Mencari Jalan Keluar Kasus Pemerkosaan yang Menjerat Bocah SD di Probolinggo

Liputan6.com, Probolinggo – Lantaran masih berstatus pelajar, dua pelaku pemerkosaan terhadap AZ (16), yaitu MH (18) dan WS (13) warga Desa Randumerak Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, tidak ditahan polisi karena harus mengikuti ujian sekolah. 

Kanit Reskrim Polres Probolinggo, Bripka Reni menyampaikan, pihaknya masih memberikan kelonggaran pada dua pelaku pemerkosaan itu. Sebab, menurutnya, pelaku masih berstatus siswa aktif di salah satu sekolah di Probolinggo.

Reni melanjutkan, kelakuan kedua pelaku di bawah umur itu masih memiliki harapan dan bisa diperbaiki untuk menjadi lebih baik.

“Sementara belum kami tahan, karena masih ujian. Kalau sudah selesai akan kami tindak lanjuti,” katanya, Selasa (16/4/2019).

Reni mengatakan, kedua pelaku terdorong melakukan tindak asusila karena terlalu sering menonton video porno melalui telepon genggam milik orangtuanya.

“Nah, saat di rumah sepi. Korban yang tinggal serumah dengan pelaku dijadikan sasaran dengan berbagai dalih ancaman. Hingga akhirnya korban hamil dan melahirkan seorang bayi dengan prematur,” ucap Reni.

Reni sangat menyayangkan atas kejadian itu. Dua pelaku yang masih berstatus siswa itu harus terjerumus ke dunia gelap. Kejadian itu tak luput disebabkan dari kurangnya perhatian dan pengawasan kedua orangtua.

“Pantauan orangtua itu penting, biar anak tidak terjerumus pada hal demikian,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Dewi Korina menyampaikan, pihaknya sangat prihatin atas kejadian tersebut. Kasus ini, katanya, harus menjadi titik evaluasi dan introspeksi bagi dunia pendidikan. Hingga peristiwa pemerkosaan itu tak kembali terulang di dunia pendidikan. Terutama lembaga pendidikan dengan latar belakang keagamaan.

Dewi berharap pengawasan dari pihak keluarga dan masyarakat juga turut andil untuk menjaga para generasi muda di Kabupaten Probolinggo. Sehingga dengan bimbingan dan pengawasan pada anak, baik di lingkungan sekolah maupun tidak, tetap terjaga.

“Ke depan pendidikan karakter di setiap sekolah harus terus ditingkatkan. Semoga tidak terulang kembali kembali kejadian tak pantas itu,” kata Dewi.

Sebelumnya, MH (18) siswa kelas 1 SMA dan WS (13) bocah SD kelas 6, memerkosa AZ (16) yang diketahui masih memiliki hubungan darah dengan pelaku. Korban digerayangi hingga berkali-kali oleh dua pelaku. Hingga akhirnya korban yang masih pelajar itu hamil dan melahirkan seorang bayi. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Sebanyak delapan pemuda tega memperkosa bocah perempuan yang baru duduk di bangku SD secara bergiliran.

AHY: Tidak Mungkin Demokrat Keluar Koalisi Jelang Pencoblosan

Liputan6.com, Jakarta – Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan tidak mungkin Partai Demokrat keluar koalisi pengusung paslon 02 Prabowo-Sandiaga. Hal itu menyusul pernyataan capres Prabowo Subianto yang menyalahkan presiden sebelumnya soal ekonomi dalam debat pamungkas.

“Tidak mungkin kami keluar dari koalisi besok tiga hari lagi tinggal pemungutan suara,” kata AHY usai debat di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu meminta media tidak membuat seakan suasana koalisi tidak solid. AHY menyebut Demokrat memiliki dua mandat agar pileg menang, dan membantu Prabowo-Sandiaga di Pilpres.

“Jadi temen-temen media tidak perlu terlalu membuat suasana panas koalisi tidak utuh, tidak solid kami solid dan kami hadir di sini bisa memberikan support bagi pilpres tapi kami juga punya tugas mandat untuk memenangkan Partai Demokrat dalam pemilihan legislatif,” jelasnya.

Soal pernyataan Prabowo sendiri, AHY enggan mengomentari. Dia menyebut pemimpin terdahulu harus diapresiasi. Juga, karena masalah terbentur masa pemerintahan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugas pemimpin berikutnya untuk melanjutkan.

“Saya tidak ingin mengomentari lebih jauh yang jelas bagi saya setiap yang dilakukan generasi dahulu wajib diapresiasi segala yang baik apalagi kalau itu memang terasa oleh rakyat kita,” katanya.

Jokowi: BUMN Kita Harus Berani Keluar dari Kandang

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar keluar kandang sehingga dapat menjadi pionir untuk kembangkan usaha di luar negeri.

Dengan begitu diharapkan dapat membuka pasar, jaringan bagi sektor swasta. Salah satu langkah dilakukan dengan membangun holding BUMN mulai berkaitan dengan konstruksi, karya, migas, pertanian, perkebunan dan perdagangan. Jokowi menambahkan, dengan begitu, pihaknya juga akan membangun superholding BUMN.

“Oleh sebab itu BUMN ke depan harus berani keluar dari kandang untuk jadi pionir ke luar negeri membuka pasar, jaringan, networking, swasta bisa masuk mengikuti mereka,” ujar Jokowi, dalam debat final, Sabtu (13/4/2019).

Jokowi menambahkan, saat ini BUMN juga sudah mengembangkan bisnis ke luar negeri dengan ekspor. Salah satunya dilakukan PT INKA, selain itu BUMN karya.

“Kita tahu sudah mulai perusahaan karya melakukan pekerjaan besar di Timur Tengah dengan kerjakan infrastruktur, perumahan. Dan juga pabrik INKA kita sudah ekspor kereta api ke Bangladesh tidak dalam jumlah sedikit,” kata dia.

Dengan begitu diharapkan juga dapat mendorong perusahaan lain termasuk swasta untuk mengembangkan usahanya di luar negeri.

“Swasta ikut, namanya Indonesia in corporation dan itu kecil-kecil akan ikut belakangnya. Ekonomi kita jadi besar dengan apa yang disampaikan,” tutur dia.

6 Curhatan Netizen yang Ingin Keluar dari Zona Nyaman Ini Ujungnya Bikin Ngakak

Liputan6.com, Jakarta Sudah tak heran lagi jika kreativitas netizen Indonesia selalu berhasil membuat orang yang membacanya tertawa. Bahkan banyak pula netizen yang mengunggah curhatannya di media sosial, tapi tanggapan dari netizen lainnya tetap bisa membuat senyum-senyum sendiri.

Twitter merupakan salah satu media sosial yang cukup sering menjadi curhatan netizen. Salah satunya curhatan mengenai keinginan untuk keluar dari zona nyaman. Beberapa dari kamu mungkin juga ingin keluar dari zona nyaman untuk merasakan sesuatu yang baru.

Seperti yang dilakukan oleh netizen dengan akun Twitter @Andihiyat ini juga mengaku ingin keluar dari zona nyaman, tapi ujung dari curhatannya ini justru bikin kamu senyum-senyum. Bahkan bisa jadi kamu juga merasakan hal yang sama.

Dirangkum Liputan6.com dari Twitter, Jumat (12/4/2019) tentang curhatan netizen yang ingin keluar dari zona nyaman ini ujungnya bikin kamu tertawa. Kreativitas para netizen di Twitter tentang keluar dari zona nyaman ini pun bisa bikin kamu ikut menganggukan kepala.

Berikut ini beberapa curhatan netizen tentang ingin keluar dari zona nyaman.

Tahanan Polresta Denpasar Santai Keluar Sel, Diduga Pakai Ilmu Hipnotis

Bali – Dua orang tahanan rutan Polresta Denpasar berhasil kabur dari dalam sel tahanan usai mengelabui petugas jaga. Diduga kuat, dua tahanan yang masing-masing bernama Jemmy Sinaga (38) asal Bondowoso, Jawa Timur, dan Chistoni Kaledi Bonung alias Ukhal (22) asal Sumba, NTT, berhasil kabur pakai ilmu hipnotis.

Kedua tahanan kabur dengan mudah melalui pintu sel tahanan pada Minggu (7/4/2018) dini hari sekitar pukul 04.00 Wiita. Narapidana kasus pencurian itu turun dari lantai dua menuju lantai satu, lalu keluar dari kawasan lingkungan Polresta melalui gerbang sebelah timur.

“Petugas dibuat bingung. Karena tidak sadar saat keduanya kabur,” kata sumber di kepolisian, seperti dikutip laman Jawapos

Bahkan, telepon genggam milik salah satu petugas juga ikut dibawa kabur para pelaku. Polisi kini tengah melakukan perburuan. Termasuk melakukan pengintaian di sekitar kos lama kedua pelaku dan juga di beberapa lokasi rekan dekat keduanya.

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Ruddi Setiawan saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini. Kata dia, saat ini pihaknya masih berupaya menangkap kembali kedua tahanan kabur tersebut.

“Kami masih melakukan pengejaran kedua pelaku,” katanya singkat.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Tahanan narkoba asal Perancis yang sempat kabur, berhasil ditemukan di Hutan Pusuk, Lombok Utara.

3 Bintang Serie A Ini Bisa Bantu MU Keluar dari Masalah

Kostas Manolas direkrut AS Roma pada musim panas 2014 dengan biaya transfer sekitar 13,5 juta pound dari klub Yunani, Olympiacos. Bek tengah berusia 27 tahun itu adalah pemain kunci bagi Roma, meski telah melewatkan beberapa laga pada musim ini karena cedera.

Harga Manolas sekarang diperkirakan naik tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir. Buat klub yang menginginkan jasanya, mereka harus bisa meyakinkan Roma mau melepasnya dengan harga sekitar 60 juta pound.

Jika dapat memboyong Kostas Manolas dan Kalidou Koulibaly ke Old Trafford, maka pertahanan MU akan jauh lebih kuat daripada saat ini. Sebab, para kritikus dan fans menilai lini pertahanan MU adalah yang paling rapuh dari semua lini.

Sumber: Bola.net

Berita video tentang para kiper dengan catatan clean sheets terbanyak di lima liga top eropa berdasarkan transfermarkt.

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengguna Lain

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp merupakan salah satu media yang digunakan untuk berkirim pesan. Banyak fitur yang bisa digunakan di WhatsApp guna untuk mempermudah dalam berkomunikasi. WhatsApp juga menyediakan fitur agar bisa berkirim pesan ke lebih dari satu orang atau grup.

WhatsApp grup ini merupakan salah satu fitur yang menjadi favorit bagi pengguna. Bagaimana tidak, pada WhatsApp grup Anda bisa berkirim pesan dan melakukan panggilan ke beberapa orang sekaligus. Biasanya WhatsApp grup ini banyak digunakan untuk memperkuat jalinan silahturahmi antar keluarga, teman-teman alumni sekolah, teman kantor, dan lain sebagainya guna mempermudah komunikasi ke banyak orang.

Tidak jarang dalam satu akun, Anda memiliki lebih dari satu WhatsApp grup. Banyaknya WhatsApp grup yang dimiliki, terkadang membuat Anda memiliki banyak notifikasi pesan masuk dari orang-orang di grup. Hal ini terkadang membuat beberapa orang terganggu, karena pesan yang tidak ada hentinya masuk ke WhatsApp grup tersebut.

Keluar dari grup dengan cara yang biasanya dilakukan tentu saja kurang nyaman, karena dianggap tidak sopan, terlalu bawa perasaan, dan perspektif lainnya di grup tersebut. Saat ini Anda sudah bisa keluar dari WhatsApp grup tanpa harus diketahui oleh orang-orang yang ada di grup Anda.

Berikut cara keluar dari WhatsApp grup tanpa ketahuan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/4/2019).

Jokowi: Dulu Urus Izin Setahun, Kini 3 Jam Sudah Keluar

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden nomor urut 1 Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, dengan adanya Mal Pelayanan Publik, diharapkan adanya kecepatan pelayanan. Hal ini menanggapi jawaban capres Prabowo Subianto tentang keberadaan Mal Pelayanan Publik.

“Dengan Mal Pelayanan Publik ini kita harapkan kecepatan pelayanan bisa kita berikan kepada pengusaha, masyarakat, dan rakyat yang ingin dapat pelayanan cepat, ini sudah ada di 13 kota,” ujar Jokowi dalam debat capres keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019.

Selain itu lanjut dia, tak hanya untuk rakyat kebanyakan, di pemerintahan pusat juga ada sistem serupa.

“Di pemerintah pusat sendiri ada online single submission (OSS). Yang dulu mengurus izin sampai setahun, kini 3 jam bisa keluar,” papar Jokowi.

Dengan adanya sistem yang ada, mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakin korupsi bisa hilang. “Karena ada sistem yang mengawasi agar sebuah izin bisa keluar,” tegas Jokowi.

Pada kesempatan itu, dia juga memaparkan data tentan indeks korupsi Indonesia. Berdasarkan Survei Transparansi Internasional tahun 2004, indeks persepsi korupsi Indonesia sebesar 2,0 dan berada di peringkat ke-137 dari 146 negara. Indeks semakin membaik menjadi 2,6 pada tahun 2008. Tahun 2014, Indonesia berada di peringkat 107 atau naik 7 peringkat dari tahun sebelumnya.

“Perlu saya sampaikan kepada Pak Prabowo, tahun 2014 posisi negara kita makin baik dan hingga kini perbaikan terus dilakukan,” ujar Jokowi.

“Saya percaya sistemlah yang akan memperbaiki negara ini, dengan sistem yang cepat, korupsi akan berkurang dan hilang nantinya. Inilah yang kita harapkan dengan sistem yang berbasis elektronik,” pungkas Jokowi.

Aturan Baru Soal Harga Tiket Pesawat Keluar Jumat Esok

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah memfinalisasi aturan baru yang nantinya membuat harga tiket pesawat lebih terjangkau bagi masyarakat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan, aturan ini dibuat dengan melibatkan para pelaku industri penerbangan.

“Hari ini aturannya sedang kita finalisasi. Besok Insya Allah kalau sudah selesai kita akan umumkan,” kaya Budi Karya di Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dijelaskan Menhub, aturan baru ini tidak berkaitan dengan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah yang sebelumnya sudah diterapkan. Melainkan adalah aturan baru yang lebih banyak mengatur mengenai kelas pelayanan penerbangan. “Regulasinya berkaitan lebih banyak mengenai subclass,” tegas dia.

Kementerian Perhubungan tengah menggodok aturan baru terkait tarif tiket pesawat. Demikian disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan.

“Saat ini masih disusun oleh Biro Hukum Kemenhub bersama dengan jajaran Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub. Kami belum bisa menjelaskan secara detail karena masih dalam proses penyusunan,” jelas Hengki.

Dia menambahkan, aturan yang tengah dalam tahap finalisasi ini disusun dengan melibatkan pihak masakapai dan setelah tercapai kesepahaman dengan pihak maskapai.

Aturan ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan tarif atau harga tiket pesawat yang banyak dikeluhkan masyarakat.

“Tentunya dalam membuat regulasi, Pemerintah berada di tengah-tengah antara kepentingan masyarakat banyak dengan keberlangsungan industri penerbangan nasional,” ungkap Hengki.

Dia pun mengaku segera mengumumkan aturan baru ini setelah proses penyusunan aturan tersebut selesai dilakukan.

Trump Minta Militer Rusia Keluar dari Venezuela

Washington DC – Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta Rusia menarik tentaranya dari Venezuela. Dia mengatakan semua pilihan masih terbuka terkait krisis Venezuela.

Dilansir dari Reuters, Rabu (27/3/2019), ucapan Trump itu disampaikan beberapa saat setelah kontingen militer Rusia mendarat di Caracas, Venezuela.

“Rusia harus keluar,” kata Trump kepada wartawan dalam pertemuan dengan istri pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido.

“Kita akan lihat. Semua opsi terbuka,” sambungnya.
Sebelumnya, dua pesawat militer Rusia yang dilaporkan mengangkut puluhan serdadu dan perlengkapan dalam jumlah besar mendarat di bandara utama Venezuela dekat Caracas, pada Sabtu (23/3). Kedua pesawat tersebut, sebagaimana diberitakan kantor berita Rusia, Sputnik, dikirim ke Venezuela guna ‘memenuhi kontrak teknis militer’.

Javier Mayorca, seorang wartawan Venezuela, menulis melalui Twitter bahwa dirinya melihat sekitar 100 serdadu dan 35 ton perlengkapan keluar dari kedua pesawat Rusia itu. Laporan kedatangan dua pesawat tersebut mengemuka tiga bulan setelah Rusia dan Venezuela menggelar latihan militer gabungan.

Rusia telah lama menjadi sekutu Venezuela, yang diwujudkan dengan meminjamkan uang miliaran dollar AS serta menyokong industri minyak dan militer negara Amerika Selatan itu. Rusia juga secara eksplisit menentang aksi Amerika Serikat dalam menerapkan rangkaian sanksi terhadap pemerintah Venezuela yang dipimpin Presiden Nicolas Maduro.

Rusia pun menegaskan bahwa keputusannya mengirimkan personel militer ke Venezuela itu bertujuan mendukung rezim Presiden Nicolas Maduro.

“Rusia sedang mengembangkan kerja sama dengan Venezuela yang secara ketat mematuhi konstitusi negara tersebut dan dengan rasa hormat penuh terhadap norma-norma hukumnya,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova seperti dilansir dari AFP, Rabu (27/3).
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>