seperti ini ya mungkin ada hal lain yang perlu disikapi,” dia menerangkan.

Arif mengaku khawatir, longsoran di Desa Mlaya bisa berpotensi menyebabkan longsor cepat yang bisa menimbun satu kampung, seperti yang terjadi di Dusun Jemblung, akhir 2014 lalu. Saat itu, di Dusun Jemblung, sebanyak 100 lebih korban meninggal dunia akibat longsor.

Gerakan tanah yang terjadi di Desa Mlaya bersifat rayapan tanah atau creep soil atau rambatan. Meski lambat, daya rusaknya tetap besar. Namun, tetap saja ada potensi longsoran dengan sifat cepat atau bahkan jatuhan.

3 dari 3 halaman

Ratusan Warga Mengungsi Mandiri

Sementara ini, warga masih tinggal di rumahnya masing-masing. Akan tetapi, jika turun hujan, warga mengungsi. Sebab, kandungan air jenuh di dalam tanah berpotensi memicu kembalinya terjadi gerakan tanah.

“Sehingga ini adalah kewaspadaan dari sisi ilmiah untuk dari agar bisa dilakukan kajian untuk menelaah terhadap apa yang terjadi di Desa Mlaya ini,” ucap Arif.

Selain merusak rumah penduduk, gerakan tanah juga berdampak pada amblesnya jalan sepanjang 15 meter dengan kedalaman kisaran 50 sentimeter. Selain itu, gerakan tanah juga merusak area perkebunan dan pekarangan warga.

Mulai Jumat siang, tim BPBD menurunkan tim untuk memantau pergerakan tanah, sekaligus menutup retakan tanah yang membentuk tapal kuda sepanjang 250 meter. Dikhawatirkan resapan air hujan akan memicu risiko longsor susulan.

Arif mengungkapkan, longsor dipicu oleh curah hujan tinggi dalam kondisi tanah labil dan sudut kemiringan yang tinggi. Air hujan itu lantas meresap ke dalam tanah.

Gerakan tanah juga dipicu kolam ikan yang menyebabkan tanah mengandung air yang begitu tinggi. Akibatnya, tanah tak kuat untuk menahan beban dan lepas.

Gerakan tanah adalah fenomena alam yang sangat berbahaya. Ahli mitigasi sekali pun tak akan bisa mengetahui, kapan waktu pasti terjadinya longsor. Mereka hanya bisa melihat pertanda.

Karenanya, petugas BPBD mengecek retakan dan mendata bersama Pemerintah Desa Mlaya. Warga juga menutup lubang retakan tanah menghindari masuknya air hujan.

“Mendirikan pos pemantauan. Mengimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga, bila terjadi turun hujan untuk segera mengungsi ke titik aman,” Arif menambahkan.

Bonucci Berikan Kabar Baik untuk Juventus

Turin – Juventus mendapatkan kabar baik hanya delapan hari jelang laga leg pertama 16 Besar Liga Champions kontra Atletico Madrid, dengan kembalinya Leonardo Bonucci.

Bonucci kembali berlatih di Juventus setelah absen selama dua pekan karena cedera engkel. Cedera itu dialami pemain berusia 31 tahun saat mengalahkan Lazio 2-1 pada 27 Januari 2019.

Bonucci sebelumnya diragukan bisa pulih dalam waktu singkat akibat cedera tersebut. Hasil pemeriksaan medis memperkirakan mantan pemain AC Milan itu harus menepi hingga satu bulan.

Kondisi itu membuat Bonucci diragukan bisa memperkuat Juventus saat meladeni Atletico pada leg pertama 16 Besar Liga Champions, 20 Februari mendatang.

Namun, saat ini Bonucci sudah bisa melahap seluruh sesi latihan tim. Hal ini mengindikasikan Bonucci bisa fit untuk laga yang akan berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano.

Kabar pulihnya Bonucci membuat pelatih Massimiliano Allegri bisa lebih tenang menatap laga kontra Atletico. Ia kini memiliki cukup banyak opsi di jantung pertahanan Juventus yang belakangan mengandalkan duet Daniele Rugani dan Martin Caceres.

Sumber: Fox Sports

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.


Pulih dari Cedera, Oxlade-Chamberlain Masuk Skuat Liverpool di Liga Champions

Liputan6.com, Liverpool – Setelah absen hampir selama 10 bulan, Oxlade-Chamberlain kembali masuk dalam skuat Liverpool. Tak tanggung-tanggung, dia berpeluang bermain pada babak 16 besar Liga Champions melawan Bayern Munchen tengah pekan depan.

Sebelumnya, mantan pemain Arsenal ini mengalami cedera ligamen yang membuatnya harus menepi hampir selama 10 bulan. Cedera itu ia dapat sewaktu memainkan babak semifinal Liga Champions melawan AS Roma tahun kemarin.

Bahkan, dengan cedera yang dialaminya, pria 25 tahun ini harus absen membela timnas Inggris dalam ajang Piala Dunia Russia 2018. Sejauh ini, Chamberlain telah bermain dalam 32 pertandingan bersama The Three Lions, dan mencatatkan enam gol.

Kembali masuknya nama Chamberlain di skuat Liverpool, memberikan harapan bahwa cedera yang dibekapnya sudah hampir pulih. Selain itu, tim yang bermain pada babak 16 besar Liga Champions diizinkan untuk menambah tiga pemain.

Selain Chamberlain, pemain muda Liverpool, Ki-Jana Hover juga masuk dalam skuad yang akan dibawa untuk bertarung pada babak 16 besar nanti. Ki-Jana Hover merupakan pemain muda asal belanda yang pada bulan lalu memasuki usia 17 tahun.

2 dari 3 halaman

Fans Senang

Dengan kembalinya Chamberlain ke skuat The Reds, membuat para fans senang. Namun sangat memungkinkan bila sang pelatih Jurgen Klopp akan memasang pria asli Inggris ini pada babak kedua.

Dijadwalkan Liverpool akan memainkan babak 16 leg pertama mereka di Anfield pada, Rabu (20/2/2019). Dan leg kedua yang akan berlangsung di Allianz Arena dijadwalkan akan digelar pada, Kamis (14/3).

3 dari 3 halaman

Skuat Liverpool untuk Liga Champions

Kiper

Alisson, Mignolet

Bek

Van Dijk, Lovren, Matip, Robertson, Moreno, Hoever

Gelandang

Fabinho, Keita, Wijnaldum, Henderson, Milner, Oxlade-Chamberlain, Lallana

Penyerang

Salah, Mane, Firmino, Shaqiri, Sturridge, Origi

(Fatur Rahman/Mg)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sahabat: Ahok Nggak akan Balas Dendam ke PA 212 Lewat PDIP

Jakarta – Dosen UIN Adi Prayitno mengungkap PA 212 curiga Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok akan balas dendam lewat PDIP. Jubir PA 212, Novel Bamukmin, mengklarifikasi bahwa hal tersebut harapan, bukan kecurigaan. Sahabat Ahok yang juga politikus PDIP, Charles Honoris, menegaskan isu itu sama sekali tidak benar.

“Nah itu, saya bilang nggak mungkin balas dendam. Karena gini, Pak Ahok sudah memilih masuk PDI Perjuangan bukan untuk aktif berpolitik tetapi memilih PDI Perjuangan sebagai rumah untuk menyalurkan aspirasi politiknya,” kata politikus PDIP, Charles Honoris, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Charles sekali lagi menepis anggapan bahwa Ahok akan balas dendam. Menurutnya, meskipun bergabung ke PDIP, Ahok tak tertarik menjadi pejabat negara.
“Jadi saya rasa tidak benar anggapan bahwa Pak Ahok ingin balas dendam ya, karena sekali lagi Pak Ahok sendiri sudah mengatakan bahwa masuk PDI Perjuangan itu bukan untuk menjadi pengurus ya, tidak tertarik menjadi pejabat negara, tapi hanya merasa bahwa PDI Perjuangan adalah rumah besar kaum nasionalis sehingga rumah yang cocok untuk bisa menyalurkan aspirasi politiknya,” ungkapnya.

“Bahwa Pak Ahok masuk PDI ya sebagai kader, bukan sebagai pengurus partai. Tidak punya kewenangan khusus untuk bisa mengatur kebijakan partai juga, atau tidak juga memiliki keinginan untuk menjadi pejabat negara. Misalkan ikut pilkada, atau ikut pemilu legislatif ya, hanya sebagai kader yang ingin memberikan kontribusi pemikiran, menyalurkan aspirasi politiknya ke PDI Perjuangan,” imbuh Charles.

Charles sekali lagi menegaskan Ahok tak akan balas dendam. Baginya, partai politik bukan alat untuk balas dendam, tetapi untuk kesejahteraan rakyat.

“Pasti tidak (akan balas dendam), pasti tidak. Karena PDI Perjuangan partai politik, partai PDI Perjuangan bukan alat untuk balas dendam ya, tapi partai politik adalah alat untuk kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Sebelumnya, Adi Prayitno mengungkapkan, PA 212 curiga bergabungnya Ahok ke PDIP lantaran ingin balas dendam. Ahok dicurigai ingin menjadikan PDIP sebagai alat untuk membalas dendam kepada kelompok yang memenjarakannya.

“Semalam saya diskusi dengan Alumni 212 Novel Bamukmin, dia ngomong bahwa di PA 212 itu mencurigai kembalinya Ahok ke PDIP dikhawatirkan menjadi ajang untuk membalas dendam kepada kelompok yang mengkriminalkan Ahok,” ujar Adi di restoran Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/2).

Adi mengaku mendapat informasi langsung dari Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin. Ahok dicurigai akan menggunakan PDIP sebagai kendaraan politik untuk memperoleh lagi kekuasaan.

Novel Bamukmin sudah meluruskan pernyataan Adi. Novel hanya berharap PDIP bisa membina Ahok agar tak lagi bikin gaduh.

“Saya hanya mengkhawatirkan semoga bergabungnya BTP ini tidak menjadi ajang balas dendam atas masalah yang pernah terjadi dengan kasus hukum BTP ini. Semoga PDIP bisa membina BTP dengan baik agar BTP tidak kembali membuat kegaduhan dan kekisruhan negara ini,” kata Novel, hari ini.
(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dosen UIN Ungkap PA 212 Curiga Ahok akan Balas Dendam Lewat PDIP

Jakarta – Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, mengungkapkan PA 212 curiga bergabungnya Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok ke PDIP lantaran ingin balas dendam. Ahok dicurigai ingin menjadikan PDIP sebagai alat untuk membalas dendam pada kelompok yang memenjarakannya.

“Semalam saya diskusi dengan Alumni 212 Novel Bamukmin, dia ngomong bahwa di PA 212 itu mencurigai kembalinya Ahok ke PDIP dikhawatirkan menjadi ajang untuk membalas dendam kepada kelompok yang mengkriminalkan Ahok,” ujar Adi di restoran Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Adi mengaku mendapat informasi langsung dari Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin. Ahok dicurigai akan menggunakan PDIP sebagai kendaraan politik untuk memperoleh lagi kekuasaan.
“Jadi kelompok 212 sekalipun Ahok hanya anggota biasa di PDIP dikhawatirkan dia mengakumulasi kekuatan politiknya di PDIP apalagi berpotensi jadi menteri dan seterusnya. Ini akan menjadi ancaman besar terhadap 212,” katanya.

Di sisi lain, menurut Adi, bergabungnya Ahok ke PDIP juga untuk menggaet suara para Ahoker yang belum menentukan pilihan. Dengan demikian, Ahoker akan ikut melabuhkan dukungannya ke PDIP dan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ahokers minimal tidak galau. Mereka tidak galau apalagi mengancam golput untuk memilih di 2019. Ahokers kan timbuh di mana-mana, menantikan kiprah Ahok di politik. Setelag Ahok ke politik masuk ke PDIP ini, loyalis-loyalis Ahok ini akan berdenyut di mana-mana,” tutur Adi.

Sebelumnya diberitakan, Ahok resmi menjadi kader PDIP sejak 26 Januari 2019. Dia mengaku PDIP sejalan dengan ideologi perjuangannya. Dia pun mengaku mantap menjadi kader partai berlambang banteng moncong putih itu.

“Memang sesuai garis ideologi perjuangan saya,” kata Ahok ketika ditanya alasannya menjadi kader PDIP.
(mae/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prediksi Huddersfield Vs Arsenal: Lanjutkan Catatan Positif

Liputan6.com, Huddersfield – Arsenal berpeluang meraih poin penuh saat menjamu tim juru kunci Huddersfield Town pada pekan ke-26 Liga Inggris di John Smith’s Stadium, Sabtu (9/2/2019). The Gunners punya catatan bagus setiap kali bersua The Terriers.

Dalam empat pertemuan terakhir, Arsenal selalu menang atas Huddersfield. Bahkan, tim London Utara pernah menang dengan skor telak 5-0 atas Huddersfield di Premier League tahun 2017.

Namun Arsenal tidak akan mudah mempertahankan torehan positif itu. Apalagi, skuat asuhan Unai Emery gagal menang dalam enam laga tandang terakhir. Arsenal terakhir kali menang di kandang lawan saat menang 2-1 atas Bournemouth, 25 November 2018.

“Sekarang kami harus memulihkan kepercayaan diri kami, untuk memulihkan penampilan seperti sebelummya, dan kesempatan terdekat melawan Huddersfield,” ujar Emery.

Di laga ini, Arsenal diperkirakan bisa diperkuat Laurent Koscielny dan Pierre-Emerick Aubameyang yang sempat bermasalah dengan kondisi fisik mereka. Selain itu, Emery bisa tersenyum karena dapat menggunakan tenaga, Henrikh Mkhitaryan, yang absen karena cedera kaki sejak Desember 2018.

Kembalinya Mkhitaryan diharapkan bisa menjadi solusi bagi Arsenal untuk meraih tiga poin di laga ini. Arsenal butuh kemenangan agar tidak tercecer dalam persaingan dengan Manchester United dan Chelsea untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Sementara itu, manajer Huddersfield Jan Siewert masih memiliki keyakinan bisa mengubah nasib timnya. Aaron Mooy dan kawan-kawan saat ini menempati posisi juru kunci klasemen sementara Premier League.

“Selama secara matematis masih mungkin untuk bertahan, maka segalanya masih mungkin. Cara kami bekerja meyakinkan saya kami bisa melakukannya,” ucap Siewert jelang laga kontra Arsenal.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta

Perkiraan susunan pemain

Huddersfield Town (4-3-3): Jonas Lossl; Tommy Smith, Zanka, Christopher Schindler, Terence Kongolo; Philip Billing, Juninho Bacuna, Aaron Mooy; Elias Kachunga, Steve Mounie, Adama Diakhaby

Manajer: Jan Siewert

Arsenal (4-3-1-2): Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner, Laurent Koscielny, Shkodran Mustafi, Nacho Monreal; Denis Suarez, Lucas Torreira, Matteo Guendouzi; Aaron Ramsey; Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang

Manajer: Unai Emery

Lima Pertemuan Terakhir

08/12/2018 Arsenal 1-0 Huddersfield (Premier League)

13/05/2018 Huddersfield 0-1 Arsenal (Premier League)

30/11/2017 Arsenal 5-0 Huddersfield (Premier League)

30/01/2011 Arsenal 2-1 Huddersfield (Piala FA)

22/01/1972 Arsenal 1-0 Huddersfield (Divisi Utama)

Lima Pertandingan Terakhir Huddersfield

06/01/2019 Bristol 1-0 Huddersfield (Piala FA)

12/01/2019 Cardiff 0-0 Huddersfield (Premier League)

20/01/2019 Huddersfield 0-3 City (Premier League)

30/01/2019 Huddersfield 0-1 Everton (Premier League)

02/02/2019 Chelsea 5-0 Huddersfield (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Arsenal

12/01/2019 West Ham 1-0 Arsenal (Premier League)

20/01/2019 Arsenal 2-0 Chelsea (Premier League)

26/01/2019 Arsenal 1-3 United (Piala FA)

30/01/2019 Arsenal 2-1 Cardiff (Premier League)

03/02/2019 City 3-1 Arsenal (Premier League)

Prediksi Bola.com: 45-55

Sumber: Bola.com

5 Calon Pengganti Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal

Lisabon – Cristiano Ronaldo mulai sering absen membela Timnas Portugal di ajang internasional belakangan ini. Namun, penyerang andalan Juventus itu berjanji akan kembali merumput bersama Timnas Portugal di tahun 2019 ini. Apakah ini pertanda dia ingin gantung sepatu dari timnas negaranya?

Cristiano Ronaldo tidak pernah ambil bagian dalam setiap pertandingan timnas Portugal setelah pagelaran Piala Dunia 2018. Setelah pulang dari Rusia, Ronaldo memilih fokus dengan klub barunya Juventus.

Ronaldo sendiri sudah mencatatkan 154 caps bersama Timnas Spanyol. Ia juga mengoleksi 85 gol. Prestasi terbaiknya adalah mengantar Portugal juara Piala Eropa 2016.

Kembalinya Ronaldo tentu saja akan menjadi berita bagus buat pelatih Portugal Fernando Santos. Namun, Portugal juga harus siap ditinggal sang kapten mengingat Ronaldo saat ini sudah berusia 34 tahun.

Berikut ini lima pemain yang bisa menggantikan peran Cristiano Ronaldo di timnas Portugal seperti dilansir Fox Sports Asia.

2 dari 6 halaman

Andre Gomes

Andre Gomes sedang mengembalikan kariernya di Everton setelah menjalani periode yang buruk di Barcelona. Pada akhirnya, Gomes sudah terlihat seperti pemain yang membantu negaranya meraih kesuksesan di Euro.

Seperti Renato Sanchez, Gomes tidak masuk skuat Portugal untuk Piala Dunia. Namun, setelah menemukan kembali beberapa performa terbaiknya, sang gelandang serang tentu bisa menggantikan Ronaldo, jika mendapat kesempatan.

3 dari 6 halaman

Ruben Neves

Meski bukan bertipe penyerang seperti Ronaldo, tetapi dalam hal kualitas Neves tentu tidak ada duanya. Lebih dari sekedar seorang gelandang tengah yang suka mendistribusikan bola dan mendikte permainan, Neves sudah menjadi roda penggerak utama di setiap tim yang dibelanya, seperti Porto dan saat ini di Wolves.

Satu-satunya kemiripan Neves dengan Ronaldo mungkin adalah ia menjadi pemain terbaik di setiap klub yang dibelanya. Meski tidak masuk skuat Portugal di Piala Dunia, pemain berusia 21 tahun itu masih punya karier yang panjang untuk meraih kesuksesan yang lebih besar.

4 dari 6 halaman

Diogo Jota

Setelah menjadi bintang Wolverhampton Wanderers di Championship, Jota membawa penampilan impresifnya ke Premier League meskipun statistiknya belum terlalu mengesankan seperti musim lalu. Baru berusia 22 tahun, pemain asal Portugal itu belum tampil untuk tim nasional senior, tetapi sudah membela negaranya di level junior.

Jota berhasil mencetak hattrick pertamanya di Premier League pada musim ini dan menjadi pemain Portugal kedua yang melakukannya di Premier League setelah Ronaldo. Dengan banyak waktu di sisinya, penyerang Wolves itu pasti bisa meniru rekan senegaranya tersebut.

5 dari 6 halaman

Andre Silva

Meski gagal mencetak gol di Piala Dunia 2018, Andre Silva sudah mengurangi beban mencetak gol Cristiano Ronaldo sejak menembus tim nasional. Di level klub, ia bangkit dan mencetak gol untuk Sevilla setelah tampil buruk di Milan. Ia mencetak hat-trick saat laga debutnya serta mencetak dua gol saat mempermalukan Real Madrid 3-0 di kandang.

Silva juga mampu menggantikan absennya Ronaldo dengan mencetak 3 gol dari 6 pertandingan sejak sang kapten memutuskan menepi sejenak dari timnas. Ini artinya Silva punya karakter untuk menggantikan bintang Juventus itu begitu dia memutuskan berhenti membela negaranya

6 dari 6 halaman

Bernardo Silva

Meski tidak seproduktif Ronaldo, Bernardo Silva bisa dibilang sebagai pemain paling berbakat di Portugal setelah Ronaldo dan juga yang paling bisa diandalkan untuk membuat perubahan. Saat ini berkarier di Premier League di bawah Pep Guardiola, mantan bintang Monaco itu bermain di level tertinggi bersama salah satu pelatih terbaik – cukup mirip dengan kisah Ronaldo di United bersama Sir Alex Ferguson.

Silva sudah punya gelar juara dan pengalaman di bawah pelatih papan atas sehingga membuatnya punya pijakan bagus untuk menjadi pengganti Ronaldo. Silva mungkin adalah pilihan terbaik untuk mengambil alih tahta Ronaldo di tim nasional.

Sumber: Bola.net

PSG Alami Krisis Pemain Jelang Duel Kontra MU

Jakarta – Kabar buruk menghampiri Paris Saint-Germain (PSG) jelang duel 16 besar Liga Champions melawan Manchester United (MU). Cedera pemain kembali merecoki klub itu.

Setelah kehilangan Neymar akibat cedera, PSG terancam tanpa satu pemain penting lain menghadapi Setan Merah. 

Pelatih PSG, Thomas Tuchel, mengatakan Marco Verratti kembali mengalami cedera sehingga tak bisa membantu timnya pada laga kontra Villefranche  di ajang Copa Prancis, Kamis (7/2/2019) dini hari WIB. PSG memenangi laga 16 besar tersebut dengan skor 3-0, tapi harus melalui perpanjangan waktu. 

Verratti sudah kembali berlatih pada Senin (4/2/2019) setelah dihantam cedera engkel bulan lalu, tepatnya pada 20 Januari saat menghadapi Guingamp. Kembalinya pemain Italia itu jadi angin segar setelah PSG kehilangan Neymar hingga april. 

Namun, PSG kembali mendapat kabar buruk. Sebelum laga kontra klub kasta ketiga, Villefranche, Verratti dihantam cedera baru. 

“Marco Verratti tidak bisa menyelesaikan latihan (pada Selasa, 5/2/2019). Dia punya masalah,” kata Tuchel, seperti dilansir ESPN

“Saya harus menunggu sampai Kamis untuk memutuskan apakah dia bisa bermain melawan Bordeaux. Cedera yang ini berbeda dengan sebelumnya, tapi saya belum tahu banyak,” imbuh sang arsitek. 

PSG akan menjamu Bordeaux pada lanjutan Ligue 1 pada Sabtu (9/2/2019). Setelah itu, PSG akan melawat ke kandang MU untuk menjalani leg pertama babak 16 besar Liga Champions, tiga hari berselang. 


2 dari 2 halaman

Laga Sulit

Kekhawatiran fans juga meningkat setelah PSG tampil tak meyakinkan di Copa Prancis. Menghadapi tim semiprofesional, PSG ditahan imbang tanpa gol hingga waktu normal berakhir. 

Kedua tim terpaksa melanjutkan pertandingan hingga perpanjangan waktu. Tiga gol berhasil dilesakkan PSG masing-masing melalui Julian Draxler, Moussa Diaby, dan Edinson Cavani.

Performa meyakinkan tersebut plus cedera dua pemain penting bukan modal sempurna untuk menjalani lawatan ke markas Manchester United. 


Sumber: bola.com